TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

24/08/16

PENGENDALIAN JAMUR DAN PENINGKATAN PRODUKSI TANAMAN DENGAN CABRIO

www.lmgaagro.web.id - Budidaya tanaman merupakan kegiatan menanam tanaman untuk mendapatkan keuntungan ataupun nilai ekonomis dari kegiatan menanam tersebut. Keberhasilan dari kegiatan budidaya tanaman tersebut sangatlah tergantung pada pemilihan benih yang tepat dan berkualitas, teknik budidaya yang baik dan benar serta pengendalian hama dan penyakit tanaman yang tepat. Pengendalian hama dan penyakit yang tepat merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan selama proses budidaya tanaman. Setiap tanaman budidaya memiliki resiko terserang hama dan penyakit yang berbeda-beda tergantung jenis tanamannya. Serangan hama penyakit perlu diwaspadai pada setiap jenis tanaman budidaya karena serangan ini tidak hanya dapat menurunkan produktifitas tanaman tetapi juga bisa mengakibatkan kegagalan panen.

Penyakit yang membahayakan pada tanaman kebanyakan diakibatkan oleh mikroorganisme pengganggu seperti jamur. Jamur parasit akan mengambil makanan dari tanaman inangnya sehingga tanaman akan kekurangan nutrisi dan pertumbuhannya terganggu. Dampaknya yang terjadi pertumbuhan tanaman menjadi kerdil, layu, dan bahkan mati. Serangan jamur ini sudah tentu sangat merugikan bagi budidaya tanaman. Berikut ini ada beberapa jenis jamur parasit yang menyerang tanaman budidaya antara lain :

1. Jamur Plasmodiophora brassicae
Jamur ini menyerang tanaman kubis-kubisan dan nama penyakitnya disebut akar gada, akar bengkak atau akar pekuk. Serangan patogen jenis ini mengakibatkan kerugian panen bagi petani kubis sekitar 50-100 %.

2. Jamur Aspergillus spp
Jamur ini menyerang tanaman biji-bijian seperti tanaman jagung. Serangan dari patogen ini ditandai dengan perubahan warna pada ujung tongkol jagung menjadi kecoklatan dan terdapat bercak kehitaman pada biji jagung. Infeksi ini akan terlihat jelas pada saat tongkol jagung masih muda. Penyakit ini biasa disebut dengan busuk tongkol.

3. Jamur Pyricularia oryzae
Jamur ini menyerang tanaman padi dan serealian lainnya. Penyakit yang diakibatkan oleh jamur ini dinamakan penyakit blast atau busuk leher. Kerugian akibat penyakit ini bagi petani padi sangat lah signifikan.

4. Jamur Plasmopara viticola
Jamur ini merupakan penyebab penyakit dengan nama Powdery Mildew/embun tepung. Gejala serangan jamur ini ditandai dengan munculnya bercak-bercak putih keabu-abuan seperti tepung pada permukaan daun. Lama kelamaan bercak tersebut akan meluas dan menyebabkan daun coklat lalu rontok.

5. Jamur Pythium deryanum
Jamur ini menyebabkan kecambah dan akar tanaman budidaya busuk. Serangan jamur ini terjadi dibeberapa tanaman budidaya, diantarannya daun dan buah pada tanaman kacang panjang. Penyakit yang ditimbulkan disebut dengan rebah kecambah (damping off) dan busuk akar.

6. Jamur Sclerospora graminicola
Jamur ini merupakan penyebab penyakit Downy Mildew/embun bulu/kresek daun. Serangan jamur ini kebanyakan menyerang pada jenis tanaman merambat seperti mentimun, anggur, dll. Gejala yang ditimbulkan ditandai dengan munculnya bercak kuning pada permukaan atas daun dan terdapat bulu halus pada permukaan bawah daun.

7. Jamur Penicillium sp
Jamur ini menyerang tanaman jagung. Biji jagung yang terserang akan diselimuti oleh miselium berwarna putih diselingi warna kebiru-biruan. Serangan ini dapat terjadi pada fase prapanen maupun pascapanen.

Serangan jamur di atas jika tidak dikendalikan secara tepat akan menyebar luas kemana-mana dan menyebabkan penyakit tanaman bertambah parah. Cara pengendalian jamur-jamur tersebut dapat dilakukan dengan cara pemberian fungisida. Salah satunya dengan menggunakan fungisida CABRIO produksi dari PT BASF Indonesia. Sebagai produsen pestisida BASF telah mengeluarkan fungsida CABRIO dalam 3 jenis yaitu CABRIO 250 EC, CABRIO GOLD 183 SE, dan CABRIOTOP 60 WG. Adapun deskripsi dari masing-masing fungisida CABRIO ini adalah sebagai berikut :
  • CABRIO 250 EC
fungisida cabrio, cabrio 250 EC
Termasuk fungisida propetik kuratif dan zat pengatur tumbuh tanaman berbentuk pekatan yang dapat diemulsikan. Dalam fungisida ini terdapat kandungan bahan aktif piraklostrobin 250 g/l. Fungisida ini dapat diaplikasikan pada tanaman tomat, jagung, bawang merah, cabai, dan kentang.




  • CABRIO GOLD 183 SE
fungisida cabrio, cabrio gold 183 SE
Termasuk fungisida dan zat pengatur tumbuh tanaman yang bersifat preventif, protektif, dan kurantif berbentuk emulsi yang dapat disuspensikan. Didalamnya terdapat kandungan bahan aktif epoksikonazol (epoxiconazole) 50 g/l dan piraklostrobin (pyraclostrobin) 133 g/l. Fungisida ini dapat diaplikasikan pada tanaman jagung dan kopi.



  • CABRIOTOP 60 WG
fungisida cabrio, cabriotop 60 WG
Termasuk fungisida sistemik, protektif, dan kuratif dan zat pengatur tumbuh tanaman berbentuk
butiran yang dapat didispersikan dalam air. Dalam fungisida ini terdapat kandungan bahan aktif metiran 55 % dan piraklostrobin 5 %. Fungisida ini dapat diaplikasikan pada tanaman cabai, tomat, kedelai, kentang, bawang merah, apel, dan mangga.









Dengan mengaplikasikan fungisida CABRIO secara tepat pada tanaman budidaya, masalah, serangan jamur akan terkendalikan dan teratasi serta produktifitas tanaman akan meningkat. Pengendalian jamur dan peningkatan produksi tanaman dengan CABRIO akan memberi dampak bagus dan memuaskan pada hasil panen tanaman budidaya petani.

Fungisida CABRIO dari BASF bisa petani dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...