SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H, SEGENAP TEAM LMGA AGRO MENGUCAPKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
SELAMA HARI RAYA, KAMI LIBUR MULAI 10 - 24 JUNI 2018

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Selasa, 13 September 2016

TIMUN TAHAN VIRUS ZATAVY F1 DARI PANAH MERAH

timun zatavy, zatavy f1, benih timun zatavy, jual benih, toko pertanian
www.lmgaagro.web.id - Timun/mentimun/ketimun dengan nama latin Cucumis sativus L. merupakan tanaman sayur semusim dari family labu-labuan (Cucurbitaceae). Tanaman herba lemah melata atau setengah merambat ini dapat menghasilkan buah. Buahnya biasa dijadikan makanan konsumsi oleh masyarakat sebagai lalapan maupun diolah menjadi aneka makanan. Bahkan ada pula yang menjadikannya sebagai bahan baku produk kecantikan maupun masker mentimun. Hal ini disebabkan karena timun memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi sehingga bisa memberikan efek yang dingin dan menyegarkan bagi tubuh serta kulit kita. Memakan buah mentimun ataupun memakai masker mentimun sangatlah bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan memberi nutrisi bagi kulit.

Kandungan manfaat dari timun yang cukup tinggi, menjadikan buah timun ini tidak surut peminatnya. Bahkan dari tahun ke tahun konsumennya terus meningkat tidak hanya kalangan rumah tangga tetapi juga beberapa pabrik kosmetik/produk kecantikan. Banyaknya permintaan timun dibarengi pula dengan meningkatnya budidaya timun di kalangan petani. Budidaya timun terlihat jelas menunjukan perkembangannya seperti di daerah sentra budidaya timun di Jawa Timur yaitu Kediri, Blitar, Tulungagung, dan Nganjuk. Area penanamannya semakin luas dengan potensi hasil yang lebih baik daripada sebelumnya karena sekarang para petani telah menggunakan teknik budidaya timun yang baik dan benar.

Budidaya timun memang tergolong budidaya yang gampang-gampang susah. Gampang budidayanya dapat dilihat dari modal budidaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar serta masa tanam yang relatif singkat sehingga bisa menghemat biaya perawatan. Dengan modal dan biaya yang tergolong tidak besar serta masa tanam yang singkat menjadi keuntungan tersendiri bagi petani timun. Petani timun bisa cepat mendapatkan keuntungan bahkan bisa berlipat dari modalnya. Ditambah lagi potensi pasar timun yang sangat luas dan sangat potensial bagi petani hortikultura.

Selain gampangnya, budidaya timun juga memiliki susahnya. Susahnya budidaya timun ini dapat terjadi apabila timun sudah terjangkiti serangan hama dan penyakit. Serangan dari hama dan penyakit sangatlah merepotkan dan menjadi momok bagi para petani. Serangan ini bermula dari adanya hama yang muncul. Hama menjadi vektor pembawa virus yang menyebabkan penyakit pada tanaman. Virus dengan cepat menyebar dan menyerang tanaman. Virus yang biasa terjadi pada tanaman timun adalah Gemini Virus yang dibawa oleh hama kutu kebul. Serangan dari Gemini virus ini ditandai dengan daun tanaman yang berubah menjadi kuning dan keriting atau biasa dikenal petani dengan penyakit bule. Penyebaran serangan Gemini Virus ini sangat cepat selain dari hama, udara dan air pun bisa menjadi perantarannya. Serangan virus ini sangat mengganggu produktifitas tanaman dan apabila tidak segera ditangani petani bisa mengalami gagal panen total yang tentu saja sangat merugikan.

Untuk menyiasati masalah serangan hama dan penyakit tersebut, langkah yang dilakukan petani haruslah tepat. Diantaranya dengan melakukan penyemprotan pestisida secara berkala, penyiangan gulma secara rutin, dan yang paling utama pemilihan benih. Pemilihan benih sebaiknya menggunakan benih yang tahan terhadap serangan virus. Benih tahan virus telah terbukti sangat efektif mengatasi serangan virus. Benih tahan virus sekarang ini telah banyak dan mudah kita temui di pasaran termasuk benih timun tahan virus. Berikut ada beberapa pilihan benih timun tahan virus yang telah beredar di pasaran yaitu ada Benih Timun F1 Ethana, Timun F1 Monas, Timun F1 Pesona 20, Timun F1 Harmony, Timun F1 Monza, Timun F1 Manggala, Timun F1 Misano, Timun F1 Metavy dan Timun F1 Zatavy.

Timun F1 Zatavy atau Zatavy F1 bisa menjadi rekomendasi untuk benih timun tahan virus. Timun Zatavy F1 merupakan benih timun tahan virus terbaru yang diproduksi oleh perusahaan benih PT East Weast Seed Indonesia dengan merk dagang Cap Panah Merah. Timun Zatavy F1 dari Panah Merah ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Tanaman timun Zatavy sangat toleran terhadap serangan gemini virus
  2. Tanaman mudah merambat dengan sendirinya
  3. Cocok ditanam di daerah dataran rendah - menengah
  4. Bentuk tanaman vigor
  5. Buah timun Zatavy F1 berbentuk silindris merata dan berwarna hijau gelap
  6. Buah keras sehingga tahan pengangkutan
  7. Bobot buah 325 - 345 gram/buah
  8. Rasa buah tidak pahit hingga ke bagian ujung buah
  9. Umur panen singkat 35 - 40 HST
  10. Potensi hasil panen 60 - 70 ton/ha
Keunggulan dari Timun Zatavy F1 ini terletak pada ketahanan tanamannya terhadap serangan virus dan rasa buahnya yang tidak pahit hingga ke bagian ujung buah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kebanyakan dari timun jenis lainnya memiliki rasa pahit hingga ke ujung buah yang tidak disukai konsumen. Tetapi berbeda dengan Timun Zatavy, timun ini tidak ada rasa pahit sekalipun di buahnya sehingga konsumen sangat menyukainnya. Timun ini juga memiliki ukuran besar yang digolongkan jenis timun rujak.

Sifatnya yang tahan virus didukung pula dengan teknik budidaya yang tepat menjadikan buah yang dihasilkan utuh dan berkualitas unggul. Hal tersebut pastinya sangat disukai dan menjadi pilihan tepat bagi petani. Rasanya yang tidak pahit juga menjadi pilihan dan paling dicari oleh kalangan konsumen sehingga membuat pemasaran timun ini cukup mudah. Dengan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Timun F1 Zatavy dari Panah Merah tersebut, tentu saja timun Zatavy bisa menjadi pilihan andalan bagi para petani timun untuk meraih keuntungan yang memuaskan.

Demikian ulasan singkat tentang Timun Tahan Virus Zatavy F1 dari Panah Merah, apabila Anda berminat untuk budidaya Timun Zatavy. Benih Timun Zatavy F1 Cap Panah Merah bisa Anda dapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirimkan seluruh pesanan Anda dimanapun termasuk ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi, Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...