TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

17/11/16

BUDIDAYA TUK TUK, BAWANG MERAH DARI BIJI YANG MENGUNTUNGKAN

benih bawang merah tuk tuk, tuk tuk, panah merah, bawang merah tuk tuk
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID - Bawang merah (Allium ascalonium L.) atau orang Jawa biasa menyebutnya dengan brambang merupakan tanaman sayur khas yang paling banyak digunakan masyarakat sebagai bumbu atau penyedap masakan. Selain itu, bawang merah juga dapat digunkan sebagai bahan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit tertentu seperti masuk angin, maag, menurunkan kolestrol & kadar gula, meringankan batuk serta memperlancar pernapasan sehingga tak heran jika sebagian orang juga mengolongkannya sebagai tanaman rempah/obat-obatan.

Seperti halnya dengan cabai, bawang merah merupakan komuditas sayuran bumbu yang sangat laris di pasaran dan hampir diburu setiap harinya. Bawang merah tidak bisa lepas dari kebiasaan masakan orang Indonesia yang sering menggunakan bawang merah sebagai bumbu penyedapnya.  Tingginya tingkat populasi penduduk Indonesia membuat tingkat permintaan bawang merah dari tahun ke tahun juga terus meningkat. Permintaannya hampir tak pernah surut di pasaran hingga hal ini telah membuka kesempatan dan peluang pasar besar bagi petani yang ingin membudidayakan bawang merah.

Budidaya bawang merah sangat menguntungkan. Sekarang ini seiring dengan berkembangnya IPTEK, budidaya bawang merah dapat dilakukan melalui 2 cara. Jika dulunya budidaya bawang merah hanya menggunakan umbi tapi sekarang bisa menggunakan biji. Jadi budidaya bawang merah dibagi 2 cara yaitu budidaya bawang merah dengan umbi dan budidaya bawang merah dengan biji. Memang hingga sekarang kebanyakan petani bawang merah masih menggunakan umbi untuk dibudidayakan karena dengan cara ini mereka lebih terbiasa dan menganggap mudah serta cepat panen sehingga menguntungkan. Padahal hal tersebut belum tentu benar, justru budidaya bawang merah menggunakan biji jauh lebih menguntungkan petani dalam segala hal. Berikut untuk lebih jelasnya marilah kita simak tabel perbandingan budidaya bawang merah dengan biji dan dengan umbi sebagai berikut :
No.
Uraian
Benih Biji
Benih Umbi
1
Cara pembuatan
Relatif sulit
Relatif mudah
2
Sifat benih
Bebas cendawan, bakteri, nematoda, insekta, dan jarang terkontaminasi virus
Selama penyimpanan tidak selalu bebas cendawan dan bakteri
3
Umur benih
Dapat disimpan lebih dari 1 tahun dalam kondisi baik
Setelah 6 bulan benih rusak
4
Kebutuhan benih
2–3 kg benih biji/ha
1 ton benih umbi/ha
5
Biaya benih
Relatif murah
Relatif mahal ( 3-4 kali harga umbi bawang konsumsi)
6
Ketahanan terhadap lingkungan
Peka terhadap cekaman biotis (gulma) dan abiotis (kondisi lingkungan)
Kurang peka terhadap cekaman biotis (gulma). Peka terhadap cekaman abiotis
(kelembaban tanah)
7
Kesesuaian untuk budidaya
Lentur terhadap budidaya dapat ditanam pada saat dibutuhkan
Waktu tanam singkat, jika tertunda penggunaannya maka benih akan keropos
8
Kesesuaian tempat budidaya
Dataran sedang dan dataran tinggi
Dataran rendah, dataran sedang, dan dataran tinggi
9
Kebutuhan tenaga kerja budidaya Relatif banyak (untuk persemaian dan penanaman)
Relatif sedikit (untuk penanaman)
10
Umur panen
Lebih panjang sekitar 3-5 hari sejak penyemaian benih
Tergantung varietas dan jenis bawang merah yang ditanam
11
Keragaman hasil  panen
Bentuk dan ukuran umbi relatif lebih seragam Bentuk dan ukuran umbi lebih beragam
12
Respon petani
Belum terbiasa menggunakan benih biji
Telah terbiasa menggunakan benih umbi
 Sumber : www.warasfarm.wordpress.com

Dari tabel tersebut dapat kita ketahui perbedaan dari benih bawang merah dengan biji dan benih bawang merah dengan umbi. Dimana benih bawang merah dengan biji lebih banyak mengguntungkan jika dibandingkan dengan umbi terutama tentang biaya yang menjadi faktor pertimbangan petani sebelum budidaya. Apabila menggunakan benih dari biji biaya produksi bisa diminimalisir seperti rincian sebagai berikut : kebutuhan benih bawang merah dari biji 1 ha sekitar 5 kg dengan harga Rp 2 juta/kg  maka diperlukan biaya hingga Rp 10 juta/ha. Akan tetapi jika menggunakan umbi 1 ha memerlukan 1,2 – 1,5 ton dengan harga Rp 25 ribu/kg maka biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 30-40 juta/ha belum ditambah biaya lain-lain. Terlihat jelas bukan perbandingan biaya produksinya dengan menggunakan benih biji biaya produksi jadi lebih hemat.

Salah satu benih bawang merah dari biji yang dapat menjadi pilihan adalah benih bawang merah Tuk Tuk. Benih bawang merah Tuk Tuk merupakan benih unggulan hasil produksi dari perusahaan benih PT EAST WEST SEED INDONESIA Cap Panah Merah. Benih bawang merah Tuk Tuk ini memiliki keungulan-keunggulan sebagai berikut :
  • Bawang merah Tuk Tuk termasuk bawang merah non hibrida dari biji
  • Cocok ditanam di dataran rendah – tinggi
  • Tanaman vigor, umbi bulat, besar 15 gram
  • Umbi tunggal atau ganda
  • Umur panen 75 – 85 HST
  • Potensi hasil panen 25 – 30 ton/ha
Meskipun umur panen bawang daun dari biji relatif lebih lama dibandingkan bawang merah dari umbi meskipun begitu kebutuhan benih per hektar yang sedikit menghemat biaya produksi ditambah lagi bawang merah dari biji memiliki potensi hasil yang cukup tinggi sekitar 25-30 ton/ha. Sedangkan bawang merah dari umbi yang panennya singkat tapi memiliki potensi hasil yang cukup kecil maksimal hanya sekitar 15 ton/ha saja. Hal ini justru tidak sebanding dengan biaya produksi yang besar. Potensi tinggi yang dimiliki oleh bawang merah dari biji seperti Tuk Tuk ini tentu saja sangat menguntungkan petani. Dengan demikian hal ini sangat diharapkan agar Benih Bawang Merah Tuk Tuk Cap Panah Merah mampu membawa perubahan bagi nasib petani bawang ke arah lebih baik dengan memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Budidaya Tuk Tuk bawang merah dari biji yang menguntungkan bagi petani bawang karena keunggulan – keunggulan yang ditawarkannya seperti yang sudah diulas diatas. Apabila berminat benih bawang merah Tuk Tuk Cap Panah Merah bisa didapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO. Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb. Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...