BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

17/11/2016

Read

Budidaya Tuk Tuk, Bawang Merah dari Biji yang Menguntungkan


Budidaya tuk tuk, bawang merah, cap panah merah, jual benih panah merah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Tuk-Tuk
Panah Merah

Budidaya Tuk Tuk, Bawang Merah dari Biji yang Menguntungkan. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih bawang merah untuk tanam dari biji. Benih Tuk-Tuk produk cap Panah Merah.

Bawang merah (Allium ascalonium L.) atau orang Jawa biasa menyebutnya dengan brambang merupakan tanaman sayur khas yang paling banyak digunakan masyarakat sebagai bumbu atau penyedap masakan. 

Selain itu, bawang merah juga dapat digunkan sebagai bahan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit tertentu. Seperti masuk angin, maag, menurunkan kolestrol & kadar gula, meringankan batuk serta memperlancar pernapasan. 

Tak heran jika sebagian orang menggolongkan bawang merah sebagai tanaman rempah/obat-obatan. Seperti halnya dengan cabai, bawang merah merupakan komuditas sayuran bumbu yang sangat laris di pasaran dan hampir diburu setiap harinya. 

Budidaya tuk tuk tanaman bawang merah cap Panah Merah. Bawang merah sayuran umbi yang sangat dibutuhkan orang Indonesia. Bawang merah digunakan sehari-hari sebagai bumbu masakan.

Bawang merah tidak bisa lepas dari kebiasaan masakan orang Indonesia yang sering menggunakan bawang merah sebagai bumbu penyedapnya. 

Tingginya tingkat populasi penduduk Indonesia membuat tingkat permintaan bawang merah dari tahun ke tahun juga terus meningkat. Permintaannya hampir tak pernah surut di pasaran hingga hal ini telah membuka kesempatan dan peluang pasar besar bagi petani yang ingin membudidayakan bawang merah.


Budidaya Bawang Merah 


Budidaya bawang merah sangat menguntungkan. Sekarang ini seiring dengan berkembangnya IPTEK, budidaya bawang merah dapat dilakukan melalui 2 cara. 

Jika dulunya budidaya bawang merah hanya menggunakan umbi tapi sekarang bisa menggunakan biji. Jadi budidaya bawang merah dibagi 2 cara yaitu budidaya bawang merah dengan umbi dan budidaya bawang merah dengan biji

Memang hingga sekarang kebanyakan petani bawang merah masih menggunakan umbi untuk dibudidayakan karena dengan cara ini mereka lebih terbiasa dan menganggap mudah serta cepat panen sehingga menguntungkan. 

Padahal hal tersebut belum tentu benar, justru budidaya bawang merah menggunakan biji jauh lebih menguntungkan petani dalam segala hal. Berikut untuk lebih jelasnya marilah kita simak tabel perbandingan budidaya bawang merah dengan biji dan dengan umbi sebagai berikut :


No.
Uraian
Benih Biji
Benih Umbi
1
Cara pembuatan
Relatif sulit
Relatif mudah
2
Sifat benih
Bebas cendawan, bakteri, nematoda, insekta, dan jarang terkontaminasi virus
Selama penyimpanan tidak selalu bebas cendawan dan bakteri
3
Umur benih
Dapat disimpan lebih dari 1 tahun dalam kondisi baik
Setelah 6 bulan benih rusak
4
Kebutuhan benih
2–3 kg benih biji/ha
1 ton benih umbi/ha
5
Biaya benih
Relatif murah
Relatif mahal ( 3-4 kali harga umbi bawang konsumsi)
6
Ketahanan terhadap lingkungan
Peka terhadap cekaman biotis (gulma) dan abiotis (kondisi lingkungan)
Kurang peka terhadap cekaman biotis (gulma). Peka terhadap cekaman abiotis
(kelembaban tanah)
7
Kesesuaian untuk budidaya
Lentur terhadap budidaya dapat ditanam pada saat dibutuhkan
Waktu tanam singkat, jika tertunda penggunaannya maka benih akan keropos
8
Kesesuaian tempat budidaya
Dataran sedang dan dataran tinggi
Dataran rendah, dataran sedang, dan dataran tinggi
9
Kebutuhan tenaga kerja budidaya Relatif banyak (untuk persemaian dan penanaman)
Relatif sedikit (untuk penanaman)
10
Umur panen
Lebih panjang sekitar 3-5 hari sejak penyemaian benih
Tergantung varietas dan jenis bawang merah yang ditanam
11
Keragaman hasil  panen
Bentuk dan ukuran umbi relatif lebih seragam Bentuk dan ukuran umbi lebih beragam
12
Respon petani
Belum terbiasa menggunakan benih biji
Telah terbiasa menggunakan benih umbi
 Sumber : www.warasfarm.wordpress.com

Dari tabel tersebut dapat kita ketahui perbedaan dari benih bawang merah dengan biji dan benih bawang merah dengan umbi. 

Dimana benih bawang merah dengan biji lebih banyak mengguntungkan jika dibandingkan dengan umbi terutama tentang biaya yang menjadi faktor pertimbangan petani sebelum budidaya. 

Apabila menggunakan benih dari biji biaya produksi bisa diminimalisir seperti rincian sebagai berikut : kebutuhan benih bawang merah dari biji 1 ha sekitar 5 kg dengan harga Rp 2 juta/kg  maka diperlukan biaya hingga Rp 10 juta/ha. 

Akan tetapi jika menggunakan umbi 1 ha memerlukan 1,2 – 1,5 ton dengan harga Rp 25 ribu/kg maka biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 30-40 juta/ha belum ditambah biaya lain-lain. Terlihat jelas bukan perbandingan biaya produksinya dengan menggunakan benih biji biaya produksi jadi lebih hemat.


Baca Juga : Belanja Pertanian Harga Grosir Cepat dan Tepat


Benih Tuk Tuk Cap Panah Merah


Salah satu benih bawang merah dari biji yang dapat menjadi pilihan adalah benih bawang merah Tuk Tuk. Benih bawang merah Tuk Tuk merupakan benih unggulan hasil produksi dari perusahaan benih PT EAST WEST SEED INDONESIA Cap Panah Merah

Benih bawang merah Tuk Tuk ini memiliki keungulan-keunggulan sebagai berikut :

  • Bawang merah Tuk Tuk termasuk bawang merah non hibrida dari biji
  • Cocok ditanam di dataran rendah – tinggi
  • Tanaman vigor, umbi bulat, besar 15 gram
  • Umbi tunggal atau ganda
  • Umur panen 75 – 85 HST
  • Potensi hasil panen 25 – 30 ton/ha

Meskipun umur panen bawang daun dari biji relatif lebih lama dibandingkan bawang merah dari umbi namun kebutuhan benih per hektar sedikit menghemat biaya produksi. Ditambah lagi bawang merah dari biji memiliki potensi hasil yang cukup tinggi sekitar 25-30 ton/ha. 

Sedangkan bawang merah dari umbi yang panennya singkat tapi memiliki potensi hasil yang cukup kecil maksimal hanya sekitar 15 ton/ha saja. Hal ini justru tidak sebanding dengan biaya produksi yang besar. 

Potensi tinggi yang dimiliki oleh bawang merah dari biji seperti Tuk Tuk ini tentu saja sangat menguntungkan petani. Dengan demikian hal ini sangat diharapkan agar Benih Bawang Merah Tuk Tuk Cap Panah Merah mampu membawa perubahan bagi nasib petani bawang ke arah lebih baik dengan memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Budidaya Tuk Tuk bawang merah dari biji yang menguntungkan bagi petani bawang karena keunggulan – keunggulan yang ditawarkannya seperti yang sudah diulas diatas. Apabila berminat benih bawang merah Tuk Tuk Cap Panah Merah bisa didapatkan di Toko Pertanian Online LMGA AGRO

Toko Online LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, pestisida, dan sarana pertanian dengan harga murah dan terjangkau. LMGA AGRO siap mengirim ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8, dsb.

Kami juga melanyani konsultasi gratis budidaya tanaman hortikultura. Silakan hubungi Toko Pertanian LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.