TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

28/08/18

CARA MENANAM CABE BARA PRODUKTIF BERBUAH

CARA MENANAM CABE BARA, BUDIDAYA CABE BARA, JUAL BENIH CABE BARA, BENIH CABE BARA, LMGA AGRO
Cara menanam cabe Bara. Benih cabe Bara merupakan bibit cabe rawit unggulan cap Panah Merah, dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro. Hubungi bapak Budi 082141747141 (telepon) dan 08125222117 ( SMS/WA ).


LMGA Agro melayani konsultasi gratis cara menanam cabe Bara dan membantu mengatasi permasalahan yang ditemui selama bercocok tanam cabe rawit Bara.

LMGA Agro menyediakan benih-benih berkualitas dari pabrik-pabrik benih terkemuka di wilayah Indonesia.

Toko pertanian LMGA AGRO menyediakan keperluan Anda dalam budidaya tanaman seperti pupuk, pestisida, tanki alat kocor, mulsa plastik, sarana dan prasarana lain.

BENIH CABE BARA CAP PANAH MERAH


Benih Cabe Bara cap Panah Merah adalah bibit cabe rawit produksi dari East-West Seed ( EWINDO ). Cabe Bara Panah Merah direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai tinggi.

Cabe Bara adalah tanaman cabe yang bercabang banyak dan berumur genjah. Menghasilkan buah yang tegak dan tumbuh lebat, buah cabe Bara matang berwarna hijau terang, mengkilap dan sangat pedas.

Cabe Bara toleran terhadap penyakit CMV, dan layu bakteri ( Bacterial wilt ). Umur panen tanaman cabe Bara adalah 75 - 100 hari setelah tanam. Menghasilkan produksi sebanyak 1 - 2 kg/tanaman atau 9 - 10 ton/ha.

Benih cabe Bara adalah cabe rawit non-hibrida unggul dan sangat produktif (tipe C. annum non-hybrid). Secara agronomis, varietas tanaman cabe terbagi atas 2 tipe, yaitu hibrida dan non-hibrida.

Varietas hibrida adalah varietas keturunan pertama ( F1 ) dari hasil persilangan 2 galur murni.

Sedangkan varietas non-hibrida adalah varietas galur murni yang sifatnya bersari bebas dan dapat diperbanyak tanpa perlu persilangan.

Dari hasil perkawinan 2 indukan, varietas hibrida memiliki  kelebihan dibandingkan non-hibrida. Satu satunya yaitu hasil produksi berpotensi lebih baik dari kedua indukannya.

Inilah yang menjadi alasan kenapa Petani lebih memilih untuk menanam benih varietas hibrida karena mendapatkan keuntungan komersial yang besar.

BACA JUGA : JUAL CABE RAWIT SUPER SAE CAP SEBELAS

Namun sebaiknya tidak menanam benih dari tanaman varietas hibrida sebagai bibit untuk ditanam di musim tanam selanjutnya. Karena biji dari varietas hibrida telah mengalami segregasi.

Segregasi benih adalah terjadinya perubahan yang signifikan pada generasi F2 ( keturunan F1 ).

Benih memiliki sifat karakteristik unggul yang berbedadari indukannya, sehingga hasilnya kurang baik. Sifat ini juga menyusut bila benih dijadikan bibit. Sehingga petani harus membeli benih hibrida lagi di toko pertanian.

CARA SEMAI BIBIT CABE BARA PANAH MERAH


Penting sekali untuk melakukan cara membuat bibit yang baik dan benar, karena manfaatnya antara lain :
  • Media untuk semai bibit menyediakan unsur hara yang lengkap dan berguna untuk menunjang pertumbuhan bibit dengan baik. Kemungkinan bibit tidak tumbuh, dapat ditekan bahkan tidak ada.
  • Umumnya wadah-wadah semai ditata rapi agar mudah dalam perawatannya. Dengan persemaian kita dapat lebih mudah untuk mengontrol pertumbuhan tanaman.
  • Tanaman muda dipastikan akan mengalami stress begitu berada di lingkungan yang tiba-tiba/ekstrim. Dengan disemaikan dulu, bibit/calon tanaman dapat lebih siap ditempatkan di lingkungan baru.
  • Dengan persemaian, bibit-bibit digunakan untuk mengganti bibit yang mati atau sakit.

Persemaian yang efektif dalam perawatannya adalah dengan menggunakan wadah polybag. Polybag yang digunakan berukuran 5 x 10 cm, diisi tanah semai hingga ¾ bagian. Media semai menggunakan campuran tanah, arang sekam dan kompos ( 1: 1 : 1 ).

Struktur tanah semai harus gembur dan banyak mengandung unsur hara. Tujuannya untuk mempermudah perakaran benih. Media semai agar gembur terlebih dahulu harus diayak semua bahan-bahannya.

Benih cabe Bara yang sudah siap lalu dibenamkan dalam polybag sedalam 0,5 cm dan tutup kembali dengan tanah. Penyiraman bibit secara teratur dilakukan setiap pagi dan sore.

BACA JUGA : CABE ELEGANCE EKSIS DI DAERAH SENTRA VIRUS

Saat menyiram agar tidak merusak bibit, sebaiknya menggunakan kertas koran untuk menutup bagian atas benih. Adanya kertas koran, air yang jatuh tidak merusak bibit. Juga menjaga kelembaban tanah selalu stabil.

Bibit berumur 2 minggu, siap ditanam di lahan tetap. Biasanya pada hari ke-7, bibit sudah mulai berkecambah. Bibit cabe rawit yang telah muncul 4 - 6 helai daun sudah siap untuk dipindah tanam ( ± umur 1 - 1,5 bulan ).

PENGOLAHAN TANAH MENANAM CABE BARA


Pengolahan tanah menanam cabe Bara dilakukan dengan cara dibajak atau dicangkul hingga kedalaman 40 cm. Setelah itu, pH tanah dicek bila kurang dari 5, tebarkan kapur dolomit pada bedengan yaitu 1 - 4 ton/ha sesuai pH tanah.

Selanjutnya membuat bedengan cabe yang lebarnya 100 - 110 cm, tinggi 30 - 40 cm dan jarak antar bedengan 60 cm.

Panjang disesuaikan luas lahan. Diatas bedengan yang sudah jadi, ditaburkan pupuk dasar yaitu menggunakan pupuk kandan atau kompos, jika perlu ditambahkan juga pupuk kimia (Urea, SP-36, KCl) seperlunya.

Cara menanam cabe yang lebih intensif yaitu menutup bedengan dengan mulsa plastik hitam perak (MPHP). Menutup bedengan dengan MPHP memerlukan biaya yang besar namun adanya MPHP banyak sekali manfaatnya. Yaitu mempertahankan kelembaban, mengendalikan pertumbuhan gulma dan kebun akan selalu bersih.

Di atas mulsa dibuat lubang tanam menggunakan alat pelubang tanam ( dapat dibeli di toko pertanian Online LMGA Agro ) dengan model zig zag dan tidak sejajar.

Terdapat 2 baris dalam 1 bedeng, jarak lubang tanam 60 - 70 cm untuk mengatur sirkulasi angin dan penetrasi sinar matahari.

Pemasangan ajir dilakukan juga sedini mungkin sebelum tanaman cabe Bara tinggi agar tidak merusak akar tanaman.

Memasang ajir juga sekaligus untuk menahan mulsa dari hempasan angin yang kencang. Selanjutnya tanah dibiarkan selama 10 hari.

TANAMAN CABE BARA PRODUKTIF BERBUAH


Jenis-jenis cabai di Indonesia banyak sekali yaitu selain cabe rawit dan cabe besar yang banyak digemari, juga ada jenis cabe kanthur, cabe keriting, cabe jalapeno, cabe gendot dan cabe paprika.

Tidak dapat dipungkiri, harga cabai bersifat fluktuatif, tiba-tiba harganya murah dipasaran namun bisa tiba-tiba harganya tinggi. Seringnya disebabkan oleh cuaca penyebab utama harga cabai bisa naik turun begitu.

Disamping itu juga saat ini, industri hotel, resteron dan kafe lebih dulu bergerak cepat dengan memesan cabe sebelum cabe panen ke petani-petani.

Langkah cepat ini menyebabkan cabe menjadi langka saat panen tiba. Begitu cabe langka, dapat dipastikan harganya menjadi naik tinggi.

Tanaman cabe Bara produktif berbuah, sangat sesuai ditanam di iklim Indonesia yang mataharinya bersinar penuh 8 - 10 jam.

Cabe Bara cocok tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi. Berumur genjah dan produktif berbuah hingga 15 kali sekali musim tanam.

Suhu otimal untuk pertumbuhan cabe secara umum yaitu antara 24 - 28 °C. Suhu kurang dari 15 °C dan panas yang tinggi hingga lebih dari 32 °C menyebabkan tanaman akan tumbuh kurang baik dan maksimal. Pertumbuhan akan terganggu.

Pada musim kemarau, tanaman cabe Bara masih dapat tumbuh asalkan kebutuhan airnya selalu terpenuhi.

Kondisi tanah tidak sampai kekeringan dan pengairan tercukupi. Curah hujan yang baik bagi tanaman cabe berkisar 800 - 2000 mm/tahun.

BUDIDAYA CABE BARA AGAR CEPAT BERBUAH


Budidaya cabe Bara difokuskan untuk setiap fase pertumbuhannya. Terutama saat tanaman cabe Bara berumur 0 - 1 bulan.

Saat umur tersebut, budidaya cabe  difokuskan pemberian pupuk kandang dari kotoran hewan ternak yang telah dikeringkan.

Pupuk kandang dari kotoran ayam juga baik untuk tanaman cabe karena juga banyak mengandung unsur Phospor dan Nitrogen yang baik untuk perkembangan dan pertumbuhan tanaman cabe.

Umur 0 - 7 hari, benih cabe Bara memasuki masa semai bibit. Umur 7 - 20 hari merupakan masa perawatan untuk mendapatkan bibit cabe  yang sehat dan kokoh.

Memasuki umur 21 - 30 hari, masa ini tepat untuk dilakukan pemupukan menggunakan kotoran hewan yang telah dikeringkan.

Perawatan lain tanaman cabe Bara umur kurang dari 1 bulan, yaitu penyulaman. Pada umur ini, gulma yang tumbuh dapat mengganggu pertumbuhan tanaman cabe dan rentan sekali tidak tumbuh karena masih muda.

BIBIT CABE BARA TUMBUH SEHAT DAN KOKOH


Bibit cabe diperoleh melalui proses persemaian yang sebaiknya menggunakan pot polybag plastik. Persemaian memilih tempat yang teduh dan diberi naungan agar bibit dapat tumbuh baik dan sehat serta kokoh.

Benih cabe Bara dipilih karena memiliki keunggulan, benih direndam dalam air bersih selama semalaman. Setelah itu, benih dipindahkan ke kain kasa atau kain flanel.

Lalu letakkan di ruang yang gelap namun bersih. Beberapa hari kemudian, benih akan mulai berkecambah.

Segera siapkan media tanam yaitu campuran tanah halus  dan pupuk kandang yang sudah diayak. Perbandingannya 1 : 1.

Wadah semai bibit yaitu plastik polybag yang bagian bawah sudah dilubangi. Isi wadah dengan media tanam hingga benar-benar padat.

Lalu benih dapat ditanam, tidak lupa tetap bibit cabe tetap disiram dan rutin untuk diawasi dengan benar untuk mengetahui adanya bagian tanaman yang terserang hama dan penyakit.

BACA JUGA : CARI BENIH CABE LADO PANAH MERAH

Dapat juga disemprotkan insektisida dosis rendah 5 g/l untuk mencegah serangan.

Bibit cabe Bara dapat dipindahkan ke lahan tetap saat berumur 2 - 4 minggu atau telah muncul 3 - 4 helai daun majemuk. Bibit dipindahkan dengan hati-hati dan sebelum pemindahan, media semai disiram air begitu juga dengan setiap lubang tanam di bedengan disiram air untuk memudahkan proses transplanting.

CARA PEMUPUKAN CABE BARA AGAR BERBUAH LEBAT


Pemberian pupuk tanaman cabe pada umur 2 bulan, sebaiknya diberi pupuk Phonska Cair. Cara membuat pupuk Phonska Cair yaitu :
  • Menyiapkan beberapa pupuk yaitu 1 kg SP, 1 kg KCl dan 2 kg Phonska.
  • Siapkan beberapa ember dan air bersih. Ambil 8 liter air bersih dan masukkan ke ember, campur ketiga jenis pupuk tadi dan aduk rata.
  • Pupuk Phonska Cair siap digunakan.

Pupuk Phonska Cair nanti akan diambil sebanyak 1 liter dari 8 liter tadi dan dicampurkan 20 liter air bersih. Jadi sebanyak 8 liter Pupuk Phonska Cair didapatkan sebanyak 160 liter pupuk ditambah air.

Dicampurkan air bertujuan melakukan 2 kegiatan sekaligus yaitu pemupukan dan penyiraman, sehingga tanah tidak kering.

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE KERITING YOSI HIBRIDA

Pupuk yang dicampur air tadi dimasukkan ke dalam alat kocor lalu disemprotkan ke tanaman saat berumur 1 - 2 bulan.

Pupuk Phonska telah terbukti dapat membuat tanaman cabe berbuah lebat dan pertumbuhan yang lebih subur dibandingkan dengan tanaman cabe yang tanpa pupuk cair.

Penyemprotan pupuk Phonska Cair pada umur 1- 1,5 bulan karena saat tersebut tanaman cabe mudah terangsang tumbuh buah dan menghasilkan buah yang lebat.

PUPUK CABE BARA FASE VEGETATIF DAN GENERATIF


Di fase vegetatif, setelah 10 hingga 30 hari setelah pindah tanam, pupuk diberikan dengan cara dikocor. Yaitu pupuk NPK 6 : 25 : 27 dosis 100 gram per 10 liter air. Diaduk rata lalu dikocorkan ke tanaman sebanyak 1 gelas aqua.

Pemberian pupuk di fase vegetatif setiap 5 hari sekali, dan dosis pupuk ditambah sedikit demi sedikit. Di fase ini untuk memacu pertumbuhan, dapat diberikan ZPT yang mengandung hormon giberellin ( GA3 ). ZPT dapat dibeli di toko pertanian online LMGA Agro.

Di fase generatif, tanaman cabe sudah aktif membentuk bunga dan buah. Sehingga pupuk yang paling penting untuk diberikan yaitu yang banyak mengandung unsur P dibandingkan unsur makro lain. Perlu juga diberikan pupuk yang mengandung unsur Ca ( tersedia di Toko pertanian Online LMGA Agro ).

Agar bunga dan buah tidak mudah rontok, saat pemberian pupuk,  tambahkan pupuk Multi KP atau MKP dosis 4 sendok makan per tanki 14 liter air.

Pupuk Makro dan pupuk mikro yang diberikan harus seimbang agar tanaman cabe tidak mudah terinfeksi virus Gemini/Kuning dan keriting, penyebab terbesar gagalnya panen cabai. Pupuk mikro menggunakan Vitaflora kemasan 10 cc/botol.

Demikian ulasan kami tentang Cara Menanam Cabe Bara. Benih cabe rawit ini dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi P. Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ).

LMGA Agro juga menyediakan benih hortikultura buah juga sayur dari berbagai varietas produksi pabrik-pabrik benih terkemuka di seluruh wilayah Indonesia.

BACA JUGA : BENIH CABE PILAR CAP PANAH MERAH

Bila Anda membutuhkan alat-alat pertanian, pestisida, pupuk cair dan ZPT untuk tanaman Anda, kami siap melayani.

LMGA Agro siap mengirim benih cabe Bara dari  Panah Merah serta pesanan Anda lain dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia melalui jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...