TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

13/09/18

JUAL BENIH CABE MERAH OR Beautiful 497 HIBRIDA ORIENTAL SEED

CABE MERAH OR BEAUTIFUL 497, CABE BEAUTIFUL, CABAI BEAUTIFUL, LMGA AGRO
Jual benih Cabe merah OR Beautiful 497 Isi 10 gram. Benih dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 (telepon) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Benih cabe merah OR Beautiful 497 adalah benih cabe Oriental Seed Yogyakarta. Isi bersih 10 gram atau ± 1500 benih.


Toko Pertanian Online LMGA Agro melayani pembelian untuk toko pertanian atau petani, menyediakan berbagai varietas benih buah dan sayur hibrida, berbagai macam pupuk cair dan pestisida, alat-alat pertanian yang dapat membantu Anda dalam bercocok tanam pertanian. 

LMGA Agro juga melayani konsultasi gratis mengenai cara menanam dalam hal ini cara menanam cabe.

LMGA Agro mengirim semua pesanan Anda cepat dan tepat waktu di seluruh wilayah Indonesia menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, TIKI, POS, KI8 dan lain-lain.


CABE MERAH OR Beautiful 497, BENIH CABE ORIENTAL SEED


Benih cabe merah OR Beautiful 497 produk PT Oriental Seed Indonesia. Tanaman cabe merah OR Beautiful 497 sangat vigor, tanaman mudah tumbuh dan benih memiliki daya adaptasi yang baik terhadap berbagai tipe tanah dan iklim.

Panjang buah cabe merah OR Beautiful 497 adalah 14 - 15 cm, diameter buah 1,2 - 1,4 cm dan berat buah cabe merah OR Beautiful 497  adalah 13 -15 gram.

Buah berwarna hijau dan berubah menjadi merah menyala saat telah matang. Tanaman kokoh dan kuat, toleran terhadap penyakit dan virus.

Tekstur buah yang kuat sangat cocok dipasarkan dalam bentuk segar atau cabe kering. Budidaya cabe merah OR Beautiful 497 dianjurkan untuk banyak menggunakan pupuk kandang dan sistem irigasi yang baik.

Cabe merah OR Beautiful 497 merupakan jenis cabe merah besar dengan rasa pedas yang khas. Cabe merah masuk dalam kategori jenis komoditas pertanian yang paling atraktif, terutama dalam masalah harga. Harga cabe merah dapat tiba-tiba melonjak berkali-kali lipat pada waktu tertentu.

Harga cabe merah pasti naik terutama di bulan Puasa, menjelang lebaran dan hari hari besar lainnya. Karena pada saat itu, cabe merah besar banyak dicari sebagai bumbu atau sayuran berbagai olahan masakan di Indonesia. Selain itu, cabe merah juga mengandung berbagai macam senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan kita.

Seperti jenis cabe lain, cabe merah besar ini juga mengandung berbagai  antioksidan yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas penyebab penyakit. Hasil penelitian, cabai hijau yang paling banyak mengandung antioksidan. Selain itu cabe juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat antikanker.


CABE BESAR ORIENTAL SEED


Cabe merah OR Beautiful 497 adalah cabe besar Oriental Seed. Cabai merah Capsicum annum L. merupakan komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan petani Indonesia karena tanaman cabe memiliki harga jual yang tinggi juga manfaatnya yang banyak bagi kesehatan.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada cabai merah besar dapat memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun harus dikonsumsi secukupnya untuk menghindari nyeri lambung.

Cabai atau lombok merupakan kelompok terong-terongan ( Solanaceae ) yang mudah ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Cabai mengandung minyak atsiri capsaicin menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan sebagai bumbu rempah-rempah.

Cabe merah OR Beautiful 497 mudah ditanam dan tumbuh di pekarangan rumah sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari kita. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi melonjaknya harga cabe di pasaran. Fluktuasi harga cabe yang naik turun dipengaruhi oleh iklim  dan rentannya tanaman cabe merah terhadap serangan hama dan penyakit.

Cabe merah OR Beautiful 497 cocok ditanam pada tanah yang kaya humus, gembur, sifat tanah sarang dan air tidak mudah menggenang. Tanah memiliki pH ideal sekitar 5 - 6. Pada lahan kering, waktu tanam yang baik adalah akhir musim hujan ( Maret - April ).

BACA JUGA : JUAL BENIH CABE BESAR ELEGANCE F1 


MENANAM CABE MERAH OR Beautiful 497


Budidaya cabe akan dapat menghasilkan maksimal bila ditanam pada iklim yang sesuai kebutuhan tanamannya. Keadaan iklim di Indonesia yaitu matahari yang bersinar sepanjang hari 8 - 10 jam sangat cocok digunakan untuk menanam cabe.

Cabe merah OR Beautiful 497 tumbuh baik di dataran rendah hingga dataran tinggi sampai ketinggian 1400 m dpl dengan pH tanah 5 - 6. Pada ketinggian lebih dari 1400 m dpl, tanaman masih dapat tumbuh namun hasil buahnya kurang maksimal.

Suhu ideal menanam cabe merah OR Beautiful 497 adalah 24 ° - 28 °C. Suhu lingkungan yang terlalu rendah atau terlalu tinggi menyebabkan pertumbuhan tanaman cabe terganggu. 

Penanaman cabe di musim kemarau akan tumbuh baik asalkan diperhatikan kebutuhan airnya. Demikian juga saat menanam cabe di musim hujan usahakan lahan tidak terlalu lembab.


CARA MENANAM CABE MERAH OR BEAUTIFUL 497


Persemaian benih merupakan langkah pertama dalam menanam cabe merah, demikian juga dengan benih cabe merah OR Beautiful 497. Untuk luasan 1 hektar lahan cabe, benih yang dibutuhkan ± 0,5 kg. 

Pada tempat persemaian sebaiknya diberi naungan dengan menggunakan jaring. Naungan berfungsi untuk melindungi bibit dari air hujan, sinar matahari langsung, menjaga kestabilan suhu, menjaga dari terpaan angin dan menjaga kelembaban.

Persemaian sebaiknya menggunakan polybag berisi media yang sifatnya gembur dan banyak mengandung humus. Media yang gembur adalah media yang halus, dan agar halus maka bahan media harus diayak lebih dahulu. Media yang dipakai adalah tanah : kompos yang perbandingannya 1 : 1.

Benih cabe merah OR Beautiful 497 dibenamkan pada media polybag. Penyiraman saat umur 0 - 7 hari dengan cara permukaan media polybag ditutup kertas koran yang tujuannya agar air yang disiramkan tidak langsung mengenai benih. Setelah benih berkecambah, kertas koran bisa diambil dan diteruskan penyiramannya setiap hari.


PERSIAPAN LAHAN CABE MERAH OR BEAUTIFUL 497


Persiapan lahan dilakukan bersamaan dengan persemaian bibit cabe merah OR Beautiful 497. Lahan dicangkul dan dibersihkan dari gulma, batu/kerikil dan sisa-sisa tanaman sebelumnya. 

Bila pH tanah kurang dari 5 maka sebarkan kapur Dolomit sekitar 2 - 4 ton/ha hingga pH normal. Pemberian pupuk dasar yang baik adalah menggunakan pupuk kandang 1 ton per 1000 m² lalu biarkan selama 1 minggu.

Bedengan dibuat yang tinggi agar air tidak mudah menggenang, yaitu sekitar 50 cm, lebar bedengan 1 meter dan jarak antar bedengan 50 cm. 

BACA JUGA : CARA MENANAM CABE HAI-LUX TAHAN VIRUS DAN THRIPS

Setelah bedengan dibuat, tutuplah dengan mulsa plastik ( dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro ) selanjutnya buat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa ( dapat dibeli di Toko pertanian LMGA Agro ).

Jarak lubang tanam 60 cm x 60 cm kemudian biarkan lahan selama 1 minggu sampai bibit cabe juga siap dipindahkan. Bibit cabe dapat dipindahkan saat telah muncul 3 - 5 helai daun sejati atau berumur 21 - 25 hari. Sebelum dipindahkan, bibit disiram dulu hingga basah.


CARA MERAWAT TANAMAN CABE MERAH OR BEAUTIFUL 497


Merawat tanaman cabe merah OR Beautiful 497 meliputi :

Penyulaman dilakukan mengganti bibit yang mati atau tampak tidak sehat terutama setelah baru dipindahkan ke lahan tetap. Bibit di persemaian harus dilebihkan hingga 10% dari jumlah bibit yang akan ditanam untuk persediaan saat penyulaman. Paling lambat dilakukan hingga berumur 10 hari setelah tanam.

Penyiraman dilakukan setiap hari atau sesuai kondisi lingkungan. Penyiraman dilakukan menggunakan alat gembor. Pemberian air sistem di leb bila perlu dapat dilakukan 2 minggu sekali. Saluran air agar selalu diperhatikan agar air dapat mengalir dengan lancar.

Penyiangan dengan mencabut setiap rumput yang tumbuh. Bedengan yang tertutup mulsa, penyiangan gulma dilakukan pada pinggir bedengan.

Pemangkasan untuk budidaya cabe dilakukan dengan memotong tunas-tunas yang tumbuh pada batang utama. Terutama tunas-tunas samping yang biasanya terdapat 2 - 3 tunas. Pemangkasan tunas liar ini dapat merangsang pembentukan bunga dan buah dapat tumbuh lebat.

CARA PEMUPUKAN CABE MERAH OR Beautiful 497


Jika menggunakan pupuk kandang sebagai pupuk cabe maka pupuk kandang harus difermentasi terlebih dahulu sebelum digunakan. 

Fermentasi pupuk kandang bisa menggunakan bakteri EM4 atau Trichoderma sp. Cara ini juga dapat mencegah serangan penyakit layu karena cendawan. Aplikasi Trichoderma sp. dilakukan dengan cara dikocor pada akar tanaman cabai setiap 7 - 10 hari sekali.

Pemupukan susulan pada tanaman cabe diberikan setelah tanaman berumur 1 bulan hingga setelah panen, tanaman tetap diberi pupuk. Pupuk yang digunakan bisa menggunakan pupuk organik, kompos atau pupuk cair. 

BACA JUGA : CABE MERAH PILAR F1 CAP PANAH MERAH

Pupuk kandang sangat bagus untuk tanaman cabe, menggunakan kotoran ternak seperti ayam, kambing, sapi, kerbau, itik dan jenis pupuk lain. 

Namun petani cabe lebih menyukai pupuk kandang dari kotoran ayam yang telah kering karena kandungan unsur Mg, K, N dan Ca yang tinggi dan secara signifikan meningkatkan laju pertumbuhan tanaman cabe.

Pupuk kandang diberikan pada tanaman yang telah berumur 1 bulan lebih dan pemberian sampai diulang 3 kali hingga waktu panen dengan interval 2 minggu sekali. Dilakukan bersamaan dengan perawatan tanaman. 

Jenis pupuk lain yang juga bisa diberikan pada tanaman cabe yaitu pupuk NPK Mutiara dan Phonska. Berikan pupuk secara berimbang dan tidak berlebihan.

Unsur mikro diberikan dalam bentuk cair dan disemprotkan langsung pada tanaman. Unsur mikro meskipun dalam jumlah kecil namun bila kekurangan dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Unsur mikro yang penting bagi tanaman adalah Ca, Boron dan Magnesium ( dapat dikonsultasikan di LMGA Agro ).


HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN CABE


CABE MERAH OR BEAUTIFUL, CARA MENANAM CABE OR BEAUTIFUL, CABE ORIENTAL SEED, LMGA AGRO
Hama utama yang sering menyerang pertanaman cabe adalah lalat buah dan Kutu daun. Serangan lalat buah dalam budidaya cabe merah seringkali bila tidak dikendalikan dapat menyebabkan gagalnya panen. 

Buah cabai yang terkena infeksi tampak sehat dan utuh dari luar namun begitu dibelah buahnya, tampak bagian dalam yang membusuk dan terdapat larva lalat.

Segala upaya sudah banyak yang dicoba oleh petani cabe seperti menggunakan perangkap lalat buah berupa atraktan/lem perangkap. Upaya pengendalian secara mekanis dilakukan sebelum serangan lalat buah parah. 

Insektisida digunakan bila serangan sudah cukup berat dan dengan menggunakan insektisida sintetik karena dianggap langkah yang praktis, mudah didapat, dan menunjukkan efek yang cepat.

Pemilihan insektisida yang tepat dan aman, dapat Anda konsultasikan di Toko pertanian Online LMGA Agro. Berikut cara aplikasi dan komposisi pemberian yang tepat dan tidak meninggalkan residu yang tinggi bagi tanaman.

Benih cabe merah OR Beautiful 497 memiliki keunggulan tahan terhadap berbagai penyakit dan diharapkan dapat meminimalisir serangan hama dan penyakit. Namun juga harus diimbangi dengan teknik budidaya yang tepat agar tanaman dapat menghasilkan secara maksimal.

BACA JUGA : BENIH CABAI ARIMBI 85 TAHAN VIRUS HASIL TINGGI


PANEN CABE MERAH OR Beautiful 497


Cabe merah OR Beautiful 497 mulai bisa dipanen setelah berumur 70 - 80 hari setelah tanam. Proses pemanenan dilakukan berkali-kali hingga tanaman tidak lagi berproduksi. Banyak panen yang dilakukan tergantung selain varietasnya juga teknik budidaya dan kondisi lahan.

Panen cabe merah OR Beautiful 497 dilakukan dengan interval 2 - 5 hari sekali disesuaikan dengan kondisi kematangan buah dan permintaan pasar.

Buah cabe yang dipetik disertakan dengan tangkainya agar umur simpannya dapat lebih lama. Buah yang dipetik adalah yang berwarna oranye hingga merah. Pemetikan panen dilakukan pada pagi hari.

Berat buah cabe merah OR Beautiful 497 saat panen adalah 13 - 15 gram/buah, potensi hasil bisa mencapai hingga 14 ton/ha bahkan bila teknik budidaya optimal bisa mencapai 20 ton/ha.

Untuk pemasaran jarak jauh, buah yang dipetik tingkat kematangannya 70% agar saat tiba di tempat tujuan cabe telah matang. Sedangkan untuk pasar tradisional atau yang tidak jarak jauh, tingkat kematangan cabe yang dipetik adalah 80% ( merah meyala ). 


CABE MERAH OR BEAUTIFUL 497 ANDALAN PETANI INDONESIA


Bila dipanen masih muda, buah akan cepat layu, bobot buah berkurang dan akan tidak tahan lama selama disimpan. Cabe yang masih muda dipanen bila ada permintaan akan cabe hijau. 

Buah yang sudah dipetik, dimasukkan ke wadah dan diletakkan di tempat yang teduh. Jika terkena panas matahari, cabe akan mudah layu sehingga kualitas akan menurun.

Demikian artikel mengenai benih cabe merah OR Beautiful 497 dari Oriental Seed. Benih hibrida cabe merah besar ini dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro. Anda dapat hubungi P. Budi di 082141717141 ( telepon ) dan di 08125222117 ( SMS/WA ). 

BACA JUGA : CARA SUKSES MENANAM CABAI BAJA HASIL 29 TON

Anda juga dapat berkonsultasi dengan Kami mengenai cara menanam cabe merah OR Beautiful 497 atau cara menanam tanaman lainnya dan permasalahan yang Anda temui saat bercocok tanam, secara gratis. 

LMGA Agro menyediakan benih-benih sayur dan buah hibrida berbagai varietas, juga macam-macam pupuk dan pestisida yang Anda butuhkan. Juga tersedia alat-alat pertanian lengkap dan sarana prasarana menanam tanaman.

LMGA Agro mengirim pesanan Anda cabe merah OR Beautiful 497 dan jenis pesanan yang lain melalui jasa ekspedisi mitra kami seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan lain-lain dengan cepat dan tepat waktu. Benih cabe OR Beautiful 497 sudah menjadi andalan petani Indonesia.  Terimakasih, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...