SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H, SEGENAP TEAM LMGA AGRO MENGUCAPKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
SELAMA HARI RAYA, KAMI LIBUR MULAI 10 - 24 JUNI 2018

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Sabtu, 21 April 2018

CABE MERAH PILAR F1 CAP PANAH MERAH

CABE MERAH PILAR F1, BENIH CABE MERAH PILAR F1, CABE PILAR F1, CABE PILAR PANAH MERAH
CABE MERAH PILAR F1
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID - Cabe merah Pilar F1 banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan di Indonesia. Benih cabe merah Pilar F1 dapat diperoleh di Toko pertanian On Line LMGA AGRO  Bp. Budi : Telp. 082141747141 atau SMS/WA 08125222117. Cabe merah Pilar F1 digunakan untuk memberi warna merah alami masakan. Masakan tersebut antara lain sambal goreng, rendang, bali dan lain-lain. Cabe merah Pilar F1 berkualitas unggul dan memiliki banyak keunggulan. Direkomendasikan untuk ditanam di dataran tinggi dan cocok untuk iklim tropis Indonesia.



BENIH CABE BESAR CAP PANAH MERAH


Benih cabe merah Pilar F1 cap Panah Merah merupakan benih cabe merah besar unggul.  Direkomendasikan untuk  dataran menengah hingga dataran tinggi. Buah berukuran besar dan berwarna merah cerah mengkilap. Benih cabe ini diproduksi oleh PT East West Seed Indonesia. Tanaman cabe merah Pilar F1 merupakan jenis tanaman yang tinggi dan toleran terhadap suhu iklim tropis.

Cabe merah Pilar F1 juga merupakan jenis benih cabe besar F1 dataran tinggi. Benih cabe merah Pilar F1 ini memiliki ketahanan dari penyakit layu, bakteri dan penyakit Phythopthora, dapat dipanen pada umur 100 - 110 hst. Buah yang dipanen memiliki bobot per buah 19 - 20 g. Potensi hasil 18 - 22 ton/ha.

Cabe merah Pilar F1 merupakan tipe tanaman tegak dan tinggi, buahnya berbentuk silindris memiliki panjang rata-rata 17 cm dan diameter 2 cm. Buah berwarna merah mengkilap yang tebal, tidak mudah pecah dan toleran ujung buah kuning.

BACA JUGA : MENANAM CABAI COLOMBUS CAP KAPAL TERBANG

CABE MERAH

Cabe merah termasuk salah satu komoditas yang paling sering membuat terkejut pembelinya dan juga petani. Harga cabe merah dapat naik berkali-kali lipat disaat menjelang hari raya maupun tahun baru, disaat banyak ibu-ibu yang memasak masakan pedas. 

Namun bisa jadi tiba-tiba harga cabe merah turun hingga 30% karena ketersediannya yang membludak di pasaran. Selain dari segi harga yang fluktuatif, budidaya cabe merah juga sangat tergantung pada iklim dan cuaca lingkungan budidaya serta rentan terhadap serangan hama dan penyakit tanaman.

Iklim tropis Indonesia dimana matahari bersinar sepanjang hari 8 - 10 jam per harinya, sangat cocok untuk budidaya cabe. Tanaman cabe merah dapat tumbuh baik di dataran rendah hingga dataran tinggi hingga 1.400 m dpl. 


Derajat keasaman tanah antara 5 - 6. Suhu ideal untuk menanam cabe merah yaitu antara 24 -28 °C. Suhu lingkungan yang terlalu dingin atau terlalu panas dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Tanaman cabe merah dapat tumbuh dan berproduksi pada musim kemarau asalkan perawatannya diperhatikan terutama kebutuhan airnya. Curah hujan ideal untuk menanam cabe merah yaitu 800 - 2.000 mm per tahun dengan kelembaban 80%.

BENIH CABE BESAR UNGGUL 


CABE MERAH PILAR F1, BENIH CABE PILAR F1, CABE PILAR PANAH MERAH
CABE MERAH PILAR

Benih cabe besar bermacam-macam varietasnya dari yang lokal sampai hibrida dan unggul. Setiap varietas memiliki kekhasan tumbuh sendiri-sendiri. Untuk memilih jenis mana yang cocok, harus disesuaikan dengan lokasi penanamannya. 

Benih untuk budidaya cabe bisa didapatkan dengan dua cara, yaitu membeli di toko pertanian atau membenihkan sendiri. Benih cabe yang dibeli dari pabrikan atau produsen benih dipastikan bersifat unggul dan berkualitas. 

Terutama bila diproduksi oleh pabrik ternama dan dipercaya kualitas benihnya karena dalam proses pembuatannya menggunakan peralatan modern dan telah diuji kelayakannya. Bila menggunakan benih cabe lokal dapat diperoleh dari sesama petani atau menyeleksi sendiri dari hasil panen terdahulu. 

BACA JUGA : CABAI BESAR F1 PILAR RAJA CABAI DATARAN TINGGI

Cabe besar termasuk paling banyak digunakan diantara jenis cabe yang lain. Benih tanaman cabe besar hibrida termasuk benih yang sudah banyak berkembang dan menjadi konsentrasi perusahaan benih untuk memproduksi benih yang unggul. 


Benih cabe besar merah hibrida yang unggul, umur genjah, tahan penyakit, hasil tinggi akan menjadi andalan dan banyak ditanam oleh petani. Oleh karena itu, perusahaan benih yang berhasil membuat benih unggul akan keuntungan yang besar. 

Begitu juga bila berhasil membuat benih cabe besar unggul. Beberapa perusahaan benih yang sudah konsentrasi untuk mengembangkan cabe besar hibrida ini antara lain : Bisi International, East West Seed Indonesia, Bintang Citra Asia, Pertiwi Agri Makmur, Eston Seed dan masih banyak lagi.

CARA SEMAI CABE MERAH PILAR F1


Benih cabe merah Pilar F1 dikemas sebanyak 1.500 butir benih. Sebelum menyemai, kita harus menghitung kebutuhan benih yang disesuaikan dengan luasan lahan kita. 

Tempat persemaian sebaiknya diberi naungan berupa jaring paranet. Hal tersebut dengan tujuan mengurangi teriknya panas sinar matahari, bibit tidak terkena air hujan langsung, menjaga kestabilan suhu, menjaga kelembaban. Serta menghalangi angin yang bisa tiba-tiba berhembus kencang.

Suhu yang stabil dan kelembaban yang tetap terjaga sangat baik bagi pertumbuhan bibit. Arah tempat persemaian adalah menghadap ke arah timur karena untuk menangkap sinar matahari saat pagi yang baik bagi pertumbuhan bibit.


Tahapan Cara Semai Cabe

  • Tempat persemaian bisa di bedengan atau di polybag. Disini kami menyarankan untuk menggunakan wadah polybag ukuran 5 x 10 cm. Wadah lain yang bisa menjadi pilihan yaitu dari daun pisang yang dibuat sedemikian rupa seperti wadah. 
  • Media tanam dipersiapkan, adalah campuran tanah, sekam dan pupuk kompos ( 1 : 1 : 1 ).  Sebelum dicampur, media harus diaya halus. 
  • Perawatan bibit yaitu menyiram rutin setiap pagi dan sore hari. Cara menyiram untuk benih yang belum tumbuh yaitu dengan menutupkan selembar koran pada permukaan polybag. Lalu air disiramkan hingga basah. kertas koran dapat dibuka setelah benih tumbuh, kira-kira 3 hari setelah tanam. 
  • Pertumbuhan bibit harus diawasi dan dikontrol secara rutin. Bibit telah siap dipindah ke lahan tetap setelah 21 - 24 hari setelah tanam atau telah tumbuh 4 - 4 helai daun.

Kebutuhan benih tanaman cabe Pilar F1 adalah 17.000 per Ha. Maka kita harus tambahkan 10 % untuk langkah penyulaman tanaman.


MENGENAL PENYAKIT TANAMAN CABE


Keunggulan dari benih cabe merah Pilar F1 ini memiliki ketahanan dari penyakit layu fusarium, layu bakteri dan penyakit Phythopthora.
 

Layu Fusarium ( Fusarium oxysporum f. sp )


Tanaman yang terserang penyakit ini tampak daunnya mengalami kelayuan dan menguning mulai dari bagian bawah menjalar ke atas menuju ke ranting muda. Lokasi bagian yang terserang akan tertutup hifa putih seperti kapas, sehingga warna jaringan akar dan batang tanaman menjadi coklat. 


BACA JUGA : JUAL MURAH CABAI COLUMBUS CAP KAPAL TERBANG

Tanaman cabe muda yang terserang akan rontok daunnya bila sudah mencapai batang. Pengendalian yang dapat dilakukan adalah dengan mencabut tanaman yang terserang dan memusnahkan. 

Memanfaatkan agen antagonisnya yaitu Trichoderma sp. dan Gliocladium  spp. yang dapat diaplikasikan saat pemupukan dasar. Alternatif terakhir menggunakan fungisida dengan dosis yang rendah dan sewajarnya.
 

Layu Bakteri Ralstonia( Ralstonia solanacearum )


Gejala tanaman yang terserang pada tanaman tua, layu pertama biasanya terjadi pada daun yang letaknya pada bagian bawah tanaman. Pada tanaman yang muda, gejala serangan terlihat pada daun bagian atas. Setelah beberapa hari tanamn akan perlahan layu hingga menjadi layu permanen. 


Tetapi warna daun tetap hijau kadang-kadang terlihat kekuningan. Bila pada batang atau akar dipotong melintang dan dicelupkan air jernih, tampak keluar cairan keruh yang merupakan koloni bakteri menyerupai kepulan asap. Bila di musim hujan, penyakit ini cepat menyebar. 

BACA JUGA : CARA SUKSES MENANAM CABAI BAJA HASIL 29 TON
 
Pengendalian yang dapat dilakukan mencabut dan memusnahkan tanaman yang terserang. Memilih bibit yang sehat dan melakukan pergiliran tanaman.   Memanfaatkan agen antagonisnya yaitu Trichoderma sp. dan Gliocladium  spp. yang dapat diaplikasikan saat pemupukan dasar. Alternatif terakhir menggunakan fungisida dengan dosis yang rendah dan sewajarnya.
 

Penyakit Busuk Phytophtora


Penyakit ini penyebabnya adalah cendawan, yang menyerang seluruh bagian tanaman. Bila menyerang bagian batang disebut busuk batang, pada bagia pucuk tanaman disebut busuk pucuk atau mati pucuk.


CABE MERAH PILAR F1 TAHAN PERNYAKIT


CABE MERAH PILAR F1, CABE BESAR PILAR, CABE PILAR PANAH MERAH
CABE BESAR PILAR
Bila menyerang pada daun disebut busuk daun. Tanaman lebih rentan terserang saat musim hujan. Pada kondisi kelembaban yang tinggi, cendawan ini lebih cepat berkembang biak, spora cepat menyebar dan menginfeksi dari satu tanamn ke tanaman lain.

Pencegahan adalah dengan memilih benih yang tahan terhadap serangan cendawan Phytophtora. Media dibersihkan dari kotoran dan sisa-sisa akar tanaman lain. 


Tempat persemaian dipasang naungan dan mengatur jarak tanam untuk tidak berdekatan atau rapat agar area persemaian tidak terlalu rapat. Tanaman yang sudah terinfeksi dicabut dan dimusnahkan. 

BACA JUGA : BENIH CABE BESAR PILAR F1 CAP PANAH MERAH
 
Demikian ulasan kami tentang cabe merah Pilar F1 Cap Panah Merah, untuk penjelasan yang lebih panjang dan jelas bisa menemui  Toko pertanian On Line LMGA AGRO  Bp. Budi : Telp. 082141747141 atau SMS/WA 08125222117


Toko On Line LMGA AGRO (Agen, Distributor, Dealer, Resmi) menyediakan benih, pestisida, pupuk, dan peralatan pertanian dengan harga murah dan terjangkau. Kami juga melayani konsultasi GRATIS budidaya pertanian tanaman hortikultura. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...