TOKO PERTANIAN ONLINE LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA PETANI MURAH, AMAN SERTA NYAMAN. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/09/18

CARA MENANAM CABE HAI-LUX TAHAN VIRUS DAN THRIPS

CARA MENANAM CABE HAI-LUX, CABE HAI-LUX, TANAMAN CABE HAI-LUX, CARA TANAM CABE HAI-LUX, JUAL BENIH CABE HAI-LUX, LMGA AGRO
CABE HAI-LUX
Cara menanam cabe Hai-Lux Tahan Virus dan Hama Thrips. Benih di jual di Toko pertanian LMGA Agro, bapak Budi 082141747141 (telepon) dan 08125222117 (SMS/WA). Juga melayani konsultasi gratis cara menanam cabe Hai-Lux Eston Seed yang baik dan benar.

Toko Pertanian LMGA Agro menyediakan benih hibrida sayur dan buah berbagai varietas, pupuk cair, alat pertanian, mulsa plastik, pestisida, alat pelubang mulsa dan lain-lain sarana prasarana terutama cara menanam cabe Hai-lux. Kami siap mengirim pesanan Anda dengan cepat dan tepat waktu ke alamat Anda di seluruh wilayah Indonesia.

CABE HAI-LUX TAHAN VIRUS DAN HAMA THRIPS


Cara menanam cabe Hai-Lux merupakan jenis cabai keriting hibrida dari Eston Seed dengan banyak keunggulan yang dimiliki benihnya. Keunggulan tersebut antara lain :

  • Toleran terhadap virus Gemini/penyakit Bulai, Patek, hama thrips, mite dan penyakit layu.
  • Cara menanam cabe Hai-Lux perawatannya mudah, cocok ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi.
  • Batang tanaman cabe Hai-Lux kokoh dan memiliki percabangan yang rapat, ruas cabang pendek dan buah tumbuh sangat lebat.
  • Buah cabe Hai-Lux yang mentah berwarna hijau terang dan menjadi merah menyala saat matang.
  • Buah memiliki diameter 0,7 - 1,0 cm dan panjang 14 - 16 cm.
  • Tanaman cabe Hai-Lux hemat dalam menyerap unsur N.
  • Umur panen cara menanam cabe Hai-Lux adalah 75 - 80 hari setelah tanam.
  • Potensi hasil adalah 23 - 25 ton/ha bila Cara menanam cabe Hai-Lux dengan benar.
  • Kemasan isi bersih 10 gram.

Cabe atau disebut cabai berasal dari genus Capsicum, merupakan salah satu jenis sayuran favorit dan banyak dicari di pasaran sehingga cabe memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai ( Capsicum annum L. ) salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan petani Indonesia karena harga jualnya yang tinggi.

Cabai mengandung beragam senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Cabai hijau memiliki kandungan antioksidan terbesar. Zat capsaicin  yang dikandung buah cabe berperan sebagai zat antikanker.

Vitamin C dalam buah cabe cukup tinggi sehingga mampu memenuhi kebutuhan harian setiap orang, namun untuk beberapa orang, konsumsi cabe dapat menyebabkan nyeri lambung. Vitamin A dalam buah cabe baik untuk kesehatan mata.

Cabe keriting juga mengandung Kalsium dan fosfor yang cukup tinggi sehingga baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang.

Bagi penyuka memakan cabe, merasakan manfaatnya dapatmenghilangkan nyeri akibat sakit kepala dan rasa dingin, mengencerkan lendir dan dapat merangsang nafsu makan.

TANAMAN CABE KERITING HAI-LUX


Benih cabe keriting hibrida Hai-Lux merupakan benih Eston Seed produksi PT BISI International, Tbk.

Cabe keriting seperti jenis cabe lain juga memiliki banyak manfaat sehingga banyak masyarakat yang tertarik melakukan budidaya cabe. Juga petani di Indonesia gencar untuk melakukan usaha bagaimana untuk meningkatkan produktivitas panennya.

Cara menanam cabe Hai-Lux diawali dengan langkah menyiapkan bibit unggul yang baik.

Pembibitan cara menanam cabe Hai-Lux adalah dimaksudkan untuk mendapatkan bibit yang kuat tumbuh dan berkembang di lahan yang sesungguhnya hingga menghasilkan dengan maksimal.

Kebutuhan benih cara menanam cabe Hai-Lux untuk areal tanam 1 hektar sekitar 300 - 500 gram benih.

Cara menanam cabe Hai-Lux seperti juga menanam cabe yang lain, memilih tanah yang kaya humus, gembur dan tanah yang sarang ( tidak mudah becek ). Tanah memiliki pH ideal sekitar 5 - 6. Waktu menanam cabe yang tepat bila di lahan kering yaitu pada akhir musim hujan ( Maret - April ).

Agar buah cabe yang kita panen dapat tinggi, maka penanaman dapat dilakukan bulan Oktober dan panen bulan Desember, walaupun cukup beresiko tinggi.

Selain untuk menghindari gejolak harga cabai, resiko serangan hama dan penyakit pun cenderung kecil. Kendala utama menanam cabe di musim kemarau adalah masalah pengairan karena banyak petani cabe gagal panen karena kurangnya pengairan.


CARA MENANAM CABE  HAI-LUX YANG BAIK DAN BENAR


Cara menanam cabe Hai-Lux baik di musim hujan maupun di musim kemarau sama-sama memiliki resiko untuk gagal panen walaupun berbeda penyebabnya.

Perhatian lebih bila melakukan budidaya cabe di musim hujan karena cuaca yang tidak kondusif, curah hujan tinggi disertai kelembaban yang tinggi pula. Kondisi cuaca seperti itu seringkali memicu perkembangan  organisme pengganggu tanaman seperti hama dan penyakit.

1. Cara Pembibitan di Cara Menanam Cabe Hai-Lux Eston Seed


Pembibitan dalam cara menanam cabe Hai-Lux biasanya dianjurkan pada media polybag agar benih dapat diatur dan benih tidak saling berhimpit sehingga dapat tumbuh dengan baik. Di dalam pembibitan perlu disiapkan tanah dan pupuk kompos dengan komposisi 1 : 1.

Arang sekam dapat ditambahkan bila ada dengan ketentuan komposisi tanah sebanyak 2 kali lipat, sehingga perbandingan tanah : kompos : arang sekam adalah 2 : 1 : 1. Tidak lupa untuk mengayak semua bahan-bahan hingga halus selanjutnya dicampur jadi satu.

Dalam melakukan pembibitan dalam cara menanam cabe Hai-Lux, faktor lokasi penting untuk diperhatikan.

Tempat yang baik untuk pembibitan benih cara menanam cabe Hai-Lux yaitu lokasi yang terlindung dari sinar matahari langsung, air hujan, dan gangguan serangga.

Sebelum benih ditanam dalam media polybag, benih direndam dalam air hangat selama 1 - 3 jam. Pilihlah cabe yang tenggelam lalu benih ditiriskan. Kemudian benih dibenamkan pada media polybag sedalam 1 cm lalu ditutup kompos dan siram dengan sedikit air.

Perawatan bibit cara menanam cabe Hai-Lux adalah dengan menyiram rutin setiap pagi dan sore hari.

Pembibitan tanaman cabe dilakukan selama 21 - 24 hari hingga diperoleh bibit yang baik. Menyediakan bibit harus dilebihkan sebanyak 10% untuk menggantikan bibit yang tidak dapat bertahan lama saat dipindahkan.

2. Pengolahan Tanah Cara Menanam Cabe Hai-Lux


Persiapan lahan cara menanam cabe Hai-Lux yaitu membersihkan lahan dari gulma, sisa-sisa tanaman dan bebatuan atau kerikil. Bila rumput-rumput liar cukup banyak maka dapat disemprotkan herbisida yang bisa juga dikonsultasikan kepada kami LMGA Agro jenis herbisida yang sesuai dan cara aplikasinya.

Selanjutnya lahan digemburkan dengan cara di garu atau dibajak menggunakan alat traktor/hewan ternak atau bisa juga dengan dicangkul. Cara ini dapat juga untuk memutuskan siklus hidup organisme pengganggu dalam tanah.

Langkah cara menanam cabe Hai-Lux selanjutnya adalah membuat bedengan yang lebarnya 100 - 110 cm, tinggi bedengan 50 - 60 cm dan lebar antar bedengan yang digunakan parit yaitu 50 - 60 cm. Panjang bedengan disesuaikan dengan luas lahan dan kebutuhan.

BACA JUGA : MENGENAL KEUNGGULAN CABE VERY WELL

Pengecekan pH tanah cara menanam cabe Hai-Lux untuk mengetahui seberapa banyak kapur Dolomit yang akan diberikan. Bila pH rendah, yaitu < 5 maka disebarkan kapur Dolomit sekitar 2 - 4 ton/ha atau 200 - 400 g/m² sampai didapatkan pH tanah normal.

Pemberian Dolomit cara menanam cabe Hai-Lux adalah saat penggemburan tanah atau bersamaan pemberian pupuk dasar. 

Pupuk dasar cara menanam cabe Hai-Lux diberikan sebanyak 10 - 20 ton/ha atau sebanyak ½ - 1 zak untuk 10 meter panjang bedengan. Untuk pupuk dasarnya juga dapat ditambahkan pupuk NPK. 

3. Penanaman Bibit di  Cara menanam Cabe Hai-Lux 


Agar efektif dalam perawatan cara menanam cabe Hai-Lux, bedengan dapat dipasangkan mulsa plastik hitam perak. Memasang mulsa dilakukan pada siang hari dengan cara dibentangkan lalu kedua sisinya ditarik.

Bagian warna perak diletakkan sebelah atas kemudian setiap ujung mulsa ditancapkan pasak dari bambu.   

Sehari sebelum waktunya kita untuk memindahkan bibit ke lahan tetap, mulsa dilubangi menggunakan alat pelubang ( dapat dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro ). Jarak lubang tanam cara menanam cabe Hai-Lux adalah 60 cm x 60 cm. Bibit cabe mulai dapat dipindah tanam saat berumur 21 - 24 hari atau telah muncul 3 - 4 helai daun sejati. 


4. Cara Merawat Tanaman Cabe di Cara Menanam Cabe Hai-Lux


Perawatan cara menanam cabe Hai-Lux yang harus diperhatikan adalah penyiraman yang disesuaikan dengan kondisi tanah dan tanaman. Bila jarang turun hujan, penyiraman dilakukan 2 hari sekali dan bila di musim hujan,  penyiraman 4 - 5 hari sekali. 

Penyulaman dilakukan dengan mengganti bibit yang mati atau tampak  layu sampai berumur 2 minggu setelah dipindahkan. Penyulaman harus dilakukan sesegera mungkin agar didapatkan nantinya tanaman tumbuh seragam dan panen bersamaan. 

Memasang ajir juga dilakukan segera mungkin sebelum tanaman berumur 4 minggu setelah dipindahkan. Hal ini untuk menghindari saat ajir ditancapkan mengenai perakaran tanaman.

Ajir ditancapkan berjarak 4 cm dari pangkal batang. Dan saat tinggi tanaman sudah 1 meter, tanaman diikatkan pada ajir menggunakan tali salaran ( tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro ). 

Pemangkasan yaitu dengan memotong tunas air tanaman cabe saat berumur lebih dari 3 minggu. Membuang tunas air yang berada di bawah cabang utama atau tunas-tunas samping.

Pemangkasan dilakukan 2 kali setiap 2 minggu sekali. Tujuan pemangkasan adalah agar tanaman cabe dapat tumbuh tegak, kuat dan seragam. Juga dapat merangsang pembungaan dan agar buah cepat tumbuh. 

Penyiangan gulma dapat dilakukan bersamaan  penyiraman. Lahan penanaman cabe harus bersih dari rumput-rumput liar karena dapat menjadi tanaman vektor pembawa virus penyakit.


5. Pupuk Cabe Cara Menanam Cabe Hai-Lux Bebas Virus


Pemupukan susulan cara menanam cabe Hai-Lux dilakukan dengan sistem kocor. Pemupukan ke-1 dilakukan pada umur 10 hari setelah pindah tanam. Pemberian pupuk dengan cara dikocor lebih efektif karena pupuk dapat diserap tanaman langsung dan tidak banyak pupuk yang menguap atau terbuang. 

Pemberian pupuk cabe diulang setiap 10 hari sekali dengan cara dikocor dan pupuk dilarutkan dalam 250 liter air dan dikocorkan sebanyak 250 ml ( gelas aqua ) per tanaman. Sistem kocor ini dapat menghemat waktu dan tenaga karena pemberian pupuk sekaligus melakukan penyiraman. 

Pemberian pupuk cabe dengan cara ditabur, pupuk dimasukkan dalam lubang pupuk yang berjarak 15 cm dari pangkal batang. Bila bedengan tidak diberi mulsa maka pupuk diberikan mengelilingi batang tanaman dengan jarak 15 cm lalu pupuk ditutup tanah. 

Berikut dosis pupuk cabe susulan cara menanam cabe Hai-Lux untuk 1000 tanaman cabe : 
  1. Pemupukan pertama umur 10 hari setelah cara menanam cabe Hai-Lux setelah pindah tanam, diberikan dengan cara dikocor, sebanyak 4 kg pupuk NPK 16. 
  2. Pemupukan kedua pada umur 17 hari setelah pindah tanam dengan cara dikocor sebanyak 6 kg pupuk NPK 16. 
  3. Pemupukan ketiga pada umur 24 hari setelah pindah tanam dapat diberikan cara dikocor atau ditabur. Pupuk yang diberikan campuran 1 kg Urea, 4 kg NPK, 1 kg KNO Putih, 1 kg TSP dan 1 kg MKP. 
  4. Pemupukan keempat pada umur 30 hari setelah pindah tanam dengan cara dikocor atau ditabur. Pupuk yang diberikan campuran 10 kg Urea, 4 kg NPK, 1 kg KNO Putih, 2 kg TSP dan 1 MKP. 
  5. Pemupukan kelima pada umur 40 hari setelah pindah tanam dengan cara dikocor atau ditabur. Pupuk yang diberikan campuran 6 kg NPK, 2 kg KNO Putih, 2 kg TSP dan 2 kg MKP. 
  6. Pemupukan keenam pada umur 50 hari setelah pindah tanam dengan cara dikocor atau ditabur. Pupuk yang diberikan campuran 8 kg NPK, 2 kg KNO Putih, 3 kg TSP dan 2 kg MKP. 
Pemupukan ketujuh dan selanjutnya diberikan setiap 10 hari sekali. Dosis dan cara pemberian pupuk di cara menanam cabe Hai-Lux Eston Seed sama dengan dosis pemupukan keenam. Pemberian pupuk cabe  terus dilakukan sampai tanaman cabe tidak berproduksi lagi.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Cabe 


Tanaman cabe merupakan tanaman yang membutuhkan perhatian lebih sampai tanaman benar-benar sudah menghasilkan dengan optimal dan aman dari serangan hama penyakit. Petani cabe banyak dituntut untuk terus belajar dan belajar tentang budidaya cabe agar berbuah lebat dan menghasilkan dengan maksimal. 

Sejak mulai dari pembibitan, petani diharuskan untuk rutin melakukan pengamatan kondisi tanamannya. Dari hasil pengamatan dan pengontrolan kondisi kebun, dapat diputuskan usaha-usaha apa yang harus dilakukan sebagai usaha pencegahan serangan hama dan penyakit.  

BACA JUGA : HASIL TINGGI CABAI KERITING LAJU F1

Penanganan sejak dini adalah cara yang paling tepat untuk mengendalikan serangan hama dan penyakit dalam cara menanam cabe Hai-Lux. Sejak penyemaian, persiapan lahan, penanaman, perawatan sampai tiba saat panen, petani harus serius mempelajari tiap aspek tanaman cabenya. 

Hama-hama yang sering menyerang tanaman cabe antara lain : 

1. Ulat Grayak ( Spodoptera litura ) biasa disebut dengan ulat tentara karena cara menyerangnya secara berkelompok/bergerombol dalam jumlah yang sangat banyak. Ulat grayak menyerang daun muda hingga daun tua hingga dapat menghabiskan seluruh daun tanaman hingga tanaman meranggas. Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengendalikannnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan kebun terutama dari gulma atau rumput-rumput liar. 

2. Ulat Buah ( Helicoverpa sp. ) biasanya menyerang buah cabe yang masih muda, masih hijau  dengan cara membuat lubang dan memakan daging buahnya. Buah yang diserangnya menjadi berlubang pada bagian dalamnya dan buah menjadi busuk akhirnya rontok. 

3. Kutu Kebul ( Bemisia tabaci ), hama ini berwarna putih, bersayap dan tubuhnya dipenuhi serbuk putih. Hama ini menyerang dan menghisap cairan daun tanaman sehingga sel-sel pada jaringan daun tanaman menjadi rusak. Kutu kebul merupakan vektor utama virus gemini penyebab penyakit Bulai/Bule.  
4. Lalat Buah menyerang buah cabe dengan cara menusuk dan menyemprotkan telurnya ke dalam daging buah cabe. telur nantinya akan menetas menjadi larva yang memakan daging cabe hingga buah cabe menjadi busuk, menguning dan rontok. Pencegahan serangan lalat buah dengan membuat perangkap dari atraktan ( perangkap lalat buah tersedia di Toko pertanian LMGA Agro ). 

PANEN TANAMAN CABE 


Panen cara menanam cabe Hai-Lux pada umur 75 - 80 hari setelah pindah tanam dan panen terus dilakukan sampai tanaman tidak berproduksi lagi. Biasanya maksimal sampai berumur 24 bulan. Potensi hasil mencapai 23 - 25 ton/ha. 

Pemanenan cara menanam cabe Hai-Lux dilakukan setiap 2 - 5 hari sekali dan menyesuaikan dengan permintaan pasar. Pasar tradisional menginginkan matang yang merah menyala ( matang 80% ) atau permintaan akan cabe hijau. Sertakan tangkai buahnya bila dipanen agar dapat tahan lama selama disimpan atau pengangkutan jarak jauh.  Sebaiknya dipanen pada pagi hari jam 5 pagi. 

Demikian artikel tentang cara menanam cabe Hai-Lux Eston Seed dari PT BISI International Tbk. Benih dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro, hubungi bapak Budi 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ).  

BACA JUGA : BUDIDAYA CABAI RED KRISS MUSIM PENGHUJAN

LMGA Agro menyediakan benih-benih sayur dan buah bermutu dari berbagai jenis varietas, juga pupuk cair, pestisida, alt-alat pertanian, sarana dan prasarana yang akan membantu Anda dalam bercocok tanam. 

LMGA Agro juga melayani konsultasi gratis terutama bagaimana cara menanam cabe Hai-Lux. Semoga artikel tentang Budidaya Cabe Hai-Lux yang kami tulis bermanfaat dan selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...