SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT BERBELANJA DAN NIKMATI KONSULTASI GRATISNYA

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Sabtu, 16 Desember 2017

BUDIDAYA CABAI RED KRISS MUSIM PENGHUJAN

BUDIDAYA CABAI RED KRISS MUSIM PENGHUJAN
CABAI RED KRISS
WWW.LMGAAGRO.WEB.ID - Budidaya Cabai  Red Kriss musim penghujan menjadi pilihan karena budidaya cabai di musim penghujan mempunyai resiko yang tidak kecil.  Musim penghujan menjadi tantangan tersendiri bagi pembudidaya cabai. Seperti diketahui, negara kita adalah negara tropis dengan dua musim yaitu musim kemarau dan penghujan.  Curah hujan yang tinggi, udara yang lembab, dan  intensitas pencahayaan sinar matahari yang rendah adalah kondisi yang harus disiasati oleh petani cabai, agar cabai tetap bisa tumbuh baik hingga saat panen. Tidak hanya keahlian dalam teknik budidaya yang dibutuhkan tetapi juga pemilihan benih yang cocok akan berperan besar dalam kesuksesan budidaya cabai.


Budidaya Cabai Red Kriss  musim penghujan menjadi salah satu upaya untuk menghindari serangan patek (antraknose). Karena seperti kita ketahui, budidaya cabai di musim penghujan sangat rentan terhadap serangan penyakit seperti patek. Kerugian yang ditimbulkan akibat serangan patek sangatlah besar. Bukan hanya hasil produksi atau hasil panen yang berkurang, serangan patek bahkan bisa mengakibatkan kegagalan panen.  Sehingga Patek (Antraknose) menjadi penyakit utama pada budidaya cabai di musim penghujan.

Pada tanaman cabai yang terinfeksi patek, penyakit patek yang disebabkan oleh jamur ini tidak hanya menyerang buahnya saja.  Akan tetapi juga menyerang batang dan daun tanaman cabai. Serangan saat masa pertumbuhan mengakibatkan pertumbuhan tanaman terganggu. Sehingga produktifitas akan turun. Buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang buruk dan jumlah yang sedikit. Oleh karena itu, pemilihan benih yang tahan patek seperti Red Kriss dan teknik budidaya yang baik dan benar, bisa mengurangi resiko serangan patek (antraknose).

BUDIDAYA CABAI RED KRISS TAHAN PATEK


Budidaya Cabai Red Kriss musim penghujan diawali dengan   menyemai benih.  Benih bisa disemai dalam bedengan semai, dengan polybag semai berukuran 8 x 6 cm atau dengan tray semai. Media semai yang digunakan adalah tanah halus dicampur dengan pupuk kandang yang sudah matang. Perbandingan tanah dan pupuk kandang adalah 3 : 1. Setelah dicampur, media semai harus diayak untuk mendapatkan media yang halus.  Benih disemai selama 23-25 hari, atau hingga tumbuh 3 daun sempurna.

BACA JUGA : MENGENAL PENYAKIT ANTRAKNOSE PADA TANAMAN CABAI

Kegiatan budidaya cabai Red Kriss berikutnya adalah pengolahan lahan.  Pengolahan lahan bisa dilakukan dengan menggunakan cangkul atau traktor.  Lahan yang telah diolah dibuat bedengan,  kemudian diberi pupuk kandang, dolomit dan pupuk dasar.  Penggunaan mulsa pada budidaya cabai dianjurkan untuk menekan pertumbuhan gulma, menghambat pertumbuhan hama dan penyakit serta menjaga kelembaban dan suhu tanah.  Setelah itu dibuat lubang tanam  dengan jarak 70 x 70 cm, untuk musim penghujan.

Pada budidaya cabai Red Kriss yang juga harus diperhatikan adalah saat perawatan tanaman yang   meliputi pemupukan, dan pengendalian hama penyakit. Bibit Cabai Red Kriss yang telah dipindah tanam dari persemaian ke lahan harus mendapatkan pupuk yang sesuai dengan pertumbuhannya.

Cabai Red Kris memiliki dua fase dalam siklus hidupnya.  Yaitu fase vegetatif atau pertumbuhan dan fase generatif atau pembuahan. Pada fase vegetatif, tanaman lebih banyak membutuhkan pupuk nitrogen dibandingkan pupuk kalium dan phospat. Selain itu pada fase ini tanaman cabai Red Kriss tidak boleh kekurangan air agar tanaman tidak kerdil. Sedangkan pada fase generatif tanaman lebih banyak membutuhkan pupuk kalium dan phosphat. Dosis pemupukan tanaman Cabai Red Kriss , pada dasarnya sama dengan cabai yang lain.

KEUNGGULAN BUDIDAYA CABAI RED KRISS


Budidaya Cabai Red Kriss memiliki keunggulan tersendiri, terutama saat ditanam di musim penghujan. Keunggulan budidaya Cabai Red Kriss terletak pada ketahanannya terhadap hama dan penyakit terutama penyakit antraknose (patek). Untuk hama dan penyakit pada budidaya cabai Red Kriss yang harus diwaspadai adalah serangan lalat buah dan fusarium.

BACA JUGA : RESEP PUPUK TANAMAN CABAI

Serangan lalat buah dapat dicegah dengan memasang perangkap lalat buah atau dengan menyemprotkan pestisida. Sedangkan layu fusarium yang banyak menyerang terutama pada awal musim penghujan  bisa dicegah dengan menggunakan obat anti layu Arashi. Untuk patek atau antraknose, cabai Red Kriss memiliki ketahanan. Akan tetapi pencegahan perlu dilakukan dengan penyemprotan pestisida secara berkala.

Budiaya Cabai Red Kriss dapat menghemat biaya perawatan. Sifat tanaman Red Kriss yang tahan terhadap patek yang banyak menyerang di musim penghujan sangat membantu mengurangi biaya perawatan. Baik biaya tenaga kerja untuk pengobatan maupun biaya untuk pembelian pestisida. Pemberian pestisida untuk tujuan pencegahan, tentunya tidak akan sebanyak yang diberikan untuk tujuan pengobatan. Penghematan biaya ini tentu saja secara ekonomis sangat menguntungkan petani.

BACA JUGA  : ARASHI OBAT ANTI LAYU

Keunggulan budidaya Cabai Red Kriss selain ketahanannya terhadap patek adalah  memiliki penciri utama buah dengan ujung yang lurus tidak mudah menguning dan buah berwarna merah mengkilap merata. Tampilan buah yang bagus tentu saja membawa nilai jual tersendiri.  Buah juga memiliki ketahanan pengangkutan jarak jauh, sehingga sangat cocok bagi petani dengan lokasi lahan budidaya yang jauh dari sarana jalan umum.

Benih Cabai Red Kriss tersedia dalam kemasan 10 gram bisa didapatkan di Toko Pertanian On Line LMGA AGRO. Toko Pertanian On Line LMGA AGRO menyediakan benih, pupuk, obat pertanian (pestisida), sarana dan prasarana pertanian dengan harga terjangkau. LMGA AGRO juga melayani konsultasi budidaya pertanian gratis. Hubungi LMGA AGRO di nomor 082141747141 (Telepon) atau di 08125222117 (sms/wa).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...