TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

18/07/19

MANFAAT TERONG, SAYURAN BUAH YANG MUDAH CARA MENANAMNYA

terong, terung, budidaya terong, manfaat terong, benih terong, lmga agro
Manfaat Terong, Mudah
Menanamnya

Manfaat Terong, Sayuran Buah yang Mudah Cara Menanamnya. HP 082141747141 ( telepon ) 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan benih hibrida buah dan sayur, jenis-jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian. Benih hibrida dari berbagai varietas produk dari pabrik benih terkemuka dan terpercaya.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima layanan konsultasi gratis. Konsultasi juga mengenai manfaat terong, jenis-jenis terong dan cara menanam terong. Konsultasi mengenai budidaya tanaman lain dan permasalahan di lapangan.

Manfaat terong, orang Jawa biasa menyebutnya, mempunyai sebutan lain yaitu terung. Terong kategori tumbuhan penghasil buah namun dijadikan sebagai sayur-sayuran. Manfaat terong sebagai sayur penting bagi tubuh kita.


Terong termasuk anggota Solanaceae dan manfaat terong ini pernah dianggap beracun. Beberapa jenis terong ada rasanya pahit dan menyebabakan iritasi perut serta mengakibatkan gastritis.

Tanaman terong mampu terus berproduksi hingga 2 tahun. Manfaat terong memiliki produktifitas cukup tinggi. Karena itulah manfaat terong menjadi salah satu jenis sayur lokal dengan prospek menjanjikan.


TENTANG TERONG, SAYURAN PENUH MANFAAT


Nama latin terong adalah Solanum melongena. Nama sebenarnya dalam kamus bahasa Indonesia adalah terung, namun di Pulau Jawa banyak orang menyebut dengan sebutan terong.

Tumbuhan penghasil buah ini merupakan sayur. Asal buah terong adalah dari India dan Sri Lanka. Kerabat dekat terong adalah kentang dan Leunca. Terong kerabat jauh dengan tomat. Terong justru sering ditanam secara tahunan.

Secara umum, cara menanam terong dengan disemai dulu. Hingga tumbuh 4 daun sejati kemudian dapat ditanam di lahan tetap. Umur panen dimulai dari umur 70 - 80 hari. Pemetikan terong saat panen dilakukan terus menerus dengan interval 5 hari sekali.

Manfaat terong memiliki banyak biji kecil namun lembut. Biji-biji tersebut dapat dimakan, rasanya pahit karena mengandung nikotin. Yaitu sejenis alkaloid yang banyak terdapat pada tembakau.

Terung merupakan tanaman untuk diambil buahnya. Asal usul buah terung terletak di bagian selatan dan timur Asia, telah ada sejak zaman pra-sejarah. Terung baru dikenal di dunia Barat sekitar tahun 1500.

Manfaat terong bermacam-macam warnanya, yaitu hijau, unggu dan putih. Seperti pada beberapa varietas Leunca dan kentang, terong pun pernah dianggap sayuran beracun. Beberapa orang justru tidak berdampak buruk pada dirinya saat mengkonsumsi terong.

Terong mudah diperoleh di pasar, swalayan bahkan toko kelontong di kampung dan menjual sayuran. Olahan masakan dengan bahan terong juga cukup banyak. Terong dapat dikonsumsi baik mentah maupun matang. Dijadikan sayuran berkuah hingga sambal balado terong.

Namun sebagian orang lain menyebutkan bahwa memakan terong dapat bermanfaat bagi kesehatannya. Menurut mereka, terong terasa pahit dan mengiritasi perut bahkan menimbulkan gastritis pada tubuh mereka. Oleh karena itu, bagi yang peka harus menghindari konsumsi terong.


KANDUNGAN GIZI DALAM TERONG UNTUK MANFAAT BESAR


Kabar gembira bagi penyuka terong apalagi bila digunakan sambal terong. Karena manfaat terong memiliki kandungan gizi lengkap dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Rasa terong memang enak, manis dan sangat pantas dikonsumsi setiap hari sebagai sayuran. Karena terong memiliki kandungan gizi cukup banyak dan komplit.

Pantaslah manfaat terong sebagai salah satu sayuran layak untuk dikonsumsi secara rutin. Karena kandungan gizinya lengkap dan telah terbukti berdasar data dari US Departement of  Agriculture. 

Dibawah ini akan dijabarkan kandungan nutrisi manfaat terong satu per satu.

  • Manfaat terong mengandung fitonutrien dan antioksidan tinggi. Terutama pada terong ungu, sehingga menjadikan terong ungu lebih unggul dibandingkan terong jenis lain. Adanya zat pigmen warna kulit pada terong menjadikan manfaat terong ungu mengandung antioksidan tinggi. Terong bermanfaat sebagai pencegah sakit kanker.
  • Manfaat terong mengandung serat tinggi. Bahwa dalam 100 gram terong setara 1 buah terong ukuran sedang mengandung 3 gram serat. Angka tersebut setara 1 buah apel atau jeruk. Serat bermanfaat untuk pencernaan kita, pengontrol kolesterol dan kadar gula darah.
  • Manfaat terong banyak mengandung vitamin K dan Potassium ( Kalium ). Kedua unsur tersebut bermanfaat untuk kesehatan jantung dan kestabilan tekanan darah kita. Terong bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

BACA JUGA : BENIH TERONG



MENGENAL JENIS-JENIS TERONG


Terong Ungu

manfaat terong, terung, jual benih terong, menanam terong, toko pertanian online, lmga agro
Benih Terong Ungu
Hibrida
Jenis terong ungu salah satu jenis terong favorit dan banyak ditanam di Indonesia. Permintaan pasar terong ungu cukup tinggi, harga jual terong jenis ini pun cukup tinggi pula. Terong ungu berbentuk bulat memanjang, warna ungu mengkilap, kulit tipis dan ujungnya tumpul. Tangkai batang terong panjang antara 3 - 5 cm. Bentuknya menyerupai mahkota.

Terong Belanda

Terong Belanda juga banyak digemari dan disukai orang. Manfaat terong ini biasanya dibuat jus dan olahan lain. Bentuk terong Belanda bulat, daging tebal, kulit berwarna kemerahan dan bijinya banyak. Biji terong Belanda coklat kehitaman, mengkilap dan sedikit berlendir.

Terong Putih

Terong putih di Indonesia baru dikenal 5 tahun terakhir ini. Penampilan terong putih hampir sama dengan terong ungu, hanya warna kulitnya putih. Terong putih juga rasanya sedikit manis, tekstur buah renyah dan empuk. Manfaat terong putih cocok diolah untuk manisan.

Terong putih, juga dikenal dengan sebutan terong Kania, merupakan jenis terong hibrida. Kelebihan manfaat terong putih adalah tingkat produktivitasnya tinggi dibanding terong jenis lainnya.

Terong Telunjuk

Terong telunjuk bentuknya menyerupai jari telunjuk. Jenis terong ini banyak ditemui di pulau Sumatra. Di Medan, manfaat terong telunjuk digunakan sebagai variasi sayuran, seperti gulai dan lain-lain.

Terong Bulat

Manfaat terong bulat banyak dikonsumsi sebagai lalapan. Warna kulitnya adalah putih kehijauan, tekstur renyah dan rasanya cenderung manis. Manfaat terong bulat juga biasa diolah sebagai karedok pedas.

MANFAAT DAN PERBEDAAN TERONG HIJAU DAN UNGU


Sayuran terong, mudah sekali ditemui di Indonesia. Selain itu, manfaat terong mudah sekali cara pengolahannya. Harga terong juga sangat terjangkau.

Namun, jangan lupa bahwa di pasaran, ada 2 jenis terong yang banyak dijual oleh penjual sayur. Yaitu terong hijau dan terong ungu. Terdapat perbedaan diantara 2 jenis terong tersebut. Dan mempengaruhi manfaat dari terong hijau dan ungu.

Baik terong ungu maupun hijau, dengan berat 80 gram mengandung protein ( 1 gr ), Karbohidrat ( 5 gr ), dan serat ( 3 gr ). Juga terdapat kandungan lain seperti asam folat, zat besi, magnesium, vitamin C dan K.

Terdapat perbedaan diantara manfaat terong ungu dan hijau. Terong ungu mengandung antioksidan dari jenis antosianin. Kandungan inilah menyebabkan terong memiliki kulit berwarna ungu.

Antioksidan dalam terong ungu bermanfaat sebagai penangkal dari radikal bebas. Sehingga dapat mencegah datangnya berbagai penyakit dari ringan sampai berat termasuk kanker.

Dalam manfaat terong ungu terkandung alkaloid, flavonoid, tanin, saponin dan glikosida. Unsur-unsur tersebut bermanfaat untuk mencegah kanker, tekanan darah tinggi, hepatitis dan gangguan pernapasan.

Begitu besarnya manfaat antosianin dalam terong ungu, maka sebaiknya tidak menghilangkan kulit terong ungu saat mengolahnya nanti. Hal ini dilakukan demi untuk mendapatkan manfaat sehat terong ungu.

Banyak pakar kesehatan menyebutkan bahwa banyak sekali manfaat mengkonsumsi terong bagi kesehatan. Mulai sekarang buktikan dengan rutin makan terong setiap hari.



MANFAAT SEHAT DARI KONSUMSI TERONG SETIAP HARI


manfaat terong, terung, jual benih terong, menanam terong, toko pertanian online, lmga agro
Terong Ungu Hibrida
Srilong
Rutin konsumsi terong setiap hari bermanfaat menjaga keseimbangan kadar gula darah. Serat tinggi dalam manfaat terong berfungsi menyebabkan proses penyerapan gula berjalan lambat.

Selain itu, kandungan polifenol dalam manfaat terong menyebabkan sekresi insulin membaik. Kondisi ini menyebabkan tubuh mampu mengendalikan kadar gula darah dengan lebih efektif.

Manfaat terong adalah dapat mengendalikan kolesterol tubuh. Proses sekresi insulin semakin baik menyebabakan metabolisme lemak membaik. Hal tersebut membantu mengendalikan kolesterol lebih baik.

Manfaat terong menyebabakan kita tidak mengalami kolesterol tinggi. Karena hal inilah sebagai penyebab datangnya penyakit jantung atau stroke.

Manfaat terong mencegah datangnya kanker. Terong mengandung soladine rhamnosyl glycoside. Unsur tersebut mampu melawan perkembangan sel kanker. Sehingga bila rutin makan terong, penyakit kanker dapat dicegah masuk ke tubuh kita.

Manfaat terong banyak mengandung antioksidan sangat tinggi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa antioksidan bermanfaat besar. Manfaatnya sebagai penangkal radikal bebas di udara. Radikal bebas ini mengakibatkan kerusakan sel dalam tubuh.

Manfaat polifenol dan antosianin dalam terong sebagai pelindung membran sel-sel otak. Sehingga hal ini menyebabkan sirkulasi darah ke otak meningkat.

Manfaat terong akan menyebabkan fungsi otak semakin baik. Kita terhindar dari penyakit degeneratif seperti Alzhemeir atau demensia saat tua nanti.

Karena kaya serat, manfaat terong dapat dimasukkan menu bagi program diet kita. Manfaat terong dapat menurunkan berat badan.

Antioksidan dalam manfaat terong mampu memberikan perlindungan bagi kecantikan kulit dari radikal bebas. Antioksidan bermanfaat melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit mendapatkan cukup nutrisi. Rutin konsumsi terong bermanfaat mencegah penuaan dini.


MANFAAT TERONG HIJAU


Bayangan masyarakat begitu mendengar sayur terong hijau adalah sayur dengan rasa sedikit pahit dan menimbulkan efek lemas. Tidak banyak disadari bahwa terong hijau bermanfaat besar juga sebagai sayuran.

Terong hijau dapat tumbuh tingggi sampai 150 cm, memiliki daun lebar dan lobus kasar. Ukuran buahnya panjang 10 - 20 cm, batang berduri dan warna bunganya putih.

Sayur terong hijau sedikit berasa pahit karena mengandung alkaloid nikotin. Namun terong hijau bermanfaat besar, seperti dijabarkan di bawah ini :

  • Manfaat terong hijau dapat menghambat kerusakan pada pembuluh darah.
  • Manfaat terong hijau sebagai penghilang rasa gugup. Terong hijau mengandung unsur bermanfaat menghambat kekejangan syaraf. Untuk mengobati penyakit epilepsi dan penyakit kejang lainnya.
  • Manfaat terong hijau sebagai penghilang rasa nyeri. Dapat digunakan untuk mengobati penyakit campak, luka bakar, cacar air dan gastritis.
  • Manfaat terong hijau untuk mencegah kanker. Mampu menekan terjadinya kerusakan sel-sel tubuh. Nutrisi dalam terong hijau mampu melawan serangan zat yang dapat memicu sel kanker.



BUDIDAYA TERONG, SAYUR PENUH MANFAAT


Budidaya terong dapat dilakukan diberbagai kondisi. Agar hasil panennya maksimal, maka ada baiknya ditanam sesuai kebutuhan hidup terong. Syarat tumbuh menanam terong antara lain :

  • Terong membutuhkan iklim tropis, curah hujan antara 85 - 200 mm/bulan dan harus merata. Suhu optimal ideal menanam terong adalah 25 - 30 °C. Terong mendapatkan sinar matahari cukup.
  • Media tanah ideal bagi terong adalah gembur ( agar lebih gembur, lakukan pengolahan tanah ). Tidak ada air yang menggenang dan tanah mengandung unsur hara cukup. Mengandung pH 5 - 6,5, bila < 6,5 dapat ditaburkan kapur Dolomit.
  • Jenis tanah untuk menanam terong adalah latosol, regosol dan andosol. Tanah ini merupakan jenis tanah lempung ringan, memiliki daya drainase dan daya ikat air kuat.
  • Ketinggian ideal budidaya terong adalah mulai dataran rendah sampai dataran tinggi sampai 1000 m dpl.

PEMILIHAN BENIH TERONG UNTUK HASIL MAKSIMAL


Budidaya terong dengan tujuan mendapatkan hasil produksi tinggi dan tanaman dapat tahan penyakit, sebaiknya menggunakan benih hibrida. Kebutuhan benih budidaya terong dalam 1 hektar adalah sekitar 300 - 500 gram. Disesuaikan dengan jarak tanam yang dipilih.

Benih Terong Hibrida HITAVI


manfaat terong, terung, jual benih terong, menanam terong, toko pertanian online, lmga agro
Benih Terong Hibrida
Hitavi
Benih terong HITAVI merupakan benih hibrida terong hijau. Benih produk Cap Panah Merah. Direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah. Terong hibrida benih HITAVI memiliki kemampuan tahan terhadap penyakit layu bakteri dan Virus Gemini.

Umur panennya 52 - 53 HST dan rata-rata berat terong panen adalah 231 - 252 gram/buah. Bentuk terong HITAVI silindris dengan warna kulit hijau dan daging buahnya putih. Panjang berkisar antara 20 - 25 cm dan diameternya 4 cm. Produksi panen terong HITAVI cukup tinggi. Potensi hasil tanamnya mencapai 65 - 72 ton/ha.


Benih Terong Hibrida PERTIWI


Terong PERTIWI merupakan benih terong hibrida produk unggulan dari Benih PERTIWI, PT. Agri Makmur Pertiwi. Direkomendasikan untuk ditanam di dataran tinggi hingga dataran rendah.

Terong PERTIWI panen pada umur 42 - 52 HST ( umur genjah ). Satu batang menghasilkan terong 13 - 31 buah dan jumlah buah > 1 buah/tandan.

Kulit buah terong PERTIWI adalah ungu, bentuknya silindris, berwarna ungu tua mengkilap. Warna daging buah putih kehijauan dan rasa tidak getir.

Panjang terong PERTIWI berkisar 22 - 26 cm, diameter sekitar 4 cm dan berat/buah berkisar 1,6 - 3,8 kg. Potensi hasil panen terong PERTIWI 39 - 90 ton/ha. Kebutuhan benih menanam per hektar adalah 80 - 84 gram/ha.




Benih Hibrida Terong LEZATA


Benih terong hibrida LEZATA merupakan jenis terong ungu produk Cap Panah Merah. Potensi hasil panen 4 - 5 kg/batang tanaman. Ukuran panjang terongnya 26 cm dan diameter 5 cm. Bentuk terong LEZATA silindris, toleran dari serangan bakteri.

Umur panen terong ungu LEZATA 55 HST. Daging buahnya keras dan buah mudah jadi. Kebutuhan benih menanam dalam 1 hektar adalah 200 gram.

Benih Hibrida Terong ANTABOGA


Terong ANTABOGA merupakan jenis terong ungu produk Cap Kapal Terbang. Potensi hasil panen mencapai 5,5 kg/batang tanaman. Ukuran panjang terong ANTABOGA adalah 27 cm dan diameternya 5 cm. Bentuk terong silindris, keras dan cocok bila untuk pengiriman jarak jauh.

Benih terong ANTABOGA toleran serangan bakteri. Umur panen 60 HST. Memiliki banyak bunga betina dan persentase bunga menjadi buah tinggi. Kebutuhan benih menanam terong ANTABOGA per hektar sebanyak 200 gram.


CARA PENGOLAHAN TANAH MENANAM TERONG


manfaat terong, terung, jual benih terong, menanam terong, toko pertanian online, lmga agro
Benih Terong Hibrida
Antaboga
Pengolahan tanah menggunakan alat-alat dan bahan bertani antara lain cangkul, sabit dan pupuk kandang matang. Sebelum memulai dicangkul, lahan dibersihkan dari rumput-rumput liar menggunakan sabit.

Setelah membersihkan lahan, lakukan pengecekan pH tanah. Jika pH tanah < 5, sebaiknya melakukan proses pengapuran terlebih dulu lalu tanah dibiarkan selama 2 minggu.

Setelah melakukan pengapuran, dilanjutkan dengan pembajakan tanah menggunakan cangkul. Mencangkul tanah sampai kedalaman 50 cm lalu taburkan pupuk kandang kering di permukaan tanah. Biarkan kembali selama 1 minggu.

Setelah dibiarkan selama 1 minggu, langkah berikutnya adalah membuat bedeng dengan 140 cm dan tinggi 50 cm. Panjang bedeng disesuaikan dengan kondisi lahan tanam.

Jarak antar bedeng dibuat 40 cm dan dijadikan sebagai drainase atau saluran air. Diatas permukaan bedeng dibuat lubang tanam ditengah bedeng dengan jarak lubang 50 cm.

Sambil melakukan pengolahan tanah ini, kita juga mempersiapkan bibit terong di tempat terpisah. Diharapkan bibit sudah siap untuk dipindahkan ke lahan yang juga sudah disiapkan sebelumnya.


PERSEMAIAN BENIH MENJADI BIBIT TERONG


Sebelum melakukan pengolahan tanah, biasanya petani membuat bibit terong. Budidaya terong tidak dapat langsung menanam dari benih, namun harus melewati proses pembibitan terlebih dulu. Bila melewati persemaian diharapkan mendapatkan bibit terong kokoh dan kuat saat dipindahkan. Kemudian dapat tumbuh dan berkembang hingga menghasilkan nanti.

Langkah pertama adalah menyiapkan tempat untuk menyemaikan benih. Caranya yaitu dengan membuat bedeng, lebar 1 meter dan tinggi 20 cm. Bedeng semai benih terong menggunakan campuran tanah, arang sekam dan kompos ( 1 : 1 : 1 ).

Tempat semai juga diberi naungan atau pelindung. Tujuannya melindungi dari terik sinar matahari langsung dan datangnya hujan tiba-tiba.

Rendam dahulu benih dalam air hangat 10 - 15 menit. Kemudian tiriskan dan bungkus benih dalam kain basah, lalu diamkan selama 24 jam. Buatlah alur di permukaan bedeng semai sebagai tempat menebarkan benih. Alur berjarak 5 - 10 cm di atas bedeng, tebarkan benih dan tutup dengan tanah tipis-tipis.

Selanjutnya bedeng ditutup dengan daun pisang atau karung goni basah. Siramkan air diatas karung goni atau daun pisang untuk menjaga kelembaban tempat semai.

Dalam 2 - 3 hari, benih akan muncul kecambah, lalu buka daun pisang/karung goninya. Selanjutnya bibit disiram setiap hari. Setelah hari ke-10 sampai ke-15, bibit dipindahkan ke wadah polybag kecil atau menggunakan bumbunan daun pisang. Polybag diisi tanah dan kompos perbandingan 1 : 1.

Perawatan bibit berupa penyiraman setiap hari dan mencabut rumput bila ada. Ditunggu sampai bibit berumur 1 - 1,5 bulan dan telah muncul minimal 4 helai daun. Saat tersebut, bibit bisa dipindah ke lahan tetap yang sudah disiapkan.


PEMELIHARAAN BUDIDAYA TERONG


Penyulaman 

Penyulaman adalah mengganti bibit sakit atau mati bila ada. Penyulaman segera dilakukan setelah penanaman bibit. Paling lama adalah satu minggu setelah menanam bibit terong. Penggantian bibit dengan cara mencabut bibit layu, sakit atau pertumbuhannya tidak normal/kerdil. Pencabutan disertakan media tanahnya lalu diganti bibit baru.

Penyiangan

Penyiangan dengan cara mencabut rumput liar dan gulma disekitar tanaman. Penyiangan bertujuan agar rumpu liar ( gulma ) tidak mengganggu pertumbuhan terong. Adanya gulma menimbulkan persaingan dalam hal menyerap unsur hara tanah.

Gulma juga bisa menjadi tanaman inang bagi patogen pengganggu. Penyiangan budidaya terong dilakukan pada umur 15 hari dan umur 60 -75 HST.

Penyiraman

Dilakukan setiap hari, terutama di fase awal pertumbuhan juga saat cuaca kering. Pemberian air dengan cara disiramkan atau di-leb beberapa jam. Jika tanah di-leb, biasanya sampai 3 - 4 hari ke depan, tanah masih basah. Tergantung dari struktur dan tekstur tanah.

Bila tanah banyak mengandung pasir maka tanah akan cepat kering. Bila tidak turun hujan, penyiraman menanam terong dilakukan setiap 3 hari sekali sampai terong berbunga. Namun setelah muncul bunga, pemberian air intervalnya menjadi pendek yaitu 2 hari sekali penyiraman.

Pemasangan Ajir/turus

manfaat terong, jual benih terong, terung, menanam terong, toko pertanian online, lmga agro
Tali Salaran LMGA Agro
Ajir terbuat dari bilah bambu, ditancapkan disamping batang terong dan telah berumur 3 minggu. Tujan manfaat ditancapkan ajir adalah menopang batang terong agar tidak roboh terutama saat muncul terong nanti.

Ajir dari bambu panjangnya sekitar 1,5 - 2 meter, ditancapkan dengan jarak 5 - 7 cm dari pangkal batang tanaman. Usahakan bahwa ajir yang ditancapkan, tidah merusak dan melukai akar tanaman.

Bila melukai akar tanaman, akan ada daerah terbuka pada akar dan itu bisa menjadi jalan masuk jamur dan bakteri untuk menyerang.

Pemasangan ajir atau bilah bambu untuk menopang batang terong dilakukan setelah berumur 3 minggu. Penancapan ajir hendaknya berjarak 5-7 cm dari pangkal batang. Jangan sampai penancapan ajir melukai akar terong.

Ikat batang terong pada ajir dengan tali rafia atau menggunakan tali khusus yang tidak melukai batang terong. Tali tersebut adalah tali salaran, dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro.


PEMUPUKAN SUSULAN TERONG AGAR HASIL PANEN MAKSIMAL


Pemupukan susulan dilakukan saat terong mulai berumur 2 minggu setelah pindah tanam. Budidaya terong an-organik, pupuk susulan menggunakan Urea dosis 80 kg/ha dan KCl 45 kg/ha.

Budidaya terong organik, pupuk susulan menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang sebanyak masing-masing 1 genggam tangan atau sekitar ½ kg/tanaman.

Pemberian pupuk susulan berikutnya diulang minggu ke-5 lalu minggu ke-7. Bersamaan pupuk susulan, lakukan penyiangan gulma disekitar tanaman.

Pemberian dengan cara tabur disekeliling tajuk terong dengan jarak 5 cm dari pangkal batang. Juga dapat diberikan pupuk campuran dalam bentuk ZA dan ZK perbandingan 1 : 1 sebanyak 10 g/tanaman.

Pupuk campuran tadi diberikan lagi saat umur 2,5 - 3 bulan, yaitu ZA 150 kg/ha dan ZK 150 kg/ha. Untuk tekstur tanah liat berlempung, menggunakan pupuk NPK  ( 12 : 34: 12 ) sebanyak 500 kg/ha.




PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT TERONG


Pengendalian hama dapat menggunakan perangkap kuning sebanyak 40 buah untuk luasan lahan 1 hektar. Anda dapat membeli perangkap kuning di Toko Pertanian Online LMGA Agro, harga bersaing dan terpercaya.

Penggunaan insektisida, gunakan secara aman dan selektif seperti insektisida nabati, biologi atau insektisida piretroid sintetik. Pengendalian penyakit menggunakan fungisida yang efektif dan sesuai anjuran pada kemasan.

Berikut ini hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman terong.

1.Kumbang Daun ( Epilachna spp. )


Hama kumbang daun menyerang daun menyebabkan daun tidak rata, berlubang dan memiliki warna kuning. Selanjutnya daun akan layu.

Pengendalian hama kumbang daun dilakukan secara manual dan kimiawi. Cara manual dengan memunguti kumbang lansung lalu dimusnahkan. Cara kimiawi yaitu melakukan penyemprotan insektisida sesuai dosis anjuran.

2. Kutu Daun ( Aphids spp. )


Kutu daun, hama pada terong dan menyerang bagian daun muda. Menyebabkan daun rusak, tidak beraturan, kering lalu tanaman mati. Kutu daun menyerang daun muda dan pucuk daun dengan cara menghisap cairan daun.

Serangan Aphids menyebabkan daun keriting dan pertumbuhan terhambat. Gejala dapat dilihat bila ada segerombolan semut merah di bagian pucuk daun.

Pengendalian hama kutu daun dilakukan dengan cara manual dan kimiawi. Secara manual denagn melakukan perendaman benih sebelum disemaikan. Rutin melakukan sanitasi lahan mengatur jarak tanam terong dengan baik.
Pengendalian kimiawi yaitu penyemprotan menggunakan insektisida sesuai dosis yang dianjurkan. Hal ini, Toko Pertanian Online melayani konsultasi mengenai permasahan pengendalian hama dan penyakit tanaman.

3. Tungau ( Tetranychus spp. )


Menyerang permukaan daun, timbul bintik coklat kehitaman. Daun menjadi berlubang kemudian layu. Pengendalian hama tungau dengan cara melakukan sanitasi lahan, perendaman benih dengan larutan fungisida sebelum disemaikan. Lakukan juga penjarangan tanaman. Pengendalian cara kimiawi dengan cara penyemprotan insektisida.

4. Ulat Buah ( Helicoverpa armigera hubn. )


Ulat buah menyerang buah baik muda maupun buah tua. Akibatnya buah akan berlubang, busuk di bagian dalamnya. Lalu buah menjadi rontok sebelum dipanen.

Ulat ini menyerang pada malam hari. Juga menyerang daun dan batang terong. Daun yang diserang menjadi berlubang dan rusak. Serangan pada batang menyebabkan batang terluka lalu patah.

Pengendalian secara manual dengan cara membuang buah rusak dan busuk. Gulma dibersihkan dari kebun, melakukan rotasi tanaman. Rutin melakukan sanitasi lahan dengan baik. Secara kimiawi melakukan penyemprotan insektisida.

5. Ulat Grayak ( Spodoptera litura F. )


Menyebabkan daun berlubang, lubang tidak beraturan. Hama ulat grayak menyerang daun muda dan tua. Serangan berat bisa menghabiskan seluruh daun hingga tanaman menjadi gundul. Pertumbuhan menjadi terhambat.

Kerusakan akibat serangan hama ulat grayak berlangsung cepat karena hama bekerja berkelompok dengan jumlah banyak. Ulat grayak juga menyerang bunga dan buah muda. Menyebabkan bunga rontok dan tanaman gagal berbuah.

Pengendalian secara manual dengan mengambil ulat langsung dari bagian terong lalu dimusnahkan ( dibakar ). Rutin melakukan sanitasi dan penyiangan gulma. Melakukan rotasi tanaman dan membersihkan lahan dari gulma. Pengendalian kimiawi yaitu penyemprotan insektisida sesuai dosis anjuran.


6. Kutu Kebul


Hama ini sering bergerombol di balik daun hingga daun tua. Pada daun muda menyebabkan daun mengkerut, keriting dan terong menjadi kerdil. Keberadaan hama ini tampak adanya kutu berwarna putih dan terdapat benang-benang halus seperti kapas putih. Bila disentuh, benang-benang halus tersebut akan beterbangan.
Akibat serangan kutu kebul, daun menjadi mengkerut dan mengeriting. Selanjutnya menyebabkan terong tumbuh kerdil.
Pengendalian hama kutu kebul secara manual yaitu melakukan rotasi menanam terong, membersihkan gulma dan rumput-rumput liar. Secara kimiawi, bisa menyemprotkan pestisida akarisida berbahan aktif abamectin seperti demolish.

7. Bekicot


Bekicot pada terong menyerang bagian terong yang muda. Memakan batang dan daunnya. Bekicot ini bergerak malam hari dan seringnya menyerang lahan tidak bersih. Serangan berat bisa merusakkan seluruh populasi terong dalam jumlah banyak.
Pengendalian manual dengan mengambili bekicot di malam hari lalu dibuang menjauh dari lahan. Lahan selalu dibersihkan dari gulma rumput- rumput liar. Secara kimiawi, dengan menaburkan pestisida nematisida seperti furadan. Nematisida ditaburkan disekitar batang terong.

8. Penyakit Rebah Semai ( Dumping-off  )


Penyakit rebah semai disebabkan oleh cendawan Rhizoctonia solani  dan Phytium spp. Penyakit ini menyerang bibit di persemaian. Bibit terserang akan menguning, layu lalu tanaman akan mati.
Bibit terong akan layu dan mati karena pangkal  batang membusuk. Penyakit rebah semai mudah sekali menular ke bibit lain, terutama bila di musim hujan.
Pengendalian secara manual yaitu rutin melakukan sanitasi lahan, menggunakan benih hibrida berkualitas. Penyemaian benih menggunakan jarak tanam tidak terlalu rapat. Bila ada bibit sakit atau mati, segera cabut dan dibuang jauh dari lahan atau dimusnahkan dengan cara dibakar. Pemberian air tidak terlalu banyak/basah.
Pengendalian kimiawi menggunakan fungisida sesuai dosis anjuran. Fungisida bisa menggunakan Antracol atau Dithane.

9. Busuk Buah


Penyakit busuk buah disebabkan oleh cendawan Phytopthora sp. Gejala serangan ditandai adanya bercak memanjang di bagian tengah terong. Kulit terong tampak bercak coklat. Busuk buah dapat dengan cepat menyebar keseluruh daging buah. Akibatnya terong menjadi lembek dan membusuk. Terong lalu terlepas dari tangkainya di bagian kelopak lalu rontok.

Pengendalian dan pencegahan antara lain : dengan menanam varietas terong hibrida dan tahan virus/penyakit. Terong rusak akibat terinfeksi, segera dipetik lalu dimusnahkan/dibakar.
Pengendalian secara kimiawi dengan cara menyemprotkan fungisida dan dosis sesuai anjuran kemasan. Bisa menggunakan fungisida Dithane, Antracol atau Bion M.

10. Bercak Daun


Disebabkan oleh cendawan Cercospora sp., Altenaria solani dan Botrytis cinerea. Gejala awalnya berupa adanya bercak coklat berbentuk bulat di daun tua. Dan lama kelamaan akan berwarna kuning lalu rontok. Penyakit bercak daun semakin cepat meluas hingga ke seluruh daun terong di musim hujan.

Pengendalian dan pencegahan, gunakan benih terong hibrida dan varietas tahan virus/penyakit. Pengaturan jarak tanam, menggunakan mulsa plastik hitam perak bila menanam di musim hujan. Selalu menjaga kebersihan lahan dari gulma dan usahakan agar kondisi lahan tidak lembab.

11. Antraknosa


Serangan penyakit antraknosa pada buah menimbulkan bercak kering berbentuk bulat berwarna hitam kecoklatan seperti dibakar. Bila menyerang batang maka akan membusuk, berwarna kehitaman dan basah.

Penyakit antraknosa disebabkan oleh cendawan Gloeosporium melongena Ell. Permukaan daun yang terserang akan timbul bercak coklat kehitaman, daun mengeriting dan menggulung.

Pengendalian dan pencegahannya yaitu menggunakan benih hibrida tahan penyakit, pengaturan jarak tanam dan selalu membersihkan lahan dari gulma dan sampah plastik atau kotoran lainnya. Singkirkan segera terong busuk atau rusak. Memangkas bagian tanaman terserang.

12. Layu Bakteri


Gejala serangan penyakit layu bakteri tampak bila tiba-tiba saja tanaman menjadi layu. Penyebabnya adalah bakteri Pseudomonas solanacearum dan menyerang akar terong. Akibatnya akar menjadi busuk, tanaman menjadi layu lalu lama kelamaan akan mati.

Cara mencegah penyakit layu bakteri yaitu dengan melakukan rotasi pada budidaya terong. Selalu menjaga lahan untuk tidak lembab, mencabut lalu dimusnahkan tanaman mati atau rusak. Penyemprotan pestisida dari jenis bakterisida seperti agrimicin, bactoxyn dan lain-lain.

13. Layu Fusarium


Disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporum menyerang akar tanaman terong. Gejala serangan layu Fusarium adalah tanaman terlihat segar di pagi hari. Tetapi kemudian menjadi layu di sing harinya, dan segar kembali bila di sore hari.

Kondisi tersebut berlangsung berhari-hari hingga tanaman menjadi mati. Cendawan fusarium cepat menyebar bila di musim hujan.

Serangan cendawan Fusarium dapat dikendalikan dengan melakukan pergiliran menanam terong bukan menanam satu famili atau sama. Selalu membersihkan lahan dari gulma/tanaman inang hama. Menggunakan mulsa plastik hitam perak bila menanam di musim hujan.

Juga sebaiknya cegah agar kondisi lahan tidak lembab dengan mengatur jarak tanam tidak terlalu rapat. Penerapan aplikasi trichoderma  yaitu pengocoran trichoderma sebelum tanam dan setelah tanam dilakukan seminggu sekali. Cabut lalu musnahkan tanaman yang rusak atau mati.

14. Busuk Pangkal Batang/Leher Akar


Gejala penyakit busuk pangkal leher adalah pangkal batangnya membusuk, terkelupasnya kulit, terasa basah dan berwarna kecoklatan. Kemudian tanaman menjadi layu, rebah lalu mati. Penyebabnya adalah Sclerotium rolfsii.

Cara mengendalikannya yaitu menggunakan benih terong hibrida bebas virus dan tahan penyakit. Pemakaian jarak tanam lebar agar kondisi lahan tidak lembab. Mencabut lalu memusnahkan tanaman yang terserang. Bila perlu bisa disemprotkan fungisida Dithane, Antracol dan lain-lain.

15. Busuk Daun


Penyakit busuk daun disebabkan oleh cendawan Pseudoperonospora cubensis berk. Gejalanya tampak daun membusuk, berwarna kecoklatan lalu menghitam dan basah. Pertumbuhan terhambat dan terganggu. Beberapa daerah menyebutnya dengan penyakit lodoh.

Cara mengendalikan dengan mengatur jarak tanam terong, membersihkan lahan dan sekitar tanaman dari gulma. Pilihlah benih terong hibrida tahan virus, petiklah daun terserang dan dimusnahkan.

Penyakit terong secara umum dapat dikendalikan dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  • Rutin menjaga kelembaban lahan dan sekitar tanaman.
  • Pengaturan jarak tanam. Pergiliran dan rotasi menanam terong dengan tanaman bukan dari famili sama.
  • Rajin membersihkan gulma yang tumbuh.
Langkah-langkah tersebut terbukti mampu menekan serangan penyakit secara signifikan. Serangan cendawan dan bakteri mudah dan cepat menyebar pada kondisi lingkungan lembab dan kotor.

PANEN DAN CARA PASCA PANEN TERONG, SAYUR KAYA MANFAAT


manfaat terong, terung, jual benih terong, menanam terong, toko pertanian online, lmga agro
Panen dan Pasca Panen Terong
Panen pertama terong dapat dilakukan pada umur 4 bulan. Bila pemeliharaan dilakukan secara optimal, hasil produksi dapat diperoleh 10 - 30 ton terong/hektar. Panen terong dilakukan berulang-ulang dengan interval 1 - 2 kali setiap minggu. Buah terong layak konsumsi adalah buahnya padat dan permukaan kulit mengkilap.

Penyimpanan terong tidak bisa lama sehingga begitu dipetik harus segera dipasarkan. Kelompokkan terong hasil panen berdasarkan ukuran panjang dan warna terong. Pengemasan terong harus dilakukan hati-hati agar tidak merusak kulit terong yang tipis.

Panen terong bisa mencapai jumlah 13 - 15 kali panen bahkan bisa lebih. Waktu panen sebaiknya pagi dan sore hari. Caranya, buah dipetik dengan tangkainya. Ciri terong siap panen adalah terong tidak terlalu muda juga tidak terlalu tua. Cara mengetahuinya dilihat dari ukuran terong dan tingkat kekerasan saat dipencet.

Demikian artikel kami dengan judul Manfaat Terong, Sayuran Buah yang Mudah Cara Menanamnya. Hubungi Toko Pertanian Online LMGA Agro di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Kami jual murah benih hibrida sayur dan buah, berbagai varietas dan produk unggulan pabrik benih terkemuka di Indonesia.

Toko Pertanian Online LMGA Agro tersedia jenis-jenis pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian kebutuhan petani bercocok tanam. Kami melayani juga konsultasi gratis terutama untuk manfaat terong dan cara budidayanya. Konsultasi tentang permasalahan Anda saat menanam tanaman pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap mengantar pesanan Anda cepat, aman dan dijamin sampai pada alamat tujuan Anda. Bersama jasa ekspedisi mitra kami bertahun-tahun dan sudah berpengalaman. Yaitu JNE, POS INDONESIA, TIKI, KI8 dan jasa ekspedisi lainnya.

Semoga artikel  Manfaat Terong, Sayuran Buah yang Mudah Cara Menanamnya,  dapat bermanfaat bagi pembaca. Selamat mencoba budidaya terong agar dapat merasakan dahsyatnya manfaat terong. Salam sukses...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...