TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

13/08/19

JUAL BENIH TOMAT HIBRIDA F1 CORONA 402 CAP KAPAL TERBANG

jual benih tomat, tomat hibrida corona 402, toko pertanian, lmgaagro
Tomat Hibrida
F1 CORONA 402
Jual Benih Tomat Hibrida F1 CORONA 402 Cap Kapal Terbang. Hubungi HP 082141747141 ( khusus telepon ) 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih tomat hibrida F1 CORONA 402, murah harga promo.


Toko Pertanian Online LMGA Agro tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian kebutuhan petani bercocok tanam. Kami juga melayani konsultasi pertanian gratis tentang benih tomat hibrida F1 Corona 402.

LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier untuk bisnis online, dropship, online shop, reseller, petani dan toko pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia.

Tomat hibrida F1 CORONA 402 Cap Kapal terbang produk benih dari PT. BISI International Tbk. Tomat merupakan produk sayuran berbentuk buah, manfaatnya sangat besar untuk kesehatan tubuh kita.

Tomat banyak mengandung gizi vitamin dan mineral, sehingga tomat banyak dicari di pasar tradisonal dan swalayan. Tomat banyak dimanfaatkan sebagai campuran masakan di Indonesia. Tomat juga menjadi bahan dasar industri pembuatan saos tomat.

DESKRIPSI TOMAT HIBRIDA F1 CORONA 402


Tomat hibrida F1 CORONA 402 adalah tomat tipe pertumbuhan semi-determinate. Tanaman ini cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah. Tomat hibrida F1 CORONA 402 tahan Gemini virus dan layu bakteri.

Bentuk buah tomat hibrida F1 CORONA 402 bulat dan oval. Buah keras, tumbuh seragam dan tahan pengangkutan jarak jauh. Ukuran buah tomat hibrida F1 CORONA 402 sedang, beratnya ± 60 gram/buah.

Umur panen budidaya tomat hibrida F1 CORONA 402 adalah umur sekitar 60 hari setelah pindah tanam. Potensi hasilnya ± 2,9 kg/tanaman. Kebutuhan benih tomat hibrida F1 CORONA 402 adalah 85 - 90 g per hektar, menggunakan jarak tanam 60 x 60 cm. Kemasan berat bersih benih 5 gram.

Benih tomat hibrida F1 CORONA 402 Cap Kapal terbang ( CHIA THAI Seed ) produk benih dari PT. BISI International Tbk. Benih bersertifikat tahan Gemini Virus, merupakan virus paling ditakuti petani tomat, cabai dan sayuran lainnya. Virus Gemini menyebabkan penyakit gagal panen hingga 90% dari jumlah populasi tanaman.

Ciri-ciri matinya tanaman seperti bentuk daun kering, berwarna kuning dan pertumbuhan lambat, dipastikan tanaman terserang virus Gemini. Tanaman terserang virus masih dapat berbuah walaupun buahnya kecil dan jumlahnya sedikit.

Tanaman inang virus Gemini adalah cabai, namun saat ini menyebar ke cabe merah besar dan jenis kacang-kacangan. Penyebaran virus dibawa oleh hama Bernisia tabaci atau kutu kebul. 

Bila lahan sebelumnya ditanami cabe dan terkena serangan kutu kebul yang membawa virus Gemini. Dan setelah itu ditanami tanaman tomat, maka dipastikan tanaman tomat akan terjangkit virus Gemini.

Virus gemini biasanya berkembang biak dan menyebar di musim kemarau. Namun bisa juga memasuki musim hujan, virus tetap ada ditempat tersebut dan terus berkembang biak. Penyebab gagal panen dan kematian massal tomat juga dapat disebabkan penyakit busuk atau Phytophthora.

Pengendalian virus Gemini bukan dengan menyemprotkan fungisida, tetapi disemprot insektisida. Petani juga harus mengganti tanaman selam satu musim tanam. Misalnya setelah panen tomat atau cabe, selanjutnya diteruskan menanam jagung.

TOMAT  HIBRIDA F1 CORONA 402, SAYUR KAYA MANFAAT


jual benih murah, tomat hibrida corona 402, toko pertanian, lmga agro
Jual Benih Murah | LMGA Agro
Nama latin tomat, Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum adalah tumbuhan keluarga Solanaceae. Tomat merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah dan selatan, dari Meksiko hingga Peru.

Tomat memiliki siklus hidup yang singkat, dapat tinggi sampai 1 - 3 meter. Secara umum, buah tomat berwarna hijau, kuning dan merah. Biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diolah.

Menanam tomat hibrida F1 CORONA 402 harus melewati proses menyemai lebih dahulu. setelah tumbuh 4 daun sejati, dipindahkan ke lahan atau polybag ukuran besar. Benih dijadikan bibit terlebih dahulu. Panen dimulai umur 9 minggu kemudian dipanen interval 5 hari sekali.

Tomat muda berwarna hijau. Saat sudah matang, kisaran warnanya macam-macam, ada berwarna kuning, jingga, merah, ungu ( hitam ) atau belang-belang. Dari ukuran dan bentuknya, tomat dikelompokkan sebagai berikut :
  • Granola, bentuknya bulat, pangkal buah mendatar dan dikenal sebagai tomat buah. Jenis ini dapat dimakan langsung layaknya buah pada umumnya.
  • Gondol, jenis tomat yang biasanya dibuat saus. Bentuk tomatnya lonjong oval, di Indonesia dikenal gondol hijau dan gondol putih. Masuk kultivar tomat buah.
  • Sayur, jenis ini teksturnya padat dan biasanya dipakai untuk olahan masakan.
  • Ceri ( tomat ranti ) berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

TOMAT HIBRIDA F1 CORONA 402, TANAMAN SAYUR BUAH


Kebanyakan masyarakat mengenal tomat sebagai buah, sayur atau sebagai tomat lalapan. Berdasarkan hal ini, tomat masuk klasifikasi buah maupun sayuran. Sebenarnya secara struktur, tomat termasuk dalam buah.

Ilmu pengetahuan berkembang dan tomat tidak lagi digunakan sebagai pelengkap makanan. Namun juga berkembang menggunakan tomat dalam bidang kecantikan.

Manfaat tomat hibrida F1 CORONA 402 untuk kecantikan, untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit tubuh kita. Hal ini karena tomat mengandung banyak vitamin C.

Di Indonesia, budidaya tomat menjadi salah satu tanaman budidaya penting selain menanam cabe. Produktifitas tomat hibrida F1 CORONA 402 cukup tinggi dan harga jual relatif stabil. Pemasaran panen tomat juga mudah. Inilah alasan banyak petani tertarik budidaya tomat hibrida F1 CORONA 402.

Di Indonesia, jenis tomat yang ditanam bermacam-macam tergantung lokasi dan permintaan konsumen. Di bawah ini, 3 jenis tomat berdasarkan tipe pertumbuhan dan ketinggian pohonnya.

Tipe Pertumbuhan Tanaman Tomat


1. Tipe Determinate

Pertumbuhan tanaman tomat diakhiri dengan munculnya rangkaian bunga atau buah, sehingga batang tomat tidak bisa tumbuh tinggi. Kemunculan bunga terjadi hampir serentak dan terjadi sekali, setelah itu tanaman mati.

Tinggi pohon hanya sekitar 50 - 80 cm. Umur panen relatif pendek dan pertumbuhan batang cepat. Agar batang dapat tumbuh lebih tinggi lagi, sebaiknya tunas di ketiak daun tidak terlalu cepat dipangkas.

Pemanenan dilakukan sekali dalam jumlah banyak. Tidak perlu melakukan pemangkasan tunas/wiwilan agar batang dapat tinggi.

2. Tipe Semi-indeterminate atau Intermediate

Tomat jenis ini merupakan persilangan jenis determinate dan indeterminate. Tomat jenis ini menghasilkan tomat varietas hibrida dan memiliki sifat kedua jenis tomat tersebut. Pertumbuhan tomat sedang, tidak terlalu cepat.

Habitusnya lebih kecil dari tipe in-determinate dan dapat berbuah sepanjang musim. Tipe ini umumnya merupakan tanaman hasil persilangan 2 tipe tomat lainnya.

3. Tipe In-determinate

Pertumbuhan tomat jenis ketiga ini tidak diakhiri dengan munculnya bunga dan buah. Umur panennya relatif lama diikuti pertumbuhan batang relatif lambat. Tinggi batang mencapai 160 - 200 cm. Meskipun batang tumbuh tinggi, umur pohon ini hanya 4 bulan.

Pertumbuhan tomat ini tidak terbatas, pertumbuhan vegetatif terus berlangsung meski telah muncul bunga ( fase generatif ). Pemanenan tipe ini berlangsung berkali-kali, karena setelah pembungaan, tanaman terus berbuah sepanjang musim tanam.

Masa panen dilakukan bertahap, sehingga waktu panen menjadi lebih lama. Pertumbuhan tanaman juga terus bertambah. Sehingga petani biasanya membuat lanjaran sebagai media rambatan.


KANDUNGAN NUTRISI TOMAT HIBRIDA F1 CORONA 402


jual benih tomat, toko pertanian, tomat hibrida f1 corona, lmga agro
Manfaat Tomat
Hibrida F1 CORONA 402
Manfaat tomat hibrida F1 CORONA 402 untuk kesehatan penting sekali, hal ini ada hubungannya dengan nutrisi dan vitamin dalam tomat. Tomat hibrida F1 CORONA 402 mengandung antioksidan alami, yaitu likopen.

Likopen membantu tubuh melawan radikal bebas di udara. Antioksidan lainnya dalam tomat antara lain polifenol, naringenin dan chlorogenic acid.

Tomat hibrida F1 CORONA 402 mengandung rendah kalori dan lemak. Kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi adalah vitamin A, C dan K. Mengandung folat, karotenoid, lutein, gula dan Kalium tinggi. Juga sejumlah besar vitamin B6 dan Thiamin.

MANFAAT TOMAT HIBRIDA F1 CORONA 402


1. Manfaat tomat untuk mengatasi peradangan. Tomat hibrida F1 CORONA 402 mengandung timotine bermanfaat sebagai anti peradangan. Selain itu, tomat juga dapat mengangkat lemak dan kotoran wajah karena mengandung asam sitrat. 

2. Manfaat tomat untuk kesehatan kulit. Likopen dalam tomat hibrida F1 CORONA 402 mampu meningkatkan kemampuan kulit. Likopen melindungi tubuh dari paparan sinar UV. Likopen juga membantu menjaga kulit tampak awet muda.

Vitamin C dalam tomat hibrida F1 CORONA 402 bermanfaat merangsang kolagen. Antioksidan membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV, polusi dan asap. Manfaat tomat untuk mencegah timbulnya kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

3. Manfaat tomat untuk kesehatan mata. Tomat hibrida F1 CORONA 402 mengandung betakaroten yang membuat mata kita menjadi lebih sehat. Tomat kaya vitamin A memiliki kemampuan meningkatkan produktivitas retina. Vitamin A meningkatkan pencahayaan yang kurang dan dalam mengintrepetasikan warna.

4. Manfaat Tomat mengatasi gangguan pencernaan. Tomat hibrida F1 corona 402 bermanfaat memperbaiki fungsi liver. juga mengatasi gangguan pencernaan. Bermanfaat juga untuk  mencegah penyakit empedu hingga penyakit kolera.

5. Manfaat tomat mencegah penyakit jantung. Antioksidan likopen dalam tomat juga dapat mencegah penyakit jantung. Juga menurunkan risiko penyakit jantung.

Kalium bersama likopen efektif menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ). Juga bermanfaat menjaga kestabilan irama jantung. Nutrisi tomat terbukti mampu mengurangi peradangan penyebab penyakit jantung dan stroke.

TOMAT HIBRIDA F1 CORONA UNTUK DATARAN RENDAH


Kini menanam tomat tidak mesti dilakukan di dataran tinggi atau pegunungan. Budidaya tomat dapat juga ditanam di dataran rendah dan berhawa panas. Produsen benih juga sudah mulai memproduksi benih khusus tanam dataran rendah hingga menengah.

Pengolahan tanah menanam tomat hibrida F1 CORONA 402 sebaiknya dilakukan di lokasi dekat sumber air. Karena untuk memudahkan pengairan dan penyiraman nanti.

Tanah digemburkan dengan menggunakan traktor atau dengan dicangkul. Buat bedengan ukuran lebar 110 - 120 cm, tinggi bedeng 40 - 50 cm dan jarak antar bedeng 30 - 40 cm. Bila pengairan sekitar lahan terbatas ditambah tanah mudah kering, maka tinggi bedeng sebaiknya 30 cm saja.

Bila tanah dicek nilai pH tanah < 5 atau bersifat asam, maka taburkan Dolomit. Kebutuhan Dolomit untuk bedengan seluas 25 m² atau populasi 24 tanaman, adalah sebanyak 10 kg. Kebutuhan pupuk kandang untuk luasan tersebut sebanyak 100 kg.

Aplikasi Dolomit dilakukan 2 minggu sebelum tanam. Sepuluh hari sebelum tanam, berikan pupuk dasar menggunakan NPK, ZA, Superphos dan KCl. Perbandingan masing-masing pupuk 5 : 2 : 4 : 5.

Berat pupuk 800 kg dari campuran, tambahkan insektisida karbofuran sebanyak 20 kg dan campurkan merata. Luasan bedeng 25 m² campuran pupuk diberikan sebanyak 10 kg. Dengan jumlah tanaman sebanyak 84 tanaman sehingga rat-rata 119 gram tiap tanaman.

Setelah pemupukan dasar, bedeng ditutup tanah secara merata dan rapikan permukaan bedeng. Tutupi permukaan bedeng dengan mulsa plastik hitam perak. Bagian warna perak bagian atas.

LANGKAH PERSEMAIAN TOMAT HIBRIDA F1 CORONA 402


jual benih murah, tomat hibrida f1 corona, toko pertanian, lmga agro
Tray Semai Benih
Tomat Hibrida F1 CORONA 
Sebelum ditanam, benih tomat hibrida F1 CORONA 402 disemai terlebih dahulu. Proses persemaian dilakukan bersamaan pengolahan lahan sekitar 2 minggu sebelum pindah tanam.

Penyemaian benih dapat dilakukan di tray semai maupun polybag kecil berdiameter 3 - 5 cm. Jika menggunakan polybag, jangan lupa untuk membuat lubang di bagian bawah polybag.

Media semai menggunakan tanah dan pupuk kandang perbandingan 1 : 1. Sebelum dicampur, tanah dan pupuk harus diayak halus dulu. Tambahkan sedikit pupuk NPK.

Letakkan polybag disusun ditempat teduh, terhindar dari sinar matahari langsung dan juga air hujan. Setelah polybag disusun rapi, siram media hingga jenuh. Ditandai keluarnya air dari lubang bagian bawah polybag.

Setiap polybag, ditanam 1 benih dengan kedalaman 0,5 cm lalu tutup dengan tanah hasil ayakan tadi. Untuk mempercepat benih berkecambah, persemaian ditutup plastik gelap.

Untuk menghindari dari air hujan, beri naungan persemaian. Naungan menggunakan plastik bening dengan tinggi minimal 50 cm. Setelah 3 - 4 hari kemudian, singkirkan plastik gelap ( setelah benih berkecambah ).

Lakukan perawatan yang baik untuk mendapatkan bibit yang baik. Bila tidak hujan, sungkup plastik bisa dibuka pada pagi hari. Tutup kembali pada sore harinya. Penyiraman bibit dilakukan setiap pagi dan sore bila tidak hujan.

Setiap 3 - 5 hari sekali, persemaian disemprotkan pupuk daun dicampur fungisida dan insektisida. Hal ini dilakukan untuk merangsang pertumbuhan dan mencegah serangan hama dan penyakit.

PINDAH TANAM TOMAT DAN PERAWATANNYA


Bibit tomat hibrida F1 CORONA 402 mulai siap dipindahkan setelah terdapat 4 helai daun sejati. Atau sudah berumur 14 - 17 hari setelah semai. Waktu pemindahan terbaik adalah sore hari.

Sehari sebelum pindah tanam, buatlah lubang tanam pada bedengan. Caranya melubangi mulsa menggunakan alat pelubang mulsa ( dapat dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro ). Jarak tanamnya 50 - 60 cm dalam barisan. Jarak 60 - 70 cm jarak antar barisan.

Sebelum dipindah, polybag semai disiram air dulu hingga basah. Ambil bibit hati-hati dan ikutkan tanah medianya, jangan sampai hancur. Masukkan bibit tomat hibrida F1 CORONA 402 pada lubang tanam. Tutup dengan tanah dan lakukan penyiraman pada bibit.

Untuk mencegah tanaman tomat hibrida F1 CORONA 402 tidak roboh karena angin dan hujan, pasanglah ajir. Gunakan ajir/lanjaran panjang 1,5 - 2 meter, dipasang tegak dan ditanam sedalam 25 cm.

Ajir ditancapkan berjarak 10 cm dari batang tomat hibrida F1 CORONA 402. Pemasangan ajir yang tepat dilakukan 1 - 7 hari setelah tanam supaya tidak merusak perakaran tomat.

Ikat batang tomat hibrida F1 CORONA 402 pada ajir menggunakan tali salaran ( tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro ). Ikatan pertama pada batang, setelah tanaman tinggi, ikatan dilakukan di percabangan pertama.

Bila ada tanaman mati atau gagal tumbuh, segera cabut dan ganti dengan bibit tanaman baru yang sehat. Lakukan selambat-lambatnya 14 hari setelah tanam.

Penyiraman penting dilakukan dan harus rutin terutama di musim kemarau. Kebutuhan air sangat penting saat tomat memasuki masa pembungaan dan pembentukan buah.

BACA JUGA : TOMAT TM MARVEL PILIHAN PETANI DATARAN TINGGI

PEMUPUKAN SUSULAN BUDIDAYA TOMAT HIBRIDA F1 CORONA 402


Pemupukan susulan untuk tomat hibrida F1 CORONA 402 Cap Kapal terbang dimulai umur 10 HST. Pada fase vegetatif ( umur 10 - 30 HST ) pemupukan dilakukan 3 kali yaitu 10, 20 dan 30 HST.

Selanjutnya pupuk susulan juga diberikan begitu tomat hibrida F1 CORONA 402 memasuki fase generatif. Pupuk pada fase generatif dilakukan pada umur 40 dan 60 HST.

Aplikasi pemupukan dilakukan menggunakan sistem kocor. Dosisnya berupa larutan 13 liter untuk 50 tanaman. Satu tanaman dikocorkan sebanyak 1 gelas ( 250 ml ).

Fase Vegetatif umur 10 HST diberikan pupuk NPK 16-16-16 215 gram + KNO3 Merah 85 gram.

Umur 20 HST diberikan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 250 gram + KNO3 Merah 100 gram.

Umur 30 HST diberikan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 280 gram + KNO3 Merah 110 gram.

Fase Generatif umur  40 HST diberikan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 200 gram + KNO3 Putih 200 gram.

Umur 60 HST diberikan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 220 gram + KNO3 Putih 210 gram.

Untuk memacu pertumbuhan bunga, perlunya tanaman dipenuhi unsur Kalsiumnya. Sehingga tanaman cepat terjadi penyerbukan. Unsur makro Kalsium, berperan besar pada proses pembuahan.

Kalsium berperan juga mengatasi rontok buah, mendapatkan tekstur buah yang baik dan meningkatkan daya simpan buah.Pemangkasan dilakukan pada tunas di ketiak daun. Pemangkasan dilakukan saat tunas masih kecil.

PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT


Penyiangan gulma juga merupakan langkah untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Pengendalian sebaiknya dilakukan secara preventif yaitu penyemprotan pestisida berkala.

Jenis hama utama dan banyak menyerang tomat adalah kutu kebul dan ulat buah. Kedua jenis hama tersebut berpotensi menimbulkan gagal panen.

Penyakit utama dan sering menyerang tomat adalah penyakit layu bakteri, layu fusarium dan virus gemini ( Kuning ). Rumput-rumput liar terutama pada saluran drainase harus dibersihkan. Gulma juga bisa menjadi sarang hama dan penyakit bila dibiarkan tumbuh liar.

Pemakaian fungisida atau insektisida sebaiknya tidak terus menerus menggunakan satu bahan aktif sama. Tetapi harus diselang seling dengan bahan aktif lain dan cara kerja berbeda. Hal ini dilakukan untuk mencegah hama kebal terhadap bahan aktif tertentu.

PANEN TOMAT HIBRIDA F1 CORONA 402


Umur panen tomat hibrida F1 CORONA 402 dilakukan sekitar 60 hari setelah pindah tanam. Potensi hasilnya ± 2,9 kg/tanaman. Kriteria masa petik optimal bisa dilihat dari kulit buah yang berubah. Waktu muda berwarna hijau, berubah menjadi kekuningan dan merah.

Waktu panen terbaik dilakukan pada pagi hari atau sore saat cuaca cerah. Jika pemanenan dilakukan siang hari, terjadi penguapan air dari buah tomat baru dipetik. Penguapan akan menurunkan daya simpan tomat dan buah cepat layu/rusak.

Ciri buah tomat bagus adalah :
  • Buah berbentuk bulat dan berwarna merah tua.
  • Bentuk tomat bagus, tanpa lekuk, retak atau memar.
  • Kulit tomat kencang, tidak lembek atau kusut.
  • Tomat segar dan matang mengeluarkan aroma menyegarkan.

Berikut cara menyimpan tomat yang benar :

  • Suhu dingin dapat menghambat proses pematangan tomat, namun juga bisa mengurangi rasanya.
  • Bila disimpan pada suhu kamar, jauhkan dari sinar matahari langsung dan segera dikonsumsi/diolah.
  • Panen tomat matang pohon, kandungan gula, asam dan senyawa aromanya tetap utuh. Jangan pilih/beli tomat terlalu matang/lunak.
  • Bila terlanjur membeli tomat dekit mentah, bungkuslah tomat dalam kantong kertas bersama pisang/apel. Biarkan disimpan semalaman di suhu udara.
  • Gas etilen dari pisang/apel akan mempercepat proses pematangan tomat mentah.
  • Setelah matang simpan di lemari es, tomat masih tetap segar 2 - 3 hari kedepan.
  • Tomat yang sudah diiris, bila dimasukkan lemari es, harus disimpan selama 30 menit saja agar rasa dan kesegaran tomat tetap terjaga.

PASCA PANEN TOMAT HIBRIDA F1 CORONA 402


Buah tomat setelah dipanen tahan disimpan 2 - 3 minggu pada suhu 13 °C dan kelembaban 90 - 95%. Pengaturan lingkungan demikian menyebabkan perubahan warna buah lebih lambat.

Untuk buah tomat masak penuh, dapat tahan disimpan selama 1 minggu, suhu 7 °C dan kelembaban 90%. Peristiwa chiling injury, yaitu kerusakan buah akibat suhu terlalu rendah. Dapat terjadi pada penyimpanan tomat bila buah disimpan pada suhu lebih rendah lagi.

Karena buah tomat mengandung asam tinggi, seringkali tomat dikalengkan dibandingkan dengan buah/sayur lainnya. Tomat kaleng ada dalam bentuk utuh, cincang, dihancurkan dan dihaluskan seperti saus.

Pasca panen tomat juga bisa dengan cara dibekukan. Pembekuan tidak akan mengubah rasa dan tekstur tomat. Sebelum dibekukan, tomat harus dicuci sampai bersih dan keringkan.

Demikian artikel judul Jual Benih Tomat Hibrida F1 CORONA 402 Cap Kapal Terbang. Hubungi kami di 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual murah harga promo benih, pupuk, pestisida dan ZPT.

Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih Tomat hibrida F1 CORONA 402 cap Kapal Terbang. Kami sebagai supplier berpengalaman menjalankan bisnis online, dropship, online shop, reseller, petani dan toko pertanian.

Toko Pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi tentang benih tomat hibrida F1 CORONA 402 Cap Kapal terbang dari Chia Tai Seed. Konsultasi pertanian gratis mengenai budidaya buah dan sayur. Konsultasikan segala hal permasalahan Anda tentang bercocok tanam mulai pembibitan hingga panen.

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda benih Tomat Hibrida F1 CORONA 402 ke seluruh wilayah Indonesia. Kami jamin barang tiba di alamat Anda dengan aman dan cepat. Bersama jasa ekspedisi mitra Kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan lain-lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...