BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/08/2013

Read

Kemajuan Pemulian Untuk Produksi Benih Tomat Hibrida Tahan Virus

Tomat, Benih Tomat, Bibit Tomat, Virus, Serangan Virus, Virus Gemini, Pemuliaan Benih, Produksi Benih, Lmga Agro

Serangan virus pada tanaman sayuran terus merajalela. Kerugian yang timbul akibat serangan virus kuning serta keriting pada tanaman ini semakin hari semakin parah. 

Tanaman tomat menjadi salah satu komoditas yang banyak terserang virus.

Menjadi pertanyaan kita adalah bagaimana kemajuan ilmu pemulian tananam bisa berperan nyata dalam menciptakan benih tomat hibrida terbaru yang sudah tahan virus gemini. 

Hal ini jadi sangat penting guna mencegah petani terus mengalami kerugian saat jalankan usaha kebun mereka. Pencegahan serangan virus dengan melakukan penelitain guna bisa menemukan benih antivirus jadi hal yang mendesak. 

Benih tanaman tahan virus jadi harapan serta langkah terbaik petani bisa mencegah sejak dini terhadap serangan virus.

Maka sudah saatnya berbagai lembaga penelian untuk teus berusaha menemukan benih antivirus terbaik lewat Ilmu pemulian tanaman.

Permasalahan dan tantangan yang dihadapi petani hortikultura daerah sentra penanaman sayuran saat ini adalah serangan virus kuning dan keriting.

Serangan ini banyak menyerang tanaman sayuran sebagai akibat dari adanya kutu kebul yang akan berkibat pada Gemini Virus. Hama ini sudah mulai menyebar ke tanaman tomat, cabe, melon, kacang panjang, bahkan terong.

Serangan ini dibawa oleh vektor berupa Trips, Aphid hingga Kutu kebul ( Bamesia Tabacci ). Akibat serangan ini dapat menyebabkan kerugian sampai 50 %, bahkan pada daerah yang sudah endemik dapat meningkat sampai 80 %. 

Tingkat kerusakan yang tinggi ini tentu akan jadi beban tersendiri bagi petani untuk bisa sukses dalam jalankan usaha mandiri bisni kebun mereka. 

Peluang usaha yang menjanjikan dari tanaman sayuran yang selama ini bisa dinikmati kini justru jadi hal yang merugikan. Petani tidak akan bergairah lagi saat jalankan usaha pertanian.

Bagaimana virus ini menyebar pada tanaman terutama tanaman tomat??? Hama ini sifat penularannya berupa seed born desease atau juga bisa lewat udara. Rev. 01/04/23.

Gejala Serangan Virus Pada Tanaman


Virus, Virus Gemini, Serangan Virus, Pemulian, Benih Tomat, Tanaman Tomat, Lmga Agro
Gejala Serangan Virus Tanaman Tomat | Lmga Agro

Gejala serangan virus sangat tergantung pada jenis virus yang menyerang, kultivar tanaman inang, hingga keadaan lingkungan tanaman.

  1. Mosaik ini ditandai dengan wama belang pencampuran lebih dari satu warna. Mosaik pada daun biasanya berupa daun hijau yang tidak merata karena pada beberapa bagian tercampur wama pucat atau kekuningan yang menyebar seperti percikan.
  2. Nekrosis yaitu kematian jaringan yang bisa terjadi pada urat daun, pada batang berupa garis-garis coklat, berupa bercak pada daun dan buah serta kematian pada titik tumbuh.
  3. Kerdil pada tomat ditandai pertumbuhan yang terhambat, ukuran lebih kecil baik pada bagian morfologi tanaman, daun, cabang ataupun buah.
  4. Malformasi yaitu terjadinya perubahan bentuk menjadi tidak sempuma atau tidak normal. Sering terjadi pada daun atau buah.
  5. Klorosis ditandai wama pucat, baik pucat yang menyeluruh atau hanya berupa bercak saja Vein clearing yaitu warna pucat pada urat daun sehingga urat daun kelihatan transparan, mengkilap di antara warna daun yang hijau. 
  6. Gejala serangan virus sangat tergantung pada jenis virus yang menyerang, kultivar tanaman inang, dan keadaan lingkungan.
  7. Mosaik ini ditandai dengan wama belang pencampuran lebih dari satu wama. Mosaik pada daun biasanya berupa daun hijau yang tidak merata karena apada beberapa bagian tercampur wama pucat atau kekuningan yang menyebar seperti percikan.

Mosaik adalah gejala daun yang memperlihatkan banyak daerah kecil berubah wama, yang kontras dengan warna asalnya dan cenderung berupa lingkaran terang seperti cincin. 

Pola bagian hijau yang bersiku kontras dengan wama kuning; daerah yang dikelilingi cincin klorotik yang memberikan mosaik kuning di atas warna hijau. Jika daerah warna yang berbeda jadi menyatu, akan menghasilkan gejala belang. 

TMV dan CMV merupakan contoh penyakit yang memiliki gejala seperti ini.
  • Nekrosis yaitu kematian jaringan yang bisa terjadi pada urat daun, pada batang berupa garis-garis coklat, berupa bercak pada daun dan buah serta kematian pada titik tumbuh.
  • Kerdil pada tomat ditandai pertumbuhan yang terhambat, ukuran lebih kecil baik pada bagian morfologi tanaman, daun, cabang ataupun buah.
  • Malformasi yaitu terjadinya perubahan bentuk menjadi tidak sempuma atau tidak normal. Sering terjadi di daun atau buah.
  • Klorosis ditandai wama pucat, baik pucat yang menyeluruh atau hanya berupa bercak saja Vein clearing yaitu warna pucat pada urat daun sehingga urat daun kelihatan transparan, mengkilap di antara warna daun yang hijau. 
  • Mosaik adalah gejala daun yang memperlihatkan banyak daerah kecil berubah warna, yang kontras dengan warna asalnya dan cenderung berupa lingkaran terang seperti cincin. 
  • Pola bagian hijau yang bersiku kontras dengan warna kuning; daerah yang dikelilingi cincin klorotik yang memberikan mosaik kuning di atas warna hijau.
  • Jika daerah warna yang berbeda jadi menyatu, akan menghasilkan gejala belang. TMV dan CMV merupakan contoh penyakit yang memiliki gejala seperti ini.

Langkah Pencegahan Virus Pada Tanaman Tomat 


Pergerakan virus ini hanya bisa terjadi bila ada yang membawa, baik itu organisme hidup seperti vektor atau pembawa lainnya. 

Bagian dari tanaman yang terserang maupun manusia atau alat yang digunakan sewaktu memelihara tanaman.

Untuk mengendalikan virus maka perlu dikenali sifatnya, yaitu : bagaimana cara penyebaran dan penularannya, dan bagaimana perbanyakan tanaman tersebut. 

Ada juga pengendalian virus ini dengan menggunakan virus tular udara yang dibawa serangga untuk jenis virus tular tanah.

Beberapa cara untuk mengendalikan virus tomat ini antara lain dapat dilakukan dengan :

1. Tanaman Perangkap


Virus tomat kebanyakan ditularkan melalui serangga. Aphid sebagai serangga pembawa virus, biasanya menyukai warna kuning cerah. 

Penggunaan perangakap lalat Yellow Trap dan Antractan sangat dianjurkan bagi petani. Selain itu penggunaan tanaman yang berwarna cerah sedikit banyak dapat menarik aphid dan serangga lainnya.

Pada waktu hinggap aphid akan menusukkan stilelnya pada inang yang benar. Selama aphid menusuk-nusuk, virus non persisten yang ada pada stiletnya akan tercuci. Sehingga virus tersebut tidak akan tersebar pada tanaman tomat. 

Adapun tanaman yang dapat menjadi penarik (atraktan) bagi serangga tersebut adalah jenis tanaman kubis kubisan, jagung, serta bunga matahari.

2. Sanitasi dan Eradikasi Sumber Infeksi


Gulma berdaun lebar diyakini sering menjadi inang dari virus ini dan harus petani bersihkan. Begitu pula tanaman tomat yang sudah menunjukkan terkena serangan harus kita buang secepatnya dan ganti dengan tanaman sehat. 

Tanaman tomat agar dipangkas secara hati-hati dalam memilih cabang utamanya agar diperhatikan sisa-sisa pemangkasan tadi.

Kemudian usahakan petani ataupun buruh tidak membawa rokok ataupun bekas rokok pada areal tanaman tomat. Hal ini karena rokok ini dapat menularkan virus mosaik tembakau yang mudah menular secara kontak.

3. Penggunaan  Benih Tomat Sehat dan Tahan Virus


Saat ini hanya tiga jenis virus utama yang menyerang pertanaman tomat namun sangat penting karena dapat tertular melalui biji. 

Penelitian yang berkaitan dengan virus yang terbawa pada benih mengungkapkan bahwa ternyata dari 41 varietas tomat yang diuji, sebanyak 13 mengandung virus ToMV. 

Benih tomat  hibrida ( F1 ) saat  itu yang tahan virus   antara lain  ( untuk dataran rendah ) benih tomat Tantyna, tomat Tymoti, tomat Fortuna 23, New Idaman. 

Benih tomat Diamona, tomat Servo, tomat Gustavi, tomat Mutiara, benih tomat Adella, tomat Corona, tomat Comodor dan benih tomat TM Elisha.

Untuk dataran menengah benih tomat Royal 58, benih tomat Betavila, benih tomat Saviro dan Synta. Sedangkan untuk benih tomat dataran  tinggi ada TM Marvel serta TM Vista.

Meskipun virus lain tidak menular melalui biji, namun bila tanamannya terserang sebelum berbuah maka cairan buah tomatnya akan mengandung virus.

Hal ini bisa menular pada kulit yang pada akhirnya kemungkinan tertularnya benih di persemaian tersebut bisa terjadi. 

Maka dalam hal ini pemilihan benih sehat dan unggul merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi dalam mencegah timbulnya penyakit virus tersebut.

4.  Proteksi Silang


Mengingat belum ada obat untuk menangani penyakit oleh virus, maka cara pengendalian yang bisa petani lakukan dalam membasmi penyakit akibat virus ini lebih ditujukan pada upaya untuk pencegahan. 

Pengendalian dengan cara kimiawi bisa dengan menggunakan Insektisida dengan bahan aktif Imidakloprit, Abamectin dengan dosis 0.5 - 1 CC/Gram per liter. 

Proteksi silang untuk imunisasi tanaman adalah upaya yang umum kita lakukan pada tomat untuk mencegah infeksi virus yang lebih ganas. 

Pemberian imunisasi pada tomat dengan memberikan strain virus yang telah dilemahkan diharapkan mampu berfungsi sebagai sparing partner. 

Hal ini yang nantinya akan memiliki kemampuan untuk menolak virus yang sama dengan serangan lebih ganas.

Adapun pengaruh pemberian strain virus pada tanaman tomat tidak akan terlalu merugikan disebabkan gejala yang diakibatkan juga tidak terlalu parah sehingga produksinya tidak banyak berkurang. 


Jual Benih Tomat Tahan Virus Terbaik Harga Murah


Bagi petani serta pembaca semua yang sebentar lagi mau jalankan usaha mandiri bisnis berkebun tanaman tomat kini sudah tersedia benih tomat dengan antivirus terbaik. Benih tanaman bisa anda beli lewat toko pertanian terdekat Lmga Agro.

Toko pertanian Lmga Agro jual benih tomat terbaru dari semua perusahaan benih nasional. Bibit tomat tahan virus dari : Panah Merah, Bisi, Tani Murni, Known You Seed, Cap Kujang hingga Bintang Citra Asia semua tersedia lengkap.

Jika lokasi anda jauh dengan kami, maka anda bisa anda dapatkan dengan cara shopping online. Team bisnis online pertanian kami sudah pengalaman kirim semua kebutuhan usaha berkebun anda ke seluruh Indonesia.

Toko pertanian Lmga Agro memberi jaminan semua kebutuhan pertanian yang anda beli pasti datang jika belanja online lewat kami. Toko kami jual benih tomat antivirus terbaik lengkap harga diskon hingga promo.

Bahkan guna menjaga kepuasan pelanggan kami juga memberi jaminan barang anda pasti terkirim atau uang anda kembali 100 %.

Demikian pembahasan singkat tentang tomat hibrida tahan virus dan manfaatnya dalam memberi kesuksesan dalam pertanian Indonesia. 

Apabila menginginkan konsultasi pertanian lebih lanjut bisa menghubungi LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.


LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.