SELAMAT DATANG DI LMGA AGRO. UNTUK BERBELANJA SILAKAN HUB KAMI DI : HP 082 141 747 141 (TELP/SMS/WA). LMGA AGRO TOKO ONLINE TERPERCAYA PETANI INDONESIA. KAMI MENYEDIAKAN LAYANAN KONSULTASI GRATIS BUDIDAYA PERTANIAN
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H, SEGENAP TEAM LMGA AGRO MENGUCAPKAN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN
SELAMA HARI RAYA, KAMI LIBUR MULAI 10 - 24 JUNI 2018

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

Sabtu, 05 Juli 2014

KEBUTUHAN MENDESAK BENIH MELON TAHAN VIRUS GEMINI

melon,tahan,virus,tanaman,petani,lmga agro,toko,online
MELON TERSERANG VIRUS
Melon adalah salah satu komoditi yang banyak menjadi andalan petani  dalam mendapatkan keuntungan dan rupiah dengan cepat selama ini. Hal ini sudah berlangsung sejak tahun 2001 sampai sekarang. Awal tahun 2001 petani yang budidaya melon belum banyak dan jenis melon di lapangan pun belum banyak jenis dan variasinya. Dalam rangka mendapatkan mendulang keutungan tersebut petani melon banyak sekali tantangannya baik berupa Hama maupun Penyakit. Hal ini tidak lepas dari sifat dasar dari melon tersebut yang memang rentan terhadap serangan penyakit.
     Penyakit yang yang seringkali menyerang saat budidaya  melon antara lain adalah Layu Jamur dan Bakteri, ataupun bercak daun yang di sebabkan karena embun tepung maupun kresek. Namun untuk penyakit tersebut petani sekarang cenderung masih bisa mengatasi dengan menggunakan fungisida yang sudah banyak beredar di pasaran.
     Sedangkan ganguan di tanaman melon yang sampai saat ini begitu menakutkan adalah adanya serangan Virus yang disebabkan oleh Bemisia Tabaci ( Gemini ). Serangan keriting Virus ini menyebabkan tanaman menjadi keriting, kuning dan kerdil bahkan sampai tanaman mati. Kerusakan yang disebabkan oleh Gemini Virus ini saat ini bisa mencapai 70 % dan bahkan menyebabkan total kegagalan.
      Dengan dasar alasan seperti ini maka penulis berpendapat bahwa kebutuhan petani akan benih melon yang tahan /kebal ( anti ) Virus Gemini ( Bemisia tabaci ) benar-benar banyak di tunggu oleh petani kehadirannya. Karena kalau kita amati di lapangan dan di penanam melon saat ini benih yang benar-benar tahan dan kebal  Virus belum ada. Namun setidaknya kita sudah mendengar info bahwa beberapa pabrikan para tenaga ahli dan Breedernya sudah melakukan penelitian penyilangan Induk induk tahan virus guna mendapatkan benih Melon tahan Gemini Virus yang benar benar tahan dan kebal Virus Gemini ( Bemecia tabaci ) serta buahnya dapat di terima oleh pasar. Beberapa pabrikan yang sudah melakukan penelitian untuk mendapatkan Benih melon yang kebal ( Tahan ) Gemini Virus itu antara lain adalah PT. Bisi International Cap Kapal Terbang dan PT. East West Seed Indonesia Cap Panah Merah. 
     Bahkan untuk benih melon tahan Virus dari PT. Bisi International tersebut sudah ada dan sempat di gelar dan di tanam dalam acara gelas teknologi tanaman dalam acara PENAS di Malang yang berlangsung dari tanggal 7 - 12 Juni 2014. Disitu bisa di lihat tanaman yang ada memang performance di lapangnya terlihat bebas dari serangan Gemini Virus. Bahkan  di  Stan Expo PT. Bisi International tersebut melon tahan Virus tersebut sudah muncul ( Display ) Varietasnya bernama : Melon F1 MELINDO 14 dan Melon F1 MELINDO 15. Kalau kita lihat ciri dan spesifikasi yang ada melon tahan dan kebal Virus yang di keluarkan oleh PT. Bisi International tersebut bentuk dan ukuran buahnya hampir mirip dengan melon pendahulunya dari PT. Bisi juga yaitu melon F1 Action.
      Keluarnya melon tahan dan kebal Virus dari PT.Bisi International Cap Kapal Terbang Melon F1 Melindo 14 dan Melon F1 Melindo 15  tersebut merupakan harapan baru bagi petani melon untuk dapat bangun dan sukses lagi meraih kesempatan mendulang pundi-pundi rupiah yang selama ini susah di dapatkan.
   
Melon Tahan Virus Cap Panah Merah ( Antara News )
Tidak mau kalah dalam berinovasi dalam benih  Melon tahan Virus, perusahaan benih PT. East West Seed Cap Panah Merah juga mengeluarkan benih melon tahan virus yang sudah di tunjukkan dan infokan ke petani dalam Ajang Expo Benih Nasional di pabrik Panah Merah pada tanggal 21 dan 22 Mei 2014. Benih Melon tahan Virus dari Cap Panah Merah tersebut di keluarkan di tahun 2016 dengan nama benih melon F1 GRACIA dan benih melon F1 MADESTA.
Benih melon tahan Virus GRACIA adalah melon dengan Tipe ACTION, sedangkan melon tahan virus F1 MADESTA dengan tipe Orange ( setipe dengan melon GLAMOUR )

Demikian sekilas info tulisan tentang melon tahan Virus ini kami ulas dan sampaikan. Semoga membawa manfaat bagi petani dan pembaca semua. Apabila membutuhkan benih melon yang tahan Virus dan lain - lain bisa menghubungi Toko Online LMGA AGRO di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

1 komentar:

  1. kalau benih benih melon tahan virus tsb sdh hadir di toko sampeyan , saya siap untuk membeli dr toko sampeyan !!!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...