TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/09/13

Berkebun Di Lahan Sekitar Rumah Kenapa Tidak

berkebun, berkebun di rumah, buah buahan, sayuran, benih, pekarangan, cara berkebun, semangka bonita, lmga agro
Berkebun
kini menjadi aktivitas yang jadi favorit pada semua kalangan. Berbagai latar belakang status ekonomi melakukan kegiatan yang berhubungan dengan bercocok tanam ini. Bahkan kini aktivitas budidaya tanaman muncul pada masyarakat dengan lokasi sekitar rumah tempat tinggal.

Berkebun di rumah jadi salah salah satu kegiatan yang saat ini banyak kita temukan pada sekitar lingkungan kita. Mulai yang sederhana hingga dengan sistem hidroponik yang saat ini lagi trending.

Aktivitas berkebun di rumah ini akan menyesuikan jenis tanaman hingga jumlah tanamannya. Jika anda tinggal dengan lokasi perkotaan dengan tipe rumah minima maka jenis bunga akan cocok.

Namun jika anda mendapatkan rumah minimalis yang masih menyisakan sedikit ruang aktivitas berkebun di sekitar rumah bisa kita lakukan dengan menggunakan pot hingga polybag. 

Jenis tanaman yang kita tanam bisa dengan tanaman sebagai sumber bumbu dapur. Misal jahe, laos, cabe, sere hingga kencur. Yang tentu bisa anda tata sehingga bisa tetap indah bila kita lihat.

Secara umum bercocok tanam adalah salah satu usaha yang menjadi aktivitas utama bagi petani yang tinggal pada daerah pedesaan. Hal ini dengan alasan kepemilikan lahan masih luas serta murah.

Aktivitas berkebun ini yang nota bene kepemilikan area tanamnya masih luas dan banyak sehingga ini masih memungkinkan untuk kita lakukan dengan lokasi pedesaan.

Usaha berkebun di lokasi pedesaan kini jadi usaha yang menjanjikan bagi petani. Terutama jika tanaman yang kita usahakan adalah tanaman yang memilki nilai ekonomi tinggi seperti : cabe , tomat, melon hingga terong jadi favorit pilihan.

Apalagi saat ini permintaan kebutuhan pangan dari masyarakat terus naik. Hal ini tidak lepas karena jumlah penduduk yang makin banyak. Juga banyak muncul hotel, rumah makan, restoran hingga perusahaan yang bergerak dalam pengolahan makanan.

Untuk daerah perkotaan yang area tanam dan luas lahannya semakin sempit kita harus pandai mensiasati agar ini juga tetap bisa dilakukan. Rev. 06/09/22.

Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Berkebun Di Rumah 


Pemanfaatan lahan pekarangan sekitar rumah dengan lokasi kota dapat kita lakukan sebagai tujuan untuk penganekaragaman sumber konsumsi pangan hingga menekan pengeluaran keluarga.

Pekarangan adalah sebidang tanah yang mempunyai batas ( Jelas atau tidak jelas ) yang terdapat pada sekitar rumah dan pada umumnya dikerjakan sebagai usaha sambilan. 

Kegiatan penanaman di pekarangan ini biasanya kita lakukan dalam jumlah yang sedikit dengan berbagai jenis tanaman, sehingga sangat potensial untuk penganekaragaman pangan. 

Pekarangan yang ditata dengan aneka tanaman sayuran memiliki multi efek yaitu selain efek ekonomi juga estetika. Kita bisa lihat bagaimana pemanfaatan pekarangan rumah untuk bercocok tanam.

Hal ini perlu kita lakukan mengingat dalam budidaya tanaman dan bercocok tanam tidak semuanya membutuhkan area tanam yang luas. Bahkan aktivitas berkebun bisa tetap kita lakukan sekalipun luas tanah yang kita miliki sempit. 

Dengan pemanfaatan area lahan di sekitar rumah kita maka kita akan dapat menambah dan mengelola sumber Gizi keluarga terutama yang bersumberkan dari sayuran. 

Pemberdayaan lahan pekarangan di area kita dapat kita mulai dari lingkup kecil ( Keluarga ). Kita bisa lakukan bersama sama dalam satu lingkup yang lebih luas lewat kegiatan PKK. 

Aktivitas berkebun bisa berdampingan dengan aktivitas PKK yang selama ini berjalan dengan tanaman Toga di sekitar rumah. Toga menjadi salah satu tanaman favorit bagi masyarakat pada berbagai lokasi serta luas tanah.

Sosialisi pemanfaatan lahan sekitar rumah ini akan lebih efektif dengan membikin projek percontohan tingkat RT atau RW. 

Gerakan masal hingga dengan sistem lomba tingkat desa hingga kecamatan. Sebagai contoh saat acara HUT Kemerdekaan RI bisa jadi motor agar program berkebun pada sekitar rumah ini bisa berjalan baik.

Adapun tanaman dapat kita tanam menggunakan polibag atau dalam tanah seperti biasanya. Penanaman di dalam polibag akan jauh lebih efektif dan mudah karena cara perawatannya jauh lebih mudah dan murah.

Adapun fungsi pekarangan adalah sebagai penghasil :

  1. Tambahan bahan makanan.
  2. Kebutuhan sehari-hari.
  3. Bumbu-bumbuan.
  4. Bahan bangunan.
  5. Kayu bakar.
  6. Bahan kerajinan.
  7. Keperluan penghuni rumah, seperti refreshing dan lain-lain.
Oleh karena fungsinya yang sangat luas tersebut, maka pekarangan sering diberi julukan, seperti lumbung hidup, warung hidup, apotik hidup, taman sari hingga wisma sari

Berkebun di rumah adalah aktivitas yang menyenangkan dan juga bisa berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita lewat aktivitas yang ada. Berkebun menggunakan lahan sekitar rumah atau pekarangan jadi trending bagi masyarakat.. 

Ahli hidrologi memberinya nama watershed, ahli geografi menamakanya biospher dan ahli sosiologi menganggapnya sebagai usaha keluarga. 

Kedepannya pekarangan dapat berfungsi lebih yaitu dilakukan penanaman yang monokultur yang pada akhirnya menjadi kebun buah-buahan, sayur-sayuran hingga tanaman hias. 

Menanam sayur dirumah menjadi aktivitas yang bisa meningkatkan ketahanan pangan serta menambah variasi sumber pangan bagi keluarga. Cara berkebun harus kita sesuaikan dengan luas lahan.

Sayur-sayuran memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Terutama sayuran-sayuran hijau karena mengandung protein nabati, zat besi, vitamin A,B,C hingga serat. 

Pekarangan dapat ditanami berbagai macam sayuran yang apabila dapat dikelola dengan baik merupakan sumber pendapatan bagi keluarga. 

Lebih penting lagi adalah pemanfaatan pekarangan rumah untuk ketahanan pangan keluarga diharapkan meningkatkan kesejahteraan keluara Indonesia.

Contoh pemanfaatan lahan pekaramgan untuk usaha berkebun bisa dengan tanaman sayuran hingga buah - buahan yang cepat panen. 

Sayuran yang dapat kita tanam dengan lokasi pekarangan adalah : bayam, kacang panjang, kangkung, mentimun, tomat, sawi, pare, labu siam, cabe dan lain sebagainya.

Adapun kriteria tanaman sayuran yang bisa kita tanam di pekarangan adalah tanaman yang disesuaikan dengan kondisi daerah.

Berkebun sayuran di halaman rumah harus mengetahui jenis tanaman, cara budidaya serta perawatan hingga tempat yang cocok.

Jika anda menghendaki sistem berkebun di rumah dengan manggunakan polibag bisa untuk jenis tanaman sayuran. 

Jika kita ingin tanaman dengan jenis buah - buahan maka Planter Bag lebih cocok karena mempunyai ukuran lebih besar serta terbuat dari bahan lebih kuat. Harga planter bag nurah kini bisa dengan mudah kita dapatkan.

Tahapan Utama Berkebun Di Rumah Kita


Langkah sederhana yang bisa kita lakukan saat kita jalankan aktivitas berkebun pada sekitar rumah kita salah satunya adalah menyiapkan media tanam. 

Pada langkah awal ini kita membutuhkan tempat yang kita gunakan untuk media semai. Media semai ini harus kita siapkan awal karena bertujuan untuk tumbuhkan benih yang akan kita tanam.

Cara membuat persemaian tanaman sayuran di pekarangan :

  • Membuat tempat persemaian sesuai dengan kebutuhan.
  • Menyediakkan pupuk kandang lebih kurang 1 kg/m2.
  • Mencampur pupuk kandang dan menambah tanah.
  • Menebar benih diatas bedengan.
  • Menutup dengan karung plastik.
  • Membuka tutupan dengan karung plastik setelah berusia 4 - 5 hari seteleh penaburan benih.
Untuk membuat bibit di polybag bahannya adalah sebagai berikut :

  • Tanah 1 bagian.
  • Pupuk Kandang ½ bagian.
  • Polybag.

Cara Penanaman Sayur di Pekarangan


  • Membuat tempat penanaman (bedengan) sesuai dengan kebutuhan.
  • Mencangkul tanah sedalam 20-30 cm dan diratakan.
  • Menaburkan pupuk kandang /kompos diatas bedengan sebanyak lebih kurang 1 kg /m2.
  • Menyiram dengan air sesuai dengan kebutuhan.
  • Menanam di bedengan.
  • Menanam pada pagi hari atau sore hari.


Dengan adanya gerakkan berkebun di rumah dengan menanam sayur lokasi pekarangan masyarakat dapat mendapatkan sayuran yang bernilai tinggi.

Tentu sayuran ini sangat baik untuk konsumsi keluarga juga untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk kita tabung sehingga dapat meningkatkan pendapatan hingga kesejahteraan.

Demikian catatan kaki tentang berkebun di rumah dengan lahan yang ada ini kami tulis semoga bermanfaat. Apakah anda sudah jelas dengan uraian materi berkebun di rumah yang bisa anda lakukan.

Jika anda ingin belanja online benih sayuran hingga buah - buahan harga murah dengan stok lengkap. Segera hubungi toko pertanian terdekat Lmga Agro. Kami siap kirim ke seluruh Indonesia dengan jaminan barang pasti datang.

Apabila ada yang kurang jelas bisa menghubungi toko pertanian LMGA AGRO CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.