Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Kami Libur 07 - 21 April 2024.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

07/07/2018

Read

Jual Melon Erna Mutiara Bumi Harga Terbaru Anti Virus Andalan Petani

Melon Erna Mutiara Bumi, Benih melon, Bibit melon, Cara menanam melon, Budidaya melon, Tanaman melon, Jual melon Erna murah, Beli melon Erna Terbaik, Jual Bibit melon Erna Terbaru
MELON ERNA
MUTIARA BUMI
Jual Benih Melon Erna Mutiara Bumi Harga Murah. Dapat dibeli di toko pertanian online LMGA Agro, hubungi P. Budi 082 -141 - 747 - 141; khusus Sms / Wa 0812 - 5222 - 117.

Menyediakan juga konsultasi gratis mengenai budidaya pertanian, cara menanam benih Melon, tanaman melon Erna dan permasalahan selama menanam benih melon Erna Mutiara Bumi. Rev. 10 / 06 / 2020.


LMGA Agro siap mengirim benih melon Erna Mutiara Bumi  anda dengan cepat ke seluruh wilayah Indonesia.

Toko pertanian online LMGA Agro sudah pengalaman memenuhi kebutuhan sarana prasarana pertanian para petani juga toko pertanian di wilayah seluruh Indonesia.

Online shop kami siap krim kebutuhan usaha agribisnis berkebun anda dengan jaminan barang pasti datang. Guna mewujudkan layanan terbaik kepada konsumen, kami menjalain kerja sama dengan ekspedisi terbaik di Indonesia.

Konsultasi berkebun tanaman melon meliputi : Cara menanam melon, budidaya melon, cara merawat tanaman melon, terutama menanam benih melon anti virus seperti melon Erna Mutiara Bumi.

Jual melon Erna Mutiara Bumi di online shop LMGA AGRO dijamin produk asli pabrik. Harga benih melon Erna F1 stok terbaru dengan kondisi terbaik dan harga murah.

Benih melon Erna saat ini jadi salah satu tanaman favorit di pusat budidaya melon di Indonesia.

Benih Melon Erna Mutiara Bumi Terbaru


Melon Erna Mutiara Bumi adalah benih melon anti virus F1, melon hibrida dengan daging buah berwarna putih kehijauan. Benih melon terbaru dengan harga murah dijual ditoko Lmga Agro dengan cara online.

Pertumbuhan tanaman kuat dan seragam, produktif serta mudah dalam perawatannya.

Melon Erna Mutiara Bumi juga mudah dibuahkan lebih dari satu buah per tanaman. Buah tetap besar dan berukuran seragam. Cara menanam melon Erna lebih dari satu bisa dikonsultasikan di toko pertanian terdekat Lmga Agro.

Benih melon Erna Mutiara Bumi cocok ditanam di dataran rendah hingga menengah, kulit buah berwarna hijau terang dan ber-net tebal.

Net kulit buah melon terbentuk mulai berumur 40 hari setelah tanam. Net melon Erna dikenal rata diseluruh bagian buah.

Buah melon Erna Mutiara Bumi berbentuk bulat semi-oval dan ukuran sangat menarik.

Buah memiliki daya simpan yang tahan lama, tekstur buah keras, tahan pecah. Benih Erna Mutiara tahan virus Downy mildew.

Buah melon Erna Mutiara Bumi rasa manis dengan kadar gula ± 12 - 13 % Brix. Berat buah melon  2 - 3 kg/buah dengan potensi hasil 45 - 50 ton/ha.

Panen melon Erna Mutiara Bumi pada umur 60 - 65 hari setelah tanam. Kebutuhan benih 500 - 550 gr/ha. Jual benih melon Erna F1 anti virus tersedia dalam kemasan 15 gram.

Melon sudah menjadi komoditi pertanian yang mempunyai permintaan tinggi di Indonesia.

Manfaat buah melon untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Tentu ini jika kita konsumsi melon cara rutin. Buah melon Erna jadi salah satu yang banyak ditanam petani di sentra tanaman melon.

Jual hasil panen bibit melon Erna di kalangan petani cepat laku. Buah melon Erna produk Mutiara Bumi jadi favorit pedagang melon di pasar induk. Buah melon Erna juga laku keras di pedagang kaki lima.

Baja Juga : Jual Melon Alina Murah Berkualitas Dan Cara Budidaya

Bibit Melon Erna Anti Virus dan Tahan Downy Mildew


Benih melon Erna Mutiara Bumi toleran terhadap Downy mildew atau penyakit Embun Bulu. Penyakit tanaman melon ini paling ditakuti oleh petani. Serangan tanaman melon akibat jamur ini bisa menyebabkan petani mengalami kerugian.

Penyebab serangan yaitu jamur ( cendawan ) patogen yang menyerang daun tanaman jenis timun-timunan ( cucurbitaceae ) termasuk didalamnya yaitu tanaman melon.

Cendawan embun bulu bersifat obligat berarti sepanjang hidup bersifat parasit, menempel pada jaringan hidup tanaman lain.

Cendawan ini akan menyebarkan sporanya lalu terbawa angin dan hinggap di daun tanaman keluarga cucurbitaceae.

Setelah mengenal tempat inangnya, cendawan ini akan tumbuh, berkembang pada daun yang dihinggapinya dan dengan cepat dan segera menghasilkan spora baru untuk disebarkan.

Melihat cara kerja serangan cendawan demikian maka upaya pencegahan harus dilakukan dengan tepat berdasarkan analisa di lapangan dan mempertimbangkan berbagai faktor.

Penggunaan benih melon yang sudah tahan Downy Mildew bisa jadi solusi, salah satunya adalah bibit melon Erna Mutiara Bumi.

Benih melon Erna F1 yang tahan hama penyakit ini tentu menjadi kabar gembira bagi petani untuk terus bisa menjalankan usaha agribisnis dengan berkebun tanaman melon.

Melon Erna menjadi salah benih dengan anti virus terbaik yang saat ini dijual di toko pertanian terdekat Lmga Agro. Aplikasi anti virus di benih melon Erma membuat petani aman dalam usaha melon.

Pencegahan Serangan Downy Mildew ( Embun Bulu )


  • Menanam varietas melon tahan Embun Bulu. Hal ini berarti secara genetik tanaman ini memiliki ketahanan terhadap cendawan embun bulu. Patogen ini sulit untuk menginfeksi tanaman karena secara genetik tanaman mampu menolak dan melawan infeksi cendawan embun bulu.
  • Tidak menanam di sekitar tanaman vektor Embun Bulu. Tanaman vektor yaitu tanaman penularnya, biasanya tanaman vektor ini sudah terinfeksi. Spora pada tanaman vektor ini akan menyebar ke tanaman lain karena terbawa angin.
  • Hindari menanam saat musim hujan yang ekstrim. Saat musim hujan ekstrim dan terus menerus, patogen ini akan mudah berkembang terutama bila kelembaban lingkungan sangat tinggi. Curah hujan yang tinggi akan mendukung pertumbuhan patogen apalagi air hujan mengandung unsur N yang dapat menyuburkan perkembangan jamur.
  • Penyiangan yang Intensif. Pertumbuhan gulma dan rumput liar akan menambah kelembaban di area tanam. Sirkulasi udara dan sinar matahari terganggu. Kondisi kelembaban tinggi disukai patogen sehingga dapat berkembang pesat. Herbisida sistemik juga dapat mengendalikan pertumbuhan gulma dan mencegah tumbuh kembali. Penyemprotan herbisida harus hati-hati jangan sampai mengenai daun tanaman.
  • Penyemprotan Fungisida secara berkala. Penyemprotan dilakukan dengan interval 8 - 10 hari sekali akan memberikan efek sekitar 8 - 10 hari. Langkah ini akan mencegah spora yang hinggap pada daun dapat menginfeksi tanaman. Cendawan akan langsung mati terkena racun saat mulai menginfeksi jaringan tanaman.
  • Menggunakan benih melon yang tahan terhadap serangan embun tepung, salah satunya adalah benih melon Erna Mutiara Bumi.

Serangan Embun Bulu ( Downy Mildew ) Pada Tanaman Melon


Ciri-ciri serangan embun bulu adalah muncul bercak/totol berwarna kuning pada daun melon. Bercak tersebut tanda jatuhnya spora yang sudah mulai menginfeksi.

Selanjutnya warna kuning berubah menjadi coklat dan kering sehingga daun berbunyi kresek-kresek bila dihancurkan atau diremas tangan.

Ciri lainnya apabila daun dibalik maka akan terlihat selaput bercak putih dan bila dilihat menggunakan kaca pembesar akan nampak jelas cendawan.

Pengendalian Penyakit Embun Bulu Tanaman Melon


Pengendalian dengan cara menyemprotkan fungisida, menggunakan fungisida kontak atau transmilar.

Sebaiknya bila menggunakan fungisida transmilar karena kinerjanya yang dapat menembus jaringan tanaman sehingga bisa mencapai sisi dibalik daun.

Cara pengendalian seperti itu akan membuat benih melon Erna Mutiara Bumi akan aman.

Penyemprotan fungisida dilakukan bergiliran dengan selang waktu 2 hari. Bila perlu tambahkan perekat agar fungisida dapat lama menetap pada daun.

Bila penyemprotan saat musim hujan, maka penyemprotan fungisida dilakukan setiap hari dengan pergiliran bahan aktif.

Semisal saat ini menggunakan fungisida jenis kontak yang berbahan aktif mankozeb, esoknya menggunakan yang berbahan aktif propineb, esoknya kembali menggunakan fungisida transmilar.

Boleh juga menggunakan funisida sistemik yang berbarengan dengan fungisida kontak ( dicampur ).

Bila di musim kemarau, interval penyemprotan 2 - 3 hari sekali karena keadaan tidak terlalu lembab.

Penyemprotan rutin dilakukan hingga serangan terhenti. Tandanya yaitu bagian yang terserang akan mengering dan hancur sedangkan daun lain sehat dan tidak tertular.

Pemakaian fungisida sistemik di dalam budidaya melon Erba Mutiara Bumi tetap dilakukan dan sesekali menggunakan tipe kontak untuk mencegah serangan muncul kembali.

Baca Juga : Benih Melon Merlin Tahan Virus Buah Menia Dan Renyah

Budidaya Melon Erna Mutiara Bumi Terbaru Hasil Tinggi


Budidaya melon Erna Mutiara Bumi tidak lepas dari penentuan lahan yang sesuai bagi pertumbuhan tanaman melon itu sendiri.

Budidaya melon Erna Mutiara Bumi sebaiknya di lokasi dimana kondisi angin tidak bertiup terlalu kencang yang dapat mematahkan batang dan tangkai buah tanaman.

Matahari juga harus bersinar sepanjang hari dengan suhu yang terasa sejuk namun kering, yaitu antara 24 - 30 °C.

Bila hujan turun terus menerus justru malah dapat merontokkan bunga tanaman melon sehingga tidak dapat tumbuh buah.

Budidaya melon Erna Mutiara Bumi akan maksimal dilakukan pada dataran rendah dengan ketinggian tanah 350 - 950 meter di atas permukaan laut.

Menanam melon Erna Mutiara Bumi cocok dilakukan di tanah liat yang mengandung pasir dan kaya akan unsur hara.

Benih melon Erna F1 terbaru dengan kualitas terbaik bisa dibeli di toko pertanian online Lmga Agro cara online jaminan produk pasti datang.

Cara Menanam Melon Erna Anti Virus Terbaik Mutiara Bumi


Cara menanam melon Erna anti virus terbaik Mutiara Bumi dimulai dari tahap persemaian bibit melon Erna. Tahapan tersebut meliputi :
  • Menggunakan media semai yang diambil dari bawah pohon bambu, dicampur dengan pupuk fermentasi padat dan furadan. 
  • Komposisi media adalah 5 bagian tanah, 2 bagian pupuk fermentasi, NPK 250 gram dan Furadan 100 gram.
  • Campur semua media untuk ukuran 20 kg bahan. Masukkan media ke polybag berukuran 6 x 8 cm.
  • Persemaian juga dapat dilakukan di wadah tray semai dengan jumlah lubang 128.
  • Polybag-polybag ditata pada lokasi persemaian yang teduh dan ternaungi.
  • Sungkup berupa plastik sehingga cahaya dapat tetap masuk. Saat pagi hari dan tidak hujan, sungkup bisa dibuka agar udara dapat berganti.
  • Penyiraman bibit melon Erna Mutiara Bumi secara rutin agar tetap lembab. Saat malam hari dan hujan, sungkup plastik dibuka kembali.
  • Penanaman bibit melon Erna anti virus Mutiara Bumi  ke lahan tetap setelah berumur 8 hari.
  • Penanaman dilakukan pada awal kemarau. Plastik polybag disobek dan bibit tanaman melon dimasukkan ke lubang tanam bersama media tanahnya.
  • Semua dilakukan hati-hati jangan sampai merusak akar bibit melon.

Persiapan Lahan Tanaman Melon Erna Mutiara Bumi

  1. Tanah digemburkan, dibersihkan dari rumput liar dan batu. Jika pH terlalu asam, tambahkan kapur Dolomit. Jika terlalu basa, ditambahkan Belerang.
  2. Selanjutnya lahan dibiarkan selama 1 minggu.
  3. Setelah 1 minggu, lahan dibuat bedengan yang panjangnya 15 m ( sesuai luas lahan ), lebar 120 cm, tinggi 50 cm. Jarak antar bedengan 50 - 70 cm berfungsi sebagai parit.
  4. Sebaiknya bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak, setelah tertutup mulsa, didiamkan selama 1 minggu.
  5. Setelah 1 minggu, membuat lubang tanam dimana tiap bedengan terdapat 2 baris lubang dengan jarak antar baris 60 cm dan jarak antar lubang 50 - 60 cm.

Perawatan Tanaman Melon Erna Anti Virus Mutiara Bumi


Tahapan perawatan untuk budidaya melon Erna Mutiara Bumi meliputi penjarangan, penyulaman, penyiangan, penyiraman tanaman melon, pemupukan hingga pengendalian hama dan penyakit tanaman melon.

Pemberian pupuk susulan dilakukan setelah umur 7 hari setelah tanam yaitu 2 kg ZA + 1 kg KNO3 Merah dilarutkan dalam 100 liter air. Larutan tersebut disiramkan per lubang pupuk sebanyak 250 ml/tanaman ( 1 gelas aqua ).

Pupuk susulan selanjutnya diberikan dengan interval 10 hari sekali hingga tanaman berumur 60 hari ( masuk fase pembentukan dan pemasakan buah ).

Pupuk yang dirutkan NPK 16 sebanyak 4 kg + KNO3 Merah 1 kg + KNO3 Putih 1 kg + Calcium Cantik 1 kg, dilarutkan dalam 130 liter air. Larutan diberikan sebanyak 250 ml per lubang pupuk tanaman melon.

Hama dan Penyakit Tanaman Melon


Hama dan penyakit utama tanaman melon adalah oteng-oteng, ulat daun dan penyakit layu. Dapat juga serangan oleh lalat buah, penyakit antraknose, busuk buah, kudis dan aphids/thrips.

Pengendalian oteng-oteng menggunakan Pegasus 500 EC atau Movento. Pengendalian hama ulat buah menggunakan Cypermax atau Endure atau Atabron 50 EC.

Pengendalian penyakit layu jamur dan bakteri menggunakan pestisida Arashi dengan dosis 100 g/200 liter air untuk 1000 tanaman.

Baca Juga : Jual Bibit Melon Erna F1 Tahan Virus

Agar tanaman melon tidak rebah dan merambat, tanaman melon yang sudah mencapai tinggi 40 - 50 cm, diikatkan ke ajir/turus menggunakan tali rafia.

Batang tanaman melon diikat pada setiap jarak 40 - 50 cm hingga panjang tanaman mencapai 2,0 meter.

Calon buah melon yang dipelihara adalah bunga betina yang terdapat pada cabang lateral ruas ke-9 sampai ke-12.

Buah melon yang dipelihara yaitu buah melon yang sehat ( 1 buah melon per tanaman ).

Untuk varietas melon yang berbuah besar dapat juga dengan membiarkan tumbuh 2 buah/tanaman melon.

Panen Buah Melon Erna F1 Berkualitas Terbaik


Buah melon Erna Mutiara Bumi dapat dipanen pada tingkat kematangan yang cukup atau sekitar setelah 65 - 70 hari setelah tanam. Buah melon yang sudah dapat dipanen ciri-cirinya adalah :
  • Buah melon Erna Mutiara Bumi telah berubah warna.
  • Tangkai buah melon telah retak.
  • Jaring/net pada permukaan kulit buah melon lebih tegas/kasar.
  • Buah melon Erna F1 mengeluarkan aroma harum yang tajam.
  • Buah melon Erna Mutiara Bumi mudah dipetik dari tangkainya.
  • Daun di dekat bunga tampak mengering.

Baca Juga : Benih Melon Hibrida A Plus Cap Kapal terbang

Demikian ulasan kami tentang cara menanam melon, budidaya melon, perawatan melon hingga panen melon dengan menggunakan benih melon Erna anti virus.

Jual benih melon Erna Mutiara Bumi terbaru produk PT. Prabu Agro Mandiri, tersedia di toko pertanian online LMGA Agro dengan harga murah.

Berminat sukses lewat peluang usaha melon Erna Mutiara Bumi segera beli dan hubungi P. Budi 082 - 141 - 747 - 141; khusus Sms / Wa 0812 - 5222 - 117.

LMGA Agro juga jual benih sayuran dan buah, pestisida, alat sarana, spare part dan prasarana pertanian lengkap berkualitas terbaik.

Kami siap kirim dan antar pesanan benih dan produk petanian terbaru yang lain ke seluruh wilayah Indonesia.

Melalui jasa ekspedisi terpercaya seperti JNE, POS, TIKI, KI8 dan sebagainya dengan cepat dan tepat. Buka dan kunjungi katalog online produk kami. Kami memberi jaminan benih melon Erna Mutiara Bumi pasti datang sesuai pesanan dengan kualitas terbaik.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.