TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/02/20

Hidroponik Tingkatkan Efisiensi Air Dalam Usaha Budidaya Tanaman


hidroponik,pertanian,budidaya tanaman,usaha pertanian,lmga agro
Metode Hidroponik
Hidroponik Tingkatkan Efisiensi Air Dalam Usaha Budidaya Tanaman. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.


Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Usaha pertanian seperti budidaya tanaman telah dilakukan oleh para petani di Indonesia untuk menghasilkan komoditas pangan unggulan. Budidaya tanaman selama ini dilakukan oleh petani pada lahan pertanian luas dengan perawatan seksama seperti pemupukan dan pengairan yang teratur. Selain itu pencegahan hama tanaman juga berpengaruh pada kualitas hasil panen yang akan dilepas ke pasaran.

Usaha pertanian budidaya tanaman saat ini telah mengalami perkembangan cukup pesat dengan adanya inovasi pertanian. Beberapa contoh inovasi pertanian saat ini adalah adanya metode pertanian terbarukan seperti hidroponik. Penggunaan hidroponik bisa dilakukan oleh petani maupun non petani yang berada di daerah pedesaan ataupun daerah perkotaan.

Metode Hidroponik Permudah Usaha Tani


Hidroponik merupakan inovasi di dunia pertanian yang diciptakan untuk mempermudah usaha pertanian seperti budidaya tanaman. Hidroponik adalah budidaya menanam bibit tanaman dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi. Pemenuhan kebutuhan nutrisi pada tanaman dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pertumbuhan tanaman.

Metode hidroponik sebenarnya sudah dikembangkan sejak lama dengan cara menumbuhkan bibit tanaman pada air murni jernih tanpa campuran. Hasilnya, bibit tanaman yang ditanam tidak bisa berkembang secara maksimal sehingga berpotensi tidak bisa berbuah dan gagal panen. Sehingga bisa disimpulkan bahwa bibit tanaman tidak bisa bertumbuh dengan maksimal tanpa adanya nutrisi tanaman walaupun ditanam pada air jernih.

Metode hidroponik sekarang telah menjadi primadona para petani dan penghobi tanaman dalam melakukan budidaya tanaman. Budidaya tanaman yang dilakukan bisa dimaksudkan sebagai usaha pertanian utama maupun hanya sekedar usaha sampingan atau bahkan hanya sekedar hobi. Melakukan hobi budidaya tanaman sering dilakukan sebagai pelepas penat setelah seharian bekerja, hal ini sering ditemui pada daerah perkotaan.

Para penghobi tanaman, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan bisa melakukan usaha sampingan budidaya tanaman dengan menggunakan metode hidroponik. Penggunaan metode hidroponik dilakukan karena memiliki beberapa keuntungan yang mempermudah para pelaku usaha seperti penghobi tanaman. Selain itu informasi mengenai hidroponik sekarang juga sangat mudah untuk ditemukan dengan memanfaatkan internet.

Melakukan budidaya tanaman dengan menggunakan metode hidroponik bisa dilakukan pada luasan lahan yang terbatas dan sering dijumpai pada daerah perkotaan. Hal ini membuat para penghobi tanaman menjadi lebih mudah dalam mengatur instalasi hidroponik yang memanfaatkan beberapa susunan pipa paralon. Selain itu instalasi hidroponik juga bisa memanfaatkan botol bekas sebagai pot untuk penanaman bibit tanaman.

Melakukan instalasi hidroponik dengan memanfaatkan barang bekas seperti botol bekas juga bermanfaat bagi kelestarian lingkungan sekitar. Selain itu hal tersebut juga dapat mempermudah para penghobi tanaman dalam mengatur peletakan tanaman pada pekarangan rumah. Sehingga rumah memiliki kesan sejuk dan hidroponik berpeluang menjadi usaha sampingan yang menguntungkan apabila dirawat dengan baik.


Hidroponik Untungkan Penggunaan Air


Air merupakan komponen penting yang harus tersedia ketika melakukan usaha pertanian ataupun hobi pertanian seperti budidaya tanaman. Sehingga kebutuhan air pada tanaman yang dibudidayakan harus segera dipenuhi pada waktu-waktu tertentu agar terhindar dari resiko tanaman menjadi layu. Selain itu air juga bermanfaat dalam menyalurkan nutrisi tanaman yang terdapat dalam tanah yang menjadi media tanam usaha budidaya tanaman.

Hal ini juga menjadi kebutuhan penting dalam melakukan usaha pertanian budidaya tanaman dengan menggunakan metode hidroponik. Karena metode hidroponik merupakan metode pertanian yang bergantung pada ketersediaan air sebagai penghantar nutrisi bagi pertumbuhan tanaman. Selain itu dalam metode hidroponik juga tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya.

Media tanam pada metode hidroponik digantikan dengan beberapa bahan yang mudah untuk didapatkan pada lingkungan maupun dibeli di pasaran. Beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai media tanam hidroponik antara lain arang sekam, spons, serbuk sabut kelapa, dan lain-lain. Beberapa media tanam yang telah disebutkan tersebut memiliki keunggulan masing-masing dan tentunya dapat mendukung pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal.

Pertumbuhan tanaman dengan cara hidroponik bisa lebih optimal karena media tanam seperti spons ataupun yang lain dapat menyimpan kadar air. Kadar air tersebut disimpan dalam media tanam sebagai cadangan makanan bagi akar tanaman dan mendukung pertumbuhan tanaman. Air yang digunakan untuk melakukan penyiraman pada budidaya tanaman hidroponik juga tidak sebanyak pemberian air pada budidaya tanaman lahan pertanian.

Sehingga pemberian air pada metode pertanian hidroponik dikenal lebih hemat dan lebih efisien karena tidak terlalu banyak. Air yang digunakan untuk pengairan budidaya tanaman hidroponik juga mengandung beberapa unsur hara dari pupuk tanaman yang telah dicampurkan. Selain itu proses penyiraman pada metode pertanian hidroponik juga bisa menggunakan bantuan pompa air maupun secara manual.


Cara Kerja Metode Pertanian Hidroponik

hidroponik,budidaya tanaman,usaha pertanian,aeroponik,lmga agro
Macam Sistem Hidroponik

Metode pertanian hidroponik sekarang sudah menjadi hal yang semakin populer di kalangan para petani maupun pecinta tanaman seperti penghobi tanaman. Sehingga usaha sampingan budidaya tanaman juga menjadi populer di daerah perkotaan yang memiliki luasan lahan terbatas. Selain itu cara kerja metode pertanian ini juga mudah untuk dipahami dan telah menjadi informasi yang mudah dicari di internet.

Cara kerja hidroponik mentiik beratkan pada efisiensi penggunaan air agar tidak membuang air secara berlebihan pada budidaya tanaman. Penggunaan air secara berlebihan pada budidaya tanaman juga akan memberikan dampak buruk seperti tanaman menjadi rusak. Cara kerja metode pertanian hidroponik juga beragam tergantung bagaimana cara instalasinya seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Sistem Wick / Sumbu


Metode pertanian hidroponik dengan menggunakan sistem wick atau sistem sumbu merupakan salah satu sistem hidroponik termudah yang bisa dipilih petani. Instalasi pada sistem ini mementingkan komponen sumbu yang menghubungkan antara larutan nutrisi dan media tanam budidaya tanaman. Sistem sumbu ini juga merupakan sistem yang bersifat pasif, yaitu bagian-bagian didalamnya sama sekali tidak ada yang bergerak selama beroperasi.

Keberadaan sifat pasif pada hidroponik sistem sumbu ini membuat larutan nutrisi hanya bisa bergantung pada kualitas dari sumbu yang digunakan. Hal ini dikarenakan sumbu memiliki daya kapilaritas yang mampu menyerap larutan nutrisi dan meneruskannya pada media tanam budidaya tanaman. Sehingga apabila sumbu yang digunakan memiliki kualitas yang buruk maka kemungkinan terburuknya adalah larutan nutrisi tidak sampai pada media tanam.

Metode hidroponik menggunakan sistem wick atau sistem sumbu apabila digunakan akan menghasilkan beberapa keuntungan bagi para penghobi tanaman atau petani. Keuntungan yang diperoleh diantaranya adalah tanaman budidaya akan mendapatkan suplai air dan nutrisi secara teratur sehingga mendukung pertumbuhan budidaya tanaman. Selain itu biaya pembuatan sistem ini juga tidak terlalu mahal dan bisa dilakukan pada area lahan yang tidak terlalu luas.

Sedangkan kekurangan dari penggunaan metode hidroponik sistem sumbu ini adalah penggunaan air dan nutrisi tidak bisa kembali ke bak penampungan. Akibatnya penggunaan air dan larutan nutrisi menjadi lebih boros dari sistem hidroponik lain. Selain itu penggunaan air sistem ini juga sulit dipantau karena tergantung dari kualitas sumbu dalam menyalurkan air ke media tanam.

Sistem Water Culture


Sistem hidroponik selanjutnya yang bisa dilakukan oleh para penghobi tanaman maupun petani untuk budidaya tanaman adalah penggunaan sistem water culture. Sistem ini merupakan sistem hidroponik yang mengusung konsep penggenangan akar tanaman pada larutan nutrisi. Sedangkan suplai oksigen pada tanaman dapat terpenuhi dengan memanfaatkan pompa air untuk menghasilkan gelembung dalam air dan menuju akar tanaman.

Kelebihan dari penggunaan sistem hidroponik water culture ini adalah tanaman mendapatkan pengairan dan nutrisi secara berkelanjutan dan tersu menerus. Suplai air dan nutrisi tanaman yang digunakan lebih hemat daripada sistem sumbu karena penggunaan air bisa lebih diatur. Perawatan budidaya tanaman juga menjadi lebih karena tidak perlu terlalu sering dalam melakukan penyiraman.

Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, hal ini juga berlaku bagi sistem hidroponik water culture. Kekurangan dari sistem ini adalah terlalu bergantung pada alat pompa air atau aerator untuk menghasilkan gelembung oksigen bagi tanaman budidaya. Selain itu dengan akar tanaman yang selalu tergenang dengan larutan nutrisi juga memperbesar potensi pembusukan akar.

Sistem Pasang Surut


Sistem hidroponik lain yang sering digunakan untuk melakukan usaha pertanian budidaya tanaman oleh penghobi dan petani adalah sistem pasang surut. Sistem ini memiliki cara kerja unik, karena kebutuhan tanaman seperti air dan larutan nutrisi akan dipompa menuju media tanam. Sehingga air dan larutan nutrisi akan membasahi akar tanaman selama beberapa saat dan kembali surut menuju bak penampungan.

Cara kerja tersebut akan menghasilkan keuntungan yang cukup berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman yang sedang dibudidayakan pada media tanam. Keuntungannya adalah tanaman akan mendapatkan suplai oksigen, air, dan larutan nutrisi secara periodik dan stabil. Selain itu suplai kebutuhan oksigen yang dibutuhkan tanaman juga bisa lebih baik karena terbawa air pasang surut.

Kekurangan dari penggunaan sistem hidroponik pasang surut ini adalah biaya pembuatannya yang cukup mahal. Sistem pasang surut ini juga memiliki ketergantungan dengan listrik karena menggunakan alat untuk mengatur waktu pasang surut air. Selain itu kualitas larutan nutrisi yang digunakan secara terus menerus akan menurun dan tidak sebaik dulu ketika baru saja digunakan.

Sistem Drip


Sistem drip merupakan sistem hidroponik yang banyak digunakan oleh para petani dan penghobi tanaman untuk melakukan usaha budidaya tanaman. Cara kerja dari sistem drip ini adalah memanfaatkan tetesan air untuk memberikan suplai air dan nutrisi pada tanaman budidaya. Penetesan air dan nutrisi pada tanaman akan diarahkan langsung ke daerah yang dekat akar tanaman, agar tanaman dapat langsung menyerapnya.

Tetesan air penyuplai air dan nutrisi pada tanaman budidaya memanfaatkan kinerja pompa yang berada pada kolam larutan dan dapat dikontrol. Pengaturan tersebut dilakukan agar tanaman budidaya terhindar dari resiko tergenang dan kekeringan yang menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi terganggu. Selain itu sisa nutrisi akan kembali lagi menuju bak penampungan, sehingga penggunaan air menjadi lebih efisien serta tidak boros.

Penggunaan sistem hidroponik drip memiliki beberapa keunggulan seperti tanaman bisa mendapatkan suplai air dan nutrisi secara teratur dan cukup. Sistem drip ini juga dapat menghemat air dan larutan nutrisi dikarenakan penggunaannya dengan cara diteteskan sehingga lebih hemat. Selain itu biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan sistem drip ini juga relatif murah.

Sedangkan kekurangan dari sistem drip ini adalah tanaman sulit mendapatkan pasokan oksigen ketika populasi tanaman di media tanam terlalu padat. Sehingga pertumbuhan tanaman akan mengalami gangguan dan tidak bisa optimal. Selain itu nutrisi dan air yang tertampung pada bak akan rawan berkurang karena menguap, terserap tanaman atau tertahan media tanam.

Sistem NFT ( Nutrient Film Technique )


Sistem hidroponik lain yang biasa digunakan oleh para penghobi tanaman di daerah perkotaan untuk budidaya tanaman adalah sistem NFT. Sistem ini memiliki cara kerja yang mudah dipahami, yaitu air berisi larutan nutrisi akan terus bersirkulasi untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Akar tanaman pada sistem ini akan dibiarkan tumbuh pada larutan dangkal berisi nutrisi dan sebagian lagi berfungsi memenuhi kebutuhan oksigen.

Pembuatan hidroponik dengan sistem nutrient film technique memanfaatkan beberapa peralatan yang mendukung seperti pipa paralon, pompa air, dan bak air. Beberapa bahan tersebut akan dirangkai sedemikia rupa agar dapat digunakan sebagai sarana budidaya tanaman secara hidroponik. Pompa air digunakan untuk memompa larutan nutrisi ke budidaya tanaman, sedangkan pipa berfungsi sebagai lintasan air menuju budidaya tanaman.

Keuntungan dari penggunaan hidroponik sistem nutrient film technique ini adalah dapat memberikan suplai nutrisi dan air pada tanaman secara konstan. Sehingga dapat mempermudah perawatan budidaya tanaman karena tidak perlu repot-repot melakukan penyiraman. Selain itu penggunaan air dalam sistem NFT ini juga sangat efisien karena air akan terus bersirkulasi didalam instalasi pipa.

Sedangkan kekurangan dalam penggunaan metode hidroponik dengan sistem NFT ini adalah budidaya tanaman menjadi rawan terjadi penularan penyakit. Hal ini dikarenakan siklus air terjadi secara konstan sehingga mempercepat penularan penyakit dari tanaman yang terinfeksi menuju tanaman lain. Selain itu hidroponik sistem NFT juga sangat bergantung kepada listrik, sehingga apabila terjadi pemadaman listrik akan mengganggu sirkulasi air.

Sistem Aeroponik


Sistem aeroponik merupakan salah satu sistem yang terdapat dalam metode hidroponik yang tidak menggunakan aliran air dalam penyaluran larutan nutrisi. Hal ini disebabkan karena cara kerja sistem aeroponik memanfaatkan alat yang disebut mist nozzles. Alat ini berfungsi untuk membuat larutan nutrisi menjadi tersebar dan membentuk kabut serta dapat diserap dengan cepat oleh akar tanaman.

Penggunaan sistem hidroponik ini mencerminkan bahwa modernisasi sudah menyentuh dunia pertanian khususnya metode hidroponik. Tanaman akan diletakkan pada wadah yang berisi media tanam untuk menyangga, sedangkan akar tanaman akan dibiarkan menggantung. Akar tanaman yang menggantung akan disemprot dengan larutan nutrisi yang telah dikabutkan sebelumnya dengan mist nozzles.

Keuntungan dari penggunaan sistem aeroponik adalah tanaman dapat menyerap larutan nutrisi secara lebih mudah diserap dan cepat diserap oleh tanaman. Sehingga pertumbuhan tanaman menjadi lebih optimal karena pemberian larutan nutrisi berada dalam kadar cukup dan tidak berlebihan. Selain itu penggunaan mist nozzles dalam sistem ini juga dapat menghemat larutan air dan nutrisi.

Sedangkan untuk kekurangan dari sistem aeroponik sendiri adalah pembuatannya yang akan memakan banyak biaya dan mahal. Sehingga perlu dilakukan pemahaman lebih lanjut tentang sistem ini oleh para penghobi tanaman agar tidak menimbulkan kerugian. Selain itu penggunaan sistem ini juga sangat bergantung pada daya listrik untuk mengaktikan mist nozzles dan alat lainnya.


Demikian artikel tentang Hidroponik Tingkatkan Efisiensi Air Dalam Usaha Budidaya Tanaman. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Hidroponik ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...