TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

04/03/20

Jual Benih Semangka Golden Inden F1 Terbaru Produk Bintang Asia

semangka golden inden f1, jual benih terbaru, benih hibrida harga murah, toko pertanian, online shop, lmga agro
Jual Benih Terbaru
Semangka Inden F1
Jual Benih Semangka Golden Inden F1 Terbaru Produk Bintang Asia. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih terbaru dan murah semangka golden Inden F1. Benih terbaru Inden F1 merupakan semangka golden berbiji daging buah kuning. Kemasan benih 20 gram. 

Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan pertanian meliputi benih berkualitas dan terbaru, pupuk, pestisida dan alat-alat pertanian. Benih semangka Golden Inden F1 produk tersedia lengkap dan harga murah. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian menjawab permasalahan Anda di lahan.

Toko pertanian LMGA Agro berpengalaman sebagai supplier online shop, dropship, reseller dan toko pertanian. Kami didukung perusahaan benih terkemuka seperti dari PT BISI, Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, Takii Seed dan lain-lain.

Semangka golden Inden F1 merupakan jenis semangka berbiji berkulit kuning dan berdaging kuning. Buah memiliki rasa manis yang cukup tinggi. Semangka golden Inden F1 termasuk semangka kuning dengan kandungan gizi yang lengkap dan baik bagi tubuh kita.

Semangka golden Inden F1 cocok ditanam di iklim tropis Indonesia. Benih Inden F1 direkomendasikan ditanam di dataran rendah - menengah. Semangka golden Inden F1 tahan penyakit dan potensi hasil tinggi.

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda semagka golden Inden F1. Serta benih hibrida sayur dan buah atau produk pertanian kami lainnya. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi.

Dibawah ini akan kami jabarkan tentang semangka golden Inden F1 produk terbaru dari benih Bintang Asia.

Deskripsi Semangka Golden Inden F1


Semangka golden Inden F1 terbaru produk Bintang Asia. Benih termasuk semangka berbiji, kulit berwarna kuning ( golden ) agak gelap. Bentuk buah oval dan daging buah berwarna oranye.

Bobot buah sebesar 2.3 - 4 kg dan rasanya manis dengan ukuran 14.0 brix. Potensi panen semangka golden Inden F1 25 - 30 ton/ha.

Semangka golden Inden F1 cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah. Benih juga tahan penyakit Downey Mildew ( penyakit kresek/bulai ), layu fusarium dan penyakit busuk Phytopthora.

Semangka golden merupakan semangka hasil perkawinan silang golongan jenis terbaru. Semangka golden Inden F1 memiliki tekstur luar berwarna kuning dan terdapat goretan.

Daging buah semangka golden Inden F1 renyah dan manis. Keunggulam lain adalah waktu panen yang cepat dan hasil panen tinggi. Semangka jenis ini lebih tahan penyakit dibandingkan jenis lainnya.

Semangka Golden Inden F1 Berdaging Kuning Oranye


Semangka memiliki perbedaan dalam hal kandungan vitamin dan mineralnya. Beberapa perbedaan menyebabkan adanya perbedaan manfaat buah semangka. Semangka berdaging ada daging merah dan berdaging kuning atau oranye.

Semangka golden Inden F1 berdaging kuning/oranye terbaru produk Bintang Asia. Semangka golden Inden F1 merupakan semangka kuning berbiji. Semangka kuning mengandung beberapa vitamin dan mineral bermanfaat.

Semangka kuning mengandung citruline, asam amino, likopen, kalium, vitamin A dan C yang sangat tinggi. Semangka kuning juga mengandung serat alami dan gula aman bagi penderita diabetes.

Semangka merah mengandung vitamin dan mineral juga dengan banyak manfaatnya. Dalam 100 gram sajian semangka merah mengandung fosfor, magnesium, zat besi, selenium, folat, vitamin B6, C, E dan K.

Semangka merah juga mengandung protein, niasin dan serat pada dagingnya yang berwarna merah. Semangka merah dan kuning memberikan manfaat yang sedikit berbeda bila dikonsumsi dengan tepat. Beberapa diantaranya :

  • Semangka kuning menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A.
  • Semangka kuning dapat mencegah tekanan darah tinggi, stroke dan baik untuk kesehatan jantung.
  • Semangka kuning mengandung vitamin C tinggi sehingga baik untuk mencegah sariawan.
  • Semangka merah bermanfaat untuk menangkal kanker, mengatasi sembelit, mencegah dehidrasi, mengatasi nyeri otot dan mencegah peradangan.
  • Semangka merah menjadi sumber kolagen alami, baik untuk program diet.
  • Semangka merah dapat meringankan sistim kerja ginjal sehingga aliran urine lancar.

Manfaat Mengkonsumsi Semangka Golden Inden F1


1. Mencegah Peregangan Otot.

Semangka mengandung asam amino citruline dan bermanfaat mencegah peregangan pada otot. Zat asam amino ini baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan lemak dalam pembuluh darah.

Citruline mampu membuang asam laktat penyebab rasa lelah dan membuat tubuh mampu beraktifitas kembali. Mengkonsumsi semangka secara teratur dapat mencegah aterosklerosis pada jantung dan kaku pada otot.

2. Mengobati Peradangan

Peradangan/inflamasi disini yang dimaksud adalah sariawan, amandel, kanker dan sebagainya. Semangka mengandung lycopene, adalah obat alami dan paling efektif dibandingkan karotenoid lain.

Lycopene adalah antioksidan baik dan mampu melawan pengaruh buruk dari luar tubuh kita. Kandungan lycopen semangka lebih tinggi dari buah tomat.

3. Mengatasi Dehidrasi

Buah semangka di musim kemarau paling banyak dicari. Karena banyak mengandung air dan segar serta manis. Kandungan air dalam semangka lebih dari 90%.

Semangka mampu membantu mengatasi dehidrasi. Mengkonsumsi semangka cepat mengembalikan stamina tubuh menjadi cepat sehat dan bugar.

4. Melancarkan Pencernaan

Semangka bisa Anda konsumsi dengan tujuan menurunkan berat badan. Yang pasti bahwa mengkonsumsi semangka dapat membantu melancarkan pencernaan. Semangka mengandung serat alami. Semangka mengandung air cukup banyak jadi bisa cepat mengenyangkan.

5. Baik Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Semangka cocok dikonsunsi ibu hamil karena mampu mengurangi rasa mual saat kehamilan. Selain adanya lycopene, asam dan air, semangka juga mempunyai asam folat. Asam folat komponen penting untuk kesehatan janin bayi.

Asam folat baik dalam hal pembentukan sel saraf bayi. Mengkonsumsi buah semangka juga dapat mencegah kram otot yang serig dialami ibu hamil.

Peluang Usaha Semangka Golden Inden F1


Semangka golden Inden F1 bentuk buah sangat menarik. Cocok ditampilkan di etalase buah supermarket. Karena semangka berkulit kuning cerah, tentunya mendapat respon baik dari pembeli.

Menanam semangka golden Inden F1 menjadi peluang usaha menggiurkan. Karena permintaannya mulai tinggi dan prospeknya menjanjikan.

Peluang usaha menanam semangka golden Inden F1 harus mengikuti syarat tumbuh tanaman semangka. Dengan syarat tumbuh yang sesuai dapat dipastikan tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

Bentuk buah semangka golden Inden F1 oval. Daging buah berbiji dan berwarna oranye emas. Daging buah sangat manis dan memiliki kandungan air cukup tinggi.

Semangka memiliki nama latin Citrullus lanatus, merupakan buah asli dari negara Afrika Selatan Gurun Sahara. Semangka tumbuh merambat dan memiliki 2 macam bunga yaitu bunga jantan dan betina.

Peluang usaha budidaya semangka akan berhasil bila didukung oleh syarat tumbuh yang tepat. Sehingga tanaman dapat menghasilkan secara maksimal. Berikut syarat tumbuh tanaman semangka.



Syarat Tumbuh Tanaman Semangka Golden Inden F1


Jenis dan pH Tanah

Tanaman semangka menyukai tanah mengandung bahan organik dan unsur hara tinggi. Tanah juga gembur dan bersih dari gulma. Tanaman semangka terkena sinar matahari langsung dan tidak ada tanaman tinggi yang menaungi.

Pertumbuhan semangka maksimal di pH tanah netral yaitu 6 - 7. Rutinlah untuk mengecek pH tanah. Cara mengecek tanah dengan menggunakan alat pH meter dan dapat dibeli secara online di Toko pertanian LMGA Agro

Apabila pH tanah dibawah 6 maka sebaiknya dilakukan penaburan Dolomit atau kapur pertanian. Sampai pH tanah menjadi normal dan netral.

Ketinggian Lahan

Budidaya semangka golden Inden F1 cocok ditanam di dataran rendah sampai menengah. Wilayah yang cocok untuk budidaya semangka adalah wilayah kering dan rendah penguapan airnya.

Iklim dan Suhu

Tingkat kelembaban udara budidaya semangka adalah rendah dan curah hujan 40 -50 mm/bulan. Suhu ideal adalah sekitar 25 °C saat siang hari.

Jarak Tanam

Jarak tanam ideal akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Jarak tanam juga dapat membantu menekan pertumbuhan cendawan dan bakteri di lahan. Jarak tanam semangka ada 2, yaitu sistim tunggal dan sistim ganda.

Pertama sistim tunggal jarak tanamnya sekitar 90 - 100 cm x 3 m. Dan sistim ganda menggunakan jarak tanam 90 - 100 cm x 6 - 7 meter. Jarak tanam ideal dipastikan bahwa budidaya semangka menjadi lebih optimal.



Persiapan Menanam Semangka Golden Inden F1


semangka golden inden f1, jual benih hibrida terbaru, produk bintang asia, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Siram Kocor
Benih semangka golden Inden F1 kemasan 10 gram. Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih semangka golden Inden F1 terbaru produk Bintang Asia. Benih telah siap, langkah selanjutnya adalah persemaian benih semangka.

Persemaian bertujuan agar benih dapat tumbuh maksimal dan memudahkan kontrol tanaman. Persemaian dilakukan di tempat teduh dan pada satu tempat.

Media tanam menggunakan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan sama. Bersihkan tanah dari sampah dan hama pengganggu. Lalu tanah dicampur dengan pupuk kandang.

Masukkan benih sedalam 3 - 5 cm. Lakukan penyiraman menggunakan air bersih. Tunggu sampai bibit tumbuh dan siap ditanam di lahan tetap. Sambil menunggu bibit tumbuh, selanjutnya kita melakukan persiapan lahan penanaman bibit semangka.

Untuk mendapatkan tanah gembur, kita melakukan proses pengolahan tanah dengan cara dibajak menggunakan traktor atau dicangkul. Setelah tanah gembur, tanah dibuat bedeng-bedeng lalu taburkan pupuk kandang/kompos sebanyak 10 - 20 ton/ha.

Pupuk kandang dapat menambah kesuburan tanah sehingga baik untuk pertumbuhan semangka golden Inden F1 nanti. Cek pH tanah, bila rendah/asam taburkan Dolomit hingga pH tanah di angka 6 - 7.

Bedeng tanaman semangka dibuat lebarnya 3 meter dan panjang disesuaikan kondisi lahan. Jarak tanam yaitu 1 meter antar tanaman. Benih semangka dapat diperam atau dibungkus di kertas koran basah sampai tumbuh kecambah.

Penanaman Bibit Semangka Golden Inden F1


Kecambah akan tumbuh dalam 1 sampai 2 hari. Kemudian benih siap ditanam di media persemaian. Tempat persemaian menggunakan polybag atau tray semai. Letakkan tempat semai ditempat teduh namun kena sinar matahari pagi.

Lakukan penyiraman 1 - 2 kali tergantung kondisi cuaca. Bibit semangka akan tumbuh sempurna setelah umur 12 - 14 hari. Pindahkan bibit bila sudah tumbuh 2 - 3 lembar daun sejati.

Sebelum bibit dipindah dan ditanam di lahan terbuka, bedeng diairi hingga cukup basah dan diberi pupuk organik. Ratakan bedeng dengan baik bila ingin dipasang mulsa plastik hitam perak.

Pasang mulsa warna hitam menghadap ke bawah atau menempel tanah. Lalu lubangi mulsa membuat lubang tanam. Alat pelubang mulsa jual di toko pertanian online LMGA Agro. Juga tersedia mulasa plastik hitam perak. 

Bila bibit sudah siap masukkan beserta tanahnya ke lubang tanam yang sudah disiapkan. Sebaiknya penanaman bibit dilakukan saat matahri belum bersinar terik. Penanaman bibit dilakukan serentak dan selesai dalam sehari.

Setelah penanaman selesai, dilanjutkan pemeliharaan baik dan benar hingga panen. Semangka golden Inden F1 memiliki ketahanan baik terhadap penyakit dan hama. Semangka hanya butuh cukup banyak air terutama di minggu-minggu pertama dalam pertumbuhannya.

Bila sudah memasuki fase generatif, intensitas penyiraman dikurangi. Air banyak akan mengurangi kadar gula pada semangka. Penyiraman dikurangi untuk mendapatkan buah semangka dengan cita rasa segar dan manis.


Pupuk Semangka Golden Inden F1 Agar Buah Cepat Besar


semangka golden inden f1, jual benih hibrida terbaru, produk bintang asia, toko pertanian, lmga agro, online shop
Pupuk Berkualitas Budidaya Tanaman
Pemberian pupuk menjadi salah satu hal penting dalam budidaya semangka golden Inden F1. Karena pemberian pupuk termasuk perawatan yang menentukan baik tidaknya pertumbuhan tanaman. Perawatan yang benar menentukan besarnya hasil panen semangka.

Pemberian pupuk meliputi jenis pupuk, dosis penggunaan dan cara pemberian kerap menjadi pertimbangan petani semangka. Petani semangka selalu menjadikan setiap usaha adalah pembelajaran. Tujuannya untuk meningkatkan kemahiran dalam bercocok tanam dan menghasilkan panen secara maksimal.

Pupuk Organik


Pupuk organik menjadi salah satu pupuk yang digunakan untuk membesarkan buah semangka dengan cepat. Pupuk organik sering digunakan untuk menyiapkan media tanam budidaya semangka golden Inden F1. Baik persemaian sampai penanaman di lahan dan pemeberian pupuk susulan.

Pupuk kandang banyak dipilih petani sebagai pupuk organik. Pupuk kandang sebaiknya berasal dari hewan sapi atau kerbau. Pergunakan pupuk kandang yang sudah matang. Dalam artian, pupuk tidak basah, tekstur sudah seperti tanah dan bukan kotoran baru dari hewan ternak.

Pupuk kandang matang tidak panas untuk tanaman. Pupuk kandang dapat membantu memulihkan kesuburan tanah yang kurang subur. Dosis pemberian untuk budidaya semangka adalah 2 kg/bedengan. Cara pemberian pupuk cukup dengan ditaburkan di sekeliling baris bedeng dengan merata.



Pupuk An-organik


Pupuk kimia atau an-organik terdiri dari pupuk makro dan mikro. Pupuk makro terdiri dari unsur Nitrogen, Phospor, Kalium ( ZA, TSP dan KCl ). Pupuk mikro terdiri unsur Calsium ( Ca ), Magnesium ( Mg ), Mangan ( Mn ), besi ( Fe ), Belerang ( S ), Tembaga ( Cu ), Seng ( Zn ), Boron ( Bo ) dan Molibdenum ( Mo ).

Pupuk an-organik dibutuhkan di setiap periode tumbuh tanaman semangka. Kita bisa mencampurnya sebanyak 1% obat anti hama penggerek batang.


Pemberian pupuk susulan penting selama budidaya semangka. Karena pupuk organik di pemberian pupuk dasar tidak semua bisa diserap tanaman. Karena itu perlu pupuk susulan dan disesuaikan fase pertumbuhan.

Pupuk susulan di fase vegetatif semangka, perlu ditambahkan pupuk daun Topsil D. Untuk fase generatif ( pembentukan dan pemasakan buah ), diberikan pupuk Topsis B. Tujuannya untuk memperbaiki kualitas buah yang dihasilkan.


Pupuk mikro berupa pupuk daun dicampur dengan insektisida dan fungisida. Penyemprotan dilakukan secara rutin. Pupuk daun diberikan pada umur 7, 14, 21, 28 dan 35 hari setelah tanam.

Sedangkan di fase generatif, diberikan pada umur 45 dan 55 hari setelah tanam. ZA dan NPK diberikan dengan perbandingan 1 : 1. Pupuk tersebut diberikan umur 21 HST sebanyak 300 ml. Umur 25 HST pupuk ZA dan NPK ( 1 : 1 ) diberikan sebanyak 400 ml dan umur 55 HST juga 400 ml.

Manfaat Pemupukan Semangka Golden Inden F1


Manfaat pemberian pupuk pada budidaya semangka adalah untuk melengkapi serangkaian budidaya semangka yang baik dan benar. Selain itu juga untuk memperbaiki unsur hara tanah.

Lewat pemupukan, serangan hama dan penyakit dapat diminimalisir. Selain itu pupuk bisa untuk memperbesar buah semangka, sebagai obat perangsang buah dan membuat buah lebih manis. Serta manfaat lainnya juga cukup banyak untuk buah semangka golden Inden F1. Jenis pupuk untuk semangka cukup beragam, seperti pupuk Urea dan pupuk majemuk Phonska.

Semangka termasuk tanaman merambat dan tergolong jenis labu-labuan. Semangka masih satu marga dengan ketimun. Tanaman ini hidup merambat dan jangkauan rambat sangat jauh bisa mencapai belasanmeter. Namun tanaman semangka tidak bisa memanjat dan membentuk akar.


Bentuk daun berlekuk-lekuk pada tepi, bentuk bunga sempurna berwarna kuning. Tanaman menghasilkan buah dengan cita rasa segar. Buah bentuk bulat dengan kulit agak keras dan isi buah merah dengan banyak kandungan air.

Hama dan Penyakit Semangka


semangka golden inden f1, jual benih hibrida terbaru, produk bintang asia, toko pertanian, lmga agro, online shop
Insektisida Hama Semangka
Keberadaan hama dan penyakit buah semangka mampu menurunkan kualitas hasil produksi usaha pertanian. Pengendalian hama dan penyakit penting diperhatikan agar produksi tanaman bisa maksimal.

Kegiatan mulai di persemaian sampai pemeliharaan buah semangka sudah pun dilakukan dengan baik dan benar, tidak menjamin hama dan penyakit tidak ada. Pengamatan dan kontrol tidak boleh terabaikan. Namun harus rutin kita lakukan.

Serangan hama dan penyakit berkaitan erat dengan cara dan teknik budidaya. Serta berkaitan dengan pemilihan benih, adanya tanaman inang, lingkungan dan pengetahuan tentang pestisida.

Dibawah ini akan Kami jabarkan hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman semangka.



Hama Tanaman Semangka


Jangkrik/Gangsir

Jangkrik/gangsir menyerang pangkal batang terutama di tanaman muda. Pencegahan dengan cara sanitasi/kebersihan lahan. Pengendalian kimia yaitu menyemprotkan insektisida Curacron, Decis dan lain-lain.

Penggerek Daun

Menyerang daun tanaman sampai batangnya yang muda sampai daun berlubang dan tinggal tulang daunnya. Pencegahan dengan cara menanam jarak jauh dengan tanaman terong, gambas dan melon. Pengendalian  menggunakan insektisida seperti Curacron.

Ulat Grayak

Ulat menyerang daun muda sampai batang muda. Pengendalian menggunakan insektisida Curacron.

Ulat Tanah

Ulat tanah aktif di malam hari. Ulat menyerang pangkal batang hingga daun. Penyemprotan efektif dilakukan malam hari menggunakan Prevathon atau Curacron.

Lalat Buah

Lalat buah menyerang buah yang masih kecil dengan cara memasukkan telur ke dalam buah. Kemudian telur-telur tersebut akan menetas menjadi larva. Dan larva inilah yang akan menggerogoti daging buah. Akibatnya buah akan membusuk dan kuning kemudian rontok.

Pengendalian lalat buah efektif menggunakan perangkap lalat Yellow Trap. Atau menggunakan insektisida Curacron atau Santoat.

Kutu Daun

Kutu daun menyerang daun tanaman muda. Yaitu dengan cara menghisap cairan daun hingga daun mengkerut atau keriting.

Pencegahan dengan cara selalu membersihkan lingkungan terutama gulma-gulma tanaman inang. Penyemprotan menggunakan akarisida berbahan aktif abamektin.

Kumbang Daun

Kumbang daun menyerang di malam hari dengan sasarannya daun dan bunga. Akibatnya daun dan bunga berlubang. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif diafenthiuron, profenofos atau yang lainnya.

Kutu Kebul

Kutu kebul ( Bemisia tabaci ) mengakibatkan daun menjadi rusak. Daun terdapat bercak nekrotik akibat sel-sel dan jaringan daun yang rusak. Kutu kebul ini menjadi hama vektor penyebab virus Gemini. Penyakitnya disebut kresek/bulai.

Pengendalian yaitu mencabut lalu memusnahkan tanaman yang mati karena virus Gemini. Penyemprotan terhadap hama vektornya menggunakan insektisida berbahan aktif abamektin.



Penyakit Layu Fusarium Tanaman Semangka


semangka golden inden f1, jual benih hibrida terbaru, produk bintang asia, toko pertanian, toko online, lmga agro
Arashi Untuk Serangan Cendawan
Penyakit layu fusarium menyebabkan tanaman menjadi layu dimulai dari pucuk tanaman. Kemudian daun akan menguning hingga menyebabkan kematian. Layu fusarium menyerang daun dan akan tampak bercak-bercak kuning. Lama kelamaan daun mengering.

Penyakit ini muncul karena lingkungan terlalu lembab hingga tumbuh cendawan Fusarium oxysporum. Gejalanya pada pagi tanaman tampak segar lalu siang hari layu seperti kekurangan air. Bila dibiarkan, dalam 2 - 3 hari tanaman membusuk, mati kering dan batang mengkerut.

Pencegahan secara alami dengan melakukan pergiliran tanaman, benih tahan serangan jamur dan menjaga kondisi tanah agar tidak terlalu lembab. Yaitu dengan pemakaian mulsa plastik hitam perak. Drainase harus dalam keadaan baik dan membuang tanaman sakit.

Penyakit Antraknosa Tanaman Semangka


Penyakit ini disebabkan oleh jamur Colletotrichum lagenarium. Jamur akan tumbuh di lahan yang terlalu lembab. Penyakit akan menyerang daun dan buah.

Permukaan daun akan muncul bercak kecoklatan dan akan berubah menjadi kemerahan kemudian daun mati. Bila menyerang buah, tampak ada bulatan berwarna merah jambu dan lama-lama akan meluas.

Cara pengendalian dengan membuang buah yang terinfeksi jauh-jauh, melakukan rotasi dan pergiliran tanaman serta perbaikan drainase. Bila serangan parah, semprotkan fungisida Antracol atau Dithane dengan cara disemprot.

Penyakit Layu Bakteri


Penyakit disebabkan oleh bakteri Erwinia tracheiphila. Gejalanya tanaman layu permanen. Jika tanaman dipotong melintang tampak pembuluh xylemnya menghitam.

Pengendalian dengan cara tanaman dicabut, dibakar lalu tanaman terinfeksi dibuang jauh-jauh. Penyemprotan menggunakan bakterisida Agrimicin dan fungisida berbahan aktif Cu ( tembaga ).

Penyakit Embun tepung ( Powdery Mildew )


Disebabkan oleh cendawan Spaerotheca fuliginea. Gejala serangan : daun dan batang semangka dilapisi semacam tepung putih. Bila seluruh daun dan batang diserang akan menjadi coklat dan mengkerut. Tanaman menjadi lemah dan kerdil.

Pengendalian teknis dengan cara tanaman terinfeksi harus dicabut lalu dibakar. Penyemprotan fungisida Benomyl, Pradimefon, Oksition quinoks dan tembaga hidroksida.

Pencegahan penyakit dengan cara menanam tidak berdekatan dengan tanaman yang tampak terserang embun tepung. Juga melakukan rotasi tanaman dan mengurangi kelembaban lahan.

Penyakit Watermelon Virus ( WMV )


Penyakit ini disebabkan virus yang disebarkan oleh Aphids dan Thrips. Gejalanya : daun melepuh, belang-belang, berubah bentuk dan mengkerut. Tanaman tumbuh kerdil karena pertumbuhan terganggu. Terdapat rekahan membujur pada batang.

Pengendalian : yaitu mencabut dan memusnahkan tanaman terinfeksi, melakukan rotasi tanaman dan menjaga kebersihan lahan. Pemakaian mulsa plastik hitam perak dan penyemprotan terhadap hama vektornya.

Penyakit Bercak Daun


Disebabkan oleh spora cendawan patogen yang berasal dari tanaman lain. Dimana tanaman tersebut sudah mengandung bibit penyakit lalu spora terbawa angin. Gejala serangan : permukaan daun terdapat bercak-bercak bulat berwarna kuning.

Selanjutnya akan berubah menjadi coklat kehitaman dan menyebar. Kemudian daun akan kering dan mati. Gejala lain terdapat rumbai-rumbai halus berwarna ungu atau abu-abu pada tanaman.

Pengendalian dengan selalu melakukan sanitasi kebun, pergiliran tanaman dan mencegah kelembaban tinggi di lahan. Penyemprotan fungisida berbahan aktif karbenazim, benomyil atau dimetomorf.

Penyakit Rebah Batang-Semai/Busuk Semai/Busuk Akar/Dumping-off


Penyebabnya cendawan Phytium ultimum yaitu menyerang bibit di persemaian. Gejala serangan : batang bibit berwarna coklat dan menyebar. Bibit rebah lalu mati.

Pencegahannya merendam benih dalam karbenazim atau campuran propamocarb dan HCl 72%. Pakailah pupuk kandang yang matang benar. Semprot bibit menggunakan fungisida Antracol dan jaga kelembaban lahan.

Penyakit Busuk Buah/Bisul Buah ( Bacterial fruit blotch )


Penyebabnya adalah jamur atau bakteri patogen. Jamur atau bakteri ini akanmenginfeksi buah menjelang matang dan akan aktif begitu buah mulai dipetik. Pencegahannya dengan menjaga agar buah tidak rusak selama pengangkutan dan penyimpanan. Petiklah buah di siang hari saat cuaca cerah, tidak berawan dan tidak sedang hujan.

Penyakit Karat Daun


Penyakit disebabkan virus yang dibawa hama vektornya dan berkembang di daun. Gejala serangan : daun melepuh, belang-belang dan cenderung berubah bentuk. Tanaman menjadi kerdil dan timbul rekahan membujur pada batang.

Cara pengendalian dengan mencabut tanaman terinfeksi dan dibakar, melakukan rotasi tanaman dan menjaga kebersihan kebun. Pemakaian mulsa plastik hitam perak dan mengendalikan hama vektornya.

Penyakit Fisiologis


Penyakit fisiologis sering terjadi karena tanaman kekurangan unsur Boron. gejalanya yaitu tanaman tumbuh kerdil dan ruas batang memendek. Ujung-ujung percabangan tidak tumbuh menjalar dan cenderung ke atas.

Batang tanaman mudah patah, tampak beberapa luka atau retakan dan mengeluarkan lendir coklat kekuningan. Lendir ini sangat disukai hama Thrips sehingga sering dijumpai tanaman menjadi mengeriting. Tanaman akan sulit berbuah.

Pengendalian yaitu pemberian pupuk mikro. Pupuk mikro disemprotkan dengan konsentrasi 1 - 2 ml/liter air pada umur 10 HST. Penyemprotan diulangi pada minggu berikutnya. Apabila penyakit semakin parah, terutama di daerah berpasir. Semprotkan Borax dengan konsentrasi 0.2 - 0.5% atau 2 - 5 g/liter air.

Agar penyemprotan pestisida merata dan tidak mudah hilang saat hujan tiba maka tambahkan perekat perata. Perekat perata seperti Aero 810, dosis sesuai luas lahan dan saran penggunaan.

Panen Semangka Golden Inden F1


Semangka golden Inden F1 panen umur 56 - 60 HST. Semangka golden Inden F1 memiliki potensi hasil 25 - 30 ton/ha. Bobot buah rata-rata 2.5 - 4 kg dan buah berasa manis ( 14.0 brix ).

Ciri-ciri buah semangka panen adalah warna kulit buah telah memudar dan sulur pada pangkal tangkai buah telah mengering. Pemetikan buah semangka disertakan tangkainya. Sebaiknya pemanenan dilakukan saat cuaca cerah.

Pemetikan buah semangka setelah terjadi perubahan warna buah. Batang buah mengecil dan saat itulah buah boleh dipanen. Pemanenan dilakukan saat cuaca cerah dan tidak berawan. Kondisi buah dalam keadaan kering permukaan kulitnya.

Panen semangka bisa dilakukan serempak secara sekaligus. Bila tidak bisa bersamaan dapat dilakukan 2 kali. Pertama, petik buah yang sudah tua. Kedua, petik sisa buah yang belum dipetik semuanya sekaligus. Ketiga, saat daun-dau mulai kering, buah tidak bisa berkembang lagi maka buah harus dipetik.

Demikian artikel Jual Benih Semangka Golden Inden F1 Terbaru Produk Bintang Asia. Hubungi kami di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual segala produk kebutuhan pertanian.

Harga murah, benih terbaru semangka berbiji kuning semangka golden Inden F1. Kami juga menyediakan benih hibrida sayur dan buah lainnya, pupuk berkualitas, pestisida dan alat pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia.

Semoga artikel Kami bisa menambah wawasan Anda tentang benih terbaru semangka golden Inden F1 produk Bintang Asia. Produk unggulan untuk menunjang peluang usaha pertanian budidaya semangka. Selamat mencoba san salam sukses...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...