TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

08/04/20

Jual Benih Tomat TM Marvel F1 Tani Murni Murah Berkualitas

tomat tm marvel, jual benih tomat murah, benih berkualitas, budidaya tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Tomat TM Marvel Tani Murni
Jual Benih Tomat TM Marvel F1 Tani Murni Murah Berkualitas. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih berkualitas hibrida tomat TM Marvel dari Tani Murni Indonesia.


Toko pertanian online LMGA Agro memberikan konsultasi gratis pertanian. Membantu permasalahan petani di lapangan tentang bercocok tanam. Usaha pertanian menanam tomat TM Marvel menjanjikan dan menguntungkan.

Toko pertanian online LMGA Agro produk lengkap. Tersedia berbagai varietas benih hibrida, pupuk berkualitas, pestisida dan alat pertanian. Kami melayani online shop penjualan dropship, reseller dan toko pertanian.

Kami telah berpengalaman lama dan didukung perusahaan pertanian terkemuka di Indonesia. Tomat TM Marvel benih hibrida berkualitas dari Tani Murni Indonesia. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang aman dan pasti sampai.

Tomat TM Marvel dari Tani Murni ( TM ) tipe in-determinate dengan potensi hasil yang tinggi. Tomat merupakan sayur buah komoditas ekonomi tinggi. Budidaya tomat sangat disukai petani sebagai peluang usaha menguntungkan.

Tomat TM Marvel tahan penyakit dan tahan simpan untuk pengangkutan dan pengiriman jarak jauh. Selain sebagai campuran bumbu masakan, tomat juga digunakan bahan baku industri. Yaitu sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik dan obat-obatan.

Karakteristik Tomat TM Marvel F1 Tani Murni


Tomat TM Marvel merupakan jenis tomat in-determinate. Tomat TM Marvel direkomendasikam ditanam di dataran menengah hingga tinggi. Ciri-cirinya adalah bentuknya bulat oval, berwarna hijau keputihan saat muda. Lalu berubah merah cerah ketika matang.

Berat tomat TM Marvel 90 - 120 gr per buah. Memiliki potensi hasil ± 4 - 6 kg per tanaman. Tomat TM Marvel unggul dalam ketahanannya terhadap virus Gemini, layu bakteri dan layu jamur.

Tomat TM Marvel mudah dalam perawatannya. Buah juga tahan simpan dan transportasi pengiriman jarak jauh.  Benih dikemas dalam kemasan 10 gram.

Menurut jenis pertumbuhannya, tanaman tomat dibagi menjadi dua yaitu determinate dan indeterminate. Tipe determinate memiliki ciri-ciri postur tanaman pendek, tandan ada di setiap ruas batang dan diujung tanaman.

Tomat in-determinate memiliki postur tanaman tinggi, tandan bunga berseling diantara 2 - 3 ruas dan ujung tanaman tumbuh pucuk muda. Jenis in-determinate menghasilkan buah ukuran besar.

Tomat memiliki nama latin Solanum lycopersicum merupakan keluarga Solanaceae. Tomat tumbuhan asli dari Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko hingga Peru.

Siklus hidup tanaman tomat pendek dan tinggi antara 1 - 3 meter. Buah tomat bermanfaat untuk mencegah kanker. Warna merah buah tomat banyak mengandung zat Lycopene.

Kandungan nutrisi tomat TM Marvel tinggi. Antioksidan alami dalam tomat bernama likopen. Zat ini membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Tomat TM Marvel mengandung juga antioksidan lain yaitu polifenol, naringenin dan chlorogenic acid.

Manfaat Tomat TM Marvel Bagi Kesehatan


Buah tomat TM Marvel memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Namun tomat TM Marvel kaya akan vitamin A, B6, C, dan K. Tomat mengandung mineral folat, karotenoid, lutein, gula, tiamin dan kalium. Kandungan gizi yang lengkap membuat tomat memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kecantikan.

  • Manfaat tomat untuk mencegah kanker. Tomat TM Marvel mengandung antioksidan tinggi dan vitamin C. Tomat dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kanker. Kandungan likopen tinggi dapat membantu mencegah kanker.
  • Likopen pada tomat mampu mencegah kulit rusak. Likopen tomat mampu meningkatkan kemampuan kulit melindungi diri dari paparan sinar UV. Rutin mengkonsumsi tomat membuat kult awet muda dan mencegah kerutan halus pada wajah.
  • Manfaat tomat membuat mata lebih sehat. Tomat mengandung beta karoten dan kaya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mampu meningkatkan produktivitas retina, mengatasi pencahayaan yang kurang dan mengintrepretasikan warna.
  • Manfaat tomat mencegah diabetes. Kandungan serat dalam tomat sangat tinggi dan dapat membantu menurunkan risiko diabetes. Makanan kaya serat dapat membantu mengelola kadar insulin dalam tubuh.
  • Manfaat tomat baik untuk kesehatan jantung. Tomat mengandung kolin, potassium, serta dan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan fungsi jantung. Asupan kalium tinggi dalam tomat, efektif mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
  • Konsumsi rutin tomat dapat mengurangi depresi. Kandungan folat dalam tomat berperan membantu mengatasi depresi. Serta mencegah penumpukan homosistein ( Asam amino dalam plasma darah ) berlebihan.
  • Tomat dapat menjaga sistim pencernaan tetap sehat. Mencegah sembelit dan diare. Dan juga membantu menghilangkan racun berbahaya dalam tubuh.
  • Minum jus tomat secara teratur efektif mengobati peradangan akibat arthritis dan nyeri sendi.


Peluang Usaha Budidaya Tomat Menggiurkan


tomat tm marvel, jual benih hibrida murah, benih tomat berkualitas, benih tani murni, budidaya tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha Menanam Tomat
Peluang usaha menanam tomat TM Marvel dijamin panen berlimpah. Karena tomat merupakan salah satu tanaman hortikultura bernilai ekonomis tinggi. Cara menanam tomat perlu dilaksanakan secara intensif agar produksi optimal.

Tomat merupakan komoditi multiguna. Karena selain digunakan sebagai sayuran dan buah, tomat juga sebagai bahan dasar kosmetika dan obat-obatan. Namun tomat akrab bagi ibu-ibu karena sangat dibutuhkan dalam aneka kuliner.

Karena sering digunakan untuk kehidupan sehari-hari maka budidaya tomat menjadi peluang bisnis menarik. Usaha pertanian menanam tomat sangat menggiurkan dan menguntungkan.

Modal dalam budidaya tomat tidak terlalu mahal dibandingkan budidaya cabai. Cara budidayanya pun tidak terlalu sulit asalkan kita memahami trik-triknya. Karenanya, sebelum mulai budidaya tomat, kita harus megetahui syarat menanam tomat yang baik.

Meliputi kebutuhan dan syarat tumbuhnya dan jenis tomat yang dipilih. Ada 2 jenis tomat di Indonesia yaitu tomat sayur dan tomat buah. Keduanya memiliki manfaat sama. Hanya bentuk dan ketebalan tomat menjadi letak perbedaanya.

Kegunaan tomat juga banyak antara lain untuk keperluan memasak atau untuk konsumsi langsung. Tomat dibuat sebagai jus tomat, campuran salad, sayur sup dan masih banyak lagi.

Tomat buah memliki bentuk lonjong dan kulit tebal. Sedangkan untuk tomat sayur berbentuk bulat dan kulit tipis tidak tebal. Tomat sayur dijadikan pelengkap atau campuran masakan. Tomat buah dipakai untuk jus buah tomat atau dimakan langsung.

Tomat dapat ditanam di dataran tinggi mapupun rendah. Tanah harus subur dan curah hujan tidak begitu tinggi.

Syarat Tumbuh Menanam Tomat TM Marvel


Tanaman tomat membutuhkan curah hujan sekitar 100 - 220 mm/hari. Intensitas cahaya ideal adalah 10 - 12 jam/hari. Suhu maksimal selama pertumbuhannya adalah 25 - 30 °C. Saat pembungaan, tomat menginginkan suhu 15 - 20 °C.

Budidaya tomat TM Marvel membutuhkan air karena 90% buahnya terdiri dari air. Lokasi menanam tomat bukan bekas lahan tomat atau tanaman sefamili.

Sebenarnya tomat dapat tumbuh di daerah tropis maupun sub tropis. Curah hujan tinggi dapat menghambat pembungaan. Kekurangan asupan sinar matahari  menyebabkan tanaman mudah terserang penyakit.

Bila suhu > 30 °C atau suhu < 10 °C dapat menghambat pembentukan buah tomat. Kelembaban lahan ideal untuk tanaman tomat adalah 25%. Dengan kelembaban demikian, dapat meningkatkan pertumbuhan tomat muda.

Serta asimilasi karbondioksida menjadi lebih baik melalui stomata yang meningkat. Kelembaban tinggi disukai mikroorganisme pengganggu tanaman. Tingkat kemasaman tanah ( pH ) ideal adalah antara 5.0 - 7.0.

Jarak tanam menanam tomat juga perlu diperhatikan. Jarak tanam harus cukup lebar agar tanaman dapat tumbuh maksimal. Jarak tanam dianjurkan 600 x 60 cm. Penanaman di polybag cukup disesuaikan dengan ukuran tanaman.


Baca Juga : Sonar si Cabai Setan Cap Kapal Terbang

Beberapa Hal Penting Perawatan Tomat


  • Penyiraman. Dianjurkan untuk melakukan penyiraman 2x sehari terutama bila media tanam kering. Pemberian air jangan terlalu banyak. Karena bila air sampai menggenang malah menimbulkan penyakit.
  • Pemupukan. Cukup diberikan 1 sendok makan pupuk NPK dan dimasukkan dalam lubang pupuk. jarak lubang 10 cm dari batang tanaman. Pemberian pupuk 2 minggu sekali. pupuk unsur P lebih banyak dibutuhkan tomat, dibandingkan pupuk N.
  • Penyiangan gulma. Karena gulma sering menyerap nutrisi yang justru dibutuhkan oleh tanaman tomat. Gulma harus rajin kita cabut. Langkah preventif menekan pertumbuhan gulma adalah pemakaian mulsa plastik pada permukaan bedengan.
  • Ajir/lanjaran. Bahwa perlu diketahui tanaman tomat amat rapuh. Sehingga memerlukan ajir atau lanjaran untuk tumbuh dan berkembang.
  • Pengendalian hama. Hama utama tanaman tomat adalah serangga berukuran kecil berwarna putih yaitu aphid. Aphid menyerang dengan menghisap cairan dalam tanaman sehingga pertumbuhan tidak maksimal.
  • Pemangkasan tunas baru. Dilakukan saat tanaman mulai berbuah. Pemangkasan tunas baru untuk mendapatkan kualitas buah menjadi lebih baik.

Cara Pengolahan Tanah Menanam Tomat TM Marvel


tomat tm marvel, jual tomat hibrida muarh, benih tomat berkualitas, benih tani murni, budidaya tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak
Pengolahan tanah dimaksudkan untuk memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah menjadi lebih baik. Pengolahan tanah sekaligus membersihkan gulma dan tanaman/sisa tanaman yang tidak diinginkan.

Pengolahan tanah yaitu meratakan tanah dan menyediakan lahan menanam tomat.  Membolak balik tanah sehingga sisa-sisa dan seresah tanaman tersimpan dalam tanah. Hingga terjadi proses dekomposisi dengan baik.

Cara pengolahan tanah yaitu dibajak atau dicangkul dengan kedalaman 20 cm. Kemudian taburkan pupuk organik 20 ton/ha dan tambahkan pupuk NPK 100 gram/m² pada bedengan.

Buat bedengan lebar 110 - 120 cm, tinggi 40 - 70 cm dan lebar parit 50 - 70 cm. Pupuk diaduk secara merata dan cek pH tanah. Bila < 5.5 maka taburkan Dolomit.

Mulsa plastik hitam perak bisa membuat perawtan tanaman lebih efektif. Tidak banyak melakukan penyiangan, penyiraman dan menekan serangan hama penyakit.

Setelah mulsa terpasang, maka dibuat lubang tanam. Jarak tanam 60 x 60 cm bila penanaman di musim panas dan 70 x 70 cm di musim hujan.


Baca Juga : Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Dan Cara Menanamnya

Pembibitan dan Persemaian Tomat TM Marvel


Persiapan untuk pembibitan benih Tomat TM Marvel memerlukan sungkup atau tempat untuk melindungi benih muda. Siapkan media tanamnya yaitu tanah dan pupuk kandang.

Dengan perbandingan jumlah yang sama, media dicampur menjadi satu dan sebelumnya harus sudah diayak sampai halus. Kemudian masukkan pada polybag semai yang berukuran kecil.

Sebelum benih disemai, harus direndam dalam larutan fungisida sistemik berbahan aktif simokanil atau metalaksil. Dosis fungisida 1/2 dosis terendah dari dosis anjuran pada kemasan.

Perendaman selama ± 6 jam lalu benih ditiriskan dan dipilih benih yang tenggelam. Benih ditanam dalam polybag. Agar benih cepat berkecambah, permukaan media ditutup kain goni basah.

Bila benih sudah berkecambah, tutup karung goni bisa dilepas. Pasang sungkup plastik untuk melindungi bibit-bibit yang masih lemah.

Sungkup dibuka saat pagi hari dan tutup kembali pada pukul 9 pagi. Buka lagi sungkup pukul 3 sore sampai pukul 5 sore. Saat 5 hari sebelum dipindahkan, lepas sungkup untuk membiasakan bibit kena panas matahari langsung.

Perawatan selama pembibitan adalah penyiraman rutin setiap pagi. Penyiraman jangan terlalu lembab/basah. Lakukan juga penyemprotan fungisida berbahan aktif simoksanil dan insektisida berbahan aktif imidakloprid.

Penyemprotan bibit saat di persemaian menggunakan dosis ½ dosis terendah. Bibit dengan jumlah daun 4 helai sudah siap dipindah tanam di lahan.

Bibit siap pindah tanam saat sudah setinggi 10 cm dan umur sekitar 3 minggu. Bibit dikeluarkan hati-hati dari polybag semainya. Sebelum dipindah, bibit disiram air dulu agar mudah dipindahkan.

Setelah bibit berhasil dipindah, siram dengan air hingga basah. Usahakan semua penanaman bibit selesai bersamaan dalam satu hari. Penanaman setelah pindah tanam bertujuan mencegah tanaman tidak stress.

Setelah penanaman, ajir bisa langsung ditanam disamping tanaman. Ajir ditancapkan dengan jarak 10 - 20 cm dari tanaman.

Perawatan Setelah Pindah Tanam Tomat TM Marvel


tomat tm marvel, benih tomat murah, jual benih berkualitas, benih tani murni, budidaya tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tanki CBA
Perawatan tomat TM Marvel setelah pindah tanam adalah penyulaman. Yaitu mengganti tanaman tomat yang gagal tumbuh, sakit atau rebah karena cuaca. Penyulaman dengan cara mencabut langsung tanaman sakit, layu atau mati.

Lalu ganti dengan bibit baru. Karena itu jumlah bibit di persemaian dilebihkan 10 % dari kebutuhan tanamannya. Penyulaman dilakukan sampai umur tanaman 2 minggu setelah pindah tanam.

Tanaman tomat lebih umur 2 minggu bila masih disulam mengakibatkan pertumbuhan tidak seragam. Akibatnya nanti terhadap pengendalian hama dan penyakitnya.

Lakukan juga penyiangan yaitu membersihkan gulma pengganggu tanaman. Biasanya penyiangan dilakukan 3 - 4 kali.

Bedengan tertutup mulsa plastik hitam perak tidak banyak tumbuh gulma. Sehingga penyiangan jarang dilakukan. Gulma di sekitar tanaman terutama harus dibersihkan. Karena seringkali gulma bersaing dengan tanaman dalam hal mendapatkan nutrisi.

Pertumbuhan bisa mengganggu tanaman. Gulma juga menjadi tanaman inang hama dan penyakit. sehingga bs menularkan ke tanaman tomat.

Perlakuan sanitasi tanaman tomat antara lain : pengontrolan gulma, pengaturan air saat turun hujan agar air tidak menggenang. Melakukan pemangkasan daun dan pencabutan tanaman yang terinfeksi.

Pemberian air juga bisa dengan penggenangan ( di-leb ) 1 minggu sekali bila tidak turun hujan. Batas penggenangan tidak terlalu tinggi yaitu 1/3 dari tinggi bedengan.


Baca Juga : Cara Budidaya Labu Madu F1 Cap Panah Merah Hasil Tinggi

Pemangkasan Tanaman Tomat TM Marvel


Pemangkasan disebut juga dengan istilah perempelan. Pemangkasan tomat dilakukan setiap minggu. Pemangkasan terhadap tunas yang tumbuh di ketiak daun agar tidak tumbuh menjadi batang.

Pemangkasan tunas muda cukup menggunakan tangan. Pucuk tanaman dipangkas setelah tampak dompolan buah sekitar 5 - 7 buah.

Tunas samping juga dipangkas sampai terbentuk cabang utama. Cabang diatas cabag utama dipelihara karena cabang produktif.

Tunas samping ini juga keluar dari ketiak daun baik di cabang utama maupun cabang-cabang produktif. Perempelan tunas bawah cabang utama bertujuan merangsang pertumbuhan vegetatif.
Sehingga nanti akan diperoleh tanaman kekar dan kelembaban terjaga saat tanaman dewasa. 

Perempelan tunas di bawah cabang-cabang produktif bertujuan menjaga kelembaban. Serta untuk  mengoptimalkan produksi buah tomat.

Pemangkasan pada daun yang letaknya di bawah cabang utama. Pemangkasan daun mulai dilakukan saat tajuk tanaman tomat sudah saling menutupi dan menempel antar tanaman.

Saat tersebut, daun sudah berfungsi secara optimal dan sering menjadi inacara hama untuk diserang. Daun yang sakit dan tua juga harus dipangkas.

Cara Pemupukan Tomat TM Marvel


tomat tm marvel, jual benih murah, benih tomat berkualitas, benih tani murni, budidaya tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk Berkualitas | LMGA Agro

Pemupukan susulan pada budidaya tomat TM Marvel penting dilakukan. Karena perlunya menambahkan unsur hara dalam tanah untuk pertumbuhan tanaman sampai panen.

Untuk budidaya organik, pemupukan susulan menggunaan pupuk organik dengan kandungan kalium tinggi. Penyemprotan pada fase berbunga dan buah ( fase generatif ).

Penyemprotan dilakukan setiap minggu. Pupuk organik cair tersebut harus diencerkan terlebih dahulu. Bisa ditambahkan juga pupuk kandang sebanyak 1 genggam tanagn tiap tanaman.

Budidaya tomat non-organik, pemupukan diberikan pada umur 1 minggu. Pupuk berupa campuran dari Urea dan KCl ( 1 : 1 ) sebanyak 1 - 2 gram per tanaman.

Umur 2 - 3 minggu berikan kembali Urea dan KCl sebanyak 5 gram per tanaman.

Umur 4 minggu keatas bila tanaman tampak kurang subur maka berikan pupuk Urea dan KCl sebanyak 7 gram/tanaman. Pemberian dengan cara ditabur berjarak 5 - 7 cm dari tanaman.

Cara pemupukan susulan menggunakan pupuk NPK. Pupuk diberikan dengan cara dikocor umur 15, 25 dan 35 hari setelah tanam.

Pupuk menggunakan NPK 15-15-15 dosis 3 kg/1000 tanaman. Pupuk dilarutkan dalam 200 liter air dan tiap tanaman dikocorkan sebanyak 200 ml.

Dilanjutkan dengan pemberian pupuk daun dengan kandungan N tinggi. Pupuk daun diberikan pada umur 7 dan 24 HST. Pupuk daun kandungan P, K dan unsur mikro tinggi diberikan pada umur 20, 30 dan 45 HST. Dosis pemberian sesuai anjuran pada kemasan.


Baca Juga : Teknik dan Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak

Mengenal Hama dan Penyakit pada Tomat


Hama Tanaman Tomat

  • Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon )

Ulat tanah menyerang malam hari. Siang hari ulat bersembunyi dalam tanah atau di balik mulsa plastik hitam perak.

Ulat tanah menyerang batang tanaman muda dengan cara dipotong. Karena itu ulat tanah disebut juga ulat pemotong. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif karbofuran sebanyak 1 gram per lubang tanam.

  • Kutu Daun Thrips ( Myzus persiceae )

Memiliki panjang ± 1 mm dan berwarna kehitaman. Hama thrips menyerang bagian daun tanaman tomat. Sehingga akan mengganggu proses fotosintesis hingga mengganggu pertumbuhan tanaman. Thrips menghisap cairan pada daun.

Gejala serangan terjadi perubahan warna daun menjadi putih. Serangan semakin parah menyebabkan daun akan kering dan lama kelamaan akan mati.

Thrips juga mengeluarkan kotoran yang berasa manis sehingga sering didatangi semut. Hal ini juga sebagai tanda bahwa ada serangan thrips. Daun mengalami klorosis, menggulung dan mengeriting. Tanaman menjadi kerdil.

  • Ulat Buah Tomat ( Heliotis armigera )

Ulat buah menyerang bagian daun, bunga dan buah tomat. Panjang tubuhnya 3 cm, warna tubuh berwarna coklat hingga kehitaman.

Menyerang buah tomat dengan cara melubangi hingga membuat buah menjadi busuk. Ulat buah ini tubuhnya penuh kutil. Serangannya dengan cara mengegrogoti buah hingga berlubang.

  • Lalat Buah ( Dacus dorsalis )

Lalat buah dewasa menyerang buah dengan cara menyuntikkan telur lalat ke dalam buah. Telur akan berubah menjadi larva dan menggerogoti buah hingga buah menjadi busuk.

Pengendalian menggunakan perangkap lalat ( sex-pheromone ). Caranya : metil eugenol dioleskan pada kapas dan dimasukkan ke botol air mineral dan posisinya horisontal.

Atau menggunakan buah-buahan yang aromanya disukai lalat ( nangka/timun ). Beri insektisida berbahan aktif metomil.

Ulat Grayak


tomat tm marvel, jual benih tomat murah, benih tani murni berkualitas, jual pestisida, toko pertanian, lmga agro
Prevathon
Ulat grayak ( Spodoptera litura ) menyerang daun dalam jumlah banyak. Ulat grayak menyerang pada malam hari juga menyerang buah tomat.

Gejala serangan timbulnya bercak-bercak putih berlubang. Serangan di buahnya menimbulkan lubang tak beraturan di tiap permukaan buah.

  • Kutu Kebul ( Bemisia tabaci )

Hama berwarna putih, bersayap dan tubuhnya penuh serbuk putih seperti lilin. Kutu kebul menyerang dan menghisap cairan sel daun tanaman tomat. Kemudian sel-sel dan jaringan daun akan rusak.

  • Nematoda ( Meloidogyne incognita )

Serangan nematoda tampak adanya bintil-bintil pada akar. Nematoda adalah cacing tanah berukuran sangat kecil. Merupakan jenis cacing parasit yang menyerang akar tanaman tomat.

Bekas gigitannya menyebabkan serangan sekunder seperti layu bakteri, layu fusarium, busuk akar dan lain-lain.

Pengendalian hama ulat grayak, ulat buah, kutu daun, kutu kebul, lalat buah dan penyakit menggunakan pestisida. Sebaiknya pemakaian pestisida menggunakan bahan aktif yang berselang seling.

Harus selalu bergantian setiap melakukan penyemprotan. Sebaiknya tidak memakai bahan aktif yang sama secara berturut-turut.


Baca Juga : Perangkap Lalat Buah Yellow Trap Murah dan Efektif

Penyakit Tanaman Tomat


  • Layu Fusarium

Gejalanya tiba-tiba tanaman layu dan segar kembali sore harinya. Hal sama terjadi esoknya terus beberapa hari sampai kemudian tanaman mati.

Penyebabnya adalah cendawan Fusarium oxysporum. Awalnya meneyerang akar dan kemudian menyebar ke seluruh tanaman.

  • Busuk Buah

Ada 2 macam jamur penyebab busuk buah. Pertama, jamur dari jenis Thanatephorus cucmeris menyebabkan bercak. Bercak berukuran kecil dan berwarna coklat pada buah tomat. Lama kelamaan bercak membesar dan cekung hingga buah menjadi busuk lalu rontok.

Kedua jenis jamur Colletothrichum coccodes. Menimbulkan bercak kecil bulat dan berair hingga menjadi cekung. Terdapat juga bercakungu pada buah pangkal dekat tangkai buah.

  • Rebah semai ( Pythium debarianum )

Rebah semai umumnya menyerang bibit di persemaian dan tanaman muda yang baru dipindah ke lahan tetap.

  • Layu Bakteri ( Pseudomonas sp. )

Layu bakteri bisa membuat gagal panen. Tanaman akan mengalami kelayuan daun dimulai dari daun yang muda. Upaya pencegahan antara lain: pH tanah harus netral, memusnahkan tanaman sakit, rotasi tanaman dan penyemprotan kimia.

Pencegahan lain yaitu aplikasi Trichoderma waktu pengolahan tanah, umur 20 dan 35 HST. Pengocoran pestisida organik pada tanah sesuai dosis anjuran.

  • Busuk Phytopthora ( Phytopthora infestans )

Busuk Phytopthora dapat menggagalkan budidaya tomat karena menyerang seluruh bagian tanaman. Batang terserang akan timbul bercak coklat kehitaman dan basah. Serangan parah akan membuat tanaman layu, daun layu seperti tersiram air panas.

Buah tampak bercak basah berwarna coklat kehitaman dan lunak. Pengendalian kimia menggunakan fungisida sistemik.

Panen Tomat TM Marvel


Tomat TM Marvel tipe tomat in-determinate dan panen umur 75 HST. Buah matang 25% siap dapat dipanen. Penentuan kapan panen yang tepat sesuai umur tanaman juga tidak selalu efektif.

Petani kadang menggunakan pengamatan fisik untuk menentukan waktu panen. Buah tomat siap panen bila kulit buah berubah warna dari hijau menjadi agak kekuningan.

Bagian tepi daun menguning dan bagian batang mulai mengering. Pemetikan buah tomat dilakukan saat cuaca tidak panans, yaitu pagi atau sore hari.

Pemetikan siang hari menyebabkan buah cepat kusut layu karena tanaman sedang melakukan fotosintesis. Panen tomat TM Marvel dilakukan berulang-ulang setiap 2 - 3 hari sekali.

Produktivitas tomat dapat mencapai 25 - 30 ton/ha. Berat tomat TM Marvel 90 - 120 gr per buah. Potensi hasilnya ± 4 - 6 kg per tanaman.

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Tomat TM Marvel F1 Tani Murni Murah Berkualitas. Hubungi nomer kami di 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus WA/SMS ).

Toko pertanian Online LMGA Agro jual segala kebutuhan pertanian. Dimulai dari benih hibrida, pupuk berkualitas, hormon pertumbuhan, pestisida dan alat pertanian. Kami menerima konsultasi gratis pertanian.

Kami siap kirim pesanan Anda secara online bersama jasa ekspedisi. Yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi. Kiriman Kami meliputi seluruh wilayah Indonesia dan dijamin sampai tujuan.

Semoga artikel Kami bisa membantu pembaca menambah pengetahuan. Terutama tentang budidaya benih tomat TM Marvel F1 Hibrida dari Tani Murni. Benih berkualitas dan murah. Selamat mencoba dan salam sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.