TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

18/06/20

Jual Benih Melon Elegan Hibrida Terbaik Produk Tunas Agro Seed


melon elegan, budidaya melon, jual benih melon, jual benih tunas agro, toko pertanian, lmga agro, online
Benih Melon Elegan F1
Jual Benih Melon Elegan Hibrida Terbaik Produk Tunas Agro Seed. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam lengkap, berkualitas dan terbaik.


Toko pertanian online LMGA Agro sedia berbagai varietas benih hibrida terbaik buah dan sayur. Juga ada pupuk berkualitas, hormon pertumbuhan, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami menerima pula layanan konsultasi pertanian gratis.

Sebagai supplier pertanian berpengalaman, Toko pertanian online LMGA Agro mengajak kerja sama untuk dropship dan reseller produk toko pertanian LMGA Agro. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra Kami yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain.

Benih Hibrida terbaik Melon Elegan F1 Tunas Agro Seed. Rasa manis, produksi tinggi dan manfaatnya tinggi bagi kesehatan. Buah tahan simpan dan pengangkutan, jaring net cantik dan kasar. Aroma harum.

Melon Hibrida Elegan F1 produk terbaik Tunas Agro Seed. Benih berkualitas dengan pertumbuhan kuat, produksi tinggi dan menguntungkan. Rasa buah melon Elegan F1 sangat manis dan memiliki jaring net yang cantik.

Melon Elegan F1 tahan penyimpanan dan pengangkutan. Hal ini menguntungkan bagi Petani karena dapat untung besar. Peluang usaha menanam melon Elegan menjanjikan keuntungan besar pada petani. Manfaatnya besar karena kandungan gizinya lengkap, sehingga melon Elegan banyak disuka masyarakat.



Karakteristik Melon Elegan Hibrida Tunas Agro Seed


Benih Hibrida Melon Elegan produk Tunas Agro Seed. Pertumbuhan tanaman kuat dan mudah ditanam. Tanaman berproduksi tinggi. 

Bentuk buah melon Elegan F1 Tunas Agro Seed adalah bulat atau agak lonjong. Kulit melon Elegan berwarna hijau tua dan jaring net yang cantik. 

Berat buah melon Elegan normal adalah 2 - 2.5 kg. Daging buah berwarna jingga dan kadar gulanya 12 - 14% Brix. Warna kulit varietas melon Elegan tidak berubah sampai panen. Tangkai buah tidak mudah lepas sehingga buah tidak mudah busuk. 

Melon Elegan Tunas Agro Seed mulai dipanen setelah umur 40 - 45 hari setelah berbunga. Buah tahan dalam penyimpanan dan pengangkutan jarak jauh. Kemasan benih melon Elegan dikemas berat 10 gram dan isi 600 biji. 

Melon Elegan memiliki nama latin Cucumis melo L. nama buah sekaligus tanaman dan menghasilkannya. Termasuk suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah melon Elegan biasanya dimakan dalam bentuk segar sebagai buah meja. Atau diiris-iris untuk campuran es buah. Bagian daging buah dimakan disebut mesokarp ( daging buah ). Teksturnya lunak. 

Tanamana melon Elegan adalah tanaman semusim, menjalar bukan merambat dan tidak memanjat. Daun berbentuk menjari, berlekuk moderat dan seperti lingkaran bersudut. Batang tanaman tidak berkayu. 

Tanaman melon berumah satu dengan 2 tipe bunga yaitu bunga jantan dan hermaprodit. Bunga jantan akan muncul saat tanaman masih muda. Atau akan muncul bila pertumbuhan kurang baik. Bagian mesokarp menebal menjadi daging buah dan berair serta rasanya manis. 





Kandungan Gizi dan Jenis Buah Melon


Buah melon Elegan dikenal buah manis dan sangat menyegarkan. Selain itu, buah melon Elegan juga mengandung gizi lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh. Antara lain kalori, karbohidrat, serat, protein, magnesium dan potassium. 

Buah melon Elegan kaya akan vitamin, antara lain vitamin C, B6, K, Folat dan paling penting bahwa melon Elegan tidak mengandung lemak sama sekali. 

Melon Elegan satu famili dengan buah semangka dan masuk dalam golongan tanaman Cucurbitaceae. Jenis buah melon banyak sekali namun semuanya memiliki manfaat baik bagi tubuh. Jenis buah melon antara lain honeydew, cantaloupe, muskmelons, melon mush dan lain-lain. 

Di pasaran Indonesia, dikenal 3 jenis melon yakni : melon hijau ( sky rocket ), melon kuning ( rock melon ) dan golden melon. 

Melon Hijau paling banyak dibudidayakan. Bentuk bulat, kulit buah tebal dan warna kulit hijau. Kulit buah berjaring, tekstur daging buah lembek dan berair. Cocok untuk buah meja dan dibuat jus.

Melon Kuning bentuk buah hampir sama dengan melon hijau. Namun tekstur jaring melon kuning lebih tegas dan kasar. Daging buah berwarna oranye terang dan rasanya manis. Kandungan air lebih sedikit dari melon hijau sehingga daging buah lebih kering. Cocok untuk campuran es buah.

Golden Melon kulit buahnya berwarna kuning keemasan. Permukaan kulit halus dan tidak berjaring. Daging buah golden melon berwarna putih. Tekstur daging buah renyah dan manis. Cocok sebagai buah salad. 



Manfaat Buah Melon Elegan Bagi Tubuh


Meskipun ada beberapa jenis melon namun semua jenis buah melon mengandung banyak nutrisi yaitu vitamin C tinggi. Selain itu mengandung antioksidan kuat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Melon Elegan kaya akan air dan rasanya manis sehingga segar untuk melepas dahaga. Melon Elegan bebas lemak sehingga tidak membuat gemuk. 


Melon Elegan Menormalkan Tekanan Darah

Secara umum, banyak makan buah dan sayur dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Rutin konsumsi melon Elegan, Potassium dalam melon membantu menjaga tekanan darah dalam kondisi normal. 


Melon Elegan Menyehatkan Tulang 

Kandungan folat, vitamin K dan Magnesium dalam melon Elegan mampu menguatkan tulang. Folat dapat menghancurkan enzim homosistein. Bila tubuh terlalu banyak enzim homosistein maka dapat mengurangi kepadatan tulang. 

Vitamin K dapat meningkatkan produksi protein dalam tulang dan disebut osteokalsin. Melon juga mengandung Kalsium, fosfor dan zinc dan penting untuk kesehatan tulang.  


Melon Elegan Menormalkan Kadar Gula Darah  

Selain mampu menormalkan kadar gula darah, kita memiliki peluang terhindar dari diabetes. Peluangnya 12% lebih tinggi dari orang jarang konsumsi melon. Karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula, namun adaya serat dan nutrisi lain mampu menetralkan kadar gula kita. 


Melon Elegan Mengandung Banyak Elektrolit

Terdiri dari 90% air dan 10% elektrolit dengan kandungan Potassium, Magnesium, sodium dan Kalsium. Cocok dikonsumsi setelah berolahraga atau masa penyembuhan saat tubuh butuh cairan. 


Melon Elegan Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dalam melon bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C mendorong produksi kolagen yang berperan dalam regenerasi kulit. 


Meningkatkan Sistim Imun

Vitamin C dalam melon juga untuk meningkatkan sistim imun. Juga dapat memperkecil risiko sakit pernapasan seperti pilek, asma dan pneumonia.





Budidaya Melon Elegan Usaha Pertanian Menguntungkan 


melon elegan, budidaya melon, jual benih melon hibrida, jual benih tunas agro, toko pertanian, toko online, lmga agro
Usaha Budidaya Melon

Tanam melon relatif cukup sulit dibandingkan tanaman lain dari famili Cucurbitaceae. Tanaman melon dapat tumbuh pada curah hujan 2000 - 3000 mm/tahun, suhu 30 - 35 derajat Celcius. Intensitas cahaya matahari tinggi dan kelembaban udara 70 - 80%, minimal 60%. 

Ketinggian tempat 300 - 1000 m dpl dan jenis tanah berlempung. Prospek usaha tani budidaya melon Elegan cukup baik. Sentra produksi melon di Jawa sudah tersebar di semua kota baik besar maupun kecil. 

Budidaya melon Elegan membutuhkan tanah cukup subur, berdrainase baik dan bebas dari organisme pengganggu ( nematoda ). Tanah ideal untuk budidaya melon adalah tanah liat, berlempung, banyak mengandung bahan organik. Bila tanah ber-pH rendah, cukup diatasi dengan melakukan pengapuran. Atau tambahkan bahan organik dari pupuk organik.

Pengolahan lahan menggunakan alat bajak menggunakan sistim borongan. Biaya pengolahan tanah dan membuat bedengan secara borongan sekitar Rp. 5 juta. Selesai bedengan terbentuk, taburi pupuk dasar. Pada saluran air, alirkan air selama 2 - 3 hari. 

Bedengan ditutup mulsa dan dibuat lubang tanam. Toko pertanian online LMGA Agro jual alat pelubang mulsa untuk lubang tanam dan lubang pupuk. Kedua alat berbeda pada ukuran diameternya. Diameter alat untuk pelubang tanam lebih besar dari lubang pupuk.  

Jarak tanam melon Elegan dapat berupa 2 baris berhadap-hadapan. Berupa bentuk segiempat atau berhadapan membentuk segitiga. Bibit melon disemai kurang lebih 3 minggu lalu dipindah ke lahan tetap beserta media semainya. Akar bibit melon jangan sampai rusak saat menyobek polybag semainya.

Bedengan ditutup mulsa plastik minimal 2 hari sebelum penanaman bibit. Jarak tanam lubang dibuat 60 cm antar barisnya. Ada 2 baris di setiap bedengan. Jarak antar lubang adalah 50 cm.



Cara Menanam Melon Elegan Tunas Agro Seed


Bibit melon Elegan perlu dipersiapkan sebaik mungkin agar hasil produksi bisa maksimal. Penyemaian bibit harus selalu dikontrol setiap hari pertumbuhannya dan selalu terjaga kelembabannya. Persiapan bibit berlangsung selama 10 - 14 hari.

Sebelum bibit dipindahkan, lahan dan polybag semai disiram air untuk memudahkan pemindahan bibit ke lahan tetap. Untuk selanjutnya, penyiraman harus dilakukan secara rutin karena tanaman melon menyukai air.

Setelah tanaman berumur 1 minggu maka penyiraman bisa dilakukan pada sore hari saja. Begitu tanaman melon berumur lebih 1 minggu setelah pindah, maka penyiraman lebih jarang dilakukan. Yaitu kurang lebih 2 hari sekali.

Drainase dibuat dari antar bedengan dan sedalam 30 cm. Drainase atau saluran air selalu diperhatikan kondisinya. Karena tanaman melon tidak menyukai tanah terlalu basah dan berlebihan airnya. Saat hujan tiba, dijaga agar tanaman tidak tergenang air hujan.

Bila tanaman tergenang air dalam waktu lama menyebabkan tanaman cepat busuk. Terutama untuk tanaman berumur muda. Bila ada tanaman mati, busuk atau sakit harus segera diganti bibit baru sehat dan kuat.

Pemasangan Ajir. Ajir dibuat dari tongkat kayu atau bilah bambu. Dipakai untuk rambatan, ditancapkan setelah pembumbunan atau setelah bibit dipindahkan. Bibit melon elegan akan mengeluarkan sulurnya setelah tanaman setinggi 50 cm. 

Ajir harus terbuat dari bahan yang kuat karena harus menopang beban buah 2 - 3 kg sebanyak 2 - 3 buah. Ajir ditancapkan dengan jarak 25 cm dari pinggir guludan baik kanan dan kiri. Supaya ajir lebih kokoh, pasang bambu panjang dan letakkan di bagian ujung atas ajir yang saling menyilang.

Penjarangan dan penyulaman dilakukan setelah 2 minggu penanaman bibit. Sebaiknya dilakukan sore hari agar tanaman muda bisa lebih beradaptasi dengan lingkungan baru. Penyulaman dilakukan 3 - 5 hari selama masih ada kemungkinan bibit tersebut perlu disulam. 





Pemeliharaan Tanam Melon Elegan Tunas Agro 



melon elegan, budidaya melon, jual benih melon, jual benih tunas agro, toko pertanian, toko online, lmga agro
NPK 16-16-16
Pupuk susulan cara menanam melon Elegan dilakukan sebanyak 3 kali. Yaitu 20 hari setelah tanam, setelah tanam berumur 40 hari ( bersama melakukan penjarangan buah ). Dan ketiga, tanaman berumur 60 hari ( proses pematangan buah ). 

Pemberian pupuk dengan cara disebar merata di atas permukaan bedengan atau di kiri dan kanan tanaman dengan jarak 10- 15 cm. Lalu tanah dibolak balik agar pupuk terpendam dalam tanah. 

Dosis pupuk dasar saat pengolahan tanah : 

- Pupuk kandang 2 - 4 ton/ha.
- Urea 440 kg/ha. 
- TSP 200 kg/ha.
- KCl 330 - 440 kg/ha

Dosis pupuk susulan :

I.   Urea  330 kg/ha, TSP 220 kg/ha, KCl 160 kg/ha ( diberikan umur tanaman melon 20 hari ).
II.  Urea 220 kg/ha, TSP 350 kg/ha, KCl 160 kg/ha ( diberikan umur 40 HST ).
III. Urea 220 kg/ha, TSP 550 kg/ha, KCl 330 kg/ha ( diberikan umur 60 HST ).

Anda bisa juga memberi pupuk susulan dalam bentuk pupuk cair. Pupuk cair dibuat sendiri dengan mencairkan pupuk padat. Atau Anda bisa membeli langsung di Toko Pertanian. Toko Pertanian Online LMGA Agro jual pupuk cair tanaman. Pemberian pupuk cair sebanyak 6 kali sesuai dosis.


Pemangkasan tanaman melon Elegan bertujuan memelihara cabang yang diinginkan. Tinggi tanaman dibuat rata-rata titik ke-20 sampai ke-25. Pemangkasan dilakukan saat cuaca panas dan kering agar luka cepat kering. 

Waktu pemangkasan 10 hari sekali. Pemangkasan awal adalah cabang dekat tanah dan sisakan 2 helai daun. Lalu cabang-cabang yang baru tumbuh dengan menyisakan 2 helai daun. Pemangkasan dihentikan jika ketinggian sudah mencapai cabang ke-20 atau ke-25.



Penyerbukan Tanaman Melon Elegan


Tanaman melon Elegan terdapat penyerbukan buatan. Musim kemarau, penyerbukan dilakukan oleh serangga penyerbuk. Intensitas serangga penyerbuk ini akan berkurang bila musim hujan tiba. Sehingga kita perlu melakukan penyerbukan buatan untuk mendapatkan kualitas buah melon Elegan yang tinggi. 

Penyerbukan buatan sebaiknya dilakukan pagi hari yaitu sebelum pukul 10.00. Bila terlalu siang, kuncup bunga sudah agak layu atau malah menutup. Penyerbukan buatan dilakukan pada bunga betinanya. Terutama di cabang ke-9 hingga ke-13. 

Satu pohon bisa ditumbuhkan 3 - 4 calon buah melon Elegan. Selanjutnya dilakukan seleksi lagi sampai buah yang dibesarkan 1 - 2 buah/pohon. Tergantung dari ukuran bobot buahnya. Bila ukuran buah besar, cukup dibesarkan 1 buah saja. 

Terdapat 3 kultivar buah melon dan populer dibudidayakan. Yaitu : 

- Reticalatus. Jenis melon ini paling populer. Bentuk buah melon bulat, kulit buah berwarna hijau dan permukaan kulit berjala. Daging buah berwarna hijua dan oranye. 

- Inodorus. Kulit buah mulus tidak berjaring. Bentuk buah ada bulat dan lonjong. Warna kulit buah kuning hingga kuning pucat kehijauan. Warna daging ada hijau, oranye hingga putih. Daging buah tidak beraroma. 

- Cantalupensis. Jenis melon berkulit bentuk gelombang seperti labu. Daging buah berwarna kuning atau oranye. Aroma buah sangat kuat. Blewah termasuk jenis ini. 





Budidaya Melon Elegan Dalam Polybag


Cara menanam melon Elegan tidak harus di lahan luas. Karena tanam melon Elegan sangat mudah, maka dapat dicoba menggunakan wadah polybag. Dengan begitu, kita memiliki kebun melon di halaman rumah sendiri. 

Budidaya melon Elegan dalam polybag hanya perlu kesediaan kita meluangkan sedikit waktu luang. Menggunakan wadah polybag, menanam melon Elegan dapat kita lakukan di halaman rumah sendiri.

Penuhi persyaratan hidup tanaman melon Elegan. Yaitu ketinggian 250 - 800 m dpl, iklim hujan 1.500 - 2.500 mm/tahun dan kelembaban 50 - 70%. Tanah liat berpasir dan kandungan organiknya tinggi. 

Cara menanam melon Elegan dalam polybag tidak butuh lahan luas asal cukup untuk meletakkan polybag berisi tanaman melon. Gunakan polybag ukuran sedang 40 x 50 cm atau 37 x 40 cm. Lahan pekarangan harus dibersihkan. Siapkan lanjaran panjang 1.5 - 2 meter.

Persiapan bibit melon Elegan, benih direndam semalaman dalam air diberi fungisida. Tiriskan benih dan simpan di tempat gelapp selama 12 - 14 hari sampai berkecambah. 

Media tanam menggunakan tanah dan pupuk kandang ( 2 : 1 ). Tanamkan benih pada media tanah dan lakukan penyiraman 2 hari sekali. 

Persiapkan media tanam pembesaran tanaman. Gunakan polybag ukuran lebih besar. Medianya menggunakan tanah, pupuk kandang, arang sekam ( 1 : 2 : 3 ). Masukkan ke polybag ditambah 1 liter humic acid, 2 gram NPK dan 5 gram Furadan. Aduk rata sampai gembur. 

Bibit umur 2 - 3 minggu sudah siap dipindah ke polybag pembesaran tanaman. Pasang lanjaran setelah bibit ditanam ke polybag lebih besar. Pemeliharaan tidak berbeda jauh dibandingkan melon Elegan di lahan kebun. 

Pemupukan susulan menggunakan pupuk NPK 16 sebanyak 10 gram/polybag pada umur 14, 24, 34 dan 44. Pemupukan umur 54 adalah KNO3 1 gram/liter untuk 1 polybag. 



Pengendalian Hama dan Penyakit Pohon Melon Elegan


melon elegan, budidaya melon, jual benih hibrida, jual benih tunas agro, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pestisida | LMGA Agro
Pohon melon Elegan juga tak terhindarkan dari serangan hama dan penyakit. Pencegahan dan menghindari serangan hama dan penyakit, sebaiknya menggunakan cara kultur teknis. Diantaranya yaitu melakukan sanitasi lahan, rotasi tanaman dan pemupukan berimbang. Bila hama dan penyakit sudah menyerang cukup hebat, penyemprotan pestisida jalan terbaik. 

Hama pada tanaman melon umumnya adalah lalat buah, tungau, kutu daun dan thrips. Sedangkan penyakit tanaman melon adalah busuk batang, mozaik, antraknosa dan busuk buah. Hama dan penyakit perlu dikendalikan terutama bila tanaman kita sudah berbunga dan berbuah. 


Penyemprotan menggunakan fungisida sitemik dan kontak dapat digunakan untuk mengendalikan serangan penyakit. Penyemprotan fungisida dilakukan selang seling. 

Tindakan preventif mencegah serangan hama penyakit adalah benih direndam dalam larutan bakterisida Agrimycin atau Agrept.  Konsentrasi pemberian 1.2 gram/liter. 

Penyemprotan bakterisida umur tanaman 20 HST. Bila serangan telah melewati ambang ekonomi, seemprotkan fungisida Previcur N dengan konsentrasi 2 - 3 ml/liter air. Fungisida Derasol 500 SC ( carbendazim ) dengan konsentrasi 1 - 2 ml/liter. 

Bila pangkal batang terserang, oleskan larutan fungisida Calixin 750 EC ( tridemorph ) konsentrasi 5 ml/liter.



Panen Melon Elegan Tunas Agro Seed 


Budidaya melon Elegan dapat dipanen setelah berumur 3 bulan. Ciri-ciri melon siap panen antara lain : serat jala di permukaan kulit sudah tampak jelas dan kasar. Permukaan kulit sekitar tangkai terlihat retak-retak. Warna kulit berangsur menjadi hijau kekuningan. Aroma wangi khas buah melon sudah sangat tajam. 

Panen buah melon Elegan sebaiknya dipetik pada tingkat kematangan 90%. Buah melon demikian 3 - 7 hari kedepan dapat matang penuh. Jeda waktu sebelum matang sempurna tersebut dengan tujuan memberi jeda waktu pengangkutan. 

Pemetikan buah dilakukan dengan memotong buah menggunakan pisau atau gunting. Tangkai dipotong seperti huruf T. Tangkai yang dipotong adalah tangkai tersebut mengarah pada daun bukan pada buah. 

Panen melon Elegan sebaiknya pada pagi hari ( pukul 8 - 11 ) dan dilakukan bertahap. Pilihlah buah yang benar-benar siap dipetik. Pada bagian tangkai terdapat cincin atau lingkaran retak. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Melon Elegan Hibrida Terbaik Produk Tunas Agro Seed. Hubungi Kami di nomer 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia segala varietas benih hibrida dan unggul buah dan sayur. 

Tersedia juga pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Sebagai supplier berpengalaman, Kami banyak mendapat dukungan dari perusahan pertanian terkemuka di Indonesia. 

Kami mengajak Anda usaha online dropship dan reseller produk pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi JNE, POS INDONESIA, KI8 dan lain-lain, barang dijamin aman dan sampai tujuan.

Semoga artikel Kami bisa menambah wawasan tentang benih hibrida melon Elegan produk Tunas Agro Seed. Serta cara menanam melon Elegan agar menjadi sebuah peluang usaha pertanian menguntungkan. Selamat mencoba dan salam sukses...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.