TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

15/06/20

Jual Benih Sawi Pahit Morakot Terbaik Cap Panah Merah

sawi pahit, sawi ,orakot, jual benih sawi hibrida, budidaya sawi, toko pertanian, lmga agro
Benih Sawi Pahit
Morakot 
Jual Benih Sawi Pahit Morakot Terbaik Cap Panah Merah. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam. Produk terbaik dan lengkap.


Kami sediakan berbagai kebutuhan petani mulai benih hibrida unggul buah dan sayur. pupuk, pestisida, hormon pertumbuhan dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Siap menjawab dan membantu permasalahan Anda seputar bercocok tanam.

Toko Pertanian Online LMGA Agro berpengalaman lama sebagai supplier pertanian. Pelanggan Kami tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Kami didukung penuh perusahaan pertanian terkemuka di Indonesia. Kami mengajak bekerja sama dalam usaha online sebagai dropship atau reseller

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang aman dan pasti sampai tujuan. Pengiriman bersama mitra kami lewat JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain.

Benih Sawi Pahit Morakot Panah Merah. Benih unggul terbaik dan berkualitas produk East West Seed Indonesia ( EWINDO ). Batang kuat, produksi tinggi dan panen cepat.Manfaat sawi pahit tinggi dan peluang usaha menguntungkan.  

Benih terbaik sawi pahit Morakot Cap Panah Merah. Benih terbaik dan murah produk East-West Seed Indonesia ( EWINDO ) kemasan 20 gram. Direkomendasikan ditanam di dataran rendah - menengah.

Benih sawi pahit Morakot toleran serangan hama dan penyakit. Produksi tinggi dan panen pada umur 30 - 40 HST. Tanaman sawi pahit Morakot dapat tumbuh baik secara hidroponik, aquaponik, organik, tradsional dan konvensional. Peluang usaha menanam sawi pahit Morakot menguntungkan dimasa depan.



Karakteristik Sawi Pahit Morakot


Benih sawi pahit Morakot Unggul Cap Panah Merah produk dari East West Seed Indonesia ( EWINDO ). Benih direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai menengah. Produksi sawi pahit Morakot tinggi. 

Tanaman lambat berbunga, batangnya tegak, daun lebar dan tebal. Sawi pahit Morakot rasanya renyah. Tanaman juga toleran serangan hama dan penyakit. Panen saat tanaman berumur 40 - 45 HST. 

Bobot per tanaman sekitar 450 gram dan memiliki potensi hasil 50 - 60 ton/ha. Benih sawi pahit Morakot berat 20 gram. Sawi cocok diolah sebagai asinan. Sawi dapat dibudidayakan secara hidroponik, aquaponik, organik, tradisional atau konvensional. Pemeliharaannya mudah. 

Sawi pahit di negara Cina merupakan sayuran favorit dan banyak sekali menu masakan berbahan sawi pahit. Hal ini berbeda bila konsumsi sawi pahit di Indonesia dan belum banyak masakan olahannya. 

Sawi pahit merupakan tipe sawi yang banyak dibudidayakan. Proses pengolahan sawi pahit harus hati-hati. Karena syuran ini mudah sekali rusak. 

Sawi pahit Morakot mengandung nutrisi yaitu : serat, Vitamin B1, B2, B6, C dan Vitamin E. Selain itu ada klorofil, karoten dan Mangan. Di negara Rusia, sawi pahit diekstrak lalu menghasilkan minyak nabati bermutu tinggi. 

Sawi pahit Morakot tanaman bundar dan keras sehingga tahan selama pengangkutan dan pengiriman jarak jauh. 



Sawi Pahit Morakot Sayuran Kaya Nutrisi


sayuran pahit, sawi morakot, jual benih sawi hibrida, budidaya sawi, lmga agro, toko pertanian, online
Tanaman Sawi
Jenis sawi banyak sekali dan mudah pengolahannya. Sawi dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Dapat dimakan segar atau diolah dan sama enaknya. Sawi pahit Morakot berasa renyah-renyah pahit dan segar. Makin lezat bila ditumis dan ditambahkan udang. 

Bagian batang dan daun sawi pahit Morakot dapat dimakan. Sawi lebih banyak dijumpai pada olahan masakan Cina, India dan Pakistan. Batangnya tebal sehingga sering diolah sebagai acar India ( Achar ) dan di Cina ( Zha cai ) atau sawi asin. 

Sawi pahit dikenal dengan sebutan sawi hijau, sawi jabung, sawi daging ( Brassica juncea ) atau Chinese mustard. Tanaman sawi pahit juga banyak ditemui tumbuh di Afrika, Italia, india, Cina, Jepang dan Korea. 

Di Cina, sawi pahit diolah secara hati-hati dan sangat dijaga karena bila rusak sayang karena mengandung nutrisi tinggi. Bila sawi pahit difermentasi, yaitu pengawetan sekaligus mengubah rasa, warna dan bentuk. Sawi pahit difermentasi dan menjadi sawi asin dan dikenal sayur asin. 

Meski jenis sawi beragam namun kandungan gizinya satu sama lain setara. yaitu kaya vitamin A, B, C, E dan K. Selain itu sawi mengandung Karbohidrat, Protein dan Lemak yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Selain itu, didalam sawi mengandung Kalsium, Kalium, Mangan, Folat, zat besi, Fosfor, teptofon dan Magnesium. Kandungan non-gizi dalam sawi adalah serat atau fiber dan jumlahnya cukup tinggi. Serat tinggi membuat sawi bermanfaat dalam mencerdaskan otak anak. 

Vitamin K dalam sawi pahit morakot juga cukup tinggi. Vitamin K berfungsi dalam pembekuan darah sehingga luka bisa cepat mengering. Vitamin C dalam sawi pahit Morakot setara pada buah jeruk. Vitamin C sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.





Manfaat Sawi Pahit Morakot Bagi Tubuh Kita


Sawi pahit Morakot mengandung Kalsium tinggi. Peran Kalsium adalah untuk membentuk dan menjaga kualitas serta kesehatan tulang dan gigi. Tulang kuat menyebabkan tulang tidak mudah keropos dan osteoporosis. 

Sawi pahit Morakot bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab stroke dan penyakit jantung. Sawi pahit juga berperan dalam menurunkan kadar gula darah penyebab kencing manis. 

Sawi pahit Morakot mengandung komponen kimia penghambat penyakit kanker. Diantaranya kanker payudara, kanker prostat, kanker ginjal, kanker paru-paru dan lain-lain.    

Serat dalam sawi pahit Morakot bermanfaat membantu proses pencernaan dlam perut. Sawi dapat mencegah penyakit gondok. Hal ini karena sawi pahit Morakot memili komponen kimia yang dapat mencegah pembengkakan kelenjar tiroid.

Sawi pahit Morakot sebagai sayuran pahit memiliki enzim yang mampu mendukung fungsi empedu. Fungsi ini dapat mendukung penyerapan gizi bagi kesehatan tubuh. 

Sawi pahit Morakot juga berfungsi dalam proses detoksifikasi organ hati. Sawi pahit akan memproduksi zat berupa fitonutrien. Fungsinya adalah mendukung detoksifikasi alami melalui organ hati. 



Peluang Usaha Menanam Sawi Pahit Morakot


sayuran pahit, sawi morakot f1, jual benih sawi hibrida, budidaya sawi, toko pertanian, lmga agro
Tanaman Sawi 
Sawi pahit memiliki nama latin Brassica sinensis L juga salah satu sayuran yang banyak digemari. Sayuran marga dari Brassica yang berarti bahan pangan atau tanaman yang baik untuk dikonsumsi. 

Sayuran sawi pahit Morakot banyak disukai masyarakat karena memiliki gizi tinggi. Kandungan fitonutrien didalamnya dapat memcegah tubuh dari berbagai penyakit. Bila mengkonsumsi secara rutin, tubuh kita akan terhindar dari risiko penyakit diabetes dan jantung. 

Sawi pahit merupakan sayuran pahit namun karena memiliki banyak khasiat, maka banyak petani mengusahakannya. Tak jarang banyak orang, baik petani maupun bukan, mendalami cara tanam sawi. Karena budidaya sawi dapat dijadikan peluang usaha dan bisnis sangat menjanjikan. 

Banyak juga, menanam sawi dilakukan sebagai usaha rumahan di pekarangan rumah. Bagi para hobiis berkebun, menanam sawi dijadikan usaha sampingan. Tanaman sawi dapat tumbuh optimal diatas tanah gembur dan banyak mengandung humus. Tanaman sawi juga menyukai tanah yang tidak menggenang. 

Tanaman sawi menyukai tanah yang memiliki nilai pH 6 - 7. Tanaman sawi pahit Morakot dapat ditanam di dataran rendah sampai dataran tinggi. Tanaman sawi juga sangat menyukai air. Jadi sebaiknya menanam sawi ketika musim hujan. 

Bibit sawi menentukan keberhasilan budidaya sawi. Karena peranan bibit sawi sangat penting maka perlu hati-hati membuat bibit sawi. Bibit sawi berkualitas akan menghasilkan tanaman berkualitas pula. Bibit sawi pahit Morakot dari benih unggul berkualitas dan terbaik. 





Cara Menanam Sawi Pahit Morakot


Kegiatan pertama cara menanam sawi pahit Morakot yaitu diawali persiapan membuat bibit sawi pahit Morakot. Media tanam bibit sawi pahit Morakot terdiri dari campuran tanah, sekam dan pupuk kandang perbandingan 2 : 1 : 1. Perbandingan ini tidak mutlak sama, tergantung kesuburan tanah. 

Media tadi diaduk dan campurkan merata. Setelah itu masukkan dalam wadah polybag untuk menyemaikan benih. Masukkan benih dan siram merata menggunakan sprayer agar tidak merusak benih. 

Bibit akan tumbuh berkecambah setelah 2 - 3 hari. Pemeliharaan secara rutin melakukan penyiraman setiap hari secara hati-hati. Setelah berumur 2 mingguan atau tinggi 5 - 7 cm dan berdaun 3 - 4 helai, bibit bisa dpindahkan ke lahan tetap. 

Ciri-ciri benih berkualitas adalah benih sawi kerukuran kecil, warna coklat kehitaman, agak keras dan permukaan licin mengkilap. Kebutuhan benih menanam sawi pahit Morakot luasan 1 hektar adalah 750 gram atau setara dengan 2 sendok makan. 

Setelah benih muncul tunas, biarkan dan tunggu selama 10 hari sampai kuat sampai siap dipindahkan. Sambil menunggu, kita melakukan persiapan lahan tetap menanam bibit sawi pahit Morakot nanti. Cek dulu pH tanah. Bila pH rendah atau asam, maka perlu dilakukan pengapuran lebih dulu. 

Pengapuran bertujuan menaikkan tingkat keasaman tanah lalu tanah dibiarkan selama 2 - 4 minggu sebelum siap ditanam. Lahan digemburkan dengan cara dicangkul atau dibajak. Tujuannya adalah  memperbaiki struktur tanah dan sirkulasi udara. Juga bertujuan menambah kesuburan tanah.

Bersihkan lahan dari gulma liar karena tidak baik bagi pertumbuhan tanaman. Gulma bisa mengganggu tanaman sawi pahit Morakot. Beri pupuk kandang agar tanah semakin subur lagi. 

Bedengan tanam sawi lebar 125 cm dan tinggi 25 - 30 cm. Panjang disesuaikan dengan jumlah bibit yang akan ditanam. Tinggi bedeng tersebut dapat memudahkan proses pengairan dan perawatan tanaman sawi. Jarak tanam sawi pahit Morakot satu dengan yang lain 5 - 10 cm. 



Pemeliharaan Tanaman Sawi Pahit Morakot 


sayuran pahit, sawi morakot, jual benih sawi hibrida, budidaya sawi, toko pertanian, online, lmga agro
Pemeliharaan Tanaman Sawi


Bibit sawi pahit Morakot dapat dipindahkan setelah berumur 2 minggu. Penanaman bibit sawi pahit Morakot dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak akar tanaman. Lalu tanam pada lubang tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Satu lubang tanam untuk satu bibit. 

Anda bisa menanam sawi pahit di pot atau polybag secara hidroponik atau aquaponik. Karena pada dasarnya tanaman sawi mudah tumbuh asalkan tidak berlebihan pemberian airnya. 

Penyiraman secara rutin dilakukan pagi hari. Karena tanaman masih kecil dan muda, disarankan menggunakan alat siram bentuk sprayer. Karena untuk menghindari tanaman roboh karena derasnya air siraman. 

Penyiraman dilakukan 2 - 3 kali dalam sehari, bisa pagi atau sore hari. Bila di musim hujan, penyiraman tidak diperlukan lagi. Sambil melakukan penyiraman, Anda bisa melakukan penyulaman dan penyiangan. 

Proses penjarangan dapat kita lakukan bila jarak tanaman terlalu dekat. Hal ini dilakukan bertujuan agar tanaman sawi memiliki tingkat kesuburan yang sama. Penjarangan dilakukan setelah tanaman berumur 15 - 18 hari setelah penanaman. 

Penyulaman dilakukan bila ada bibit yang baru ditanam tampak sakit dan tidak tumbuh baik. Tanaman layu juga perlu diganti bibit tanaman baru. Tanaman langsung dicabut secara hati-hati supaya tidak mengganggu perakaran tanam disebelahnya.

Selain kita memperhatikan pertumbuhan tanaman sawi pahit Morakot, kita perlu memperhatikan pertumbuhan gulma disekitarnya. Jika tampak ada gulma dan rumput liar, harus segera dicabut lalu buang ditempat jauh. Hal tersebut agar gulma yg sudah dicabut tadi tidak tumbuh lagi.





Pemupukan Tanaman Sawi Pahit Morakot


Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar tanaman sawi pahit Morakot menggunakan : 

- Pupuk Kandang 3 ton/ha
- Urea 100 kg/ha.
- TSP 150 kg/ha.
- KCl 75 kg/ha.

Pupuk kandang ditebarkan, lalu diaduk ke dalam tanah sambil digemburkan. Campur ketiga pupuk kimia tersebut menjadi satu. Lalu tebarkan merata di bedengan. lalu aduk-aduk hinga ercampur merata. 


Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan dilakukan setelah umur 5 - 7 HST. Pemupukan susulan menggunakan Urea 200 kg/ha dan KCl 75 kg/ha, Campur kedua jenis pupuk tersebut. Pemberian pupuk yaitu diberikan lewat alur-alur di antara tanaman dan berjarak 10 cm dari pangkal batang. 

Pupuk Urea diberikan pada larikan tanaman sawi atau dengan cara pupuk ditaburkan merata mengelilingi tajuk tanaman. Jarak alurnya 15 - 20 cm dari pangkal batang tanaman. Pemberian pupuk juga bisa di lubang pupuk sedalam 10 - 15 cm, lalu tutup menggunakan tanah atau pupuk kandang. 

Jika lahan Anda kurang subur, pemberian pupuk Urea menjadi 200 kg/ha. Pupuk Urea bisa diganti pupuk ZA bila tidak tersedia. Dosis bila memakai ZA adalah 240 kg/ha. Pemberian pupuk adalah 2 kali pada umur 2 minggu dan 4 minggu. 





Hama dan Penyakit Penting Tanaman Sawi Pahit


Hama

- Ulat Tanah ( Agrotis sp. ) dapat dicegah dengan sanitasi kebun di area penanaman. Penyemprotan menggunakan insektisida Furadan 3G dan Curater 3 G. 

- Ulat grayak ( Spodoptera litura ) gejalanya daun berlubang, terutama pada daun muda. Penyemprotan menggunakan insektisida Decis 2.5 EC. 

Hama lain adalah Thrips, kutu daun, tungau dan kutu kebul. Peluang munculnya hama besar saat masuk musim kemarau. Bila satu tanaman terinfeksi dan dibiarkan maka tanaman lain dengan cepat akan tertular. 

Penyemprotan insektisida ditujuan untuk hama serangga. Sedangkan bila memberantas tungau mengguna akarisida. Penyemprotan dilakukan setiap minggu menggunakan dosis tepat sesuai petunjuk pada kemasan produk. 


Penyakit

- Penyakit Busuk Daun ( Phytopthora sp. ) gejalanya bercak basah coklat kehitaman pada daun. Bentuk bercak tidak beraturan , mulai kecil lalu melebar. Umumnya terjadi pada musim kemarau dan kelembaban udara terlalu tinggi. Pencegahan : mengatur jarak tanam jangan terlalu rapat. Yaitu 25 x 25 cm di musim hujan. Penyemprotan menggunakan fungisida Bion M WP.  

- Penyakit Akar Gada ( Plasmodiophora brassicae ) menyerang akar tanaman sawi. Tanaman akan layu pada siang hari padahal di pagi tampak segar. Tanaman bila dicabut tampak benjolan-benjolan pada akar tanaman. Pencegahan yaitu rotasi tanaman bukan satu famili Brassica. 

Penyakit lain yaitu seperti rebah kecambah, layu bakteri, layu fusarium, antraknosa dan lain-lain. Penyakit yang disebabkan cendawan dan bakteri akan semakin tinggi pada musim hujan. Bila satu tanaman tampak terserang harus segera dicabut dan dilakukan tindakan. Jangan dibiarkan agar tidak menular ke tanaman lain. 

Pengendalian menggunakan fungisida setiap minggu sesuai dosisnya. Penyemprotan pestisida selama 2 minggu sebelum masa panen tiba. Pemakaian pestisida harus cermat dan diperhatikan dampaknya bagi tanaman dan lingkungan sekitarnya. 



Panen Sawi Pahit Morakot


Panen sawi pahit Morakot dilakukan umur 30 - 40 HST. Setelah dipetik sayuran dapat diangin-anginkan, lalu diikat supaya batang tidak mudah patah. Masa panen sawi pahit tidak bisa seragam karena tergantung dari kualitas setiap benih awal. 

Faktor lingkungan sekitar masing-masing benih saat tunas tumbuh juga mempengaruhi waktu panen. Perawatan selama pertumbuhan sampai panen juga mempengaruhi waktu panen. 

Cara panen yaitu memotong pangkal batang dan mencabutnya hingga sampai akar. Setelah dipanen, sawi pahit Morakot segera dibawa ke tempat teduh, lalu dibersihkan dari kotoran yang melekat. Selanjutnya akar dipotong. 

Potong daun-daun yang layu, pisahkan sawi berkualitas dan sawi yang kurang berkualitas. Letakkan sawi dengan posisi berdiri lalu percikkan air supaya tetap segar. Lakukan panen sebelum hujan turun atau di musim hujan. Tujuannya agar tanaman tidak mudah busuk. 

Demikian artikel Kami, judul : Jual Benih Sawi Pahit Morakot Terbaik Cap Panah Merah. Hubungi nomer kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia segala kebutuhan bercocok tanam petani dan para hobiis tanam sayuran. 

Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih hibrida terbaik berbagai varietas buah dan sayur. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi pertanian tanpa dipungut biaya. 

Toko pertanian Online LMGA Agro supplier pertanian berpengalaman dengan banyak didukung perusahaan pertanian terkemuka. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lainnya.

Semoga artikel kami dapat menambah wawasan Pembaca tentang budidaya sawi pahit Morakot Cap Panah Merah. Membantu Pembaca tentang peluang usaha menanam sawi pahit Morakot menjanjikan dan menguntungkan. Selamat mencoba dan salam sukses...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.