TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

12/06/20

Jual Benih Terong Ungu Prince 07 Terbaik Cap Kapal Terbang

terong ungu, terong prince 07, budidaya terong, jual benih terong, toko pertanian, lmga agro
Benih Terong Ungu
Prince 07 Hibrida
Jual Benih Terong Ungu Prince 07 Terbaik Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih terbaik, berkualitas, produk lengkap. Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian.


Toko pertanian Online LMGA Agro melayani konsultasi pertanian tanpa dipungut biaya. Kami siap membantu dan menjawab permasalahan Anda tentang bercocok tanam buah dan sayur. Kami juga mengajak Anda usaha online. Yaitu sebagai dropshipper dan reseller produk Toko Pertanian LMGA Agro.

Sebagai supplier, Kami telah berpengalaman lama mendistribusikan produk pertanian. Kami didukung perusahaan pertanian terkemuka di Indonesia. Diantaranya PT Bisi, EWINDO, Benih Pertiwi, Takii Seed, Known You Seed dan lain-lain.


Benih terong ungu Prince 07 Terbaik Cap Kapal Terbang. Umur panen cepat sekitar 60 HST dengan potensi hasil tinggi. Terong terbaik hibrida produk PT BISI International, Tbk tahan penyakit dan tahan hidup dalam kekeringan. 


Kami siap kirim pesanan Anda keseluruh wilayah Indonesia. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi. Barang pasti sampai alamat Anda dan aman.

Terong Ungu Prince 07 produk PT BISI International, Tbk. dengan merk benih cap Kapal Terbang. Benih dijual dalam kemasan 10 gram, berkualitas dan murah. Umur panen terong ungu Prince 07 cepat yaitu sekitar 60 bulan setelah pindah tanam.

Manfaat terong ungu baik bagi kesehatan dan hampir setiap hari, sayuran ini selalu dicari masyarakat untuk dimakan sehari-hari. Terong ungu dimakan sebagai lalapan maupun diolah dalam bentuk sayuran. Meskipun rasanya unik, begitu diolah sayuran terong begitu menambah cita rasa masakan. Karena itulah, budidaya terong menjadi peluang usaha menguntungkan bagi petani.



Karakteristik Terong Ungu Prince 07 


Terong ungu Prince 07 benih hibrida terbaik dari PT BISI International dikenal dengan benih cap Kapal Terbang. Benih dikemas dengan berat 10 gram. Direkomendasikan untuk dataran rendah sampai menengah. 

Terong ungu Prince 07 merupakan tanaman tegap dan tahan penyakit layu. Bentuk buah panjang silindris. Terong ungu Prince 07 berukuran panjang 25 cm, diameter 5.2 cm. Buah berwarna ungu dengan kelopak berwarna hijau.

Berat buah +-230 g/buah dan mulai dapat dipanen umur +- 60 hari setelah pindah tanam. Budidaya terong ungu Prince 07 berpotensi menghasilkan panen sebesar +- 3.5 kg/tanaman atau sekitar 70 ton/ha.

Kebutuhan benih menanam terong ungu Prince 07 sebanyak 200 - 300 g/ha menggunakan jarak tanam 70 x 60 cm. Jumlah buah per tanaman sebanyak 20 buah.

Terong ungu Prince 07 dapat diolah menjadi menu masakan sehari-hari. Sayuran ini mudah didapat baik di pasar tradisional maupun di swalayan. Rasa sayuran ini sungguh unik. Namun demikian terkandung banyak nutrisi dan menghasilkan beragam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya menekan risiko penyakit jantung.

Terong banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Berwarna ungu namun banyak mengandung sejumlah nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Terong bisa diolah dengan cara dimasak maupun dibuat jus.





Terong Ungu Prince 07 Kaya Nutrisi


Terong memiliki nama latin Solanum melongena, tidak hanya berwarna ungu. Namun banyak jenis dan warna. Ada hijau, hitam dan merah. Paling banyak dan dikenal masyarakat adalah terong bentuk bulat memanjang ( lonjong ) berwarna ungu.  

Terong ungu adalah sayuran padat nutrisi. Selain mengandung vitamin, ada juga mineral dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Seporsi terong ( +- 80 gram ) mengandung : 
-  20 kalori 
- 3 gram serat 
- 1 gram protein
- 5 gram karbohidrat

Mengandung juga 5% Folat dari kebutuhan harian, 5% Kalium dari kebutuhan harian, 10% Mangan dari kebutuhan harian. Mengandung vitamin K ( 4% dari kebutuhan harian ) dan vitamin C ( 3% dari kebutuhan harian ). 

Meski kaya nutrisi, konsumsi terong berlebihan juga menimbulkan beberapa risiko dalam tubuh kita. Beberapa gangguan muncul pada tubuh kita seperti gangguan pada proses penyerapan zat besi. 

Terong mengandung Nasunin. zai ini dapat mengikat zat besi lalu dikeluarkan dari sel. Nasunin baik dikonsumsi pada orang yang berkelebihan zat besi. Namun sebaliknya tidak baik untuk orang dengan kekurangan zat besi. 

Terong mengandung Solanin yang memicu terjadinya inflamasi atau peradangan jaringan. Terong juga mengandung Oxalate yang disebut dapat memicu terbentukya batu ginjal. Adanya oxalate ini, terong tidak bisa dikonsumsi orang-orang berisiko tinggi mempunyai batu ginjal. 



Manfaat Terong Ungu Prince 07 Cap Kapal Terbang


Baik Untuk Kesehatan Jantung

Terong ungu mengandung serat, Kalium, Vitamin C, Vitamin B6 dan fitonutrien. Kandungan gizi tersebut bermanfaat ikut membantu mengurangi risiko munculnya penyakit jantung. Selain itu, terong juga mengandung Antocyanin yang mampu menurunkan risiko kematian penderita penyakit jantung. 


Pengontrol Kadar Gula Darah

Konsumsi terong ungu Prince 07 secara rutin dapat membantu ikut mengontrol kadar gula dalam tubuh tetap stabil. Nutrisi yang berperan adalah serat. Adanya serat, penyerapan dan pencernaan gula di tubuh menjadi terhambat. Penyerapan menjadi lambat dan kadar gula darah tubuh menjadi semakin stabil.


Penurun Berat Badan

Terong mengandung kalori rendah dan serat tinggi. Menjadikan terong ungu Prince 07 menjadi makanan ideal untuk menurunkan berat badan. 


Dapat Mencegah Kanker


Terong ungu Prince 07 mengandung polifenol yang dipercaya memiliki efek antikanker. Selain itu dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu dapat mencegah timbulnya sel tumor dan penyebaran sel kanker. 


Menjaga Kadar Kolesterol

Dalam terong terkandung asam klorogenik dan diyakini berhasil menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


Baik Untuk Organ Hati

Terong ungu Prince 07 kaya nutrisi Antocyanin. Merupakan jenis antioksidan sebagai pelindung hati. Organ hati menjadi terlindungi dari jenis racun tertentu penyebab penyakit.  


Baik Untuk Kesehatan Otak

Komponen antioksidan dalam terong ungu Prince 07 berpotensi melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas di udara. Komponen antioksidan ini dapat mencegah peradangan pada sel saraf. Juga ikut membantu memperlancar aliran darah ke otak. 





Peluang Usaha Budidaya Terong Ungu Prince 07


Permintaan pasar akan terong ungu kini belakangan semakin meningkat. Peningkatan ini seiring semakin beragam menu masakan berbahan terong ungu. Mulai dimasak sebagai sayur terong sampai dibuat lalapan bahkan untuk minuman jus. 

Masyarakat setiap hari selalu membeli terong di pasar. Sehingga membuat petani banyak tertarik membudidaykannya. Petani melihat prospek yang baik peluang usaha budidaya terong ungu menjanjikan dan menguntungkan. 

Peluang usaha menanam terong ungu Prince 07 menguntungkan karena cara menanam terong ungu tergolong mudah. Bahkan bukan hanya petani yang tertarik menanam terong ungu. Ibu-ibu rumah tangga pun tertarik menanam terong ungu secara sederhana. Dan dilakukan di pekaranagn rumah mereka atau pada lahan sempit. 

Keterbatasan lahan, membuat polybag dijadikan wadah media menanam terong ungu Prince 07. Perawatan menanam terong ungu Prince 07 di polybag  lebih mudah dibandingkan menanam di lahan sawah atau kebun yang luas. 

Secara umum, tanaman terong ungu Prince 07 dapat tumbuh di berbagai kondisi lingkungan. Namun bila terpenuhi kebutuhan syarat tumbuhnya maka akan mendapatkan hasil maksimal. 

Terong ungu Prince 07 menyukai tumbuh diiklim tropis, curah hujan 85 - 200 mm/bulan dan merata. Suhu optimum terong ungu adalah 25 - 30 derajat Celcius. Kebun mendapatkan sinar matahari yang cukup. 

Terong ungu Prince 07 menghendaki tanah gembur sehingga harus diolah dulu tanah kebun sampai gembur. Air tidak menggenang dan cukup mengandung unsur hara. Tanah memiliki pH 5 - 6.5. Bila tanah asam < 6.5 maka taburkan dolomit. Jenis tanah yang cocok adalah latosol, regosol dan andosol. 

Yaitu jenis tanah lempung ringan dan memiliki daya drainase dan daya ikat air yang baik. Tanah memliki porositas baik dan air tidak mudah menggenang. 





Budidaya Terong Ungu Prince 07 


Terong ungu ( Solanum melongena ) merupakan salah satu jenis tanaman yang dimanfaatkan sebagai sayuran. Terong ungu berasal dari negara Sri Lanka dan India. Kemudian menyebar ke seluruh negara yang iklimnya hampir sama. Ada juga yang menganggap bahwa terong berasal dari daratan Indonesia. 

Persiapan Media Tanam Terong Ungu Prince 07

Media tanam terong ungu Prince 07 harus disiapkan sebaik mungkin. Kesalahan dalam persiapan tanam ini menyebabkan kegagalan tumbuh. Beberapa hal ini harus dilakukan sebagai persiapan membuat media tanam.

Pilih tanah gembur dan kaya bahan organik. Siapkan media sekam padi, pot polybag berukuran sedang/besar ( beri lubang dibagian bawahnya ). Siapkan juga cetok dan air secukupnya untuk menyiram benih. 

Dianjurkan untuk menggunakan pot/polybag berukuran besar. Tujuannya agar cara menyemai terong ungu dapat dilakukan dalam satu wadah yang sama. Cara ini dapat menjadi cara alternatif bila lahan tidak terlalu luas. 


Cara Menyemai Terong Ungu Prince 07 

Saat benih terong ungu Prince 07 dan media semai siap maka langkah menyemai sudah dapat kita lakukan. Rendam benih terong ungu Prince 07 dalam air hangat-hangat kuku sekitar selama 15 menit. 

Sambil menunggu, kita menyiapkan tanah medianya. Campuran tanah dan sekam padi diaduk rata menggunakan cetok. Siapkan tanah dan sekam padi dengan perbandingan 1 : 1 lalu campur merata dan masukkan ke pot/polybag.

Buat lubang tanam di tengah-tengah sedalam 1 cm. Masukkan benih Terong Ungu Prince 07 dan tutup menggunakan sisa campuran tanah dan sekam padi. Padatkan tanah dan ditepuk-tepuk ringan. Selanjutnya beri air dengan cara dipercikkan secukupnya. Lakukan pemberian air rutin setiap hari.

Letakkan pot polybag di tempat yang terkena sinar matahari terutama di pagi hari secukupnya. Amati dan tunggu sampai benih berkecambah. Biasanya umur 1 bulan, bibit tumbuh kuat dan kokoh. 



Cara Menanam Bibit Terong Ungu Prince 07


Benih akan tumbuh mulai muncul kecambah dan menjadi bibit sehat dengan ditandai munculnya daun sejati. Saat itulah, bibit sudah bisa dipindahkan ke lahan tetap atau pot polybag ukuran lebih besar. 

Tanda bahwa bibit tersebut sudah siap dipindahkan adalah ditandai dengan munculnya daun. Daun sejati sebanyak 4 helai dan biasanya berumur 4 minggu. Inilah beberapa langkah pemindahan bibit terong ungu Prince 07 :

- Sobek polybag wadah bibit dan siram air secukupnya.
- Keluarkan bibit beserta tanahnya dengan hati-hati.
- Tanam bibit pada lubang tanam yang sudah dibuat di bedengan.

Bila bibit dipindahkan ke polybag ukuran lebih besar dan menanam terong ungu dalam pot/polybag maka tahapan pemindahannya adalah : 

- Siapkan beberapa polybag/pot. Beri lubang di bagian bawahnya. 
- Jumlah polybag yang disiapkan sesuai jumlah bibitnya. 
- Media menggunakan tanah + pupuk kandang + sekam padi.
- Masukkan campuran media tanah kedalam pot/polybag yang telah disediakan.
- Buat lubang di bagian tengah sedalam sekitar 5 cm. 
- Siram air di wadah bibit agar bibit mudah diambil dari wadahnya. 
- Tanam bibit di lubang yang sudah dibuat.
- Padatkan tanah dan ditekan-tekan perlahan. 
- Siram air untuk menjaga kelembaban dan lakukan teratur setiap hari pagi dan sore hari. 





Cara Pengolahan Tanah Menanam Terong


terong ungu, terong prince 07, budidaya terong, jual benih terong hibrida, toko pertanian, lmga agro
Kapur Pertanian Dolomit
Cara menanam terong ungu Prince 07 menyukai tanah gembur dan kaya unsur hara agar pertumbuhan tanaman baik. Pertama, melakukan penggemburan menggunakan alat cangkul, bajak atau traktor tanagn. Pengolahan tanah sampai sedalam 35 cm. 

Pembuatan bedengan yaitu dengan cara disesuaikan kemiringan tanahnya. Bedengan tanaman terong ungu Prince 07 adalah lebar 120 - 140 cm dan tinggi 30 cm. Panjang bedengan disesuaikan kondisi lahan atau petakan sawah. 

Bila pH tanah asam, lakukan pengapuran. Pupuk dasarnya yaitu pupuk kandang sebanyak 15 ton/hektar. Cara pemberian pupuk yaitu diberikan langsung ke lubang tanam. 

Waktu tanam terong ungu Prince 07 sebaiknya awal musim kemarau. Buat lubang tanam dengan jarak antar lubang dalam barisan 70 - 80 cm. Diameter lubang tanam 20 cm dan kedalamannya 20 - 25 cm. 

Lubang tanam diberi pupuk kandang sebayak 0.5 kg setiap lubang tanam. Selanjutnya biarkan 1 - 2 minggu sebelum bibit dipindahkan ke bedengan. Penanaman bibit yaitu dengan memindahkan bibit semai umur 1.5 bulan. Setiap lubang tanam ditanam 1 bibit sehat dan kokoh. 

Setelah penanaman, siram dengan air hingga basah agar tanah tetap lembab. Juga untuk menghindari bibit menjadi stress setelah dipindahan. 





Pemeliharaan dan Cara Merawat Tanaman Terong Ungu


Pengairan

Sebaiknya bila sudah turun hujan cukup lebat, tidak perlu melakukan penyiraman karena tanah sudah cukup basah. Bila suhu terasa panas, maka pemberian air harus sering dilakukan.


Penyulaman 

Penyulaman dilakukan bila ada bibit yang baru dipindahkan lalu mati atau tumbuh tidak normal. Karena tidak semua bibit akan tumbuh baik. Bisa juga bibit yang tadinya sehat dari persemaian begitu dipindahkan tiba-tiba menjadi layu. Penyulaman paling lambat sampai tanaman umur 2 minggu. 


Pembumbunan dan Penyiangan 

Pembumbunan terong ungu Prince 07 dilakukan dalam 2 tahap yaitu setelah berumur 10 - 15 HST dan umur 30 HST. Apabila pembumbunan diperlukan karena tanah sudah terkikis akibat hujan. Maka bisa dilakukan pembumbunan. 

Bersamaan pembumbunan bisa kita melakukan penyiangan. Penyiangan dilakukan sperlunya bila tampak banyak rumput tumbuh. 


Pemupukan 

Pemupukan susulan menggunakan pupuk Urea 150 kg/ha. TSP 300 kg/ha dan KCl 150 kg/ha atau perbandingan 1 : 2 : 1. Pemberian pupuk menggunakan cara ditugal berjarak 10 cm dari pangkal batang. Setelah itu lubang pupuk ditutup tanah secukupnya agar pupuk tidak menguap. 


Pemasangan Ajir

terong ungu, terong prince 07, budidaya terong, jual benih terong hibrida, toko pertanian, lmga agro
Tali salaran | LMGA Agro
Pemasangan ajir juga penting dalam budidaya terong ungu Prince 07 agar tanaman tumbuh tegak. Selain itu agar tanaman kuat menopang tubuhnya saat sudah muncul buah. Pemasangan ajir harus segera ditancapkan begitu selesai penanaman bibit.

Bila ajir dipasang saat tanaman sudah besar, dikhawatirkan dapat melukai akar tanaman. Penancapan ajir berjarak minimal 5 cm dari pangkal batang. Setelah tanaman agak tinggi, ikatkan batangnya pada ajir menggunakan tali khusus yaitu tali salaran. Tali dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Jika ajir dipasang saat tanaman besar maka ajir dipasang menyerong sudut 45 derajat. Posisi serong, ajir tidak mengganggu dan merusak akar.  



Hama dan Penyakit Tanaman Terong


terong ungu, terong prince 07, budidaya terong, jual benih terong hibrida, toko pertanian, lmga agro
Curacron pembasmi Hama
Secara umum, tanaman terong tahan dari penyakit layu dan kondisi kekeringan. Petani biasanya melakukan pemeliharaan hanya membersihkan rumput-rumputan. Juga melakukan penyiraman bila tampak kekeringan. 

Hama yang sering menyerang tanaman terong adalah kutu daun. Pengendaliannya menggunakan Curacron 500 EC dan Ambush 2 EC. Sedangkan untuk penyakitnya banyak disebabkan oleh cendawan. 

- Bekicot, menyerang tanaman muda dan yang baru ditanam. Bekicot memakan batang dan daun tanaman. 

- Ulat Grayak biasanya hidup bergerombol dan berkelompok. Ulat memakan daun tanaman hingga sampai tangkai mudanya. 

- Penggerek Daun disebut juga dengan oteng-oteng/kepik. Hama ini menyerang daun muda hingga daun berlubang. 

- Lalat Buah bertelur dalam buah terong ungu dengan cara menyuntikkan telurnya ke dalam buah. Lalu telur menetas menjadi larva. Larva akan memakan buah hingga buah menjadi busuk. 

- Ulat Tanah aktif di malam hari. Ulat tanah menyerang daun, batang sampai buah terong ungu. 

- Kutu Kebul biasanya bersembunyi dibalik daun. Hama berwarna putih dan menyebabkan daun mengkerut sehingga tanaman menjadi kerdil. 

- Kutu daun ( Aphids ) menyerang daun dengan cara menghisap cairan daun. Akibatnya daun menjadi keriting. 

- Busuk Buah disebabkan oleh cendawan Phytopthora sp. Gejala serangan yaitu daging buah membusuk dan rontok lepas dari kelopak buahnya. 

- Layu Fusarium disebabkan oleh cendawan Fusarium oxysporum. Akibatnya tanaman menjadi layu kemudian kering dan mati. 

- Layu Bakteri mengakibatkan tanaman tiba-tiba layu dan mati. Penyebabnya adalah bakteri Pseudomonas solanacearum. 

- Antraknosa disebabkan oleh Gloeosporium melongena Ell. Menyerang buah terong ungu hingga timbul bercak berwarna coklat. Kemudian buah akan rontok. 

- Bercak Daun disebabkan oleh cendawan Cercospora sp. Altenaria solani dan Botrytis cinerea

- Busuk Pangkal Batang/Leher akar disebabkan oleh cendawan Sclerotium rolfsii.

- Busuk daun/Lodoh disebabkan oleh Pseudoperonospora cubensis Berk. Menyerang daun hingga daun membusuk berwarna hitam. 




Panen Terong Ungu Prince 07


Terong ungu Prince 07 mulai dipanen umur +- 60 HST setelah dipindahkan ke lahan tetap atau polybag ukuran besar. Berat buah saat panen adalah 230 g/buah. Setiap tanaman terong ungu Prince 07 berpotensi menghasilkan panen +- 3.5 kg/tanaman. Atau sekitar 70 ton/ha. 

Panen terong ungu Prince 07 dipilih buah sudah cukup umur, tidak terlalu muda atau terlalu tua. Panen terong ungu biasanya dilakukan setiap 3 hari sekali. 

Buah terong ungu Prince 07 dipetik beserta tangkai buahnya. Pemetikan dengan cara digunting. Setelah semua buah dipanen, terong kemudian disortir sebelum buah dipasarkan. Pemetikan terong ungu dianjurkan jangan sampai terlambat karena rasa buah akan semakin kuat dan kurang enak. 

Tanaman terong ungu Prince 07 dapat terus aktif berbuah sa,pai umur 5 - 6 bulan. Pemetikan buah sebaiknya pagi atau sore hari. Pemetikan bisa menggunakan tangan atau alat potong tajam seperti gunting atau pisau tajam.

Demikian artikel Kami dengan judul : Jual Benih Terong Ungu Prince 07 Terbaik Cap Kapal Terbang. Hubungi nomer Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan pertanian, produk lengkap, berkualitas terbaik dan murah. 

Kami menyediakan berbagai varietas benih hibrida unggul buah dan sayuran. Kami juga menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Siap menjawab dan membantu Anda mengatasi permasalahan cara bercocok tanam di lapangan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda keseluruh wilayah Indonesia. Barang Anda akan aman dan dijamin sampai tujuan. Kami bekerja sama dengan jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi. 

Semoga artikel Kami dapat menambah pengetahuan dan wawasan pembaca terutama petani sahabat Kami tebntang budidaya terong ungu. Juga tentang benih terbaik Cap Kapal Terbang, Terong Ungu Prince 07. Selamat mencoba peluang usaha menanam terong ungu Prince 07 baik di kebun luas maupun di pekarangan rumah. Salam sukses....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.