TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

09/06/20

Jual Benih Cabe Besar Royal 77 Terbaik dari Royal Seed


cabe royal seed, cabe besar, jual beni h cabe besar, jual benih royal seed, budidaya cabe, lmga agro, toko pertanian
Benih Cabe Besar Royal 77
Jual Benih Cabe Besar Royal 77 Terbaik dari Royal Seed. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan petani dan bagi para hobi berkebun. Mulai benih, pupuk, pestisida hingga alat-alat pertanian.


Tersedia benih hibrida dari pabrik benih terkemuka. Salah satunya Benih Cabe Besar Royal 77 Produk Royal Seed. Kami juga melayani konsultasi pertanian gratis untuk Anda. Kami siap menjawab  dan membantu permasalahan Anda.

Kami juga mengajak untuk usaha online sebagai dropship dan reseller produk pertanian. Terlengkap dan murah hanya di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Benih unggul hibrida Royal 77, benih cabe besar produk dari Royal Seed. Umur panen 85 - 90 hari dan memiliki potensi hasil hingga 30 ton/ha. Benih Royal 77 tahan virus Gemini dan hama-penyakit lainnya. Saat matang, buah berwarna merah mengkilap.  

Toko Pertanian Online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lainnya. Cabe besar Royal 77 produk Royal Seed siap kirim dan dapat menjadi peluang usaha menguntungkan.

Cabe besar Royal 77 dapat ditanam di dataran rendah sampai menengah dan mudah perawatannya. Potensi hasil budidaya cabe besar Royal 77 cukup tinggi, yaitu 30 ton/ha. Umur panen yaitu 86 - 90 hari setelah tanam.

Rasa cabe besar Royal 77 pedas dan mengandung zat Capsaicin khas dalam cabe. Manfaat Capsaicin cabe besar, cukup tinggi untuk kesehatan tubuh. Cabe besar Royal 77 juga mengandung vitamin C tinggi. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.



Karakteristik Benih Cabe Besar Royal 77


Benih cabe besar Royal 77 produk Royal Seed direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai menengah. Umur panen 85 - 90 hari. Cabe besar Royal 77 cukup panjang yaitu 16 - 18 cm dan beratnya 17 - 18 gram per buah. 

Budidaya cabe besar Royal 77 memiliki potensi hasil sebesar 30 ton/ha. Tinggi tanaman 110 - 130 cm, warna buah saat muda adalah hijau muda dan saat tua berwarna merah. Berat buah cabe besar Royal 77 per tanaman sekitar 1 - 1,5 kg dan jumlah cabe adalah 61 - 81 buah per tanaman. 

Cabe besar Royal 77 memiliki daya simpan lama yaitu 8 - 10 hari setelah panen disimpan pada suhu 27 - 30 derajat celcius. Per hektar bisa ditanam sebanyak 18000 - 18100 populasi tanaman. Kebutuhan benih per hektar 68 - 69 gram. 

Cabe besar Royal 77 beradaptasi baik pada ketinggian 130 - 400 m dpl dan di musim hujan. Cabe besar bisa tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 1400 m dpl. Di dataran tinggi meski masih bisa tumbuh cabe besar, namun berproduksi kurang maksimal. 

Suhu optimal pertumbuhan cabe merah anatara 24 - 28 derajat Celcius. Suhu terlalu dingin < 15 derajat Celcius atau panas > 32 derajat Celcius tidak baik untuk pertumbuhan cabe merah besar. 

Cabe besar Royal 77 beradaptasi baik di musim hujan. Penanaman di musim kemarau harus diperhatikan pengairannya. Curah hujan ideal berkisar 800 - 2000 mm per tahun dan kelembaban 80 %. 





Peluang Usaha Menanam Bibit Cabe Besar Royal 77


Cabe merah ( Capsicum annum L. ) merupakan salah satu komoditas pertanian paling atraktif. Karena dimasa-masa tertentu, harga cabe merah bisa naik ber kali lipat. Dan di masa selanjutnya , harga bisa turun hingga tak berharga alias harga terjun bebas. Bagi petani, hal ini menjadi tantangan tersendiri. 

Selain fluktuasi harganya cukup ekstrim, tanaman cabe besar juga rentan terhadap cuaca dan serangan OPT. Untuk meminimalkan semua risiko tersebut diperlukan biaya perawatan tidak sedikit. 

Cabe besar Royal 77, tanaman cabe asli dari benua Amerika, beriklim tropis dan sub-tropis. Dan dari benua Amerika ini menyebar ke seluruh belahan dunia. Orang Indonesia menggemari buah satu ini. Karena rata-rata orang Indonesia menyukai makanan pedas sehingga cabe menjadi salah satu sayuran paling populer ditanam. 

Peluang usaha budidaya cabe besar Royal 77 menguntungkan. Cabe besar banyak digemari dan memiliki varietas  dan bentuk yang khas. Warna cabe besar berwarna merah terang mengkilap, bentuk buah gemuk dan besar. Meskipun rasa tidak sepedas cabe rawit/kecil.  

Cabe merah mempunyai manfaat sangat banyak sekali. Mulai dari meningkatkan nafsu makan, mencegah kanker, stroke dan kesehatan jantung sampai mencegah penuaan dini. dan tentunya masih banyak lagi manfaat cabe merah besar. 

Peluang usaha budidaya cabe besar Royal 77 perlu memperhatikan beberapa hal ini. Cabe atau cabai merupakan salah satu sayuran paling banyak dibutuhkam masyarakat. Baik masyarakat lokal maupun internasional. Seiring meningkatnya jumlah penduduk dunia maka permintaan komoditi sayuran ini ikut meningkat pula.  

Sehingga, sampai kapan pun, peluang usaha budidaya cabe besar sangat menjanjikan dan menguntungkan. Bahkan bukan hanya di pasar lokal, namun berpeluang memenuhi pasar ekspor.



Budidaya Cabe Besar Royal 77 Menguntungkan Petani


cabe royal 77, caba besar, cabai, jual benih cabe, toko pertanian, online shop, lmga agro
Budidaya Cabe Besar Royal 77 Menguntungkan 


Budidaya cabe besar kini mulai banyak dibudidayakan di Indonesia. Potensi peluang usaha cabe dapat menguntungkan. Serta menarik minat petani di daerah dataran tinggi sampai dataran rendah. Juga petani di pesisir pantai juga. Daerah penghasil cabe di Indonesia antara lain : Banten, Cianjur, Tasikmalaya, Brebes, Medan, Padang dan masih banyak lagi. 

Jenis cabe bervariasi dan dibedakan berdasarkan ukuran, bentuk, rasa pedas dan warna buahnya. Jenis cabe ini banyak diusahakan di Indonesia yaitu cabe keriting, cabe besar, cabe rawit dan cabe paprika. 

Cabe diolah sebagai bahan penyedap makanan. Selain itu juga diolah menjadi produk saos cabe, sambel cabe, bubuk cabe, cabe kering dan bumbu instant pedas. Produk-produk tersebut bahkan sudah diekspor ke negara Singapura, Hongkong, Arab Saudi, Brunei dan India. 

Cabe besar Royal 77 berkualitas. Selain itu budidaya cabe juga harus didukung pembibitan dan pemeliharaan baik dan benar. 

Pemilihan Lahan. Pemilihan lahan harus memperhatikan seperti sinar matahari bersinar 10 - 12 jam per hari. Suhu ideal 24 - 28 derajat Celcius. Tanah ideal lempung berpasir, kelembaban 80 % dan banyak mengandung  unsur hara. Nilai pH 6 - 7    

Budidaya cabe besar Royal 77 sebaiknya dilakukan di musim tanam yang tepat. Jika diketahui harga cabai sedang anjlok, gantilah menanam komoditi lain. Cara tersebut untuk menghindari kerugian tinggi akibat harga cabe anjlok.

Pilih benih hibrida tahan penyakit sehingga biaya perawatan tidak terlalu tinggi. Lakukan perawatan yang tepat. Seperti penyemprotan pestisida tepat waktu, dosis dan sasaran.  





Kandungan Gizi Cabe Royal 77


Kandungan vitamin C pada cabe tinggi. Manfaat vitamin C adalah sebagai antioksidan dan menguatkan sistim imun tubuh. 

Vitamin B6 pada cabe berperan penting dalam metabolisme tubuh kita.

Vitamin K berfungsi dalam proses pembekuan darah, kesehatan tulang dan ginjal. 

Potassium untuk mengurangi risiko penyakit jantung. 

Copper merupakan elemen sisa dari antioksidan. Berfungsi untuk kesehatan Neuron dan tulang yang kuat. 

Beta karoten dalam cabe besar bila masuk tubuh akan berubah menjadi vitamin A. Dan vitamin A salah satunya baik untuk kesehatan mata kita. 

Caraotenoid antioksidan dalam cabe merah baik untuk kesehatan tubuh kita. Salah satunya adalah Capsanthin adalah jenis carotenoid paling utama pada cabe. Terdapat 50% lebih total Carotenoid efektif untuk mencegah sakit kanker. 

Lutein terdapat pada cabe hijau ( muda ) baik untuk kesehatan mata. Semakin matang maka kandungan Luteinnya berkurang.   

Capsaicin memberikan rasa panas khas pada cabe memiliki efek kesehatan baik untuk tubuh kita. Menangani berbagai penyakit seperti gangguan selaput saraf, sakit pada radang sendi dan diabetes. 

Synaptic acid adalah antioksidan dan berfungsi sebagai anti kanker. Antioksidan lainnya adalah Ferulic acid berfungsi mencegah penyakit kronis.     



Manfaat Mengkonsumsi Cabe Besar Royal 77


cabe royal 77, cabe besar, budidaya cabai, jual benih cabe hibrida, toko pertanian, lmga agro
Manfaat Konsumsi Cabe
Penghilang Rasa Sakit

Dalam tubuh, Endorfin akan lepas akibat rangsangan oleh cabe. Endorfin ini bermanfaat sebagai penghilang rasa sakit alamiah. Capsaicin bekerja sama dengan reseptor rasa sakit dan memberikan rasa panas. Membuat ujung saraf berhenti mengirim sinyal rasa sakit.     


Penurun Berat Badan 

Capsaicin diyakini mampu mengurangi asupan kalori, meningkatkan pembakaran lemak. Konsumsi cabe cocok disertakan dalam menu diet. 


Detoksifikasi

Konsumsi cabe dapat membantu detoksifikasi gastrointestinal dalam mencerna makanan. Serta dapat membantu membuang zat-zat racun yang tidak dibutuhkan tubuh kita. 


Meningkatkan Sistim Kekebalan Tubuh

Cabai mengandung vitamin C dan A sangat tinggi. Kedua jenis vitamin tersebut merupakan zat antioksidan dan bermanfaat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Seseorang yang menggemari konsumsi cabai tidak mudah terserang penyakit. 


Mencegah Penyakit Kanker

Kita dapat mencegah kanker dengan rutin mengkonsumsi makanan pedas. Capsaicin dalam cabai berkhasiat menghambat dan mematikan pertumbuhan sel-sel kanker. Kerja Capsaicin tanpa merusak sel-sel sehat disekitarnya. 


Menyehatkan Jantung

Cabai dapat mencegah pembekuan darah. Capsaicin terbukti efektif melawan inflamasi penyebab penyakit jantung. 


Selain manfaatnya banyak, konsumsi makanan pedas berlebihan juga memicu beberapa gangguan dalam tubuh, diantaranya : 

- Maag. Jumlah cabai banyak menyebabkan lambung mengalami iritasi atau peradangan. 
- Diare dan sakit kepala.
- Asam lambung naik dapat dipicu karena terlalu banyak makanan pedas. 
- Tenggorokan menjadi panas. 
- Iritasi pada usus karena organ usus ini bersifat sangat sensitif bila terkena makanan pedas.



Cara Menyemai Cabe Besar Royal 77


Cara menyemai cabe besar Royal 77 disarankan menggunakan wadah polybag baik dari plastik atau daun-daunan. Hal ini karena benih cabe hibrida bebas virus dan penyakit umumnya berharga sangat mahal. Namun dijamin tinggi prosentase perttumbuhannya.

Benih hibrida mahal sebaiknya tidak ditabur saat persemaian. Karena benih ditabur biasanya akan saling melekat dan berhimpit. Sehingga kemungkinan banyak benih tidak bisa tumbuh nanti bila saling melekat. 

Cara menyemai cabe dalam wadah polybag menggunakan media campuran dari tanah, arang sekam dan kompos/pupuk kandang ( 2 : 1 : 1 ). Atau bila tidak tersedia arang sekam maka cukup tanah dan pupuk kandang ( 1 : 1 ). Sebelum dipakai, tanah, arang sekam dan pupuk kandang/kompos diayak hingga halus dan gembur. 

Sebaiknya pembibitan dibuat tempat khusus dan dipasang naungan untuk melindungi benih/bibit. Naungan dapat melindungi dari sinar matahari dan air hujan langsung. Bila ada biaya lebih, pasanglah juga jaring pelindung hama serangga. Lalu polybag-polybag dapat disusun rapi dalam naungan timur ke barat. 

Benih cabe besar Royal 77 dapat anda rendam dalam air hangat sekitar 3 jam. Pilih benih yang tenggelam. Tiriskan dan benih dibenamkan dalam polybag sedalam 0,5 cm. Tutup dengan kompos halus. Basahi media secukupnya agar kelembaban terjaga. 

Penyiraman saat pembibitan dilakukan setiap pagi dan sore. Tutup permukaan polybag menggunakan kertas koran dan siram diatas koran hingga basah. Sekitar 3 hari ke depan, kertas koran dapat dihilangkan karena benih sudah berkecambah. 

Penyiraman selanjutnya dilakukan rutin sambil mengamati pertumbuhan bibit. Bibit siap dipindahkan setelah berumur 21 - 24 hari atau telah muncul 3 - 4 helai daun. Lebihkan jumlah bibit 10% dari kebutuhan bibit untuk digunakan saat penyulaman nanti. 





Pengolahan Tanah Menanam Cabe Besar Royal 77


cabe royal 77, budidaya cabai, cabe besar, jual benih cabe, royal seed, toko pertanian, online, lmga agro
Alat Pelubang Mulsa
Budidaya cabe besar Royal 77 menyukai tanah gembur dan memiliki porositas yang baik. Persiapan lahan menanam cabe besar Royal 77 yaitu tanah dicangkul atau bajak sedalam 20 - 40 cm. Bersihkan lahan dari batu, kerikil dan sisa-sisa akar tanaman. Bila gulma terlalu lebat, basmilah menggunakan herbisida. 

Selanjutnya dibuat bedengan lebar 1 meter, tinggi 30 - 40 cm dan jarak antar bedeng 60 cm. Panjang bedeng tergantung kondisi lahan. Agar mudah dalam pemeliharaannya, panjang bedeng dibuat maksimal 15 meter. Saluran drainase dibuat sebaik mungkin karena tanaman cabe merah tidak tahan genangan air. 

Cabe besar Royal 77 menghendaki tingkat keasaman tanah pH 6 - 7. Bila tanah terlalu asam, daun tanaman terlihat pucat dan mudah terserang virus. Tanah asam juga mudah ditumbuhi ilalang. Untuk menaikkan nilai pH, berikan Dolomit 2 - 4 ton/ha saat pembajakan atau pembuatan bedeng. 

Selanjutnya berikan pupuk dasar yaitu pupuk organik ( kompos/pupuk kandang ) disemua bedengan secara merata. Pemberian pupuk organik sebanyak 20 ton/hektar. Tambahkan juga pupuk kimia Urea 350 kg/ha dan KCl 200 kg/ha.

Agar pemeliharaan lebih efisieen, ada baiknya bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak. Pemakaian mulsa membutuhkan dana cukup besar namun manfaatnya cukup banyak. Antara lain dapat mempertahankan kelembaban dan menekan erosi bedeng. Gulma juga menjadi terkendali  pertumbuhannya sehingga kebun selalu bersih.

Setelah dipasang mulsa, saatnya membuat lubang tanam sebanyak 2 baris detiap bedeng. Jarak lubang tanam 60 - 70 cm dan dibuat zig-zag, bukan sejajar. Tujuannya agar sirkulasi angin dan penetrasi sinar matahari bisa merata ke seluruh tanaman.

Lubang tanam dibuat menggunakan alat pelubang mulsa diameter sekitar 10 cm. Lubang tanam disesuaikan dengan ukuran polybag semai. Alat pelubang mulsa dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Ada 2 jenis yaitu dimeter besar dan kecil.



Cara Penanaman Bibit Cabe Besar Royal 77


Penanaman bibit cabe besar Royal 77 menunggu sampai bibit benar-benar kuat. Pemindahan bibit ke lahan tetap setelah berumur sekitar 3 minggu dan memiliki 3 - 4 helai daun. Penanaman dilakukan pagi hari. Bila belum selesai dilanjutkan sore harinya. Penanaman bibit harus selesai dalam satu hari. Agar tanaman bisa tumbuh serempak dan panen bersamaan.

Penanaman pagi maupun sore hari menyebabkan tanaman tidak akan stress. Karena bibit cabe mengalami perubahan tempat tumbuhnya. Kondisi pagi hari dan sejuk mengakibatkan bibit tidak banyak penguapan.  

Cara menanamnya adalah bibit diambil dari polybagnya. Plastik polybag disobek dan bibit diambil secara hati-hati sekalian tanahnya. Masukkan pelan-pelan ke lubang tanam, jangan sampai pecah. Siram tanaman secukupnya hingga basah untu mempertahankan kelembabannya. 

Selama di persemaian, amati hama dan penyakit yang sering muncul. Antara lain :

- Rebah semai ( Dumping-off ) menunjukkan gejala bibit terkulai karena batang busuk. Penyebabnya Phytium sp. dan Rhizoctonia sp. Bibit telah terserang harus dibuang bersama tanahnya. Pengaturan naungan dan penyiraman agar lingkungan tidak lembab. 

- Embun Bulu ditandai adanya bercak klorosis. Penyebabnya adalah cendawan Perenospora parasitica. Cabut tanaman bila telah terinfeksi beserta tanahnya. 

- Golongan virus menyebabkan pertumbuhan bibit terhambat, warna daun mosaik/pucat. Gejala tampak jelas setelah tanaman berumur 2 minggu. 

- Hama Kutu Daun persik ( Aphid sp. ), bersembunyi di permukaan daun bagian bawah atau lipatan pucuk daun. 

- Hama Thrips menyebabkan daun berkerut dan bercak klorosis. Biasanya koloni berkeliaran di bawah daun. Hama akan keluar di pagi atau sore. 

- Hama Tungau menyebabkan daun kuning kecoklatan, menggulung ke bawah sepanjang tulang daun. Pucuk menebal dan berguguran sampai tinggal batang dan cabang. Daun muda menggulung dan mengeras tand serangan tungau. 





Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Cabe Besar   



cabe royal 77, budidaya cabai, cabe besar unggul, jual benih cabe, royal seed, toko pertanian, lmga agro
Pupuk NPK Untuk Cabe
Setelah pemindahan tanaman, lakukan pengamatan tanaman untuk mengetahui secara dini adanya serangan hama dan penyakit. Kita perlu mengenal hama-hama yang biasa menyerang tanaman cabe besar. Antara lain : 

- Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon ) hama aktif di malam hari untuk melakukan kopulasi, makan dan bertelur. Ulat makan tanaman muda dengan cara memotong batang atau tangkai daun. Siang hari bersembunyi disekitar tanaman terserang. Ulat diambil secara manual lalu dibunuh ditempat. 

- Ulat Grayak ( Spodoptera litura dan S. exigua ). Larva ulat akan memakan permukaan bawah daun dan daging buah. Terdapat bintil-bintil atau lubang besar. Serangan parah menyebabkan daun cabai gundul tinggal ranting-rantingnya saja. Telur ulat dikumpulkan lalu dimusnahkan. Selalu bersihkan gulma karena digunakan sebagai tempat bersembunyi. 

- Bekicot/siput memakan tanaman di malam hari. Pengendalian yaitu mencari bekicot disekitar tanaman atau di bawah mulsa. Dan buang bekicot ke luar area kebun. 

Penyiraman diperlukan saat musim kemarau, bisa menggunakan gembor atau di-leb. Untuk tanaman masih muda, gunakan gembor dengan kucuran lebih kecil. Cara di-leb dilakukan 2 minggu sekali. 

Pengamatan pertumbuhan tanaman terutama umur 2 minggu setelah pemindahan bibit. Apabila ada bibit mati atau tidak tumbuh normal maka harus segera dicabut dan diganti bibit baru.  

Penyiangan gulma dilakukan bila diperlukan saja. Pemakaian mulsa dapat menekan pertumbuhan gulma sehingga dapat meringankan pekerjaan petani. 



Pemasangan Ajir Tanaman Cabe


Budidaya cabe memerlukan pemasangan ajir dari bambu untuk menopang agar tanaman cabe berdiri tegak. Ajir ditancapkan minimal 4 cm dari pangkal batang. Pemasangan ajir pada hari ke-7. Sejak bibit dipindahkan dan tanaman masih kecil agar tidak terkena akar tanaman. 

Batang cabe kadangkala tidak cukup kuat menopang tubuhnya terutama saat daun sudah rimbun dan muncul buah. Khusus untuk tanaman cabe, petani menggunakan batang bambu dan dipotong menyerupai tongkat. Tujuannya untuk menopang batang tanaman cabe. 

Ukuran ajir lebar 5 cm dan tebal 2 cm. Ukuran panjang ajir disesuaikan tinggi tanaman. Untuk tanaman cabe besar Royal 77 dengan tinggi 110 - 130 cm maka bisa dibuat panjang ajir 2 meter. 

Ajir lalu ditancapkan kira-kira sedalam 20 - 25 cm. Pasang ajir dengan posisi tegak pada tiap-tiap tanaman. Bisa juga dicoba tiang ajir dipasang miring. Lalu saat tanaman umur 10 - 15 HST, bawah cabang utama diikatkan pada ajir. Pengikatan sebaiknya menggunakan tali khusus yaitu tali salaran. 

Tali salaran dapat dibeli di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Ikatan tali harus longgar agar tidak mencekik batang dan ikatan berbentuk angka 8 pada ajir. Lalu pasang ajir besar secara horizontal ( tegak ) di setiap 3 ajir tegak. Cara tersebut bertujuan untuk memperkokoh tegaknya ajir sehingga tanaman tidak mudah roboh. 

Pengikatan kembali pada umur 30 - 40 HST dan diikat kembali saat pembesaran buah umur 50 - 60 HST. 





Pemangkasan Pada Tanaman Cabe Besar Royal 77


Perempelan atau pemangkasan atau pemotongan tunas cabe besar Royal 77 dilakukan setelah umur 3 minggu ( dataran rendah ) dan 1 bulan ( dataran tinggi ). Tunas dipotong yaitu tunas tersebut tumbuh di ketiak daun. Potong tunas menggunakan tangan bersih. 

Perempelan dilakukan sampai terbentuk cabang utama dan muncul bunga pertama atau kedua. Selanjutnya pemangkasan pucuk saat cabe besar Royal 77 berumur 1 bulan. Tujuannya untuk mendapatkan buah cabe yang lebat maka diperlukan cabang yang banyak.

Pemangkasan pucuk umur 1 bulan dan tanaman sudah banyak daun antara 8 - 10 helai. Pemangkasan pucuk dapat merangsang tumbuh cabang. Pemangkasan menggunakan gunting khusus atau gunting tajam. Bakal cabang baru akan muncul setelah 2 minggu di setiap ketiak daun. 

Ada juga pemangkasan buah, dekat ujung tanaman. Dilakukan saat awal mulai muncul buah atau sekitar umur 5 - 6 minggu. Buah-buah dekat ujung dapat Anda pangkas. Karena buah dekat pucuk sangat menguras energi untuk tumbuh keatas. 

Pemangkasan cabang tidak produktif dilakukan umur 8 minggu keatas dan telah rutin berbuah. Cabang-cabang tunas yang tidak ada bunga dan buah sebaiknya dibuang. Cabang tunas yang dipangkas adalah cabang tunas dibawah cabang Y. Jangan lupa setelah dipangkas, semprot dengan fungisida dan bakterisida. 

Tujuan melakukan pemangkasan antara lain : 

- Untuk memperkuat batang dan mengurangi pertumbuhan vegetatif yang tidak perlu di bagian bawah. Pertumbuhan akan diarahkan ke atas. 

- Pemangkasan membuat ruang sirkulasi udara lebih luas dan penetrasi sinar matahari ke seluruh bagian tanaman. 

- Pemangkasan dapat menciptakan lingkungan bersih dan higienis.

- Pemangkasan pucuk membuat pertumbuhan tunas terhambat sehingga tanaman tidak terlalu tinggi dan cabang tidak banyak sehingga bunga bisa muncul banyak. 



Pemupukan Untuk Tanaman Cabe Besar Royal 77


Pupuk dasar diberikan pada tahap awal penanaman sebelum bedengan ditutup mulsa. Dosis pemberian pupuk dasar berdasarkan musim penanaman. 

Musim hujan, dosis pupuk dasar adalah TSP 400 kg/ha, ZA 150 kg/ha, KCl 400 kg/ha, Dolomit 3 ton/ha dan pupuk kandang 6 ton/ha. 

Musim kemarau, dosis pupuk dasar adalah TSP 350 kg/ha, ZA 200 kg/ha, KCl 350 kg/ha, Dolomit 2 ton/ha dan pupuk kandang 5 ton/ha. 

Pupuk diberikan merata di permukaan bedengan lalu diaduk sampai tercampur tanah sampai kedalaman 15 - 20 cm. Selanjutnya biarkan pupuk bekerja pada tanah selama 2 - 3 minggu. Baru setelah itu bedengan ditutup mulsa. 

Pemupukan susulan dilakukan 2 minggu sekali atau minimal 8 kali sampai panen terakhir. Pemupukan susulan menggunakan sistim cara dikocor di setiap lubang tanam. Paling praktis bila menggunakan pupuk organik cair ( POC ). 

Siramkan 100 ml pupuk dalam bentuk larutan dan sudah diencerkan ke setiap tanaman. Dalam pupuk tersebut dapat ditambahkan pupuk NPK.

Pupuk susulan dapat diberikan menggunakan 2 cara yaitu pengocoran dan ditabur. Aplikasi kedua cara tersebut disesuaikan kondisi cuaca. Jika musim panas, pupuk lebih baik diberikan dalam bentuk cair atau dikocorkan. Bila musim hujan, pupuk lebih baik diberikan menggunakan cara ditabur. 

Cara dikocor, diberikan pada lubang pupuk di sisi tanaman dan jaraknya 15 cm dari pangkal batang. Cara ditabur yaitu pupuk ditaburkan mengelilingi tanaman dan jaraknya 15 cm dari pangkal batang. 

Dianjurkan, pupuk susulan diberikan saat tanaman berumur 10 HST. Kondisi perakaran tanaman telah beradaptasi baik dan dapat tumbuh di lahan baru. 



Hama dan Penyakit Tanaman Cabe


- Penyakit Bercak Daun ( Cercospora capsici ) disebabkan oleh jamur dan menyerang di musim hujan. Gejala serangan diawali pada daun tua bagian bawah. Tampak ada bercak dengan berbagai ukuran, bagian tengahnya berwarna abu-abu atau putih. Kadang bagian tengah sobek dan berlubang. 

Daun akan menguning lebih dini dan berguguran hingga tinggal buah dan ranting saja. Selanjutnya buah menjadi rusak karena terbakar sinar matahari. Lakukan rutin pengamatan terutama pada daun tua. 

- Lalat Buah ( Dacus dorsalis ) akan menyerang buah dengan meninggalkan banyak belatung, Akibatnya buah akan keropos karena isinya digerogoti belatung lalat buah. Serangan lalat buah seringkali mengakibatkan banyak buah masih muda berguguran  dan berubah bentuknya. 

Buah ditusuk akan berlubang dan memungkinkan bakteri pembusuk akan masuk. Buah menjadi busuk basah. Lalat buah juga merupakan hama vektor peyakit Antraknosa. Lakukan kontrol buah, Bila ada buah cabai busuk, segera kumpulkan dan dibakar/dimusnahkan. Lalat buah dapat diperangkap dengan perangkap berbahan aktif Metil Eugenol 40 buah/ha.

- Penyakit Busuk Buah Antraknosa ( Colletotrichum gloeosporiodes ) menunjukkan gejala awal bercak dan totol-totol pada buah. Lalu buah akan membusuk semakin lebar dan berkembang. Dan menjadi berwarna orange, abu-abu atau hitam. 

Bagian tengah bercak terlihat garis-garis melingkar penuh titik spora berwarna hitam. Bila semakin parah, seluruh bagian buah akan mengering. Rutin melakukan kontrol buah berwarna merah dan hijau tua. Buah busuk dikumpulkan dan dimusnahkan atau dipisahkan dari buah cabai yang sehat. 

- Penyakit Layu, disebabkan oleh jamur antara lain Fusarium, Phytium dan Rhizoctonia. Gejala serangan jamur ini yaitu tanaman layu secara tiba-tiba, mengering dan daun banyak berguguran. Tanaman terinfeksi sebaiknya dimusnahkan agar tidak menyebar ke tanaman lain yang sehat. 



Pemanenan Budidaya Cabe


Cabe besar Royal 77 panen umur 85 - 90 hari dengan panjang buah 16 - 18 cm. Berat cabe 17 - 18 gram per buah. Cabe besar Royal 77 memiliki potensi hasil sebesar 30 ton/ha. Proses pemanenan cabe besar dilakukan beberapa kali tergantung varietas, teknik budidaya dan kondisi lahan. 

Proses pemanenan bisa dilakukan setiap 2 - 5 hari sekali disesuaikan kematangan buah dan permintaan pasar. Pemetikan buah cabai sebaiknya disertakan tangkainya karena cara tersebut dapat memperpanjang umur simpan. 

Cabe besar Royal 77 yang dipetik pilih cabe berwarna oranye hingga merah. Pemetikan panen sebaiknya pada pagi hari. Jumlah panen cabe besar Royal 77 bisa sampai 30 - 40 kali tergantung ketinggian tempat dan cara budidayanya. 

Petani biasanya menyemprotkan pupuk setelah pemetikan ketiga. Pemetikan pada pagi hari setelah embun kering. Lakukan sortir buah cabai sejak dilahan dan letakkan ditempat yang sejuk. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Jual Benih Cabe Besar Royal 77 Terbaik dari Royal Seed. Hubungi nomer kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan untuk bercocok tanam bagi petani dan bukan petani. 

Kami menyediakan berbagai varietas benih buah dan sayuran hibrida dan bebas penyakit maupun virus. Kami juga menyediakan pupuk berkualitas, hormon pertumbuhan, pestisida dan alat-alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian tanpa dipungut biaya.

Toko pertanian Online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang akan sampai tujuan dengan selamat dan dijamin aman. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan masih banyak lagi. 

Semoga artikel Kami bisa menambah wawasan Anda tentang benih cabe besar Royal 77 Produk Royal Seed. Penjabaran Kami tentang cara budidaya cabe besar meyakinkan Anda bahwa budidaya Cabe besar Royal 77 tidak sulit. 

Bahkan bisa dijadikan usaha rumahan karena peluang usaha tanaman cabe menjanjikan dan menguntungkan. Selamat mencoba menanam cabe besar Royal 77, benih murah dan terbaik dari Royal Seed. Salam sukses....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.