TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

27/01/14

Bhaskara Cabai Kecil Cepat Panen Hasil Tinggi

Benih, Bibit, Tanaman, LMGA AGRO, Harga Cabai, Tanaman Cabai, Harga Murah, Cabai Keciol, Cabai Rawit
Cabai Hibrida Bhaskara
Bhaskara Cabai Kecil Cepat Panen Hasil Tinggi. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih cabai rawit Bhaskara panen hasil tinggi. Benih terbaik cap Kapal Terbang. 

Cabai Rawit, Cabai Kathur atau orang sering sebut cabe Baskoro, cabai setan. Demikian beberapa sebutan di beberapa daerah untuk memberi nama Cabai Kecil di Indonesia. 

Tanaman Cabai ini termasuk anggota genus Capsicum  yang sekarang banyak dibudidayakan dan mempunyai nilai ekonomis yang tinggi di Indonesia.

Selain di Indonesia tanaman cabe Baskoro cabe rawit paling produktif juga tumbuh dan terkenal sebagai bahan olahan masakan sehari-hari di negara Asia Tenggara yang lain. Seperti Malaysia, Thailand, Singapura  ( Mungkin karena satu rumpun ya ). Bahkan di Indonesia sendiri ada dibeberapa daerah yang ekstrim dimana cabai rawit digunakan sebagai bahan dasar utama sayuran ( Penulis membayangkan betapa pedas dan panasnya perut ini ). 

Buah cabai kecil / Cabai Rawit mempunyai warna dasar kuning, hijau dan akan menjadi merah saat masak. Walaupun ukurannya tergolong kecil dibanding cabai yang lain namun cabai Rawit ini termasuk yang paling pedas di antara golongan cabai yang lain. 

Kadar kepedasan mencapai 50.000 - 100.000 pada Skala Scoville. Sebagai cabai yang banyak di gunakan di Indonesia cabai kecil ini banyak di jumpai di pasar-pasar besama dengan Variatas cabai yang lain seperti cabai besar, cabai keriting, cabai paprika dll.


Cabe Rawit Hibrida


Sudah banyak sekali jenis cabai kecil baik Hibrida ( F1 ) maupun cabai kecil yang sifatnya unggul yang diproduksi oleh pabrikan benih di Indonesia. Beberapa cabai Kecil yang bisa disebutkan penulis diantaranya adalah : Jenis Hibrida ( F1 ) ada Cabai F1 Sonar, F1 Pelita, F1 Dewata 43, F1 Dewata Dll. 

Sedangka untuk cabe Rawit paling produktif yang sifatnya OP ( Unggul ) ada cabai unggul Cakra Hijau, Cakra Putih, Bara, Taruna, Geni, Madun, Trisula Hijau, Trisula Putih, Kencana. Karena sering dan dominannya cabai Kecil ini digunakan dalam olahan masakan di Indonesia. 

Cabai rawit pernah sebagai penyumbang Inflasi di Indonesia tahun 2011 di mana pada saat itu harga cabai rawit mahal di tingkat petani saat itu adalah Rp. 100.000/Kg. Harga cabai yang mahal tersebut sempat memicu petani dan terjadi bergeseran Cara Budidaya Cabai Kecil. 

Semula dominan budidaya cabai berumur panjang dan panen lama bergeser ke varietas cabe rawit berumur pendek, genjah, cepat panen dengan hasil per pohon tinggi.

Saat ini cabai rawit paling produktif dan mempunyai kriteria diatas ( berumur pendek, cepat panen, tahan penyakit dan hasil tinggi ) dimiliki oleh cabai Hibrida ( F1 ) Bhaskara produk dari Bisi International. Dalam pengamatan penulis terhadap cabe Bhaskara yang ada di lapangan dapat disimpulkan sebagai berikut 
  • Cabe Bhaskara F1 ini dapat beradaptasi mulai dari dataran rendah sampai dengan dataran tinggi
  • Perawatan mudah dan toleran terhadap penyakit layu bakteri dan Jamur serta serangan busuk buah Antracnose
  • Cabai F1 Bhaskara mempunyai tanaman yang pertumbuhannya seragam dengan postur tegak dan mempunyai Vigor yang kuat dengan ketinggian tanaman optimal bisa mencapai 1 meter dengan hasil buah mencapai maximal 1,1 Kg dalam satu siklus tanaman cabai ini atau rata-rata setara 15 Ton / Ha.
  • Buah berwarna putih kehijauan dan akan menjadi merah mengkilat pada saat masak sempurna dengan ukuran buah panjang sekitar 6 Cm dengan diameter 0.6 Cm.
  • Rasa pedas ada sedikit langu dengan masa umur panen merah pertama umur 65 HST ( untuk di tanam di dataran rendah )
  • Jarak tanam yang Ideal di anjurkan untuk Budidaya Cabai F1 Bhaskara  untuk mencapai hasil yang maximal adalah 65 cm x 65 Cm dengan kebutuhan benih 80 Gram / Ha tanah
Dari kriteria tanaman yang ada pada Benih Cabai Hibrida ( F1 ) Bhaskara tersebut tidak ada alasan lagi bagi petani di Indonesia untuk tidak membudidayakan cabai Bhaskara ini. Sudah banyak contoh nyata akan keberhasilan petani dengan menanam cabai Hibrida ( F1 ) Bhaskara. Biasanya cabai yang umurnya genjah dan cepat panen ini dapat di gunakan sebagai tanaman Solusi untuk mengejar kalau harga cabai di pasaran mahal. Apabila ingin lebih jelas dan membutuhkan cabai F1 Bhaskara ini bisa menghubungi dan beli di Toko Online LMGA AGRO, cukup pesan lewat HP barang akan sampai tujuan alamat dimanapun anda berada. Silakan hubungi di CP Bpk. Budi Telp. : 082 141 747 141 atau SMS/WA : 0812 5222 117.

RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.