TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/07/20

Benih Buah Semangka Arsenal F1 Non Biji Terbaik dari Bintang Asia

semangka arsenal, buah semangka, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, online shop, lmga agro
Benih Semangka Arsenal F1
Benih Buah Semangka Arsenal F1 Non Biji Terbaik dari Bintang Asia. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian LMG Agro online jual benih buah semangka Arsenal F1 dari Bintang Asia. Benih terbaik buah semangka non biji berdaging merah.

Toko pertanian LMGA Agro online jual segala kebutuhan bercocok tanam tanaman sayur dan buah. Produk lengkap tersedia benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian berkualitas.

Toko pertanian LMGA Agro melayani konsultasi gratis tentang bercocok tanam dan permasalahan di lapangan. Mulai dari pembibitan, pengolahan lahan, perawatan tanaman, pemupukan dan pengendalian organisme pengganggu.

Toko pertanian LMGA Agro online shop jual benih buah semangka Arsenal F1. Tanaman buah semangka non biji produk terbaik Bintang Asia. Produktivitas tinggi dengan bobot buah tinggi. Tanaman buah semangka Arsenal F1 toleran dari penyakit layu Fusarium ( Fw ), bercak buah dan penyakit akibat virus.

Buah Semangka Arsenal F1, benih terbaik produk Bintang Asia tahan penyakit Fw, GSB dan Dm. Semangka non biji berdaging merah dan kulit tebal. Tahan pengangkutan jarak jauh. Protensi panen tinggi dan panen umur 58 - 62 HST.   

Toko pertanian LMGA Agro berpengalaman lama sebagai distributor benih hibrida dan unggulan produk terbaik perusahaan benih terkemuka di Indonesia. Kami mengajak usaha online shop sebagai dropship dan reseller benih dan produk pertanian lain.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Barang dijamin aman dan sampai tujuan alamat Anda. Bekerja sama dengan jasa ekspedisi yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain.

Tanaman buah semangka Arsenal F1 non biji sangat disukai masyarakat. Bukan saja karena cara konsumsi menjadi lebih mudah karena tidak direpotkan adanya biji semangka. Juga karena manfaat buah semangka sangat banyak untuk kesehatan. Menjadikan peluang usaha menanam buah semangka menjanjikan dan menguntungkan.



Karakteristik Semangka Arsenal F1 Bintang Asia


Benih semangka Arsenal F1 produk Bintang Asia merupakan jenis buah semangka non biji. Buah berbentuk bulat dan kulit tebal sehingga buah semangka Arsenal F1 tahan pengangkutan jarak jauh. Buah semangka Arsenal F1 tidak gampang rusak dan tergores karena kulitnya tebal. 

Buah semangka Arsenal F1 kulit berwarna hijau gelap dan daging buah berwarna merah. Bobot buah semangka Arsenal F1 panen 8 - 10 kg. Rasa manis dan umur panen 58 - 62 HST. Potensi hasil panen sebesar 35 - 45 to/ha. 

Budidaya semangka Arsenal F1 direkomendasikan untuk ditanam didataran rendah sampai menengah. Tanaman toleran penyakit layu Fusarium Fw, Gummy Stem Blight dan Downy mildew. Benih dikemas berat 20 gram.

Tekstur buah semangka Arsenal F1 lurik hampir tak tampak. Buah semangka Arsenal F1 berkualitas, telah teruji di tingkat petani. Juga sangat disukai pedagang karena sangat laris. Disukai konsumen karena rasanya menyegarkan dan manis.

Benih semangka Arsenal F1 hibrida, buah manis dan tahan penyakit. Dikemas berat 20 gram, sekitar 400 - 450 butir benih. Cocok sebagai buah pencuci mulut dan sebagai menu penutup. Buah semangka Arsenal F1  populer dan digemari masyarakat mulai anak-anak hingga orang dewasa.


Baca Juga : Semangka Inul Kuning Garnis Panah Merah



Manfaat Buah Semangka Arsenal F1


Buah semangka arsenal F1 memiliki manfaat tinggi untuk kesehatan tubuh kita. Buah semangka juga penting untuk dikonsumsi baik bagi laki-laki maupun perempuan. 

Buah semangka Arsenal mengandung vitamin mineral tinggi dan membuat tubuh lebih segar. Kandungan gizi dalam buah semangka Arsenal F1 lengkap. Antara lain : Kalium, vitamin A, B6, C, E dan K, senyawa zat besi, Sodium, Mangan dan masih banyak lagi.

Dalam buah semangka Arsenal terdapat kandungan khas buah semangka yaitu likopen. Dan buah semangka memiliki kandungan likopen tinggi. Likopen bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga kulit, jantung dan organ dalam kita lainnya sampai organ pencernaan tetap sehat. 

Likopen menyebabkan adanya pengurangan kerusakan jaringan prostat kita secara signifikan. 

Asam folat tinggi dalam buah semangka baik untuk kesehatan janin ibu hamil. Asam folat bermanfaat menyuburkan kandungan dan mencegah cacat fisik dan saraf bayi. Manfaat asam folat semakin maksimal bila dibuat jus semangka karena lebih lebih cepat diserap tubuh. 

Vitamin A dan C bermanfaat untuk menyegarkan kulit dan menguatkan rambut hingga tidak mudah rontok. Vitamin C dalam buah semangka Arsenal tinggi, baik bermanfaat menurunkan risiko asma. Vitamin C juga bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidan. 

Likopen dapat melindungi mata dari peradangan dan kerusakan oksidatif. Likopen bekerja sebagai senyawa anti-inflamasi dan antioksidan untuk mencegah degenerasi macula terkait usia. 

Likopen bermanfaat mencegah kanker pada sistim pencernaan. Likopen dapat mengurangi insulin-like Growth Factor ( IGF ) yaitu protein yang teribat dalam pembelahan sel.


Baca Juga : Benih Semangka Merah Putri Delima Diburu Petani



Pohon Semangka Arsenal F1 


Nama latin semangka Arsenal F1 adalah Citrullus lanatus. Masuk kategori suku ketimun-timunan disebut Cucurbitaceae. Pohon semangka merambat dan tanaman yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. 

Tanaman semangka masih satu kerabat dengan labu-labuan, tanaman melon ( Cucumis melo ) dan timun ( Cucumis sativus ). Tanaman semangka dipanen buahnya untuk dimakan segar terutama bila dibuat jus semangka. 

Seperti tanaman mentimun yang satu famili, pohon semangka merambat namun tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak memanjat. Jangkauan merambatnya dapat mencapai belasan meter.  

Daun semangka berlekuk ditepinya. Bunga sempurna, berwarna kuning dan kecil. Buah semangka berkulit tebal dan keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda. Terdapat larik-larik berwarna  hijau tua. 

Tanaman semangka cukup tahan terhadap kekeringan. Terutama setelah memasuki fase pembentukan buah. Semangka Arsenal F1 adalah jenis tanaman semangka non biji. Semangka non biji tidak memiliki biji sehingga mudah dan praktis dikonsumsi. 

Fisik buah semangka non biji memiliki warna kulit dan corak lebih gelap dibandingkan semangka berbiji. Perbedaan kulit sangat mencolok. Hal ini dapat membantu pecinta buah semangka untuk membedakan antara semangka biji dan non biji. 

Proses budidaya semangka non biji seperti semangka Arsenal F1 membutuhkan perlakuan sedikit lebih rumit. Budidaya semangka non biji ada perlakuan khusus pada persemaian, penyerbukan dan pemupukan. Jika proses dilakukan tidak benar, kemungkinan terjadi kegagalan. 

Pohon semangka non biji Arsenal F1 berumur sedikit lebih lama. Semangka berbiji dapat dipanen umur 55 - 60 HST. Semangka non biji dipanen umur 65 - 70 HST.  



Peluang Usaha Menjanjikan Budidaya Semangka


semangka arsenal, buah semangka, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agrok
Peluang Usaha Semangka
Semangka tanpa biji seperti benih semangka Arsenal F1 produk Bintang Asia merupakan salah satu teknologi dibidang pertanian. Teknologi dibidang pertanian bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar. 

Karena kebutuhan pasar kini bermacam-macam permintaannya. Dan diperlukan inovasi teknologi untuk mampu memenuhi tantangan tersebut.  Permintaan akan semangka tanpa biji juga merupakan kebutuhan pasar. 

Seluruh dunia sangat menggemari semangka tanpa biji. Mengkonsumsi buah semangka tanpa biji terasa mudah karena tidak ribut adanya biji semangka. Hal ini karena jumlah biji semangka cukup banyak dan tebal. 

Harga jual semangka tanpa biji juga lebih mahal dari semangka berbiji. Harga jual lebih mahal ini dikarenakan cara menanam semangka tanpa biji tidak semudah menanam semangka biji. 

Teknologi menanam semangka non biji ini bukanlah teknologi baru. Teknologi semangka tanpa biji sudah berumur ratusan tahun tepatnya sejak tahun 1939. Petani dari Jepang menjadi penemu dan pelopor teknologi semangka non biji. Hingga berkembang menjadi benih-benih hibrida seperti semangka Arsenal F1.

Peluang usaha menanam semangka Arsenal perlu menanam semangka biji. Hal ini karena bunga jantan pada semangka non biji bersifat mandul/steril. Jadi agar bisa muncul buah maka bunga betina diserbuki dari tepung sari bunga jantan semangka biji. 

Usaha menanam semangka non biji untuk perbandingan jumlahnya antara semangka non biji : semangka biji adalah 5 : 1. Tanam semangka biji harus ditanam lebih cepat 1 minggu sebelum menanam semangka non biji. 

Untuk cara menanam semangka non biji terdapat proses polinasi atau penyerbukan. Ada 2 cara penyerbukan yaitu penyerbukan alami dengan bantuan lebah dan penyerbukan manual oleh si petani. Penyerbukan manual dipilih bila di area kebun tidak banyak ditemukan lebah/serangga polinator. 



Syarat Tumbuh Tanam Semangka Arsenal F1


Semangka Arsenal F1 direkomendasikan ditanam didataran rendah sampai menengah. Semangka Arsenal tumbuh baik pada tanah gembur berpasir dan beriklim hangat. Suhu optimal tumbuhnya antara 20 - 30 derajat Celcius. 

Budidaya semangka Arsenal F1 membutuhkan penyinaran matahari penuh yaitu minimal 7 jam/hari, Suhu perkecambahan untuk semangka adalah 25 - 30 derajat Celcius. Suhu pertumbuhan 20 - 25 derajat Celcius. 

Suhu untuk pembungaan dan penyerbukan adalah 25 - 30 derajat Celcius. Nilai pH tanah untuk menanam semangka adalah 6 - 7. Sebagai catatan bahwa serbuk sari semangka non biji ini bersifat mandul sehingga tidak dapat membuahi. 

Budidaya semangka non biji Arsenal F1 perlu tanam semangka biji untuk diambil bunga jantannya. Serbuk sari dari bunga jantan semangka biji nanti membuahi bakal buah bunga betina semangka Arsenal. 

Jumlah tanaman untuk semangka biji sebanyak 10% dari jumlah tanaman semangka non biji. Penyerbukan nantinya harus dilakukan secara manual. 

Buah dengan kadar air tinggi sering menjadi incaran banyak orang. Karena selain iklim di Indonesia yang tropis dengan sinar matahari yang bersianr lama. Juga karena kadar air buah-buah tersebut menyegarkan. Contoh buah kadar air selain semangka tentunya, juga ada melon, blewah dan timun suri.


Baca Juga : Untung Besar dari Buah dan Benih Semangka Lonjong Valentino



Persiapan Lahan Menanam Semangka Arsenal F1


semangka arsenal, buah semangka, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Persiapan Lahan Menanam Semangka
Persiapan lahan dengan cara tanah dibajak atau dicangkul sampai menjadi gembur. Pilihlah lahan yang dekat sumber air dan mudah dijangkau. Bersihkan lahan dari rumput liar dan kerikil serta batu. 

Lalu buat bedengan dengan parit kecil ditengahnya. Lebar bedengan 70 - 80 cm dan tingginys disesuaikan kondisi lahan. 

Bila lahan landai, bedengan tidak perlu tinggi. Bila lahan datar, buat tinggi bedengan sebesar minimal 30 cm. Usahakan agar air tidak menggenang saat turun hujan. Jarak antar bedengan 3 - 4 meter. 

Bedengan menanam semangka bisa dibuat bedengan tunggal atau ganda, Bedeng ganda memudahkan dalam pemeliharaan dan penyiraman sistim leb. Sedangkan bedeng tunggal, penyiraman harus menggunakan sistim drip ( Drip Irigation ). 

Setelah membuat bedeng, saatnya melakukan pemberian pupuk dasar. Jika pH tanah < 6 maka taburkan kapur Dolomit 3 - 4 ton/ha sampai pH tanah 6 - 7. Biarkan selama 7 - 10 hari. 

Setelah itu taburkan pupuk kandang sebanyak 1 - 1,5 kg/tanaman. Kemudian beri juga pupuk TSP : KCl : ZA sebanyak 100 gram/tanaman ( perbamdingan 1 : 2 : 1 ). Aduk tanah sampai pupuk menyatu dengan tanah dan biarkan tersiram air hujan. Bisa juga dengan penyiraman hingga basah.

Proses pemupukan dasar ini dilakukan 10 - 15 hari sebelum tanam bibit semangka Arsenal F1. Selanjutnya pemasangan mulsa plastik hitam perak. Pemasangan harus segera dilakukan setelah penyiraman dan setelah terjadi hujan. 

Lalu buat lubang tanam dengan jarak 80 - 90 cm ditengah bedengan. Lubang tanam untuk bedengan bermulsa menggunakan alat pelubang mulsa. Alat tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro dan terdapat 2 tipe alat berdasarkan ukuran diameternya.   



Cara Persemaian Bibit Semangka Arsenal F1


Benih semangka Arsenal F1 tahan penyakit Fusarium Wilt, Gummy Stem Blight dan Downy Mildew. Karena sudah bersertifikasi, benih tidak perlu diperam untuk berkecambah. Persiapan persemaian yaitu menyiapkan polybag kecil untuk pembibitan. 

Polybag diisi media berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 ; 1. Media tanam harus diayak halus hingga gembur lalu dicampur sampai merata. Masukkan ke polybag setinggi 3/4 polybag. Diamkan selama 1 hari.

Sebelum benih ditanam, siram media dengan air hingga basah. Benamkan benih dan pelihara benih sampai siap menjadi bibit setelah umur 7 - 10 hari. Pemeliharaan meliputi penyiraman setiap hari dengan gembor yang lubang nozlenya kecil.

Selai membuat bibit untuk semangka non biji, kita juga harus siapkan bibit semangka biji sebagai sumber polennya. Semangka berbiji dibutuhkan bunga jantannya ( serbuk sari ) untuk membuahi bakal buah tanaman semangka non biji Arsenal F1.

Bibit untuk tanaman semangka bibi sebanyak 10% dari jumlah total bibit semangka non biji Arsenal F1. Penanaman bibi semangka ke lahan setelah berumur 10 hari yaitu setelah muncul 2 - 3 helai daun. Waktu penanaman yang baik adalah sore hari.

Kondisi lahan harus lembab/basah. Sebelum penanaman, media tanam semai juga dalam kondisi basah. Tanah basah memudahkan bibit dikeluarkan dari polybag dan akar akan tercabut semua dengan mudah. 

Penanaman bibit harus diselesaikan dalam satu hari agar panen bisa dilakukan bersamaan. Bibit dimasukkan pada lubang tanam yang sudah dibuat satu hari sebelumnya. Tutup dengan tanah disekeliling lubang tanam. Selesai ditanam, bibit disiram air bersih sampai basah agar bibit tidak layu.


Baca Juga : Buah Semangka Gadis Manis Banyak Digemari



Pemeliharaan Budidaya Buah Semangka Arsenal F1


semangka arsenal, buah semangka, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Kocor | LMGA Agro
Penyiraman

Penyiraman budidaya semangka Arsenal dilakukan 3 hari sekali. Penyiraman disesuaikan kondisi lapangan. Bila turun hujan, tanaman tidak perlu disiram dulu. Petani biasanya menyiram 2 hari sekali saat musim kemarau sampai muncul buah semangka dan sudah sebesar telur ayam. 

Saat sudah berbunga, penyiraman dihentikan sementara agar tidak mengganggu proses pembentukan buah. Bila seleksi buah sudah dilakukan, tanaman perlu dijaga kelembabannya sampai umur sekitar 23 HST. 

Buah semangka bila dibiarkan kekeringan, buah akan mudah pecah/busuk. Memasuki umur 24 HST, penyiraman pelan-pelan dikurangi. Sampai menjelang panen, penyiraman dihentikan untuk mendapatkan kadar gula tinggi buah semangka panen. 


Penyiangan

Penyiangan baru dilakukan bila tampak gulma di lahan dan mengganggu tanaman. Penyiangan bisa Anda lakukan bersamaan dengan penyiraman, pemupukan dan kegiatan lainnya. 


Perempelan/Pemangkasan

Biarkan tumbuh, tunas/ranting sekunder yaitu ranting pada daun pertama dan kedua. Ranting pada daun ke-3 dan selanjutnya bisa dibuang. Atur batang utama dan ranting tanaman semangka Arsenal F1 pada sisi bedengan. Dirapikan agar tampak rapi dan memudahkan dalam memeliharanya. 

Perempelan/pemotongan pucuk tanaman dilakukan saat umur 12 HST yaitu telah muncul 6 helai daun. Lakukan pemangkasan setelah terbentuk 3 ruas dan pilih 3 cabang utama untuk dipelihara. 

Tiga cabang dipelihara tadi Anda bentuk seperti huruf W dan jarak antar cabang adalah 15 cm. Seluruh tunas air di cabang sekunder dan letaknya dibawah daun ke-14 harus dipangkas. Pemangkasan menggunakan gunting tajam. 



Pemupukan Susulan Menanam Semangka Arsenal F1


Bersamaan dengan pemupukan, bisa kita melakukan sanitasi kebun. Yaitu kebun dibersihkan dari gulma yang biasa tumbuh di sepanjang parit seminggu sekali. Bersihkan kebun sesuai pertumbuhan gulmanya. Bersihkan juga dari daun-daun tua yang rontok juga ranting lalu timbun dalam tanah. 

Cara pemberian pupuk susulan tanaman semangka Arsenal F1 : 

- Pertama, umur 7 HST yaitu 3 kg NPK dan dicairkan dalam 150 liter air. Masing-masing tanaman kocorkan 250 cc. 

- Kedua, umur 14 HST yaitu 2 kg NPK + 1 kg ZA dicairkan dalam 100 liter air. Kocorkan setiap tanaman sebanyak 250 cc. 

- Ketiga, umur 21 HST yaitu 3 kg NPK dan dicairkan 150 liter air. Kocorkan sebanyak 250 cc per tanaman. Pemberian diberikan 7 hari sekali dengan penambahan dosis secara berkala.  



Penyerbukan pada Budidaya Semangka Arsenal F1


Cara menanam semangka non biji seperti benih semangka Arsenal membutuhkan proses penyerbukan untuk mendapatkan buah. Penyerbukan tanaman semangka non biji dilakukan secara manual. Proses penyerbukan dimulai setelah umur 25 HST. 

Cara penyerbukan semangka Arsenal F1, yaitu ambil serbuk sari bunga jantan semangka berbiji secukupnya. Oleskan serbuk sari menggunakan kuas lembut pada bakal buah ( putik ) bunga betina semangka Arsenal non biji. 

Proses penyerbukan ini sebaiknya dilakukan pagi hari dan maksimal pukul 09.00. Bunga jantan bisa dipetik sore harinya dan pilih bunga jantan yang diperkirakan esok hari akan mekar. Penyerbukan dilakukan sampai tanaman umur 35 HST. 

Bunga jantan juga dapat Anda ambil pagi hari mulai pukul 04.30 - 05.00. Bunga betina yang akan diserbuki adalah bunga tersebut muncul di ruas ke-14. Dan setelah 3 hari ditandai dengan warna yang sama. 



Seleksi dan Cara Mendapatkan Buah Semangka Bagus


Cara pemangkasan tanaman semangka untuk mendapatkan hasil panen maksimal. Yaitu, jangan biarkan banyak batang sulur ( utama ) juga cabang lateral pada tanaman semangka kita. Atur batang utama sedemikian rupa untuk mendapatkan buah bermutu.

Pilih cabang lateral terbaik dari banyak cabang lateral di tanaman tersebut. Bila sudah mendapatkan cabang lateral terbaik, cabang lainnya bisa dipangkas. Pemangkasan menggunakan gunting dan sisakan 5 cm dari cabang utama. Tujuan pemangkasan ini, nutrisi bisa terpusat ke pertumbuhan buah.

Jika menginginkan ukuran buah semangka besar, usahakan ada 3 - 4 calon buah yang dipelihara. Buah terletak di satu cabang lateral dan buah lainnya pada batang sulur/utama. 

Seleksi calon buah paling bagus dengan cara memilih calon buah yang bentuknya seragam dan tampak sempurna. Kulit tidak berkerut dan buah terletak 70 cm dari pangkal batang utama. 

Sisa calon buah yang tidak terpilih sebaiknya dibuang. Caranya, potong tangkai buah yang melekat pada calon buah. Pemotongan pada tangkai buah untuk menghindari rusaknya batang. 

Setelah dilakukan penyerbukan, kita akan mengetahui calon buah yang akan menjadi buah. Seleksi buah dilakukan bila buah sudah benar-benar jadi. Ukuran buah adalah sebesar telur ayam dan buah kurang bagus sebaiknya dibuang. 

Peliharalah buah di setiap ranting sekunder dan batang utama bila memungkinkan. Namun bila tanaman semangkanya tampak kurus dan kurang subur sisakan 1 buah saja. 

Buah yang akan dipelihara sampai panen segera diberi alas seresah atau jerami agar tidak mudah busuk. Lakukan rutin pembalikan buah  semangka agar warna kulit merata dan rasa buah semangka lebih manis. Pembalikan dilakukan pada umur 15 HST dan 25 HST dan posisi buah berdiri.



Benih Semangka Arsenal F1 Tahan Penyakit


Benih semangka Arsenal F1 tahan penyakit Fw, GSB dan DM dan ketiganya penyakit paling ditakuti oleh petani Semangka. Kita perlu mengenal ketiga penyakit tersebut dan gejalanya pada tanaman. Sehingga bila sudah mengetahui, kita bisa mengetahui dengan cepat dan segera mengambil tindakan pengendalian yang tepat. 


Antraknosa

Disebut juga penyakit kresek. Penyebabnya adalah cendawan Colletotrichum. serangan penyakit dimulai dari daun-daun pusat tanaman dan terdapat bercak-bercak bundar. Bila diamati seksama, bagian luar bercak berwarna coklat. Sedangkan bagian dalam berwarna coklat muda konsentris. 

Pengendalian penyakit Antraknosa yaitu berupa kultur teknik. Yaitu rotasi tanaman dengan tanaman bukan satu famili. Serta selalu menjaga kebersihan/sanitasi kebun. Bila serangan berat bisa semprotkan fungisida. 


Downy Mildew ( Dw ) atau Embun Bulu

Downy mildew merupakan salah satu penyakit penting yang menyerang tanaman semangka. Daun terserang menunjukkan gejala bercak kuning bersudut. Bercak seperti mengikuti alur tulang. Serangan dalam satu daun secara terpisah-pisah. 

Serangan parah menyebabkan daun mengering dan mudah hancur. Downy mildew juga bisa menyerang buah semangka. Akibatnya buah akan berukuran kecil dan tidak bagus. Pengendalian dengan mengatur pengairan jangan berlebihan. Lakukan penyemprotan fungisida benar dan teratur.  


Layu Fusarium ( Fw )

Gejala awal adalah tulang-tulang daun menjadi pucat dan tangkai merunduk. Dan akhirnya seluruh tanaman menjadi layu lalu mati. Jika pangkal batang dikelupas menggunakan kuku atau pisau tampak garis melingkar seperti cincin. Cincin tersebut berwarna coklat berasal dari berkas pembuluh. 

Cendawan tampak didalam pembuluh kayu dan menyebabkan berkas pembuluh terdapat nekrotik berwarna coklat. Pencegahannya yaitu tidak menanam ditempat yang sama dan ditanam semangka dan terkena layu fusarium. 

Pergiliran tanaman, yaitu bila sebelumnya ditanami semangka dan terserang layu fusarium. Maka untuk selanjutnya pilih tanaman padi/palawija ( kacang tanah/kedelai ). Lakukan pemberian agen hayati berbahan Trichoderma sp. dan Gliocladium. Kedua agen hayati ini antagonis terhadap jamur Fusarium penyebab layu. 


Gummy Stem Blight ( GSB )


Disebut penyakit hawar batang semangka dan menjadi penyakit serius pada tanaman famili Cucurbitaceae. Penyebabnya adalah jamur Didymella bryoniae. Penyakit ini bisa dibawa oleh benih bahkan oleh benih bersertifikasi. Musim dingin yang panjang pada sisa tanaman terinfeksi juga bisa menyebarkan penyakit ini. 

Periode suhu tinggi, kelembaban > 85% dan basah daun 1 - 10 jam menyebabkan perkembangan penyakit meningkat. Terjadinya luka terbuka akibat peralatan pertanian menyebabkan penyakit cepat menyebar. 

Gejala awal munculnya noda bulat dan hitam, lesi berkerut pada daun muda. Pada batang terdapat daerah cekung gelap. Busuk batang Gummy cepat berkembang. Penyakit ini tidak secara langsung mempengaruhi buah semangka. Namun berpengaruh pada ukuran dan kualitas buah. 

Bila infeksi sampai pada buah menyebabkan busuk hitam. Infeksi ini dapat dilihat di kebun yaitu tampak setelah buah dipanen dan dalam penyimpanan. 

Penyakit GSB memang sangat ditakuti oelh petani dan belum ada obat penawarnya hingga kini. Penyakit ini datang dari benih yang merupakan awal pertumbuhan tanaman. Sehingga tidak ada jalan lain yaitu penggunaan benih bebas penyakit seperti benih semangka Arsenal F1.

Jika tanda-tanda penyakit muncul, segera buang tanaman dan juga tanaman didekatnya karena mungkin sudah terinfeksi. Lakukan pencegahan seperti pergiliran tanaman dan jarak tanam yang lebar. 



Hama yang Menyerang Tanaman Semangka


Jangkrik/Gangsir

Menyerang tanaman semangka dengan cara memakan bagian pangkal batang, khususnya batang tanaman muda. Pencegahan yaitu menjaga kebersihan lahan dari gulma dan sampah, Juga menutup lubang mulsa denga tanah. Semprotkan insektisida Decis, Curacron atau Regent. 


Penggerek Daun

Menyerang daun tanaman hingga batang tanaman muda. Akibatnya daun menjadi berlubang hingga menyisakan tulang daunnya saja. Pencegahan yaitu letak penanaman jauh dari tanaman melon, gambas dan timun. Penggunaan insektisida yaitu Curacron atau Regent.


Ulat Grayak

Biasanya memakan bagian daun terutama daun yang masih muda dan batang muda. Lakukan penyemprotan menggunakan Curacron, Regent atau Santoat.


Ulat Tanah

Hama aktif di malam hari dan menyerang bagian daun dan batang. Penyemprotan insektisida sebaiknya di malam hari. Menggunakan Prevathon atau Curacron.


Lalat Buah

Menyerang bagian buah yang masih kecil. Menyerang dengan cara memasukkan telur-telurnya ke dalam byah. Telur akan menetas dan menjadi larva. Larva inilah yang memakan bagian dalam buah. Akibatnya buah menjadi menguning, busuk dan akhirnya rontok. 

Pengendalian biasanya menggunakan perangkap lalat buah. Juga bisa disemprotkan insektisida berbau tajam yaitu Santoat. Toko pertanian online LMGA Agro jual perangkap lalat buah Yellow Trap. 


Aphids dan Thrips

Kedua jenis hama ini dari spesies kutu-kutuan dan biasa menyerang tanaman masih muda. Menyerang dengan cara menghisap cairan dalam daun hingga daun mengkerut dan keriting. Pencegahan yaitu selalu bersihkan gulma di kebun. Penyemprotan menggunakan akarisida berbahan aktif abamektin.


Kumbang Daun 

Biasanya menyerang di malam hari dan sasarannya daun dan bunga. Serangan hama ini membuat daun dan bunga berlubang. Pengendalian menggunakan insektisida berbahan aktif diaentiuron, profenofos atau metidation.


Kutu Kebul ( Bemisia tabaci )

Serangan hama ini menyebabkan kerusakan parah pada daun. Terdapat bercak nekrotik pada daun dan rusaknya semua sel dan jaringan daun. Hama ini menjadi hama vektor pembawa penyakit bulai atau virus Gemini. 

Pengendalian dengan memusnahkan tanaman terinfeksi. Juga dengan cara penyemprotan menggunakan akarisida berbahan aktif abamectin. 



Panen Semangka Arsenal F1


Panen buah semangka Arsenal umur 58 -62 HST. Daging buah tanpa biji, berwarna merah dan rasa sangat manis. Potensi panen mencapai 35 - 45 ton/ha. Buah semangka Arsenal F1 matang dapat dilihat dari warna kulit buah sudah memudar. 

Sulur yang ada dipangkal buah tampak mengering. Waktu panen buah semangka dianjurkan setelah embun pagi mengering yaitu sekitar pukul 09.00. Cuaca juga sedang cerah, tidak mendung apalagi hujan. 

Panen disaat buah sedang basah oleh embun, menyebabkan buah semangka mudah busuk. Dipetik saat kulit basah, buah tidak tahan lama selama disimpan. Pemetikan buah semangka Arsenal F1 disertakan tangkai buahnya. Adanya tangkai buah membuat buah tahan lama selama disimpan.  

Demikian artikel Kami judul : Benih Buah Semangka Arsenal F1 Non Biji Terbaik dari Bintang Asia. Hubungi nomer kami HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual secara online segala kebutuhan petani bercocok tanam. 

Kami melayani konsultasi gratis tentang budidaya tanaman sayur dan mulai pembibitan hingga panen. Membantu Anda mengatasi permasalahan di lapangan. Kami juga mengajak Anda usaha online menjadi dropship atau reseller produk pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro produk lengkap benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida dan lain-lain. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami bekerja sama dengan jasa ekspedisi terpercaya JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Semoga artikel Kami bisa bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan mengenai cara menanam semangka Arsenal F1. Benih semangka non biji terbaik produk Bintang Asia. Peluang usaha menanam semangka Arsenal F1 juga menjanjikan dan menguntungkan.

Banyak orang menyukai buah semangka dan sudah paham akan khasiat tinggi buah semangka Arsenal F1. Selamat mencoba menanam semangka Arsenal F1. Salam sukses....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.