TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

01/07/20

Budidaya Jagung Manis Hasilkan Panen Berkualitas Menguntungkan

jagung,budidaya jagung manis,budidaya jagung,budidaya tanaman,pertanian,benih jagung,benih jagung manis,lmga agro
Budidaya Jagung
Budidaya Jagung Manis Hasilkan Panen Berkualitas Menguntungkan. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia dan jual benih jagung manis kualitas terbaik dengan harga murah untuk petani.

Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan mitra dan sahabat petani untuk pemenuhan kebutuhan usaha pertanian seperti budidaya tanaman. Usaha budidaya tanaman memerlukan beberapa sarana pertanian seperti varietas benih tanaman, pupuk, pestisida, dan alat pertanian. Selain itu Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menyediakan jasa konsultasi pertanian untuk membantu petani menyelesaikan masalah pertanian.

Varietas benih tanaman yang tersedia di Toko Pertanian Online memiliki jenis beragam disertai sifat hibrida unggulan cocok untuk usaha budidaya. Beragam jenis benih tanaman tersedia lengkap dan diproduksi oleh pabrik benih terpercaya seperti BISI, Known You Seed, dan lain-lain.

Pupuk pertanian juga tersedia lengkap di Toko Pertanian Online LMGA Agro untuk pemenuhan nutrisi usaha budidaya tanaman. Jenis pupuk yang tersedia di LMGA Agro juga beragam seperti pupuk pertanian organik dan pupuk pertanian kimia. Pupuk yang tersedia memiliki kualitas terbaik dan memiliki harga murah serta terjangkau untuk petani.

Jenis pestisida yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro juga cukup beragam seperti insektisida, fungisida, herbisida, dan lain-lain. Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan harga terjangkau untuk pestisida kualitas terbaik untuk membantu pencegahan hama tanaman.

Budidaya jagung manis dapat menghasilkan bahan pangan sekunder yang bisa digunakan untuk menggantikan nasi yang berasal dari beras. Budidaya jagung manis terbilang sangat menguntungkan bagi petani karena terbukti menjadi salah satu bahan pangan utama.

Tanaman padi sebagai penghasil beras yang kemudian diolah menjadi nasi merupakan salah satu jenis bahan pangan utama di negara Indonesia. Namun selain beras dari hasil panen padi, budidaya jagung manis juga mampu menghasilkan bahan pangan cadangan yang mampu menggantikan beras.

Jagung Manis Jadi Bahan Pangan Cadangan


Tanaman padi sudah sejak lama menjadi jenis tanaman yang banyak dibudidayakan di ladang atau lahan pertanian di Indonesia. Hal ini dikarenakan tanaman padi bisa diolah lebih lanjut menjadi beras dan setelah itu dimasak menjadi nasi untuk kebutuhan pangan. Sehingga nasi menjadi jenis bahan pangan pokok yang selalu tersedia di setiap meja makan masyarakat Indonesia.

Budidaya tanaman padi lebih banyak dilakukan oleh petani dikarenakan berguna untuk mempertahankan kebutuhan pangan pokok di Indonesia. Namun terdapat beberapa tanaman yang mampu dibudidayakan secara lebih intensif dan berpeluang menjadi bahan pangan sekunder pengganti nasi. Beberapa jenis tanaman yang berpotensi mampu menggantikan nasi sebagai bahan pangan pokok diantaranya adalah kentang, ketela, dan jagung manis.

Jagung manis merupakan salah satu jenis tanaman jagung yang mayoritas mudah dibudidayakan di lahan pertanian Indonesia. Jagung manis memiliki rasa yang lebih manis dari jagung biasa dan banyak dimanfaatkan untuk pembuatan beberapa jenis makanan di Indonesia.

Jagung manis cocok dibudidayakan oleh petani Indonesia di daerah dataran rendah hingga dataran menengah terutama di musim kemarau. Musim kemarau dinilai menjadi musim yang sangat cocok untuk memulai usaha budidaya jagung manis, karena dinilai memiliki banyak keunggulan.

Keunggulan budidaya jagung manis di musim kemarau adalah pertumbuhan tanaman jagung menjadi lebih optimal karena mendapat pencahayaan penuh. Selain itu kegiatan penyerbukan bunga dan biji tanaman jagung manis menjadi lebih optimal apabila kebutuhan air selalu tercukupi.

Budidaya jagung manis pada musim kemarau juga perlu banyak diperhatikan oleh petani karena sangat mempengaruhi kualitas pertumbuhan tanaman. Beberapa faktor yang mempengaruhi budidaya jagung manis pada musim kemarau seperti ketersediaan air, kelembaban rendah dan suhu tinggi.  Sehingga budidaya jagung manis bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan bagi para petani sebagai pelaku usaha pertanian.


Cara Menanam Jagung Manis Hasil Melimpah

budidaya jagung manis,budidaya jagung,benih jagung,benih jagung manis,pertanian,lmga agro
Cara Menanam Budidaya Jagung

Budidaya jagung manis menjadi salah satu penghasil bahan pangan sekunder yang dinilai mampu menggantikan nasi sebagai bahan pangan pokok. Selain menjadi bahan pangan pokok pengganti nasi, jagung juga bisa diolah secara lebih lanjut menjadi berbagai macam jenis makanan ringan.

Hal ini membuktikan bahwa budidaya jagung manis memberikan prospek yang cerah untuk kedepannya. Sehingga perlu dipelajari bagaimana cara menanam jagung secara baik dan benar di lahan pertanian untuk mendapatkan hasil panen melimpah berkualitas. Dibawah ini terdapat beberapa tahapan untuk melakukan budidaya jagung manis di lahan pertanian secara baik dan benar.

Persiapan Lahan


Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai usaha budidaya jagung manis adalah melakukan persiapan lahan pertanian. Persiapan lahan pertanian ini perlu dilakukan untuk mengubah karkateristik tanah yang sebelumnya padat dan keras menjadi gembur.

Proses persiapan lahan pertanian untuk budidaya jagung manis dilakukan dengan cara pembajakan lahan sawah dan penggemburan tanah. Pembajakan lahan sawah dapat dilakukan dengan cara membalikkan tanah bagian dalam ke permukaan dengan alat pertanian seperti cangkul. Proses pembajakan sawah bermanfaat untuk membersihkan permukaan lahan dari tanaman gulma dan hama tanaman yang berpotensi merugikan.

Setelah lahan pertanian dibajak dan didiamkan selama 3 hari, maka langkah selanjutnya adalah melakukan penggemburan tanah dengan garu. Penggemburan tanah bertujuan untuk menghasilkan tekstur tanah yang lebih lembut dan gembur. Kemudian, para petani diharuskan membuat bedengan dengan lebar 75 cm dan tinggi 5 sampai 10 cm.

Lahan pertanian yang telah diolah secara keseluruhan selanjutnya bisa diberikan unsur hara tambahan yang berasal dari pupuk. Kandungan unsur hara dalam pupuk bisa meningkatkan kandungan nutrisi dalam tanah sehingga lahan pertanian menjadi lebih subur. Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk organik seperti pupuk kandang dan campuran pupuk kimia.

Penanaman Benih Jagung Manis


Hal selanjutnya yang perlu dilakukan oleh para petani setelah melakukan pengolahan lahan pertanian adalah melakukan penanaman benih jagung manis. Namun sebelum melakukan penanaman benih jagung manis alangkah baiknya para petani memilih benih jagung manis kualitas terbaik dengan sifat hibrida.

Benih jagung manis hibrida saat ini selalu menjadi pilihan utama petani setiap memulai usaha budidaya jagung manis di lahan pertanian. Hal ini dikarenakan benih jagung manis hibrida memiliki banyak keunggulan ketika digunakan untuk budidaya jagung manis.

Benih jagung manis bisa ditanam setelah lahan pertanian berumur 1 minggu dan unsur hara serta nutrisi dalam tanah sudah siap. Proses penanaman benih jagung manis untuk budidaya jagung manis harus menggunakan jarak tanam ideal agar kualitas pertumbuhannya maksimal. Jarak tanam yang ideal untuk budidaya jagung manis di lahan pertanian hasil pengolahan adalah 70 x 25 cm.

Perawatan dan Pemupukan Budidaya Jagung Manis


Seperti pada umumnya usaha budidaya tanaman, budidaya jagung manis juga memerlukan perawatan untuk mendukung kualitas pertumbuhan tanaman. Beberapa perawatan yang cocok untuk budidaya jagung manis adalah pemupukan serta mencegah tanaman terserang penyakit.

Pencegahan penyakit pada usaha budidaya jagung manis bisa dilakukan petani dengan cara memberikan jerami padi diatas bedengan. Peletakkan jerami padi diatas bedengan budidaya jagung manis bertujuan untuk mencegah tumbuhnya rumput liar dan menjaga kelembaban tanah. Selain itu jerami padi juga bermanfaat untuk mencegah erosi tanah pada bedengan saat terkena air hujan.

Proses pemupukan susulan juga termasuk dalam perawatan budidaya jagung manis yang harus dilakukan oleh petani sebagai pelaku usaha pertanian. Proses pemupukan susulan bertujuan untuk menjaga kadar unsur hara dalam tanah agar tetap stabil dan cukup untuk proses pertumbuhan tanaman.

Pemupukan budidaya jagung manis bisa menggunakan jenis pupuk urea sebanyak 125 kg/ha lahan pertanian. Pemberian pupuk ini dapat dilakukan petani saat budidaya jagung manis telah memiliki umur 20 hari setelah tanam (HST).

Pemupukan bisa kembali dilakukan petani saat umur budidaya jagung manis memasuki 35 hari setelah tanam. Pemberian pupuk susulan disaat umur tanaman jagung manis 35 HST bisa diberikan sebanyak 150 kg/ha. Pemberian pupuk susulan ini dapat dilakukan dengan cara dimasukkan kedalam lubang diantara tanaman jagung manis dan setelah itu tutup kembali.

Panen Budidaya Jagung Manis


Setelah melewati proses pengolahan lahan hingga perawatan tanaman, maka langkah terakhir dari budidaya jagung manis adalah proses panen. Pemanenan budidaya jagung manis dilakukan ketika tanaman berumur 65 sampai 75 HST, hal ini bergantung pada jenis benih yang digunakan.

Proses pemanenan budidaya jagung manis oleh petani dapat dilakukan secara berkelompok untuk mempermudah dan mempercepat proses panen. Setelah jagung manis sudah dipanen maka langkah selanjutnya adalah melakukan pengeringan biji jagung dengan cara dijemur dibawah terik matahari. Setelah biji jagung manis telah kering bisa dimasukkan ke dalam karung atau plastik dan disimpan dalam ruangan yang tidak lembab.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sedia varietas benih jagung manis berkualitas harga murah untuk petani. Varietas benih jagung manis yang tersedia cocok digunakan petani untuk memulai usaha budidaya jagung manis di lahan pertanian.


Tanam Jagung Manis Bebas Bulai Idaman Petani


Budidaya jagung manis merupakan salah satu usaha budidaya tanaman yang banyak diminati oleh para petani karena sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan budidaya jagung manis dapat menghasilkan bahan pangan sekunder yang sering dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan pengganti nasi. Namun terdapat beberapa kendala yang menghantui para petani saat melakukan usaha budidaya jagung manis, yaitu penyakit bulai.

Penyakit bulai merupakan penyakit utama pada budidaya jagung manis dan berpotensi sangat merugikan bagi para petani jagung. Hal ini dikarenakan tanaman jagung yang terkena penyakit ini harus segera dibongkar agar tidak menularkan ke tanaman lainnya. Sehingga budidaya jagung manis bebas bulai menjadi salah satu keinginan dari banyak petani dan pelaku usaha budidaya jagung.

Penyakit bulai disebabkan oleh jamur Peronosclerospora maydis yang menginfeksi permukaan daun jagung. Infeksi tersebut akan terus berkembang seiring berjalannya waktu hingga masuk ke titik tumbuh tanaman.

Ciri tanaman jagung manis yang terkena penyakit bulai adalah terlihat adanya butiran berwarna putih yang merupakan spora jamur pada daun tanaman jagung. Gejala lain dari penyakit bulai pada budidaya jagung manis adalah daun yang terinfeksi menjadi sempit dan terkesan kaku. Selain itu kualitas pertumbuhan tanaman jagung manis menjadi terhambat dan berpotensi tidak menumbuhkan tongkol.

Penyakit bulai pada budidaya jagung manis juga mampu menyerang tanaman yang masih memiliki usia muda. Tanaman jagung manis yang berusia muda namun telah terinfeksi penyakit bulai biasanya tidak bisa bertahan lama.

Pencegahan penyakit bulai pada budidaya jagung manis dapat dilakukan petani dengan beberapa cara ampuh seperti melakukan pergiliran tanaman. Pengamatan secara rutin pada budidaya jagung manis juga perlu dilakukan untuk berjaga-jaga terhadap serangan penyakit bulai pada budidaya jagung manis. Selain itu pencegahan penyakit bulai pada tanaman jagung manis dapat dilakukan dengan pemberian fungisida dengan dosis yang tepat.


Konsultasi Pertanian LMGA Agro Mudahkan Petani

konsultasi,pertanian,petani,budidaya jagung manis,budidaya jagung,benih jagung manis,budidaya tanaman
Konsultasi Pertanian

Budidaya jagung manis yang dilakukan oleh petani dan pelaku usaha pertanian tidak selamanya mengalami periode tenang dan menyenangkan. Hal ini dibuktikan dari beberapa ancaman yang mengintai usaha budidaya jagung manis seperti serangan penyakit bulai dan kesalahan dalam melakukan budidaya.

Serangan penyakit bulai bisa menjadi momok menakutkan bagi setiap petani dalam melakukan usaha budidaya jagung manis di lahan pertanian. Hal ini dikarenakan serangan penyakit ini mampu membuat petani mengalami banyak kerugian dan tidak dapat menghasilkan panen jagung manis sesuai ekspektasi.

Kekhawatiran petani akan serangan penyakit bulai dan beberapa kendala serta masalah pada budidaya jagung manis saat bisa diatasi dengan mudah. Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai sahabat dan mitra petani membuka jasa konsultasi pertanian secara gratis tanpa dipungut biaya. Sehingga petani bisa melakukan langkah-langkah jitu untuk mengatasi semua masalah budidaya jagung manis setelah berkonsultasi secara gratis di LMGA Agro.

Jasa konsultasi Toko Pertanian Online LMGA Agro menawarkan jalan keluar bagi setiap masalah dan kendala yang dihadapi oleh petani. Tidak hanya permasalahan pada budidaya jagung manis, namun juga budidaya tanaman lain seperti cabe, tomat, terong, timun, dan lain-lain. Selain itu apabila petani menggunakan jasa konsultasi LMGA Agro juga berkesempatan mendapatkan tips dan trik dalam usaha budidaya tanaman.

Selain membuka jasa konsultasi budidaya jagung manis, Toko Pertanian Online LMGA Agro juga menyediakan varietas benih jagung manis berkualitas. Benih jagung manis yang tersedia di LMGA Agro dijamin berkualitas dan cocok untuk usaha budidaya jagung manis karena memiliki sifat hibrida unggulan.

Varietas benih jagung manis hibrida di Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan hasil produksi pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Selain itu harga varietas benih jagung manis hibrida di Toko Pertanian Online LMGA Agro terjangkau dan murah untuk kebutuhan usaha petani.


Benih Jagung Manis Kualitas Terbaik LMGA Agro


Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan berbagai macam varietas benih jagung manis untuk kebutuhan usaha budidaya jagung manis. LMGA Agro siap kirim benih jagung manis pesanan konsumen ke seluruh wilayah Indonesia bekerjasama dengan jasa ekspedisi terpercaya. Beberapa varietas benih jagung manis kualitas terbaik di Toko Pertanian Online LMGA Agro bisa dilihat dibawah ini.

benih jagung manis,benih jagung,budidaya tanaman,budidaya jagung manis,budidaya jagung,pertanian

Jagung Bonanza panen umur 65 HST
Potensi panen 16 ton/ha
Tahan downy mildew dan toleran bulai
Cocok dataran rendah sampai menengah
benih jagung manis,jagung,jagung manis,jagung secada,cap panah merah,lmga agro

Jagung Secada panen umur 70 HST
Potensi panen 14 ton/ha
Tahan downy mildew dan toleran bulai
Cocok dataran rendah sampai menengah

benih jagung prima,prima,jagung prima,benih jagung manis,budidaya jagung,budidaya jagung manis

Jagung Prima panen umur 75 HST
Potensi panen 14 ton/ha
Tahan downy mildew dan toleran bulai
Cocok dataran rendah sampai menengah
benih jagung talenta,jagung talenta,budidaya jagung manis,benih jagung manis,pertanian,lmga agro

Jagung Talenta panen umur 70 HST
Potensi panen 14 ton/ha
Tahan downy mildew dan toleran bulai
Cocok dataran rendah sampai menengah

benih jagung paragon,jagung paragon,benih jagung manis,benih jagung,budidaya jagung,budidaya jagung manis

Jagung Paragon panen umur 75 HST
Potensi panen 25 ton/ha
Tahan downy mildew dan toleran bulai
Cocok dataran rendah sampai menengah


Demikian artikel tentang Budidaya Jagung Manis Hasilkan Panen Berkualitas Menguntungkan. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Budidaya Jagung Manis ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.