TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

02/07/20

Jual Benih Bunga Kol Orient F1 Terbaik Cap Kapal Terbang

bunga kol orient, budidaya kubis bunga,jual benih bunga kol, manfaat bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Bunga Kol Orient F1
Jual Benih Bunga Kol Orient F1 Terbaik Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro sedia benih kubis bunga genjah super terbaik cap Kapal Terbang.


Toko pertanian online LMGA Agro sedia berbagai kebutuhan bertani produk lengkap dan berkualitas. Tersedia benih unggul dan hibrida buah dan sayur. Selain itu sedia pupuk, pestisida, hormon pertumbuhan dan alat-alat pertanian. Kami mendapat dukungan dari perusahaan pertanian terpercaya mitra petani.

Benih bunga kol Orient F1 terbaik cap Kapal Terbang produk PT BISI International, Tbk. Benih dikemas berat 10 gram. Umur panen genjah dan produksi panen tinggi. Cocok dijadikan sebagai peluang usaha menanam bunga kol menguntungkan dan menjanjikan.

Benih Bunga Kol Orient F1 Cap Kapal Terbang. Benih produk PT BISI Internasional, Tbk. Benih hibrida tahan penyakit, produksi tinggi, umur genjah. Perawatan mudah dan tahan lama disimpan. 

Bunga kol Orient F1 cap Kapal Terbang perawatannya mudah. Bunga kol banyak disukai masyarakat sebagai sayuran. Banyak masakan bisa diolah menggunakan sayuran bunga kol ini. Bunga kol juga memiliki banyak kandungan nutrisi. Manfaatnya tinggi bagi kesehatan kita.



Karakteristik Bunga Kol Orient F1 Cap Kapal Terbang


Benih bunga kol Orient F1 produk cap Kapal Terbang berumur genjah dan super. Umur 55 HST, bunga kol Orient F1 sudah bisa dipanen. Berat crop saat panen sebesar 400 - 600 gram/tanaman. Perawatan mudah. Berat kemasan benih 10 gram.

Bunga kol Orient F1 berwarna putih-krem dan bentuk buah seperti kubah serta padat. Benih bunga kol Orient F1 direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai menengah.

Bunga kol atau kembang kol disebut juga kubis bunga, termasuk sayuran dalam keluarga kubis-kubisan. Bunga kol Orient F1 mengandung banyak jenis serat dan vitamin B.

Bunga kol masuk dalam kelompok jenis Brassica oleraceae ( suku Brassicaceae ). Bentuknya mirip brokoli. Perbedaannya, bunga kol memiliki banyak kepala bunga. Juga kepala bunga tersusun teratur dan padat.

Bagian kepala bunga kol Orient F1 lazim dimakan. Pada dasar kepala terdapat daun-daun hijau tebal dan tersusun rapat. Bunga kol Orient F1 merupakan sumber vitamin dan mineral dan lazim dimasak dulu sebelum dikonsumsi. Namun ada juga orang memakan bunga kol mentah atau dijadikan acar.





Manfaat Bunga Kol Orient F1 Bagi Kesehatan


bunga kol orient, budidaya kubis bunga, manfaat bunga kol, jual benih hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Bunga Kol
 Bunga kol Orient F1 mengandung zat-zat alami dan berkhasiat melindungi lengkungan dan cabang pembuluh darah. Dimana pembuluh darah merupakan daerah paling rentan terhadap peradangan. Bunga kol Orient F1 mengandung serat tinggi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan.

Bunga kol Orient F1 kaya serat dan air. Serat dan air penting untuk mencegah sembelit, menjaga pencernaan dan menurunkan risiko kanker usus besar. 

Serat merupakan makanan bakteri sehat dalam tubuh, berfungsi mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Menurunkan risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes. 

Serat bermanfaat mencegah obesitas. Serat mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan. Bunga kol Orient F1 sumber serat yang baik. Kadar airnya tinggi baik sebagai menu penurun berat badan.  

Bunga kol Orient F1 mengandung antioksidan dan dapat membantu mencegah mutasi sel. Selain itu membantu mengurangi stress oksidatif dari radikal bebas. Antioksidan dalam bunga kol Orient F1 terbukti mengurangi risiko kanker payudara dan reproduksi pria dan wanita. 

Bunga kol Orient F1 mengandung senyawa sulforaphane berkhasiat melawan berbagai jenis kanker. Bunga kol Orient F1 mengandung senyawa kolin bermanfaat membantu tidur, pergerakan otot, belajar dan daya ingat. 

Bunga kol Orient F1 kaya vitamin K dan bermanfaat mendukung kesehatan tulang dan menurunkan risiko patah tulang dan osteoporosis. Vitamin K bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang dan meningkatkan penyerapan kalsium. 

Serat dalam bunga kol Orient F1 bermanfaat mengurangi risiko masalah kardiovaskular. Vitamin K dan kalsium dalam bunga kol Orient F1 membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan menjaga arteri agar tetap sehat. 

Kandungan alami dalam bunga kol Orient F1 mendukung proses detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi adalah proses menon-aktifkan bahan kimia yang berpotensi merusak. Lalu memindahkannya keluar dari tubuh lebih cepat. 



Mengenal Bunga Kol ( Kubis Bunga )


Bunga kol ( kubis bunga ) merupakan tumbuhan semusim dan daur hidupnya berlangsung minimal 4 bulan dan maksimal 1 tahun tergantung tipe kubis bunga. Ada tipe summer/spring dan tipe winter.  

Bunga kol Orient F1 memiliki nama latin Brassica oleraceae. Tanaman sayuran famili Brassicaceae ( jenis kol dan bunga putih kecil ). Bunga kol tumbuhan berbatang lunak berasal dari Eropa subtropis di daerah Mediterania.  

Bunga kol ( kubis bunga ) memiliki tangkai daun agak panjang dan helai daun berlekuk panjang. diameter massa kubis bunga 15 - 20 cm atau lebih. Bila kondisi lingkungan sesuai, massa bunga bunga kol dapat tumbuh memanjang dan penuh kuntum bunga. 

Perakaran relatif dangkal dan menembus kedalaman 60 - 70 cm. Akar yang baru tumbuh berukuran 0.5 mm. Setelah umur 1 - 2 bulan, akar menyebar ke samping sampai sedalam 20 - 30 cm. 

Bunga kol menyukai suhu minimal 15.5 - 18 derajat celcius. Maksimal 24 derajat celcius. kelembaban optimal ideal antara 80 - 90%. Bunga kol Orient F1 benih terbaik dan dapat ditanam di dataran rendah sampai menengah. Dataran rendah dan suhu malam terlalu rendah menyebabkan pembentukan bunga tertunda dan umur panen lebih lama. 

Budidaya bunga kol Orient F1 membutuhkan tanah lempung berpasir. Namun tanaman bunga kol masih bisa toleran tanah berpasir dan liat berpasir. Nilai pH ideal antara 5.5 - 6.5 dan pengairan drainase yang baik. 





Persemaian Bunga Kol Orient F1


bunga kol orient, budidaya kubis bunga, manfaat bunga kol, jual benih hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Pembibitan
 Seleksi benih yaitu merendam benih dalam air dan benih yang baik adalah akan tenggelam. Rendam benih selama kurang lebih 12 jam atau sampai benih tampak pecah. Perendaman dapat mempercepat benih berkecambah.

Benih bunga kol Orient F1 disemai dan dibumbun sebelum dipindahkan ke lahan tetap. Persemaian bisa dilakukan di bedengan semai. Juga bisa menyemai langsung pada bumbung, dibuat dari daun pisang, kertas makanan berplastik atau polybag kecil. 

Pembibitan pada budidaya bunga kol Orient F1 menggunakan sistem tebar di media semai ( kotak semai ). Setelah seminggu dipindah ke polybag dan biarkan tumbuh sampai 2 minggu. Kemudian tanam di lahan.

Jarak tanam cara menanam bunga kol Orient F1 menggunakan sistem baris ganda 40 x 60 cm. Bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak. Lahan diolah hingga gembur. Bedengan dibuat lebar 1 meter dan tinggi 20 cm.

Persemaian untuk bibit bunga kol Orient F1 menggunakan polybag ukuran 7 x 10 cm. Media semai menggunakan tanah halus dan pupuk kandang halus ( 2 : 1 ).

Perawatan bibit bunga kol Orient F1 adalah penyiraman 2 kali sehari. Pasanglah naungan untuk melindungi bibit dari hujan dan terik matahari, Naungan dibuka pada pagi dan sore hari.

Persemaian di tray semai menggunakan media tanah, arang sekam dan pupuk kandang dan sudah diayak sampai halus ( 1 : 1 : 1 ). Berikan pupuk Urea dalam bentuk cair sebanyak 0.5 gram/liter. Lakukan penyiangan dan penyemprotan pestisida setengah dari dosis yang ditentukan.

Persemaian berupa bedengan khusus, diberi atap peneduh sebagai pelindung dari hujan. Jangan sampai benih kecil dan masih lemah menjadi rusak karena curahan hujan. Tempat persemaian juga harus aman dari gangguan binatang. Penyiraman menggunakan hand sprayer.



Persiapan Lahan Menanam Bunga Kol Orient F1



Persiapan lahan berupa pengolahan tanah dan bertujuan untuk memperbaiki kondisi tanah menjadi gembur dan pertumbuhan akar menjadi maksimal. Pengolahan tanah juga bertujuan memperbaiki tekstur tanah.

Tanah digemburkan menggunakan cangkul sampai kedalaman 30 - 40 cm. Lalu buat bedeng-bedeng lebar 80 - 100 cm dan tinggi 35 cm. Jarak antar bedengan dibuat sekitar 40 cm. Sebelum membuat bedengan, bersihkan lahan dari gulma.

Bila pH tanah rendah kira-kira 5.5 maka lakukan pengapuran pada tanah. Dosis kapur dolomit diberikan sekitar 1 - 2 ton/ha. Berikan pupuk kandang ayam 20 ton/ha. Tambahkan juga pupuk kimia Urea, ZA, KCl dan TSP dosis sekitar 250 kilogram/ha.

Sebarkan merata ke bedengan yang sudah jadi. Pupuk dasar diratakan diatas bedengan lalu diaduk agar bercampur bersama tanah. 





Cara Menanam Bibit Bunga Kol Orient F1


Bibit bunga kol Orient F1 bisa dipindahkan ke lahan tetap setelah mempunyai 4 helai daun dan berumur 1 bulan. Proses pemindahan bibit sebaiknya dilakukan pagi dan sore hari. 

Jarak tanam menanam bunga kol yaitu kultivar lebar berjarak 50 x 50 cm. Sedangkan untuk kultivar tajuk tegak, jarak tanam adalah 45 x 65 cm. 

Pemasangan mulsa plastik dilakukan siang hari agar mulsa dapat menutup erat. Mulsa plastik hitam perak dipasang dan bagian warna perak berada di atas. Sedangkan bagian warna hitam bagian bawah. 

Fungsi mulsa plastik adalah : 

- Menekan pertumbuhan gulma. 
- Menahan/menjaga kelembaban. 
- Mencegah/mengurangi penguapan air.
- Menghemat biaya tenaga kerja dalam hal proses penyiangan.
- Warna perak bagian atas tidak disukai oleh hama.
- Membantu proses fotosintesis lewat pantulan sinar matahari ke mulsa. 

Setelah bedengan ditutup mulsa, dibuat lubang tanam menggunakan alat pelubang mulsa. alat tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro. Terdapat 2 jenis alat pelubang mulsa berdasarkan besar diameter. Lubang tanam sedlam 2 - 3 cm. 

Bibit dalam polybag harus dikeluarkan untuk ditanam pada lubang tanam. Sebelum penanaman, polybag disiram air sampai basah untuk memudahkan mengeluarkan bibit. Bibit dikeluarkan dari polybag yaitu merobek polybag dan keluarkan hati-hati tanpa merusak akar. 

Satu bibit ditanam dalam satu lubang tanam, tutup menggunakan tanah sekitarnya. Basahi bibit yang baru ditanam hingga basah. Penanaman harus dilakukan selesai dalam satu hari agar dapat tumbuh serempak. 



Pemeliharaan Menanam Bunga Kol Orient F1


Penyulaman

Inilah langkah pertama dalam pemeliharaan setelah dilakukan penanaman bibit. Amati selama 7 hari setelah penanaman. Bila tampak ada bunga kol Orient F1 yang tidak sehat dan sudah mati maka harus diganti secepatnya. Yaitu diganti dengan bibit baru, sehat dan segar. 


Penyiangan

Penyiangan bersamaan melakukan penggemburan dan pemupukan susulan ( umur 7 - 10 hst, 20 hst dan 30 - 35 hst ). Penyiangan dan penggemburan dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak akar bunga kol yang dangkal. Penyiangan dihentikan saat bunga kol Orient masuk masa berbunga ( akhir fase vegetatif ). 


Pengairan

Pemberian air rutin dilakukan pagi dan sore hari. Bila musim kemarau, penyiraman dilakukan 1 - 2 hari. Terutama bila bunga kol Orient F1 pada fase pertumbuhan awal dan pembentukan bunga. 


Perempelan

Proses ini dilakukan pada masa dini tanaman. Perempelan dapat mempengaruhi ukuran massa bunga dan kualitas tanaman. Crop bunga kol Orient dapat terbentuk dengan baik. Naungi bunga kol Orient  F1 bila sudah terbentuk dari sinar matahari. Yaitu, ditutup menggunakan daun-daun tua lalu diikat. Cara ini juga agar warna bunga tetap putih. 





Pemupukan Susulan Budidaya Bunga Kol Orient


Pupuk Susulan Sistem Tebar

Pupuk susulan Bunga kol Orient F1 diberikan 3 kali. Pertama setelah tanaman berumur 7 - 10 hari setelah tanam. Jenis pupuk menggunakan pupuk Urea, TSP, KCl dan ZA. Kedua, pemupukan umur 20 HST dan ketiga umur 30 - 35 HST. 

Pupuk susulan bunga kol Orient F1 pertama, diberikan umur 7 - 10 HST. Yaitu pupuk ZA 150 kg/ha, Urea 75 kg/ha, TSP 150 kg/ha dan KCl 75 kg/ha. Pupuk diberikan dengan sistem tabur berjarak 10 - 15 cm dari pangkal batang lalu tutup tanah. 

Pupuk susulan II diberikan umur 20 HST. Yaitu pupuk ZA 150 kg/ha, Urea 75 kg/ha, TSP 75 kg/ha dan KCl 150 kg/ha. Sebarkan pupuk pada larikan sekeliling batang berjarak 20 cm. Tutup pupuk dengan tanah. 

Pupuk susulan III diberikan umur 30 - 35 HST. Yaitu pupuk ZA 150 kg/ha, Urea 100 kg/ha dan KCl 150 kg/ha. Sebarkan pupuk pada larikan sekeliling batang berjarak 25 cm lalu tutup dengan tanah. 


Pupuk Susulan Sistim Kocor 

Pupuk susulan cair bunga kol Orient F1 dikocorkan pada : 

-  Umur 7 dan 14 HST yaitu 0,6 kg NPK 16-16-16 + 0,3 kg Urea. Larutkan pupuk dalam 1 drum air ( 200 liter ). 

- Umur 21 HST yaitu 0,6 kg NPK16-16-16 + 0,3 kg Urea + 0,8 KCl. Pupuk dilarutkan dalam 200 liter air ( drum ).

- Umur 28 HST yaitu 1,2 kg NPK 16-16-16 + 0,6 kg Urea + 0,8 KCl. Pupuk dilarutkan dalam 200 liter air ( drum ). 

- Umur 35 HST yaitu 1,2 kg NPK 16-16-16 + 0,6 kg Urea + 0,8 kg KCl, larutkan dalam 1 drum air 200 liter. 

Kocorkan ke setiap lubang tanam sebanyak 200 cc ( 1 gelas aqua ).



Hama dan Penyakit Bunga Kol 


bunga kol orient, budidaya kubis bunga, manfaat bunga kol, jual benih hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pestisida | Toko Pertanian LMGA Agro
Ulat Plutella ( Plutella xylostella L. )

Ulat berwarna hijau dan memakan daun bagian bawah hingga meninggalkan tulang-tulang daun. Daun juga berlubang. 


Ulat Croci ( Crocidolomia binotalis Zeller )

Ulat berwarna hijau, bergaris punggung hijau muda dan bagian perut berwarna kuning. Mengakibatkan massa bunga dan daun sekelilingnya berlubang-lubang. 


Ulat Tanah ( Agrotis cypsilon Hufn. )

Ulat merusak bunga kol dengan cara memotong titik tumbuh juga dipangkal batang bunga kol. Hingga tangkai daun dan  batang menjadi rebah lalu layu terutama di siang hari. 


Kutu Daun ( Aphis brassicae )

Kutu daun menghisap cairan sel sehingga daun menguning dan massa bunga terdapat bintik kotor. Kutu daun biasanya hidup berkelompok dipermukaan bawah daun atau pada massa bunga. Serangan semakin hebat di musim kemarau. 


Ulat Jengkal ( Trichoplusiana sp. ) dan Ulat Grayak ( Spodoptera sp. )

Ulat jengkal berukuran 4 cm, berwarna hijau pucat dan ada pita merah muda di setiap sisi badannya. Ulat grayak memiliki bintik-bintik segitiga berwarna hitam. Badan bergaris-garis kekuningan pada sisinya. 

Kedua ulat menyerang hebat di musim kemarau. Menyebabkan daun rusak, berlubang-lubang dan tersisa tulang daunnya. Ulat grayak menyerang tanaman beramai-ramai dalam kelompok besar. Pengendalian dengan melakukan pergiliran tanaman selain famili Cruciferae


Penyakit Busuk Hitam


Penyebabnya adalah bakteri Xanthomonas campestris Dows. Penyakit ini bersifat tular benih ( seed born ). Penyakit ini menyerang semua fase pertumbuhan bunga kol. Infeksi meninggalkan bekas gigitan atau luka. 

Gejala : adanya bercak coklat kehitam-hitaman pada daun, batang, tangkai, bunga dan massa bunga. Batang dan massa bunga menjadi busuk hingga gagal dipanen. 


Penyakit Busuk Lunak

Disebabkan oleh Erwinia carotovora Holland. Akibantnya tanaman menjadi busuk lunak dikebun dan saat pasca panen. Infeksi bakteri menimbulkan luka pada pangkal bunga dan hampir panen. Juga menyerang pada akar yang terluka. Gejala : batang menjadi busuk atau pada pangkal bunga secara tiba-tiba.


Akar Bengkak

Penyebabnya adalah jamur Plasmodiophora brassicae Wor. Gejala : tanaman layu seperti kekeringan lalu segar kembali malam harinya. Berlangsung terus sampai pertumbuhan terhambat, kerdil dan tidak muncul bunga. 

Akar bunga kol membengkak. Tampak juga ada bercak hitam pada akar. Pengendalian melakukan pergiliran tanaman dengan selain famili Cruciferae

Rotasi tanaman dapat mencegah serangan hama dan penyakit bunga kol. Pengendalian biologis dapat diterapkan beserta pengendalian kimiawi atau pestisida biologis.



Panen Bunga Kol Orient F1


Panen bunga kol Orient F1 cap Kapal Terbang dimulai umur 55 HST. Berat crop saat panen mencapai 400 - 600 gram/tanaman. Panen bunga kol Orient F1 sebelum bunganya mekar dan sewaktu krop masih berwarna hijau. 

Jika bunga suda mekar, tangkai buah akan memanjang. Kemudian akan keluarlah kuntum-kuntum bunga berwarna kuning. Panen bunga kol Orient F1 sebaiknya pagi atau sore hari untuk mendapatkan hasil yang baik. Setelah bunga kol dipetik, lakukan penyortiran dan penyimpanan. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Jual Benih Bunga Kol Orient F1 Terbaik Cap Kapal Terbang. Hubungi nomer HP kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro menyediakan segala kebutuhan bercocok tanam lengkap, berkualitas, murah dan terbaik.

Kami jual segala varietas benih hibrida dan unggul buah. Juga disini benih bunga kol Orient F1 cap Kapal Terbang. Kami juga jual pupuk, pestisida, hormon pertumbuhan dan alat-alat pertanian. Silahkan untuk berkonsultasi gratis tentang bercocok tanam dan masalah Anda di lapangan.

Toko pertanian Online LMGA Agro mengajak Anda usaha online sebagai dropship dan reseller. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bekerja sama dengan jasa ekspedisi mitra kerja Kami yaitu JNE, KI8, POS INDONESIA dan lain-lain.

Semoga artikel Kami bermanfaat. Penjabaran Kami tentang budidaya bunga kol Orient F1 dapat dicoba sebagai peluang usaha menjanjikan dan menguntungkan. Dapat pula dicoba sebagai usaha rumahan atau sampingan. Selamat mencoba, salam sukses...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.