TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

26/07/20

Waluh Suprema F1 Benih Labu Terbaik dan Murah Cap Panah Merah


Waluh Suprema F1 Benih Labu Terbaik dan Murah Cap Panah Merah. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih waluh Suprema/labu kuning terbaik, murah dan berkualitas.


Toko pertanian LMGA Agro melayani juga konsultasi pertanian. Siap membantu dan menjawab permasalahan Anda seputar bercocok tanam. Kami berpengalaman lama sebagai supplier pertanian. Dan didukung oleh perusahaan pertanian terkemuka.

Toko pertanian Online LMGA Agro produk lengkap dan berkualitas. Ada benih hibrida dan unggul buah dan sayur, alat-alat pertanian, pupuk, pestisida dan hormon pertumbuhan ( ZPT ). Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia.

Waluh Suprema F1, benih labu kuning terbaik Cap Panah Merah. Produksi panen tinggi, tahan penyakit dan banyak kandungan gizinya. Peluang usaha menanam waluh menjanjikan dan menguntungkan. 

Kami mengajak Anda sebagai dropship atau reseller pertanian Toko Online LMGA Agro. Kami bekerja sama dengan jasa pengiriman barang yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain.

Waluh Suprema F1, benih hibrida berkualitas cap Panah Merah produk PT East West Seed Indonesia. Benih direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Potensi hasil tinggi dan bebas penyakit.

Manfaat waluh atau labu kuning ternyata cukup banyak untuk kesehatan tubuh kita. Labu kuning memiliki komposisi gizi yang lengkap diantaranya antioksidan untuk menangkal kanker. Peluang usaha menanam labu kuning di Indonesia sangat menjanjikan. Waluh banyak dicari masyarakat dan sangat laris di bulan Ramadhan.



Karakteristik Buah labu Kuning Suprema F1


Toko pertanian Online LMGA Agro jual benih waluh/labu kuning Suprema F1 cap Panah Merah. Benih direkomendasikan ditanam di dataran rendah - tinggi. Benih waluh Suprema hibrida dan tahan penyakit. 

Umur panen 85 - 90 HST. Bobot buah waluh Suprema F1 3,5 kg - 4,5 kg. Potensi hasil panennya sebesar 40 - 50 ton/ha. Warna kulit hijau saat muda dan berubah kuning coklat saat tua. Daging buah berwarna kuning. Rasa waluh Suprema F1 pulen. 

Waluh Suprema F1 mampu tumbuh baik di lahan kritis dengan perawatan yang mudah. Waluh Suprema F1 cukup tahan terhadap virus gemini. Waluh masuk pada famili Cucurbitaceae, adalah kelompok tanaman merambat suku labu-labuan. 

Tanaman labu kuning atau waluh Suprema F1 berasal dari benua Amerika namun kini tanaman ini sudah menyebar dibanyak tempat yang memiliki iklim hangat. Di Indonesia waluh Suprema disebut " labu " saja. Meskipun buah labu mencakup kelompok tanaman yang luas. Karena ada labu air, labu siam, beligo dan labu madu. 

Buah waluh Suprema F1 berbeda dengan labu lainnya karena buahnya dimakan bila sudah masak. Biasanya daging waluh Suprema F1 bila masak berwarna jingga. Labu kuning Suprema F1 berukuran relatif besar, berbentuk bulat sampai bulat telur. Kulitnya berlekuk dan tampak jelas serta keras.  

Labu kuning Suprema F1 buah berwarna kuning karena mengandung beta-karoten, yaitu bagian dari provitamin A. Beta karoten juga berkasiat sebagai antioksidan. Labu kuning Suprema F1 berbiji besar dan berwarna coklat atau putih. Daging buah renyah, rasanya manis dan sedikit asam.





Manfaat Zat Gizi Labu Kuning Waluh Suprema F1


Seluruh bagian dari tanaman waluh Suprema F1 dapat dimanfaatkan. Daunnya digunakan sebagai sayur. Biji waluh Suprema F1 biasanya dijadikan kuaci. Air buah waluh Suprema F1 berguna sebagai penawar racun binatang berbisa. Biji waluh Suprema F1 selain dijadikan kuaci, juga berkhasiat sebagai obat cacing pita.

Daging buah labu kuning mengandung antioksidan. Antioksidan berkhasiat sebagai penangkal radikal bebas di udara penyebab dari penyakit kanker.

Labu kuning juga bisa untuk menyembuhkan radang, sakit ginjal, demam dan diare. Kandungan gizi dalam labu kuning yang berperan adalah karotenoid ( beta-karoten ), vitamin A, C, mineral, lemak dan karbohidrat.

Keluarga labu-labuan memiliki banyak varietas yaitu sekitar lebih 40 jenis labu. Keluarga labu-labuan kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral dan air. Banyak pakar gizi dan kesehatan menyatakan khasiatnya labu bagi kesehatan.

Labu dapat mengobati tekanan darah tinggi, menurunkan panas, diabetes dan memperlancar proses pencernaan. Sebagai bahan olahan, waluh atau labu kuning ( Cucurbita moschata ) paling sering dibuat masakan mulai kolak, sup, kue-kuean ( cake ) dan masih banyak lagi.

Meski paling sering diolah dan banyak khasiat labu didalamnya, harga jual waluh tidak mahal. Waluh merupakan spesies dari Amerika Tengah atau Amerika Selatan bagian utara. Tanaman waluh toleran terhadap panas dan cuaca lembab.

Waluh atau labu kuning Suprema F1 dibedakan dari jenis labu lainnya. Dikarenakan jenis labu kuning ini dapat dimakan saat telah masak, ukuran buahnya relatif besar dan berbentuk bulat. Kulit buah memiliki lekukan dan buah tampak jelas serta berkulit keras.

Kandungan gizi diantaranya vitamin A, B, C, kalsium, besi, Folat, serat, karbohidrat, Potassium dan protein. Buah labu kuning Suprema F1 termasuk buah rendah lemak, rendah kalori namun kaya serat.



Khasiat Waluh Suprema F1 Bagi Kesehatan dan Kecantikan



Waluh Suprema F1 rendah kalori tinggi serat. Cocok sebagai makanan diet bagi yang sedang program penurunan berat badan. Selain sebagai makanan diet, waluh Suprema F1 dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. 

Waluh Suprema F1 mengandung vitamin A tinggi berkhasiat melawan infeksi, virus, bakteri penyebab berbagai penyakit. Waluh Suprema F1 mengandung vitamin C 20% dari kebutuhan harian kita. Khasiatnya membantu memulihkan dari pilek, flu dan batuk-batuk. 

Waluh Suprema F1 labu kuning yang kaya vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Kandungan gizi demikian membuat tubuh tetap sehat dan muda. Menjadikan kulit selalu kenyal dan lembut. 

Kandungan beta-karotennya sebagai antioksidan dapat menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi sinar UV. Beta-karoten dalam tubuh juga dapat membantu retina menyerap dan memproses  cahaya. Seiring bertambahnya usia, terjadi penurunan fungsi retina dan menyebabkan kebutaan bila tidak ditangani dengan baik. 

Waluh Suprema F1 kaya Kalium. Asupan Kalium dapat menurunkan asupan Natrium. Kalium membantu mengurangi risiko stroke, pembentukan batu ginjal dan untuk kepadatan tulang. 

Folat dan Magnesium dalam waluh Suprema F1 sangat baik untuk kesehatan jantung. Magnesium bekerja sebagai relaksan pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah. Sekaligus mencegah terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung.  

Kalsium pada waluh Suprema F1 membantu pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis. Kalsium membuat tulang kita lebih sehat dan tumbuh baik. Termasuk buat kesehatan gigi karena kalsium sebagai nutrisi gigi agar tumbuh kuat. 





Peluang Usaha Menjanjikan Waluh Suprema F1


Waluh Suprema F1 biasa disebut dengan labu kuning, labu saja atau labu bundar. Merupakan salah satu buah yang banyak digemari. Waluh ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam olahan mulai sayur, kolak sampai kue ( cake ). 

Harga beli waluh dipasar masih tergolong murah padahal manfaatnya sangat tinggi. Waluh kebanyakan oleh petani dijadikan tanaman usaha kecil-kecilan dan ditanam dalam lahan tidak luas.

Murahnya harga buah waluh ini akibat sistim pemasarannya masih berkutat pada pasar lokal saja. Namun semakin berkembang inovasi dari waluh atau labu kuning ini, maka harga waluh perlahan naik. Tentu ini menjadi kesempatan baik petani untuk menjadikan peluang usaha menjanjikan.  

Tanaman waluh Suprema F1 juga dapat ditanam dalam lahan terbatas atau pekarangan rumah. Juga bisa diusahakan dalam polybag bahkan menggunakan metode hidroponik. Tanaman waluh Suprema F1 dapat dijadikan untuk mengisi pekarangan kosong dan bisa kita panen sendiri untuk kita olah. 

Bobot buah waluh Suprema F1 mencapai hingga 20 kg dan mulai panen umur 3- 4 bulan. Tahapan proses budidaya waluh Suprema F1 tergolong mudah. Meliputi persiapan lahan berupa membersihan lahan, pengolahan tanah dan pembuatan lahan tanam. 

Juga termasuk pemupukan dasar, lalu melakukan penyemaian benih dan penanaman bibit. Proses pemeliharaan meliputi penyiraman, penyulaman, pemupukan susulan dan penyiangan gulma. Pengamatan terus dilakukan untuk mengetahui lebih dini adanya serangan hama dan penyakit. Tahap terakhir adalah panen. 

Waluh Suprema F1 dapat dimanfaatkan untuk bahan alternatif pangan. Kandungan seratnya sangat baik untuk kesehatan. Bulan puasa, labu kuning ini tidak pernah dilewatkan dalam sajian kolak. Kandungan nutrisi yang lengkap membuat buah waluh banyak digemari. 

Sampai saat ini, kebutuhan masyarakat akan buah waluh masih terbilang tinggi. Menjadikan peluang usaha budidaya waluh semakin menjanjikan. 



Budidaya Waluh Suprema F1 Cap Panah Merah


Budidaya waluh oleh petani biasanya dilakukan dengan sistim tumpangsari bersama tanaman palawija, terutama jagung atau jagung manis. Budidaya waluh biasanya dilakukan antara bulan Januari - Maret. Penanaman bibit waluh saat tanaman jagung berumur 20 - 30 HST. 

Biaya perawatan budidaya waluh Suprema F1 relatif murah dan perawatan tidak sulit. Tanaman waluh Suprema F1 cap Panah Merah relatif aman dari serangan hama. Hasil panen buah waluh Suprema F1 mudah sekali dijual. Buah tahan lama penyimpanan dan tidak mudah busuk. 

Waluh Suprema F1 tumbuh baik di pekarangan, kebun luas, area persawahan baik di dataran rendah sampai dataran tinggi. Menanam waluh Suprema F1 cocok diketinggian lahan 800 - 1200 m dpl. 

Jenis tanah paling baik adalah jenis aluvial berhumus, tanah lempung berpasir, tanah gembur kering bekas rawa-rawa, tanah merah, andosol dan grumusol. Nilai pH tanahnya antara 5 - 6,5 dan tingkat kelembaban udara 75%. 

Tanaman menyukai curah hujan dan ketercukupan air dalam tanah karena akan berpengaruh pada pembungaan dan pembentukan buah waluh. Curah hujan ideal yaitu 700 - 1000 mm/tahun. Cahaya matahari yang cukup menjadi faktor luar ( eksternal ) untuk proses fotosintesis tanaman. 




Pengolahan Lahan Menanam Waluh Suprema F1


waluh suprema, labu kuning, jual benih labu, toko pertanian, online shop, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak | LMGA Agro
Pengolahan tanah untuk menanam waluh Suprema F1 yaitu tanah dibajak menggunakan alat berat/traktor. Pembajakan sawah/tanah juga bisa dengan bantuan hewan ternak sapi/kerbau. 

Tanah dibolak-balik sedalam 20 - 30 cm. Cek pH tanah bila < 6 beri kapur pertanian/dolomit sebanyak 1 - 2 ton/ha sampai tanah pH - nya netral. Setelah itu campur dengan pupuk kandang lalu diamkan tanah selama 1 - 2 minggu. Proses ini juga menunggu bibit berkecambah dan siap ditanam. 

Selanjutnya, membuat bedengan. Lebar 1 meter, tinggi 20 - 30 cm dan panjang disesuaikan luas lahannya. Jarak antar bedengan satu dengan bedengan lain adalah 35 - 40 cm. Permukaan bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak.

Selanjutnya membuat lubang tanam pada permukaan mulsa. Gunakan alat pelubang mulsa praktis untuk membuat lubang tanam. Toko pertanian online LMGA Agro jual alat pelubang mulsa untuk lubang tanam dan lubang pupuk. 

Setiap bedengan dibuat 2 baris lubang tanam. Jarak antar lubang dalam barisan dan larikan adalah 40 cm. Masing-masing lubang dimasukkan pupuk kandang/kompos. Pupuk kandang sebaiknya dari campuran kotoran kerbau/sapi/kambing dengan kotoran ayam perbandingan 1 : 1. 

Tiap lubang tanam diberi sebanyak 1 - 1,5 kg pupuk kandang atau 1/2 wadah rantang. Selanjutnya biarkan lahan selama 1 minggu agar pupuk tercampur dengan tanah. Kebutuhan pupuk kandang/kompos per 1 hektar berkisar antara 20 - 35 ton/hektar. 

Menanam benih waluh Suprema F1 langsung ke lahan. Masukkan benih sampai kedalaman 5 cm lalu tutup dengan tanah sekitarnya. Siram air sampai cukup lembab. Lakukan pengamatan setiap hari untuk mengetahui pertumbuhannya. 


Pemeliharaan Waluh Suprema F1 Panah Merah


Penyiraman 

Menanam waluh Suprema F1 dapat dilakukan sepanjang musim. Jika ditanam dimusim hujan, maka penyiraman tidak sering dilakukan. Namun jika ditanam dimusim kemarau maka penyiraman rutin dilakukan setiap hari. 

Tanaman waluh termasuk tanaman rakus air sehingga usahakan kebun kita dekat dengan sumber air dan mudah dijangkau. Air penting untuk mendukung proses fotosintesis dan mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh bagian tanaman. 


Pemupukan Susulan

Pupuk susulan menggunakan pupuk NPK dan diberikan dalam bentuk larutan. Pupuk NPK Phonska dosis 100 gram dilarutkan dalam 30 - 40 liter air. Pupuk lalu dikocorkan sebanyak 200 cc per tanaman. Pupuk dikocorkan ke pangkal tanaman.  

Saat buah sudah muncul, tambahkan pupuk yang mengandung Kalium seperti pupuk KCl atau KNO3. Tambahkan juga penyemprotan ZPT untuk meningkatkan hasil panen. ZPT pada tanaman waluh Suprema menggunakan Auksin dan Giberelin. 

Auksin akan meningkatkan laju pertumbuhan tunas dan akar pada awal pertumbuhan. Giberelin akan meningkatkan fase pembungaan dan prosentase buah. Giberelin diberikan setelah tanaman muncul bunga. Jumlah bunga menjadi buah akan meningkat drastis. Dosis sesuai pada kemasan produk. 

Agar tanaman labu kuning kita terus tumbuh dan berproduksi sampai lebih 6 bulan, beri pupuk organik. Tambahkan pupuk kandang atau kompos 3 bulan sekali dosisnya 5 kg/tanaman. 


Pemasangan Ajir 

Tanpa dipasangkan ajir, buah waluh bisa membesar dengan baik dipermukaan mulsa. Namun ajir dapat membentuk buah menjadi lebih baik dan warna merata. Nantinya buah waluh akan menggantung. Sehingga dibuat pagar rambatan yang sangat kuat. Karena buah waluh mencapai berat sampai 3 kg. 

Panjang ajir sebaiknya 2 meter dan ditancapkan sedalam 5 cm. Agar ajir atau pagar ini kuat dan tidak ambruk saat menahan beban buah, satu tanaman ada 4 batang tiang. Ikat dengan tali salaran dan dapat dibeli di Toko pertanian online LMGA Agro.



Hama dan Penyakit Tanaman Labu Kuning/Waluh


Hama yang sering menyerang tanaman waluh hama pemakan daun Epilachna, oteng-oteng, lalat buah dan Ulat Grayak. Sedangkan untuk penyakit yang sering menyerang busuk daun, embun tepung ( Powdery mildew ), antraknosa, layu dan mosaik. 


Hama Serangga Kumbang


Kumbang Epilachna sp. hama yang sering menyerang tanaman waluh. Epilachna menyerang daun hingga mempengaruhi produktivitas tanaman waluh. Hama pemakan daun ini bersifat kosmopolitan. Artinya memiliki banyak inang seprti tanaman terong, kentang, tomat, cabai, semangka dan labu-labuan. 

Ciri-ciri hama warna agak kusam pada bagian permukaan tubuh bagian atas. Yaitu seperti terlapisi embun tepung dan terdapat titik-titik berwarna agak kusam. Hama bertelur dan berwarna pucat. 

Gejala serangan : adanya bekas gigitan pada permukaan daun bagian bawah. Serangan berat, bekas gigitan kumbang dapat merusak semua jaringan daun. Hingga daun tinggal tulang-tulang daunnya saja.  

Pengendalian, hama dimatikan langsung ditempat. Musnahkan bagian daun yang terserang dan penyemprotan menggunakan insektisida bila serangan hebat. 




Lalat Buah 


waluh suprema, labu kuning, jual benih labu, toko pertanian, online shop, lmga agro
Jual Perangkap Lalat Buah | LMGA Agro
Siklus hidup lalat buah sekitar 18 - 20 hari tergantung suhu. Lalat buah menyerang dengan menyuntikkan telurnya sampai sejumlah 50 - 100 telur dalam buah masih muda. Setelah 2 - 5 hari telur menetas menjadi belatung dan segera merusak daging buah. 

Setelah 4 - 7 hari kemudian, belatung keluar dari buah dengan cara melubangi kulit buah dan lalu menjatuhkan diri ke tanah. Dalam tanah berubah menjadi pupa hingga hari ke-3 sampai ke-5, pupa berubah menjadi lalat. 

Gejala serangan menjadi berat di musim hujan. Buah menjadi rontok sebelum matang. Atau kadang kala buah berwarna kuning dan keriput, tampak bintik hitam kecilpada bagian kulit buah. Lalat buah yang menyerang adalah lalat betinanya.

Gejala awal tampak adanya noda/titik bekas gigitan/tusukan di permukaan kulit buah. Telur lalat buah yang menetas dan menjadi larva menimbulkan noda-noda di kulit buah. Sampai berkembang menjadi bercak coklat disekitar noda tadi. 

Bila buah dibelah tampak belatung/larva lalat buah. Larva merusak hingga buah menjadi busuk dan buah jatuh/gugur sebelum masak/tua. Buah yang rontok menyebabkan biang serangan untuk penanaman berikutnya bila tidak segera dimusnahkan. 

Pengendalian hama lalat buah yang bisa diupayakan, antara lain :

- Pengolahan tanah yang tepat agar pupa lalat buah dalam tanah mati karena terkena sinar matahari. 

- Sanitasi kebun untuk memutus siklus hidup lalat buah. Buah busuk dimusnahkan dengan cara dibakar. Gulma dapat dijadikan tanaman inang lalat buah.

- Memasang alat perangkap lalat buah. Toko pertanian LMGA Agro jual perangkap lalat buah Yellow Trap. 


Ulat Grayak 


Ulat grayak Spodoptera merusak dengan cara menggerek daun tanaman. Kerusakan berat, ulat menggerek hingga tersisa tulang daun dan batang tanaman waluh saja. Akibatnya, produktivitas turun sebanyak 5 - 20%. 

Ulat menyerang pada permukaan atas daun atau pucuk tanaman. Terdapat serbuk kasar seperti serbuk gergaji. Ulat merusak bagian pucuk, daun masih muda hingga tanaman mati. Populasi ulat cepat berkembang bila tidak segera ditangani. 

Pencegahan : pemakaian benih yang memiliki daya kecambah baik dan bebas penyakit. Waktu penanaman tepat dan hindari waktu penanaman tidak bersamaan dalam satu lahan. 

Penggunaan pupuk kimiawi secara seimbang untuk mengurangi intensitas serangan hama. Lakukan tumpang sari dengan tanaman bukan satu famili. Lakukan pengamatan minimal satu minggu sekali untuk mengetahui lebih dini adanya serangan ulat.

Pengendalian mekanis dengan mencari dan membunuh larva dan telur ulat grayak. Dibunuh menggunakan tangan langsung. Secara biologis, memanfaatkan musuh alaminya sebagai agen pengendali hayati untuk mengurangi populasi hama ulat. 


Oteng-oteng


Larva oteng-oteng menyerang akar tanaman sampai tanaman menjadi layu dan mati. Oteng-oteng dewasa lalu memakan daun sampai tersisa tulang daunnya saja. Serangan berat terjadi pada tanaman muda mulai tumbuh sampai umur 2 minggu. 

Hama oteng-oteng berkembang biak dengan cara bertelur. Hama ini menyukai tanaman berdaun lebar dan tanaman inangnya cukup banyak. Seperti tanaman mentimun, terong, melon, gambas dan kelompok labu-labuan. 

Teknik pengendalian : pergiliran tanaman dengan tanaman lain tidak satu famili. Jangan menanam di lahan bekas atau dekat tanaman terong, timun, gambas, semangka dan labu. Lakukan pengolahan tanah dengan tepat sampai kedalaman 30 - 40 cm.

Tanah dibiarkan terkena sinar matahari selama 2 minggu setelah digemburkan. Tujuannya agar telur dan larva oteng-oteng mati. Pemakaian benih hibrida bebas penyakit dapat meminimalisir serangan hama dan penyakit. 

Bila hama oteng-oteng ada di tanaman Waluh, taburkan nematisida pada pangkal batang setelah tanaman tumbuh. Oteng-oteng dapat kita punguti langsung dan dibunuh. Penyemprotan menggunakan insektisida Regent, Curacron atau lainnya. 

Penyemprotan insektisida dilakukan pada pagi atau sore hari saat hama aktif keluar. Nematisida ditaburkan saat tanaman baru  tumbuh sampai umur 10 HST. Nematisida bersifat sistemik yang dapat diserap akar dan masuk ke seluruh jaringan tanaman. 

Jangan menaburkan nematisida saat menjelang tanaman berbunga. Karena bisa mengakibatkan bunga dan daun tanaman mengandung racun obat. Pestisida alami mengatasi oteng-oteng adalah daun pepaya, daun sirsak dan bawang putih. 


Penyakit Busuk Daun pada Waluh


Busuk daun ( disebabkan bakteri Pseudomonas sp. ) berkembang tinggi di musim kemarau disebabkan populasi kutu daun tinggi ( vektornya ). Tindakan pencegahan : menggunakan benih waluh bebas penyakit, penyiraman menggunakan air bersih. Juga jangan terlalu lama membasahi daun dan lakukan sanitasi lingkungan. 

Penyemprotan menggunakan fungisida atau bakterisida mengandung tembaga terutama bila serangan sudah tinggi. Gejala serangan : adanya bercak coklat kehitam-hitaman dan berair pada daun. Bercak lalu melebar ke seluruh daun. 

Stadium lebih parah daun berwarna kecoklatan dan mengering. Bakteri Pseudomonas cepat berkembang bila kelembaban tinggi terutama saat musim hujan. Bila sudah parah, menyebabkan kematian pada tanaman. 


Embun Tepung ( Powdery mildew )


waluh suprema, labu kuning, jual benih labu, toko pertanian, online shop, lmga agro
Pestisida Pembasmi Fungi 
Embun tepung disebut juga dengan jamur tepung atau busuk tepung. Penyebabnya oleh jamur yang tampak mirip tepung dan ditaburkan ke tanaman. Paling banyak terdapat pada daun namun juga bisa menyerang batang, bunga dan buah. 

Daun terinfeksi bisa patah, sobek lalu berubah kekuningan atau mengering. Membasmi embun tepung perlu disemprotkan fungisida.

Gejala awal muncul bintik-bintik kuning di sisi atas daun. Selanjutnya lapisan tepung menjadi berwarna keabu-abuan menutup dan menyebar ke daun, batang dan buah. 

Jamur bersifat parasit dan mengambil nutrisi pada tanaman dan menghambat fotosintesis. Bila penyakit semakin berkembang, bagian terinfeksi akan mengkerut, daun menjadi rontok dan mungkin tanaman bisa mati. 

Jamur penyebabnya saat masih spora melewati musim dingin dalam kuncup dan sisa tanaman lain. Angin, air dan serangga memindahkan spora ke tanaman terdekatnya. Meski berupa jamur, embun tepung dapat berkembang normal dalam kondisi kering. Jamur bertahan disuhu 10 - 12 derajat Celcius. 

Pencegahan : menggunakan benih hibrida tahan atau toleran penyakit embun tepung dan jarak tanam lebar agar peredaran udara berjalan baik. Lakukan pengamatan rutin dan buang semua daun terinfeksi saat bintik-bintik mulai muncul. 

Jangan menyentuh tanaman sehat setelah kita menyentuh tanaman sakit. Pemakaian mulsa dapat mencegah penyebaran spora dari tanah ke daun. Lakukan rotasi tanaman dan pemupukan berimbang. Tanah sebaiknya dibajak setelah panen untuk membuang sisa tanaman yang jauh ke dalam. Serta buang sisa-sisa tanaman setelah panen.



Panen Waluh Suprema F1 Cap Panah Merah


Ciri-ciri labu kuning siap panen adalah : 

- Buah waluh Suprema F1 berwarna cerah. Warna cerah merupakan indikator buah sudah masak. 

- Waluh Suprema F1 berkulit keras dan tidak lunak. Bila masih lunak berarti belum matang. Waluh akan rentan busuk dan tidak tahan penyimpanan lama. Pilih waluh yang berkulit tebal dan keras. 

- Batang mengering juga sulur-sulurnya perlahan akan mengering juga. Bila sudah mengering, akan sulit untuk diputuskan. Sehingga untuk dipetik perlu menggunakan gunting/pisau tajam dan sisakan sedikit batangnya. 

- Mematahkan batang waluh menyebabkan buah waluh cepat membusuk. 

Waluh Suprema F1 cukup kuat di kondisi apapun. Bahkan buah yang sudah dipanen dan jauh dari pohon mampu bertahan cukup lama. Setelah dipetik, waluh diletakkan pada tempat kering namun tidak jauh dari sinar matahari. 

Jangan ditempat lembab atau basah atau dalam lemari pendingin karena dapat mempercepat pembusukan waluh. Umur panen waluh Suprema F1 sekitar umur 90 HST dan panen dilakukan terus menerus interval 2 - 3 kali per minggu. 

Demikian artikel Kami judul : Waluh Suprema F1 Benih Labu Terbaik dan Murah Cap Panah Merah. Hubungi nomer HP Kami 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro online sedia segala kebutuhan petani bercocok tanam.

Produk lengkap dan berkualitas meliputi benih buah dan sayur hibrida dan unggul pupuk, hormon pertumbuhan ( ZPT ), pestisida dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis cara menanam tanaman dan permasalahannya di lapangan. 

Semoga artikel kami bermanfaat bagi pembaca dan menambah wawasan terutama tentang waluh Suprema dan cara budidayanya. Dapat Anda coba ditanam di rumah atau pekarangan terbatas. Peluang usaha waluh Suprema F1 menguntungkan dan menjanjikan. Salam sukses.... 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.