TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

26/10/20

Ciri-Ciri Kol Sehat dan Segar, Kaya Manfaat, Mudah Menanamnya



ciri-ciri kol. kubis, sayur kol, manfaat kol, jual benih kubis, toko pertanian, toko online lmga agro
Benih Green Nova F1


Ciri-Ciri Kol Sehat dan Segar, Kaya Manfaat, Mudah Menanamnya. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul buah dan sayuran. Tersedia benih hibrida kol terbaik dan berkualitas. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. Kami melayani konsultasi gratis pertanian. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller produk pertanian di toko online LMGA Agro.

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh Indonesia. Bersama mitra Kami jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Ciri-ciri kol segar merupakan sayuran dambaan, bersifat ekonomis dan serbaguna. Ciri-ciri kol segar dapat dimakan keadaan mentah maupun diolah menjadi masakan. 

Ciri-ciri kol sehat dan segar disukai masyarakat untuk bahan masakan sehari-hari. Kol dapat dimakan segar sebagai sayur lalapan. Kandungan nutrisinya lengkap dan dapat diusahakan baik di ladang maupun pekarangan rumah. 

Budidaya dan cara menanam yang baik dan benar akan diperoleh ciri-ciri kol dengan warna cerah dan mengkilap. Permukaan daun mulus dan tidak rusak. Ciri-ciri kol dengan krop yang kuat, tebal, tahan pengangkutan dan tahan penyimpanan. 

Ciri-ciri kol sehat menjadikan hasil panen tinggi dan memuaskan petani. Letak lokasi menanam harus diperhatikan dan sesuai syarat tumbuh tanaman. Penggunaan benih hibrida dan unggul menjadikan ciri-ciri kol tahan penyakit dan penampilan tanaman kol yang sehat. 


Ciri-Ciri Kol Kualitas Bagus  


Ciri-ciri kol berkualitas bagus memiliki tekstur tegas saat disentuh. Bila saat disentuh, daun kol terasa lembut, kenyal dan tidak padat. Maka ciri-ciri kol demikian kemungkinan di dalamnya daun kol sudah busuk.  

Saat memilih sayur kol pilihlah dengan ciri-ciri kol daun terasa krispi bila dilipat. Ciri-ciri kol demikian menandakan sayur kol masih segar keseluruhan.  

Jangan pilih ciri-ciri kol dengan bobot terasa berat dan banyak noda. Hindari bila tampak bintik-bintik gelap karena ciri-ciri kol demikian kualitasnya tidak bagus. 

Ukuran ciri-ciri kol bobot besar lebih baik dibandingkan kol kecil dan bobot ringan. Ciri-ciri kol besar dipastikan sempurna pertumbuhan dan perkembangannya. Sayuran juga tidak terasa pahit. Ukuran kecil, rasa kol akan sedikit pahit dan kurang nikmat bila diolah. 

Kol merupakan nama lain dari kubis atau kobis. Sayuran kol banyak disukai masyarakat Indonesia dan banyak dipakai dalam kuliner Indonesia. Ciri-ciri kol bertekstur renyah dan rasa ringan sudah cukup akrab di lidah orang Indonesia. 

Nama lain kol adalah kobis bulat memiliki nama latin Brassica oleracea var. capitata. Merupakan tanaman 2 tahunan berdaun hijau atau ungu. Atau sebagai ciri-ciri kol tanaman tahunan dan krop/kepala yang padat. 

Kol masih kerabat dengan tanaman brokoli, kembang kol dan kubis brussel. Berat krop ciri-ciri kol berkisar  1 - 4 kilogram. Macam kol daun berwarna hijau, ungu dan putih. Ciri-ciri kol memiliki daun berlapis-lapis. 


Macam-Macam Kubis


ciri-ciri kol, manfaat kubis, kubis, sayur kol, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kol Hijau Grand 11 

Kubis
atau sayur kol terdapat beberapa jenis dengan ciri-ciri kol yang khas dan berbeda. Jenis kubis ini sudah cukup akrab di masyarakat dan sering diolah untuk dimasak. 


1. Kol Hijau

Kol hijau banyak dipakai masyarakat untuk memasak setiap hari. Ciri-ciri kol hijau memiliki daun terluar warna hijau pucat. Bagian dalam lebih putih. Ciri-ciri kol hijau sebanyak satu cangkir ( berat 89 gram ) mengandung 22 kalori. 

Ciri-ciri kol mengandung protein 1 gram, serat 2 gram, vitamin C, B6 dan K. Terdapat pula mineral folat, mangan, kalsium, kalium dan magnesium. Manfaat ciri-ciri kol hijau antara lain menurunkan berat badan, mengeluarkan racun dalam tubuh dan mencegah kanker.   


2. Kol Ungu

Kol ungu atau kol merah masuk dalam kubis-kubisan atau kelompok tanaman Brassica. Jenis kol warna ungu memiliki ciri-ciri kol warna ungu kemerahan, daun berlapis dan bulat. 

Perbedaan ciri-ciri kol hijau dan ungu terletak dari tekstur daunnya. Ciri-ciri kol ungu tekstur daunnya lebih keras dan terasa lebih renyah waktu dikunyah. Kandungan vitamin C ciri-ciri kol ungu lebih tinggi dari kol hijau. 


3. Kol Napa


Juga dikenal sebagai sawi putih namun nama asli ciri-ciri kol sawi putih ini adalah kol napa atau kol tiongkok ( Chinesse Cabbage ). Tanaman sawi masuk kelompok kubis-kubisan karena ciri-ciri kol susunan daunnya berlapis-lapis. 

Ciri-ciri kol napa atau sawi putih ini memiliki bentuk lonjong dan lebar. Ciri-ciri kol napa rendah kalori namun padat nutrisinya. Ciri-ciri kol napa mengandung vitamin dan mineral, vitamin B1, B6, C, kalsium, fosfor, zat besi dan natrium.


4. Kol Savoy

Bentuk ciri-ciri kol savoy tidak berbeda dengan ciri-ciri kol hijau dan ungu. Ciri-ciri kol savoy daun lebih berkerut dan lapisan daun terluar lebih lebar. 

Ciri-ciri kol savoy bertekstur lebih lembut dan empuk saat dimakan. Karena itu, kol savoy sering digunakan untuk membuat salad bersama sayuran lain. 

Sebagian besar tanaman kol ditanam di China dan kubis Cina menjadi sayuran Brassica paling populer. Kubis dapat dimakan dan diolah berbagai cara. Kubis dapat diacar, difermentasi, dikukus, direbus, ditumis atau dimakan langsung mentah. 

Macam ciri-ciri kol berdasarkan warna sayuran yaitu putih, hijau dan ungu kemerahan. Juga ada macam kubis berdasarkan ciri-ciri kol bentuk kropnya yaitu ada 2 macam, kol bulat dan kol gepeng ( bulat agak pipih ). Penjualan komoditas kubis di Indonesia berdasarkan warna dan bentuk kropnya. 




Manfaat Kol Bagi Kesehatan


1. Baik untuk Sistem Pencernaan

Sayur kol memiliki golongan serat tidak larut dalam air. Sehingga seratnya tidak menyatu dengan air dalam tubuh. Serat sayur kol akan berjalan melewati sistem pencernaan. Serat tidak larut dalam air bekerja lebih baik dalam organ pencernaan. 


2. Memperbaiki Organ Jantung

Sayuran kol mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah tinggi bernama antocyanin. Antocyanin dalam kubis menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. 


3. Menstabilkan Tekanan Darah

Meningkatnya tekanan darah menjadi faktor utama penyebab penyakit jantung dan serangan stroke. Penting untuk memperbanyak konsumsi sayuran kubis atau sumber makanan sumber kalium. Kalium bermanfaat untuk membantu menstabilkan tekanan darah. 

Sayur kol segar mengandung tinggi vitamin A, B, C dan E. Kandungan vitamin C ciri-ciri kol tinggi mampu mencegah skorbut ( sariawan akut ). Mineral lain dan cukup tinggi adalah kalium, kalsium, fosfor, natrium dan besi. 

Sayur kol segar memiliki kandungan senyawa perangsang glutation. Yaitu zat penting dan diperlukan untuk menonaktifkan zat racun dalam tubuh kita. 

Suku kubis-kubisan termasuk kol juga mengandung senyawa yang dapat merangsang terbentuknya gas dalam lambung. Akibatnya gas tersebut menimbulkan rasa kembung ( zat-zat goiterogen ). Daun kubis mengandung kelompok glukosinolat yaitu penyebab rasa agak pahit. 

Sayuran kol atau kubis dapat dimakan segar sebagai lalapan atau bisa Anda olah. Untuk sayur lalapan, kubis ditambah sambal biasa disajikan bersama lauk goreng atau bakar. Sedangkan bila kubis diolah, dibuat orak-arik dan capcay. 

Daun kubis bila direbus akan lunak, tipis dan transparan. Banyak dijumpai pada olahan masakan sup dan sayur. Di Korea, kubis sayuran utama masakan khas Korea yaitu kimchi. Di Jerman ada sauerkraut, yaitu kubis dipotong-potong kecil lalu diawetkan bersama cuka. 


Ciri-ciri Kol Peluang Usaha Budidaya Sayuran Menjanjikan 


ciri-ciri kol, manfaat kubis, sayur kol, kubis, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Kubis Kol

Budidaya kubis
atau kol menjanjikan dan dapat tumbuh baik di dataran tinggi yaitu antara 1000 - 3000 m dpl. Daerah kota Malang, Karo dan wonosobo menjadi daerah paling banyak ditanami kubis. 

Ciri-ciri kol sangat menyukai ditanam di tanah sarang dan tidak becek. Meski sebenarnya ciri-ciri kol tahan suhu tinggi namun produksi terbaik di daerah pegunungan, yaitu ketinggian 400 m dpl ke atas dan didaerah tropis. 

Dataran rendah membuat ciri-ciri kol membentuk krop berukuran kecil. Tanaman juga rentan serangan ulat pemakan daun, Plutella. 

Cara menanam kol dengan disemai dulu hingga tanaman muncul 3 - 4 helai daun sejati. Bibit semai  lalu ditanam di lahan tetap. Penanaman metode stek tunas batang dilakukan pada jenis kubis lokal. Perbedaan hanya masalah teknis pengerjaan.

Bila menggunakan benih hibrida tahan penyakit sebelum ditanam di lahan tetap, benih disemai dulu. Bila tunas hasil stek, bisa langsung ditanam di lahan yang sidah disiapkan. 

Penampilan ciri-ciri kol akhir dan panen sangat menentukan harga jual. Kadang kala petani kerap melakukan penyemprotan tanaman menggunakan insektisida dosis berlebihan. Menurut petani, hal tersebut dapat mencegah serangan ulat pada daun kubis. Sehingga daun tidak ada lubang dan harga bisa tinggi. 

Sebaiknya 2 minggu sebelum panen adalah penyemprotan terakhir. Bagi konsumen, sebaiknya bersihkan dan siram dibawah air mengalir bila akan mengkonsumsi sayur kol. Tujuannya untuk menghilangkan residu pestisida. 




Syarat Tumbuh Tanaman Kol


Tanaman kol dapat tumbuh baik dan subur di tanah kaya nutrisi dan berdrainase baik. Kol membutuhkan lokasi yang cerah. Persiapan lahan dilakukan secara baik dan benar sebelum menanam bibit. 

Pengolahan tanah tepat dan ditambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang matang dapat meningkatkan hasil produksi. Tanaman menyukai pH tanah berkisar antara 6 - 6,8. Cara mendapatkan ciri-ciri kol tumbuh subur dan hasil panen berkualitas. Yaitu dengan menjaga agar tanah selalu lembab. 

Penyiraman penting dilakukan dalam budidaya kol. Tanaman kol membutuhkan jumlah air yang cukup untuk mendapatkan bentuk krop yang baik. Kondisi tanah dijaga agar tetap lembab tetapi tidak becek. Pengairan tidak diberikan berlebihan karena tanaman tidak menyukai tanah tergenang air. 

Irigasi teratur membuat ciri-ciri kol berkembang baik, membentuk krop yang kokoh dan kualitas daun yang baik. Menanam kol di lahan kebun, pengairan bisa menggunakan sistem irigasi sprinkler atau tetes. Agar tanah tetap lembab, dapat menggunakan mulsa plastik. 


Penanaman Kol dari Bibit Berkualitas


Tanaman kol tahan embun beku namun penanaman di musim hujan bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil panan. Bila saat penanaman, tanaman terdapat luka maka dipastikan krop tidak berkembang dengan baik. Daun berkualitas rendah sehingga mempengaruhi hasil produksi panen. 

Kebutuhan benih 1 hektar sekitar 200 - 250 gram. Benih terbaik kol ditanam dalam kotak pembibitan atau tray semai dan diisi media. Media adalah campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. 

Wadah untuk persemaian benih dimasukkan dalam greenhouse sederhana dan dipasang naungan dari plastik Ultra Violet. Naungan plastik bertujuan untuk melindungi bibit dari turunnya hujan. Jaga selalu kelembaban media tanam pembibitan dengan penyiraman teratur. 

Pemberian air menggunakan alat sprayer dengan butiran air yang halus. Lakukan penyiraman minimal 1 kali sehari. Setelah bibit umur 3 - 4 minggu dan muncul 5 daun, bibit sudah siap ditanam di lahan kebun hingga panen. 




Persiapan Lahan Menanam Bibit Kol


ciri-ciri kol, kubis, manfaat kol, sayur kol, jual benih kubis, toko pertanian, toko onine, lmga agro
Kubis SumGreen F1

Tanaman kol mudah tumbuh di berbagai kondisi lingkungan, yaitu mulai dataran rendah hingga tinggi. Menanam kol mulai dari ketinggian 200 m dpl hingga 2000 m dpl. Gunakan benih kubis kol sesuai lokasi lahan. 

Ciri-ciri kol memiliki perakaran serabut. Oleh sebab itu kol mudah menyerap nutrisi untu kpertumbuhannya. Pengolahan tanah baik dan benar sangat penting. Kondisi tanah harus gembur dan diolah sampai kedalaman 30 cm. 

Pengolahan tanah bertujuan memperbaiki porositas tanah. Juga bertujuan membersihkan lahan dari gulma dan sisa-sisa akar tanaman sebelumnya. 

Bedengan tanaman kol ukuran lebar 1,2 meter, tinggi 30 cm dan panjang 10 meter atau disesuaikan luas lahan. Berikan pupuk dasar menggunakan pupuk kandang sebanyak 20 ton/ha. Tambahkan juga Urea 50 kg/ha, ZA 125 kg/ha, SP-36 125 kg/ha dan KCl 100 kg/ha.   

Jumlah tanaman kol dalam luasan 1 hektar adalah 20.000 - 40.000 tanaman. Jarak tanam budidaya kol adalah 40 - 70 cm. Jarak antar baris adalah 60 - 90 cm. Pemakaian jarak tanam disesuaikan dengan kebutuhan ciri-ciri kol besaran krop yang diinginkan. Semakin dekat jarak maka ukuran krop semakin kecil. 


Pemeliharaan Menanam Kol Baik dan Benar


Penyiraman penting dalam budidaya kol namun tidak boleh berlebihan. Saat tanaman mendekati panen, penting untuk mengurangi pemberian air. Pemberian air berlebihan menyebabkan ciri-ciri kol krop terlalu cepat tumbuh dan mulai membelah. 

Anda dapat berkonsultasi kepada Toko pertanian online LMGA Agro kapan waktu yang tepat menanam kol atau tanaman lain. Juga bagaimana agar tanaman tumbuh subur dan sehat. 

Ciri-ciri kol sehat dan segar perlu diimbangi asupan nutrisi dan kelemababan tanah yang cukup. Sebaiknya menanam kol di awal musim hujan atau di awal musim kemarau. Selama perkembangan tanaman, harus mendapatkan suplai air yang cukup. 

Pemberian pupuk susulan pada umur 4 minggu. Menggunakan pupuk urea dosis 50 kg/ha + ZA 125 kg/ha + TSP 125 kg/ha + KCl 100 kg/ha. Semua pupuk dicampurkan dan diberikan di dekat perakaran tanaman. Jarak 10 - 15 cm dari batang tanaman. 

Tanaman kubis membutuhkan tanah kaya unsur hara untuk tumbuh dan memaksimalkam hasil panen. Petani kubis biasanya menaburkan pupuk kandang dan membajak tanah 2 minggu sebelum tanam. 

Pupuk kandang juga diberikan ke bibit baru ditanam, 2 sampai 3 minggu setelah penanaman ke lahan tetap. Pemupukan tanaman kubis harus seimbang seperti Nitrogen, Kalium dan Phospornya. Juga bisa diberikan pupuk majemuk NPK. 

Pupuk dapat diberikan secara ditabur langsung di sekeliling tanaman lalu disiram air agar pupuk cepat larut. Usahakan pupuk tidak langsung kena tanaman. Karena pupuk bersifat panas dan membakar tanaman. 


Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Kol


Kita kenal tanaman refugia yaitu tanaman bunga yang mampu mencegah serangan hama dan penyakit. Kelompok tanaman refugia adalan bunga matahari, kenikir dan aster mampu menarik predator dan parasitoid masuk ke kebun kita. 

Hewan predator adalah laba-laba, lady bug, kumbang dapat memangsa organisme pengganggu taaman kol. Setiap hari predator dapat memakan kutu kebul, ulat daun hingga ulat grayak. 

Pencegahan hama dan penyakit sejak dini dapat meminimalisir penggunaan pestisida di lahan. Yaitu dengan menanam tanaman refugia di sekitar tanaman kol dan mengelilingi lahan budidaya kol. Semakin banyak tanaman refugia ditanam maka dapat mencegah hama dan penyakit masuk. 

Sepanjang musim tanam, kol rentan serangan hama dan penyakit. Kol kubis merupakan tanaman yang menarik banyak hama. Sehingga perlu pengendalian secara alami dengan memanfaatkan musuh alami dari hama. Sehingga pemakaian insektisida dapat ditekan dan mengurangi biaya penyemprotan. 

- Hama Kupu-Kupu Putih. Serangga kupu-kupu ini berukuran kecil dan besar. Serangga bertelur di bawah daun kubis. Saat larva serangga muncil, otomatis langsung memakan daun. 

- Kutu Daun pada tanaman kol berwarna abu-abu hijau dan tidak mudah diidentifikasi. Kutu daun menyukai memakan daun. 

- Merpati dan burung kecil menyukai terbang rendah di dekat tanaman kol dan terutama menyerang tanaman muda. 

- Penyakit Bercak Daun Alternaria. Disebabkan oleh jamur dari spesies Alternaria. Merusak bibit dan tanaman tua. Timbul bintik gelap pada batang dan bibtik coklat pada daun. Jika dibiarkan daun terinfeksi akan menguning dan rontok. 

- Busuk Hitam disebabkan oleh bakteri Xanthomonas campestris. Bakteri akan menginfeksi pangkal batang. 

- Bulai kubis penyebabnya adalah Peronospora parasitica. Serangan bakteri ini menyebabkan bintik-bintik nekrotik pada daun tua. 


Baca Juga : Summer Autumn 633 Benih Kubis Andalan Petani


Beberapa Langkah Pencegahan Dari Hama dan Penyakit


ciri-ciri kol, kubis, manfaat kubis, sayur kol, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kubis Takada Known You Seed

Cara tepat dan tidak merusak lingkungan dalam pengendalian hama dan penyakit adalah mencegah dan pengendalian secara teknis. 

1. Mencegah dengan pemakaian benih bersertifikat, hibrida unggul dan tahan penyakit. 

2. Saat pembibitan, tanaman dilindungi oleh jaring agar hama tidak masuk. 

3. Pemberian pupuk tidak berlebihan. 

4. Memasang jaring kawat mengelilingi kebun kubis untuk menghindari serangan burung merpati. 

5. Bila tampak ada ulat dan larva, langsung diambil dan dimatikan. 

6. Saat pengolahan tanah, bersihkan lahan dari sisa-sisa tanaman sebelumnya. 

7. Melakukan pergiliran tanaman dengan tanaman tidak satu famili. 


Panen Tanaman Kol 


Panen tanaman kol dilakukan setelah umur 65 - 75 HST. Bila perawatan tanaman maksimal, menanam kubis mendapatkan hasil panen 20 - 40 ton/ha. Sebaiknya panen dilakukan pagi hari dan cuaca sedang cerah. 

Cara memetik tanaman kol adalah menggunakan pisau. Buang 4 helai daun paling tua dan daun yang rusak. Masukkan kubis langsung ke dalam jaring sayur. 

Ciri-ciri kol siap panen adalah bila ukuran krop sudah penuh dan padat. Kepala krop ciri-ciri kol panen sudah kokoh dan terbentuk penuh. 

Menjelang pemanenan, lakukan pemeriksaan tanaman secara berkala. Saat ciri-ciri kol ukuran kepala krop mencapai diameter 12 cm. Peras bagian kropnya untuk menguji kerapatan krop. Jika tampak krop mulai membelah, segera lakukan pemanenan tanpa menunda lagi. 

Kepala kubis dipotong bagian pangkalnya menggunakan pisau tajam. Setelah kubis dipotong, segera diletakkan di tempat teduh. 


Ciri-Ciri Kol Terbaik pada Benih Hibrida Berkualitas


1. Kubis F1 Green Nova produk Takii Seed Jepang. Rekomendasi untuk daerah dataran tinggi. Bentuk krop semi bulat, berat 4 kg dan panen umur 85 HST. Krop padat, kuat dan tahan pengangkutan. Tahan penyakit busuk hitam. 


2. Kubis F1 Grand 11 produk Cap kapal Merah ( PT Bisi ). Rekomendasi untuk dataran menengah sampai tinggi ( 500 - 1500 m dpl ). Tahan penyakit busuk hitam dan bercak daun. Umur panen 70 HST dan berat krop 1,5 - 2,5 kg/tanaman. Krop berwarna hijau tua, bulat pipih, seragam, padat dan tahan pengangkutan. 


3. Kubis Sum Green F1 direkomendasikan ditanam di dataran rendah. Produk PT Clause Indonesia. Produktifitas tinggi, umur panen cepat 65 - 69 HST. Berat krop 1,6 - 2,0 kg/tanaman. Krop padat, warna hijau muda dan tahan pengangkutan. 


4. Kubis untuk dataran rendah KK Cross dari Takii Seed Jepang. Tahan panas musim kemarau dan tahan penyakit. Krop padat, umur panen cepat 60 HST. Potensi sekitar 42 ton/ha dengan bobot 1,5 - 2,0 kg/krop. Krop rasa manis dan renyah.   


Demikian artikel Kami dengan judul : Ciri-Ciri Kol Sehat dan Segar, Kaya Manfaat, Mudah Menanamnya. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam lengkap. 

Kami menyediakan benih hibrida dan unggul buah dan sayuran, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian berkualitas. Kami melayani pula konsultasi gratis pertanian bagi Anda. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bisa menambah wawasan tentang ciri-ciri kol sehat dan segar penuh manfaat. Ciri-ciri kol terbaik melalui perawatan tanaman baik dan benar. Serta menggunakan benih hibrida tahan penyakit. Selamat mencoba salam sukses.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.