BELANJA ONLINE, HUBUNGI KAMI : SMS / WA : 081 252 22 117, KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

29/10/2020

Read

Manfaat Kembang Kol, Sayuran Kaya Nutrisi Mudah Cara Tanamnya

manfaat kembang kol, kol bunga, budidaya kol bunga, jual benih kembang kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kembang Kol
White Shot

Manfaat Kembang Kol, Sayuran Kaya Nutrisi Mudah Cara Tanamnya. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih bunga kol harga murah juga ada diskon.

Kami menyediakan benih hibrida dan unggul buah dan sayuran. Tersedia juga pupuk, pestisida, ZPT, sparepart hingga alat pertanian. 

Kami melayani konsultasi gratis pertanian dan membantu Anda tentang permasalahan di lapangan.  Rev. 22/06/23.

Toko pertanian online LMGA Agro berpengalaman lama sebagai supplier pertanian dan mendapat dukungan banyak perusahaan benih terkemuka. 

Kami mengajak kerja sama online shop sebagai dropship dan reseller pertanian. Jika anda berminat silakan hubungi tim marketing kami.

Kembang kol ( disebut juga sebagai cauliflower, bunga kol atau kubis bunga ) adalah varietas kol yang memiliki kepala yang padat dan berwarna putih. 

Bunga kol menjadi tanaman sayuran yang diambil manfaatnya pada bagian bunga adalah yang kini jadi banyak favorit usaha petani saat berkebun.

Kembang kol sering kita gunakan dalam masakan dan salad karena teksturnya yang renyah dan rasa yang lembut. 

Ia juga dikenal dengan sifatnya yang mudah menyerap cita rasa dari bumbu dan saus yang berguna dalam masakan.

Manfaat kembang kol sangat banyak untuk mencegah penyakit. Manfaat kembang kol dipercaya masyarakat dapat mencegah beberapa penyakit dan menjaga kesehatan. Nutrisi dalam manfaat kembang kol lengkap. 

Manfaat kembang kol mengandung kandungan nutrisi lengkap dan baik bagi kesehatan. Kembang kol merupakan sayuran pucat berwarna putih dan berat rata-rata 3 kg/massa bunga. Budidaya kembang kol tidak terlalu sulit.  

Kembang kol atau bunga kol adalah sayuran pucat dengan banyak olahan masakan bisa dihasilkan dari ini. 

Kembang kol yang dimanfaatkan untuk menjadi sayuran adalah bagian kepalanya ( Crop ) lazim kita konsumsi. 

Sebelum anda makan harus kita masak dulu dengan berbagai menu yang ada. Meski dapat pula kita makan mentah. Yaitu dengan membuat acar bunga kol. 

Sayuran Kembang Kol ( Bunga Kol )


Manfaat kembang kol dikenal juga dengan sebutan bunga kol dan memiliki nama latin Brassica oleracea. Dari suku Brassicaceae. Kembang kol adalah sayuran dan lazim mendapat sebutan kubis bunga. 

Bunga kol mirip dengan brokoli. Perbedaannya bahwa kol bunga memiliki banyak kepala bunga, teratur dan padat. 

Bagian kepala kembang kol saja yang bisa kita konsumsi. Dasar dari kepala kembang kol terdapat daun-daun hijau tebal dan tersusun rapat. 

Manfaat kembang kol menjadi sumber vitamin dan mineral. Manfaat kembang kol dapat kita nikmati setelah dimasak terlebih dahulu. Manfaat kembang kol juga dapat konsumsi langsung kondisi mentah dan biasanya kita jadikan acar. 

Manfaat kembang kol mentah sebanyak 1 cangkir mampu mencukupi 77% kebutuhan vitamin C orang dewasa. 

Kembang kol mengandung banyak nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, protein, tiamin, riboflavin, kalsium, besi, magnesium, serat, dan sejumlah mineral. 

Kandungan kembang kol yang kaya berbagai macam nutrisi serta rendah kalori dan juga mengandung senyawa antioksidan sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Namun karena masuk kelompok kubis-kubisan maka manfaat kembang kol juga mengandung zat anti gizi. Bernama zat goiterogen, yaitu zat pembangkit kembung. 

Sehingga dalam memanfaatkan kembang kol jangan mengkonsumsinya berlebihan. Batasi dalam mengkonsumsi kembang kol meski manfaat kembang kol baik bagi kesehatan.

Baca Juga : Panen Bebas Virus Berkat Melon Orange Okasa

Manfaat Kembang Kol Bagi Kesehatan


Manfaat Kembang Kol, Khasiat Kembang Kol, Bunga Kol, Kembang Kol, Cauliflower, Kol Bunga,  Kandungan Bunga Kol, Kandungan Dan Manfaat Kembang Kol, Toko Pertanian, Toko Pertanian Terdekat, Lmga Agro
Kembang Kol Segar Siap Olah


Sayuran kembang kol
berwarna putih, pucat dan kurang menarik. Bila kita bandingkan dengan jenis sayuran lain berwarna hijau. 

Namun kandungan vitamin dan mineral manfaat kembang kol tak kalah dengan sayuran lainnya. 

1. Manfaat Kembang Kol Sebagai Anti-Inflamasi

Manfaat kembang kol mengandung senyawa bio-aktif dan berfungsi untuk mengurangi peradangan. Manfaat kembang kol kaya antioksidan sehingga membantu mengatasi stress. 

Stres terjadi saat tubuh tidak mampu melawan produksi radikal bebas yang masuk. Radikal bebas dapat menganggu sistem syaraf dan penyebab kanker. 

2. Manfaat Kembang Kol Sebagai Anti-Aging

Manfaat kembang kol mengandung zat sulforaphane, yaitu zat alami dan memiliki kemampuan memperlambat penuaan ( anti-aging ). 

Ini sangat berkaitan dengan manfaat kembang kol untuk kecantikan. Senyawa ini juga terbukti melindungi fungsi otak dan penurunan fungsi otak terkait usia seseorang.  

3. Manfaat Kembang Kol Dalam Detoksifikasi

Kandungan nutrisi manfaat kembang kol membantu sebagai detoksifikasi. Manfaat kembang kol membantu menon-aktifkan bahan kimia dalam tubuh yang berpotensi merusak. Kemudian bahan kimia tadi dikeluarkan dari tubuh sesegera mungkin. 

4. Manfaat Kembang Kol Kaya Serat

Serat dalam manfaat kembang kol menjaga kesehatan pencernaan kita. Serat manfaat kembang kol menstabilkan kerja usus dan memberi makan bakteri baik dalam usus. 

Serat manfaat kembang kol baik untuk anti peradangan, kekebalan tubuh dan membuat baik suasana hati.  

5. Manfaat Kembang Kol Menstabilkan Berat Badan

Manfaat kembang kol mempertahankan rasa kenyang dan menunda rasa lapar. Selain itu, manfaat kembang kol dapat mengatur kadar gula dan insulin penderita diabetes. Manfaat kembang kol dapat kita jadikan pengganti nasi sebagai pengganti kalori dan karbohidrat.

6. Manfaat Kembang Kol Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat kembang kol kaya akan antioksidan. Dipercaya bahwa antioksidan mampu mencegah radikal bebas penyebab kanker. Nutrisi manfaat kembang kol mampu menghentikan sel kanker tidak tumbuh dan menyebar. 

Kini anda sudah paham kandungan dan manfaat kembang kol terutama bagi kesehatan. Guna mendapatkan manfaat yang optimal konsumsi bunga kol dengan cara yang benar serta jumlah yang cukup.

Kembang Kol : Klasifikasi dan Morfologi


manfaat kembang kol, bunga kol, kubis bunga, budidaya kol bunga, jual benih kol bunga, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kembang Kol 
Cap Panah Merah

Dalam tata nama tumbuhan, klasifikasi kembang kol atau kol bunga ini adalah : 

Divisi        : Spermatophyta ( berbiji ). 
Sub divisi : Angiospermae ( biji didalam buah ). 
Kelas        : Dicotyledoneae ( biji berkeping dua atau biji belah )
Ordo         : Rhoeadales ( Brassicales )
Famili       : Cruciferae ( Brassicaceae )
Genus       : Brassica
Spesies     : Brassica oleraceae var. botrytis  

Bunga kol merupakan anggota keluarga kubis-kubisan ( Cruciferae ). Tanaman kembang kol bagian yang dapat kita makan adalah massa bunganya disebut " curd ". Warnanya putih bersih atau putih kekuning-kuningan. 

Sistem perakaran kembang kol memiliki akar tunggang dan serabut. Akar tunggang dari manfaat kembang kol ini menembus ke pusat bumi ( arah dalam ). 

Akar serabut manfaat kembang kol tumbuh ke arah samping, horisontal, menyebar dan dangkal. Panjang 20 - 30 cm sehingga akan tumbuh baik bila kita tanam pada tanah gembur dan porous.  

Batang kembang kol tegak dan pendek ( 30 cm ), warna hijau, tebal dan lunak. Batang cukup kuat dan tidak bercabang.

Daun manfaat kembang kol berbentuk bulat telur ( oval ) dan bagian tepi daun bergerigi. Daun agak panjang seperti daun tembakau dan membentuk celah-celah menyirip agak melengkung. Daun memiliki tangkai agak panjang dan pangkal daun tebal dan lunak. 

Daunnya tumbuh pada pucuk batang sebelum ukuran bunga kecil. Lalu daun akan melengkung ke dalam melindungi bunga yang sedang tumbuh. 

Kepala bunga terdiri dari bakal bunga yang belum mekar, berisi 5000 kuntum dengan tangkai pendek. Kuntum bunga seperti bulat padat dan tebal berwarna putih. Diameter massa bunga mencapai > 20 cm dan berat 0,5 - 1,3 kg. 

Tanaman kol bunga menghasilkan buah banyak biji. buahnya berbentuk polong, ukuran kecil dan ramping. Panjang 3 - 5 cm. Di dalam buah terdapat biji bulat kecil dan warna coklat kehitam-hitaman. 

Syarat Tumbuh Budidaya Kembang Kol


Manfaat Kembang Kol, Khasiat Kembang Kol, Bunga Kol, Kembang Kol, Cauliflower, Kol Bunga, Tanaman Kembang Kol, Tanam Bunga Kol, Bundidaya Kembang Kol  Kandungan Bunga Kol, Kandungan Dan Manfaat Kembang Kol, Toko Pertanian, Toko Pertanian Terdekat, Lmga Agro
Tanaman Kembang Kol


Iklim.
Awalnya tanaman kembang kol dikenal tanaman dari iklim subtropis ( iklim dingin ). Tiba di Indonesia, lebih cocok kita tanam pada daerah dataran tinggi. Yaitu ketinggian 1000 - 2000 meter di atas permukaan laut. 

Tanaman cocok kita tanam pada suhu udara dingin dan lembab. Kisaran suhu optimun bunga kol untuk pertumbuhan dan produksi adalah 15 - 18 derajat Celcius. Suhu maksimal adalah 24 derajat Celcius. 

Pertumbuhan kembang kol sangat peka bila suhu terlalu rendah atau suhu terlalu tinggi. Kepekaan terutama saat pembentukan bunga. 

Suhu terlalu rendah mengakibatkan bunga terbentuk sebelum waktunya. Bila suhu terlalu tinggi, menyebabkan tumbuh daun-daun kecil pada massa bunga kol ( curd ).    

Tanah. Kol bunga menyukai tumbuh pada tanah lempung berpasir. Tanaman toleran tanah ringan seperti andosol. 

Tanah harus subur, gembur, kaya bahan organik, tanah tidak mudah becek dan tidak mudah menggenang. Kisaran pH 5,5 - 6,5 dan dekat sumber air.  

Manfaat kembang kol masuk kategori kelompok sayuran bunga. Bunga sebagai alat perkembangbiakan generatif kembang kol. 

Kualitas sayuran bunga baik adalah memiliki ciri-ciri : 
  • Bunga tersusun secara kompak serta padat.
  • Tidak ada hama merusak massa bunga.
  • Tamiplam warna sayuran segar.
  • Ukuran bunga besar.
Meski tidak memiliki warna segar dan menarik, manfaat kembang kol sebagai sayuran sangat banyak. Manfaat kembang kol kaya vitamin dan mineral baik bagi kesehatan. 


Pemilihan Benih Budidaya Kembang Kol


manfaat kembang kol, kol bunga, kubis bunga, jual benih kol bunga, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kembang Kol
Orient

Saat tanam benih kembang kol kita sarankan menggunakan benih hibrida bersertifikat karena biasanya bebas dari hama dan penyakit. 

Pasti benih juga utuh dan tidak cacat maupun luka. Benih hibrida berkualitas kembang kol tersedia pada toko pertanian online LMGA Agro. Tersedia beragam varietas dari perusahaan benih terkemuka. 

1. Bunga kol Diamond 40 F1 produk Known You Seed tahan pada kondisi suhu panas dan dingin. Tahan pengangkutan dan penyimpanan. Tidak mudah rusak. Panen umur 45 HST. 

2. Bunga kol White Shot F1 produk Takii Seed Jepang. Rekomendasi untuk dataran rendah hingga menengah. Umur panen 53 HST dan berat krop 450 - 500 gram. Toleran serangan bakteri dan busuk hitam. 

3. Bunga kol PM 126 F1 dari Cap Panah Merah. Rekomendasi untuk dataran rendah. Umur panen 50 HST dengan berat crop 450 gram. Tahan serangan bakteri dan busuk hitam. 

4. Bunga kol Orient F1 dari Cap Kapal Terbang rekomendasi untuk datran rendah. Umur panen 50 HST dan berat krop 550 gram. Daun tidak mudah rusak dan cocok untuk musim hujan. Tahan bakteri dan busuk hitam. 

Persemaian dan Penanaman Kembang Kol


Benih kita semai lebih dahulu sebelum tanam pada lahan tetap hingga panen. Media untuk persemaian gembur dan steril dari hama. 

Kebutuhan benih 200 - 300 g/ha. Sebelum semai, benih kita rendam air hangat kurang lebih 50 derajat Celcius selama 1 jam. 

Tujuan perlakuan rendam air hangat untuk mematahkan dormansi benih, mempercepat perkecambahan dan mendapatkan pertumbuhan tanaman yang seragam. Benih tenggelam adalah yang kita pilih untuk semai. 

Wadah persemaian lebih efektif menggunakan tray semai ( baki semai ) karena dapat kita pakai berkali-kali dan mudah dipindah-pindah. 

Pilih tray semai sesuai kebutuhan jumlah benih. Isi media tray semai yaitu menggunakan pupuk kandang sapi ditambah tanah yang sudah diayak halus. 

Perbandingan pupuk kandang sapi : tanah = 1 : 1. Campur keduanya sampai tercampur rata. Lalu tanam benih satu per satu, beri air secukupnya dengan hati-hati. 

Letakkan tray semai pada tempat semai yang sudah di naungi plastik atau jaring. Fungsi naungan untuk melindungi dari hujan, panas matahari dan serangan hama. 

Persiapkan bedengan menanam kembang kol. Bedengan lebar 110 - 120 cm dan memanjang ke arah utara atau selatan. Tinggi bedengan 30 cm. 

Penanaman bibit di lahan pembesaran setelah semai selama 4 minggu. Sebaiknya penanaman bibit saat sore hari secara serentak. Setelah bibit pindah tanam segera beri air sampai lembab. 

Budidaya kembang kol harus kita rawat dengan melakukan pengairan dan penyiraman secara berkala. Penyiraman kita lakukan tiap pagi dan sore. 

Penyiraman kembang kol saat musim kemarau lebih banyak dibanding musim hujan. Penyiraman 1 - 2 kali pada fase awal pembentukan bunganya. 

Perawatan Budidaya Kembang Kol


Manfaat kembang kol, kol bunga, bunga kol, jual benih kol bunga, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Semprot Kocor 
Penyulaman
pada budidaya manfaat kembang kol bila ditemukan ada tanaman sakit, mati atau tumbuh abnormal. 

Penyulaman kita lakukan sebelum tanaman berumur lebih dari 2 minggu setelah pindah tanam. 

Penyiangan dan penggemburan budidaya manfaat kembang kol dilakukan berbarengan. 

Namun pelaksanaannya harus hati-hati. Penggemburan jangan terlalu dalam karena berpotensi merusak akar bunga kol. Jika tanaman pada akhir fase vegetatif, penyiangan dihentikan. 

Penyiraman kita lakukan teratur dan diberikan jumlah secukupnya, tidak sampai menggenang. Penyiraman satu kali sehari bila tidak turun hujan dan pada sore hari. 

Penyiangan yaitu mencabut gulma pada sekitar tanaman lalu buang jauh dari kebun. Penyiangan kita lakukan hati-hati agar tidak menggangu tanaman. 

Pembumbunan atau penggemburan kita lakukan dengan cara menambahkan tanah pada pangkal batang kembang kol. Tujuannya agar perakaran tamaman tidak mudah menjalar panjang sekaligus memperkokoh tegaknya batang.   


Pupuk Dasar dan Susulan Manfaat Kembang Kol  


Pupuk Dasar Kembang Kol

Pupuk dasar menggunakan 3 jenis pupuk, yaitu : 

- Pupuk kandang sebanyak 19 - 20 ton/ha tergantung dari kesuburan tanah. Atau kira-kira 1/2 - 1 kg per lubang tanam atau 1 - 2 kg/m2.
- Dolomit kita berikan agar tanah tidak masam. Dolomit diberikan sebanyak 2 ton/ha atau 80 gram per lubang tanam atau 2 kg/m2.
- Pupuk kimia 300 kg/ha Phonska ( 12,5 g/lubang atau 30 g/m2) + 150 kg/ha TSP ( 6,25 g/lubang atau 15 g/m2 ) + 100 kg/ha KCl ( 4 g/lubang atau 10 g/m2 ).


Aplikasi pupuk dasar tidak boleh kita berikan bersamaan. Pertama adalah pupuk kandang dan dolomit. Seminggu kemudian baru diberikan pupuk kimia. 

Setelah pupuk kimia, tanah kita biarkan 1 minggu dan tanah siap ditanami bibit. Pupuk dasar semua diaplikasikan dengan cara sebar merata pada bedengan. Tanah dibolak balik sampai tercampur merata. 

Pupuk Susulan Bunga Kol


Pupuk susulan sebaiknya kita berikan bertahap sebanyak 3 kali. Pemberian secara bertahap lebih bagus daripada anda berikan sekaligus namun dosis pupuk tinggi. 

- Pupuk susulan 1. Umur 10 HST menggunakan 36 kg/ha Phonska ( 1,5 g/tanaman ). Tambahkan juga pupuk Urea 16 kg/ha ( 0,7 gram per tanaman ). 

- Pupuk susulan 2. Umur 20 HST dosis 36 kg/ha Phonska ( 1,5 g/tanaman ), 16 kg/ha Urea ( 0,7 g/tanaman ) dan ditambah 28 kg/ha KCl ( 1,2 gram/tanaman ). 

- Pupuk susulan 3. Umur 30 HST dosis sama dengan pemupukan kedua. Aplikasi pupuk susulan kita berikan pada lubang pupuk jarak 15 hingga 20 cm dari tanaman. 

Bila menggunakan mulsa plastik, agak sulit diaplikasikan dengan cara tabur. Cara pengocoran atau bentuk larutan pupuk lebih mudah dan cepat terserap dan cocok bila ada aplikasi mulsa plastik. 

Pupuk Susulan 1. Larutkan 75 g Phonska + 35 gram Urea dalam 10 liter air. Aduk-aduk sampai larut dan siramkan ke tanaman sebanyak 200 ml/tanaman. 

Pupuk Susulan 2. Larutkan 75 gram Phonska + 35 gram Urea dalam 10 liter air. Tambahkan 60 gram KCl lalu aduk merata dan siramkan 200 ml/tanaman.

Pupuk Susulan 3. Larutan sama dengan larutan ke-2. Penyiraman larutan pupuk pada bagian bawah tanaman dan hindari penyiraman pada bagian daun tanaman. Pemupukan kita lakukan sore hari.  

Mengenal Penyakit Akar Gada pada Kembang Kol


Manfaat Kembang Kol, Penyakit Akar Gada, Bunga Kol, Kembang Kol, Cauliflower, Kol Bunga, Tanaman Kembang Kol, Tanam Bunga Kol, Bundidaya Kembang Kol  Kandungan Bunga Kol, Kandungan Dan Manfaat Kembang Kol, Toko Pertanian, Toko Pertanian Terdekat, Lmga Agro
Serangan Penyakit Akar Gada


Penyakit akar gada sering menyerang tanaman kembang kol dan tanaman kubis-kubisan. Penyebabnya adalah cendawan Plasmodiophora brassica. Cendawan menyerang bagian akar tanaman Brassicaceae. 

Akar tanaman terkena serangan cendawan ini akan tampak menggelembung atau berbentuk bulat-bulat. Akibatnya dapat menghambat pertumbuhan tanaman. 

Spora dari cendawan tersebut dalam tanah dan mampu bertahan hidup 10 tahun lamanya bahkan tanpa tanaman inang. 

Penyakit akar gada menyebar biasanya dimulai dari benih yang telah mengandung patogen penyakit ini. 

Sejarah dari lahan menanam manfaat kembang kol juga bisa menjadi penyebabnya. Benih telah terkena patogen penyakit akar gada. Jarak tanam terlalu rapat menambah parah serangan penyakit. 

Penanaman tidak tepat juga bisa menyebabkan penyakit akar gada. Tanaman kembang kol seharusnya kita tanam dengan posisi akar lurus. 

Tanah dengan pH terlalu asam menyebabkan timbulnya jamur. pH terlalu basa menimbulkan bakteri. Sehingga penting sekali mengecek pH tanah saat pengolahan tanah. 

Bila tanaman dengan akar terkenana penyakit akar gada lalu dimakan sapi. maka kotoran sapi juga mengandung patogen penyakit tersebut. Pencegahan cara yang tepat agar tanaman tidak terkena penyakit akar gada. 

Cara mengendalikan penyakit akar gada. Yaitu dengan melakukan rotasi tanaman. Pengendalian lebih diutamakan tidak menggunakan bahan kimia karena berpotensi merusak lingkungan. Mengurangi pemakaian pupuk Urea dapat menekan serangan jamur. 

Penyakit Busuk Hitam Kembang Kol


Penyakit Busuk Hitam, Bakteri, Bunga Kol, Kembang Kol, Cauliflower, Kol Bunga, Tanaman Kembang Kol, Tanam Bunga Kol, Bundidaya Kembang Kol  Kandungan Bunga Kol,  Toko Pertanian, Toko Pertanian Terdekat, Lmga Agro
Serangan Busuk Hitam ( Bakteri )


Penyakit busuk hitam
merupakan penyakit yang kerap menyerang tanaman manfaat kembang kol. Serangannya dapat mempengaruhi produksi bunga kol. 

Petani sering menghadapi serangn penyakit ini bila menanam kembang kol. Penyakit busuk hitam kembang kol telah tersebar ke seluruh dunia. 

Penyakit busuk hitam, busuk coklat atau busuk bakteri menyerang seluruh bagian tanaman. Dimulai dari daun, batang hingga bunga. 

Busuk hitam menyerang kembang kol saat musim hujan. Mulai menyerang tanaman pada fase mulai persemaian hingga panen bunga kol. 

Busuk hitam termasuk penyakit pada kol bunga yang harus kita waspadai. Karena penyakit ini mudah menyebar dan menyebabkan kerusakan berat. 

Penyebabnya adalah bakteri Xanthomonas campestris. Bakteri ini banyak menyerang sayuran keluarga Crucifera seperti kol kubis, sawi, brokoli dan lain-lain. 

Penyakit akibat bakteri bersifat tular tanah dan dapat menyerang pada senua fase pertumbuhan kol bunga. Mulai dari persemaian sampai mendekati panen. Serangan bakteri menyebabkan infeksi berupa adanya bekas gigitan ( luka ) serangga hama vektor. 

Gejala serangan berupa bercak coklat kehitaman. Menyerang pada daun, batang dan massa bunga menjadi warna kehitaman, membusuk dan kembang kol tidak bisa kita panen. 

Gejala awal serangan bakteri Xanthomonas yaitu bercak menyerupai huruf " V " berwarna kuning. Bercak pada bagian tepi ujung daun lalu meluas menuju tulang daun bagian tengah. Pada masaa bunga ( curd ) mengalami pembusukan warna hitam. 

Bakteri juga dapat menyebabkan pembuluh menghitam sehingga pengangkutan nutrisi dari akar terganggu. Massa manfaat bunga kol menghitam dan menimbulkan aroma busuk. 

Awalnya massa bunga berwarna kuning muda, lalu menjadi kuning tua dan berwarna oranye. Berubah menjadi warna coklat lalu menjadi warna hitan dan mengalami pembusukan.  

Baca Juga : Pestisida Pertanian Lengkap Tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro

Cara Pencegahan Penyakit Bunga Kol


Pencegahan penyakit bunga kol hendaknya kita lakukan sedini mungkin yaitu mulai dari pemilihan benih. 

Karena pengendalian setelah tanaman terinfeksi penyakit tidak membuahkan hasil signifikan dan maksimal. Malah dapat menghabiskan banyak biaya untuk penyemprotan. 

Berikut cara pencegahan penyakit : 
1. Penggunaan benih berkualitas, bersertifikat hibrida dan unggul. 
2. melakukan pengolahan tanah yang baik dan benar.
3. Pergiliran atau rotasi tanaman bukan satu famili kubis-kubisan. 
4. Memakai mulsa plastik hitam perak terutama bila penanaman di musim hujan. 
5. Memberikan pupuk berimbang dan tidak berlebihan.
6. Serangan berat melakukan penyemprotan fungisida bahan aktif tembaga, streptomycin sulfat dan lain-lain sebagai alternatif terakhir. 

Hama Ulat daun/ulat tritip ( Plutella xylostella ) juga sering menyerang tanaman kembang kol. Ulat kubis dari Lepidoptera : Plutellidae adalah salah satu jenis hama utama pertanaman kubis. 

Bila ulat kita biarkan dan tidak ada tindakan pengendalian maka kerusakan akan meningkat. Hasil panen menurun baik kualitas maupun kuantitas. 

Ciri khas ulat Plutella yaitu sayap depan berupa garis bergelombang berwarna kuning. Sewaktu ngengat istirahat, sayap akan terlipat dan tampak bintik segi empat seperti berlian kuning. Karena ulat plutella sering kita sebut diamondback. Ngengatnya aktif saat malam hari.  

Cara Panen Tanaman Kol Bunga 


Panen kol bunga dilakukan setelah umur 60 - 90 HST. Panen sebelum bunga mekar dan sewaktu kropnya masih berwarna hijau. Jika bunga mekar maka tangkai bunga akan memanjang dan keluar kuntum bunga berwarna kuning. 

Panen pertama manfaat kembang kol dilakukan setelah menunjukkan kematangan 80 - 90 %. Sebaiknya pemetikan kembang kol pada pagi dan sore hari. 

Pemetikan saat cuaca tidak terik atau panas dapat mengurangi penyusutan kuantitas dan nutrisi dalam kol bunga. 

Potensi panen manfaat kembang kol mencapai 15 - 40 ton per hektar. Umur panen tergantung dari varietas tanaman. 

Cara Panen yaitu dengan memotong tangkai bunga. Pemotongan bersamaan batang daun  dengan ukuran panjang 25 cm. 

Jual Benih Kembang Kol Harga Murah Serta Diskon


Jual benih kembang kol dengan harga murah adalah pilihan tepat untuk para petani yang ingin mengembangkan tanaman kembang kol dengan efisien dan terjangkau. 

Kami sebagai penjual benih bunga kol berkualitas tinggi, memiliki pengalaman dan keahlian dalam menyediakan produk unggulan. 

Oleh karena itu, kami menawarkan benih kembang kol yang telah melalui proses seleksi ketat sehingga dapat menghasilkan tanaman yang sehat dan produktif.

Kami bekerja sama dengan ahli agronomi yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan mendalam tentang tanaman kembang kol. 

Dengan bimbingan mereka, toko pertanian kami mampu menjamin kualitas benih yang kami jual serta memberikan saran yang berguna untuk pertumbuhan dan perawatan tanaman.

Sebagai penjual benih kembang kol terpercaya, kami berkomitmen menjaga otoritas industri ini. Kami jual benih kembang kol terbaru dengan kualitas terbaik lengkap untuk dataran rendah hingga tinggi

Kami hanya jual benih dari produsen terkemuka yang telah teruji dan terbukti menghasilkan hasil panen yang memuaskan. 

Jadi, jika Anda mencari benih kembang kol berkualitas dengan harga yang terjangkau, Anda berada pada tempat yang tepat. 

Dengan pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan yang kami miliki, kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan kami. 

Hubungi toko pertanian Lmga Agro, dapatkan benih bunga kol harga murah serta diskon yang dapat membantu Anda meraih hasil panen yang sukses. Stok benih kembang kol kami lengkap.

Hubungi nomer kontak Kami lewat 082141747141 ( telpon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro sedia beragam varietas benih hibrida dan unggul kembang kol. 

Kami juga melayani konsultasi gratis pertanian membantu Anda menyelesaikan permasalahan bercocok tanam. 

Lmga Agro  mengajak kerja sama online shop sebagai dropship dan reseller. Kami siap kirim pesanan Anda bersama jasa ekspedisi JNE, KI8, JNT dan Pos Indonesia. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Manfaat Kembang Kol, Sayuran Kaya Nutrisi Mudah Cara Tanamnya. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan manfaat kembang kol sebagai sayuran bermanfaat karena kaya nutrisinya. 

Manfaat kembang kol bisa Anda nikmati dengan kemudahan cara menanamnya. Selamat mencoba dan selalu semangat. Salam sukses.

LMGA AGRO

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin komentar Gunakan alamat email yang jelas ( Jangan Anonymous ). Mohon komentar secara bijak dan sesuai bahasan.