TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

01/11/20

Budidaya Blewah Sukses Benih Berkualitas dan Hasil Buah Besar

budidaya blewah, manfaat blewah, jual benih blewah, buah blewah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Blewah Salvo
Budidaya Blewah Sukses Benih Berkualitas dan Hasil Buah Besar. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih blewah dan sedia berbagai benih hibrida dan unggul lainnya. 

Toko pertanian online LMGA Agro sedia pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian lengkap dan berkualitas. Kami melayani konsultasi gratis pertanian dan cara menanam baik dan benar. Termasuk budidaya blewah agar hasil buah besar dan sukses panennya. 

Toko pertanian online LMGA Agro telah berpengalaman sebagai distributor pertanian. Kami didukung perusahaan benih, pestisida dan alat pertanian terbaik. Kami mengajak kerja sama online shop sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Budidaya blewah relatif mudah dan banyak dikerjakan petani saat menjelang bulan Ramadhan. Meski tidak lama umur panennya, budidaya blewah dilakukan petani saat menjelang puasa saja. Karena panen budidaya blewah tepat bersamaan puasa dan memang buah blewah segar sebagai sajian pas berbuka. 

Budidaya blewah tidak terlalu rumit dan mudah dalam perwatannya. Budidaya blewah banyak dilakukan saat menjelang bulan Ramadhan. Petani mendapatkan keuntungan lebih banyak dibandingkan di bulan-bulan lainnya.

Budidaya blewah dan perawatan tepat menghasilkan buah rasa sangat manis dan kaya air. Buah blewah laris dan permintaan meningkat di bulan puasa. Buah blewah di luar bulan puasa, banyak digunakan untuk membuat es blewah segar atau campuran es campur. 

Sebagai buah, blewah juga memiliki kandungan nutrisi yang penting bagi kesehatan. Blewah mengandung vitamin dan mineral baik bagi kesehatan.  


Budidaya Blewah Buah Segar Untuk Berbuka


Budidaya blewah semakin sering dilakukan petani karena permintaan blewah semakin meningkat. Buah blewah banyak dicari dijadikan es blewah atau campuran es campur. Rasa buah blewah segar dan banyak mengandung air. Air pada blewah mengandung banyak nutrisi. 

Budidaya blewah buah berbentuk bulat besar atau ada berbentuk lonjong memanjang. Kulit buah berwarna jingga dan bercak kehijauan. Budidaya blewah menghasilkan buah yang sangat laris di bulan Ramadhan tiba. 

Menghidangkan buah blewah dengan cara diserut lalu dijadikan minuman segar. Atau bisa blewah dipotong langsung dan dimakan. Harga blewah saat bulan puasa tergolong tinggi namun banyak juga pembelinya. 

Awal dan menjelang puasa, harga blewah berkisar Rp. 6000 - Rp. 7000. Masuk pertengahan bulan puasa, harga buah blewah turun hingga setengahnya per kilogram. 

Meski harga termasuk tinggi di awal puasa namun pembeli blewah masih banyak. Ditambah semakin banyaknya penjual es blewah dan es lainnya dengan blewah bahannya. 


Kandungan Nutrisi Blewah


Buah blewah memiliki 5 kandungan nutrisi didalamnya, yaitu antara lain : 

1. Betakaroten

Menurut USDA ( Departemen Pertanian AS ) bahwa kandungan betakaroten blewah lebih tinggi dibandingkan jeruk dan mangga. Betakaroten adalah salah satu jenis karotenoid pemberi warna cerah pada blewah. 

Betakaroten dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A baik untuk kesehatan mata. Antioksidan mampu melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh. 


2. Air

Kandungan air dalam buah blewah mencapai 90% dan mampu mengatasi gangguan dehidrasi. Cocok dipakai minuman berbuka setelah seharian berpuasa. Tubuh mengalami dehidrasi membuat jantung bekerja keras memompa darah ke tubuh. Air blewah membantu pencernaan lebih baik, ginjal dan tekanan darah stabil dan sehat. 


3. Serat

Blewah mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan serat juga dapat membantu memperlancar pembuangan kotoran dari usus. Hal ini dapat menghindari seseorang dari sembelit.


4. Kalium

Kalium juga terkandung dalam buah blewah. Kalium merupakan mineral elektrolit dan baik bagi tubuh. Kalium mampu menjaga keseimbangan air pada sel dan cairan tubuh. 


5. Vitamin dan Mineral

Blewah mengandung vitamin K. Dalam blewah juga mengandung mineral niasin, kolin, kalsium, magnesium, fosfor dan mangan. Nutrisi lengkap tersebut cocok sebagai menu berbuka dan segera dapat memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa. 


Baca Juga : Blewah, Buah Berbentuk Unik Menguntungkan Petani 


Manfaat Blewah Bagi Kesehatan 


- Buah blewah mampu menjaga kesehatan tubuh selama melakukan ibadah puasa. Hal tersebut karena blewah mengandung gula dan kalori yang sedikit. 

- Manfaat blewah membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan kalium didalam blewah. 

- Manfaat blewah mampu mencegah penyakit datang. Blewah mampu mengurangi risiko batu ginjal dan tulang keropos. 

- Blewah mampu mencegah penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lain. Hal tersebut karena blewah mengandung vitamin C dan berperan sebagai antioksidan. 

- Blewah mampu mencegah gangguan insomnia. Blewah mengurangi penderitaan seseorang terkena insomnia. Saat sulit tidur di malam hari, coba Anda mengkonsumsi buah blewah. 

- Aman bagi penderita kolesterol dan tekanan darah tinggi karena buah blewah bebas ( non ) kolesterol.

- Mampu mengobati keluhan sakit maag bila buah blewah dikonsumsi secara teratur. Mampu mengobati menurunnya nafsu makan dan infeksi saluran kemih.

- Sumber vitamin A dan baik bagi kesehatan penglihatan kita. 

- Bermanfaat penting menjaga kesehatan janin karena blewah memiliki kandungan asam folat cukup besar. 

- Bermanfaat mencegah osteoporosis dan penyakit kanker dengan rutin mengkonsumsi buah blewah. 


Syarat Tumbuh Budidaya Blewah


budidaya blewah, manfaat blewah, buah blewah, jual benih blewah unggul, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Blewah

Blewah memiliki nama latin Cucumis melo L. dan masuk dalam genus cucumis, keluarga Cucurbitaceae. Blewah satu famili dengan tanaman labu, timun, melon, semangka dan masih banyak lagi. 

Daging buahnya segar, banyak mengandung air dan beraroma khas segar. Di dalam buah terdapat banyak biji seperti melon. Umumnya blewah berbentuk bulat besar atau berbentuk lonjong. Blewah berwarna kuning dan terdapat bercak kehijauan. 

Budidaya blewah cukup mudah perawatannya. Budidaya blewah biasanya dilakukan petani di musim kemarau. Hal tersebut karena tanaman blewah tidak menyukai air berlebih dan tanah terlalu lembab. 

Bila selama budidaya blewah mendapatkan air terlalu banyak maka rasa dan aroma kurang nikmat. Rasa manis buah blewah akan berkurang dan hambar. Selain itu, budidaya blewah di musim hujan, banyak buah yang tumbuh kurang baik. 

Syarat tumbuh budidaya blewah dapat ditanam di dataran rendah, menengah hingga tinggi. Budidaya blewah merupakan budidaya tanaman semusim dan mudah dibudidayakan. Pemeliharaannya tidak rumit dan mau tumbuh di segala jenis tanah. 

Budidaya blewah membutuhkan sinar matahari peuh sepanjang hari. Budidaya blewah tidak dapat tumbuh optimal bila lahan terdapat naungan. Budidaya blewah menyenangkan karena bila dibandingkan tanaman jenis labu-labuan lainnya, blewah paling bandel. 

Budidaya blewah mampu beradaptasi baik di lingkungan dan cuaca apa pun. Perhatian lebih karena budidaya blewah membutuhkan unsur hara tersedia cukup bagi blewah. Agar budidaya blewah berhasil baik, buah banyak dan besar. Budidaya blewah menyukai tanah memiliki pH 6,0 - 7,0.  




Persiapan Lahan Budidaya Blewah 


Persiapan lahan budidaya blewah pertama, bersihkan lahan dari gulma atau rumput liar atau tanaman pengganggu lain. Setelah dibersihkan dari gulma, tanah dicangkul untuk digemburkan. Bisa juga digemburkan dengan cara dibajak menggunakan hewan ternak. 

Selanjutnya budidaya blewah membuat bedengan ukuran lebar 60 - 80 cm. Lebar parit sekitar 40 cm dan jarak antar bedengan 2 - 3 meter. Jarak antar bedengan digunakan untuk menjalarkan batang blewah. Lubang tanam budidaya blewah berjarak 60 - 70 cm. 

Bedengan model seperti ini memudahkan Anda melakukan pemeliharaan budidaya blewah. Tanaman juga nantinya dapat menerima sinar matahari langsung sepanjang hari. 

Selanjutnya memberikan pupuk dasar. Menggunakan kapur pertanian Dolomit, pupuk kandang/kompos, NPK/pupuk campuran ZA, TSP dan KCl. Sebelum menaburkan Dolomit, tanah dicek pH tanah dulu. Jika pH < 6 - 7 maka taburkan Dolomit sesuai kebutuhan sampai PH netral. 

Jika pH sudah netral maka dolomit tidak diperlukan. Biarkan Dolomit yang sudah ditaburkan terkena air hujan dan biarkan satu minggu agar Dolomit bekerja meresap dalam tanah. 

Satu minggu kemudian, taburkan 1 kg pupuk kandang + 250 gram NPK per lubang tanam yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian, tutup dengan mulsa plastik hitam perak agar pertumbuhan optimal. 

Peran mulsa plastik juga dapat mencegah tumbuhnya gulma dan mempertahankan kelembaban. Setelah pemberian pupuk dasar, tunggu 10 - 15  hari kemudian tanam bibit blewah. 


Persiapan Bibit dan Penanaman Budidaya Blewah


budidaya blewah, manfaat blewah, buah blewah, jual benih blewah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Blewah Unggul
Baladewa

Penanaman benih blewah bisa ditanam langsung di lahan dengan menanam 1 - 2 benih per lubang tanam. Namun bila benih disemaikan dulu akan lebih baik. Persemaian benih menggunakan polybag atau tray semai. Sama dengan persemaian pada budidaya melon, semangka dan pare. 

Lama pembibitan benih blewah adalah 10 - 14 HST. Bibit blewah kemudian dapat dipindah tanam ke lahan yang sudah dipersiapkan. Sebelum benih ditanam, direndam dalam air selama 24 jam untuk memecah dormansi benih. 

Setelah direndam sehari semalam, esok paginya benih dapat disemaikan atau ditanam langsung dilahan. Masukkan 1 - 2 benih ke dalam lubang tanam dan tutup dengan tanah. Jarak tanam 60 - 70 cm. 

Benih blewah hibrida dan berkualitas dapat anda beli di Toko Pertanian online LMGA Agro. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Persemaian benih dilakukan di polybag atau tray semai. Media tanam campuran tanah dan pupuk kandang. Rawat bibit sampai umur 10 - 14 hari dengan rutin melakukan penyiraman. 

Saat bibit sudah siap dipindah tanam, siram lubang tanam hingga basah. Sobek polybag hati-hati dan masukkan bibit beserta tanahnya ke lubang tanam. Usahakan lebar lubang tanam sesuai dengan ukuran polybag. Penanaman bibit sebaiknya di sore hari untuk mencegah bibit stres. 

Setelah bibit ditanam, tambahkan tanah dan tekan-tekan secukupnya agar bibit dapat berdiri kokoh. Selesai ditanam, lakukan penyiraman air secukupnya untuk menjaga kelembaban tanah.  




Perawatan dan Pemeliharaan Blewah


Perawatan untuk budidaya blewah harus dilakukan optimal agar hasil buahnya besar. Perawatan meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. 

Penyiangan dilakukan bila tampak gulma dan rumput liar tumbuh lebat di sekitar tanaman. Bila dipasang mulsa plastik hitam perak, gulma jarang tumbuh. Sehingga mungkin rumput tumbuh di pinggir-pinggir bedengan. Singkirkan juga sampah di parit agar air lancar mengalir. 

Penyiraman dilakukan sesuai kondisi lapangan. Bila hujan turun maka penyiraman tidak sering dilakukan. Umur 0 - 10 hari, penyiraman dilakukan setiap hari. Selanjutnya penyiraman dilakukan bila tanah sudah tampak kering. 

Penyiraman dilakukan secukupnya saja. Karena tanaman blewah tidak menyukai tanah terlalu becek atau lembab. Pemakaian mulsa bisa menjaga kelembaban sehingga tanah tidak mudah kering. 

Pemupukan budidaya blewah dilakukan saat umur 7, 20 dan 35 hari. Sebaiknya pemberian pupuk dengan cara dikocorkan atau bentuk larutan. Pupuk dalam bentuk larutan disiramkan ke seluruh tanaman blewah merata.  

Pupuk yang digunakan adalah NPK, KCl, TSP atau SP-36 dan ZA. Pemberian pupuk bila penanaman di musim hujan dengan cara ditabur. 

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman mati atau sakit. Penyulaman sampai umur tanaman 21 HST. Budidaya blewah sama dengan keluarga Cucurbitaceae lainnya yaitu semangka, timun atau labu. Dosis pupuk susulan yang diberikan sama dengan tanaman famili Cucurbitaceae. 


Dosis Pupuk Susulan Budidaya Blewah 


1. Pemupukan susulan I. Diberikan umur 7 HST. Pupuk NPK sebanyak 4,5 gram per tanaman dan pupuk KNO3 sebanyak 2,5 gram per tanaman. 

2. Pupuk susulan II. Diberikan umur 14 HST. NPK sebanyak 8,5 gram per tanaman. Pupuk KNO3 sebanyak 2,5 gram per tanaman. 

3. Pupuk susulan III. Diberikan umur 21 HST menggunakan pupuk NPK dosis 12,5 gram per tanaman dan KCl sebanyak 15 gram per tanaman. 

4. Pupuk susulan IV diberikan umur 35 HST. Menggunakan pupuk NPK 12,5 gram per tanaman dan ZA dosis 8,5 gram per tanaman. 

5. Pupuk susulan V diberikan umur 45 - 50 HST. Yaitu pupuk ZA dosis 10 gram per tanaman. 


Pemberantasan hama dan penyakit budidaya blewah antara lain : jangkrik, ulat grayak, oteng-oteng, lalat buah. Penyakit bercak daun, layu, busuk daun dan lain-lain. Tanaman blewah merupakan tanaman buah, tumbuhnya merambat di atas tanah. Sehiggga hama budidaya blewah berasal dari atas tanah. 

Serangan hama harus diatasi  segera agar kerusakan tidak bertambah lebar dan menyebar. Pengamatan setiap hari dapat mencegah serangan hama sedini mungkin. Bila menemui ada ulat, kutu dan daun kering segera ambil dan hilangkan. Lalu dimusnahkan jauh dari kebun agar tidak menulari tanaman lain. 


Baca Juga : Sukses Bertanam Cabe di Musim Penghujan


Mengenal Hama pada Budidaya Blewah


1. Tikus

Tikus bisanya hidup di kebun, bersemak dan lembab kotor. Tikus merusak tanaman waktu siang dan malam hari. Cara merusaknya yaitu memakan buah yang masih di kebun atau sudah dipanen. Biasanya memakan buah masih muda secara menyeluruh lalu ditinggalkan. Sehingga buah menjadi rusak dan tidak bisa dijual. 

Pengendalian tikus dengan berburu tikus atau meracuninya. Cara lainnya adalah selalu melakukan sanitasi kebun agar selalu bersih. Hancurkan sarang tikus di pematang kebun sehingga tidak ada tempat tinggalnya.


2. Oteng-oteng

Bentuknya seperti kumbang dan bersayap warna kemerahan. Oteng-oteng memakan daun dan larva kumbang memakan lapisan bawah daun. Akibatnya daun berlubang hingga hanya menyisakan tulang daunnya. Petani biasanya menyemprotkan insektisida sesuai hamanya dan dosis sesuai anjuran pada kemasannya. 


3. Lalat buah

budidaya blewah, manfaat blewah, buah blewah, jual benih blewah, toko pertanian, toko online, lmga agro
Perangkap Lalat Buah

Lalat buah meletakkan telurnya di bakal buah. Saat bunga mekar, telur menetas dan masuk ke bagian dalam buah dan menggerogoti isi buah. Terdapat bintik kecoklatan dipermukaan buah karena gigitan lalat memasukkan telurnya. Lama kelamaan buah menjadi busuk dan bila buah dibelah tampak larva/belatung di dalamnya. 


Hama ini terlihat seperti lalat buah yang akan meletakkan telurnya di bakal buah. Saat bunga mekar, telur tersebut menetas dan masuk ke pentil buah, lalu memakan isi buah tersebut. Gejala serangan hama lalat buah ditandai dengan adanya bintik kecokelatan pada permukaan kulit buah dan membusuknya daging buah. Tak jarang ditemukan beberapa belatung/larva di dalamnya.

Pengendalian hama yaitu dengan menyemprotkan insektisida. Gunakan insektisida sesuai jenis hama yang menyerang tanaman blewah. Lakukan juga secara rutin sanitasi kebun seperti membersihkan gulma dan sampah. 


Pemanenan Budidaya Blewah


Budidaya blewah sudah bisa dipanen umur 50 HST dan jika perawatan benar biasanya bisa dua kali panen sekali tanam. Budidaya blewah menggunakan benih berkualitas dapat Anda beli di Toko pertanian online LMGA Agro. Antara lain seperti benih di bawah ini : 

1. Blewah Bisma unggul cap Kapal Terbang. Budidaya blewah Bisma cocok ditanam di dataran rendah dan sinar matahari sepanjang hari. Buah berbentuk oblong, daging oranye, manis dan beraroma kuat. Berat buah 2 kg/buah dan umur panen 50 HST. Hasip panen budidaya blewah Bisma 13 ton/ha. 


2. Blewah Unggul Salvo dari Tunas Seed. Budidaya blewah Salvo cocok ditanam di dataran rendah dan mendapat sinar matahari sepanjang hari. Buah oblong, tebal, daging bersih dan berwarna oranye. Berat buah 2,5 kg/buah dan menghasilkan 2 - 4 buah. Umur panen budidaya blewah Salvo 50 HST dan potensi panen 14 ton/ha.


3. Blewah Aruna unggul dari Tunas Agro. Budidaya blewah Aruna cocok untuk dataran rendah dan siar matahari sepanjang hari. Blewah berbentuk bulat, pertumbuhan cepat dan berwarna kuning saat tua. Daging buah oranye, harum dan manis. Budidaya blewah Aruna panen umur 55 - 65 HST dan potensi 14 ton/ha.


Peluang Usaha Sukses Budidaya Blewah


Kini era digital, permintaan buah blewah meningkat. Meski budidaya blewah jenis buah sederhana namun petani bisa mendapatkan keuntungan banyak untuk budidaya blewah. Apalagi bila budidaya dilakukan mendekati bulan Ramadhan maka keuntungan bisa berlipat-lipat dibandingkan bulan-bulan lainnya. 

Demikian artikel Kami dengan judul : Budidaya Blewah Benih Berkualitas Sukses dan Hasil Buah Besar. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan beragam varietas benih unggul dan hibrida buah dan sayur. 

Toko pertanian LMGA Agro juga menyediakan pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian lengkap. Kami melayani konsultasi gratis pertanian juga konsultasi budidaya blewah agar hasil buah besar. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Kami bekerja sama jasa pengiriman barang JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan tentang budidaya blewah baik dan benar. Cara perawatan budidaya blewah optimal maka akan diperoleh hasil panen memuaskan. Penggunaan benih berkualitas dan unggul dipastikan mendapatkan hasil buah memuaskan. Salam sukses...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.