TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

04/11/20

Daun Kol Sehat, Sayuran Bermanfaat Tinggi dan Mudah Tanamnya

daun kol, sayur kol, kubis, budidaya kubis, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Daun Kol Segar dan Sehat Menyehatkan 

Daun Kol Sehat, Sayuran Bermanfaat Tinggi dan Mudah Tanamnya. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul sayur kol. Juga jual benih sayuran dan buah lain terbaik dan berkualitas. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan selain benih, ada pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami melayani konsultasi gratis pertanian mengenai permasalahan bercocok tanam. Kami juga mengajak kerja sama online shop sebagai dropship dan reseller pertanian.

Daun kol sayuran bermanfaat tinggi dan disukai masyarakat. Sayur kol disebut pula kubis dapat dikonsumsi segar  ( mentah ) sebagai sayur lalapan. Tekstur daun kol keras namun bila dimakan rasanya renyah dan krenyes di mulut. 

Daun kol juga cocok diolah sebagai masakan matang. Seperti sayur sup, tumisan, dicampur menu nasi goreng dan mie goreng. Sampai dijadikan asinan, menyegarkan sekali. Selain karena banyak sekali menu kuliner sayur kol, manfaatnya bagi tubuh juga tinggi.

Daun kol merupakan sayuran dengan banyak manfaat. Kandungan nutrisi, vitamin dan mineral lengkap. Selalu ada di pasaran dan dengan umur panen cepat, budidaya kubis bisa menjadi alternatif menjanjikan.  

Kandungan nutrisi sayur kol lengkap dan bermanfaat mencegah datangnya penyakit bagi tubuh kita. Cara tanam sayur kol tidak sulit dan hasil panennya juga menguntungkan dan menjanjikan. 

Daun kol berbentuk lapisan-lapisan hingga membentuk krop membulat. Awal pertumbuhan daun kol membentuk secara normal hingga dewasa mulai melengkung keatas dan tumbuh rapat. Warna krop daun kol makin pucat mendekati panen. Umur panen kubis kol dilihat dari ukuran krop. Bila ukuran sudah cukup besar maka sayur kol segera siap dipanen. 


Daun Kol Kelompok Kubis-Kubisan 


Kol atau kubis merupakan jenis sayuran daun. Sebutan lain untuk kol adalah kubis, kobis dan kobis bulat. Sayur kol kelompok kultivar dari Brassica oleracea dan merupakan tanaman 2 tahunan. Jenis sayur kol terdapat 2 jenis warna daun kol yaitu warna hijau dan ungu. 

Sayur kol ditanam sebagai tanaman tahunan dan memiliki ciri khas kepala padat pada daun kolnya. Daun kol masih satu famili dengan brokoli, kembang kol dan kubis brussel. Kepala sayur kol memiliki berat kisaran 0,5 - 4 kg. Warna daun kol beragam, ada warna hijau, ungu dan putih. 

Daun kol hijau kepala keras dan tekstur daun halus paling umum ditemui di pasaran. Kubis merah berdaun halus dan kubis savoy lebih jarang ditemui di pasaran. Umumnya kubis merupakan jenis sayur  kol berlapis-lapis. 

Ukuran kepala kubis jauh lebih besar bila cuaca matahari bersinar lebih lama di musim panas. Tanaman  sayur kol berasal dari sutu tempat di Eropa. Pada Abad Pertengahan, dilaporkan, sayur kol kubis telah menjadi sayuran penting di Eropa. 

Di belahan dunia, pertanaman sayur kol hampir setengahnya berada di daratan China. Kubis cina ini sayuran Brassica paling populer. Daun kol dimanfaatkan dan diolah berbagai macam. Yaitu dengan cara diacar, difermentasi, dikukus, direbus, ditumis sampai dimakan mentah. 

Daun kol kubis ( Brassica oleracea atau B. oleracea var. capitata ) sumber vitamin K, vitamin C dan serat pangan. Sayur kol berakar tunggang yang tipis. Daun kol berbentuk bulat telur, tanaman tinggi 40 - 60 cm. Kebanyakan daun kol tebal dan bergelombang. 



Pertumbuhan Daun Kol Nilai Gizi Tinggi


daun kol, kubis, kol, sayur kol, manfaat kubis, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kubis Green Nova

Tanaman sayur kol memiliki ciri khas membentuk krop. Daun kol awalnya akan tumbuh membentuk daun secara normal. Semakin bertambah dewasa, daun kol mulai melengkung ke atas dan akhirnya tumbuh sangat rapat. 

Budidaya tanaman sayur kol, petani biasanya menutup krop menggunakan daun-daun dibawahnya. Tujuannya supaya didapatkan warna krop daun kol makin pucat. Kubis kol termasuk tanaman biannual ( dua tahunan ). Tahun pertama, tumbuh daun kol di bagian pucuk tanaman. 

Tumbuh merapat, membulat, kompak dan disebut krop ( kubis telur ). Tahun kedua, krop akan mekar lalu tumbuh bunga. Tanaman sayuran kol memiliki daun bulat, oval hingga lonjong. Malai bunga bertangkai panjang, mahkota tegak dan berwarna kuning. 

Krop daun kol kubis telur dapat dimakan segar juga bisa dimasak. Nilai gizi daun kol cukup tinggi. Daun kol oleh masyarakat dikonsumsi sebagai lalapan, asinan, gado-gado, sop dan capcay. Sayur kol mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang penting bagi tubuh manusia. 

Jenis kubis cukup banyak dan terdapat 5 jenis yang cukup dikenal, yaitu : 

- Kol kubis memiliki ciri-ciri daun kol saling menutupi satu sama lain membentuk krop. 

- Kubis daun ( kubis stek ) memiliki daun namun tidak membentuk krop. Biasa disebut kubis kale. 

- Kubis umbi  ( brokoli ) nama latinnya Brassica oleracea var. gongylodes L. ciri-ciri pangkal batang membentuk umbi bulat dan kecil. Cocok dibuat lalap dan sayuran.  

- Kubis tunas ( babat ) populer disebut Brussel Sprout. Pada tunas samping kiri dan kanan sampai bagian pucuk ( atas ) dapat membentuk krop. Diameter krop 2,5 - 5 cm. Satu batang terdiri dari puluhan krop kecil. 

- Kubis bunga ( kembang kol ) membentuk massa bunga berwarna putih dan putih kekuningan. Bila brokoli massa bunga berwarna hijau dan kebiruan. 




Kandungan Gizi dan Manfaat Sayur Kol 


Sayur kol diyakini mengandung gizi tinggi dan baik bagi tubuh manusia. Namun sebagaimana famili kubis-kubisan lain, daun kol memiliki efek tidak mengenakkan bagi tubuh kita. 

Daun kol mempunyai sejumlah senyawa yang dapat merangsang pembentukas gas dalam tubuh. Gas ini berakibat menimbulkan rasa kembung di perut ( zat-zat goiterogen ). Terutaman bagi beberapa orang yang sensitif. Daun kol mengandung pula zat kelompok glukosinolat pemberi rasa pahit. 

Memiliki efek negatif bila dikonsumsi berlebihan. Daun kol juga memiliki pula manfaat besar karena mengandung banyak vitamin dalam daunnya. Mengandung vitamin A, B, C dan E. 

Daun kol memiliki senyawa sulforaphane dan berperan sebagai pencegah radikal bebas. Disebut pula sebagai zat anti kanker. Daun kol bermanfaat mencegah dan mampu menurunkan risiko penyakit kanker. 

Daun kol terdapat senyawa apigenin mampu mengobati penderita kanker payudara. 

Kubis mentah baik untuk kesehatan jantung, mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan pencernaan. Kandungan dalam sayur kol antara lain : protein, serat, vitamin A, B2, B9, C dan K. Ada kandungan folat, kalsium potasium, magnesium, mangan dan lain-lain. 

Manfaat sayur kol meningkatkan kesehatan otak. Hal ini karena daun kol memiliki kandungan yodium, antosianin dan vitamin K didalamnya. Ketiganya mempengaruhi fungsi kerja syaraf untuk daya pikir dan konsentrasi. Konsumsi sayur kol rutin mencegah datangnya penyakit Parkinson, Alzheimer dan Demensia. 

Kandungan anti-oksidan, sulfur dan antosianin dalam daun kol mampu membuat kulit wajah cantik dan cerah. Zat-zat tersebut mencegah penuaan ( anti-aging ) seperti kerutan, flek-flek wajah dan lain-lain. Selain itu juga mampu mencegah timbulnya jerawat. Anda cukup mengkonsumsi 250 gram sayur kol saja. 

Kalsium dan vitamin K berperan menjaga kesehatan tulang kita. Terutama bagi kesehatan ibu hamil. Bersama zat folat dalam daun kol membantu tumbuh kembang tulang janin. 

Serat dalam daun kol bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Walaupun konsumsi sayur kol menimbulkan banyak gas. Seratnya mengatasi masalah sembelit hingga meningkatkan pergerakan usus menjadi sehat.  


Syarat Tumbuh Menanam Kol Kubis


daun kol, kubis, sayur kol, manfaat kol, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kubis Grand 22

Tanaman kol kubis cocok tumbuh di Indonesia pada dataran tinggi. Namun kini telah ditemukan varietas tahan panas dan dapat tumbuh di dataran rendah. Namun hasilnya memang tidak sebaik kol kubis di dataran tinggi. 

Sayur kol kubis menyukai daerah relatif lembab dan dingin. Kelembaban ideal kol kubis adalah 80 - 90%. Suhu udara berkisar 15 - 20 derajat Celcius. Lokasi kebun mendapatkam cukup sinar matahari. 

Tanaman kol kubis varietas untuk dataran tinggi lalu ditanam pada suhu > 25 derajat Celcius maka akan sulit terbentuk krop. Demikian pula jika kurang mendapat sinar matahari atau terdapat naungan. 

Maka akibatnya tanaman kol kubis tumbuh kurang baik dan mudah terserang penyakit. Bila tanaman masih muda, pertumbuhan tiba-tiba terhenti ( stagnasi ). 

Di Indonesia, sentra penanaman kol umumnya di daerah dataran tinggi. Daerah terkenal sebagai pusat penyebaran kubis di Indonesia adalah Cipanas ( Cianjur ), Pengalengan, Lembang dan Malang ( Punten ). 

Kubis tumbuh baik ditanam di dataran tinggi dan ketinggian 1000 - 3000 m dpl. Kota Malang, Karo, Wonosobo banyak lahan penanaman kol kubis. Penanaman daun kol menyukai tanah porous, sarang dan tidak becek. 

Sayur kol tahan ditanam di suhu tinggi. Namuan hasil panen terbaik pada daerah pegunungan ( > 400 m dpl ) di daerah tropis seperti Indonesia. Menanam kol di dataran rendah, ukuran krop tidak bisa besar. Tanaman juga rentan serangan ulat pemakan daun Plutella. 




Kandungan Nutrisi Daun Kol Lengkap 


Sayur kol mudah ditemui di pasar tradisional dan di swalayan. Sayur kol satu genus dengan brokoli dan kale. Daun kol diketahui ada beberapa jenisnya berdasarnya warna dan bentuk daun. Berdasar warna, ada daun kol merah, ungu, putih dan daun kol hijau. 

Manfaat daun kol berasal dari kandungan sumber vitamin dan mineral didalamnya. Manfaat sayur kol tersebut berpotensi mengatasi dan mencegah penyakit datang. Nutrisi daun kol begitu penting sehingga tak boleh diremehkan. 

Satu mangkok sayur kol hijau segar yaitu kurang lebih 89 gram. Didalamnya terkandung nutrisi 22 kalori, 1 gram Protein, 2 gram serat dan 10% Folat dari kebutuhan harian. 

Juga mengandung vitamin B6, C dan K. Mineral mangan, kalsium, potassium dan magnesium. Kol mengandung vitamin K cukup tinggi. Vitamin K larut dalam lemak dan terdiri dari vitamin K1 dan K2. 

Vitamin K1 ( phylloquinone ) dari sumber nabati. Vitamin K2 ( menaquinone ) dari sumber hewani, makanan fermentasi dan diproduksi bakteri di usu besar. 

Vitamin K berperan penting dalam proses pembekuan darah. Kekurangan vitamin K, darah kehilangan kemampuannya untuk membeku secara normal. Sehingga mudah terjadi pendarahan. 

Vitamin C sayur kol berperan sangat banyak. Diantaranya membentuk kolagen. Kolagen menjaga kekenyalan kulit, fungsi otot dan peredaran pembuluh darah. Vitamin C membantu proses penyerapan zat besi. 

Daun kol ungu paling banyak mengandung vitamin C. Jumlahnya sekitar 85% pemenuhan kebutuhan harian. Daun kol mengandung gula jenis raffinose yang bersifat sulit dicerna. 

Gula raffinose harus dicerna oleh bakteri di dalam usus. Proses pencernaan oleh bakteri ini menghasilkan banyak gas dalam saluran cerna. Sehingga prosesnya menyebabkan perut kembung.  


Morfologi Tanaman Kol Kubis 


Ciri-ciri sayur kubis dominan hijau pucat. Namun juga ditemui daun kol berwarna hijau cerah tergantung varietas kol yang dibudidayakan. Bentuk dan fungsi akar kol ada 2 jenis akar yaitu tunggang dan serabut. 

Jenis akar tunggang sayur kol tumbuh kedalam tanah hingga mencapai 45 cm. Akar serabut kol kubis hanya sampai sepanjang 20 cm saja. Fungsi akar tunggang sebagai penopang tegaknya tanaman agar berdiri kokoh. Meskipun kubis tumbuh di lingkungan tidak mendukung seperti angin kencang. 

Akar tunggang sayur kol juga berfungsi mencari ketersediaan air dan unsur hara dalam tanah. Unsur hara dan air digunakan untuk proses fotosintesis tanaman berjalan baik. Akar serabut meski lebih pendek, juga berfungsi mencari ketersediaan air dan unsur hara. 

Batang kol tegak dan panjangnya sekitar 30 cm. Warna batang ada warna hijau cerah dan ada warna hijau pucat tergantung varietas kol. Batang kol tidak bercabang. 

Batang kol terasa halus dan cenderung tidak terlihat karena tertutup oleh daun kol yang tebal dan besar. Dalam batang kol terdapat 2 pembuluh yaitu xylem dan floem serta masing-masing memiliki peran.  

Xylem berfungsi sebagai pengangkut air dan unsur hara dan diambil dari akar lalu diantarkan menuju daun. Floem mengantarkan hasil fotosintesis ke seluruh organ tubuh tanaman. 




Ciri-Ciri Daun Kol dan Fungsi


daun kol, kubis, sayur kol, manfaat kol, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Daun Kol 

Secara umum bentuk daun kol adalah bulat memanjang. Bagian tepi daun terdapat geri-geri seperti gergaji dan berukuran agak panjang mirip daun tembakau. Daun kol tumbuh berselang-seling dan warna dominan hijau cerah dan pucat. 

Peran daun kol adalah sebagai tempat proses fotosintesis berlangsung. Juga sebagai alat pernapasan tanaman karena terdapat stomata pada daun kol. Pada daun kol juga tempat penguapan air. 

Kuntum krop kubis memiliki jumlah cukup banyak dan tersusun atas ribuan kuntum. Kuntum krop kubis menjadi satu tumbuh membulat. Warna bunga beragam tergantung jenis dan varietas kol. 

Bunga mengandung banyak biji. Bentuk buahnya mirip polong dan berukuran sangat kecil serta ramping. Warna buahnya dominan coklat kehitam-hitaman. 

Sayur kol mampu tumbuh di suhu rendah yaitu < 24 derajat Celcius. Tanaman kubis peka terhadap temperatur rendah. Bila suhu sangat rendah, kubis mengalami pertumbuhan bunga sebelum waktunya berbunga. Suhu terlalu tinggi mengakibatkan daun kol berukuran kecil atau krop tidak terbentuk. 


Budidaya Kol Kubis Bermanfaat Tinggi


Budidaya kubis, petani sering kali menghadapi kendala besar seperti serangan hama dan penyakit. Terutama oleh hama ulat tritip atau ulat Plutella xylostella yang menyerang daun kol. 

Budidaya kol kubis melewati proses persemaian lebih dahulu. Yaitu benih disemai sampai tumbuh 3 - 4 daun sejati. Selajutnya bibit ditanam di lahan. Ada juga menanam kol berupa metode stek tunas batang dan dilakukan hanya untuk kubis lokal. 

Penampilan daun kol menentukan harga jual kol di pasaran. Sehingga petani berusaha keras bagaimana agar daun kol tidak rusak terutama oleh gigitan serangga. Petani kol Indonesia kerap kali dijumpai menyemprotkan insektisida ke tanaman secara berlebihan. 

Petani melakukan penyemprotan ke daun kol terutama menjelang panen. Tujuannya adalah untuk mematikan serangga agar tidak menggigit daun kol. Sehingga untuk konsumen agar ini diperhatikan dan disarankan segera mencuci kubis yang baru dibeli. 

Persiapan bibit kol yaitu menanam benih kol kubis dalam tray semai. Lalu letakkan tray semai di tempat teduh. Media tanam untuk tray semai adalah campuran tanah sawah, pupuk kandang dan sabut kelapa ( cocopeat ). 

Campuran media tanam seperti diatas bersifat porositas dan daya menyimpan air yang tinggi. Campuran tersebut juga menyediakan unsur hara yang cukup untuk tanaman. 

Benih kol kubis perlu disemaikan terlebih dahulu karena ukuran benihnya sangat kecil. Benih kol kubis kecil dan cukup rentan mati bila langsung ditanam terutama di minggu penanaman benih. 

Bila melalui tahap pembibitan, benih dipelihara hingga tumbuh menjadi bibit selama 2 - 3 minggu. Diharapkan daya tumbuh bibit makin besar terutama bila ada hujan dan angin kencang. Bila benih langsung ditanam rentang mati karena cuaca atau hal lainnya.  


Pengolahan Tanah Tanam Kol 


daun kol, kubis, sayur kol, manfaat kol, jual benih kubis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kubis Sumgreen F1

Sistem perakaran kol kubis serabut. Sehingga selama pertumbuhannya menyukai tanah gembur dan lembab. Baik penanaman di lahan kebun maupun di pekarangan maka tanah perlu diolah untuk menggemburkan. Digemburkan menggunakan cangkul atau sekop kebun. 

Tanah dibalik-balik hingga kedalaman 30 cm. Menggunakan cangkul, cacahlah bongkahan tanah berukuran besar menjadi kecil dan halus hingga gembur. Pengolahan tanah bisa dilakukan 2 - 3 hari sampai tanah gembur dan halus. 

Bila menanam menggunakan polybag di pekarangan, gunakan polybag diameter 35 - 40 cm. Isi polybag dengan media tanam berupa campuran tanah sawah + pupuk kandang kotoran kambing + sekam bakar ( cocopeat = 1 : 2 : 1. 

Menanam kol kubis tergolong mudah namun daun kol rentan diserang hama ulat daun. Petani biasanya menanam kol juga menanam bunga refugia dan tanaman pendamping di pematangnya. 

Fungsi tanaman refugia pada budidaya kol karena kemampuannya menangkal serangan ulat kubis. Tanaman refugia tersebut antara lain tanaman bunga kertas, kenikir dan aster. Semakin banyak tanaman refugia anda tanam maka kemungkinan serangan ulat juga sedikit. 

Selain tanaman refugia juga ada tanaman pendamping budidaya kol kubis. Yaitu menanam daun bawang, daun mint, kenikir dan mentimun. Seperti halnya tanaman refugia, peran tanaman pendamping adalah mencegah serangan hama. 

Tanaman pendamping mengeluarkan aroma menyengat. Ditambah kemampuannya mengundang datangnya serangga predator dan parasitoid. Waktu untuk pindah tanam bibit kol paling baik pada pagi hari sebelum pukul 10.00. 

Keluarkan bibit kol hati-hati dari tray semai dan sebelumnya dibuat lubang tanam seukuran lubang tray semai. Agar daun kol tumbuh besar maka jarak tanam adalah 50 x 50 cm. 


Baca Juga : Profesi Petani di Indonesia Makin Cerah dengan Tanaman Hortikultura


Pemeliharaan dan Perawatan Kol yang Baik dan Benar


Saat awal baru pindah tanam, penyiraman dilakukan secara rutin pagi dan sore hari terutama bila cuaca panas. Namun bila turun hujan, tanaman tidak perlu disiram atau tergantung kondisi tanah. 

Setelah tanaman berumur sekitar 30 hari, penyiraman menjadi berkurang setiap 2 - 3 hari sekali disesuaikan kondisi lahan. Penyulaman dilakukan bila ada tanaman mati atau tumbuh kurang baik. Rutin melakukan pengamatan dan kontrol tanaman sebelum umur 2 minggu. 

Bila ditemukan tanaman mati, segera ganti tanaman yang baru menggunakan cara sama saat pindah tanam. Lakukan penyiangan bersamaan pemupukan dan penyiraman sehingga menghemat tenaga. Gulma perlu dicabut untuk mencegah persaingan unsur hara. Gulma bila dibiarkan dapat menjadi tempat hidup hama dan penyakit. 

Pemupukan setelah pindah tanam dilakukan umur 7 - 10 HST. Pemupukan selanjutnya umur 20 dan 30 - 35 HST. Pemupukan susulan menggunakan sebanyak 1 gram Urea melingkari tanaman dan berjarak 3 cm. 

Pemupukan umur 10 - 14 HST dosis 5 gram Urea dan berjarak 7 - 8 cm dari pangkal tanaman. Bila pertumbuhan belum optimal, berikan pupuk pada umur 8 minggu. 

Pupuk susulan bisa menggunakan pupuk NPK umur 3 minggu setelah tanam. Dosis sesuai rekomendasi yaitu 1 sendok teh atau 10 gram per tanaman. 


Hama dan Penyakit Tanaman Kol Kubis


Hama yang biasa menyerang tanaman kol sama dengan tanaman sefamili yaitu ulat Plutella, ulat tanah Agrotis ipsilon. Juga ulat jengkal Trichoplusiana sp. dan ulat grayak Spodoptera sp. Kutu daun Aphis brassicae. Penyakit busuk hitam, busuk lunak dan akar bengkak ( gada ) sering menyerang tanaman kol. 

Pengendalian hama bisa Anda membuang bagian terinfeksi lalu dibakar. Atau menggunakan cara tanaman disulam diganti tanaman baru. Bila rasanya serangan sudah hebat maka lakukan penyemprotan pestisida. 

Penyemprotan hama menggunakan Diazinon dosis 2 cc/liter air lalu semprotkan pada tanaman kubis merata. Hama yang paling sering adalah hama ulat. 

Penyakit tanaman kol disebabkan virus dan bakteri dan hingga kini sulit dikendalikan. Pencegahannya menggunakan bibit berkualitas unggul dan hibrida tahan penyakit. Benih kubis hibrida dapat dibeli di Toko pertanian Online LMGA Agro. Tersedia bermacam varietas terbaik. 




Panen Daun Kol


Cara panen daun kol mudah sekali. Daun kol siap panen setelah umur 60 - 90 hari setelah tanam. Cara panen daun kol adalah mencabut tanaman beserta akarnya. Atau dengan memotong tanaman sampai pangkal dekat akar menggunakan pisau tajam dan bersih. 

Panen dilakukan dengan hati-hati jangan sampai daun kol rusak. Selanjutnya, ambil krop kubis dan masukkan keranjang. Percikkan air secukupnya agar sayur kol tampak segar setelah panen. Letakkan di tempat teduh agar sayur kol tidak layu sebelum dipasarkan. 

Biasanya bobot satu krop kubis yang bagus adalah 1,8 - 2,5 kg. Namun tidak semua kubis saat panen berbobot sama dan seperti diatas. Usahakan saat panen, tidak banyak daun kol yang tergores. 

Setelah dipetik, bersihkan daun kol yang busuk karena gigitan ulat menggunakan air mengalir. Pencucian bertujuan agar didapatkan daun kol bersih, putih dan segar sehingga menambah daya tarik pembeli. 

Kubis yang sudah dipanen akan disortasi dan dikelompokkan berdasarkan beratnya. Kubis panen dapat disimpan pada suhu 4 - 7 derajat Celcius selama 2 bulan. 

Demikian artikel Kami judul : Daun Kol Sehat, Sayuran Bermanfaat Tinggi dan Mudah Tanamnya. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama mitra Kami jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih unggul dan hibrida berkualitas. Pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian lengkap. Kami juga melayani konsultasi gratis pertanian dan seputar bercocok tanam yang baik dan benar. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang daun kol, sayuran sehat dan bermanfaat tinggi. Juga cara menanam sayur daun kol sederhana dan mudah dilakukan. Selamat mencoba dan salam sukses... 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.