TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

07/11/20

Sayur Kembang Kol Segar Menyehatkan dan Mudah Cara Menanamnya



sayur kembang kol, bunga kol, manfaat kembang kol, budidaya kembang kol, jual benih bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kembang Kol
Cap Panah Merah

Sayur Kembang Kol Segar Menyehatkan dan Mudah Cara Menanamnya. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul sayur dan buah. Juga benih sayur kembang kol tahan penyakit dan hasil panen memuaskan. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam ada benih berkualitas. Serta tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat-alat pertanian. Kami melayani konsultasi gratis pertanian dan siap membantu Anda mengatasi permasalahan di lahan kebun. 

Toko pertanian online LMGA Agro berpengalaman sebagai distributor pertanian dengan didukung banyak pabrik pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Sayur kembang kol menyehatkan dan telah terbukti. Sayur kembang kol famili Brassicae dan seperti sayu famili Brassicae lainnya. Sayur kembang kol juga mengandung nutrisi tinggi. Sayur kembang kol sumber vitamin dan mineral.

Sayur kembang kol memiliki nutrisi tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Banyak manfaat dapat dinikmati bila rutin mengkonsumsi sayur kembang kol. Budidayanya tidak sulit dan umur panen pendek sehingga cepat menikmati hasilnya. 

Kembang kol disebut juga bunga kol dan kubis bunga. Tubuhnya mirip brokoli hanya berbeda warna kepala bunganya saja. Sayur kembang kol berwarna putih pucat dan brokoli berwarna hijau. 

Cara menanam bunga kol ( kubis bunga ) ini mirip tanaman kubis-kubisan lain. Hingga hama dan penyakitnya juga tidak berbeda. Budidaya bunga kol menjanjikan dan menguntungkan karena sayuran ini banyak disukai masyarakat. 


Sayur Kembang Kol Bernutrisi Tinggi


Sayur kembang kol di masyarakat juga disebut sayur bunga kol atau kubis bunga. Bunga kol memiliki kepala bunga banyak, teratur dan padat. Sayur kembang kol dikonsumsi bagian kepalanya dan disebut " curd ". 

Dasar kepala bunga kol terdapat daun-daun hijau tebal dan tersusun rapat. Sayur kembang kol kaya nutrisi dan lazimnya dimakan dengan dimasak terlebih dahulu. Meski dapat pula dimakan mentah sebagai acar. 

Secangkir sayur kembang kol mentah memasok 77% kebutuhan harian vitamin C. Sayur kembang kol sumber protein, tiamin, riboflavin, niasin, kalsium, besi, magnesium, fosfor dan zink. 

Sayur kembang kol sumber serat makanan, vitamin B6, asam folat, asam pantotenat dan kalium. Sayur kembang kol sedikit mengandung lemak jenuh dan kolesterol ( > 1 gram per kg ). 

Tanaman famili kubis-kubisan mengandung zat anti gizi ( goiterogen ) begitu juga dengan sayur kembang kol. Zat goiterogen berproses dalam usus pencernaan kita dan menghasilkan gas penyebab rasa kembung. 

Sayur kembang kol merupakan tanaman sayuran semusim. Daur hidup tanaman sayur kembang kol minimal 4 bulan dan maksimal 1 tahun tergantung dari varietasnya. 

Sayur kembang kol merupakan jenis tanaman sayur silangan dan berkerabat dekat dengan brokoli dan kubis kol. Manfaat sayur kembang kol berasal dari vitamin dan mineralnya. Mengkonsumsi secukupnya dan dalam jumlah sedang, dapat memberikan manfaat kesehatan jangka panjang. 

Sayur kembang kol mengandung antioksidan dan fitonutrien sebagai pelindung tubuh dari penyakit kanker. Serat dalam sayur kembang kol menyehatkan pencernaan kita. Kolin bermanfaat untuk kesehatan otak. Juga masih banyak nutrisi lain dengan manfaatnya masing-masing. 



Manfaat Sayur Kembang Kol


1. Sayur Kembang Kol Menjaga Pencernaan

Sayur kembang kol memiliki tinggi kandungan serat dan diyakini bermanfaat besar untuk melancarkan pencernaan. Serat sayur kembang kol membantu menghilangkan racun tubuh. 

Serat bersama air dalam sayur kembang kol mampu mencegah sembelit dan menjaga saluran pencernaan agar sehat selalu. Selain itu menurunkan risiko kanker usus besar. Serat sebagai sumber nakanan bakteri sehat dalam tubuh. Sehingga membantu mengurangi peradangan dan kesehatan pencernaan. 


2. Sayur Kembang Kol Pencegah Kanker

Kandungan Sulforaphane dan antioksidan dalam sayur kembang kol mampu mencegah kanker. Sulforaphane zat paling protektif terhadap kanker usus besar dan prostat. Jenis antioksidan dalam sayur kembang kol adalah indole-3-carbinol atau I3C. Terbukti mengurangi risiko kanker payudara dan reproduksi pria dan wanita. 


3. Sayur Kembang Kol Meningkatkan Kualitas Memori

Sayur kembang kol mengandung kolin cukup tinggi. Kolin merupakan nutrisi penting dan serbaguna membuat nyenyak tidur, pergerakan otot, semgata belajar dan daya ingat. Kolin membantu menjaga struktur membran sel, hal penyerapan lemak dan peradangan kronis. 


4. Sayur Kembang Kol Baik untuk Menguatkan Tulang

Kandungan vitamin K sayur kembang kol tinggi. Peran vitamin K adalah meningkatkan kesehatan tulang. Mampu merubah protein matriks tulang, meningkatan penyerapan kalsium dan mencegah ekskresi kalsium dalam urine. Bila asupan kekurangan vitamin K meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang. 


5. Sayur Kembang Kol Melancarkan Sirkulasi Darah

Sayur kembang kol kaya serat. Seratnya mampu meningkatkan aliran darah dan sirkulasi darah. Serat meningkatkan kesehatan mikroba usus dan kesehatan secara keseluruhan. Serat bersama asam lemak Omega-3 dalam sayur kembang kol mampu mencegah pengerasan pembuluh darah. 


6. Sayur Kembang Kol Penurun Berat Badan


Sayur kembang kol rendah kalori dan kaya serat sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sayur kembang kol memperlambat pencernaan juga. Kadar airnya tinggi berfungsi dalam penurunan berat badan. 


7. Sayur Kembang Kol Menyehatkan Jntung

Serat dalam sayur kembang kol juga baik untuk kesehatan jantung. Sulforaphane mampu mengontrol tekanan darah. Kandungan asam lemak Omega-3 mampu mengatur kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung. 


8. Sayur Kembang Kol Mencegah Peradangan

Antioksidan kuat seperti beta-karoten, kuersetin, asam sinamat dan beta-cryptoxanthin terdapat dalam sayur kembang kol. Kesemua zat tersebut mampu mencegah radikal bebas pemicu peradangan.  


9. Sayur Kembang Kol Sebagai Detoksifikasi 

Antioksidan sayur kembang kol mampu sebagai detoksifikasi tubuh karena mengandung Glukosinolat. Yaitu senyawa pengaktif sistem detoksifikasi tubuh. Kandungan glukosinalat kembang kol tertinggi kedua setelah brokoli.  


10. Sayur Kembang Kol Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Manfaat antioksidan bersama kandungan vitamin C dalam sayur kembang kol mampu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia seseorang. Sulforaphane dalam sayur kembang kol melindungi retina dari kerusakan dan stres oksidatif. Selain itu juga mampu mencegah penyakit katarak. 


11. Sayur Kembang Kol Pencegah Penuaan

Sulforaphane dapat mempengaruhi gen dengan cara memperlambat proses penuaan. Sulforaphane melindungi fugsi otak dan sistem saraf serta memperlambat penurunan kognitif terkait usia. 


12. Sayur Kembang Kol Menyehatkan Kulit dan Rambut

Vitamin C dalam sayur kembang kol mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit semakin kencang. Antioksidannya mencegah kerutan dan garis-garis halus. Serta mampu membersihkan bintik-bintik gelap dan meningkatkan tekstur kulit. 

Vitamin C dapat meningkatkan kesehatan kulit dan antioksidannya memperkuat folikel rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat. 


Manfaat Sehat Antara Brokoli dan Bunga Kol


sayur kembang kol, bunga kol, budidaya bunga kol, jual benih bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Bunga Kol Snow White

Antara bunga kol dan brokoli merupakan jenis sayuran silangan. Manfaat bunga kol atau sayur kembang kol telah dibahas di atas. Demikian juga brokoli banyak mengandung vitamin dan nutrisi. Brokoli juga rendah kalori dan tinggi serat sehingga membuat perut selalu kenyang.

Secangkir sayur brokoli mengandung 31 kalori, 2,6 gram Protein dan 6 gram Karbohidrat. Serat 9,6% dari nilai harian rekomendasi. Kalsium 4,3 % dari nilai kebutuhan harian. 

Manfaat brokoli tidak berbeda dengan bunga kol. Salah satunya adalah mengurangi tingkat kolesterol. Brokoli tinggi serat dan sama seperti wortel dan paprika, brokoli baik untuk mata. Brokoli sumber kalsium ( non-susu ) menakjubkan karena kemampuannya menjaga kesehatan tulang. 

Secangkir sayur kembang kol terdapat 27 kalori, 2,1 gram protein dan 5 gram karbohidrat. Serat 8,4% dari kebutuhan harian, Kalsium 2,4% kebutuhan harian. Kembang kol memiliki kalori lebih sedikit sehingga lebih baik untuk dipilih sebagai menu diet. 

Segi nutrisi, kandungan Brokoli lebih unggul dari sayur kembang kol. Kadar kalsium, vitamin K dan serat brokoli lebih tinggi. Namun keduanya rendah kalori dan tinggi nutrisi umum seperti mangan, protein dan vitamin. 

Sayur kembang kol merupakan anggota keluarga Brassicae, sama seperti brokoli, kangkung. kubis Brussel, kubis kol, pak choy dan lain-lain. Famili Brassicae bagus untuk mencegah peradangan, meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah kanker. 

Bunga kol memiliki nama latin Brassica oleraceae, biasa disebut juga dengan bunga kol. Sayur kembang kol merupakan sayuran bernilai ekonomis tinggi. Harga bunga kol di pasaran cukup tinggi yaitu 15 - 30 ribu Rupiah per kilogramnya. 

Produksi panen sayur kembang kol tergantung dari varietas, musim dan umur panen. Umur panen terbaik kembang kol umumnya 55 HST. Produksi bunga kol mencapai 0,5 - 0,7 kg/butir dan tingkat kemanisan 5,5 - 8,7%. 


Baca Juga : Snow White Bunga Kol Dataran Rendah Crop Besar


Budidaya Bunga Kol 


Budidaya bunga kol ( kembang kol ) dapat dilakukan di dataran rendah hingga tinggi. Munculnya tunas pada benihnya setelah 3 - 7 hari. Panen pertama umur 45 - 75 HST. Dalam bahasa Inggris, dikenal dengan nama Cauliflower. 

Budidaya bunga kol harus diawali dengan pembibitan menggunakan sistem tebar pada media semai. Wadah untuk persemaian bisa berupa bedeng semai dari kotak kayu atau menggunakan tray semai. Setelah dikecambahkan selama 1 minggu kemudia bisa ditanam di polybag selama 2 minggu. 

Penanaman budidaya bunga kol menggunakan sistem baris ganda 40 x 60 cm. Bedengan ditutup mulsa plastik hitam perak. Lahan menanam kembang kol diolah hingga gembur dan dibuat bedengan lebar 1 meter dan tinggi 20 meter. 

Pupuk dasar untuk budidaya bunga kol diberikan 1 minggu sebelum tanam. Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang 20 ton/ha, Dolomit 2 ton/ha, NPK 16:16:16 sebanyak 300 kg/ha. Tambahkan TSP 300 kg/ha dan KCl 250 kg/ha. 

Sebelum benih ditanam, rendam benih kembang kol dalam air hangat ( suhu 40 - 50 derajat Celcius ) selama 1 jam. Tujuan benih direndam untuk mematahkan masa dormansi benih dan mempercepat berkecambah.  

Setelah direndam selama 1 jam, cuci dengan air dingin lalu tiriskan di udara terbuka sampai kering. Atau bisa juga diangin-anginkan atau di depan kipas angin agar cepat kering. Setelah kering, lakukan proses persemaian. 


Langkah Menyemaikan Benih Kembang Kol 


sayur kembang kol, bunga kol, manfaat kembang kol, budidaya kembang kol, jual benih bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Untuk Benih
Persiapkan wadah semai untuk persemaian benih. Yaitu dapat berupa tray semai, polybag kecil, bedeng semai dan lain-lain. Syarat tempat menyemai benih yaitu, bagian dasarnya harus berlubang secukupnya. Lubang bagian dasar sebagai sirkulasi air agar kelebihan air keluar lewat lubang tersebut dan media tidak terlalu becek. 

Buat juga lubang di bagian samping wadah untuk lebih memperlancar lewatnya air. Media persemaian menggunakan campuran tanah + pasir ( sekam bakar ) + kompos/pupuk kandang ( 1 : 1 : 1 atau 2 : 1 : 1 ). 

Di toko-toko bibit, banyak dijual juga media untuk persemaian. Media sudah tercampur tinggal meratakan dan langsung dipakai untuk menyemai benih. Jika membeli media sudah jadi sebaiknya sebelum dipakai, biarkan terbuka selama 1 hari di tempat teduh. Tujuannya untuk mendinginkan hawa panas dalam kemasan media. 

Media untuk menyemai benih kembang kol harus gembur, tidak padat dan keras. Bila tanah gembur, akar dapat tumbuh baik dan leluasa menyerap unsur hara. Sehari sebelum benih ditanam, medianya dimasukkan dalam wadah semai. Sebelumnya, media dibasahi, diaduk-aduk dan digemburkan lagi. 

Setelah siap media semai, benih bisa dibenamkan dalam wadah. Untuk bedeng semai, benih bisa ditaburkan secara merata dan diberi jarak antar benih. Tutup benih yang ditanam tadi menggunakan tanah tipis-tipis. Siram kembali dengan air secukupnya hingga lembab. 

Persemaian sebaiknya dibawah tempat yang dilindungi oleh tutup plastik. Pembibitan bunga kol harus dilindungi dari panas matahari dan air hujan. Bila ada cukup dana, bisa dipasangkan jaring agar hama tidak bisa masuk. 




Perawatan Selama Pembibitan Kembang Kol


Penanaman benih di tray semai sebanyak 1 - 2 benih bunga kol. Perawatan benih yaitu penyiraman menggunakan sprayer kecil dengan butiran air yang halus. Wadah-wadah persemaian diletakkan di tempat terlindungi. 

Wadah-wadah semai ditutup plastik bening dan buat 4 - 6 lubang kecil. Penyiraman air dilakukan di atas plastik sehingga air tidak kena bibit langsung. Hal tersebut karena bibit masih muda dan rentan roboh. 

Cara ini juga menjaga agar tanah tetap lembab. Bila bibit sudah muncul kecambah atau tunas, plastik bisa dibuka/dilepaskan. Persemaian sebaiknya di tempat terbuka terkena sinar matahari pagi. Namun terlindungi dari air hujan langsung. 

Bila perlu, buatkan rumah semai bila jumlah bibit banyak. Bila jumlah bibit sedikit, cukup diletakkan dekat jendela kaca atau di teras rumah Anda. Perawatan persemaian meliputi penyiraman, penjarangan, bersihkan rumput-rumput dan mengendalikan hama. 

Pemberian air menggunakan alat spray dengan butiran air yang halus sebanyak 1 - 2 kali sehari tergantung dari kondisi media. Bila kondisi lembab, pemberian air cukup sekali sehari atau 2 hari sekali. Kelebihan air memberikan dampak negatif buat bibit. 

Persemaian di bedeng semai, perhatikan apakah ada bibit tumbuh dan terlalu rapat. Maka segera lakukan penjarangan jika bibit saling bertumpukan dan rapat sekali. 

Penyakit yang biasa menyerang bibit baru tumbuh adalah busuk daun dan busuk akar. Pencegahan penyakit adalah menjaga persemaian tidak terlalu basah. Bila perlu dapat disemprotkan pestisida yang sesuai. 

Bila pemberian air berlebihan, daun akan mulai menguning dari bagian bawah. Bila terjadi demikian, segera kurangi jadwal penyiraman. Namun bila kekurangan air, daun akan tampak layu, kering dan rontok. Perhatikan setiap hari penampilan tanaman untuk antisipasi sedini mungkin serangan hama dan penyakit. 



Persiapan Lahan Menanam Kembang Kol


sayur kembang kol, bunga kol, manfaat kembang kol, budidaya kembang kol, jual benih bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Bunga Kol Unggul 
Tanaman sayur kembang kol merupakan tanaman asli dari daerah sub-tropis. Di daerah tersebut kisaran suhu pertumbuhan bunga kol adalah 15,5 - 18 derajat Celcius. Maksimal suhunya 24 derajat Celcius. Kelembaban optimal idealnya adalah 80 - 90%. 

Berkembangnya inovasi pemuliaan tanaman, dibuat benih kembang kol lebih tahan suhu tinggi. Sehingga budidaya sayur kembang kol dapat dilakukan di dataran rendah ( 0 - 200 m dpl ) dan dataran sedang ( 200 - 700 m dpl ). 

Dataran rendah dan suhu malam hari terlalu rendah dapat menyebabkan sedikit keterlambatan pembentukan bunga kembang kol. Selain itu juga periode panen sayur kembang kol menjadi lebih lama. 

Tanah untuk budidaya sayur kembang kol adalah jenis liat berpasir dan lebih baik dibandingkan tanah berlumpur. Derajat keasaman tanah antara 5,5 - 6,5. 

Persiapan lahan sayur kembang kol yaitu dengan mengolah tanah hingga tanah menjadi gembur dan tekstur tanah menjadi meningkat. Tanah dibersihkan dari gulma, sampah, bebatuan dan sisa-sisa akar tanaman sebelumnya. Tanah dicangkul atau dibajak sampai kedalaman 30 - 40 cm. 

Bedengan menanam sayur kembang kol lebar 1 meter, tinggi 30 cm dan panjang sesuai luas lahan. Lebar parit 40 - 50 cm. Berikan pupuk dasar menggunakan pupuk kandang sebelum pemasangan mulsa. Berikan juga pupuk kimia TSP : ZA : KCl dengan perbandingan 1 : 1 : 1/2. Pupuk kandang/kompos untuk meningkatkan kesuburan tanah. Jarak tanam budidaya kembang kol 50 x 50 cm. 




Penanaman Bibit Kembang Kol di Polybag


Bila Anda menggunakan wadah pot/polybag untuk menanam sayur kembang kol maka bagian dasar pot/polybag diberi lubang. Pot/polybag diatur bagian bawah tidak menempel pada tanah sehingga air dapat mengalir keluar. 

Bisa juga dengan memberi batu-batu kecil atau pecahan genteng bagian dasar pot sebelum diberi tanah. Batu-batu kecil tersebut berfungsi sebagai penyangga media tanamdan mencegah tersumbatnya lubang drainase. 

Isilah pot/polybag dengan media tanam tidak sampai penuh tetapi hingga sampai 75 - 85% bagian saja. Media tanam menggunakan campuran tanah + pasir/sekam bakar + kompos/pupuk kandang. Perbandingannya 1 : 1 : 1 atau 2 : 1 : 1. 

Media tanam menanam di pot/polybag dapat Anda beli media jadi dan tinggal digunakan langsung. Media jadi juga berupa campuran tanah, pupuk organik dan sekam. Sebelum digunakan sebagai media, plastik wadahnya dibiarkan terbuka selama sehari. Tujuannya untuk mendinginkan medianya. 



Pemeliharaan Budidaya Sayur Kembang Kol


Penyulaman

Bila bibit baru ditanam lalu mati atau tampak sakit, segera harus disulam dengan tanaman baru yang sehat dan segar. Waktu penyulaman sampai 2 minggu setelah pindah tanam.


Penyiangan dan Pembumbunan

Jadwal penyiangan dilakukan bila tampak gulma di sekitar tanaman atau dalam kebun. Bedengan tertutup mulsa plastik hitam perak, pertumbuhan gulma tidak banyak atau nyaris tidak tumbuh gulma. Karena tujuan mulsa salah satuya adalah menekan pertumbuhan gulma. 

Pembumbunan atau penggemburan terutama pada tanah sekitar tanaman. Dilakukan secara hati-hati dan tidak terlalu dalam. Agar saat penggemburan tidak merusak perakaran kembang kol yang dangkal. Saat akhir pertumbuhan vegetatif, penyiangan dihentikan. 


Penyiraman

Penyiraman rutin dilakukan pagi dan sore hari. Bila cuaca sedang panas, penyiraman dilakukan hingga 2 kali sehari terutama tahap awal pertumbuhan. Saat awal pertumbuhan, penyiraman dilakukan dengan hati-hati agar tanaman tidak rusak. 

Jika media cenderung lembab, penyiraman satu kali sehari. Dan sebaiknya tidak menyiram disiang hari apalagi saat terik matahari.


Pemupukan Susulan

Pemberian pupuk sesuai dosis pada kemasan pupuk. Pemupukan susulan sayur kembang kol dilakukan 3 kali. Pertama, umur 7 - 10 HST yaitu ZA 150 kg/ha, Urea 75 kg/ha, TSP 150 kg/ha  dan KCl 75 kg/ha. Berikan pupuk jarak 10 - 15 cm dari batang lalu tutup dengan tanah. 

Pupuk susulan kedua, umur 20 HST yaitu ZA 150 kg/ha, Urea 75 kg/ha, TSP 75 kg/ha dan KCl 150 kg/ha. Berikan pada lubang pupuk jarak 20 cm dari batang lalu tutup tanah. 

Pupuk susulan ketiga pada umur 30 - 35 HST yaitu ZA 150 kg/ha, Urea 100 kg/ha dan KCl 150 kg/ha. Diberikan pada lubang pupuk berjarak 25 cm lalu tutup tanah. 



Hama dan Penyakit Budidaya Bunga Kol


sayur kembang kol, manfaat kembang kol, budidaya kembang kol, jual benih bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Insektisida Pertanian

Hama yang biasa menyerang tanaman sayur kembang kol adalah Thrips, kutu daun, tungau, kutu kebul, ulat grayak dan lain-lain. Munculnya hama lebih banyak terjadi bila musim kemarau tiba. 

Saat ditemukan ada hama menyerang tanaman maka harus diberikan tindakan. Hama bisa langsung diambil lalu dimatikan langsung. Bila serangan sudah tinggi sebaiknya dilakukan penyemprotan menggunakan insektisida yang sesuai. Dosis pemberian sesuai anjuran pada kemasan. 

Untuk penyakit yang biasa menyerang tanaman sayur kembang kol adalah rebah semai, layu bakteri, layu fusarium, antraknosa, busuk daun, busuk hitam dan lain-lain. Tanaman terinfeksi penyakit yang sering diakibatkan oleh cendawan, bakteri hingga virus. Serangan penyakit semakin tinggi di musim hujan. 

Serangan penyakit cepat menyebar dari satu tanaman terinfeksi, tanaman lain dengan cepat tertular. Apalagi bila serangan penyakit dibiarkan. Pengendalian penyakit yaitu dengan menyemprotkan fungisida setiap minggu sesuai dosis. Dosis pemberian sesuai petunjuk pada kemasan. 


Pemanenan pada Budidaya Kembang Kol


Sayur kembang kol mulai dipanen umur 45 - 75 HST. Waktu pemanenan pertama memang tidak bisa bersamaan karena tergantung dari kualitas benih awal. Juga tergantung dengan lingkungan dan kondisi tiap benih saat muncul tunas/berkecambah. 

Faktor keberhasilan budidaya sayur kembang kol yaitu perawatannya terutama pemupukan dan pemilihan bibit berkualitas. Bibit berkualitas berasal dari benih hibrida dan unggu, bebas hama dan penyakit dan adaptasi baik pada tanah dan iklim. 

Benih yang baik yaitu benih tidak luka, rusak atau tidak cacat. Benih hibrida bersih dari kotoran dan toleran dari serangan hama dan penyakit. Saat direndam air, benih yang baik adalah tenggelam. 

Faktor tanah dan iklim juga faktor keberhasilam pemanenan sayur kembang kol. Tanah ideal untuk tanaman sayur kembang kol adalah subur dan banyak mengandung bahan organik. Tanah ideal bunga kol adalah terkandung magnesium, molibdenum dan boron dalam tanah. 

Bunga kol menyukai tumbuh di media tanah lempung berpasir dibandingkan tanah liat. Tanah berpasir mampu menahan akar. Iklim yang cocok bersuhu minimal 15,5 - 18 derajat Celcius dan maksimal 24 derajat Celcius. Kelembaban optimumnya 80 -90 %. 


Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Oyong ( Gambas )


Jenis Hama dan Penyakit pada Tanaman Bunga Kol


1. Ulat Jengkal ( Trichoplus )

Ulat jengkal berwarna hijau. Cara bergeraknya dengan melekukkan bagian belakang tubuhnya. Ulat jengkal memakan daun muda dan tua tanaman bunga kol. Setelah dewasa, ulat menjadi ngengat dan bertelur sebanyak sekitar 500 butir. 

Ulat jengkal bisa berjumlah begitu banyak dan dalam waktu singkat kerusakannya begitu parah pada tanaman. Hama ulat jengkal seringkali menyebabkan gagal panen bila tidak segera diberantas. 


2. Ulat Kubis ( Plutella xylostella )

Hama ulat Plutella sering menyerang tanaman kembang kol dewasa. Warna ulat hijau muda, ukuran tubuh sekitar 0,5 - 1 cm. Siklus hidupnya berkisar antara 10 - 14 hari. Stadium larvanya selalu makan daun muda dan tua terutama pada titik tumbuhnya.  

Serangan ulat Plutella sukar diprediksi dan cenderung mendadak. Ngengat dewasa ulat Plutella akan meletakkan telur-telurnya di bagian bawah daun. Kerusakan akibat dari serangan larva-larvanya yang telah menetas bersifat mendadak. 

Sama seperti ulat jengkal, ulat Plutella dapat dibasmi secara biologis yaitu menggunakan bakteri Bacillus thuringiensis. Pengendalian kimia kurang bisa mengatasi serangan ulat Plutella karena banyak penelitian menunjukkan ulat resistan pestisida. Terutama resistan ( kebal ) pestisida kimiawi organofosfat. 

Karenanya, disarankan solusi tepat adalah pencegahan sedini mungkin. Yaitu menanam tanaman refugia. Juga menerapkan prinsip budidaya polikultur dan tumpang sari. 


3. Ulat Tanah ( Agrotis ipsilon )


Seringkali dialami petani sayur kembang kol, tiba-tiba tanamannya mati. Terutama tanaman masih muda atau baru saja pindah tanam ke lahan tetap, mendadak tanaman terlihat lemas. Kondisi pangkal batang juga patah. Begitulah pertanda serangan ulat tanah. 

Ulat tanah Agrotis aktif di malam hari dan sepanjang hari ulat bersembunyi dalam tanah. Malam hari, baru ulat akan muncul dari persembunyian dan mulai beraksi. Ulat tanah akan memakan pangkal batang tanaman muda. 

Rotasi tanaman cukup efektif menekan serangan ulat tanah. Namun bila tampak serangan ulat tanah maka dapat diatasi secara kimiawi. Pestisida berbahan aktif Carbofuran dapat digunakan. Yaitu menaburkan di permukaan tanah sekitar lokasi persembunyian ulat tanah. Dapat dilihat adanya lubang kecil dekat pangkal tanaman. 


4. Penyakit Busuk Hitam bakteri Xanthomonas campestris pv. campestris

Umumnya terjadinya kerusakan tanaman bunga kol terjadi di akhir musim kemarau. Gejalanya timbul bercak kuning berbentuk baji di tepian daun. Bercak bergerak ke dalam daun dan turun ke batang. 

Bila busuk hitam layu Fusarium, gejala bergerak dari bawah ke atas. Yaitu dari permukaan tanah ke arah batang. Saat penyakit berkembang, bagian daun akan menguning dan membesar dan berubah coklat karena jaringan mati. Akhirnya daun-daun akan berguguran. 

Penyebabnya bakteri Xanthomonas yang menularkan dari tanah. Bakteri mampu hidup dalam sisa-sisa atau benih tanaman yang terinfeksi selama 2 tahun. Bakteri juga dapat hidup pada gulma famili Brassicae ( kubis-kubisan ) dalam periode waktu yang lama. 

Bakteri juga dapat menyebar ke tanaman sehat lewat percikan air hujan atau air siraman. Setelah terinfeksi, penyakit dapat menular ke tanaman lain. Perlakuan benih dengan cara direndam dalam air panas, cukup efektif menekan kontaminanasi lahan. 

Pemberian fungisida berbahan dasar tembaga setiap 7 - 10 hari dapat memperlambat penyebaran penyakit. Namun cara ini ternyata dapat menimbulkan munculnya bintik hitam pada daun kol bagian luar. 


Langkah Pencegahan Serangan Hama dan Penyakit


Terdapat langkah pencegahan sebelum hama dan penyakit menyerang pada budidaya sayur kembang kol. Yaitu menanam tanaman refugia dan rotasi tanaman. 

Tanaman refugia merupakan tanaman aneka bunga dan menyediakan polen serta nektar yang dibutuhkan oleh predator dan parasitoid. Serangga predator akan memangsa hama serangga dan menjadikan ulat sebagai inang tempatnya bertelur. 

Rotasi tanaman yaitu pergiliran tanaman yang dibudidayakan di suatu petak lahan. Rotasi tanaman menjadikan keanekaragaman organisme serangga/ulat dalam kebun menjadi lebih kompleks. Karena beraneka ragam maka tidak sampai terjadi ledakan jumlah populasi satu atau 2 jenis organisme. 

Pemilihan benih bersertifikat, hibrida dan unggul menjadi salah satu langkah pencegahan hama dan penyakit. Benih varietas tahan penyakit dan sebaiknya tidak menanam di musim hujan. Buatlah drainase yang baik dan bedengan dibuat tinggi. 

Tidak menanam sayur kembang kol di lahan tanaman famili Brassicae ( kubis, brokoli, kale dan lain-lain ) selama 3 tahun terakhir. Bersihkan gulma di kebun sayur kembang kol secara rutin terutama dari famili Brassicae. 

Hindari memberi air menggunakan sprinkle ( irigasi pancur ) dan mengairinya di siang hari. Setiap hari lakukan kontrol tanaman. Tidak menanam di lahan basah karena bisa mendatangkan penyakit. 

Pangkaslah daun-daun tua dan bersentuhan dengan tanah. Alat-alat kerja harus bersih sebelum dipakai dan setelah dipakai harus dibersihkan lalu disimpan. Saat membajak tanah, kumpulkan sisa-sisa tanaman hasil panen sebelumnya. Lalu bakarlah di tempat agak jauh dari kebun.  

Demikian artikel kami Sayur Kembang Kol Segar Menyehatkan dan Mudah Cara Menanamnya. Hubungi kontak kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ) Toko pertanian online LMGA Agro. Jual kebutuhan bercocok tanam lengkap dan berkualitas.

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang sayur kembang kol. Sayur kembang kol kaya nutrisi tinggi bagi kesehatan kita. Salam sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.