TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

10/11/20

Manfaat Sayuran Brokoli Bergizi Tinggi dan Mudah Budidayanya

manfaat sayuran brokoli, sayur brokoli, budidaya brokoli, jual benih brokoli, toko pertanian, toko online, lmga agro,
Sayur brokoli 
Benih Green Magic

Manfaat Sayuran Brokoli Bergizi Tnggi dan Mudah Budidayanya. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( khusus SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual segala kebutuhan bercocok tanam lengkap dan berkualitas. 

Toko pertanian online LMGA Agro jual beragam varietas benih sayur dan buah unggul dan hibrida. Tersedia juga benih sayur brokoli berkualitas terbaik. Kami juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian lengkap. 

Kami berpengalaman telah lama sebagai distributor pertanian dan mendapat tempat di hati petani dan toko-toko pertanian. Kami didukung banyak perusahaan pertanian terkemuka di Indonesia dan siap kirim pesanan Anda. Bersama dibantu mitra jasa ekspedisi yaitu JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Manfaat sayuran brokoli sangat tinggi bagi kesehatan tubuh kita. Sayur brokoli memiliki kandungan gizi lengkap dan sangat tinggi. Karenanya harga sayur brokoli cukup mahal karena orang sudah mengetahui manfaat sayuran brokoli. 

Manfaat sayuran brokoli berasal dari kandungan nutrisinya tinggi. Sayur brokoli mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan. Usaha menanam brokoli menjanjikan karena banyak permintaan konsumen terhadap brokoli.

Cara menanam tanaman sayur brokoli mudah dilakukan. Kini budidaya tanaman sayur brokoli tidak lagi didominasi dataran tinggi. Manfaat sayuran brokoli dapat ditanam di dataran rendah meski masih lebih berkualitas sayur brokoli dataran tinggi. 

Manfaat sayuran brokoli tinggi karena sayur brokoli kaya vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Khasiat penting dari manfaat sayuran brokoli salah satunya mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Manfaat sayuran brokoli juga banyak disukai karena mampu menurunkan berat badan berlebih.    


Sayuran Brokoli Kaya Nutrisi Tinggi


Sayur brokoli merupakan jenis sayuran hijau kaya vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Brokoli masih satu famili dengan kembang kol dan kangkung. Kandungan gizi dalam manfaat sayuran brokoli baik bagi kesehatan manusia. 

Satu cangkir manfaat sayuran brokoli berat 91 gram. Mengandung karbohidrat 6 gran, protein 2,6 gram, lemak 0,3 gram dan serat 2,4 gram. Manfaat sayuran brokoli mengandung vitamin C 35% kebutuhan harian, Vitamin A 11% dari kebutuhan harian, vitamin K 16% kebutuhan harian dan vitamin B9 ( folat ) 14% kebutuhan harian. 

Manfaat sayuran brokoli mengandung kalsium ( 8% kebutuhan harian ), fosfor ( 6% kebutuhan harian ) dan selenium ( 3% kebutuhan harian ). Sayur brokoli direbus, dikukus atau ditumis mengurangi kandungan gizinya. 

Proses pemasakan terlalu lama membuat kandungan vitamin C berkurang dan proteinnya menjadi larut. Meski berbeda-beda kandungan nutrisi antara sayur brokoli mentah dan masak, namun tetap sama-sama memberikan nutrisi yang penting. 

Vitamin C manfaat sayuran brokoli matang tetap menyumbang cukup banyak. Jumlah kadar vitamin C brokoli 1,5 kali lipat lebih banyak dari buah jeruk. Manfaat sayuran brokoli mengandung antioksidan. 

Antioksidan yaitu molekul yang dapat menghambat sekaligus dapat memperbaiki kerusakan sel. Biasanya kerusakan sel dalam tubuh kta disebabkan adanya radikal bebas di udara.  

Keberadaan antioksidan dalam tubuh dapat mengurangi peradangan dan melindungi kesehatan kita. Antioksidan mampu mencegah penyakit kanker. Salah satu antioksidan manfaat  sayuran brokoli adalah sulforaphane. Sulforaphane mengandung belerang sehingga sedikit menimbulkan rasa pahit pada sayur brokoli.  

Manfaat sayuran brokoli mengandung indol-3-karbinol yaitu suatu senyawa yang bersifat anti tumor sangat kuat. Sayuran lain mengandung senyawa yang sama dengan sayur brokoli adalah kembang kol, kubis, brussel, kol, lobak dan selada air. 





Peran Nutrisi Dalam Manfaat Sayur Brokoli


manfaat sayuran brokoli, sayur brokoli, budidaya brokoli, toko pertanian, toko online, lmga agro
Brokoli Green Super

Manfaat sayuran brokoli mengandung kalsium dan kolagen keduanya bekerja sama membuat kuat tulang kita. Tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk menghasilkan kolagen. Dan kandungan kalsium lebih dari 90% ada pada tulang dan gigi. Kalsium dan kolagen terdapat dalam manfaat sayur brokoli. 

Sayur brokoli mengandung vitamin K dan peranannya mencegah serta mengatasi osteoporosis. Orang kekurangan vitamin K mengalami gangguan dengan tulangnya, contohnya penyakit osteoporosis. 

Vitamin C berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh dan termasuk antioksidan dalam manfaat sayur brokoli. Kandungan antioksidan dapat mencegah kanker, penyakit kardiovaskular, katarak dan anemia. 

Vitamin C dalam manfaat sayur brokoli membantu mengurangi gejala pilek dan mempersingkat lama sakit pilek. Vitamin C mendukung produksi kolagen kulit dan sistem pendukung utama sel, organ tubuh dan kulit. 

Vitamin C manfaat sayuran brokoli sebagai antioksidan juga membantu mencegah kerusakan kulit seperti keriput akibat penuaan. Sdudah diteliti bahwa vitamin C mencegah dan mengobati kondisi kulit seperti herpes zoster dan kanker kulit.  

Kandungan serat manfaat sayuran brokoli menjaga agar BAB tetap teratur dan mencegah sembelit. Pencernaan menjadi sehat dan menurunkan risiko kanker usus besar. Rajin mengkonsumsi serat maka kecil kemungkinan terserang kanker kolorektal. Secangkir brokoli menyumbang 7% kebutuhan serat per hari. 

Sulforaphane adalah antioksidan dalam manfaat sayuran brokoli membantu mengatasi peradangan. Peradangan terjadi bila sistem kekebalan kita diserang. Peradangan tanda infeksi dan tanda kondisi autoimun kronis seperti radang sendi dan diabetes tipe 1. Rutin mengkonsumsi sayur brokoli mencegah peradangan. 



Sayur Brokoli Jenis Kol Warna Hijau


Brokoli memiliki nama ilmiah Brassica oleracea L. ( kelompok Italica ). Sayur brokoli tanaman suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Sayuran Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah ada sejak Yunani Kuno. Sayur brokoli masuk Indonesia sekitar tahun 1970-an dan hingga kini masih banyak disukai masyarakat. 

Bagian manfaat sayuran brokoli yang dimakan adalah kepala bunganya berwarna hijau. Kepala bunga tersusun rapat seperti cabang pohon berbatang tebal. Sebagian besar kepala bunga sayur brokoli dikelilingi dedaunan. Sayur brokoli mrip sekali dengan kembang kol ( bunga kol ). 

Perbedaannya hanya kepala bunga sayur brokoli berwarna hijau. Kepala bunga kembang kol berwarna putih. Budidaya sayuran brokoli disemai terlebih dahulu hingga muncul 3 - 4 dau sejatinya. Selanjutnya bibit brokoli ini dapat ditanam di lahan tetap untuk dibesarkan hingga panen. Biasanya masa panennya umur 55 - 100 hari tergantung varietasnya. 

Sayuran brokoli merupakan jenis tanaman hidup di cuaca dingin. Untuk dimakan, sayur brokoli direbus atau dikukus, atau dapat langsung dimakan mentah. Namun cara terbaik adalah dengan dikukus dulu karena nutrisi dan vitaminnya tidak hilang. 

Merebus sayur brokoli menghilangkan 50% asam Folat dalam manfaat sayuran brokoli. Jadi untuk merebusnya jangan terlalu lama dan cukup sekitar 5 menit saja. Brokoli tanaman berbatang lunak dan hasil persilangan 2 kultivar toleran panas. 

Brokoli dapat diusahakan di daerah pegunungan dan sebagai tanaman musim dingin dapat tumbuh di atas 700 m dpl. Suhu harian antar 18 - 20 derajat Celcius baik untuk pertumbuhan tanaman sayur brokoli. 

Budidaya sayur brokoli tidak tahan hujan terus menerus karena bunganya akan mudah busuk dan timbul bintik-bintik hitam. Budidaya sayur brokoli sebaiknya di tanah subur, gembur dan kaya bahan organik. 

Bakal bunga tanaman sayur brokoli mengembang menyerupai telur berbentuk lonjong dan berwarna hijau. Krop kepala brokoli tersusun banyak kuntum-kuntum bunga dan tangkainya tebal.  



Budidaya Tanaman Sayur Brokoli


manfaat sayuran brokoli, sayur brokoli, budidaya brokoli, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Benih LMGA Agro

Menanam sayuran brokoli
secara umum petani melakukannya di daerah berhawa sejuk yaitu dataran tinggi 1000 - 2000 m dpl. Daerah yang cocok adalah bertipe iklim basah. Sayuran brokoli akan mencapai pertumbuhan optimum pada tanah berhumus banyak, gembur dan porous. Nilai pH tanah antara 6 - 7. 

Waktu tanam sayur brokoli yang baik adalah awal musim hujan atau awal musim kemarau. Namun tanaman ini dapat ditanam sepanjang tahun asalkan pemeliharaannya lebih intensif. 

Benih hibrida menjadi salah satu faktor keberhasilan budidaya tanaman sayur brokoli. Salah satu benih brokoli dibawah ini direkomendasikan baik untuk budidaya sayur brokoli. Benih-benih ini adalah : 

1. Benih brokoli F1 Green Magic dari Sakata Seed Jepang. Direkomendasikan untuk dataran tinggi ( 1000 m dpl ke atas ). Umur panen 70 HST dan berat krop 0,7 kg. Krop seragam dan padat, tahan penyakit bakteri dan akar gada. 


2. Brokoli F1 Green Super produksi Known You Seed. Direkomendasikan untuk dataran menengah sampai dataran tinggi ( 700 - 1500 m dpl ). Suhu lingkungan 18 - 28 derajat Celcius. Umur panen genjah yaitu 55 HST, berat tandan mencapai 600 gram tanpa daun. Bulir halus dan tidak berongga. Tahan serangan busuk daun dan cendawan. 


Kebutuhan benih untuk luasan 1 hektar sekitar 300 - 350 gram. Benih harus disemaikan untuk menjadi bibit sehat dan kuat. Sebelum disemai, benih direndam air hangat selama 1 jam. Lalu benih disebar merata pada bedeng semai. 

Media bedeng semai adalah campuran tanah : pupuk kandang/kompos = 1 : 1. Tutup dengan daun pisang benih-benih yang disebar tadi selama 2 - 3 hari. Buat naungan untuk benih-benih ini dari atap screen kasa/plastik transparan. 





Persiapan Lahan Menanam Tanaman Sayur Brokoli


Benih disebar dalam bedeng semai sampai umur 7 - 8 hari. Setelah bibit tumbuh, pindahkan ke polybag atau membuat bumbunan dari daun pisang. Medianya dari tanah dan pupuk kandang matang. Penyiraman bibit dilakukan setiap hari dan dipelihara sampai umur 3 - 4 minggu dan daun 4 - 5 helai. 

Sambil menunggu bibit siap dipindahkan, selanjutnya mulai persiapan untuk lahan menanam bibit. Pilihlah lahan bukan bekas tanaman kubis-kubisan. Bersihkan tanah dari sisa-sisa tanaman, rumput liar dan bebatuan. 

Tanah dibajak atau dicangkul hingga gembur. Buat lubang-lubang tanam dengan jarak tanam 70 cm ( antar baris ) x 50 cm ( dalam baris ). Atau bisa juga jarak tanamnya 60 x 40 cm. 

Bila dicek pHmeter nilai pH tanah < 5,5 maka segera lakukan penaburan Kaptan ( Dolomit ) sebanyak 1,5 ton/ha. Dolomit disebarkan di atas permukaan tanah lalu diaduk lagi tanah hingga Dolomit tercampur merata. 

Budidaya tanaman sayur brokoli tidak sulit. Seperti menanam tanaman sayur lainnya, menanam sayuran brokoli harus memperhatikan pasokan airnya. Menanam sayuran brokoli juga perlu memperhatkan lahan lokasi budidaya. Petani biasanya menanam sayuran brokoli di dataran tinggi. 

Budidaya sayuran brokoli di daerah cuaca panas, tanaman tidak bisa berkembang baik. Sayuran brokoli lebih cocok tumbuh di daerah dingin dan sejuk. Tanah juga harus gembur agar tanaman bisa tumbuh cepat. Pupuk dasar lebih baik menggunakan pupuk kandang. 

Benih sayur brokoli di pasaran ada 2 jenis yaitu benih brokoli untuk dataran rendah dan benih untuk dataran tinggi. Kedua jenis benih ini telah diuji coba dengan hasil baik dan diharapkan Petani dapat menggunkan benih yang tepat. 

Pemilihan benih yang tidak tepat dengan syarat tumbuhnya menyebabkan tanaman mati mendadak tanpa sebab. Pastikan bahwa kelembaban selalu terjaga terutama saat pembibitan. Bibit masih mudah sangat rentan mengalami stres akar bila tanahnya kering. 


Penanaman dan Pemupukan Tanaman Sayuran Brokoli


manfaat sayuran brokoli, sayur brokoli, budidaya brokoli, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Mutiara

Bibit pada persemaian umur 2 minggu sudah harus dipindahkan ke bedengan. Lahan menanam brokoli dibuat lubang ukuran 30 x 30 x 30 cm. Lubang tanam dimasukkan pupuk kandang sebanyak 2 gelas. Peran pupuk kandang untuk menambah kesuburan tanah dan memberikan nutrisi untuk tanaman. 

Penanaman bibit atau proses pindah tanam sebaiknya pagi hari sebelum pukul 10 pagi atau sore hari pukul 15.00. Bila penanaman bibit dilakukan siang hari menyebabkan tanaman akan stres karena terkena panas sinar matahari. 

Pemupukan pada budidaya sayur brokoli ada 2 jenis yaitu pupuk dasar dan pupuk susulan. Pupuk dasar saat persiapan lahan dan dianjurkan menggunakan pupuk organik. Pupuk kandang sebanyak 3 kg untuk luasan per meter2. Lalu tanah diaduk dan dibalik-balik agar pupuk tercampur rata.  

Pemupukan susulan pada umur 1 minggu setelah tanam, 3 minggu setelah tanam dan 5 minggu setelah tanam. Pupuk susulan bisa menggunakan pupuk NPK dan diberikan sesuai dosis anjuran pada kemasan. 

Penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari. Jika musim kemarau, penyiraman biasanya sampai 2 kali sehari. Terutama bagi tanaman muda dan baru pindah tanam, penyiraman air sangat dibutuhkan. Jika turun hujan, tanaman tidak perlu disiram karena tanah sudah basah. 

Bila ada tanaman mati, segera dicabut dan disulam dengan tanaman baru yang sehat. Penyulaman tanaman ini dihentikan sampai tanaman umur 10 - 15 HST. Saat pemberian pupuk pertama dan kedua, lakukan juga pendangiran dan penyiangan. 

Pemupukan susulan rutin dilakukan 2 minggu sekali. Selain itu juga rutin menyemprotkan pestisida guna mencegah serangan hama. 




Pengendalian Hama Dan Penyakit Budidaya Sayur Brokoli


Harus dipahami bahwa tanaman sayuran dari famili Brassicae memiliki hama endemik. Hama tanaman brokoli biasanya menyerang daun brokoli. Hama pemakan daun brokoli antara lain adalah ulat Plutella dan kutu daun persik. 

Bila terlambat dalam menangani serangan hama maka seluruh tanaman dapat habis dimakan ulat dalam waktu singkat. Ulat Plutella berasal dari ngengat Diamondback moth. Ulat Plutella begitu sekali bertelur di daun tanaman menghasilkan puluhan sampai ratusan telur. Pencegahan bisa Kita lakukan agar tanaman sehat dan hasil panen memuaskan.   

Usaha mencegah serangan hama tanaman sayur brokoli adalah dengan menanam refugia. Tanaman refugia dari tanaman marigold atau kenikir, bunga matahari dan daun bawang. Tanaman-tanaman tersebut menjadi solusi yang ampuh dalam mencegah serangan hama tanaman sayur brokoli.   

Tanaman refugia seperti kenikir dan daun bawang mengeluarkan aroma tak sedap bagi ngengat ulat Plutella. Dan menjadikan ngengat enggan bertelur di daun brokoli yang sekitarnya ada tanaman kenikir. Sedangkan untuk bunga matahari menjadi rumah bagi serangga predator hama kutu daun persik. 

Pencegahan serangan hama dan penyakit ramah lingkungan. Tanpa ada residu kimia pestisida, hasil panen sayuran brokoli menjadi aman dikonsumsi dan sayuran bebas residu kimia. Teknik-teknik pertanian ramah lingkungan penting untuk diajarkan. Agar generasi mendatang dapat melanjutkan cara bertani yang aman.





Langkah Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan Sayuran Brokoli


1. Cara fisik yaitu pengendalian dengan memanfaatkan unsur fisik tertentu. Yaitu seperti secara langsung membunuh organisme penggagnggu tanaman tersebut. Atau membunuh secara tidak langsung dengan cara mengubah faktor lingkungan sedemikian rupa. Sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan organisme pengganggu tersebut.

2. Cara mekanik yaitu mengendalikan hama dan penyakit menggunakan alat atau kemampuan manusia untuk membasmi langsung. Contohnya dengan memencet hama, memasang perangkap, memangkas bagian terserang dan lain-lain. 

3. Cara budidaya yaitu mengendalikan hama melalui pengaturan cara bercocok tanamnya. Termasuk mengalihkan hama menjauhi areal tanam atau mengurangi dampak kerusakan hama. Kegiatan meliputi pengolahan tanah, pengelolaan air, pergiliran tanaman dan penanaman serentak. Serta pengaturan jarak tanam dan lain-lain. 

4. Cara hayati yaitu memanfaatkan musuh alami dengan sengaja dibiakkan lalu dilepaskan untuk mengendalikan hama tanaman. 

5. Cara genetik yaitu dengan memanipulasi genetik, menggunakan teknik pemuliaan tanaman dan menghasilkan kultivar tanaman tahan hama.       

Organisme pengganggu tanaman sayur brokoli antara lain ulat daun, ulat krop, akar bengkak, busuk hitam, busuk lunak dan lain-lain. Serangan akar bengkak dapat Anda lakukan dengan langsung mencabut tanaman. Selanjutnya tanaman dibakar atau dimusnahkan.  

Pemanfaatan musuh alaminya ( parasitoid ) misalnya Diadegma semiclausum. Secara mekanis dengan melakukan tumpang sari tanaman brokoli dan tomat. Pengendalian menggunakan pestisida yang tepat berdasarkan pemilihan jenis, dosis, volume semprot, cara aplikasi dan waktunya.       



Panen dan Pasca Panen Budidaya Tanaman Sayur Brokoli    

   

Budidaya manfaat sayuran brokoli panen saat kepala bunga sudah padat dan kompak. Cara panen manfaat sayuran brokoli adalah dengan memotong pangkal batang. Selanjutnya menyisakan 6 - 7 helai daun sebagai pembungkus bunga. 

Tanaman sayuran brokoli sudah dapat dipanen dalam waktu 3 bulan. Waktu panen yang tepat pada pagi hari setelah embun menguap. Atau bisa juga sore hari sebelum embun turun. Produksi hasil panen manfaat sayuran brokoli yaitu berkisar antara 15 - 30 ton/ha. 

Usahakan untuk tidak terlambat melakukan pemanenan. Jika sampai terlambat maka kepala bunga tidak tumbuh merata, berwarna kekuningan dan merekah. 

Pemupukan dengan unsur N berlebihan dapat mengakibatkan kualitas bunga seperti terlambat dipanen. Sehingga kualitas sayuran brokoli menjadi rendah dan tidak dapat dijual. 

Sayuran brokoli cepat mengalami kelayuan jika kita tidak menyimpannya dalam kondisi dingin setelah panen. Biasanya krop sayuran brokoli dapat bertahan kurang lebih 3 minggu jika disimpan pada suhu 1 derajat Celcius. 

Setelah panen, sayuran brokoli dibungkus plastik polyethilene agar terjaga kesegarannya. Meski mulai panen setelah umur 3 bulan. Namun bisa juga kita mulai menjual sayuran brokoli saat umur 2 bulan meski ukuran krop lebih kecil.    

Krop sayur brokoli berukuran kecil lebih disukai dan diminati pengusaha restoran. Manfaat sayuran brokoli rentan rusak dan teroksidasi. Setelah dipetik, segera bungkus krop sayur brokoli menggunakan plastik wrap lalu simpan dalam lemari pendingin. Teknik penyimpanan ini membuat sayur brokoli tetap segar selama 5 - 7 hari. 



Manfaat Sayuran Brokoli Bermanfaat Tinggi dan Mahal


Sayuran brokoli salah satu jenis sayuran berharga mahal. Karena selain memiliki kandungan gizi tinggi. Juga kandungan gizi tersebut berkhasiat banyak untuk kesehatan tubuh manusia. 

Perawatan sayuran brokoli tidaklah sulit. Namun agar mendapatkan sayur brokoli tetap segar maka proses panen dan pasca panennya cukup merepotkan. Hal ini karena sayuran brokoli rentan rusak bila penanganan panen kurang tepat. 

Manfaat sayur brokoli dapat diolah menjadi sayur capcay atau sayuran kukus untuk dimakan langsung. Karena kandungan nutrisinya tinggi, sayuran brokoli banyak dicari konsumen. Karena sayuran brokoli sangat populer maka budidaya brokoli cukup menjanjikan. 

Permintaan sayuran brokoli banyak dari kota besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Bandung dan lain-lain. Permintaan tinggi biasanya dari kota-kota berhawa panas. Karena sayuran brokoli hanya diusahakan kebanyakan di daerah berhawa sejuk dan dingin. Dan di daerah panas tidak ada petani menanam sayur brokoli.  

Konsumen pembeli sayuran brokoli juga sebagian besar adalah dari kalangan menengah ke atas. Dibandingkan jenis sayuran lain, harga sayuran brokoli lebih mahal. Hal tersebut karena kandungan gizi sayur brokoli yang sangat tinggi. 

Manfaat sayuran brokoli mampu mencegah kanker dan meningkatkan daya kerja otak. Pembagian kualitas manfaat sayuran brokoli dibagi 2 kategori yaitu sayur brokoli berkualitas baik dan berkualitas biasa. 

Sayuran brokoli berkualitas baik khusus dipasarkan ke restoran-restoran. Kualitas sayuran ini masih dalam keadaan segar dan baru dipetik Petani. Jadi sayuran brokoli baru dipetik pagi langsung dikirim dan paling lambat sore hari tiba di tujuan. 


Peluang Usaha Menanam Sayuran Brokoli Menjanjikan


Peluang usaha sayuran brokoli sangat menjanjikan. Produksi hasil panen cukup tinggi. Harga sayuran brokoli kualitas baik dibanderol Rp. 25.000 per kilogramnya. Dan untuk sayuran brokoli kategori biasa, Petani menjualnya ke pasar grosir sayuran maupun toko ritel. 

Sayuran brokoli kualitas biasa di pasar grosir berharga belasan ribu per kilogramnya hingga Rp. 20.000 per kg tergantung volume krop bunganya. 

Keunikan budidaya tanaman sayur brokoli adalah dapat menghasilkan krop bunga sebanyak 2 kali. Panenan sayur brokoli kedua dapat diperoleh dalam waktu singkat. Yaitu saat panen pertama, tanaman jangan dicabut akarnya. Namun cukup potong bagian krop brokoli saja. 

Selanjutnya biarkan nanti tunas baru akan muncul dan akan menghasilkan bunga di ketiak daun. Krop bunga pertama muncul membutuhkan waktu sekitar umur 1,5 bulan setelah pindah tanam. semakin tua umur tanaman maka ukuran krop bunga juga semakin besar. 

Biasanya petani bila menginginkan ukuran bunga kecil ( sekitar 150 gram ) maka cukup umur 6 minggu setelah pindah tanam sudah dipanen. Ukuran krop bunga sayur brokoli bisa mencapai bobot sampai 550 gram. 

Demikian artikel Kami judul : Manfaat Sayuran Brokoli Bergizi Tinggi dan Mudah Budidayanya. Hubungi nomer kontak kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual kebutuhan bercocok tanam lengkap dan produk berkualitas. 

Kami melayani konsultasi pertanian gratis. Kami menyediakan berbagai varietas benih unggul dan hibrida. Benih berkualitas sayuran dan buah, pupuk, ZPT dan alat-alat pertanian lengkap. 

Semoga artikel Kami dapat menambah wawasan dang pengetahuan tentang manfaat sayuran brokoli. Manfaat sayuran brokoli berasal dari kandungan gizinya tinggi dan lengkap. Budidaya sayuran brokoli sangat menjanjikan karena banyak masyarakat menyukai manfaat sayur brokoli. Salam sukses...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.