TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

27/02/20

Blewah, Buah Berbentuk Unik Menguntungkan Petani

blewah,garbis,buah garbis,pertanian,budidaya tanaman,lmga agro
Buah Blewah
Blewah, Buah Berbentuk Unik Menguntungkan Petani. 082141747141 ( Khusus telepon ) 08125222117 ( Khusus SMS / WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro merupakan usaha yang bergerak di bidang pertanian. Kami menyediakan berbagai benih buah dan sayuran varietas unggul, pupuk, pestisida, ZPT, dan alat pertanian.


Toko Pertanian Online LMGA Agro mendukung usaha pertanian di wilayah desa maupun di kota. Kami telah berpengalaman sebagai toko pertanian, supplier usaha dropship, reseller, dan online shop. Kami jual produk pertanian dengan harga murah dan promo.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi mengenai pertanian dan cara bisnis online pertanian untuk usaha rumahan. Juga menerima konsultasi mengenai kendala yang terjadi pada lahan pertanian. Serta masalah dan kendala pada tanaman yang sedang dibudidayakan.

Kami menyediakan benih unggul produksi pabrik – pabrik benih terkemuka dan terpercaya. Benih unggul produksi dari BISI, EWINDO, Known You Seed, Takii Seed dan lain – lain. Juga tersedia pupuk, pestisida, dan alat pertanian kualitas unggul.

Budidaya tanaman yang dilakukan petani sebagai salah satu usaha pokok dalam pertanian telah menghasilkan keuntungan dari waktu ke waktu. Usaha pertanian ini sendiri memiliki 2 jenis tanaman berbeda yang bisa dijadikan sebagai objek untuk budidaya, yaitu sayuran dan buah-buahan. Masing-masing jenis tanaman memiliki keunikan tersendiri dalam melakukan perawatannya serta menghasilkan keuntungan yang berbeda-beda pula.

Budidaya tanaman buah sendiri telah lama dilakukan oleh petani Indonesia, hal ini disebabkan kebutuhan buah di pasaran memiliki permintaan tinggi. Jenis buah yang dibudidayakan di lahan pertanian oleh petani juga memiliki jenis beragam seperti buah melon, semangka, blewah, dan lain-lain. Penjualan buah hasil panen dapat meningkat pesat apabila telah mendekati atau masuk event atau perayaan tertentu.

Buah Unik Itu Bernama Blewah


Salah satu buah yang memiliki peminat tersendiri dan sangat populer di kalangan masyarakat terutama waktu bulan puasa adalah buah blewah. Blewah atau biasa dikenal dengan garbis adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara. Buah ini sering dimanfaatkan sebagai minuman penyegar seperti es garbis ataupun sebagai campuran pada es buah maupun es campur.

Buah blewah atau garbis bisa disebut buah unik dikarenakan ciri fisiknya sangat mudah untuk diketahui dan bisa dibedakan dengan mudah. Ciri fisik dari buah blewah ini adalah berbentuk bulat sedikit lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Selain itu ciri fisik yang menonjol dari buah garbis ini adalah pada bentuk lonjongnya yang memiliki sekat atau batas.

Keunikan pada buah blewah tersebut seakan memberitahukan pada konsumen bahwa terdapat garis khusus yang berguna dalam pemotongan buah. Sehingga pemotongan buah blewah ini bisa lebih presisi dan memiliki besar sama antara satu dengan yang lainnya. Selain itu warna daging buah garbis ini berwarna kuning hingga jingga cerah dengan tekstur lembut disertai serat dan biji ditengahnya.

Keunikan lain dari buah berdaging jingga ini adalah memiliki daya tahan cukup lama yaitu bisa mencapai 7 sampai 8 hari. Sehingga buah blewah dapat didistribusikan ke tempat yang lumayan jauh tanpa harus khawatir mengalami insiden buah busuk pada saat perjalanan. Selain itu, para pemesan buah garbis lebih memilih buah setengah matang untuk mengantisipasi pengiriman jauh dan meningkatkan daya tahan buah.

Buah blewah atau garbis ini juga memiliki kandungan gula sederhana yang mudah dicerna dan diubah menjadi energi dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi buah garbis sangat bermanfaat dalam regenerasi energi yang terjadi dalam tubuh manusia. Selain itu buah garbis dengan ciri khas bentuk fisiknya ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang bermanfaat bagi tubuh.


Budidaya Buah Blewah Hasil Menguntungkan

budidaya tanaman,buah,blewah,garbis,buah garbis,lmga agro
Budidaya Buah Blewah

Budidaya buah saat ini telah menjadi salah satu usaha pertanian yang menghasilkan komoditas unggulan dan dicari oleh para konsumen. Kebutuhan buah yang dicari oleh para konsumen ini biasa digunakan untuk kebutuhan sehari hari baik pribadi maupun untuk keperluan industri. Hal ini juga berlaku bagi buah blewah atau garbis yang sangat populer dikalangan masyarakat ketika menjelang ataupun saat bulan puasa.

Buah blewah atau garbis dikenal masyarakat Indonesia sebagai buah khas yang biasa ditemukan pada saat bulan puasa. Buah ini dimanfaatkan untuk pembuatan minuman penyegar ataupun sebagai bahan dasar untuk pembuatan aneka ta’jil untuk menyambut buka puasa. Selain itu garbis juga sering digunakan sebagai campuran untuk jajanan populer seperti agar-agar maupun puding buah.

Beberapa faktor seperti kepopulerannya pada saat bulan puasa ataupun menjadi bahan dasar berbagai jenis ta’jil membuat budidaya blewah terlihat menguntungkan. Sehingga para petani berlomba lomba dalam melakukan pengolahan lahan untuk melakukan budidaya tanaman buah garbis. Selain itu budidaya garbis juga menjadi peluang usaha menguntungkan karena sudah berdekatan dengan bulan puasa.

Melakukan budidaya tanaman buah blewah atau garbis ini bisa dilakukan pada daerah dataran rendah, dataran menengah, dan dataran tinggi. Budidaya blewah atau buah garbis bisa dilakukan dengan cara melakukan pengolahan lahan dengan cara dicangkul supaya tanah menjadi gembur. Budidaya tanaman buah ini juga memerlukan asupan sinar matahari secara penuh sepanjang hari untuk mendukung pertumbuhan tanaman agar lebih optimal.

Budidaya tanaman buah garbis ini sangat menguntungkan bagi petani karena memiliki daya adaptasi yang baik terhadap lingkungan dan cuaca sekitar. Namun dalam budidaya buah blewah juga harus memperhatikan unsur hara yang terdapat dalam tanah untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Sehingga para petani akan mendapatkan keuntungan dari hasil panen yang berkualitas unggulan dengan pengelolaan budidaya tanaman blewah yang baik.

Cara Budidaya Blewah yang Baik dan Menguntungkan

blewah,budidaya tanaman,buah,garbis,pertanian,lmga agro
Lahan Budidaya Blewah

Pada ulasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa melakukan budidaya tanaman blewah sangat menguntungkan bagi petani. Hal ini dikarenakan bulan puasa yang semakin dekat dan menjadi waktu yang tepat ketika budidaya blewah telah memasuki masa panen. Sehingga dapat didistribusikan secara tepat waktu dan menjadi keuntungan besar bagi para petani yang melakukan budidaya tanaman garbis ini.

Sebelum melakukan distribusi buah blewah ke pasaran, tentunya harus melewati fase budidaya tanaman terlebih dahulu. Budidaya tanaman yang memiliki pengolahan dan pengelolaan yang baik tentunya akan menghasilkan panen yang memiliki kualitas terbaik dan unggulan. Dibawah ini merupakan penjelasan mengenai cara melakukan budidaya tanaman blewah dengan baik dan berpotensi menguntungkan bagi petani.

Persiapan Lahan


Persiapan lahan merupakan langkah awal bagi setiap usaha budidaya tanaman jenis apapun, hal ini juga berlaku bagi budidaya buah blewah. Walaupun buah blewah atau garbis memiliki daya adaptasi yang cukup tinggi, melakukan persiapan lahan merupakan hal wajib yang dilakukan petani. Hal ini dikarenakan bibit tanaman garbis kesulitan untuk tumbuh pada lahan pertanian yang memiliki tekstur tanah yang keras atau padat.

Lahan pertanian yang digunakan untuk budidaya tanaman buah blewah atau garbis bisa dilakukan pada dataran rendah, menengah, ataupun tinggi. Persiapan lahan budidaya ini dilakukan dengan cara dicangkul secara manual maupun dilakukan pembajakan lahan pertanian dengan mesin. Hal ini digunakan untuk mengubah lahan pertanian yang sebelumnya memiliki tekstur padat menjadi gembur dan cocok untuk ditanami bibit tanaman.

Selain itu persiapan lahan dengan cara dibajak ataupun dicangkul akan membersihkan tanaman pengganggu yang berpotensi dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Sehingga tanaman pengganggu yang sudah dibersihkan dapat bermanfaat bagi lahan budidaya tanaman blewah menjadi pupuk organik jenis kompos. Manfaat lain dari pembersihan dan pengelolaan lahan ini adalah memutus mata rantai hama tanaman dan penyakit tanaman.

Setelah dilakukan pengolahan lahan dengan cara dicangkul ataupun dibajak, maka langkah selanjutnya adalah pembuatan bedengan. Bedengan pada budidaya tanaman buah blewah memiliki bentuk sama persis dengan bedengan pada budidaya tanaman buah semangka. Bentuk yang dimaksud persis disini adalah membuat bedengan ganda dengan parit kecil yang memisahkan antar bedengan.

Pembuatan bedengan pada budidaya tanaman buah blewah dilakukan dengan lebar 60 sampai 80 cm dengan lebar parit 40 cm. Dalam pembuatan bedengan pada budidaya tanaman blewah diberi jarak antar bedengan sekitar 2 sampai 3 meter. Hal ini dilakukan untuk membuat ruang untuk menjalarnya tanaman blewah dan memudahkan dalam perawatan budidaya tanaman.


Pemupukan Dasar


Pemupukan dasar dilakukan pada setiap lahan pertanian yang sudah diolah sebelumnya dan akan digunakan untuk usaha budidaya tanaman. Pemupukan ini dilakukan untuk menambah unsur hara yang terdapat dalam tanah lahan pertanian serta mendukung pertumbuhan tanaman agar bisa optimal. Selain itu pemupukan ini juga bermaksud untuk menambah kesuburan tanah yang digunakan sebagai lahan pertanian budidaya tanaman blewah atau garbis.

Pemupukan dasar ini dilakukan setelah bedengan selesai dibuat, pupuk yang digunakan diantaranya adalah dolomit, pupuk kandang atau kompos, dan NPK. Namun dalam penggunaan dolomit atau kapur pertanian dalam budidaya tanaman blewah harus memperhatikan tingkat keasaman atau pH tanah. Apabila pH tanah 6 sampai 7 maka dolomit tidak perlu ditaburkan, sedangkan pH tanah dibawah 6 maka dolomit bisa ditaburkan.

Cara melakukan pemupukan dasar pada budidaya tanaman blewah ini adalah dengan membiarkan lahan pertanian terguyur air hujan dan dibiarkan seminggu. Setelah itu lahan pertanian ditaburkan pupuk kandang secara merata dan memberikan pupuk NPK di setiap lubang tanam. Hal ini dilakukan agar lahan pertanian mendapatkan tambahan unsur hara dan menjadikan tanah menjadi lebih subur.

Setelah dilakukan proses pemupukan dasar maka langkah selanjutnya adalah menutup bedengan dengan mulsa plastik. Hal ini dilakukan agar bibit tanaman blewah dapat tumbuh secara optimal dan terbebas dari gulma yang mengganggu penyerapan unsur hara. Bibit tanaman garbis bisa mulai ditanam pada waktu 10 sampai 15 setelah melakukan pemupukan dasar.


Persiapan Benih dan Bibit Tanaman Blewah


Benih dan bibit tanaman blewah merupakan saran pertanian penting dan menjadi objek budidaya tanaman blewah yang akan dilakukan petani. Benih dan bibit tanaman garbis bisa didapatkan dengan mudah dengan membeli pada toko pertanian terdekat atau toko pertanian online. Benih tanaman garbis sendiri memiliki jenis yang berbeda-beda tergantung keinginan dari petani sebagai pelaku usaha yang akan mengelolanya.

Benih tanaman blewah dapat langsung ditanam dengan cara dimasukkan langsung pada lubang tanam, namun sebaiknya benih tanaman disemai terlebih dahulu. Penyemaian benih tanaman garbis bisa dilakukan secara terpisah dengan memanfaatkan polybag atau dilakukan secara bersamaan pada tray semai. Cara penyemaian benih garbis sendiri sama dengan cara menyemai benih semangka dan benih melon.

Benih tanaman blewah sendiri bisa dikembangkan secara mandiri dengan cara melakukan seleksi biji pada buah blewah yang sudah cukup tua. Penyemaian benih tanaman baik menggunakan polybag maupun tray semai bisa dipindahkan ke lahan pertanian bila sudah berumur 10 – 14 hari. Sehingga bisa dilakukan perawatan secara lebih lanjut pada lahan pertanian secara langsung untuk mendukung pertumbuhan tanaman agar memiliki kualitas unggulan.

Toko Pertanian Online LMGA Agro menyediakan dan jual benih tanaman blewah atau garbis kualitas terbaik dengan harga terjangkau dan murah. Benih tanaman garbis yang tersedia merupakan hasil produksi pabrik benih terkemuka dan terpercaya di Indonesia. Toko Pertanian LMGA Agro siap mengirim benih tanaman garbis sampai tujuan ke seluruh wilayah Indonesia.


Penanaman Bibit Blewah


Benih tanaman blewah yang sudah disemai pada polybag dan tray semai siap dipindahkan pada lahan ketika berumur 10 – 14 hari. Pemindahan bibit tanaman dari polybag maupun tray semai harus dilakukan secara hati-hati agar tidak merusak bibit tanaman dan mengganggu pertumbuhannya. Selain itu pemindahan bibit tanaman dari polybag ataupun tray semai juga dibutuhkan seleksi ketat agar mendapatkan bibit dengan pertumbuhan bagus.

Pemilihan bibit blewah pada polybag ataupun tray semai dilakukan secara seksama dengan memilih bibit sehat dan memiliki vigor yang kuat. Sebelum dilakukan proses penanaman bibit, langkah yang harus dilakukan adalah menyiram lubang tanam pada lahan pertanian sampai basah. Hal ini dilakukan agar bibit tanaman dapat beradaptasi dengan cepat sehingga pertumbuhan tanaman bisa lebih maksimal.

Langkah selanjutnya adalah melakukan modifikasi seperlunya pada lubang tanam agar ukurannya pas dengan ukuran bibit tanaman blewah. Setelah ukuran lubang tanam sesuai maka langkah selanjutnya adalah memberikan tekanan dan tanah disekitar bibit tanaman blewah agar berdiri tegak. Kemudian lakukan penyiraman air untuk mencukupi pasokan air bagi bibit tanaman yang baru ditanam pada lahan pertanian.

Pemupukan Susulan Budidaya Tanaman Blewah


Pemupukan susulan dilakukan untuk mencukupi kebutuhan unsur hara pada tanaman blewah atau garbis yang telah ditanam pada lahan pertanian. Apabila kebutuhan unsur hara tanaman garbis terpenuhi maka pertumbuhan tanaman dipastikan baik dan berpotensi menghasilkan buah unggulan. Pemupukan susulan bisa dilakukan dengan 2 cara yang berbeda yaitu dengan cara dikocor atau ditabur.

Pemupukan susulan pertama pada budidaya tanaman blewah dilakukan pada umur 15 hari setelah tanam dengan menggunakan jenis pupuk yang beragam. Pupuk yang bisa digunakan untuk pemupukan susulan ini diantaranya adalah NPK, KCL, TSP, dan ZA. Cara pengaplikasian pupuk ini dilakukan dengan cara dikocorkan dengan dosis rendah pada budidaya tanaman.


Perawatan dan Pemeliharaan Budidaya Tanaman


Perawatan dan pemeliharaan pada budidaya tanaman merupakan hal penting yang wajib dilakukan oleh petani agar mendapatkan hasil panen berkualitas unggulan. Hal ini juga berlaku pada budidaya tanaman buah blewah dan dilakukan oleh para petani dengan usaha yang maksimal. Perawatan dan pemeliharaan ini meliputi penyiraman, pembersihan lahan budidaya tanaman, hingga pencegahan hama tanaman dan penyakit tanaman.

Penyiraman budidaya tanaman blewah dilakukan setiap hari pada waktu benih tanaman berusia 0 sampai 10 hari. Hal ini dilakukan agar benih tanaman mendapatkan pasokan air secara teratur dan tidak terjadi kekeringan yang beresiko pada kematian benih. Setelah berusia lebih dari 10 hari penyiraman bisa dilakukan sesuai kebutuhan dan menyesuaikan kondisi tanaman.

Pembersihan lahan budidaya tanaman dilakukan dengan tujuan utama untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman agar tidak terhambat. Hal ini dilakukan dengan cara membersihkan tanaman pengganggu seperti rumput liar ataupun bibit tanaman yang mati. Rumput liar yang mengganggu berpotensi menjadi gulma dan menyerap sebagian besar unsur hara didalam tanah.

Sedangkan untuk pencegahan hama tanaman dan penyakit tanaman pada budidaya tanaman blewah bisa dilakukan dengan beberapa cara yang efektif. Cara pertama bisa dilakukan dengan cara membersihkan dan membuang bibit tanaman mati yang beresiko menularkan penyakit atau menjadi sarang hama. Penggunaan pestisida seperti insektisida dan fungisida efektif digunakan untuk mencegah hama tanaman dari jenis serangga dan jamur untuk menyerang tanaman.

Baca Juga : Formulasi dan Cara Penggunaan Pestisida

Benih Blewah Unggulan Tersedia di LMGA Agro


Budidaya blewah saat ini telah menjadi populer dikarenakan sudah mendekati bulan puasa dan banyaknya permintaan dari pasar. Untuk memenuhi permintaan pasar yang sangat banyak maka dari itu para petani berlomba melakukan budidaya blewah pada lahan pertanian. Benih blewah sendiri mudah ditemukan pada toko pertanian terdekat ataupun toko pertanian online.

Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai salah satu penyedia sarana pertanian terlengkap juga menyediakan benih blewah kualitas unggulan dengan harga murah. Benih blewah yang tersedia merupakan hasil produksi pabrik benih terpercaya dan terkemuka di Indonesia. Dibawah ini jenis benih blewah yang tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro.

Benih Blewah Aruna


Benih blewah aruna merupakan benih buah garbis kualitas terbaik produksi PT Tunas Agro Persada. Benih buah garbis atau blewah ini memiliki karakteristik pertumbuhan tanaman yang kuat dan kokoh serta tahan penyakit kresek. Selain itu benih garbis aruna ini juga tahan hama penyakit yang sering membuat petani merugi.

Ciri fisik pada blewah aruna adalah memiliki bentuk oval, kulit buah berwarna kuning muda dengan bercak hijau keabu-abuan. Daging buah garbis jenis aruna memiliki warna orange yang memunculkan kesan segar dan memiliki rasa manis. Berat buah blewah aruna sendiri kurang lebih 2 kg dengan jumlah 4 buah per tanaman.

Cara melakukan budidaya tanaman blewah aruna cukup mudah dilakukan, serta bisa dengan mudah dipraktekkan oleh petani hortikultura. Umur panen dari budidaya buah garbis aruna kurang lebih 55 hari setelah pindah tanam. Melakukan budidaya buah garbis aruna akan menghasilkan keuntungan bagi petani sebagai pelaku usaha.

Keuntungan ini didapat dikarenakan melakukan budidaya tanaman buah garbis aruna akan menghasilkan panen yang bertepatan dengan bulan puasa. Sehingga sangat menguntungkan bagi petani karena permintaan pasar sedang dalam kondisi tinggi. Buah blewah sendiri sering dimanfaatkan untuk sajian minuman berbuka puasa seperti es garbis, ataupun es campur.

Benih Blewah Bisma


Benih blewah bisma merupakan benih buah produksi pabrik benih PT Bisi International (BISI). Benih blewah bisma memiliki karakteristik pertumbuhan tanaman yang kuat dan kokoh serta tahan terhadap penyakit kresek atau Downy mildew. Budidaya buah garbis bisma sendiri bisa dilakukan pada dataran rendah dan ketika musim kemarau.

Melakukan budidaya buah blewah bisma bisa menjadi peluang usaha dengan hasil cepat dan menjanjikan bagi petani hortikultura. Buah blewah bisma berbentuk oval, kulit buah berwarna kuning muda dengan bercak hijau keabuan dengan daging buah berwarna orange. Rasa dari daging buah garbis bisma memiliki cita rasa manis dengan kadar gula mencapai kurang lebih 13%.

Peluang usaha budidaya blewah bisma jadi usaha yang menjanjikan ketika panen bertepatan dengan bulan puasa. Umur panen budidaya buah blewah bisma kurang lebih 50 hari setelah melalui fase pindah tanam. Buah blewah terbaru sangat cocok untuk menu es blewah untuk hidangan berbuka puasa.


Demikian artikel tentang Blewah, Buah Berbentuk Unik Menguntungkan Petani. Hubungi nomor HP 082141747141 ( Khusus telepon ) dan 08125222117 ( Khusus WA/SMS ). Toko Pertanian Online LMGA Agro sebagai supplier recommended usaha dropship, reseller, online shop, petani, dan toko pertanian.

Toko Pertanian Online LMGA Agro memberikan peluang usaha bisnis jual varietas benih unggul dan hibrida, pupuk, ZPT, pestisida dan alat pertanian. Terpercaya dan harga promo bersaing. Kami siap kirim hingga ke seluruh wilayah indonesia. Bersama jasa ekspedisi mitra kami yaitu JNE, TIKI, KI8, POS dan ekspedisi lainnya.

Semoga artikel tentang Buah Blewah ini bermanfaat bagi pembaca, baik pembaca di desa maupun di kota, baik berprofesi sebagai petani maupun bukan petani. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.