TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

04/03/21

Pupuk Cocok Untuk Kembang Kol Benih Larissa F1 Cap Panah Merah

pupuk cocok untuk kembang kol, bunga kol, benih larissa, panah merah, jual benih bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kembang Kol Larissa F1
Panah Merah

Pupuk Cocok Untuk Kembang Kol Benih Larissa F1 Cap Panah Merah. HP 082141747141 ( khusus telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ) . Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida kembang kol Larissa F1 Cap Panah Merah. Benih produksi East-West Seed. 

Toko pertanian LMGA Agro juga menyediakan pupuk cocok untuk kembang kol. Tersedia pula pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima konsultasi gratis permasalahan dalam bercocok tanam. Juga konsultasi pupuk cocok untuk kembang kol. 

Toko pertanian LMGA Agro jual benih hibrida dan unggul tanaman buah dan sayur. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerja sama sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Benih hibrida kembang kol Larissa cap Panah Merah produk East-West Seed. Kembang kol direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah. Tanaman memiliki ketahanan penyakit yaitu Stem Root ( busuk batang ) dan Downey Mildew ( bulai atau kresek ). 

Pupuk cocok untuk kembang kol penting saat menanam benih Larissa F1 Cap Panah Merah. Pupuk diberikan sebagai pupuk dasar dan pupuk susulan. Pupuk untuk kembang kol diberikan seimbang dan tepat dosisnya. 

Pupuk cocok untuk kembang kol dapat menghasilkan panen sekitar 24 - 28 ton/ha. Pemupukan penting dalam pemeliharaan kembang kol. Pupuk cocok untuk kembang kol Larissa F1 diberikan sebagai pupuk dasar dan susulan. 

Pupuk cocok untuk kembang kol berupa pupuk organik dan an-organik. Masing-masing pupuk ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Cara memberikan pupuk cocok untuk kembang kol dengan cara ditabur dan dikocor. 


Deskripsi benih F1 Kembang Kol Larissa 


Benih hibrida kembang kol Larissa cap Panah Merah cocok untuk dataran rendah. Tanaman tahan penyakit busuk batang ( Stem root ) dan penyakit bulai/kresek ( Downey Mildew ). Bobot kembang kol Larissa F1 per buahnya 800 - 1200 gram. 

Tanaman mempunyai potensi panen sekitar 24 - 28 ton/ha. Umur panen bervariasi setiap musim. Penanaman musim kemarau, panen umur 48 - 55 HST. Penanaman musim hujan, panen umur 55 - 60 HST. 

Kembang kol Larissa F1 tumbuh baik di dataran rendah. Diketahui bahwa tanaman kembang kol berasal dari daerah beriklim sub tropis. Yaitu dari daerah kawasan Mediterania lalu dikembangkan oleh ahli benih dari Amerika tahun 1866. 

Benih kembang kol ( Brassica oleraceae ) masuk ke Indonesia melalui pedagang dari India abad ke-19. Kembang kol senakin menyebar dan dikenal baik menjadi sayuran sehari-hari. Sayur kembang kol biasanya dijadikan makanan pelengkap diet. 

Kembang kol Larissa F1 dapat ditanam di lahan luas maupun di lahan sempit. Lahan sempit yaitu di pekarangan rumah dan ditanam dalam pot atau polybag. Cara menanam kembang kol mudah dan pupuk cocok utuk kembang kol mudah ditemukan. 

Lingkungan lahan sekitar rumah dapat dimanfaatkan menanam kembang kol sembari mengisi waktu luang berkegiatan di rumah. Pupuk cocok untuk kembang kol dapat diusahakan sendiri maupun membeli di toko pertanian. 

Sebelumnya, kembang kol mampu tumbuh baik di suhu minimal 18० C dan maksimum 24० C. Kelembaban optimal adalah 80 - 90%. 

Namun kini, telah banyak dibuat varietas kembang kol yang bisa ditanam di tempat bersuhu tinggi. Juga seperti kembang kol Larissa F1 dapat ditanam di dataran rendah hingga menengah. Agar tumbuh maksimal, pupuk cocok untuk kembang kol ditanam di tanah lempung. 

Kembang kol Larissa F1 dapat juga tumbuh di tanah berpasir atau liat. Tanah banyak mengandung bahan organik, gembur dan subur. Pupuk cocok untuk kembang kol dapat mengurangi kurangnya hara dalam tanah. 




Budidaya Kembang Kol Larissa F1


pupuk kembang kol, bunga kol larissa f1, pemupukan, jual benih bunga kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Kocor Untuk Siram Tanaman
Kembang kol atau bunga kol ( Brassica oleraceae ) jenis sayuran yang terkenal memiliki habitat tumbuh di dataran tinggi. Namun berkat teknologi benih tanaman maka budidaya kembang kol dapat dilakuan di dataran rendah.

Kembang kol Larissa F1 direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah. Bunga kol mirip dengan bentuk brokoli. Perbedaannya bunga kol memiliki banyak kepala bunga dan padat. Dan hanya bagian  bunganya saja bisa dimakan. Pangkal kepala bunga kol terdapat daun hijau tebal dan tersusun rapat. 

Kembang kol merupakan sumber vitamin dan mineral. Biasanya cara mengkonsumsinya dengan dimasak terlebih dahulu. Namun kembang kol bisa dimakan mentah untuk dijadikan acar. 

Tanaman kembang kol merupakan tanaman sayuran dari daerah sub-tropis. Kisaran suhu daerah sub-tropis untuk pertumbuhan bunga kol yaitu minimal 15,5० - 18० C dan maksimum 24० C. Kelembaban optimal antara 80 - 90%. 

Kembang kol Larissa F1 untuk ditanam di daran rendah dan tahan terhadap suhu tinggi. Dapat ditanam di dataran rendah 1 - 200 m dpl dan dataran sedang 200 - 700 m dpl. 

Di dataran rendah, bila suhu malam terlalu rendah menyebabkan pembentukan bunga sedikit terlambat. Selain itu juga menyebabkan periode panen lebih lama. 

Budidaya kembang kol menyukai tanah liat berpasir dibandingkan tanah berlumpur. Tanaman toleran tanah berpasir atau pasir. Keasaman tanah ideal adalah 5,5 - 6,5 dan drainase/irigasi yang baik. Tanah harus subur, gembur dan mengandung banyak bahan organik. 




Penanaman Kembang Kol Larissa F1


Mengawali mulai menanam bunga kol adalah membuat pembibitan dengan cara tebar pada media semai. Wadah menyemai benih bisa menggunakan tray semai, bedeng atau di polybag. Benih disemaikan dulu selama seminggu lalu dipindahkan ke polybag selama 2 minggu. Lalu pindah tanam ke lahan tetap. 

Baris menanam kembang kol Larissa F1 menggunakan sistem ganda yaitu 40 x 60 cm. Bedeng penanaman kembang kol menggunakan mulsa plastik hitam perak. Lahan tempat menanam dicangkul hingga gembur. Bedengan dibuat lebar 1 meter dan tinggi 20 cm. 

Persemaian benih kembang kol Larissa F1. Benih disemai dalam polybag berukuran 7 x 10 cm. Media semai campuran tanah halus dan pupuk kandang ( 2 : 1 ). Media semai sebaiknya disterilkan terlebih dahulu dengan mengukus media selama 30 - 60 menit. 

Selanjutnya setelah dikukus, siramkan larutan Formalin 40% ke media semai lalu tutup dengan plastik selama 24 jam lalu buka dan anginkan. Media siap untuk menyemai benih. 

Perawatan selama persemaian adalah penyiraman sebanyak 2 kali sehari. Setiap pagi dan sore, naungan tempat pembibitan dibuka. 

Pupuk cocok untuk kembang kol selama persemaian menggunakan Urea sebanyak 0,5 gram per liter. Lakukan penyiangan bila tampak ada gulma sekitar tanaman. Bila tampak hama penyakit, semprotkan pestisida dengan dosis setengah dari anjuran pada kemasan. 

Persiapan lahan kembang kol lakukan pengecekan pH tanah. Bila pH rendah berikan dosis Kapur Dolomit sebanyak 1 - 2 ton/ha. Pupuk cocok untuk kembang kol sebagai pupuk dasar yaitu menggunakan pupuk kandang diberikan sebanyak 1 - 2 ton/ha. 

Pupuk cocok untuk kembang kol diberikan saat pengolahan tanah yaitu tepatnya 1 minggu sebelum tanam. Pupuk cocok untuk kembang kol menggunakan pupuk dasar dari pupuk kandang 20 ton/ha, Dolomit 2 ton/ha, NPK 16-16-16 sebanyak 300 kg/ha. 

Pupuk cocok untuk kembang kol juga menggunakan pupuk TSP sebanyak 300 kg/ha dan KCl 250 kg/ha. 


Pemeliharaan Tanaman Kembang Kol


pupuk cocok untuk kembang kol, bunga kol larissa f1, benih panah merah, jual benih kembag kol, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK 16-16-16 Pak Tani
Penyulaman
kembang kol terhadap tanaman mati, sakit atau layu. Penyulaman tanaman dilakukan sampai umur tanaman 2 minggu setelah tanam. Saat menyulam tanaman, berikan pupuk cocok untuk kembang kol yaitu pupuk organik sebanyak segenggam tangan. 

Penyiangan yaitu membersihkan gulma sekitar tanaman. Penyiangan biasanya bersama-sama penyiraman, penggemburan dan pemupukan. Penyiangan bisa dilakukan setiap hari bersama Anda mengontrol tanaman.

Penyiraman dilakukan setiap hari pagi atau sore hari tergantung kondisi lapangan dan cuaca. Bila penanaman di musim kemarau, penyiraman dilakukan 1 - 2 kali sehari. Penyiraman penting terutama pada tahap awal pertumbuhan. 

Pemupukan susulan dilakukan bersama penyiangan dan penggemburan. Pupuk cocok untuk kembang kol dilakukan 3 kali. Yaitu umur 7 - 10 HST, 30 HST dan 35 HST. Pupuk cocok utuk kembang kol menggunakan pupuk kimia. 

Pupuk cocok untuk kembang kol dilakukan pertama yaitu umur 7 - 10 HST. Pupuk cocok untuk kembang kol sebagai pupuk susulan yaitu 150 kg/ha ZA, 75 kg/ha Urea, 150 kg/ha TSP dan 75 kg/ha KCl. 

Pupuk cocok untuk kembang kol diberikan cara ditabur sekitar tanaman dengan jarak 10 - 15 cm dari batang. Pupuk lalu ditutup tanah agar tidak mengalir saat kena air hujan atau air siraman.

Umur 30 HST pemberian pupuk cocok untuk kembang kol terdiri dari 150 kg/ha ZA, 75 kg/ha Urea, 75 kg/ha TSP dan 150 kg/ka KCl. Pupuk cocok untuk kembang kol diberikan dari jarak 20 cm. Pupuk lalu tutup dengan tanah. 


Pentingnya Pupuk Cocok Untuk Kembang Kol 


Pertumbuhan tanaman dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor darii benih itu sendiri, berkualitas dan tahan penyakit, hama dan lain-lain. Faktor eksternal yaitu lingkungan sekitar tanaman. 

Faktor limgkungan yang mempengaruhi pertumbuhan antara lain cuaca, tanah, pH, cahaya dan pemeliharaan. Cara budidaya yang baik dan benar diperlukan guna menunjang pertumbuhan dan hasil panen kembang kol. 

Nutrisi dari pupuk cocok untuk kembang kol harus tersedia cukup selama pertumbuhan kembang kol Larissa F1. Pupuk cocok untuk kembang kol mengandung unsur makro yaitu N, P dan K. Banyak pupuk cocok untuk kembang kol tersedia baik dalam bentuk pupuk tunggal atau pupuk majemuk. 

Pupuk cocok untuk kembang kol menggunakan jenis pupuk majemuk NPK berfungsi memacu pertumbuhan akar dan pertumbuhan bunga. Pupuk cocok untuk kembang kol dapat meningkatkan toleran terhadap hama dan penyakit. 

Sifat pupuk cocok untuk kembang kol mudah larut dalam air sehingga akar akan mudah menyerap pupuk. Unsur N dalam pupuk cocok untuk kembang kol memacu pembentukan klorofil dan pertumbuhan vegetatif tanaman. 

Pertumbuhan vegetatif meningkat menyebabkan tingginya tanaman, jumlah daun dan luas daun. Unsur P bagi tanaman kembang kol memacu pendewasaan tanaman, munculnya bunga dan perkembangan akar. 

Bila perkembangan akar semakin baik maka berpengaruh terhadap berat bunga kol, diameter bunga dan panjang akar. Peran unsur K dalam pupuk cocok untuk kembang kol yaitu dalam pembangunan dinding sel.  

Unsur K dapat meningkatkan ketahanan penyakit, meningkatkan kekuatan tangkai dan batang yang berpengaruh pada diameter batang. 




Pupuk ZA, Pupuk Cocok Untuk Kembang Kol 


Pupuk Urea dan ZA merupakan pupuk cocok untuk kembang kol dan dapat meningkatkan ketersediaan hara dalam tanah. Peran pupuk cocok untuk kembang kol meningkatkan pertumbuhan tanaman terutama tanaman sayur. 

Di dataran rendah, pupuk ZA tidak banyak tersedia karena mayoritas adalah petani padi sawah. Sehingga petani menambahkan pupuk Urea sebagai penyedia unsur N penanaman di dataran rendah. Pemberian pupuk Urea tanpa disertai pupuk ZA. 

Tanaman sayur juga termasuk kembang kol Larissa F1 membutuhkan tanah subur, gembur dan banyak kandungan bahan organiknya. Bahan organik diperoleh dari pupuk kandang sebagai pupuk cocok untuk kembang kol. 

Pupuk kandang pupuk cocok untuk kembang kol mengambil dari kotoran kambing, sapi, ayam dan bekas cacing ( kascing ). Kesemuanya merupakan sumber pupuk organik yang banyak mengandung unsur hara. 

Tadinya sedikit mengandung unsur hara, dengan pemberian pupuk kandang, unsur hara tersedia dalam tanah. Sehingga pertumbuhan dapat optimal dan hasil produksi meningkat. Sifat tanah juga semakin baik bagi tanaman. 

Pupuk cocok untuk kembang kol menggunakan pupuk kandang dari kotoran sapi mengandung unsur hara paling baik. Pupuk organik diperlukan dalam jumlah besar. Pupuk cocok untuk kembang kol menggunakan perpaduan Urea dan pupuk organik dapat menggantikan peran pupuk ZA. 




Umur Panen Kembang Kol Larissa F1


Umur panen kembang kol bisa dimulai umur 55 - 65 HST. Cara panen kembang kol yaitu memotong tangkai dari bunganya. pemotongan bersama batang daun sepanjang 25 cm. Umur panen dilakukan 2 - 3 hari sesudah penutupan bunga. 

Panen kembang kol, ukuran kepala bunga sudah benar-benar maksimal dan warna tidak berubah. Panen kembang kol dilakukan pagi hari agar diperoleh kembang kol segar dan masih ada sisa embun pagi. 

Panen kembang kol sore hari akan didapatkan kepala bunga kol kering karena terkena sinar matahari sepanjang siang hari. Pemetikan memotong kepala bunga beserta daunnya terutama daun penutup bunga. 

Setelah pemetikan, bawa kepala bunga kol ke tempat teduh untuk menghindari sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat mengakibatkan perubahan warna kembang kol menjadi kuning pucat hingga coklat kehitaman. 

Pupuk cocok untuk kembang kol membuat hasil panen bisa maksimal. Hasil panen sebaiknya segera dipasarkan karena bunga kol mudah rusak dan cepat menurun kesegarannya. Agar lebih tahan lama, bunga kol bisa dimasukkan dalam ruang pendingin. 

Suhu 0 derajat Celcius membuat kesegaran kembang kol bertahan hingga 30 hari. Suhu < 5 derajat Celcius, kesegaran tahan hingga kurang dari 12 hari.   

Demikian artikel Kami judul : Pupuk Cocok Untuk Kembang Kol Benih Larissa F1 Cap Panah Merah. Hubungi kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida kembang kol Larissa F1 Cap Panah merah. 

Kami siap menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Dan siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang pupuk cocok untuk kembang kol. Benih bunga kol Larissa F1 Cap Panah merah tumbuh baik didukung pupuk cocok selama pertumbuhannya. Salam sukses.... 



RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.