TOKO ONLINE PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. BELANJA SILAKAN HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/05/20

Jual Benih Mentimun Komandan F1 Terbaik Bintang Asia

mentimun komandan, timun, budidaya timun, jual benih timun hibrida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Mentimun Komanda F1
Jual Benih Mentimun Komandan F1 Terbaik Bintang Asia. HP 082141747141 ( khusus telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih mentimun berkualitas produk dari Bintang Asia. Yaitu benih mentimun Komandan F1 Hibrida.


Toko pertanian online LMGA Agro sedia segala kenutuhan bercocok tanam lengkap dan terbaik berkualitas. Mulai berbagai varietas benih hibrida tahan penyakit, pupuk, pestisida dan alat pertanian. Kami juga menerima layanan konsultasi gratis pertanian dan permasalahannya di lahan.

Toko pertanian online LMGA Agro berpengalaman sebagai distributor produk pertanian dan didukung oleh banyak perusahaan pertanian. Kami juga mengajak para dropship dan reseller menjalankan usaha online produk pertanian.

Jual benih mentimun Komandan F1 produk Bintang Asia. Buah tidak pahit dan tahan penyakit. Buah menyegarkan dan potensi panen tinggi. Umur panen 33 HST dan dapat dipanen berulang-ulang. Peluang usaha mentimun terus meningkat karena banyak disukai masyarakat. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama dibantu jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia atau masih banyak lagi. Barang dijamin sampai pada tujuan alamat Anda dan barang aman.

Mentimun atau orang biasa menyebut timun atau ketimun merupakan buah menyegarkan dan memiliki banyak manfaat. Mentimun Komandan F1, benih hibrida timun berkualitas tahan penyakit produk Bintang Asia.

Mentimun Komandan tahan virus dan dapat ditanam di dataran rendah sampai menengah. Buah mentimun Komandan menyegarkan dan tidak pahit. Cocok sebagai sajian lalapan bersama sayur kemangi, kubis dan selada. Selain menyegarkan, mentimun bisa digunakan sebagai minuman es.

Manfaat mentimun Komandan sangat tinggi sehingga permintaan buah ini cukup tinggi. Selain dikonsumsi rumah tangga, banyak warung makan dan depot membutuhkan mentimun untuk usaha kulinernya. Sehingga peluang usaha menanam mentimun menjanjikan dan menguntungkan.



Karakteristik Mentimun Komandan F1 Benih Bintang Asia


Mentimun atau timun Komandan F1 benih produk Bintang Asia yang tahan virus. Buah berwarna hijau gelap dan rasa buah tidak pahit. Mentimun Komandan berukuran 24 x 4.5 cm. 

Umur panen mentimun Komandan 33 HST dan memiliki potensi hasil 70 - 80 ton/ha. Direkomendasikan ditanam di dataran rendah sampai menengah. Kemasan benih berat 20 gram.  

Mentimun ( Cucumis sativus ) merupakan salah satu tanaman merambat. Mentimun masuk dalam keluarga labu-labuan ( Cucurbitaceae ). Dianjurkan menanam mentimun dimusim kemarau karena hasilnya lebih optimal. Disamping itu, tanaman timun membutuhkan pasokan sinar matahari penuh.  

Timun akan tumbuh baik dan maksimal bila tanahnya mengandung banyak unsur hara. Tekstur tanah ideal adalah jenis liat rendah dan pH tanah 6 - 7. 

Mentimun merupakan sayuran lalapan populer dan banyak dicari pencinta makanan lalapan. Mentimun juga sering dijadikan bentuk acar pendamping makanan berat.

Buah timun mengandung anti-oksidan tinggi dan bermanfaat banyak bagi kesehatan tubuh kita. Dapat mencegah dan mengobati beberapa kondisi penyakit. Juga baik untuk program diet karena timun rendah kalori dan serat larut.



Kandungan Gizi Mentimun Komandan F1


Mentimun Komandan serbaguna untuk masakan sehari-hari. rasa buah mentimun netral sehingga bisa dijadikan pelengkap masakan asin, asam, manis sampai pedas. Kuliner ikan berbau amis pun dapat dinetralisir menggunakan potongan buah mentimun. 

Kandungan gizi mentimun Komandan sangat rendah kalori dan banyak dipilih orang sebagai menu diet mereka. Mentimun Primadona cocok diolah sebagai minuman jus, salad, puding dan makanan manis lainnya. 

Mentimun Komandan sebagian besar mengandung 95% air dan air ini mengandung banyak vitamin dan mineral. Karenanya, secangkir jus mentimun diperkirakan sudah mampu memenuhi kebutuhan air tubuh kita. 

Mentimun Komandan mengandung zat Magnesium dan Potassium berfungsi sebagai pengontrol tekanan darah. Lengkapnya, timun mengandung 0,65% Protein, 0.1% Lemak dan 2.2% Karbohidrat. Mengandung pula Kalsium, Zat besi, Fosforus, Vitamin A, B1, B2 dan C. 

Biji timun mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti. Biji timun ini berkhasiat mengobati anak-anak dari gangguan cacingan. 





Manfaat Buah Mentimun Primadona


1. Sebagai Pengontrol Tekanan Darah

Mentimun tinggi kandungan Magnesium, Potassium dan serat yang bermanfaat menurunkan tekanan darah.

2. Mengatasi Bengkak Pada Mata


Manfaat mentimun ini paling banyak diketahui masyarakat yaitu untuk mengurangi bengkak pada mata. Mata bengkak ini banyak karena tidur larut malam, mata lelah dan lain-lain.


3. Baik Untuk Kesehatan Organ Ginjal


Kandungan nutrisi dalam timun ditambah kadar kalori yang rendah membantu merangsang ginjal bekerja dengan baik. Tugas Ginjal adalah seperti membuang sisa-sisa metabolisme dan deposit lemak tubuh kita.


4. Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi 


Mentimun membantu tubuh tetap terhidrasi karena 95.25% timun mengandung air. Berarti dalam 5 ons timun mengandung 4.8 ons air ( 150 ml ). Yaitu sekitar 26% asupan kebutuhan air harian tercukupi hanya dengan konsumsi timun.


5. Baik Untuk Kesehatan Tulang


Mentimun juga mengandung vitamin K dimana fungsinya untuk kesehatan tulang. Asupan vitamin K pada tubuh yang rendah dikaitkan dengan rentan risiko patah tulang. Vitamin K meningkatkan penyerapan kalsium untuk tulang.


6. Mencegah Sembelit


Kandungan air dan kulit timun mengandung serat tidak larut membuat tubuh terhindar dari gangguan susah buang air besar ( sembelit ). Air dan serat membantu zat makanan tercerna dengan baik dalam tubuh. Makanan juga lebih mudah tercerna tubuh sehingga mencegah terjadinya sembelit.


7. Mencegah Penyakit Kanker


Kandungan antioksidan yaitu lignan dan cucurbitacin mentimun, mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Mentimun mempunyai flavonoid fisetin yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.



8. Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil


Asam Folat juga ada pada mentimun bersama kandungan vitamin B dan C memelihara janin tetap sehat. Kolagen dalam timun membantu mengurangi selulit perut ibu hamil.





9. Baik Untuk Perawatan Kulit



Kandungan Vitamin B dalam timun baik untuk kesehatan kulit. Potongan buah mentimun dimanfaatkan sebagai masker wajah berjerawat. Mentimun bersifat diuretik yaitu memicu produksi air seni. Sehingga dapat mendorong bakteri, racun dan zat-zat hasil metabolisme keluar berupa air seni.




Peluang Usaha Budidaya Mentimun Komandan 


mentimun komandan, timun, jual benih mentimun hibrida, budidaya timun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha Mentimun
Semua orang pasti mengenal mentimun ( Cucumis sativus ). Mentimun biasanya banyak dikonsumsi sebagai lalapan maupun sayur. Mentimun merupakan sayuran murah meriah dan mudah didapat sepanjang musim. 

Mentimun Komandan F1 adalah masuk keluarga Cucurbitaceae atau labu-labuan, satu famili dengan semangka dan melon. Mentimun tumbuh merambat, memiliki kandungan air tinggi dan rasa buah tawar/netral. 

Rasanya netral ini berkhasiat untuk kesehatan tubuh, yaitu menambah cairan tubuh, menyehatkan pencernaan dan khasiat lainnya. Mentimun juga berkhasiat untuk kecantikan wajah dan kesehatan kulit. 

Begitu banyaknya manfaat mentimun, tak heran bila permintaan di pasaran terus meningkat. Mentimun salah satu jenis tanaman sayur dengan banyak kegunaan. Mentimun memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. 

Mentimun Komandan, benih hibrida produk Bintang Asia memiliki prospek besar untuk dibudidayakan. Beberapa negara juga potensial dijadikan sasaran ekspor, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang bahkan sampai negara Eropa. 

Permintaan timun di pasaran semakin meningkat. Hal ini karena semakin banyaknya pengusaha rumah makan dan membutuhkan mentimun sebagai bahan kulinernya. Kondisi ini pertanda baik bagi petani untuk menjadikan mentimun sebagai peluang usaha menjanjikan dan menguntungkan. 

Semakin meningkatnya permintaan timun maka petani senang karena kemungkinan hasil panen akan laku di pasaran. Meningkatnya permintaan pasar maka akan meningkatkan potensi pasar dan harga yang baik untuk produksi mentimun. 

Teknik budidaya mentimun Komandan relatif mudah. Tekniknya sederhana dan tidak memerlukan banyak penanganan. Biaya perawatan dan pemeliharaan tanaman juga tidak terlalu besar. 

Mentimun Komandan salah satu lalapan wajib dalam setiap masakan. Sehingga menjadikan timun salah satu kebutuhan pokok dan dibutuhkan setiap hari. Karenanya, peluang usaha menanam Timun Komandan menjanjikan untuk masa depan. 





Tahapan Budidaya Mentimun Komandan F1


Persiapan Lahan 

mentimun komandan, timun, budidaya mentimun, jual benih mentimun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak
Persiapan lahan adalah pertama yang sebaiknya dilakukan dalam budidaya mentimun Komandan. Kegiatannya antara lain membersihkan gulma atau rumput-rumput liar. Tanah digemburkan dengan cara dicangkul atau dibajak. 

Buat bedengan lebar 100 cm, tinggi 20 - 30 cm dan panjangnya disesuaikan kondisi lahan. Antar bedengan dibuat jarak 50 - 60 cm. Setelah itu, pada bedengan ditaburkan pupuk dasarnya. Menggunakan pupuk kandang sebanyak 10 - 15 sak untuk luasan 400 m2. 

Selain menggunakan pupuk kandang, tambahkan pupuk kimia menggunakan pupuk tunggal TSP, ZA dan KCl ( 2 : 1 : 1 ). Pupuk aduk rata dengan tanah lalu tutup tanah bagian atasnya agar tidak menguap. Biarkan 10 - 15 hari kemudian bedengan ditutup mulsa. 

Bila bedengan telah ditutup mulsa plastik hitam perak, selanjutnya dibuat lubang tanam. Diameter lubang tanam sekitar 10 cm dan jarak tanam ideal 50 x 50 cm atau 50 x 60 cm ( musim kemarau ). Jarak tanam 60 x 70 cm atau 70 x 70 cm ( musim hujan ). 


Penanaman Benih Mentimun Komandan F1

Benih mentimun Komandan produk Bintang Asia merupakan benih tahan penyakit dan berkualitas. Benih ditanam dengan langsung ditanam pada lubang tanam. Membuat lubang tanam dengan menggunakan alat pelubang mulsa. Alat tersedia di Toko Pertanian Online LMGA Agro. 

Sebaiknya benih mentimun Komandan direndam dulu dalam air hangat selama 15 menit. Karena nanti kita akan mengetahui, mana benih yang bagus lalu dapat kita tanam. Benih yang mengapung adalah benih yang jelek. Benih mengapung peluangnya kecil untuk tumbuh sehingga tidak perlu ditanam.

Lubang tanam sedalam 5 - 7 cm lalu diisi 1 - 2 benih mentimun Komandan F1. Tutup lubang dengan tanah dan pupuk kandang lalu rapikan dan jangan terlalu padat. Benih akan tumbuh berkecambah setelah umur 3 - 4 hari.  




Pemasangan Lanjaran


Pemasangan lanjaran penting pada budidaya mentimun karena tanaman ini tipe merambat. Sehingga bila dipasang lanjaran, tanaman akan merambat ke lanjaran. Pemasangan lanjaran segera setelah dilakukan penanaman.

Lanjaran terbuat dari bambu atau kayu lalu diikat satu sama lain menggunakan tali rafia. Setiap tanaman dipasang satu buah lanjaran. Lanjaran ditancapkan dengan tujuan agar tanaman tidak tumbuh kemana-mana. 

Adanya lanjaran artinya buah akan menggantung dan tidak tergeletak pada permukaan bedengan atau di atas mulsa plastik. Bila tergeletak di mulsa, mentimun bisa membusuk atau rusak. 

Lakukan penyiraman setelah berumur 4 hari, yaitu ketika tanaman berkecambah. Pemberian air dilakukan dengan hati-hati, gunakan ukuran air yang lembut. Penyiraman dilakukan sekali sehari dan diberikan secukupnya, jangan terlalu basah. 

Penyiangan dilakukan bila tampak ada rumput-rumput atau gulma disekitar tanaman. Adanya gulma menyebabkan persaingan menyerap nutrisi. Seharusnya nutrisi dalam tanah adalah untuk pertumbuhan mentimun Komandan. 



Cara Pemupukan Mentimun Komandan F1


mentimun komandan, timun, budidaya mentimun, jual benih mentimun, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk Berkualitas
Pemupukan susulan diberikan sebanyak 3 kali. Pemberian pupuk dalam bentuk larutan dan cara ditaburkan. Bila musim kemarau, pupuk efektifnya diberikan dalam bentuk larutan. Sedang cara tabur lebih baik bila musim hujan. 

Pupuk susulan pertama, mulai umur 7 - 10 HST. Yaitu menggunakan pupuk NPK sebanyak 10 gram per tanaman. Diberikan dengan jarak 10 cm disamping lubang tanam. 

Pupuk susulan kedua, umur 20 - 25 HST, pupuk NPK 20 gram/tanaman. Pupuk diberikan disamping tanaman. Lubang pupuk dibuat menggunakan alat pelubang mulsa dan dapat dibeli di Toko Pertanian LMGA Agro. 

Pupuk susulan ketiga pada umur 35 - 40 HST. NPK 20 g/tanaman dan diberikan dengan jarak 20 cm. Selain pemberian NPK, bila perlu tambahkan pupuk lain untuk mempercepat pertumbuhan. Penambahan pupuk tersebut adalah MultiNP, Multi KP dan KNO3. Pemberian sesuai dosisnya. 





Pengendalian Hama dan Penyakit Mentimun


Pengendalian hama dan penyakit mutlak dilakukan bila tampak ada serangan. Tujuannya pasti agar hasil panen bisa optimal dan kita mendapat keuntungan. Apabila keliru dalam penanganan pengendalian ini bisa berakibat pada kualitas dan kuantitas panen. Bahkan sampai gagal panen. 

Penyemprotan untuk mengendalikan hama dan penyakit mentimun disarankan : 

- Bila banyak serangan, penyemprotan 2 - 4 kali seminggu.
- Bila kondisi normal, penyemprotan 1 - 2 kali seminggu. 

Tanaman mentimun juga sering mendapatkan serangan hama dan penyakit. Pentingnya menjaga kebersihan kebun, pengolahan tanah yang baik dan benar serta pemeliharaan tanaman. Beberapa hama dan penyakit yang sering menyerang kebun mentimun adalah kepik hijau, karat daun, bercak daun dan hama pengerat. 

Hama-hama tersebut dikendalikan menggunakan pestisida hayati atau diberantas secara manual. Yaitu dengan mematikan langsung saat dilihat ada hama pada daun atau bagain tanaman yang lain. 

Ulat dan belalang sering memakan daun mentimun hingga daun menjadi berlubang dan rusak. Dan ini pasti mengganggu proses fotosintesis tanaman. Akibatnya pertumbuhan tanaman menjadi terganggu sampai membuat tanaman mati.  

Anda bisa memilih jenis obat atau pestisida untuk mengendalikan serangan hama. Toko pertanian Online LMGA Agro menerima konsultasi gratis tanaman. Juga mengenai cara pengendalian yang tepat dan jenis pestisida yang sesuai. Termasuk dosis dan cara pengendaliannya. 


Hama Tanaman Mentimun


Kutu Daun merusak daun mentimun hingga daun menjadi keriting dan menggulung. Selanjutnya adalah pertumbuhan tanaman menjadi terganggu karena fotosintesis pada daun terganggu.

Ulat Grayak menyerang daun dan buah mentimun masih muda. Stadium larva membahayan bagi tanaman.

Ulat Tanah merusak bibit di persemaian atau merusak bibit yang baru dipindah tanam. Tanda serangan yaitu memotong bagian bawah tanaman. 

Penggerek daun merusak daun dengan cara menggorok dan meninggalkan bekas gorokan pada daun. Tampak gigitan hama dengan alur tak teratur. Akibatnya proses fotosintesis terganggu dan pertumbuhan menjadi lambat hingga tanaman menjadi mati.  

Tungau/Mite/cabuk merah menyebabkan daun tanaman mengeriting, menguning dan akhirnya daun kering. 

Kumbang Daun memakan daun bagian atas dan bawah. Daun tampak bekas h=gigitan berupa lubang-lubangpada daun. 




Penyakit Tanaman Mentimun


Dumping Off ( Rebah semai ) disebabkan oleh jamur Phytium sp. Gejala serangan tampak bercak coklat melingkar di pangkal batang. Cara pencegahan yaitu penyemprotan fungisida pada bibit di persemaian. Atau pada bibit sebelum dipindah tanam.

Layu Fusarium yatu tanaman tampak layu mulai dari bagian bawah tanaman, daunnya dan batang. Bagian tanaman tersebut akan layu, lalu mengering dan mati. Pengendalian dengan cara kocor fungisida yang sesuai dan dosis pada kemasan. 

Layu Bakteri menyebabkan tanaman layu mendadak dan mati. Pengendalian menggunakan bakterisida dan disemprotkan ke lubang tanam. 

Downey Mildew/Embun Bulu serangannya menimbulkan bercak daun kuning berwarna coklat. Bagian bawah daun terdapat spora penyakit. Pengendalian menggunakan fungisida. 

Powdery Mildew/Embun Tepung meninggalkan adanay bercak putih di bawah daun lalu berkembang keatas permukaan daun. Daun seperti terlapisi tepung putih. Pengendalian dan pencegahan menggunakan fungisida. 

Gummy Stem Blight penyakit yang muncul saat lingkungan panas namun lembab. Biasanya menyerang pada batang ruas bawah. Tandanya adalah muncul bercak berwarna coklat ( gummy ) pada batang. Pencegahan : untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan memakai benih tahan penyakit. Oleskan fungisida pada batang yang busuk. 



Panen Mentimun Komandan F1


Mentimun Komandan F1 panen setelah umur 33 HST. Produksi panen sebesar 70 - 80 ton/ha. Panen mentimun dilakukan tergantung pertubuhan timun kita. Mentimun Komandan dipanen saat sudah mulai besar dan sebelum menjadi tua. 

Tanda-tanda timun sudah tua adalah timun telah berubah warna menjadi agak kekuningan.  Panen pertama mentimun Komandan pada umur 33 HST dan biasanya dilakukan bertahap selama 1 - 1.5 bulan. 

Panen mentimun Komandan bisa dilakukan setiap hari dan bisa dipetik 1 - 2 buah per tanaman setiap harinya. Mentimun yang sudah dipetik lalu diletakkan pada tempat yang sejuk. Karena buah mentimun ini sangat mudah kehilangan air. 

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Mentimun Komandan F1 Terbaik Bintang Asia. Hubungi nomer Kami 082141747141 ( telfon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian Online LMGA Agro jual segala kebutuhan bertani dan berkebun. Mulai dari benih hibrida, pupuk, pestisida dan alat pertanian.

Toko pertanian online LMGA Agro menerima konsultasi gratis tentang pertanian. Kami juga mengajak dropshipper dan reseller dalam usaha online produk pertanian. Kami berpengalaman sebagai supplier barang pertanian bertahun-tahun. Banyak dipercaya perusahaan produk benih, pestisida dan lain-lainnya. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia dengan aman dan sampai tujuan. Bekerja sama dengan jasa ekspedisi JNE, KI8, Pos Indonesia dan lain-lain. 

Semoga artikel kami bisa menambah ilmu dan pengetahuan terutama tentang mentimun Komandan F1 dari Bintang Asia. Peluang usaha budidaya mentimun juga menjanjikan untuk masa depan. Selamat mencoba menanam mentimun Komandan F1 dan salam sukses... 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.