TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

06/04/21

Obat Patek Cabe Paling Ampuh Fungisida Copcide 77 WP PT Tanindo

obat patek cabe, nama obat patek, fungisida membasmi patek, copcide 77 wp, cap kapal terbang, tembaga hidroksida, jual pestisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Obat Patek Cabe
Paling Ampuh
Obat Patek Cabe Paling Ampuh Fungisida Copcide 77 WP PT Tanindo. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual fungisida Copcide 77 WP produk PT Tanindo dengan merk dagang cap Kapal Terbang. Fungisida untuk obat patek cabe paling ampuh. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis juga tentang obat patek cabe paling ampuh. 

Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak kerjasama sebagai dropship dan reseller Toko pertanian LMGA Agro.

Obat patek cabe paling ampuh berguna bagi Petani karena serangan penyakit patek merugikan bagi tanaman budidaya cabe. Paling penting obat patek cabe paling ampuh adalah pencegahan itu sendiri. Karena melihat parahnya akibat serangan patek bila sudah menyerang tanaman. 

Fungisida Copcide 77 WP cap Kapal Terbang dari PT Tanindo obat patek cabe paling ampuh. Aplikasi sejak dini untuk mencegah penyakit patek pada tanaman cabe. Penyakit sangat ganas karena mampu menggagalkan panen.

Fungisida Copcide 77 WP produk baru fungisida untuk membasmi patek. Copcide 77 WP produk PT Tanindo dan berkualitas dari Cap Kapal Terbang. Berbentuk powder sehingga mudah dipalikasikan ke tanaman. 

Fungisida berbahan aktif tembaga hidroksida dan terbukti efektif mengendalikan serangan jamur dan bakteri pada tanaman. Copcide 77 WP nama obat patek cabe yang mampu berfungsi ganda sebagai fungisida patek sekaligus bakterisdia. 


Apa Itu Patek


Patek menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah penyakit kulit disebabkan oleh spora. Pada tanaman cabe, serangan patek sangat dikenal Petani cabe. Penyakit patek tanaman cabai menyerang buah hingga busuk sehingga disebut penyakit busuk buah atau Antraknosa. 

Apa itu patek pada tanaman cabai mengakibatkan kerugian sangat besar. Bahkan penyakit patek atau antraknosa ini menimbulkan kegagalan panen karena membuat buah cabai rusak parah dan tidak dapat dikonsumsi. Sehingga tidak layak jual ke pasaran. 

Pengendalian serangan penyakit patek menjadi kegiatan penting Petani cabai mengendalikan Organisme Pengganggu Tanaman ( OPT ). Kegiatan tersebut dilakukan dengan sistem terpadu untuk menurunkan populasi OPT atau intensitas serangan hingga tidak merugikan secara ekonomis dan aman bagi lingkungan. 

Apa itu Patek pada tanaman cabai disebabkan oleh penyakit dimana menyukai kelembaban udara tinggi ( 95% ) dan suhu udara renda ( < 32 derajat Celcius ). Jamur penyebab penyakit patek juga menyerang biji buah cabai dan dapat bertahan hingga 9 bulan. 

Penyakit Patek meninggalkan tanda-tanda berupa bercak coklat kehitaman di permukaan buah cabai. Bercak kemudian berkembang menjadi busuk lunak pada buah. Bagian tengah bercak terdapat kumpulan-kumpulan titik-titik hitam yang merupakan koloni cendawan. 

Bagian tengah buah tampak bercak kumpulan titik hitam yaitu merupakan kelompok seta dan konidium. Penyebabnya adalah infeksi cendawan Gloesporium sp. berupa bercak coklat dan ada bintik berlekuk. 

Bagian tepi bintik berwarna kuning membesar dan memanjang. Jika kelembaban tinggi, cendawan akan membentuk lingkaran yang memusat berwarna merah. Serangan berat menyebabkan seluruh buah keriput dan mengering. Warna kulit buah seperti jerami padi. Kondisi lembab dan cuaca panas dapat mempercepat perkembangan penyakit ini. 




Penyakit Patek Cabe dan Obat Patek Cabe Paling Ampuh


obat patek cabe, fungisida copcide 77 wp, cap kapal terbang, pt tanindo, nama obat patek, jual pestisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Hibrida Tahan Penyakit

Penyakit Patek atau disebut antraknosa masih menakutkan bagi petani cabai karena akibatnya yang bisa menyebabkan gagal panen. Buah cabe siap panen membusuk hingga menurunkan produksi panen. Penyakit patek salah satu penyakit penting cabai. 

Kehilangan hasil produksi cabai petani diperkirakan mulai 20 - 90% terutama di musim hujan. Penyebab antraknosa busuk buah cabai adalah cendawan Colletotrichum capsici. Serangan cendawan ke semua fase tanaman cabai mulai saat muda hingga memasuki fase masak buah. 

Obat patek cabe paling ampuh sebaiknya menggunakan obat patek cabe ramah lingkungan.  Yaitu menerapkan budidaya cabe ramah lingkungan. Pestisida sebagai obat patek cabe paling ampuh diberikan sesuai anjuran. Sehingga bisa residu obat patek cabe paling ampuh tidak membahayakan lingkungan dan tidak menyebabkan keracunan pada tanaman dan lingkungan. 

Cara menanam cabe selalu menghadapi tantangan bagi setiap petani. Budidaya cabe di musim kemarau biasanya terjadi ledakan hama. Dan di musim hujan terjadi ledakan penyakit terutama akibat serangan jamur/cendawan. 

Di musim hujan, kondisi lingkungan lembab dan basah menjadi tempat nyaman bagi perkembangan patogen penyebab penyakit patek. Meski di musim kemarau, serangan cendawan menghantui pada budidaya cabai. 

Serangan pada buah cabai yang hampir siap panen. Bila terlambat dalam mengendalikan serangan cendawan, buah akan membusuk dan mengering. Terutama di musim hujan, dampak antraknosa bisa mencapai 80 - 100%.  

Penanaman cabai di musim kemarau, cendawan menyerang saat kondisi memungkinkan yaitu saat fenomena kemarau basah atau badai la nina. Antraknosa menyerang hampir semua bagian tanaman, mulai ranting, cabang, daun dan buah. Fase serangan sejak fase perkecambahan, vegetatif hingga generatif atau pembuahan. 

Cendawan menginfeksi dinding sel tanaman pada fase perkecambahan sehingga benih cabe gagal berkecambah. Serangan saat fase generatif, buah masak menjadi busuk dan mengering. Selain cabe, tanaman inang cendawan C. capsici ada pada tanaman tomat, paprika, semangka, melon, timun, bawang merah, buncis dan mangga. 


Antraknosa dan Pengendalian Sebagai Obat Patek Cabe Paling Ampuh


Antraknosa cabe menyerang buah menimbulkan gejala antara lain tanda bercak melingkar. Bercak cekung berwarna coklat pada pusatnya. Bercak berwarna coklat muda di sekelilingnya yang berbentuk lingkaran. 

Bercak akan terus berkembang bila kondisi mendukung dan meluas hingga buah membusuk, kering dan jatuh. Cendawan Colletrothicum capsici dibantu air dan angin. Sehingga cendawan cepat menyebar ke bagian buah lainnya yang sehat dan belum terinfeksi. 

Obat patek cabe paling ampuh yaitu melakukan pencegahan sebelum ada serangan patek atau antraknosa. Pertama, benih direndam dalam air panas ( 55 derajat Celcius ) selama 30 menit. Juga bisa direndam dalam fungisida golongan Triazole dan Pyrimidian ( dosis 0,05 - 0,1% ). 

Rutin membersihkan lahan atau sanitasi dengan membersihkan rumput/gulma di sekeliling tanaman. Terutama gulma di dekat tanaman cabe yang terserang antraknosa. Buah cabai busuk harus diambil lalu dimusnahkan. 

Obat patek cabe paling ampuh dengan menanam benih bebas patogen dan tahan penyakit. Lahan tempat menanam benih tahan peyakit juga tidak terkontaminasi patogen penyakit patek. Lahan bersih bebas gulma baik di pembibitan maupun di lahan kebun. 

Obat patek cabe paling ampuh dengan melakukan pergiliran tanaman bukan tanaman inang dari cendawan penyebab penyakit patek, Perbaiki aerasi tanah agar tidak terjadi genangan air dan kelembaban berlebihan. Tinggi bedengan saat musim hujan dibuat ukuran 40 - 50 cm. 

Pemupukan tepat dan berimbang dapat memperkuat pertahanan tanaman cabai dari serangan penyakit. Pemupukan tepat berimbang mulai dari jenis, takaran dan fase pertumbuhan tanaman. Terlalu banyak memberikan pupuk Nitrogen menyebabkan tanaman cabe rawan penyakit patek.  




Pemeliharaan Tanaman Cabe Obat Patek Cabe Paling Ampuh


obat patek cabe, fungisida membasmi patek, copcide 77 wp, cap kapal terbang, pt tanindo, jual pestisida, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Cabe F1
Toko Pertanian LMGA Agro

Tanaman dengan kebutuhan haranya seimbang ( N, P, K ) akan lebih tahan serangan cendawan. Tambahan pupuk mengandung Kalsium ( Ca ) tinggi dapat membantu obat patek cabe paling ampuh. Karena Kalsium unsur utama penyusun dinding sel tanaman. 

Kalsium membuat dinding sel lebih kuat dan susah ditembus cendawan. Pemberian pupuk Kalsium yaitu saat pengolahan tanah menanam cabe. Yaitu pemberian kapur pertanian Dolomit untuk meningkatkan pH tanah yang rendah. Dolomit ditaburkan di permukaan tanah lalu dibiarkan 1 minggu. 

Obat patek cabe paling ampuh yaitu membersihkan kebun dari gulma. Gulma biasanya banyak tumbuh di bawah tajuk tanaman. Gulma juga tumbuh di alur-alur drainase untuk bedengan menggunakan mulsa plastik hitam perak. 

Gulma terlalu banyak dapat menghambat mengalirnya air. Kelembaban juga tinggi bila gulma tumbuh subur. Sehingga berpotensi menjadi tempat yang nyaman untuk berkembangnya jamur. 

Kegiatan perempelan menjadi obat patek cabe paling ampuh selanjutnya. Karena perempelan mengurangi kelembaban lahan dan tanaman tidak terlalu rimbun. Pemangkasan tanaman cabe mencegah tanaman mudah patah saat hujan atau angin. Pemangkasan merangsang banyak muncul buah cabe. 

Meski tanaman tidak menunujukkan gejala serangan patek, namun usaha pencegahan seperti pemupukan, sanitasi lahan dan pemangkasan tetap dilakukan. Segera lakukan penyelamatan buah cabe yang sehat dan menyemprotkan fungisida untuk membasmi patek yang tepat. 

Segera petik buah cabe sakit untuk mencegah penularan meski intensitas serangan belum parah. Cabe busuk hasil petikan segera dibakar atau dibuang. Jangan dibuang di saluran irigasi karena dapat memperluas serangan patek. 


Penyemprotan Fungisida Untuk Membasmi Patek 


Obat patek cabe paling ampuh fungisida Copcide 77 WP disemprotkan ke tanaman tidak hanya sekali. Karena penyakit patek tidak bisa hilang hanya sekali semprot fungisida. Sesudah dilakukan penyemprotan Copcide 77 WP pertama, esoknya buah cabe terkena patek tetap harus dipetik. 

Kemudian lakukan penyemprotan ulang obat patek cabe paling ampuh selang waktu 3 - 4 hari dari penyemprotan pertama. Untuk mengurangi residu pestisda terlalu banyak pada tanaman maka obat patek cabe paling ampuh adalah pencegahan.

Pencegahan menjadi obat patek cabe paling ampuh agar mendapatkam panen berkualitas tanpa khawatir bahaya residu dari fungisida.   

Nama obat patek cabe Copcide 77 WP fungisida baru Cap Kapal Terbang. Fungisida berbahan aktif Tembaga Hidroksida ( Cu(OH)2 ) dipercaya terbukti efektif mengendalikan serangan jamur dan bakteri tanaman. 

Obat patek cabe paling ampuh Copcide 77 WP adalah fungisda tembaga hidroksida ( copper hydroxide ). Keunggulan obat patek Copcide 77 WP mampu berfungsi ganda yaitu sebagai pengendali jamur ( fungisida dan pengendali bakteri ( bakterisida ). Copcide 77 WP bahan aktif tembaga hidroksida 77%.

Ukuran partikel Copcide 77 WP cap Kapal Terbang lebih kecil dan bentuk adalah tepung ( wettable powder/WP ). Sehingga luas permukaan partikel lebih besar dan dapat menambah keefektifan bahan aktif sebagai obat patek cabe. 


Baca Juga : Cara Menanam Cabe Bhaskara F1 Hasil Panen 15 Ton


Cara Kerja Obat Patek Cabe Paling Ampuh Copcide 77 WP


obat patek cabe, fungisida copcide 77 wp, cap kapal terbang, pt tanindo, jual pestisida, toko pertanian, toko online,lmga agro
Fungisida Copcide 77 WP
Cara kerja obat patek cabe paling ampuh dengan bahan aktif tembaga hidroksida. Ketika dilarutkan dalam air, kristal dari fungisida Copcide 77 WP memecah perlahan. Lalu melepaskan ion tembaga bebas ( Cu 2+ ) dalam bentuk bioaktif. 

Partikel bahan aktif akan melapisi permukaan daun dan bertindak sebagai sumber ion yang terus melepaskan ion Cu2+. Partikel bahan aktif sekaligus berperan sebagai perisai pelindung tanaman dari infeksi jamur. 

Ion Cu2+ mampu merubah bentuk sekaligus merusak molekul protein sasaran. Cara kerja ion Cu2+ merusak fungsi enzim dan sistem transportasi energi. Juga merusak integritas sel dan membran sel dari cendawan. 

Sebagai pengendali bakteri ( bakterisida ), Copcide 77 WP dapat mencegah pembelahan sel proses reproduksi bakteri. Artinya bakteri tidak bisa berkembang biak dan memperbanyak diri. 

Nama obat patek Copcide 77 WP memiliki sifat broad spectrum yaitu spektrum pengendaliannya luas. Fungisida dapat mengendalikan segala jenis jamur dan bakteri sekaligus. Copcide 77 WP fungisida protektifberbentuk tepung yang dapat disuspensikan.

Berbahan aktif tembaga hidroksida, Copcide 77 WP mampu juga mengendalikan penyakit embun bulu ( downy mildew ), bercak daun Cercospora dan antraknosa pada cabe, tomat, semangka dan anggur. Mampu pula mengendalikan hawar daun/busuk daun padi dan kentang. 

Fungisida berbagan aktif tembaga hidroksida bekerja secara kontak dan mampu mengendalikan banyak jamur di kelas berbeda-beda. Cara kerja fungisida kontak bekerja di permukaan tanaman dan termasuk kategori fungisida risiko rendah resistensinya. 

Fungisida sistemik berbeda lagi, yaitu bekerja pada titik tertentu pada jalur biosintesis dalam tubuh patogen yaitu jamur. Pemakaian terus menerus fungisida dapat menimbulkan resistensi. Potensi resisten fungisida sistemik lebih tinggi dari fungisida kontak. Namun dampak negatif terhadap lingkungan fungisida sistemik rendah. 


Pengendalian Patek Dengan Fungisida Copcide 77 WP


Obat patek cabe paling ampuh fungisida Copcide 77 WP dengan bahan aktif tembaga hidroksida biasanya diformulasi bentuk WP dan WG. Isi kandungan bahan aktif fungisida cukup tinggi yaitu 77% atau 80%. 

Copcide 77 WP cap Kapal Terbang fungisida bersifat kontak dan digunakan sebagai pelindung. Obat patek cabe paling ampuh bersifat protektif sekaligus pengendali patogen jamur. Waktu aplikasi penyemprotan Copcide 77 WP umumnya setelah tanaman cabe umur 3 minggu sampai 1 bulan selah tanam. 

Perkembangan penyakit patek biasanya banyak didukung cuaca. Selain menyemprotkan obat patek cabe paling ampuh, menjaga kebersihan lahan dari gulma juga sangat penting. Pemberian pupuk berimbang sebagai obat patek cabe paling ampuh seperti pupuk N tidak berlebihan.  

Penyemprotan fungisida membasmi patek cabe secara rutin 3 - 4 hari sekali sejak tanaman masih muda hingga panen. Minggu pertama hingga ke-4 dilakukan penyemprotan fungisida jenis sistemik.  Karena tanaman masih muda dan rentan terserang penyakit. 

Sehingga perlu fungisida yang cara kerjanya cepat dalam mengendalikan penyakit. Fungisida sistemik dapat Anda beli di Toko pertanian online LMGA Agro diantaranya Acrobat dan lain-lain. 

Umur tanaman minggu ke-4 keatas menggunakan jenis fungisida kotak. Jika sampai minggu ke-4, masih terjadi serangan penyakit maka lakukan penyemprotan. Yaitu penyemprotan fungisida sistemik lagi. 

Bila diperhatikan, serangan sudah berkurang  maka semprotkan Copcide 77 WP yaitu fungisida kontak. Atau bisa digunakan bergantian antara fungisida sistemik dan fungisida kontak. 

Agar aman hingga panen, saat tanaman sudah berbuah, berikan fungisida membasmi patek cabe. Yaitu mencampur Copcide 77 WP fungisida kontak denga fungisida sistemik hingga panen. 



Fungisida yang Bagus Untuk Cabe


Musim hujan tiba menyebabkan hujan sepanjang hari. Kondisi lembab basah membuat jamur cepat berkembang. Hal yang sama juga pada jamur tanaman cabai, tomat dan tanaman sayuran lain. Antara lain jamur Colletotrichum ( patek antraknosa), jamur Phytopthora ( busuk daun ) dan jamur fusarium ( layu ) adalah nama penyakit disebabkan jamur. 

Pencegahan sebagai obat patek paling ampuh yaitu sering mengamati kondisi tanaman di lapangan. Pengamatan juga untuk mengidentifikasi gejala yang ditimbulkan akibat serangan penyakit. Namun seringkali upaya dini seperti kontrol tanaman dan menganalisa tetap tidak efektif hingga tanaman menjadi rusak/sakit. 

Obat patek cabe paling ampuh melakukan pencegahan sebagai langkah awal. Pertama, identifikasi potensi penyakit. Umur tanaman muda yaitu umur 1 minggu hingga 1 bulan melakukan penyemprotan fungisisda sistemik. Setelah umur 1 bulan, lakukan aplikasi fungisida ganda bila serangan penyakit masih ada. 

Interval aplikasi fungisida sesuai kondisi cuaca. Bila musim hujan, penyemprotan fungisida tiap 2 - 3 hari. Sedangkan musim kemarau tiap 5 - 7 hari sekali. Copcide 77 WP sebagai fungisida bersifat ganda dapat diberikan sejak dini yaitu sekitar 1 minggu. Karena mengingat variasi serangan cendawan pada tanaman cabe dapat muncul kapan saja.

Demikian artikel Kami : Obat Patek Cabe Paling Ampuh Fungisida Copcide 77 WP PT Tanindo. Hubungi nomer kontak kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro menyediakan benih hibrida, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kami siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami siap melayani konsultasi pertanian gratis. Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang obat patek cabe paling ampuh.

Fungisida baru cap Kapal Terbang berbahan aktif tembaga hidrosida sebagai obat patek untuk cabe. Nama obat patek untuk cabe Copcide 77 WP fungisida yang bagus saat musim hujan. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.