TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

11/10/21

Olahan Buncis Kaya Manfaat Benih Unggul Lebat 3 Kapal Terbang

olahan buncis, benih unggul, lebat 3, cap kapal terbang, manfaat buncis, jual benih buncis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Buncis Unggul
Lebat 3

Olahan Buncis Kaya Manfaat Benih Unggul Lebat 3 Kapal Terbang. HP 082141747141 ( telpon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih buncis unggul Lebat 3 cap Kapal Terbang. Olahan buncis kaya manfaat berasal dari sayur buncis segar dan sehat. 

Toko Pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan untuk bercocok tanam nulai benih berkualitas hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami menerima layanan gratis konsultasi pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim online pemesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak serta bergabung menjadi dropship dan reseller toko pertanian LMGA Agro. 

Olahan buncis dari sayur kaya kandungan gizi benih unggul buncis Lebat 3 cap Kapal Terbang. Buncis Lebat 3 direkomendasikan untuk dataran rendah hingga tinggi. 

Buncis Lebat 3 panen umur sekitar 40 hari setelah tanam dan terus muncul bahkan hingga umur 90 hari setelah tanam. Olahan buncis dari varietas unggul Lebat 3 ini memiliki panjang kurang lebih 20 cm.

Olahan buncis menyehatkan dari budidaya benih buncis unggul Lebat 3 cap Kapal Terbang. Potensi hasil tinggi dan panen 4 - 5 kali dalam sekali musim tanam. Vigor tanaman kuat dan tahan serangan hama dan penyakit. 

Olahan buncis merupakan sayuran tanaman merambat dan dapat Anda usahakan di pekarangan rumah atau lahan sempit. Olahan buncis Lebat 3 dapat ditanam juga di dalam pot, polybag juga dapat ditanam secara sistem hidroponik. 

Tanaman buncis menghasilkan sayur buncis berbentuk polong. Sayur buncis mengandung protein tinggi dan kaya vitamin. Manfaat buncis yaitu membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar gula dalam tubuh.  


Buncis Benih Unggul Lebat 3 Cap Kapal Terbang


Buncis benih unggul Lebat 3 cap Kapal Terbang direkomendasikan untuk dataran rendah hingga tinggi. Umur panen yaitu 40 hari setelah tanam dan berlangsung hingga umur 90 hari setelah tanam. Panjang polong buncis Lebat 3 sekitar 20 cm. 

Tanaman buncis dapat beradaptasi dengan baik di semua dataran. Pertumbuhan tanaman seragam dan merambat sehingga perlu menggunakan lanjaran agar dapar berdiri tegak. Bentuk buah silindris panjang 20 cm dan diameter 0,8 cm. 

Buah buncis Lebat 3 berwarna hijau muda dan permukaan kulit halus. Bijinya berwarna putih kehijauan. Tekstur olahan buncis berasa renyah, tidak berserat dan rasanya manis. Potensi hasil panen 1,4 - 1,6 kg per tanaman.  

Buncis Lebat 3 dapat ditanam di bedengan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Juga dapat ditanam di lahan sempit dalam wadah pot atau polybag berukuran diameter 30 - 40 cm. Di lahan, buncis ditanam dengan jarak tanam 30 - 40 cm. Buncis juga dapat ditanam sistem hidroponik. 

Buncis ( Phaseolus vulgaria ) adalah jenis kacang-kacangan atau polong dan dapat dimakan. Buah, biji dan daun tanaman buncis dapat dimanfaatkan sebagai sayuran. Tanaman ini diyakini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. 

Olahan buncis kaya akan unsur protein dan vitamin. Khasiat olahan buncis membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol metabolisme gula dalam darah. Olahan buncis cocok dikonsumsi bagi mereka pengidap penyakit diabetes dan hipertensi. 

Olahan buncis juga mengandung serat dan enzim tinggi yang dapat membantu menurunkan berat badan. Cara menanam buncis adalah menanam langsung pada lahan. Benih unggul Lebat 3 dimasukkan pada lubang tanam sebanyak 2 - 3 benih. 


Baca Juga : Timun Metavy Semakin Mantap Menjadi Pilihan Petani


Tanaman Buncis Mudah Tumbuh


olahan buncis, benih unggul, lebat 3, cap kapal terbang, manfaat buncis, jual benih buncis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat mengukur pH Tanah

Tanaman buncis masuk kategori tanaman kacang-kacangan. Pertumbuhannya melilit pada lanjaran dan berakar tunggang dengan sisi yang panjang. Pertumbuhan tanaman buncis membutuhkan media untuk memanjat. 

Tanaman buncis masuk dalam keluarga Leguminosae dan menyukai tumbuh pada dataran medium hingga tinggi. Tanaman buncis dibedakan menjadi 2 tipe yaitu merambat ( tipe indeterminate ) dan tipe tagak ( tipe determinate atau semak ). 

Kultivar merambat memiliki percabangan dan jumlah buku bunga lebih banyak. Potensi hasil tipe merambat lebih besar dibandingkan tipe tegak. Tipe buncis merambat, panjang tanaman mencapai 3 meter namun mudah rebah sehingga perlu lanjaran. 

Buncis tipe tegak umumnya pendek dan tinggi tidak lebih dari 60 cm. Petani lebih menyukai buncis tipe tegak karena tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan membeli lanjaran. Petani biasanya dapat menghemat biaya lanjaran hingga 30%. 

Syarat tumbuh budidaya buncis yaitu menyukai suhu optimum 20 - 25 derajat Celcius. Mampu tumbuh pada ketinggian 300 - 600 m dpl dan pH tanah 5,8 - 6.

Buncis tipe merambat menyukai tumbuh pada suhu dinggin pada ketinggian 1000 - 1500 m dpl. Tanaman buncis peka terhadap genangan air dan kekeringan. Sebaiknya bedengan dibuat tinggi agar tidak ada genangan air. 

Saluran air juga dibuat dengan baik dan benar agar air dapat mengalir lancar. Buncis cocok tumbuh pada tanah lempung ringan karena memiliki drainase yang baik. 

Olahan buncis merupakan sayuran hampir setiap hari dikonsumsi penduduk Indonesia keseluruhan. Namun orang belum banyak tahu manfaat olahan buncis untuk kesehatan. Olahan buncis diminati dan disukai masyarakat sebagai makanan sehari-hari. 

Disamping murah harganya, olahan buncis tidak sulit cara menghidangkannya dan terdapat banyak resep olahan buncis di Indonesia. Sayuran buncis dapat dimasak dengan cara ditumis, direbus maupun dikukus. 


Manfaat Buncis Sayuran Kaya Nutrisi


1. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat olahan buncis membantu menjaga kesehatan jantung karena sayur buncis tidak mengandung kolesterol. Meski tak dipungkiri bahwa tubuh juga membutuhkan kolesterol. Namun konsumsi makan mengandung kolesterol dapat berakibat buruk buat kesehatan. 

Olahan buncis tidak mengandung kolesterol. Bila kadar kolesterol tinggi dalam darah maka dapat menyebabkan timbunan lemak dalam arteri. Selanjutnya menyebabkan menurunnya aliran darah ke jantung dan otak sehingga memicu terjadinya serangan jantung atau stroke. 

Masih seputar untuk kesehatan jantung, olahan buncis juga mempunyai serat tinggi dan sebagian adalah serat larut. Serat larut membantu menurunkan lemak/kolesterol jahat ( LDL ). Tekanan darah tubuh menjadi menurun dan mengurangi peradangan dan jantung menjadi sehat. 

Olahan buncis mengandung flavonoid tinggi dan flavonoid ini adalah antioksidan polifenil yang banyak terdapat pada buah dan sayur. Flavonoid dalam olahan buncis mencegah penggumpalan darah di arteri dan vena. 

2. Olahan Buncis Mengontrol Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sayuran olahan buncis memiliki pengaruh hipoglikemik pada penderita diabetes. Olahan buncis merupakan sayuran rendah glikemik yang membantu menjaga gula darah tetap normal. 

Penderita diabetes membutuhkan pemeliharaan jangka panjang dalan menjaga kadar gula darahnya. Diantaranya dengan meminum obat-obatan dan diet makanan. 

3. Olahan Buncis Kaya Zat Besi dan Folat

Olahan buncis kaya zat besi baik untuk meningkatkan kesuburan wanita. Agar penyerapan zat besi maksimal maka dikombinasikan juga dengan konsumsi vitamin C yang cukup. Sayuran vitamin C tinggi selain buncis yaitu bayam, kacang-kacangan dan labu

Olahan buncis juga mengandung Folat. Zat besi dan Folat pada sayur buncis juga penting bagi ibu hamil. Folat dan zat besi harus rutin dikonsumsi ibu hamil karena berguna untuk melindungi janin dari cacat saraf.

4. Meminimalkan Pemacu Kanker

Daging panggang bersuhu tinggi berpotensi menghasilkan heterosiklik amina bersifat karsinogenik atau memicu kanker. Salah satu cara meminimalisir efek daging panggang yaitu menyertakan olahan buncis dan sayuran hijau lainnya.

Olahan buncis sayuran mengandung klorofil tinggi. Khasiat o;ahan buncis dapat menghalangi efek pemicu kanker dari proses memasak bersuhu tinggi seperti memanggang. Menyertakan olahan buncis dan sayuran lain pada daging panggang adalah cara yang tepat. 

5. Sumber Protein Nabati

Olahan buncis merupakan salah satu sayuran sumber protein nabati. Protein berguna untuk menjaga kesehatan tulang, rambut, otot dan organ. Keberadaan protein penting untuk sistem imun tubuh kita. Namun olahan buncis tidak memiliki asam amino yang juga dibutuhkan tubuh, 

Amino hanya ada pada daging dan produk hewani lainnya. Sehingga olahan buncis dalam konsumsi sehari-hari perlu dikombinasikan dengan daging dan produk hewani lain. Produk hewani merupakan sumber amino protein hewani.

6. Baik Untuk Pertumbuhan Anak Balita

Olahan buncis mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin K. Fungsi vitamin adalah membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, tulang dan gigi anak-anak. 

Serat dalam olahan buncis juga berguna mencegah sembelit pada balita. Namun pemberian masakan olahan buncis tetap harus dibatasi karena buncis mengandung asam fitat. Asam fitat dapat menghalangi penyerapan mineral penting seperti Kalsium bila dikonsumsi berlebihan. 


Olahan Tumis Buncis Paling Disukai


olahan buncis, benih unggul, lebat 3, cap kapal terbang, manfaat buncis, jual benih buncis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Olahan Buncis Menyehatkan

Tumis buncis seringkali dipilih dalam mengolah sayuran buncis. Manfaat buncis untuk menjaga daya tahan tubuh karena adanya kandungan vitamin C dalam buncis. Satu cangkir mentah mengandung vitamin C 12,2 mg dan mencukupi 25% kebutuhan harian. 

Peran vitamin C selain meningkatkan kekebalan tubuh, juga berperan dalam produksi kolagen dan pelindung kulit dari stres oksidatif. Vitamin C merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas dan dari kerusakan jaringan. 

Olahan tumis buncis bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Asupan vitamin K rendah meningkatkan resiko patah tulang lebih tinggi. Bila vitamin K cukup maka tubuh akan memodifikasi protein matriks tulang. meningkatkan penyerapan kalsium dan mengurangi ekskresi kalsium lewat urine. 

Sayur buncis bukan satu-satunya yang menyembuhkan gangguan tulang. Variasi menu merupakan cara tepat menjaga kesehatan tulang dan tubuh secara keseluruhan. 

Tumis sayur buncis satu cangkir memenuhi kebutuhan vitamin A sekitar 29% dari kebutuhan harian. Vitamin A dalam olahan buncis merupakan sekelompok senyawa bernama retinoid. Meski polong buncis berwarna hijau, namun memiliki pigmen retinoid. Yaitu pemberi warna merah, kuning dan oranye. 

Olahan buncis mengandung 3 jenis karotenoid yaitu beta-karoten, lutein dan zeaxanthin. Beta-karoten dalam tubuh akan dirubah menjadi retinol. Yaitu bentuk vitamin A yang berperan menperjelas pandangan di malam hari atau tempat minim cahaya. 

Lutein dan zeaxanthin menyerap cahaya biru. Perannya melindungi mata dari kerusakan akibat pancaran sinar berintensitas tinggi. 

Olahan buncis mampu mengatasi masalah perut. Pasien dengan masalah pencernaan kronis mengkonsumsi tumis buncis sebagai pengobatannya. 


Baca Juga : Tanam Kacang Panjang Parade Tavi Panah Merah Bebas Virus


Peluang Usaha Budidaya Buncis


Beberapa daerah menerapkan pola tanam buncis dengan jagung dan okra. Batang jagung dimanfaatkan sebagai lanjaran tanaman buncis. Cara menanam buncis adalah langsung menanam di lahan. 

Sebelum mulai, tanah digemburkan dulu kurang lebih 1 minggu sebelum tanam. Bedengan tanaman buncis lebar 1 - 1,5 meter dan panjangnya disesuaikan kondisi lahan. Tinggi bedengan yaitu 30 cm dan jarak antar bedengan 50 cm. 

Peluang usaha menanam buncis dapat berkurang hasil produksinya bila saat pembungaan turun hujan. Bunga-bunga tanaman buncis dapat berguguran. Sehingga perlu pertimbangan dan perhitungan waktu tanam yang tepat untuk menghindari kejadian tersebut. 

Pemilihan varietas benih unggul Lebat 3 dapat menjadi pertimbangan karena keunggulan yang dipunyai benih cap Kapal Terbang ini. Jarak tanam akan berpengaruh pada hasil panen, kemudahan pemeliharaan dan kemudahan saat pemetikan. 

Jarak tanam buncis tipe tanaman tegak adalah 30 x 40 cm dan jenis buncis merambat yaitu 70 x 40 cm. Ada juga menggunakan jarak tanam 50 x 40 cm dan setiap lubang tanam diisi 3 - 4 benih buncis Lebat 3. 

Kedalaman lubang tanam yaitu 3 - 8 cm dengan cara ditugal menggunakan kayu besar. Pupuk dasar sebelum tanam yaitu pupuk kandang 15 ton/ha ri kotoran hewan ternak yang sudah difermentasi. Bisa ditambahkan pupuk kimia yaitu TSP 250 kg/ha dan KCl 250 kg/ha sebagai pupuk dasar. 

Pupuk kandang diberikan dengan cara ditebarkan pada bedengan lalu diratakan. Biarkan lahan selama 1 minggu dan biarkan hujan menyiram tanah. Setelah benih ditanam, tutup dengan tanah dan lakukan penyiraman. Sebaiknya penanaman dilakukan pagi hari sekitar pukul 07.00. 


Baca Juga : Paria Raden Tahan Hama dan Penyakit


Cara Pemeliharaan Tanaman Buncis 


olahan buncis, benih unggul, lebat 3, cap kapal terbang, manfaat buncis, jual benih buncis, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Mutiara

Penyulaman dilakukan bila ada benih rusak atau tidak tumbuh. Penyulaman dilakukan sampai umur 7 - 10 hari setelah tanam. Penyulaman dilakukan agar jumlah populasi bisa optimal dan produksi tercapai sesuai harapan. 

Penyiangan adalah mencabut dan membersihkan rumput-rumput liar di sekitar tanaman. Penyiangan dengan car mencabut langsung menggunakan tangan dibantu dengan alat cetok kecil. Bersamaan penyiangan, dilakukan juga pembumbunan. 

Pembumbunan menggunakan cangkul kecil atau cetok tujuannya menutup akar yang tampak muncul keluar tanah. Pembumbunan dapat memperkuat tegaknya tanaman dengan cara menaikkan volume tanah lebih tinggi di sekitar akar tanaman. 

Jangan lupa untuk menyiram tanaman setiap hari mulai tanam benih. Penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari sesuai kondisi tanaman dan tanah. Tanaman buncis tidak menyukai tanah becek dan genangan air karena menyebabkan serangan cendawan. 

Pemupukan susulan menggunakan pupuk Urea dan ZA dengan perbandingan 1 : 2 sebanyak 300 kg/ha. Pemupukan susulan tanaman buncis diberikan umur 1 dan 3 minggu setelah tanam. Gunakan dosis masing-masing setengahnya dan diberikan dengan cara ditugal sedalam 10 cm dan jarak juga 10 cm. 

Untuk mencegah serangan hama dan penyakit, lakukan sanitasi dan perbaikan drainase yang baik. Bila menggunakan pestisidam pilih pestisida yang aman dan mudah terurai. Anda dapat berkonsultasi pada kami Toko Pertanian LMGA Agro mengenai cara pemeliharaan buncis yang baik dan benar. 

Budidaya buncis dihadapkan pada serangan hama dan penyakit yang menyebabkan menurunnya kualitas dan produktivitas hasil panen. Serangan hama dan penyakit menyebabkan ukuran buncis berbeda-beda, warna kurang menarik dan harga jualnya menurun. 


Olahan Buncis Tanaman Sehat Menyehatkan


Untuk memperoleh olahan buncis sehat, budidaya dengan cara mengatur pola tanamnya. Musuh alami digunakan untuk mengendalikan populasi hama dan penyakit. Sering memberikan pupuk organik saat pemupukan dasar dan susulan untuk menambah nutrisi tanah. 

Olahan buncis benih Lebat 3 cap Kapal Terbang dipanen mulai umur 40 hari hingga 90 hari. Interval panen olahan buncis yaitu 4 - 5 kali panen. Potensi produksi polong buncis sebesar 24 - 40 ton/ha. 

Panen polong buncis dilakukan saat polong masih muda dan biji masih kecil. Biji juga belum menonjol ke permukaan kulit polong. Biasanya panen setelah 2 - 3 minggu bunga mekar. 

Bila panen terlambat memang hasilnya meningkat namun kualitas polong cepat menurun karena biji dalam polong berkembang menyebabkan polong tampak bergelombang. Penyimpanan suhu 5 - 10 derajat Celcius menjaga buncis kualitas layak jual selama 2 - 3 minggu.

Meski olahan buncis menyehatkan namun mengkonsumsinya berlebihan akan berdampak kurang baik bagi tubuh. Hal tersebut karena buncis mengandung lektin yaitu sejenis protein yang mengikat karbohidrat. 

Konsumsi berlebihan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan seperti mual, muntah, perut kembung hingga diare. Cara mengurangi kadar lectin buncis adalah dengan memasak buncis hingga suhu 100 derajat Celcius. Memasak buncis dapat meningkatkan kandungan antioksidan dan lebih mudah dicerna. 

Demikian artikel Kami judul: Olahan Buncis Kaya Manfaat Benih Unggul Lebat 3 Kapal Terbang. Semoga bermanfaat dan silahkan menghubungi kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi gratis dan siap kirim pesanan Anda lewat JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Olahan buncis menyehatkan dari budidaya benih Lebat 3 buncis unggul cap Lapal Terbang. Hasil memuaskan dan menguntungkan. Salam sukses....


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.