TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/10/21

Manfaat Semangka Kuning Pataya F1 Semangka Inul Cap Kujang

manfaat semangka kuning, semangka inul, pataya f1, benih cap kujang, tanaman semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Semangka Inul
Pataya F1

Manfaat Semangka Kuning Pataya F1 Semangka Inul Cap Kujang. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih semangka inul daging buah kuning Pataya F1. Manfaat semangka kuning juga sama penting dengan semangka merah. 

Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam mulai dari benih hibrida dan unggul tanaman buah dan sayur. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami menerima pula konsultasi gratis pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda tujuan seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak pula sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Manfaat semangka kuning dapatkan dalam semangka kuning lonjong inul Pataya F1 cap Kujang. Beberapa manfaat semangka kuning diantaranya adalah menjaga kesehatan mata, menstabilkan tekanan darah, mencegah stroke dan masih banyak lagi. 

Manfaat semangka kuning kaya nutrisi menyehatkan melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab penyakit. Buah semangka inul Pataya F1 berdaging kuning kaya antioksidan dan vitamin. ukuran buah besar dan cepat panen. 

Manfaat semangka kuning mengandung vitamin A dan C serta mineral dalam jumlah tinggi. Pataya F1 merupakan benih hibrida semangka inul yang berdaging kuning. Benih Pataya F1 tahan virus, penyakit Downey Mildew dan antraknosa. 

Semangka Pataya F1 jenis semangka lonjong atau inul dengan bobot besar yaitu hampir 9 kg. Kulit buah hijau gelap dan permukaan kulit kuat dan tahan distribusi jarak jauh. Daging buahnya berwarna kuning dengan tekstur krispi menyegarkan. 


Semangka Kuning Inul Pataya F1


Manfaat semangka kuning dapat Anda nikmati di semangka inul Pataya F1. Benih telah tahan virus dan penyakit Downey Mildew serta penyakit antraknosa. Buah semangka kuning Pataya F1 mudah tumbuh di ruas ke-12 cabang utama dan ruas ke-14 cabang samping.

Semangka kuning Pataya F1 semangka inul berbentuk lonjong dengan bobot 7 - 9 kg/buah. Kulit buahnya berwarna hijau gelap dan daging buah kuning cerah. Semakin lama disimpan maksimal 3 hari, warna daging buah semakin oranye. 

Tekstur buah semangka kuning Pataya F1 padat dan krispi/renyah. Kulitnya tebal, tahan pecah baik saat di lapang maupun distrisbusi jarak jauh. Semangka inul Pataya F1 tahan simpan lama. Memiliki tingkat kemanisan 12,7 Brix. 

Semangka Pataya F1 cap Kujang jenis semangka kuning dengan bentuk buah lonjong yang biasa juga disebut semangka inul. Bukan semangka dengan kulit berwarna kuning namun Pataya F1 semangka dengan daging buah warna kuning. 

Daging buah warna kuning cerah dan menyegarkan. Buah semangka kaya kandungan air. Semangka kuning memiliki biji yang tidak terlalu banyak. 

Semua orang mengakui bahwa rasa semangka kuning tidak jauh berbeda dari semangka merah. Kandungan air manfaat semangka kuning sama tinggi dengan jenis semangka merah.

Semangka kuning tumbuh baik di daerah tropis dan orang di negara Afrika mengakui bahawa buah semangka kuning lebih manis. Daging buah semangka kuning lebih tebal dari semangka merah.  

Semangka berdaging buah warna kuning karena kandungan likopen yang sedikit. Unsur likopen adalah pigmen yang memproduksi pigmen kemerahan pada buah dan sayur. Kandungan likopen yang sedikit sehingga tidak memproduksi warna merah pada buah semangka. Terbentuklah semangka kuning. 


Baca Juga : Jual Benih Hibrida Labu Torsten Cepat Panen


Semangka Kuning dan Semangka Merah


manfaat semangka kuning, semangka inul, pataya f1, benih cap kujang, tanaman semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Semangka menjanjikan

Semangka kuning dan semangka merah mengandung vitamin dan mineral berbeda dan berdampak pada manfaat keduamya. Semangka merah mengandung fosfor, magnesium, zat besi, selenium, folat dan vitamin A, B, C E dan K. 

Dalam daging semangka merah juga ditemukan mengandung protein, niasin dan serat. Dan begitu juga pada semangka kuning Pataya F1 mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. 

Kandungan gizi manfaat semangka kuning antara lain asam amino, likopen, kalium, vitamin A dan C yang tinggi. Manfaat semangka kuning mengandung serat alami dan gula alami ini aman bagi penderita diabetes. 

Manfaat semangka kuning diantaranya menjaga kesehatan mata karena kandungan vitamin A yang tinggi. Manfaat semangka kuning juga menjaga tekanan darah tetap stabil, mencegah stroke dan menjaga kesehatan jantung. 

Manfaat buah semangka mengandung vitamin C cukup tinggi dan berkhasiat untuk mencegah sariawan. Hipertensi atau tekanan darah tinggi harus segera dikendalikan yaitu salah satunya mengkonsumsi manfaat buah semangka. 

Manfaat semangka kuning mencegah tekanan darah tinggi penyebab stroke, gagal ginjal, penyakit jantung dan penyakit kronis lainnya. Manfaat semangka kuning aman dimakan setiap hari dan berguna untuk mengimbangi kebutuhan nutrisi harian kita.  

Manfaat semangka kuning mengandung kalori 46 kKal. Kandungan vitamin A dan C buah semangka baik untuk kesehatan mata dan kulit. Buah semangka mengandung beta-karoten yaitu antioksidan yang melindungi tubuh  dari penyakit kronis seperti kanker.

Meski kandungan likopen semangka kuning sedikit dibandingkan pada semangka merah, namun manfaat semangka kuning diperoleh dari vitamin dan mineral lainnya. Kandungan likopen tidak mempengaruhi nutrisi dalam buah semangka. 


Baca Juga : Tanaman Semangka Inul Eksotik dan Mudah Budidayanya


Buah Semangka Kuning Segar dan Unik


Buah semangka merupakan tanaman merambat dan asli dari daerah setengah gurun di Afrika bagian Selatan. Buah semangka sangat terkenal di seluruh negara belahan dunia ini. Buah semangka mudah ditemui di negara-negara tropis yang panas seperti Indonesia.   

Tanaman semangka selalu tumbuh sepanjang tahun dan dikenal sebagai buah tidak mengenal musim. Daging buah semangka ada merah dan kini juga kuning banyak disukai. Bijinya berwarna hitam. Buah semangka memiliki 1200 varietas di pasaran dan diantaranya adalah semangka kuning.

Semangka kuning terjadi karena mutasi alami. Manfaat semangka kuning buahnya sangat manis dan lebih manis dibandingkan semangka merah. Meski berbeda warna daging buahnya namun manfaat keduanya sama. 

Manfaat semangka kuning kini semakin mudah diperoleh dan ditemui. Manfaat semangka kuning hadir sebagai alternatif pilihan selain jenis semangka merah. 

Manfaat semangka kuning dapat ditemui dalam bentuk buah yang bulat dan lonjong. Sebenarnya daging buah jenis semangka kuning mulai kuning pucat hingga warna emas tua. Semangka kuning mempunyai biji berwarna hitam atau ada yang tanpa biji. 

Tekstur buah semangka kuning lebih segar dan renyah dibandingkan semangka merah. Tingkat lemanisan manfaat semangka kuning lebih tinggi. 

Buah semangka kuning mengandung 90% air, kandungan vitamin A dan C serta unsur kalium. Namun buah semangka kuning tidak mengandung zat likopen seperti semangka merah. 

Semangka kuning mengandung beta-karoten yang sama khasiatnya dengan likopen. Beta-karoten adalah salah satu jenis karotenoid mengandung pigmen warna kuning, oranye dan merah. 

Beta-karoten dalam manfaat semangka kuning dikonversi dalam tubuh menjadi vitamin A yaitu antioksidan untuk kesehatan mata, kulit dan fungsi neurologis.  


Manfaat Semangka Kuning Mengandung Betakaroten


manfaat semangka kuning, semangka inul, pataya f1, benih cap kujang, tanaman semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Buah Semangka Menjelang Panen

Manfaat semangka kuning memiliki jumlah kalori sebanyak 46 kalori per secangkir. Mirip dengan jenis semangka merah, manfaat semangka kuning mengandung vitamin A dan C. Fungsinya adalah mendukung sistem kekebalan tubuh dan untuk kesehatan kulit. 

Manfaat semangka kuning lebih banyak mengandung betakaroten dibandingkan likopen pada semangka merah. Fungsi betakaroten mirip likopen yaitu melindungi tubuh dari kanker dan penyakit mata. 

Jumlah kalori rendah sehingga manfaat semangka kuning cocok sebagai camilan manis menyehatkan dan menyegarkan. Manfaat semangka kuning membantu untuk detoksifikasi dan mencegah perut kembung. 

Kaya kandungan air, manfaat semangka kuning berkhasiat mengatasi dehidrasi saat panas terik dan banyak aktivitas. Saat banyak kegiatan pun, manfaat semangka kuning dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena peran kandungan betakaroten semangka kuning.    

Manfaat semangka kuning mencegah sembelit merupakan peran dari kandungan seratnya. Manfaat semangka kuning membantu pembentukan feses hingga mengurangi terjadinya sembelit. Serat dan kandungan air dalam manfaat semangka kuning membantu pergerakan usus sehingga baik untuk sistem pencernaan. 

Manfaat semangka kuning bagi ibu hamil antara lain untuk mengatasi nyeri perut akibat adanya perubahan hormon dan mencegah bengkak pada kaki dan tangan. Ibu hamil mengalami perubahan hormon dan menyebabkan terjadinya masalah asam lambung. 

Manfaat semangka kuning bagi ibu hamil mengandung zat yang berefek menenangkan sistem pencernaan dan mengatasi masalah asam lambung. Kadar air dalam buah semangka membantu mengatasi penyumbatan cairan di jaringan tubuh sehingga menyebabkan nyeri dan pegal ( edema ).

Manfaat semangka kuning mengatasi rasa mual ibu hamil setiap pagi yaitu dengan rutin mengkonsumsi jus semangka. Kandungan vitamin dan mineral buah semangka mampu membantu meredakan krom otot saat hamil. 


Semangka Inul Pataya F1 Cap Kujang


Semangka inul berbentuk lonjong merupakan hasil rekayasa oleh petani. Semangka inul mudah ditanam dan merupakan peluang usaha menguntungkan. Sama dengan jenis semangka lainnya, semangka inul Pataya F1 cap Kujang terkenal manis dan segar. 

Petani menyebut jenis semangka lonjong ini dengan sebutan semangka inul karena bentuk buahnya montok, panjang dan manis. Umumnya semangka inul berat 2,5 - 3,5 kg. Namun semangka lonjong kuning Pataya F1 bobot bisa mencapai 7 kg/buah.  

Semangka inul merupakan jenis semangka hibrida dan warna kulit buah hijau gelap. Daging buah semangka inul ada yang berwarna merah dan warna kuning. 

Petani di Kediri banyak membudidayakan semangka inul karena banyak kelebihannya dibanding jenis semangka bulat. Salah satunya kelebihan menanam semangka inul yaitu menghemat lahan karena ukuran tanaman tidak panjang seperti tanaman semangka bulat. 

Usia panen semangka inul 7 hari lebih cepat dan mampu membesarkan 2 - 3 buah sekaligus per pohon. Dibandingkan membawa semangka bulat, semangka lonjong lebih mudah dibawa dalam keadaan utuh. 

Semangka inul Pataya F1 cocok ditanam pada tanah dengan ketinggian 2 - 500 m dpl. Artinya bahwa manfaat semangka kuning berbentuk lonjong ini dapat dibudidayakan di dataran rendah hingga tinggi. 

Semangka inul menyukai paparab sinar matahari langsung minimal 8 jam per hari. Tanaman juga menyukai tekstur tanah gembur dan kaya unsur hara. Sumber air juga mudah diperolehnya untuk penyiraman. 

Semangka inul menyukai tanah dengan pH normal ( antara 5,5 - 7,5 ). Lokasi tanam agak jauh dari tepian pantai agar terhindar dari aerosol air asin yang banyak didapat di dataran rendah. Jenis tanah di dataran rendah umumnya bercampur pasir dan lebih mudah digemburkan. Umumnya budidaya semangka di dataran rendah lebih bagus hasilnya dibandingkan di dataran tinggi. 


Baca Juga : Cabai Inko 99, Tumbuh Sempurna di Dataran Rendah Hingga Tinggi


Peluang Usaha Semangka Inul Menguntungkan


manfaat semangka kuning, semangka inul, pataya f1, benih cap kujang, tanaman semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Untuk Menyemai
 Benih Semangka

Peluang usaha semangka inul dimulai dengan penggemburan lahan tanam semangka inul. Tanah gembur memudahkan akar tanaman berkembang. Pengolahan tanah menggunakan cangkul, lalu dibuat bedengan dan saluran air. 

Selanjutnya bedengan diberi pupuk dasar menggunakan pupuk kandang ditambah pupuk kimia. Bila pH tanah < 5,5 berikan kapur dolomit untuk menetralkan tanah. Taburkan juga insektisida bersama pupuk kimia dan campur merata dengan cangkul. Lalu pasang mulsa plastik hitam perak untuk mencegah tumbuhnya gulma. 

Persiapan bibit menggunakan wadah polybag kecil, diberi media tanah dicampur pupuk kandang dan sudah diayak halus. Benih semangka Pataya F1 direndam air hangat sekitar 1 jam lalu diletakkan di kain basah sampai benih berkecambah. 

Wadah polybag disiapkan untuk menanam benih. Siram dulu tanahnya agar benih mudah ditanam. Masukkan benih yang sudah berkecambah lalu tutup tanah dan siram air secukupnya. Benih tumbuh menjadi bibit dalam 7 hari siap dipindah ke lahan. Selama pembibitan, letakkan di tempat terlindungi panas dan hujan.

Penanaman bibit dilakukan saat cuaca cerah. Siram polybag dulu agar bibit mudah dikeluarkan, sobek plastik dan keluarkan bibit dengan hati-hati. Tanam pada lubang tanam dan tutup dengan tanah. Beri air secukupnya. lakukan penanaman serentak dan selesai dalam satu hari. 

Hari-hari selanjutnya, amati perkembangan bibit. Bila setelah ditanam bibit mati, segera cabut dan ganti dengan bibit baru yang sehat. Lakukan penyiraman setiap hari pagi dan sore. Penyiangan gulma juga dilakukan bila tampak ada tumbuh rumput. 

Tanaman semangka punya banyak sulur yaitu 3 buah sulur utama yang membentuk huruf W. Tiap sulur utama akan punya sulur cabang dan sulur yang tumbuh ke samping harus diluruskan ke depan. Pastikan antar tanaman tidak saling mengait sampai buah muncul. Bila rajin menata sulur akan mudah proses seleksi buah nanti. 


Baca Juga : Tanam Terong Hitavi Bebas Virus dan Tahan Layu


Manfaat Semangka Kuning Berkat Seleksi Bakal Buah Tepat


Umur 1 bulan setelah tanam, tanaman akan muncul bunga jantan dan betina. Bunga jantan adalah yang ada serbuk sarinya dan bunga betina berisi putik dan bakal buah. Penyerbukan saat musim kemarau bisa berlangsung alami. Namun dibandingkan penyerbukan di musim hujan yang dilakukan secara manual atau buatan.  

Bakal buah dipilih dari buah yang berpotensi besar, letaknya jauh dari akar, tepatnya pada daun ke-11 sampai ke-14 dan di tiga sulur utama. Pastikan dulu buah tumbuh sampai sebesar telur ayam dan lakukan seleksi buah. Karena ada juga pada sulur utama tidak tumbuh buah tetapi ada buah di sulur sekunder. Pilih buah terbaik untuk manfaat semangka kuning terbaik. 

Bila sudah dilakukan seleksi dan diperoleh buahnya maka lakukan perempelan sulur sekunder agar nutrisi fokus ke pembesaran buah. Sehingga buah bisa besar dan berat. Perempelan dilakukan pagi hari dan sisakan 1 daun pada pangkal sulur yang dipotong. 

Petani budidaya semangka di dataran rendah biasanya menggunakan alas pada buah semangka. Terutama bila tanahnya gembur maka alas buah dapat melindungi buah dari uret di bawah tanah. Alas biasanya menggunakan karung atau plastik yang berpori. Alas buah harus kedap air agar embun dan air hujan bisa tembus meresap ke tanah. 

Manfaat semangka kuning semakin maksimal bila Anda membalik buah agar merata warna hijau buahnya. Buah yang dibalik sebelum panen tidak akan ditemui warna putih kekuningan pada salah satu sisi buahnya. 

Lakukan juga pemupukan khusus untuk membesarkan buah. Pemupukan tersebut dilakukan sekitar umur 40 hari sebelum tanam atau sekitar 7 - 10 hari sebelum panen. Caranya yaitu pupuk NPK ditaburkan pada sela-sela bedengan dan bersamaan dengan penyiraman. 

Pengendalian hama dan penyakit manfaat semangka kuning yaitu pertama harus identifikasi jenis hama dan penyakit yang menyerang. Lakukan pengamatan setiap hari tentang pertumbuhan tanaman. Untuk hama dikendalikan dengan insektisida dan diserang jamur maka pengendalikan menggunakan fungisida. 


Panen Buah Semangka Inul Pataya F1


Panen semangka inul Pataya F1 manfaat semangka kuning yaitu umur 50 hari setelah tanam. Ciri buah semangka panen yaitu tangkai buah mulai mengering. Tanaman semangka akan mati setelah semua buah dipetik. 

Agar manfaat semangka kuning optimal maka berikan pupuk organik cair dan semprotkan 4 hari sekali. Saat tanaman umur 1 bulan, semprotkan ZPT Auksin untuk merangsang munculnya bunga. Semprotkan juga ZPT Gibberelin acid setelah seleksi buah untuk mendapatkan buah besar dan berat. 

Penanaman semangka di musim hujan, Anda harus mengurangi pemberian pupuk dengan cara kocor atau semprot. Perbanyak menggunakan fungisida karena biasanya penyakit banyak menyerang bila musim hujan.  

Manfaat semangka kuning mengandung antioksidan dalam semangka inul Pataya F1 cap Kujang. Antioksidan diyakini mampu mencegah penyakit kronis pada tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh kita. 

Demikian artikel Kami judul : Manfaat Semangka Kuning Pataya F1 Semangka Inul Cap Kujang. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang manfaat semangka kuning bagi kesehatan kita. Semangka hibrida benih Pataya F1 cap Kujang tersedia di Toko Pertanian LMGA Agro. Kami juga menyediakan varietas benih semangka lainnya. Salam sukses....


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.