TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

02/10/21

Pohon Kacang Panjang Budidaya Benih Pertiwi Unggul Anti Virus

pohon kacang panjang, benih pertiwi, manfaat kacang panjang, tumis lacang panjang, cara menanam kacang panjang, jual benih kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Kacang Panjang
Unggul Pertiwi


Pohon Kacang Panjang Budidaya Benih Pertiwi Unggul Anti Virus. HP 082141747141 ( telfon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih kacang panjang unggul Pertiwi anti virus. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Kami menyediakan keperluan bercocok tanam pohon kacang panjang mulai benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami juga mengajak menjadi dropship dan reseller pertanian. 

Pohon kacang panjang anti virus dari benih Pertiwi unggul telah mendapat tempat di hati petani karena memiliki banyak keunggulan. Pohon kacang panjang benih Pertiwi menghasilkan buah yang lebat dan setiap tangkai muncul 2 - 3 buah. 

Umur panen pohon kacang panjang unggul Pertiwi sangat singkat yaitu umur 42 hari setelah tanam sudah dapat dipanen. Hasil panen juga memuaskan dan tinggi. Panen dilakukan berulang-ulang hingga lebih sepuluh kali. Jumlah ikat kacang panjang dipanen terus meningkat.  

Pohon kacang panjang tanaman semusim dengan hasil polong kaya nutrisi dan manfaat. Tanaman tahan virus benih Pertiwi menghasilkan produktivitas tinggi dan hasil menguntungkan. Polong lebat dan tekstur keras.

Budidaya kacang panjang benih Pertiwi pohon kacang panjang berproduksi tinggi. Tanaman juga tahan terhadap serangan virus dan buah tumbuh lebat. Pertumbuhan daun pohonnya jarang. Pemeliharaan tanaman kacang panjang Pertiwi hemat pupuk dan pemakaian pestisida. 

Kacang panjang merupakan sayuran yang mudah ditemui dipasar-pasar baik tradisional maupun modern. Harga sayuran kacang panjang murah dan cukup stabil. Keberadaannya selalu ada dan cukup laris di pasaran. Manfaat kacang panjang baik bagi kesehatan karena kaya nutrisi. 


Kacang Panjang Pertiwi Benih Unggul


Kacang panjang mudah ditemui dan selalu menjadi bahan masakan masyarakat Indonesia. Kacang panjang dikonsumsi baik mentah sebagai lalapan maupun diolah tumis atau oseng, juga dibuat lodeh santan atau kreasi masakan lain seperti dadar telur campur kacang panjang. 

Nama latin kacang panjang adalah Vigna unguiculata ssp. memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan olahan resep kacang panjang yang cukup bervariasi. Cara menanam kacang panjang juga tidak sulit dan tidak banyak musuh utama tanaman ini dibandingkan cabe dan tomat. 

Pohon kacang panjang Pertiwi unggul dengan buah yang lebat dan panjang. Setiap tangkai pohon kacang panjang akan muncul 2 - 3 buah. Bunga juga tidak cepat rontok sehingga dapat berbuah dan warnanya lebih hijau. 

Polong kacang panjang Pertiwi keras, tidak cepat lembek. Umur panennya kategori sangat singkat yaitu dalam 42 hari setelah tanam sudah dapat dipetik. 

Pohon kacang panjang Pertiwi produktivitas tinggi, tanaman tahan virus dan buah lebat. Tipe buah atas dan pertumbuhan daun jarang. Pemeliharaan pohon kacang panjang Pertiwi hemat penggunaan pupuk dan pestisida. 


Karakteristik Pohon Kacang Panjang Pertiwi


Keunggulan pohon kacang panjang benih unggul Pertiwi adalah benih merupakan golongan bersari bebas. Pohon kacang panjang bersari-bebas dimana tanaman-tanaman dibiarkan saling menyerbuki satu sama lain. Penyerbukan secara bebas menghasilkan varietas bersari-bebas yang dapat dikatakan sebagai kumpulan hibrida. 

Diameter pohon kacang panjang Pertiwi adalah 0,4 - 0,6 cm. Warna batang hijau, warna daun hijau dengan panjang 16 - 18 cm dan lebar 8 - 10 cm. Umur mulai berbunga yaitu 29 - 40 hari setelah tanam dan umur panen yaitu 38 - 51 hari setelah tanam. 

Polong kacang panjang Pertiwi panjang 69 - 82,2 cm dan diameter 0,6 - 0,75 cm. Warna polong muda adalah hijau dan polong tua berwarna coklat. Tekstur polong muda keras dan tidak mudah pecah sehingga cocok untuk distribusi jarak jauh. 

Rasa polong muda agak manis dengan jumlah biji per polong adalah 19 - 21 biji. Berat polong mencapai 26 - 38 gram dan jumlah polong per tanaman adalah 33 - 40 polong. Berat total polong per tanaman panen adalah 0,87 - 0,95 kg. 

Daya simpan polong pada suhu 25 - 27 derajat Celcius yaitu selama 3 - 4 hari setelah panen. Hasil produksi polong panen per hektar yaitu 35,2 - 37 ton. Banyak pohon kacang panjang Pertiwi yang bisa ditanam dalam luasan 1 hektar yatu 21.000 tanaman. Lebutuhan benih per heltar yaitu 3,7 - 3,8 kg. 

Pohon kacang panjang Pertiwi berciri utama yaitu ruas batang yang panjang, bentuk pangkal daun runcing dan terus melebar. Bagian tengahnya mengecil hingga ujung daun sehingga bentuk daun menyerupai keris. 

Varietas pohon kacang hijau Pertiwi produktivitasnya tinggi dan diameter polong lebar. Wilayah adaptasi cocok di dataran rendah dan ketinggian 0 - 400 m dpl. 


Baca Juga : Gambas Tahan Virus Primavera Panah Merah 


Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Tubuh


1. Untuk Kesehatan Jantung 

Manfaat kacang panjang pertama adalah baik untuk kesehatan jantung. Sayur kacang panjang mengandung serat larut yang mampu membantu menekan jumlah kolesterol jahat LDL. Manfaat kacang panjang juga dapat mengurangi peradangan dan tekanan darah. 

Konsumsilah tumis kacang panjang dengan satu porsi sekitar 100 gram karena mampu mencukupi kebutuhan serat harian sampai 12%. 

2. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Sayuran kacang panjang mengandung anti-hiperglikemik yang mampu menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sayuran kacang panjang dapat menurunkan kadar glukosa darah. Sehingga mengkonsumsi kacang panjang cocok bagi penderita diabetes asalkan tidak berlebihan. 

3. Dapat Meringankan Nyeri Haid

Dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa nyeri haid tidak dialami oleh para wanita yang rajin mengkonsumsi makanan mengandung mangan tinggi. Zat mangan pada sayuran kacang panjang memperbaiki frekuensi dan tingkat keparahan kram perut. Suasana hati selama datang bulan juga lebih baik. 

4. Menyehatkan Kulit

Manfaat kacang panjang membuat kulit sehat karena kandungan nutrisi vitamin C-nya tinggi. Peran vitamin C pada manfaat kacang panjang membantu mengurangi munculnya keriput, melembabkan kulit kering dan memperlambat proses penuaan.  

Vitamin C mampu memperlancar peredaran darah sehingga kulit tampak lebih sehat. Kandungan kacang panjang yaitu vitamin A, B dan C. Ada Thiamin, riboflavin, niacin, asam panthotenat dan asam folat. Sejumlah mineral dalam masakan kacang panjang antara lain kalsium, zinc, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan natrium. 

Menurut USDA National Nutrient, kacang panjang mentah per 100 gram mengandung 47 kalori, 50 gram lemak total dan 8 gram karbohidrat total. Kandungan protein sebesar 3% atau setara 5% dari nilai kebutuhan harian. 


Pohon Kacang Panjang Sayur Sehari-Hari



pohon kacang panjang, benih pertiwi, manfaat kacang panjang, tumis lacang panjang, cara menanam kacang panjang, jual benih kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Sayuran Tanaman Kacang Panjang

Pohon kacang panjang termasuk keluarga tanaman kacang-kacangan. Kacang panjang merupakan sayur favorit yang mudah ditemui sehari-hari dalam menu masakan orang Indonesia. Olahan resep kacang panjang dapat berupa sayur lalapan yang dimakan mentah. 

Resep kacang panjang juga sehari-hari dapat dibuat masakan tumis kacang panjang, lodeh dan lain-lain. Pohon kacang panjang banyak ditemui di wilayah kawasan iklim tropis Asia. Meski dianggap sebagai makanan penyebab asam urat, namun justru sayuran ini memenuhi kebutuhan akan protein. 

Sayur kacang panjang mengandung vitamin C dimana berperan sebagai antioksidan dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polutan dan zat kimia berbahaya. Penumpukan radikal bebas pada tubuh menyebabkan penyakit jantung, kanker dan radang sendi.

Oseng kacang panjang berkhasiat menjaga kulit tampak lebih sehat dan cerah. Kandungan gizi vitamin C tinggi membantu mengurangi munculnya kerutan. Selain itu juga mengurangi kekeringan pada kulit dan memperlambat proses penuaan.  

Anggapan bahwa kacang panjang menyebabkan asam urat naik terbukti tidak benar. Salah satu studi menyebutkan bahwa pentingnya mengkonsumsi 1000 - 1499 mg vitamin C dalam kacang panjang. 

Vitamin C kacang panjang membantu menurunkan kemungkinan sakit akibat asam urat hingga 31%. Kandungan vitamin C dipercaya membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah. 


Baca Juga : Cara Benih Murah Lewat Internet yang Aman


Tanaman Kacang Panjang 


pohon kacang panjang, benih pertiwi, manfaat kacang panjang, tumis lacang panjang, cara menanam kacang panjang, jual benih kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Persiapan Bedengan Tanam
 
Tanaman kacang panjang merupakan tanaman perdu semusim. Pohon kacang panjang tumbuh menjalar atau merambat. Daun pohon kacang panjang berupa daun majemuk, terdiri atas 3 helai. 

Batangnya liat dan sedikit berbulu. Akar pohon kacang panjang mempunyai bintil dimana berfungsi untuk memperkaya tanah di nodul pada akarnya dengan bantuan dari bakteri pengikat nitrogen. Bakteri akan mengikat nitrogen bebas di udara sehingga tanaman dapat membuat makanannya sendiri. 

Pohon kacang panjang tanaman semusim yang tumbuh membelit. Batangnya berukuran panjang, bertekstur liat dan sedikit berbulu. Daunnya berjenis daun majemuk dan tersusun atas 3 helai. Daun berwarna hijau muda sampai tua. 

Bunga pohon kacang panjang berbentuk kupu-kupu dan terletak pada ujung tangkai yang panjang. Warna bunga bervariasi mulai putih, kuning dan biru. Bunga muncul di ketiak daun dan setiap tangkai bunga muncul 3 - 5 bunga. 

Buah pohon kacang panjang berbentuk polong, bulat dan ramping dengan panjang rata-rata 10 - 80 cm tergantung varietas. Tipe pohon kacang panjang Pertiwi tegak atas. Terdapat 2 tipe tanaman kacang panjang. 

Tipe merambat membutuhkan lanjaran selama pertumbuhannya. Untuk tipe tegak, tidak memerlukan lanjaran. Umumnya warna polong kacang panjang berwarna hijau namun kini ditemukan kacang panjang dengan polong berwarna merah. Warna merah berasal dari kandungan antosianin didalamnya. 


Syarat Tumbuh Pohon Kacang Panjang Benih Pertiwi


pohon kacang panjang, benih pertiwi, manfaat kacang panjang, tumis lacang panjang, cara menanam kacang panjang, jual benih kacang panjang, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat pH Meter Mengukur
pH Tanah

Ketinggian berpengaruh pada keberhasilam budidaya kacang panjang. Tanaman kacang panjang dapat tumbuh di dataran rendah hingga tinggi hingga 1500 m dpl. 

Budidaya kacang panjang di dataran tinggi ditujukan untuk keperluan konsumsi. Sedangkan bila untuk dijadikan benih biasanya pohon kacang panjang ditanam di dataran rendah hingga sedang. 

Di dataran tinggi, umur panen pohon kacang panjang umumnya lebih lama di dataran rendah. Tingkat produktivitas juga lebih tinggi di dataran rendah. 

Suhu ideal pohon kacang panjang adalah iklim hangat dengan kisaran suhu 20 - 30 derajat Celcius. Di daerah bersuhu rendah kurang dari 20 derajat Celcius, pertumbuhan relatif lebih lambat dan jumlah polong yang muncul lebih sedikit. 

Tanaman kacang panjang memiliki kepekaan terhadap suhu dingin dan pada suhu dibawah 4 derajat Celcius, tanaman akan mati terkena frost. Jenis tanah ideal adalah tanah bertekstur lempeng berpasir dan pH sekitar 5,5 - 6,5. Jenis tanah terlalu masam dapat dinetralkan menggunakan kapur Dolomit. 

Tanaman kacang panjang diyakini berasal dari Afrika. Pohon kacang panjang dapat tumbuh di negara-negara dengan iklim tropis. Pohon kacang panjang tumbuh optimal dengan suhu 15 - 24 derajat Celcius. 

Pohon kacang panjang sering disebut sebagai tanaman dwiguna. Karena selain menghasilkan bahan pangan yang berkhasiat tinggi, pohon kacang panjang mempuyai akar yang berperan menghasilkan unsur nitrogen. Nitrogen ini dalam tanah berguna sebagai penyubur tanah secara alami. 


Baca Juga : Jual Benih Terong Raja Ijo Tahan Virus Namdhari Seed


Cara Menanam Kacang Panjang Benih Pertiwi 


Cara menanam kacang panjang menyukai tanah Alluvial yang subur dan gembur. Lahan bekas tanaman kacang tanah atau paprika ideal untuk budidaya kacang panjang. Hal tersebut karena lahan bekas kacang tanah dapat menekan populasi nematoda penyebab bengkak akar ( Meloidogyne spp. ). 

Cara menanam pohon kacang panjang adalah benih langsung ditanam tanpa proses penyemaian benih dulu. Lahan cara menanam kacang panjang diolah hingga gembur. Tanah dibolak balik sedalam 30 cm. Buatlah parit sekeliling lahan dan biarkan tanah selama 15 - 30 hari. 

Setelah 30 hari, buat bedengan lebar 60 - 80 cm, jarak antar bedengan 30 cm dan tinggi bedengan 30 cm. Panjang tergantung luas lahan. Buatlah lubang tanam menggunakan tugal sedalam 3 - 5 cm. 

Tiap bedengan dibuat 2 baris tanaman dan jarak tanam kacang panjang 70 x 30 cm. Tiap lubang tanam dimasukkan 2 - 3 benih Pertiwi. Kemudian tutup lubang tanam menggunakan tanah. 

Pengapuran dilakukan bila tanah memiliki pH rendah. Tanah diberi kapur Dolomit dengan dosis sebanyak 1 - 1,5 ton/ha. Pengapuran dilakukan pada 3 - 4 minggu sebelum tanam dicampur merata pada tanah kedalaman 30 cm.  

Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang sapi atau kuda sebanyak 10 - 15 ton/ha. Untuk pohon kacang panjang tipe tegak seperti benih Pertiwi pupuk dasar adalah Urea 22,5 kg/ha + TSP 45 kg/ha + KCl 45 kg/ha. 

Pohon kacang panjang tipe merambat menggunakan pupuk dasar Urea 150 kg/ha + TSP 100 kg + KCl kg/ha. Benih hibrida menggunakan pupuk dasar Urea 85 kg + TSP 310 - 420 kg + KCl 210 kg/ha. 


Pemeliharaan Pohon Kacang Panjang Pertiwi


Pupuk diberikan pada lubang pupuk di samping tanaman 3 hari sebelum tanam. Penentuan jarak tanam tergantung jenis pohon kacang panjangnya. Untuk tipe merambat, jarak lubang tanam yaitu 20 x 50 cm, 40 x 60 cm dan 30 x 40 cm. 

Jarak tanam tipe tegak lebih rapat yaitu 20 x 40 cm dan 30 x 60 cm. Sebaiknya budidaya kacang panjang adalah awal musim kemarau atau awal musim hujan. Boleh saja sepanjang musim menanam kacang panjang asalkan tersedia sumber air yang cukup.  

Bila pohon kacang panjang terlalu rimbun, maka lakukan segera pemangkasan daun dan ujung batangnya. Tanaman terlalu rimbun dapat menghambat pertumbuhan bunga. 

Pupuk susulan diberikan umur 4 minggu setelah tanam. Pohon kacang panjang tipe merambat diberikan pupuk susulan yaitu 150 kg/ha Urea. Untuk pohon kacang panjang tipe tegak yaitu 85 kg/ha Urea. 

Penyiraman penting terutama di fase awal pertumbuhan benih hingga tumbuh menjadi tanaman muda. Penyiraman dilakukan rutin setiap hari dan penyiraman berikutnya tergantung dari musim. 

Setelah tinggi pohon kacang panjang mencapai 25 cm, bila perlu untuk membantu tegaknya tanaman bisa dipasangkan ajir/lanjaran sepanjang 2 meter. 

Penyiangan untuk membersihkan gulma dilakukan pada umur 3 dan 5 minggu setelah tanam. Membersihkan rumput menjadi salah satu upaya mencegah dan mengendalikan serangan hama dan penyakit pohon acang panjang. 

Pengendalian terhadap hama dan penyakit antara lain ulat, lalat bibit, aphids, ulat tanah dan kutu kebul. Gulma harus selalu dibersihkan karena seringkali hama bersembunyi di rumput dan sulit untuk dikendalikan. 

Penyemprotan hama menggunakan insektisida berbahan aktif metomil dan deltametrin pada sore hari. Karena hama juga biasanya beraktivitas di malam hari. Hindari penyemprotan di siang hari karena hama biasanya suka bersembunyi di rumput gulma. 


Panen dan Pasca Panen Tanaman Kacang Panjang


Budidaya kacang panjang benih Pertiwi anti virus dan tahan penyait. Pengendalian hama dapat Anda lakukan dengan sistem cara tanam awal dan serentak. Sistem pergiliran tanaman dengan tanaman bukan famili kacang-kacangan. 

Bisa juga lahan ditutup mulsa jerami untuk mengurangi serangan serangga, memanfaatkan musuh alami baik parasitoid dan predator. Tanaman mati atau sakit sebaiknya segera dicabut dan dimusnahkan. Gunakan benih berkualitas bebas penyakit dari toko pertanian. 

Pohon kacang panjang mulai panen umur 50 - 60 hari setelah tanam. Pohon kacang panjang dipanen setiap minggu selama 1 - 2 bulan. Polong kacang panjang dipanen saat masih muda, bila terlambat panen menyebabkan polong berserat dan liat. 

Demikian artikel Kami judul : Pohon Kacang Panjang Budidaya Benih Pertiwi Unggul Anti Virus. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih unggul Pertiwi tahan virus. 

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang permaslahan pertanian. Pengiriman barang bersama jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang pohon kacang panjang hingga cara menanam kacang panjang benih Pertiwi. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.