TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

29/09/21

Kalori Jagung Rebus Benih Jagung Manis Jawara Cap Kapal Terbang

kalori jagung rebus, manfaat jagung, jagung manis jawara, benih jagung, cap kapal terbang, olahan jagung manis, jual benih jagung, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jagung Manis Jawara

Kalori Jagung Rebus Benih Jagung Manis Jawara Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih jagung manis Jawara cap Kapal Terbang. Jagung manis memiliki kalori jagung rebus yang baik bagi kesehatan. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanana konsultasi pertanian gratis. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa ekspedisi JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak menjadi dropship dan reseller pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam mulai benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Tersedia pula pupuk berkualitas, pestisida, ZPT dan alat pertanian. 

Kalori jagung rebus merupakan cara mudah mendapatkan kesehatan bagi tubuh kita karena mudah mengolahnya. Kalori jagung rebus Anda dapatkan pada Jagung Manis Jawara benih terbaik cap Kapal Terbang. 

Kalori jagung manis mengandung sebanyak 85,6 kCal dan juga mengandung serat, karbohidrat, protein, gula dan lemak. Dengan kandungan kalori rendah, manfaat jagung rebus dapat dijadikan sebagao salah satu menu diet. 

Kalori jagung rebus baik untuk kesehatan kita. Olahan jagung manis rebus paling mudah dibuat dan kaya manfaat. Jagung manis Jawara berat bobot tongkolnya dan rasa manis. Buah cepat masa panennya. 

Nutrisi lain dalam manfaat jagung adalah vitamin dan mineralnya. Antara lain vitamin C, E, Kalium, zat besi, zinc hingga betakaroten. Kalori jagung rebus mengandung manfaat jagung yang tinggi. 

Mengkonsumsi jagung manis Jawara salah satunya bermanfaat mencegah kerusakan lensa penyebab penyakit katarak. Serat jagung manis tinggi menjadikan kalori jagung rebus baik untuk sistem pencernaan tubuh kita. 


Jagung Manis Jawara Cap Kapal Terbang


Jagung manis Jawara cap Kapal Terbang merupakan golongan varietas hibrida silang tungga artinya bahwa benih merupakan generasi pertama persilangan antara inbrida. Tinggi tanaman mencapai 152 - 255 cm. 

Bentuk malai jagung manis Jawara tegak dan warna malai kuning. Warna rambut juga kuning. Umur mulai panen yaitu umur 77 - 92 hari setelah tanaman ( HST ). Bentuk tongkolnya silindris. Warna tongkol kuning dan warna biji kuning dengan rasa manis.  

Rasa biji jagung manis Jawara adalah manis dengan kadar gula 11,75 - 14,28 Brix. Bobot per tongkol 336 - 433 gram dan muncul satu tongkol per tanaman. 

Hasil tongkol per hektar sekitar 13,71 - 17,21 ton. Populasi tanaman per hektar sebanyak 53.333 tanaman dan kebutuhan benih per hektar yaitu 15,5 kg. 

Adaptasi jagung manis Jawara luas dapat ditanam mulai dataran rendah sampai tinggi dengan ketinggian tempat 550 - 1300 n dpl. Budidaya jagung manis Jawara dapat tumbuh baik di musim hujan dan musim kemarau. 

Tanaman jagung manis Jawara memiliki ciri utama tanaman vigorus, kokoh, daunnya lurus dan malai tegak. Potensi hasil panennya tinggi sehingga cocok sebagai peluang usaha pertanian menguntungkan dan menjanjikan untuk masa depan. 

Jagung umumnya mengandung gula rendah yaitu sekitar 1 - 3 persen dari total bobot keringnya. Namun untuk jagung manis memiliki kadar gula lebih tinggi. Kadar gula jagung manis rerata mencapai 18% dari bobot keringnya. 

Jagung memiliki indeks glikemik rendah hingga sedang tergantung varietas. Arti indeks glikemik adalah acuan seberapa cepat makanan yang kita konsumsi dapat meningkatkan kadar gula tubuh. 

Jagung juga mengandung serat tinggi sekitar 9 - 15% dari berat keringnya. Serat jagung bervariasi dan didominasi oleh serat tidak larut. Yaitu seperti hemiselulosa, selulosa dan lignin ( zat kayu ). 


Baca Juga : Pengendalian Jamur dan Peningkatan Produksi Tanaman dengan Cabrio 


Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh


kalori jagung rebus, manfaat jagung, jagung manis jawara, benih jagung, cap kapal terbang, olahan jagung manis, jual benih jagung, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Jagung Manis 
Bonanza F1

Manfaat jagung selain mengandung serat juga mengandung protein, kalium, Vitamin A, Vitamin C, thiamin, Riboflavin, vitamin B6, niasin dan masih banyak lagi. Besarnya kandungan nutrisi jagung tergantung varietasnya.

Kalori jagung rebus manis sekitar 85 kCal per 100 gram. Kandungan penting lainnya dalam kalori jagung rebus yaitu 21 gram karbohidrat, 73% mengandung air dan 3 gram protein. Serat sebanyak 2 gram, gula 4 gram dan lemak hanya 1 gram per 100 gram jagung. 

Kalori jagung rebus cukup banyak dan cocok sebagai salah satu menu diet Anda. Kalori jagung rebus mengandung nutrisi lengkap dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

1. Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Mata

Kalori jagung rebus mengandung sumber zeaxanthin dan karotenoid lutein yang berkhasiat untuk menyehatkan mata. Kalori jagung rebus dipercaya membantu mencegah kerusakan lensa penyebab penyakit katarak. 

Menurut penelitian, jagung kuning lebih banyak kandungan zeaxanthin dan karotenoid untuk kesehatan mata ini dibanding jagung putih. Faktir usia menjadi penyebab kesehatan mata menurun sehingga kalori jagung rebus baik dikonsumsi saat memasuki usia lanjut.  

2. Untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Kalori jagung rebus juga bermanfaat untuk kesehatan sistem penceranaan. Disini peran utama adalah kandungan serat dalam manfaat kalori jagung rebus. Serat membuat perut kita merasa kenyang lebih lama dan memberi makanan untuk bakteri baik pada saluran pencernaan kita. Mengkonsumsi serat cukup membuat sehat pencernaan dan mencegah kena penyakit kanker usus.  

3. Kalori Jagung Rebus Memenuhi Kebutuhan Protein

Kalori jagung rebus kaya protein dibandingkan sumber karbohidrat lainnya. Kalori jagung rebus kaya protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Khasiat protein adalah mengurangi rasa lapar, membantu membakar kalori lebih banyak dan menjaga kesehatan sel. Protein dalam kalori jagung rebus akan melindungi tubuh dari bakteri dan virus. 

Melindungi dari Radikal Bebas

Kalori jagung rebus mengandung antioksidan karena vitamin dan mineralnya. Antioksidan akan melindungi tubuh Anda dari serangan radikal bebas berbahaya. Penelitian menyebutkan bahwa radikal bebas menyebabkan timbulnya penyakit kronis dan dapat mempercepat proses penuaan. 

Antioksidan kalori jagung rebus membantu sel-sel tubuh kita dari kerusakan. Kerusakan sel dapat berpotensi menyebabkan penyakit jantung dan kanker. Mengkonsumsi jagung mencegah penyakit divertikulosis yaitu kantong pada usus penyebab infeksi. 

Karena tingginya nutrisi pada jagung, benarlah bahwa Pemerintah menggalakkan untuk makan jagung sebagai pengganti nasi. Jagung dapat Anda jadikan menu makan setiap hari. Selain mudah menanamnya, cara membuat olahan jagung juga mudah. 


Baca Juga : Budidaya Pepaya Hasil Tinggi Bebas Hama Penyakit 


Olahan Jagung Untuk Makanan Sehari-Hari


Cara mengolah jagung mudah dan cara paling mudah membuat olahan jagung yaitu dengan cara merebus. Rebusan olahan jagung tidak perlu ditambahkan bumbu lain. Olahan kalori jagung rebus lebih sehat dibandingkan olahan jagung bakar, camilan jagung goreng atau keripik jagung.  

Kalori jagung rebus kaya vitamin A dan bermanfaat untuk retina mata. Vitamin A kalori jagung rebus mencegah degenerasi makula yang mengganggu penglihatan saat usia kanjut. Vitamin C dan E juga kandungan tembaga dan zinc jagung terbukti mampu menjaga kesehatan mata.  

Kalori jagung rebus merupakan sumber serat tinggi untuk mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus kita. Bakteri baik ini berfungsi menghasilkan asam lemak rantai pendek dan dapat mencegah kanker usus besar. 

Olahan jagung sehat karena mengandung rendah kalori. Terutama camilan kalori jagung rebus yang rendah namun tinggi serat cocok sebagai camilan sehat sehar-hari. Camilan olahan jagung rebus membuat berat badan tetap stabil. 

Olahan jagung rebus berserat tinggi dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Kalium kalori jagung rebus dipercaya mampu menjaga tekanan darah. Sedangkan kandungan magnesium jagung mampu mengurangi tingkat serangan stroke dan penyakit jantung. 

Meski berasa manis namun kalori jagung rebus mampu mengurangi resiko dibetes tipe 2. Rasa manis kalori jagung rebus tidak mengganggu kadar gula tubuh penderita diabetes. 

Kandungan jagung manis kuning 1 tongkol besar memiliki 11% lemak, 76% karbohidrat dan 13% protein. Kalori tongkol jagung manis kecil panjang 14 - 17 cm adalah 63 kalori. Sedangkan tongkol sedang panjang 17,5 - 19 cm adalah 77 kalori. 

Semakin besar tongkol, kalori jagung juga semakin tinggi. Angka kalori per 1 tongkol telah mencukupi angka kebutuhan gizi ( ALG ) tubuh sebesar 6%. 


Baca Juga : Jual Benih Hibrida Labu Torsten Cepat Panen


Kandungan Jagung Nutrisi Terbaik Pengganti Nasi


kalori jagung rebus, manfaat jagung, jagung manis jawara, benih jagung, cap kapal terbang, olahan jagung manis, jual benih jagung, toko pertanian, toko online, lmga agro
Konsultasi Pertanian Gratis

Sebagai pengganti nasi, kandungan jagung dengan nutrisinya lebih disarankan dibandingkan kentang yang sama-sama mengandung karbohidrat. Kita memakan nasi karena nasi merupakan sumber karbohidrat dan sudah menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. 

Namun gaya hidup kini banyak orang ingin mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain yang mudah diperoleh, murah dan menyehatkan. Jagung dan kentang dipilih karena keduanya merupakan sumber karbohidrat yang tidak kalah bergizi dibanding nasi. 

Kesamaan antara jagung dan kentang sama-sama sumber karbohidrat dan mengandung nutrisi penting. Dalam jumlah sama dengan kandungan jagung, kentang tidak mengandung lemak sedangkan jagung masih mengandung lemak. 

Keduanya juga mengandung serat, vitamin dan mineral meski jumlahnya berbeda. Kandungan Kalium dan Natrium kentang lebih tinggi dari jagung. Namun jumlah kandungan vitamin jagung lebih tinggi dari kentang. Keduanya mengandung gula sederhana dalam jumlah kecil.

Kalori jagung rebus merupakan camilan menyehatkan dan murah. Manfaatnya baik sebagai menu diet sehari-hari. Kalori jagung rebus rendah dan setara dengan kandungan nutrisi pada buah apel. Buah Apel bagi beberapa orang sulit didapat dan harganya mahal. 

Kalori jagung rebus rendah lemak dan rendah kandungan gula. Mengkonsumsi olahan jagung manis memberikan rasa kenyang lebih lama. Olahan jagung manis kaya akan serat. Manfaat serat yaitu membantu melancarkan pencernaan.  

Ternyata olahan jagung juga bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Ditemukan pada jagung ternyata merupakan jenis asam lemak terburuk untuk semua jenis biji-bijian. Jagung terlalu banyak asam lemak Omega-6 dimana dapat memproduksi hormon penyebab peradangan. 

Bila dalam tubuh, Omega-6 menggantikan Omega-3 maka cenderung tubuh akan kehilangan kontrol atau respon peradangan. Jika respon tubuh terhadap peradangan melemah maka mengakibatkan menurunnya kekebalan tubuh, diabetes, asma, kolesterol, depresi, jantung hingga kanker. 


Jagung Manis 


Nama latin jagung manis adalah Zea mays saccharata Sturt. Secara morfologi mempunyai akar serabut dengan 3 macam akar yaitu akar seminal, adventif dan kait atau penyangga. 

Akar seminal perkembangan dari radikula dan embrio serta perannya sedikit dalam siklus hidup jagung. Akar adventif dan kait berperan mengambil air dan hara. 

Batang jagung manis bulat silindris, tidak berlubang dan beruas-ruas sebanyak 8 - 20 ruas dengan diameter 3 - 4 cm. Jagung manis memiliki tinggi bervariasi antara 60 - 300 cm tergantung varietas. 

Daun terdiri oleh beberapa struktur yaitu tangkai daun, lidah dan telinga daun. Jumlah daun berkisar antara 10 - 18 helai. Rata-rata daun akan membuka sempurna 3 - 4 hari setiap helai daun. 

Bunga jantan dan bunga betina terpisah pada bunga yang berbeda namun masih dalam satu individu tanaman. Bunga betina keluar dari buku-buku berupa tongkol. 

Tangkai putik bunga betina mirip rambut dan bercabang-cabang kecil. Bagian atas putik keluar dari tongkol untuk menangkap serbuk sari. 

Biji jagung manis terletak pada tongkol bersusun. Biji jagung manis muda mempunyai ciri bercahaya dan jernih seperti kaca. Biji yang masak kering, keriput dan berkerut. 

Syarat tumbuh jagung manis yaitu hampir dapat tumbuh di semua jenis tanah dengan drainase yang baik, tanah berhumus dan pupuk tercukupi. Tanah memiliki pH 5,5 - 7. 

Jagung manis menyukai curah hujan antara 200 - 300 mm/bulan. Keadaan suhu ideal yaitu antara 23 - 27 derajat Celcius. Namun pada suhu rendah 16 derajat Celcius dan suhu tinggi sampai 35 derajat Celcius, jagung manis masih dapat tumbuh. 


Baca Juga : Tomat Optima Buah Besar dan Tahan Virus di Dataran Tinggi 


Budidaya Jagung Manis


kalori jagung rebus, manfaat jagung, jagung manis jawara, benih jagung, cap kapal terbang, olahan jagung manis, jual benih jagung, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat Siram Kocor

Budidaya jagung manis lebih rentan serangan hama dan penyakit dibanding menanam jagung biasa. Namun berdasarkan sisi jual, jagung manis lebih mahal dan lebih disukai masyarakat karena kalori jagung rebus dan nutrisinya. Jagung manis lebih enak disantap karena rasa manisnya lebih tinggi dibanding jagung biasa. 

Jagung manis merupakan perkembangan tipe jagung biasa jenis dent dan flint. Menjadi jagung manis karena terjadi mutasi gen resesif yang menghambat perubahan gula menjadi pati. Kadar gula jagung manis meningkat mulai hari ke-5 sampai hari ke-15.

Budidaya jagung manis dapat dilakukan dalam kisaran iklim yang luas. Tanaman jagung manis memiliki adaptasi tinggi dan luas. Di Indonesia, jagung manis dapat ditanam di dataran rendah hingga pegunungan dengan tinggi tempat 1800 m dpl. 

Cara menanam jagung manis harus selalu memenuhi kebutuhan haranya dengan baik. Tanaman jagung manis sangat menyukai unsur Nitrogen cukup banyak. Namun keseimbangan harus diperhatikan antara Nitrogen, Kalium dan Phospat. 

Budidaya jagung diawali dengan pengolahan tanah terlebih dahulu. Menanam jagung manis dapat Anda lakukan di lahan bekas sawah langsung tanpa bedengan atau dibuat bedengan dulu. 

Bila lahan adalah bekas menanam padi maka pastikan air sudah tidak menggenang. Lahan dibuat bedengan jagung karena untuk mengatur saluran drainase. Antar bedengan dibuat jarak untuk tempat saluran air. 

Bedengan budidaya jagung dibuat berukuran lebarnya 1 meter dan tinggi 20 - 30 cm. Jarak antar bedengan sebesar 30 cm. Satu bedeng dibuat 2 baris atau larik tanaman. 

Pupuk dasar sebelum tanam yaitu pupuk kandang ayam dicampur pupuk kandang sapi atau kambing ( 1 : 1 ). Pupuk kandang ayam mengandung Nitrogen lebih tinggi dan cepat terurai. Sedangkan pupuk kandang sapi/kambing kaya unsur Phospat dan Kalium. Pemberian pupuk sebanyak 5 ton/hektar. 


Penanaman dan Perawatan Tanaman Jagung Manis


Cara menanam jagung manis paling efektif adalah dengan cara tugal. Lubang tanam dibuat dengan alat tugal dalamnya 2 - 3 cm lalu masukkan benih jagung manis Jawara cap Kapal Terbang. Setelah itu benih ditutup tanah dan kompos. 

Setelah benih ditutup semua, lakukan penyiraman. Jarak tanam jagung manis yaitu 60 - 75 cm. Pemupukan jagung manis dilakukan 3 kali selama siklus hidupnya. Pertama saat pemupukan dasar menggunakan pupuk organik. 

Dilanjutkan pemupukan kedua atau pemupukan susulan pertama yaitu umur 15 hari setelah tanam. Pupuk susulan ke-1 menggunakan 15 kg/ha Phonska dan 75 kg/ha Urea. Gabungan kedua jenis pupuk diyakini membuat tanaman subur dan lebih tahan serangan hama dan penyakit.  

Pemupukan susulan ke-2 umur 30 hari setelah tanam menggunakan pupuk Urea sebanyak 150 kg/ha. Selain dipupuk, tanaman juga harus rutin disiram agar tanah tetap lembab dan memudahkan tanaman menyerap unsur hara. Budidaya jagung tidak dibolehkan sampai kekeringan dan kondisi lahan tandus. 

Hama utama tanaman jagung manis yaitu penggerek batang, ulat tongkol, kutu daun, belalang dan tikus. Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi tentang cara menghadapi serangan hama di lapangan. Anda dapat menghubungi kami SMS, WA atau telfon langsung gratis. 

Penyakit utama tanaman jagung manis yaitu penyakit bulai, karat, hawar daun, dan hawar pelepah. Umur panen jagung manis Jawara cap Kapal Terbang adalah 77 - 92 hari setelah tanam. 

Jagung manis mulai berbunga setelah umur 50 hari setelah tanam. Sepuluh hari sebelum panen utama, sebaiknya jagung muda segera dipetik. Setelah itu akan tumbuh 2 tongkol jagung dan petiklah tongkol paling bawah. Tongkol muda dipetik agar asupan nutrisi terfokus ke tongkol utama dan hasilnya bisa maksimal. 

Setelah tongkol muda dipetik, pangkaslah daun bagian bawah sebanyak 2 - 3 helai. Apabila muncul tunas-tunas buah muda sebelum panen utama maka pangkaslah tunas buah tersebut. Jagung manis Jawara akan dipetik satu tongkol per tanaman. 


Kalori Jagung Rebus Jawara


Demikian artikel Kami judul : Kalori Jagung Rebus Benih Jagung Manis Jawara Cap Kapal Terbang. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telfon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Aro jual benih jagung manis Jawara cap Kapal Terbang. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan untuk bercocok tanam mulai benih hibrida tanaman sayur dan buah. Pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat pertanian lengkap. Kami juga menerima layanan konsultasi pertanian gratis. 

Toko pertanian LMGA Aro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang kalori jagung rebus dengan kandungan nutrisi jagung rebus. Manfaat olahan jagung manis selain rasanya enak juga kaya manfaat. Salam sehat.. Salam sukses... 


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.