TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

26/09/21

Benih Cabai Besar yang Cocok di Musim Hujan Imola Reborn F1 Murah

benih cabai besar, musim hujan, cara menanam cabe, cabe merah,imola reborn f1, eston seed, jual benih cabe besar, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabai Besar Hibrida
Imola Reborn 

Benih Cabai Besar yang Cocok di Musim Hujan Imola Reborn F1 Murah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih cabai besar yang cocok di musim hujan Imola Reborn F1. Benih cabai terbaik produk Eston Seed tahan virus. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam benih cabai besar yang cocok di musim hujan. Tersedia pupuk,pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami siap kirim pesan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia.

Toko pertanian LMGA Agro menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Kami juga mengajak sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan produk Eston Seed ini merupakan benih Imola new dan semakin baik kualitasnya. Benih cabai besar Imola Reborn F1 tahan virus Gemini. Benih juga tahan penyakit layu Fusarium, layu bakteri dan layu Phytopthora. 

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan ini dapat ditanam didataran rendah hingga dataran tinggi. Buah cabainya panjang dan besar. Cabai Imola Reborn F1 berpotensi panen sebesar 1 - 2 kg per tanaman. 

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan tahan penyakit dan virus. Penyakit patek paling ditakuti di musim hujan. Benih Imola Reborn F1 murah dan terbaru cocok di dataran pendek hingga tinggi. Buah panjang dan kulit tebal.

Petani sangat antusias dan menyambut adanya benih cabai besar yang cocok di musim hujan. Mengingat harga cabai di Indonesia selalu menanjak naik dan mahal memasuki musim hujan. Tidak banyak Petani cabe yang berani menanam cabe di musim hujan.

Namun bila berhasil budidaya cabe di musim hujan, keuntungan yang diperoleh akan besar sekali. Karena itu, budidaya cabe di musim hujan menjadi tantangan tersendiri bagi Petani cabe untuk berhasil atau gagal. 


Cabe Besar Benih Hibrida Imola Reborn


Benih hibrida cabe besar Imola Reborn produk Eston Seed direkomendasikan untuk dataran rendah hingga tinggi. Keunggulan cabai besar Imola Reborn F1 sebagai benih cabai besar yang cocok di musim hujan.

Sebagai benih hibrida, cabe Imola Reborn tahan virus Gemini, penyakit layu Fusarium, layu bakteri dan layu Phytopthora. Hasil buah cabe Imola Reborn F1 besar dan panjang. Potensi hasil panen mencapai 1 - 2 kg per tanaman.  

Budidaya cabe merah besar Imola Reborn F1 panen umur 72 - 78 HST. Buah cabe besar tekstur kulit tebal dan tidak mudah rusak bila distribusi jarak jauh. Daya tahan simpan cukup lama. Rasa pedas dan merupakan pewarna merah alami bagi masakan pedas. 

Cabe merah besar ( CMB ) Imola Reborn F1 sama dengan benih Imola produk sebelumnya merupakan komoditas pertanian favorit petani selain cabe rawit. Sama seperti pendahulunya, cabe merah besar Imola Reborn F1 masuk kategori benih cabai tahan virus kuning ( Gemini ) dan penyakit keriting. 

Karateristik cabe besar Imola Reborn F1 merupakan tanaman yang kokoh, melebar dan banyak memiliki percabangan. Pohon cabe Imola Reborn F1 lebat buahnya, berukuran besar, panjang lurus dan memanjang. 

Ukuran panjang buah sekitar 16 cm dan diameter 1,5 cm. Panen cabe Imola Reborn 75 HST. Benih cabai besar yang cocok di musim hujan dipilih untuk mengatasi tantangan dan gangguan selama menanam cabe di musim hujan.  

Cara menanam cabe di musim hujan sangat berbeda sekali dengan menanam cabe di musim kemarau. Kita harus mempersiapkan segala hal yang kemungkinan terburuk akan terjadi selama turun hujan. 

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan harus unggul dalam hal ketahanannya dari hama dan penyakit. Tantangan terbesar budidaya benih cabai besar yang cocok di musim hujan adalah serangan penyakit yang disebabkan jamur dan bakteri. 


Baca Juga : Hama dan Penyakit Tanaman Cabai pada Musim Peralihan


Harga Cabe Tinggi di Musim Hujan


benih cabai besar, musim hujan, cara menanam cabe, cabe merah,imola reborn f1, eston seed, jual benih cabe besar, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Cabe Besar

Cara menanam cabe besar di musim hujan menghadapi kendala pasca tanam yaitu panen perdana yang mundur sekitar 10 hari dari estimasi 75 HST. Jadi panen perdana mundur mulai umur 85 HST. 

Salah satu kendala juga yaitu serangan penyakit busuk buah, serangan hama lalat buah dan patek. Panen dengan hasil terbaik yaitu pada panen ke-8 dan harga cabe bisa meningkat. 

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan cukup membantu mengendalikan serangan penyakit dan mendapatkan hasil panen memuaskan. Namun benih tahan penyakit dan virus juga tidak berpengaruh bila tidak melakukan pemeliharaan yang baik dan benar. 

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan setidaknya mempengaruhi setengah dari panen yang diinginkan. Dengan menggunakan benih cabai besar yang cocok di musim hujan, kita dapat memenuhi ketersediaan cabai di pasaran. 

Bila ketersediaan cabai di pasaran tidak dapat memenuhi permintaan masyarakat maka harga cabe akan naik. Kondisi ini berlaku bagi semua jenis cabe di Indonesia. Cabe rawit paling besar permintaan masyarakat dibandingkan cabe besar, cabe keriting dan cabe hijau.

Petani cabe harus pintar-pintar menentukan pasar sebelum musim hujan datang. Karena harga cabe di musim hujan biasanya lebih mahal dibandingkan harga cabai di musim kemarau. 

Kendala bila menanam di musim hujan yaitu bunga cabe sering rontok dan gagal memperoduksi buah karena turun hujan tinggi. Namun lebih beresiko tinggi selain hujan deras yaitu serangan penyakit patek yang menyerang semua jenis cabe saat musim hujan. 


Baca Juga : Bahaya Serangan Jamur Phytopthora di Musim Hujan


Apa Itu Patek..


Apa itu Patek ? Patek adalah nama penyakit yang disebut juga dengan nama antraknosa dan sering menyerang tanaman perdu seperti cabai, tomat, timun dan pepaya. Patek menyerang pada bagian buah dan menjadikan buah busuk hingga gagal panen. 

Patek ternyata tidak hanya menyerang bagian buah saja namun nama lain dari antraknosa ini juga menyerang batang dan daun tanaman hingga layu dan mati. Pohon cabai besar dengan benih cabai besar yang cocok di musim hujan adalah berbentuk perdu dengan tinggi 50 - 90 cm. 

Batang pohon cabai mengandung sedikit kayu terutama bagian paling dekat perakaran adalah yang paling tua. Jika buahnya lebat, pohon cabe kadang kesulitan menanggung beban berat buah keseluruhan hingga tumbuh melengkung. 

Pohon cabe melengkung perlu diberi penyangga agar bisa berdiri tegak. Namun bila sudah terserang patek, buah cabe kadang tidak bisa berbuah. Buah menjadi busuk dan gugur. 

Serangan penyakit patek ditandai munculnya bercak coklat kehitaman pada buah yang sudah tua. Buah terinfeksi patek lama-kelamaan akan menjadi kerdil dan busuk. Begitu juga bila menyerang batang dan daun juga menjadi kecil dan busuk. 

Petani menjadi sangat bingung bila tanaman cabe mereka terinfeksi penyakit patek. Karena buah cabe yang siap panen tetiba mengecil, membusuk dan rontok. Penyakit patek seringkali menyerang cabai yang hampir panen. 

Penyebab penyakit patek yaitu jamur patogen bernama Colletotrichum sp. Jamur ini cepat dan sangat mudah menyebar karena sporanya ringan. Beberapa faktor juga mendukung mudahnya penyebaran jamur berkembang. 


Budidaya Benih Cabai Besar yang Cocok di Musim Hujan


benih cabai besar, musim hujan, cara menanam cabe, cabe merah,imola reborn f1, eston seed, jual benih cabe besar, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Untuk Menyemai
Benih Cabai

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan menemui kendala intensitas hujan yang tinggi. Sehingga kelembaban tanah dan udara juga tinggi dan suhu rendah. Jamur sangat menyukai kondisi iklim demikian sehingga jamur akan berkembang biak sangat cepat. 

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan menghadapi serangan jamur penyebab penyakit patek. Penyakit patek jarang ditemui kasusnya di musim kemarau.

Pemasangan mulsa plastik hitam perak mampu mengurangi kelembaban tanam cabe di musim hujan. Pengaturan kelembaban menggunakan mulsa diharapkan spora jamur tidak cepat berkembang.  

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan menghadapi lahan yang tergenang bila intensitas hujan tinggi. Bila bedengan dibuat tinggi 40 cm dan kondisi tanah baik maka air cepat merseap ke dalam tanah. 

Genangan air disukai spora jamur penyebab patek. Bila spora jamur kena tubuh tanaman maka dapat menularkan penyakit. Benih cabai besar yang cocok di musim hujan cukup kuat menghadapi lingkungan yang banyak air. 

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan sebaiknya ditanam dengan jarak tanam agak lebar. Tujuannya untuk mengurangi tingkat kelembaban yang tinggi di musim hujan. Jarak tanam rapat membuat sirkulasi udara tidak lancar. 

Sinar matahari tidak bisa menyentuh ke tanah dan merata ke seluruh tanaman. Penetrasi sinar matahari tidak merata menyebabkan kelembaban tinggi dan jamur cepat berkembang biak. 

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan dibuat mampu menghadapi serangan patek. Patogen jamur patek mampu bertahan hidup sekitar hingga 9 bulan. Sehingga perlu Anda memilih benih cabai besar yang cocok di musim hujan bila ingin budidaya cabe di musim hujan. 


Pemeliharaan Benih Cabai Besar yang Cocok di Musim Hujan 


Penanaman benih cabai besar yang cocok di musim hujan sebaiknya Anda tanam dengan jarak tanam lebar. Jarak tanam idela cara menanam cabe di musim hujan yaitu 15 - 20 cm agar daun tidak saling bersentuhan. 

Bila nanti ada tanaman terinfeksi penyakit patek, daun dan cabang tidak saling bersentuhan dan tidak saling menularkan dengan tanaman sebelahnya. Penyebaran ditekan seminimal mungkin selain menggunakan benih cabai besar yang cocok di musim hujan. 

Penyiangan gulma dilakukan rutin dan teratur. Lingkungan tanam cabe penuh tanaman gulma membuat tanah tidak gembur dan jamur mudah sekali menyerang. Pangkaslah cabang tanaman cabe yang rimbun dan cabutlah gulma di sekitar tanaman. 

Perlu diketahui bahwa pemupukan Nitrogen terlalu banyak juga dapat memicu patek menyerang. Terutama bila menanam benih cabai besar yang cocok di musim hujan maka pemberian pupuk Nitrogen tidak perlu banyak. 

Air hujan sudah mengandung Nitrogen sehingga pemupukan cabai di musim hujan perlu dikurangi dosis Nitrogennya. Gunakan pupuk daun cair untuk mengendalikan penyakit. 

Menanam benih cabai besar yang cocok di musim hujan perlu adanya jadwal pengaturan tanggal dan waktu tanam. Pengaturan ini untuk mencegah panen di saat curah hujan sangat tinggi. Hujan menyebabkan buah siap panen akan busuk dan tidak tahan lama karena kelembaban tinggi. 

Memasuki fase generatif saat curah hujan tinggi menyebabkan bunga rontok sehingga gagal menjadi buah. Perhitungkan saat memasuki fase generatif, curah hujan belum tinggi. 


Baca Juga : Harga Cabe Mahal Hati-Hati Serangan Lalat Buah


Cara Menanam Benih Cabai besar yang Cocok di Musim Hujan pada Polybag


benih cabai besar, musim hujan, cara menanam cabe, cabe merah,imola reborn f1, eston seed, jual benih cabe besar, toko pertanian, toko online, lmga agro
Mulsa Plastik Hitam Perak 

Benih cabai besar yang cocok di musim hujan di polybag juga melewati proses penyemaian benih. Media semai dari campuran tanah humus dan telah gembur dicampur pupuk kandang ( 1 : 1 ). Aduk campuran pupuk sampai merata lalu masukkan ke plastik bening kecil atau bedeng semai.

Tanam benih cabai besar Imola Reborn F1 dengan memberi jarak. Tutup benih dengan tanah lalu siram air pelan-pelan. Letakkan wadah semai pada tempat persemaian yang aman dan dinaungi plastik. 

Biasanya tunas akan muncul 3 - 5 hari setelah ditanam. Perawatan selama persemaian cukup menyiramnya secara rutin setiap hari. Tidak perlu diberi pupuk atau pestisida. 

Tunas muncul hingga menjadi bibit kuat yaitu sekitar 2 minggu. Sebelumnya persiapkan dulu media tanam di polybag yaitu tanah dan pupuk kandang 1 : 1. Tambah sedikit kompos daun dan arang kayu yang sudah dihaluskan.

Campur dan aduk hingga merata dan masukkan ke polybag yang berukuran 40 x 50 cm. Tanam bibit dengan cara bibit diambil dari plastik semai dengan hati-hati agar tidak merusak akar. Sebelum bibit dipindahkan, siram air dulu agar lebih mudah. 

Perawatan selanjutnya bibit benih cabai besar yang cocok di musim hujan agar cepat berbuah dan segera panen yaitu rajin menyiram tanaman. Namun karena menanam benih cabai besar yang cocok di musim hujan maka tanah akan selalu basah. Lakukan penyiraman sesuai kebutuhan tanaman. 

Pemupukan cara menanam cabe di polybag cukup murah dan mudah. Semprotkan pupuk cair dan berikan pupuk kandang 7 - 10 hari sekali. Beri micin 1 sendok makan untuk 2 liter air dan kocorkan ke tanaman sekitar 200 ml per tanaman atau gelas aqua. 

Pengendalian hama dan penyakit dapat Anda lakukan secara manual. Untuk mencegahnya gunakan pestisida dan semprotkan sesuai dosis yang dianjurkan. Pemeliharaan budidaya benih cabai besar yang cocok di musim hujan dapat Anda berkonsultasi kepada Toko Pertanian LMGA Agro gratis.  


Pemupukan Benih Cabai Besar yang Cocok di Musim Hujan


Benih cabai besar yang cocok di musim hujan menghadapi ancaman serangan jamur patek. Hal ini karena musim hujan cenderung kelembabannya tinggi. Bila tidak benar penanganannya maka budidaya bisa gagal panen. 

Pemupukan memegang peranan penting memberi kekuatan tanaman untuk selamat dari curah hujan yang ekstrem. Pemupukan yang baik dan benar benih cabai besar yang cocok di musim hujan akan diperolah hasil panen memuaskan dan optimal. 

Pemupukan benih cabai besar yang cocok di musim hujan sebaiknya menggunakan pupuk majemuk NPK. Pupuk NPK telah diformulasi dengan kadar hara sesuai kebutuhan tanaman. 

Pupuk NPK lebih efektif dan takarannya pas sesuai kebutuhan tanaman dibandingkan pupuk tunggal. Petani biasanya mencampur-campur pupuk tunggal dengan takaran yang kurang tepat. Sehingga penanaman di musim hujan, campuran pupuk kurang tepat membuat tanaman kurang kuat menahan serangan penyakit.  

Cara menanam cabe hal pemupukan harus dihindari pemberian unsur hara berlebihan. Benih cabai besar yang cocok di musim hujan bila terserang patek harus segera dibersihkan. Bibit harus segera dicabut dan bersihkan area kebun. 

Bakar sisa tanaman mati dan semprot tanaman yang masih sehat dengan fungisida untuk mencegah penularan. Fungisida untuk mengatasi patek adalah berbahan aktif propineb, mankozeb dan tebukonazol tiga hari sekali. 

Demikian artikel Kami silahkan hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih cabai besar yang cocok di musim hujan, salah satunya terbaru cabe Imola Reborn F1. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan beragam benih hibrida buah dan sayur, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama jasa JNE, KI8 dan pos Indonesia.  

Semoga artikel Kami bermanfaat dan selamat mencoba menanam benih cabai besar yang cocok di musim hujan dengan baik dan benar. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.