TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

23/09/21

Manfaat Makan Buah Semangka Merah Berbiji Red Round Dragon F1

manfaat makan buah, semangka berbiji, red round dragon, tunas agro, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Hibrida Semangka
Red Round Dragon


Manfaat Makan Buah Semangka Merah Berbiji Red Round Dragon F1. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih semangka berbiji Red Round Dragon F1 produk Tunas Agro. Manfaat makan buah semangka berbiji mengandung serat dan vitamin serta mineral tinggi. 

Toko Pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam mulai benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Juga menyediakan pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami menerima konsultasi pertanian gratis.

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang terpercaya JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Manfaat makan buah dapat Anda rasakan dengan mengkonsumsi buah semangka. Budidaya semangka berbiji Red Round Dragon F1 produk Tunas Agro buah semangka merah menyegarkan. Buah semangka Red Round Dragon mengandung nutrisi lengkap yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Manfaat makan buah baik bagi kesehatan jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Buah semangka kaya kandungan air dan antioksidan serta vitamin A dan C. 

Manfaat makan buah semangka merah Red Round Dragon dengan rasa manis dan kaya kandungan air. Konsumsi serat buah terbukti dapat membuat tubuh kita terhindar dari penyakit dan tidak mudah sakit. Agar mendapatkan manfaat makan buah, Anda harus makan buah rutin setiap hari. 

Manfaat makan buah mengandung beragam vitamin yang menambah daya imun tubuh. Buah semangka mengandung sumber air dan gizi untuk mencegah penyakit ringan hingga berat seperti penyakit kanker. Manfaat makan buah kaya antioksidan yang mampu menambah daya tahan tubuh menangkal radikal bebas penyebab kanker.


Semangka Berbiji Red Round Dragon F1


Semangka hibrida Red Round Dragon buah berbentuk bulat. Warna kulitnya hijau muda dengan garis-garis hijau tua ciri khas semangka berbiji. 

Daging buah semangka berbiji Red Round Dragon adalah merah. Kaya air dan rasanya manis. Bobot buah sekitar 6 - 8 kg dan berpotensi hingga 12 kg. 

Buah semangka mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Manfaat makan buah semangka pastinya juga sangat baik untuk tubuh kita. Meskipun rasanya manis namun mengandung gula alami yang aman bagi penderita diabetes.

Manfaat makan buah yang kaya air seperti semangka Red Round Dragon mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Semangka berbiji Red Round Dragom buah sumber air sekaligus gizi, serat dan antioksidan. 

Kaya kandungan air menjadikan buah semangka sumber air alami untuk mengatasi dehidrasi tubuh. Kandungan nutrisinya lengkap untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Kandungan airnya kaya vitamin dan mineral sekaligus menjadikan buah semangka sumber antioksidan alami. 

Buah semangka merupakan buah kaya vitamin dan mengkonsumsinya secara teratur menghindarkan kita tidak terserang penyakit berbahaya. 

Semangka berbiji mempunyai banyak biji dalam daging buahnya. Biji semangka biasanya dibuang begitu saja seusai menyantap daging buah semangka. Padahal biji semangka juga memiliki manfaat yang tak kalah luar biasanya dengan daging buah semangka. 

Biji semangka tidak pernah dikonsumsi dan beberapa orang mengolah biji semangka karena akan dijual. Biji semangka secara komersil bisa dijadikan makanan camilan kuaci.   


Baca Juga : Produk Benih Oriental Seed Mutu Terjamin  


Manfaat Makan Buah Bagi Kesehatan


manfaat makan buah, semangka berbiji, red round dragon, tunas agro, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Manfaat Makan Buah Semangka Menyehatkan

Buah kaya kandungan vitamin dan mineral yang sudah dipercaya memberikan banyak manfaat makan buah. Manfaat makan buah menyehatkan jantung kita terutama bila kita membiasakan untuk makan buah dan sayur setiap hari. 

Manfaat makan buah menurunkan resiko penyakit jantung turun hingga 4% setiap kita menambah porsi makan buah dan sayur per harinya. Resiko menderita penyakit jantung dan stroke turun hingga 20%. 

Manfaat makan buah dan sayur mampu membatasi jumlah lemak dalam tubuh kita. Diet tinggi serat dari manfaat makan buah berpotensi menurunkan tekanan darah. 

Manfaat makan buah dapat mencegah penyakit kanker. Wanita belum menopouse dan rajin makan buah 3 porsi sehari memiliki resiko kanker rendah sebesar 25% dibandingkan yang jarang makan buah. Seorang pria yang rajin makan buah terhindar dari penyakit kaker prostat. 

Manfaat makan buah mencegah penyakit diabetes. Mengkonsumsi buah secara teratur dapat menurunkan resiko diabetes tipe 2.  

Manfaat makan buah secara rutin membantu menurunkan berat badan asalkan mengurangi asupan makan makanan produk karbohidrat olahan seperti roti. 

Manfaat makan buah dapat melancarkan sistem pencernaan. Karena buah mengandung serat yang mampu menyerap air lalu serat akan mengembang saat melewati saluran pencernaan. Manfaat makan buah juga membantu melancarkan kerja usus dalam mencerna makanan. Sehingga kita terhindar dari gangguan sembelit. 

Manfaat makan buah menyebabkan serat yang tak larut air dapat membantu mengurangi tekanan di saluran pencernaan. Kita pun terhindar dari penyakit diverticulosis. 

Manfaat makan buah baik untuk kesehatan mata dan membuat mata tetap sehat. Manfaat makan buah mencegah penyakit katarak dan degenerasi makula. Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin buah paling berperan memberikan perlindungan pada organ mata kita.  


Baca Juga : Cara Menanam Cabe Jacko 99 Tunas Agro


Biji Semangka Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan


Menurut United States Department of Agriculture ( USDA ) bahwa 1 ons biji semangka mengandung nutrisi lengkap. Yaitu antara lain : kalori ( 158 ), protein ( 8 g ), lemak ( 13,3 g ), karbohidrat ( 4,3 g ), zat besi ( 2,06 mg ), magnesium 146 mg. 

Dalam biji semangka juga mengandung fosfor, kalium, seng dan folat. Untuk memudahkan mendapatkan nutrisi semangka dan bijinya, Anda dapat makan biji semangka bersama daging buahnya langsung. 

Biji semangka juga diolah berbentuk kuaci semangka dan biasanya cara memasaknya dengan dipanggang. Biji semangka dipanggang dalam oven bersuhu 162 derajat Celcius selama 15 menit. Selanjutnya aduk dan ratakan untuk memastikan bahwa biji semangka renyah atau belum. 

Manfaat biji semangka bersamaan manfaat makan buah semangka adalah :

1. Membuat Rambut Menjadi Sehat

Biji semangka mengandung mikro-nutrien yang bagus untuk memelihara kesehatan kulit dan rambut. Karena biji semangka mengandung protein untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. 

Kandungan magnesiumnya untuk mencegah rambut bercabang dan batang rambut rusak. Zinc dalam biji semangka meningkatkan produksi melanin yang membuat rambut terasa halus dan berkilau. 

2. Membuat Berat Badan Tetap Ideal

Kandungan kalori rendah membuat biji semangka mampu menjaga berat badan tetap ideal walau dimakan sebagai makanan camilan. 

3. Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan magnesium biji semangka untuk menjaga fungsi jantung agar bekerja normal dan benar. Zat magnesium dapat menjaga tingkat tekanan darah dan mendukung proses metabolisme tubuh. 

4. Menjaga Sistem Saraf dan Regenerasi Sel

Kandungan zinc biji semangka membantu memelihara sistem saraf, pencernaan dan proses regenerasi sel dalam tubuh.  

5. Mampu mengendalikan Kadar Gula Darah

Biji semangka mampu mengendalikan kadar gula darah dan membantu mencegah resisten insulin dalam tubuh. Makan biji semangka dipercaya mampu mengendalikan penyakit diabetes. 


Fungsi Nutrisi dalam Buah dan Biji Semangka


manfaat makan buah, semangka berbiji, red round dragon, tunas agro, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pohon Semangka 

Unsur Kalium dan Magnesium semangka berperan menjaga kesehatan jantung. Juga berperan menurunkan tekanan darah bagi penderita obesitas dengan hipertensi. 

Kalium merupakan nutrisi vasodilator yang mampu merilekskan pembuluh darah dan arteri. Berkhasiat merangsang aliran darah dan mengurangi tekanan sistem kardiovaskular. 

Manfaat makan buah semangka mengandung karotenoid berkhasiat mencegah pengerasan dinding arteri dan vena. Sehingga berhubungan dengan menurunnya tekanan darah dan resiko terjadinya pembekuan darah, serangan jantung dan aterosklerosis.

Kandungan air sebanyak 92% dalam manfaat makan buah semangka dan elektrolitnya mampu menghidrasi tubuh. Air bersama elektrolit tersebut mampu mencegah terjadinya dehidrasi tubuh, menurunkan suhu tubuh dan tekanan darah. 

Kandungan air semangka mampu melembabkan tubuh selama musim kemarau. Manfaat makan buah semangka sangat disukai masyarakat di daerah tropis termasuk di Indonesia. Cuaca panas daerah tropis merasakan manfaat makan buah segar kaya air seperti buah semangka. 

Kalium buah semangka turut membantu melepaskan endapan racun dalam ginjal. Kalium berkhasiat mengurangi asam urat dalam darah sehingga dapat mengurangi terjadinya batu ginjal. 

Manfaat makan buah semangka memang akan lebih sering buang air kecil namun hal tersebut membantu membersihkan racun dalam organ ginjal yang tidak diperlukan oleh tubuh. Manfaat makan buah semangka mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan ginjal. Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan. 

Manfaat makan buah semangka mengandung vitamin A dan C baik untuk kulit dan rambut. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang berperan penting dalam penyembuhan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen. Vitamin A berfungsi membantu memperbaiki sel kulit dan membuat kulit tetap muda dan kenyal. 

Manfaat makan buah semangka berbiji Red Round Dragon mengandung citrulline membuat denyut jantung stabil setiap harinya. Citrulline adalah asam amino sebagai suplemen untuk mengatasi nyeri otot. 


Syarat Tumbuh Menanam Semangka Berbiji


Cara menanam semangka sebaiknya pada tanah yang kaya bahan organik dan unsur hara tinggi, gembur dan bersih dari gulma. Tanaman semangka menyukai kena sinar matahari lagsung. Tidak menyukai ada tanaman tinggi yang menaungi. 

Cara menanam semangka tumbuh maksimal pada pH normal 6 - 7. Sebaiknya saat pengolahan tanah, lakukan pengecekan pH tanah dan dilakukan rutin selama pertumbuhannya. Nilai pH dibawah 6 lakukan penaburan Dolomite sampai pH tanah normal. 

Budidaya semangka tumbuh baik di dataran rendah hingga dataran tinggi kisaran 0 - 1000 m dpl. Wilayah tempat yang cocok menanam semangka adalah daerah kering dan rendah penguapan airnya. 

Tanaman semangka menyukai tingkat kelembaban rendah dan curah hujan antara 40 - 50 mm per bulan. Suhu udara ideal 25 derajat Celcius di siang hari. Masa tanam semangka sebaiknya bertepatan di musim kemarau. Cocok tumbuh di wilayah kering. 

Seluruh area tanaman semangka harus kena sinar matahari sejak terbit hingga matahari tenggelam. Bila kurang sinar matahari, cenderung akan mundur waktu panennya. 

Udara kering dan miskin uap air merupakan kondisi ideal cara menanam semangka. Hal tersebut karena di daerah asalnya, tanaman semangka tumbuh di wilayah kering dan padang pasir. Kelembaban terlalu tinggi menyebabkan timbulnya jamur perusak tanaman. 

Budidaya semangka sebaiknya pada tanah porous/sarang dan cepat membuang kelebihan air. Namun bila tanah mudah membuang air juga tidak baik bagi pertumbuhan semangka.

Tanaman semangka merupakan herba merambat berasal dari daerah kering tropis dan sub-tropis Afrika. Kemudian semangka menyebar pesat ke berbagai negara Afrika Selatan, China, Jepang dan Indonesia. 

Semangka masuk dalam keluarga labu-labuan ( Cucurbitaceae ). Di daerah asalnya semangka sangat diminati karena mengandung banyak air dan menyegarkan. 


Baca Juga : Blewah Aruna, Buah Manis dan Krispy


Cara Menanam Semangka Berbiji


manfaat makan buah, semangka berbiji, red round dragon, tunas agro, cara menanam semangka, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Perangkap Lalat Buah 
Yellow Trap

Jenis semangka diperbanyak lewat persemaian yaitu jenis hibrida impor yaitu benih jenis triploid ( semangka non-biji ). Benih triploid memiliki kulit benih sangat keras. Kedua yaitu benih semangka jenis haploid ( semangka berbiji ). Benih haploid tidak keras sehingga mudah disemaikan. 

Benih semangka berbiji mudah disemaikan karena benih tidak keras dan cepat mebelah saat disemaikan nanti. Benih semangka Red Round Dragon dapat Anda semaikan di tray semai atau plastik kecil. Letakkan berderat ditempat yang saat pagi mendapat sinar matahari. 

Pembibitan benih semangka berbiji selama 14 hari dan Anda bisa memberikan pupuk daun untuk memacu pertumbuhannya setiap 3 hari sekali. Setelah siap dan bibit memiliki daun 2 - 3 helai daun, dapat dipindah ke lahan tetap yang sudah disiapkan sebelumnya. 

Persiapan lahan dilakukan sambil menunggu bibit siap. Persiapan lahan dengan cara tanah dicangkul dan digemburkan. Gulma-gulma dibersihkan menggunakan tangan atau alat lalu dibuang keluar kebun. 

Bila menggunakan lahan sawah, tanah dikeringkan dulu beberapa hari sampai tanah mudah digemburkan. Setelah tanah gembur, cek nilai pH tanah menggunakan alat pH-meter. Hilangkan batu-batuan yang ada dalam lahan. 

Bedengan cara menanam semangka yaitu lebar 3 meter bila baris tunggal. Lebar 6 - 7 meter untuk baris tanaman ganda. Antar bedengan dibuat saluran air dengan jarak 50 - 60 cm. Tinggi bedengan yaitu 40 - 50 cm. 

Lubang tanam jarak 20 - 30 cm dari tepi bedengan. Jarak antar lubang tanam yaitu 90 - 100 cm. Lubang tanam sedalam 8 - 10 cm. Penanaman bibit ke lahan dilakukan sore hari setelah selesai ditanam, bibit disiram secukupnya. 


Baca Juga : Semangka Lonjong Factor Diburu Petani


Pemeliharaan Semangka


Penyulaman yaitu mengganti bibit mati dengan bibit baru dan sehat. Penyulaman dimulai sehari setelah penanaman dan dibatasi waktunya hingga umur 10 hari setelah tanam. 

Pemangkasan tanaman semangka yaitu membuang cabang-cabang yang tidak efektif. Pemangkasan juga dapat mengurangi serangan hama dan penyakit. 

Sanitasi lahan meliputi pengaturan genangan air hujan, penyiangan gulma, membuang cabang dan daun rontok dibuang dari kebun lalu dibakar. Kebun harus bersih dari sampah karena daun dan cabang mati dapat ditinggali jamur. 

Tanaman harus rutin disiram karena budidaya semangka dilakukan saat musim kemarau. Penyiraman dihentikan saat tanaman membentuk bunga. Tanaman kembali disiram bila buah semangka sudah muncul. Menjelang 10 hari sebelum panen, penyiraman dihentikan.  

Pemupukan sebelum masa tanam menggunakan pupuk NPK 16-16-16 sebanyak 100 kg/ha sebelum tanam. Berikan juga pupuk kandang di sekitar tanaman satu genggam tangan per tanaman. 

Pemupukan masa vegetatif umur 7 - 28 HST dan diulang setiap 1 minggu sekali. Kocorkan 6 gram per liter NPK dan CPN KNO3 Merah dan dikocorkan ke tanaman sebanyak 200 ml.

Pemupukan masa generatif umur 35 - 56 HST setiap 1 minggu sekali. Pupuk kocor 6 gram per liter NPK 16-16-16 dan KNO3 Putih ( PNP ) dan dikocorkan 200 ml per tanaman. 

Penyemprotan tambahan MKP Pak Tani sebanyak 3 gram per liter umur 30, 37, 44 dan 50 HST. Pemupukan masa generatif dengan pupuk kandungan K tinggi membuat buah semangka makin manis dan kaya air. 

Seleksi buah saat umur 1 bulan setelah tanam dn buah seukuran telur ayam. Pilih buah yang berpotensi menjadi besar yaitu buah jauh dari perakaran. Buah pada daun ke-11 hingga ke-14 dan letaknya di tiga sulur primer. 

Bila pada sulur primer tidak muncul buah, pilih buah di sulur sekunder dan pilih buah dekat perakaran. Pilih bentuk buah yang proporsional dan satu pohon semangka hanya membesarkan 2 - 3 buah saja. 


Panen Semangka dan Menikmati Manfaat Makan Buah Segar


Manfaat makan buah semangka dapat dinikmati setelah panen semangka umur 70 -100 hari setelah tanam. Buah semangka siap panen yaitu warna buah berubah dan batang buah mengecil. Masa panen semangka tergantung cuaca dan varietasnya. 

Pemetikan buah semangka sebaiknya saat cuaca cerah dan tidak berawan agar buah dalam kondisi kering saat dipetik. Buah semangka akan lebih lama tahan selama penyimpanan atau bila didistribusikan jarak jauh. 

Buah semangka dipetik beserta tangkainya sekitar 5 cm. Pemanenan semangka dilakukan bertahap. Apabila buah matang serempak maka dapat dipanen bersama sekaligus. Atau dapat dilakukan panen selama dua kali. 

Panen pertama, pilih buah yang matang untuk dipanen. Panen kedua, semua buah dipetik, sisakan buah yang masih kecil. Panen ketiga bila daun-daun sudah kering maka buah tidak dapat berkembang maka harus segera dipetik seluruhnya. 

Manfaat makan buah semangka akan dipanen sebanyak 2 - 3 per tanaman dan bobot buahnnya 8 kg atau lebih. Manfaat makan buah semangka juga menimbulkan efek buruk bagi kesehatan yaitu seperti mual, diare hingga perut kembung. 

Demikian artikel Kami judul : Manfaat Makan Buah Semangka Merah Berbiji Red Round Dragon F1. Hubungi nomer Kami di 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko petanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan untuk bercocok tanam lengkap. 

Toko pertanian LMGA Agro menerima konsultasi pertanian gratis. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia barang akan sampai ke alamat Anda. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang manfaat makan buah bagi kesehatan. Buah semangka berbiji benih Red Round Dragon F1 dari Tunas Agro memiliki manfaat makan buah tinggi.

Cara menanam semangka berbiji mudah dan Anda dapat lakukan baik di lahan luas atau pekarangan rumah. Selamat mencoba dan salam sukses....


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.