TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

20/09/21

Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan Benih Amigo Panah Merah

manfaat daun seledri, amigo, benih panah merah, khasiat daun seledri, jus seledri, jual benih seledri, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Seledri Amigo 
Panah Merah

Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan Benih Amigo Panah Merah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko Pertanian Online LMGA Agro jual benih Amigo cap Panah Merah terbaik. Amigo benih seledri terbaik dengan manfaat daun seledri bagi kesehatan dan tubuh kita. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan keperluan untuk budidaya tanaman baik luasan besar maupun sempit seperti di halaman rumah. Mulai dari benih hibrida tanaman sayur dan buah, jenis-jenis pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami siap melayani konsultasi pertanian gratis. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak untuk sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Manfaat daun seledri bagi kesehatan diperoleh dari menanam benih seledri Amigo cap Panah Merah. Benih seledri Amigo direkomendasikan untuk dataran tinggi. Umur panen budidaya seledri Amigo yaitu umur 90 - 100 hari setelah tanam. 

Manfaat daun seledri bagi kesehatan sudah sangat dikenal masyarakat terutama dalam bentuk jus seledri. Daun seledri sering dipakai untuk penghias hidangan dan dibuat daun sop. Benih Amigo seledri terbaik. 

Manfaat daun seledri menanam bibit Amigo berpotensi hasil sekitar 10 - 12 ton/ha. Daun seledri mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menambah daya imun tubuh dariserangan penyakit. Manfaat daun seledri baik untuk pencernaan. 

Daun seledri biasa digunakan dalam sayur sop, pemanis hidangan makanan karena bentuk daunnya yang unik. Daun seledri biasanya dikonsumsi juga dalam bentuk jus seledri dan langsung meminumnya untuk mendapatkan khasiat daun seledri.


Seledri Terbaik dari Benih Amigo Cap Panah Merah       


Manfaat daun seledri dapat Anda rasakan dengan menanam benih terbaik seledri Amigo Cap Panah Merah. Budidaya benih seledri Amigo cocok di dataran tinggi. 

Umur panen seledri Amigo adalah 90 - 100 hari setelah tanam ( HST ). Potensi hasil panennya yaitu 10 - 12 ton/ha. Keunggulan seledri Amigo cap Panah Merah yaitu daun seledri berwarna hijau muda. Tangkai panjang dan anakan produktif dan banyak. 

Tanaman seledri Amigo tumbuh tegak, umur genjah dan cocok untuk dataran menengah hingga tinggi. Cara panen seledri Amigo bisa dipetik atau dicabut dari tanah.  

Manfaat daun seledri mengandung serat tinggi. Antioksidan daun seledri mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan tubuh. Manfaat daun seledri mengandung pokisakarida berbasis pektin yang berkhasiat membantu melancarkan pencernaan. 

Manfaat daun seledri juga dapat mencegah penyakit maag, memperbaiki lapisan lambung yang sedang rusak dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Meski kecil tanaman seledri namun manfaatnya besar karena mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Nama latin seledri Apium graveolens dapat diambil manfaatnya mulai dari daun seledri, batang dan bijinya. Seledri mengandung sumber vitamin, mineral dan antioksidan melimpah. 

Menurut US Department of Agriculture ( USDA ) bahwa 1 batang seledri berukuran sedang ( 40 gram ) terkandung    5,6 kalori. Selain itu mengandung 0,1 gram lemak, 32 mg sodium, 1,2 gr karbohidrat, 0,6 gr serat, 0,5 gr gula dan 0,3 gr protein. 

Manfaat daun seledri diperoleh dari menanam benih Amigo. Setelah dipetik, manfaat daun seledri Anda nikmati sebagai pelengkap masakan dalam bentuk potongan kecil-kecil. Daun seledri lalu ditaburkan di atas masakan.  


Baca Juga : Cabai F1 Lentur, Tahan Cacar dan Pengangkutan Jarak Jauh


Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan


manfaat daun seledri, amigo, benih panah merah, khasiat daun seledri, jus seledri, jual benih seledri, toko pertanian, toko online, lmga agro
LMGA Agro menerima konsultasi Gratis

Masyarakat juga mengkonsumsi daun seledri dalam bentuk jus seledri. Khasiat daun seledri dalam jus seledri antara lain : 

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun seledri dapercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi penderita hipertensi. Daun seledri memiliki efek positif dari n-butylphythalite yang berkhasiat menurunkan tekanan darah. 

Manfaat daun seledri mampu mengobati atau mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan resiko penyakit dardiovaskular. Kalium dalam manfaat daun seledri membantu menurunkan kadar lemak jahat dalam darah. 

2. Sebagai Pengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat daun seledri sudah dikenal masyarakat manjur untuk penderita hipertensi. Daun seledri mengandung ekstrak etil asetat yang mampu menurunkan kadar glukosa darah. Penurunannya bahkan sampai 20%. 

Cara penyajiannya dengan dicampur mentimun agar tambah seger. Fungsi mentimun juga baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Seledri dan timun memiliki indeks glikemik rendah. Keduanya mempunyai efek lambat terkait kenaikan kadar gula darah. 

3. Menghambat Tingginya Kolesterol

Selain menekan kadar gula darah, manfaat daun seledri juga mengatasi masalah kolesterol terutama kolesterol jahat dalam tubuh. Peran senyawa n-butylphthalide mampu mengatasi kadar lemak tubuh. Jus seledri dicampur wortel bermanfaat menekan kolesterol. Ditambahkan wortel bertujuan menghilangkan aroma khas daun seledri dalam bentuk jus.  

4. Untuk Meringankan Nyeri Sendi

Manfaat daun seledri mengandung anti-inflamasi yaitu membantu meringankan gejala radang sendi, rematik dan asam urat. Manfaat daun seledri dapat mengurangi intensitas dan lama dari nyeri sendi. 

Daun seledri memiliki 25 senyawa anti-radang sehingga mampu mengurangi resiko peradangan kronis akibat berbagai penyakit seperti radang sendi dan osteoporosis. Senyawa anti-radang daun seledri dipercaya dapat mengatasi asam urat. 

5. Manfaat Seledri Untuk Mencegah Kanker

Manfaat daun seledri mampu menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dalam tubuh sehingga cocok sebagai obat kanker. Daun seledri memiliki antioksidan yang mampu menjaga organ dari kerusakan. Manfaat daun seledri juga mencegah rusaknya sel pemicu timbuknya penyakit kanker. 

Daun seledri mengandung flavonoid bernama luteolin dan bersama antioksidan dapat melindungi sel-sel yang rentan dari serangan bahan kimia. 

6. Untuk Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam manfaat daun seledri sangat tinggi ditambah antioksidan maka baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Daun seledri memiliki kandungan polisakarida berbasis pektin untuk melancarkan pencernaan. Manfaat daun seledri baik untuk gangguan maag dan memperbaiki lapisan lambung yang rusak.  

7. Membantu Menurunkan Berat Badan Berlebih

Manfaat daun seledri memiliki serat tinggi dan kalori rendah cocok dijadikan menu diet menurunkan berat badan berlebih. Daun seledri mampu menyimpan cadangan nutrisi tubuh dan mengelola lemak tubuh. Manfaat daun seledri membuat rasa kenyang lebih lama dan membantu mengatur metabolisme lemak. 

8. Baik Untuk Kesehatan Organ Hati

Daun seledri mengandung ekstrak methanol berkhasiat untuk melindungi hati akibat paracetamol dan karbon-tetra-klorida. Kedua zat tersebut memiliki efek merusak organ hati dan manfaat daun seledri mencegah ketidaknormalan fungsi hati. 

9. Daun Seledri Sebagai Detoks Tubuh

Berfungsi sebagai setoksifikasi tubuh, campurkan daun seledri dan mentimun. Manfaat daun seledri mengandung polifenol yang dapat membantu menghilangkan akumulasi racun. Juga mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

Tanaman seledri mengandung Natrium dan Kalium yang berkhasiat sebagai pengatur cairan tubuh. Ditambahkan timun, jus seledri mampu menghidrasi sekaligus mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh. 

10. Mengatasi Gangguan Dehidrasi

Masalah dehidrasi dapat diatasi dengan jus seledri. Manfaat daun seledri sangat baik untuk kesehatan kulit, ginjal hingga pencernaan.  


Baca Juga : Pengalaman Jual Produk Panah Merah


Daun Seledri Amigo Cap Panah Merah Menyehatkan


Daun seledri mengandung nutrisi tinggi dan kaya manfaat. Bibit seledri Amigo Cap Panah Merah daun lebat. Pengolahan daun seledri biasanya dengan cara direbus, dibuat jus atau dicampurkan masakan sayuran. 

Mengolah daun seledri untuk kesehatan yaitu dengan cara direbus. Seikat daun seledri dibersihkan dibawah air mengalir pelan. Potong daun kecil-kecil dan rebus selama 10 menit. Selanjutnya air rebusan daun seledri dimasukkan dalam botol dan disimpan dalam kulkas. Minum setiap hari 1 gelas dipercaya dapat membersihkan ginjal. 

Membuat jus seledri dan diminum setiap hari. Daun seledri campur dengan bayam, pir atau air perasan lemon untuk memperkaya rasa. Saring jus seledri yang sudah diblender lalu tambah es batu. 

Manfaat daun seledri sebagai camilan sayur sehat. Yaitu siapkan batang seledri dan potong ukuran sedang, belah dua. Beri selai kacang pada batang seledri dan siap untuk dinikmati sebagai camilan sehat.  

Disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun seledri berlebihan. Karena kandungan potassiumnya harus diwaspadai. Penelitian University of Maryland menjelaskan bahwa Potasium terbukti meningkatkan resiko hiperkalemia yaitu darah banyak mengandung potassium dan menyebabkan ginjal kronis. 

Hati-hati juga bagi yang memiliki tekanan darah rendah. Terlalu banyak mengkonsumsi daun seledri menyebabkan tekanan darah semakin rendah dan justru menambah masalah anemia berat. 

Daun seledri juga disebut oleh masyarakat adalah daun sop karena sering dicampurkan pada sayuran sop untuk menyegarkan masakan sop. Daun sop dikenal sejak dulu adalah tumbuhan obat di negara Jepang, Cina dan Korea mengkonsumsi bagian tangkai seledri sebagai bahan makanan. 

Awal seledri di Indonesia adalah diperkenalkan oleh penjajah Belanda pada masa itu. Seledri populer sebagai daun sop untuk menyedapkan sop atau sebagai lalapan. Paling banyak, daun seledri dipakai di Eropa dimana daun, tangkai, buah dan umbinya dapat dikonsumsi. 


Baca Juga : Jual Bibit Tanaman Tomat Buah Hibrida F1 


Syarat Tumbuh Tanaman Seledri


manfaat daun seledri, amigo, benih panah merah, khasiat daun seledri, jus seledri, jual benih seledri, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tray Semai Benih

Tanaman seledri dikenal sebagai tanaman pendek karena tingginya kurang dari 1 meter. Daun seledri tersusun gemuk dengan tangkai pendek. Pada kultivar tertentu, tangkai seledri sangat besar. 

Batang seledri padat dan kelompok tertentu batangnya membesar membentuk umbi dan dapat dimakan. Bunga tersusun majemuk, buahnya kecil-kecil berwarna coklat gelap. 

Tanaman seledri Amigo Cap Panah Merah merupakan tanaman iklim sub-tropis. Yaitu tumbuh baik pada ketinggian  1000 - 1200 m dpl. Tanaman seledri menyukai suhu udara antara 16 - 21 derajat Celcius. Kelembaban udara ideal adalah 80 - 90%. Kebutuhan curah hujan yaitu antara 60 - 100 mm/bulan. 

Tanaman seledri sudah dikenal petani dan khalayak umum sebagai sayuran agribisnis yang menguntungkan dan banyak peminatnya. Tanaman seledri berasal dari kawasan Mediterania sekitar Laut Tengah dan menyebar ke seluruh dunia. 

Di Indonesia, tanaman seledri digunakan sebagai bumbu penyedap masakan cukup penting. Sehingga peluang usaha menanam seledri di Indonesia menjanjikan dan berprospek cerah untuk masa depan. 

Meski termasuk tanaman sub-tropis namun tanaman seledri membutuhkan penyinaran matahari cukup selama pertumbuhannya. Budidaya seledri membutuhkan pH tanah 5,8 - 6,7 dan saluran drainase yang baik. 

Dianjurkan penyiraman tanaman seledri menggunakan sistem tetes agar tanah selalu lembab karena sistem perakaran yang dangkal. Pemberian air sistem tetes lebih efektif karena air menetes terus menerus dan unsur hara selalu tersedia bagi akar yang dangkal seperti seledri. 

Tanaman  seledri termasuk famili Umbelliferae yaitu tanaman herba atau tanaman berkhasiat obat. Daunnya sebagai lalapan dan penghias hidangan, biji sebagai bahan penyedap dan ekstrak minyak seledri dijadikan sebagai obat. 


Khasiat Daun Seledri


Khasiat daun seledri dianggap sebagai super food dan banyak diminati karena keampuhannya mencegah penyakit. Khasiat daun seledri memiliki phytochemicals yang bermanfaat bagi segala proses dalam tubuh manusia. 

Manfaat daun seledri sudah diakui dan dikenal masyarakat banyak. Agar manfaat daun seledri ini dapat maksimal, Anda perlu mengetahui aturan meminum jus seledri yang sering dikonsumsi orang karena keampuhannya. 

Manfaat daun seledri dalam bentuk jus sebaiknya diminum pagi seusai bangun tidur ( waktu terbaik ). Bangun tidur langsung saat perut masih kosong dan belum terisi makanan apapun. 

Manfaat daun seledri dalam jus bukan kategori caloric juice sehingga dianjurkan untuk segera makan pagi/sarapan 15 - 30 menit setelah meminum jus seledri. 

Bila sudah terlanjur makan karena lupa belum minum jus seledri maka Anda dapat meminum jus seledri sekitar 30 - 60 menit setelah makan pagi. 

Meski sangat cocok ditanam di ketinggian 1000 - 1200 m dpl namun tanaman seledri masih toleran tumbuh di dataran rendah. Tanaman seledri kurang menyukai curah hujan yang tinggi atau hujan deras. 

Jenis tanah ideal adalah banyak mengandung bahan organik. Bila pH tanah terlalu asam, sebaiknya tambahkan kapur/dolomit. 

Manfaat daun seledri sangat dikenal baik untuk ginjal karena kandungan nutrisinya. Manfaat daun seledri mengandung antioksidan, vitamin C, vitamin K, zat besi, asam folat dan masih banyak lagi. Menurut penelitian, manfaat daun seledri ini mengandung antioksidan sangat tinggi. 

Bagian tanaman seledri, daunnya tinggi kandungan vitamin A, batang seledri sumber vitamin B1, B2, B6 dan C. Beserta tambahan nutrisi tinggi seperti potassium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan asam amino esensial yang juga tinggi. 


Cara Menanam Seledri


manfaat daun seledri, amigo, benih panah merah, khasiat daun seledri, jus seledri, jual benih seledri, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK 

Cara menanam seledri lewat benih hibrida dan lewat anakan ( vegetatif ). Cara menanam seledri lewat biji/benih cara generatif biasanya dilakukan untuk budidaya seledri skala luas dan untuk komersial. 

Namun tidak menutup kemungkinan utuk menanam di halaman rumah juga bisa secara generatif atau dengan benih seledri Amigo. Cara menanam seledri lewat benih atau perbanyakan generatif terlebih dahulu harus menyemaikan benihnya dulu. 

Lalu benih Amigo nanti akan tumbuh menjadi bibit dan dipindahkan ke polybag/pot. Sebelum benih disemai, benih direndam dulu dalam air hangat 50 - 60 derajat Celcius selama 1 jam.  

Persiapkan tempat persemaian berupa tray semai ( baki semai ) atau bedeng semai. Gunakan media semai dari campuran tanah dan kompos telah diayak halus. Perbandingan tanah dan kompos/pupuk kandang adalah 2 : 1.  

Pasang naungan dari plastik bening pada tempat persemaian. Tujuan dipasang naungan adalah melindungi persemaian dan terik matahari dan hujan. Persemaian dari tray semai, benih langsung ditanam pada masing-masing kotaknya. 

Untuk persemaian di bedeng, buat lubang sedalam 0,5 cm dan jarak antar alur 10 - 20 cm. Masukkan benih pada tiap-tiap lubang tanam dan tutup dengan tanah sedikit saja. Lalu siram air secukupnya untuk mempertahankan kelembaban. 

Setiap pagi dan sore berikan air pada persemaian. Media semai tidak boleh terlalu basah namun juga tidak kering. Biarkan bibit tumbuh sampai umur 1 bulan dan muncul 3 - 4 helai daun. Bibit akan siap ditanam di lahan tetap. 

Persiapan lahan cara menanam seledri yaitu tanah dicangkul dan dibalik-balik lalu biarkan selama 15 hari. Setelah itu buat bedengan berukuran lebar 80 - 100 cm dan tinggi 30 cm. Jarak antar bedengan 30 - 40 cm digunakan sebagai saluran air. 

Pemupukan dasar yaitu beri pupuk kandang 2 kg/m2 dan bila tanahnya liat campur dengan pasir 2 kg/ha. Buat lubang tanam berjarak tanam 25 x 30 cm. Biarkan selama 1 minggu. 


Perawatan Hingga Panen Budidaya Seledri Amigo


Perawatan meliputi penyiraman 2 - 3 kali seminggu tergantung dari cuaca dan usahakan tanah tidak terlalu lembab. Penyulaman terhadap bibit baru tanam yang mati dilakukan antara umur 7 - 15 hari setelah tanam. 

Pemupukan budidaya seledri dilakukan selama 3 kali, satu kali pemupukan dasar dan dua kali pemupukan susulan. Pupuk kimia untuk pemupukan dasar sebanyak 249 kg/ha Urea, 311 kg/ha TSP dan 112 kg/ha KCl. 

Pemupukan susulan minggu ke-2 dan ke-4 yaitu 124 kg/ha Urea dan 56 kg/ha ( bagi rata ). Atau bisa juga menggunakan pupuk organik cair untuk budidaya organik. Biasanya 10 ml pupuk cair untuk 1 liter air atau sesuai petunjuk kemasan. Kemudian kocor sebanyak 100 ml per tanaman dengan interval 1 - 2 minggu sekali. 

Penyiangan gulma sesuai kondisi di lahan dan lakukan pengendalian hama dan penyakit sesuai gejala-gejala pada tanaman. Toko pertanian LMGA Agro siap melayani konsultasi pertanian gratis. 

Panen seledri Amigo cap Panah Merah umur genjah yaitu 90 - 100 hari setelah tanam. Cara panen seledri yaitu batangnya dipetik 1 - 2 minggu sekali atau seluruh tanaman dicabut untuk panen seledri daun. 

Demikian artikel Kami judul : Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan Benih Amigo Panah Merah. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam lengkap. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang manfaat daun seledri. Cara menanam seledri Amigo mudah dan hasil memuaskan. Anda dapat menanam seledri juga di halaman rumah sehingga manfaat daun seledri lebih mudah dinikmati. Selamat mencoba salam sukses....  


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.