TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

17/09/21

Jenis Gulma yang Mengganggu Tanaman Perkebunan Herbisida Kixor 70 WG BASF

gulma, herbisida, kixor,basf,pestisida, tanaman, jual pestisida, toko pertanian, toko online
Herbisida Kixor 70 WG
Jenis Gulma yang Mengganggu Tanaman Perkebunan Herbisida Kixor 70 WG BASF. HP 0821417417141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual online herbisida Kixor 70 WG untuk membasni jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan untuk bercocok tanam lengkap mulai benih hibrida tanaman sayur dan buah. Juga tersedia pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda online ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak Anda menjadi dropship dan reseller Toko pertanian LMGA Agro. 

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan basmi menggunakan herbisida Kixor 70 WG produk BASF. Herbisida Kixor 70 WG berbentuk butiran dan dapat didispersikan dalam air. 

Herbisida Kixor 70 WG cocok untuk mengendalikan gulma berdaun lebar yaitu jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan seperti kelapa sawit dan jagung. 

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan dapat diberantas menggunakan herbisida Kixor 70 WG dari BASF. Cocok untuk gulma jagung dan kelapa sawit. Mengendalikan gulma secara tuntas untuk persiapan lahan. 

Herbisida Kixor cocok untuk mengendalikan rumput untuk persiapan lahan tanaman jagung atau herbisida pra tumbuh. Cara kerja herbisida Kixor 70 WG produk BASF yaitu menghambat proses biosintesis klorofil. 

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan kelapa sawit dan jagung umumnya adalah jenis gulma berdaun lebar. Jenis gulma tersebut yaitu kayu-kayuan dan pakis-pakisan. Herbisida Kixor 70 WG mengendalikan gulma secara tuntas. 


Herbisida Kixor 70 WG 


Herbisida Kixor 70 WG produk BASF memiliki daya basmi cepat dan secara sistemik mengendalikan gulma habis dengan tuntas. Kixor 70 WG ampuh mengendalikan gulma berdaun lebar seperti kayu-kayuan dan pakis-pakisan. 

Herbisida Kixor 70 WG mempercepat dan memperkuat daya kerja Glifosat. Kixor 70 WG mengendalikan jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan dapat dikendalikan dengan tuntas. 

Daya kerja Glifosat merupakan herbisida dengan spektrus pengendalian luas dan bersifat non selektif. Glifosat herbisida sangat efektif mengendalikan rumput gulma liar dan rumput berdaun lebar yang memiliki akar dalam. Glifosat dapat diberikan pasca tumbuh. 

Pemberian Kixor 70 WG aman bagi perkecambahan benih pada persiapan tanam jagung. Herbisida Kixor 70 WG tidak mudah menguap sehingga aman untuk kelapa sawit.  

Herbisida Kixor 70 WG untuk jenis gulma yang mengganggu tanaman pekebunan mengandung bahan aktif saflufenacil 70%. Cara kerja Kixor 70 WG menghambat bio-sintesis klorofil berbentuk butiran. Kixor 70 WG dapat didispersikan dalam air. 

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan jagung adalah rumput berdaun lebar Ageratum conyzoides, Borreria alata dan Ipomoea triloba. Pengendalian jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan jagung tanpa olah tanah ( TOT ) yaitu volume tinggi dosis 40 - 60 g/ha. 

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan jagung yaitu untuk jenis rumput daun lebar Richardia brasiliensis. Penyemprotan herbisida volume tinggi untuk budidaya jagung tanpa olah tanah yaitu sebanyak 60 g/ha. 

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan kelapa sawit yaitu gulma daun lebar Ageratum conyzoides, Sydrenella nodiflora dan Asystasia gangetica. Pemberian menggunakan volume tinggi 40 - 60 g/ha. 


Baca Juga : Toko Pertanian Online yang Dipercaya Petani


Herbisida Adalah...


gulma, herbisida, kixor,basf,pestisida, tanaman, jual pestisida, toko pertanian, toko online
LMGA Agro Online Tersedia 
Pestisida

Herbisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengendalaikan dan membasmi tanaman pengganggu berbentuk rumput. Tanaman pengganggu ini disebut gulma dan proses mengendalikan gulma di dunia pertanian disebut penyiangan. 

Rumput ini termasuk jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan termasuk alang-alang dan semak liar. Aplikasi pemberian herbisida berdasarkan stadia pertumbuhan tanaman pokok/utamanya dan gulma.  

Namun demikian karena mengandung bahan kimia, penggunaan herbisida secara berlebihan dapat merusak tanah dan menurunkan kesuburan tanah. Bahan kimia dalam herbisida bersifat polutan yang berbahaya dan bila ditebar ke tanah dapat berbahaya juga. 

Pemakaian herbisida terus menerus memicu punahnya spesies hewan tertentu salah satunya yaitu cacing penyubur tanah. Herbisida adalah bagian dari pestisida. 

Pengertian pestisida adalah semua zat kimia atau bahan lain serta jasad renik dan virus. Pestisida digunakan untuk : 

- Memberantas atau mencegah hama dan penyakit yang merusak tanaman atau hasil pertanian. 

- Memberantas rumput.

- Mencegah pertumbuhan tanaman atau bagian tanaman tetapi bukan pupuk. 

- Memberantas dan mencegah hama diluar hewan ternak atau peliharaan. 

- Memberantas dan mencegah hama-hama air. 

Pestisida digunakan juga untuk memberantas dan mencegah timbulnya binatang/jasad renik benda dalam rumah tangga, bangunan hingga alat pengangkutan. Obat pestisida adalah yang dapat mencegah binatang penyebab penyakit pada manusia dan binatang yang dilindungi. 

Pestisida digunakan pada tanaman, tanah dan air. Pestisida untuk bidang pertanian spesifik disebut sebagai produk perlindungan tanaman. Dan hal ini dibedakan dari produk yang digunakan untuk membasmi hewan penyebab penyakit pada manusia dan binatang peliharaan/ternak.  


Baca Juga : Budidaya Sawi Putih dan Perawatannya


Gulma Rumput Pengganggu Tanaman 


Hama dan penyakit adalah lebih dikenal sebagai organisme pengganggu tanaman dalam dunia pertanian. Hama dan penyakit menjadi penyebab rendahnya produksi dan terjadinya gagal panen. Banyak petani kurang menyadari bahwa ada satu jenis organisme pengganggu tanaman dan pengaruhnya juga menurunkan hasil panen. 

Gulma masih dibiarkan tumbuh dan tidak dianggap sebagai organisme pengganggu tanaman pokok atau utama di lahan. Gulma sering dibiarkan tumbuh dan tidak dibasmi. 

Pengaruh gulma sebenarnya cukup besar terhadap penurunan produksi tanaman. Gulma menyebabkan tanaman pokok berkompetisi mendapatkan unsur hara dan air. Adanya gulma dipastikan asupan hara dan air menjadi berkurang untuk tanaman pokok akibatnya terganggunya tertumbuhan. 

Populasi gulma yang padat atau jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan ini jenis gulma jahat maka kompetisi yang terjadi cukup sengit. Populasi gulma dapat mengalahkan tanaman pokok dalam persaingan unsur hara. 

Pengertian gulma adalah tanaman yang salah tempat. Gulma tumbuh pada waktu, tempat dan kondisi yang tidak diinginkan manusia. Definisi gulma adalah tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama. 

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan lebih unggul bertahan hidup dibandingkan tanaman popok. Karena daya tumbuhnya lebih cepat dan memiliki daya saing yang kuat dalam memperebutkan faktor-faktor pertumbuhan. 

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan memiliki toleransi cukup tinggi terhadap lingkungan ektrim. Gulma memiliki kekuatan berkembang biak tinggi naik vegetatif maupun generatif. Alat perkembangbiakannya mudah tersebar oleh angin, air maupun bantuan binatang. 


Baca Juga : Khasiat Terong Bagi Kesehatan


Jenis Gulma yang Mengganggu Tanaman Perekebunan


gulma, herbisida, kixor,basf,pestisida, tanaman, jual pestisida, toko pertanian, toko online
Alat Semprot Herbisida

Pembagian jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan berdasarkan sifat morfologinya dibedakan menjadi empat : 

- Jenis Gulma rumput berdaun sempit

- Jenis Gulma rumput teki-tekian ( sedges )

- Jenis gulma berdaun lebar

- Jenis gulma pakis-pakisan

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan ada juga terbagi berdasarkan siklus hidupnya. Yaitu : 

- Jenis gulma semusim atau annual weeds

- Jenis gulma dua musim  atau biannual weeds 

- Jenis gulma tahunan  atau perennial weeds.

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan cukup berbahaya sehingga harus diberantas hingga tuntas. Contohnya seperti Imperata cylindrica, Mikania sp. dan Mimosa sp.

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan ini perlu dilakukan tindakan pengendalian atau pemberantasan. Contohnya Brachiara mutica, Gleichenia liniearis, Lantana camara, Melastoma malabathricum dan Scleria sumatrensi.

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan ini perlu tindakan pengendalian namun tergantung dengan kondisi dan ketersediaan biaya. Contohnya Axonopus compressus. Boreria latifolia, Cynodon dactylon, Cyperus sp., Echinochloa colonum dan lain-lain. 

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan berikut kurang merugikan tanaman pokok namun juga perlu dikendalikan. Contihnya Ageratum conyzoides, Cyrtococcum sp., Digitaria sp. 

Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan ini bermanfaat bagi tanaman karena dapat berfungsi sebagai pupuk hijau. Pertumbuhan jenis gulma ini dapat dibiarkan tumbuh tapi juga perlu dikendalikan jika menutupi jalur tanaman pokok. Contohnya Calopogonium caereleum, Calo[ogonium muconoides dan lain-lain. 


Herbisida Kixor 70 WG Untuk Gulma Tanaman Jagung


Gulma tanaman jagung biasanya berasal dari biji gukma itu sendiri yang tersimpan dalam tanah. Jenis gulma yang menganggu tanaman perkebunan penting dietahui guna menentukan cara pengendalian yang sesuai. 

Persaingan antara gulma dan jagung perlu dipahami terkait dengan waktu pengendalian yang tepat. Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan juga perlu diperhatikan karena gulma mengeluarkan zat allelopati yang bersifat racun bagi tanaman. 

Jaenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan tidak jarang dapat menurunkan hasil dan mutu bulir jagung. Menurunnya hasil panen jagung tergantung dari jenis gulma yang dominan, kepadatan, lama persaingan dan senyawa allelopati gulma.  

Beberapa jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan dapat tumbuh lebih cepat dan tinggi pada stadia awal pertumbuhan jagung. Gulma yang tumbuh lebih cepat menyebabkan jagung muda kekurangan cahaya matahari karena terhalang oleh gulma. 

Jenis gulma dapat melilit dan memanjat batang jagung atau ada jenis gulma yang menghalangi daun jagung dari cahaya. Akibatnya tanaman jagung terganggu proses fotosintesisnya dan dapat menurunkan hasil.  

Rumput familia Graminea  adalah jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan. Cirinya batang bulat, agak pipih dan kebanyakan berongga. Daun-daun soliter pada buku-buku dan tersusun dalam dua deret. Rumput daun bertulang sejajar terdiri 2 bagian yaitu pelepah dan helaian daun. 

Teki dari familia Cyperaceae adalah jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan jagung. Batang rumput teki berbentuk segitiga, kadang-kadang bulat dan tidak berongga. Daunnya tersusun tiga deretan dan tidak ada lidah-lidah daun. 

Herbisida Kixor 70 WG cocok memberantas jenis gulma berdaun lebar. Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan ini termasuk Dicotyledone dan Pteridophyta. Daunnya lebar dan tulang daun berbentuk jala. Jenis gulma berdaun lebar antara lain Amaranthus spinosus ( bayam duri), Ageratum conyzoides ( babandotan ) dan Physalis longifolia ( ciplukan ). 


Baca Juga : Jual Benih Bayam Maestro Murah Panah Merah


Pengendalian Gulma pada Tanaman Jagung


gulma, herbisida, kixor,basf,pestisida, tanaman, jual pestisida, toko pertanian, toko online
Benih Jagung Pertiwi

Pengendalian gulma pada tanaman jagung dapat dilakukan dengan banyak cara. Pertama, pengendalian gulma secara teknis menggunakan tangan. Teknis menggunakan tangan dilakukan pada jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan berdaun lebar. Jenis gulma yang baru tumbuh dan perakarannya dangkal. 

Cara teknis menggunakan alat cangkul juga mudah dilakukan. Anda cukup mencangkul permukaan tanah dimana tumbuh gulma di sekitar tanaman jagung. Saat mencangkul, usahakan kedalaman cangkul dapat mengangkat gulma beserta akarnya. Kemiringan mencangkul sekitar 45 derajat. Bersihkan gulma dari tanah yang melekat lalu gulma dibuang. 

Pembumbunan tanaman termasuk dalam usaha memberantas jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan. Pembumbunan menggunakan cangkul dan dilakukan di sekitar akar tanaman. Meski kegiatan ini cukup melelahkan namun manfaatnya dapat memperkokoh dan meperkuat tanaman. 

Herbisida adalah pengendalian secara kimia. Penggunaan herbisida untuk membasmi gulma harus dilakukan dengan hati-hati. Sebagai bagian dari pestisida, maka pemakaian herbisida juga harus secara bijak dan menganut enam tepat, yaitu tepat mutu, waktu, sasaran, takaran, konsentrasi dan cara aplikasinya. 

Pemberian herbisida harus efisien, efektif dan aman bagi lingkungan. Cara kerja herbisida racun sistemik yaitu bahan aktif akan mengalir masuk ke dalam jaringan tanaman gulma. Lalu larutan dalam jaringan gulma akan mematikan jaringan daun, titik tumbuh, tunas hingga perakaran. 

Cara pengendalian kimia menggunakan herbisida sistemik juga mampu mematikan tunas-tunas dalam tanah. Sehingga herbisida dapat menghambat pertumbuhan jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan secara tuntas.  

Efektivitas dari pengendalian cara kimia dipengaruhi oleh beberapa hal. Diantaranya bila gulma dalam masa pertumbuhan aktif, cuaca harus cerah saat penyemprotan dan jangan menyemprot bila menjelang hujan atau sedang mendung. 


Pengaruh Jenis Gulma yang Mengganggu Tanaman Perkebunan


Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan di sekitar tanaman pokok merupakan pengganggu dan pesaing dalam hal memperoleh cahaya matahari, air, hara dan ruang tumbuh. Antara gulma dan tanaman pokok merupakan sama-sama tumbuhan yang membutuhkan unsur hara, matahari, air dan ruang tumbuh. 

Dalam kondisi persaingan, maka yang lebih unggul akan menang. Demikian juga antara gulma dan tanaman pokok. Jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan berlaku yang lebih kuat adalah yang kuat. 

Pertumbuhan gulma biasanya lebih padat dancepat pertumbuhannya dibandingkan tanaman pokok. Apalagi bila jenis gulma tersebut adalah gulma jahat maka dapat dipastikan tanaman pokok akan kalah bersaing.

Setiap jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan memberikan dampak kerugian yang berbeda-beda besarnya. Besarnya kerugian yang ditimbulkan tergantung kekuatan bersaing jenis gulma tersebut. 

Gulma termasuk kategori organisme pengganggu tanaman. Namun kerugian akibat adanya gulma tidak sama dengan kerugian akibat serangan hama dan penyakit. Serangan hama dan penyakit dapat dilihat langsung dampaknya dengan melihat fisik tanaman. 

Sedangkan pengaruh gulma tidak begitu tampak pada fisik tanaman. Kerugian jenis gulma yang mengganggu tanaman perekebunan tampak pada hasil produksi tanaman dan banyaknya kehilangan hasilnya. 

Kerugian akibat jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan terbagi menjadi dua jenis yaitu kerugian langsung dan tidak langsung. Kerugian langsung yaitu berupa kehilangan hasil tanaman akibat persaingan antara gulma dan tanaman. 

Kerugian tidak langsung adalah adanya gulma dapat megganggu kegiatan pemeliharaan. Seperti pemupukan, penyemprotan insektisida/fungisida, air tidak dapat diserap akar langsung dan lain-lain. Secara tidak langsung juga, gulma menjadi tanaman inang hama dan penyakit. 


Herbisida Kixor 70 WG Untuk Mengendalikan Gulma


Herbisida Kixor 70 WG untuk mengendalikan jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan. Tujuan pengendalian adalah membatasi pertumbuhan dan perkembangan populasi gulma sehingga secara ekologis dan ekonomis, gulma tidak lagi merugikan. 

Pengendalian gulma menggunakan herbisida merupakan alternatif terakhir mengingat efek negatif pemakaian herbisida bagi tanah dan lingkungan. Terlebih dulu Anda mengendalikan jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan cara mekanis yaitu menggunakan tangan dan alat pertanian. 

Biasanya petani memilih cara pengendalian yang dianggap paling efektif dan murah serta mudah cara melakukannya. Namun bila dianggap menggunakan herbisida lebih praktis dan cepat, gunakan cara dan aturan yang benar tentang penyemprotan herbisida.    

Penyemprotan herbisida menggunakan alat semprot sprayer yang tepat dan masih baik. Penyemprot sebaiknya juga menggunakan pakaian alat pelindung dan sepatu. Waktu penyemprotan sebaiknya saat cuaca cerah dan tidak mendung. 

Sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dahulu sebelum mulai menymeprot  herbisida. Toko pertanian LMGA Agro melayani konsultasi gratis tentang cara menyemprot herbisida atau cara mengendalikan gulma di kebun Anda. 

Demikian artikel Kami judul : Jenis Gulma yang Mengganggu Tanaman Perkebunan Herbisida Kixor 70 WG BASF. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). 

Toko pertanian LMGA Agro melayani online kebutuhan Anda bercocok tanam. Mulai benih hibrida dan unggul tanaman sayur dan buah. Tersedia pula pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami siap kirim ke alamat Anda seluruh wilayah Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang jenis gulma yang mengganggu tanaman perkebunan. Herbisida Kixor 70 WG produk BASF mengendalikan secara tuntas gulma tanaman Anda. Salam sukses...

 

RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.