TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/09/21

Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan Tanam Benih Talenta Pertiwi


manfaat jagung manis, talenta, benih pertiwi, budidaya jagung manis, jual benih jagung, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jagung Manis Talenta
Pertiwi

Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan di Benih Talenta Pertiwi. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro melayani online jual benih jagung manis Talenta Produk Pertiwi. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan budidaya tanaman lengkap mulai benih hibrida. pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis.

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan benih jagung manis hibrida Talenta dari Pertiwi. Manfaat jagung manis baik bagi kesehatan. Cara menanam jagung manis tidak sulit sama halnya budidaya jagung biasa. 

Manfaat jagung manis mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh asalkan tidak dikonsumsi berlebihan. Rasa manis juga terdapat pada jagung manis Talenta benih Pertiwi. Daya adaptasi luas dan tahan penyakit. 

Manfaat jagung manis juga aman bagi penderita diabetes. Serat jagung manis baik bagi pencernaan Anda. Rasanya manis menyegarkan cocok sebagai makanan camilan atau kudapan. Menu olahan jagung manis juga cukup beragam. 

Manfaat jagung manis dapat berdampak buruk juga bila Anda mengkonsumsinya berlebihan atau terlalu sering. Jagung mengandung asam lemak dengan jenis terburuk dari semua jenis biji-bijian. Asam lemak Omega-6 jagung tinggi dan menyebabkan peradangan. 


Jagung Manis Talenta Benih Pertiwi


Keunggulan jagung manis Talenta Pertiwi antara lain benih jagung manis yang tahan serangan penyakit bulai. Daun jagung manis Talenta tahan penyakit jamur karat dan hawar daun. Kedua jenis penyakit daun jagung manis ini sering muncul di daerah dataran menengah dan kelembaban tinggi. 

Tinggi tanaman jagung manis Talenta termasuk pendek yaitu sekitar 160 cm. Letak tongkol jagung manis Talenta seragam dan mudah dijangkau saat panen karena pendek. Tanaman tahan dan tidak mudah roboh oleh angin. 

Panjang tongkol jagung manis Talenta adalah 22 cm dan diameter 6 cm. Bobot per tongkol mencapai 400 gram. Tongkol biji saat panen berwarna kuning dengan tingkat kemanisan 15% Brix. 

Bulir jagung sangat enak dan manis dan mengandung manfaat jagung manis yang tinggi. Serat tongkol jagung manis Talenta tidak mudah menempel pada gigi. Potensi hasil panen 18 ton/ha dan umur dipetik yaitu 70 HST. 

Jagung manis Talenta tahan penyakit bulai. Penyakit bulai pada jagung sering ditandai adanya daun menjadi berwarna kuning keputihan. Tanaman akan kerdil bahkan tidak mampu berproduksi sama sekali. 

Penyakit bulai disebabkan cendawan Peronosclerospora spp. Penyakit bulai merupakan penyakit utama tanaman jagung. Bila tidak ditangani menyebabkan kehilangan hasil sampai 100%. Suhu meningkat dan kelembaban tinggi semakin mempercepat perkembangbiakan dan penyebaran spora bulai. Penyebarannya lewat udara, tanah atau benihnya. 

Daun jagung manis Talenta tahan penyakit karat. Penyakit karat daun disebabkan oleh cendawan Puccinia polysora dan penyakit utama ke-2 pada tanaman jagung setelah bulai. Kehilangan hasil penyakit karat daun sebanyak 45 - 70%.  


Baca Juga : Timun Tahan Virus Zatavy F1 dari Panah Merah


Manfaat Jagung Manis Kaya Nutrisi dan Vitamin


manfaat jagung manis, talenta, benih pertiwi, budidaya jagung manis, jual benih jagung, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jagung Kaya Manfaat

Manfaat jagung manis disebut sebagai makanan super karena kaya nutrisi dan vitamin. Manfaat jagung manis dapat membantu kita banyak hal berkaitan dengan kesehatan tubuh dan otak. Berikut manfaat jagung manis adalah : 

1. Baik Untuk Kesehatan Penglihatan

Manfaat jagung manis kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan mata kita. Pigmen zeaxanthin dalam manfaat jagung manis melindungi mata dari degenerasi makula. Manfaat jagung manis juga kaya beta-karoten dan folat penting bagi kesehatan mata. 

2. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat jagung manis membantu dalam meningkatkan daya ingat. Banyak mengandung Thiamin dan Vitamin B1. Manfaat jagung manis selain mampu meningkatkan kemampuan ingatan juga mencegah penyakit terkait dengan daya ingat seperti Alzhaimer. 

3. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kandungan Folat atau vitamin B9 dapat membantu menurunkan asam amino dalam pembuluh darah tubuh. Asam amino meningkat menyebabkan masalah pada pembuluh darah hingga mengakibatkan permasalahan pada jantung kita. Manfaat jagung manis dapat mencegah kerusakan pada jantung. 

4. Sebagai Pencegah Kanker Paru-Paru 

Berdasarkan penelitian bahwa manfaat jagung manis terdapat zat kimia alami penting yaitu crytoxanthin dan bila diserap tubuh berubah menjadi vitamin A. Zat alami ini mencegah perkembangan kanker paru-paru dan juga jenis penyakit kanker lain. 

5. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Karena jagung manis Talenta kaya unsur Mangan, Seng dan Tembaga yang membantu meningkatkan kekuatan otot tubuh. Zat-zat tersebut juga dapat menurunkan rasa sakit akibat Arthritis. Kandungan Magnesium dalam manfaat jagung manis dapat mencegah mati rasa pada otot tubuh. 

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Hal ini karena jagung manis kaya protein dan vitamin C. Fungsi vitamin C adalah menambah sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu mencegah infeksi, demam. flu dan pilek. Kandungan protein jagung manis sebagai penambah asupan energi nagi tubuh. 

7. Mengatasi Anemia

Karena jagung manis kaya zat besi sehingga mengkonsumsinya membantu mengatasi anemia. Manfaat jagung manis mampu meningkatkan haemoglobin hingga 50%. Asam folat dalam jagung manis untuk mengatasi anemia. 

8. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi jagung manis dipercaya dapat menurunkan tingginya kolesterol Anda. Kolesterol normal dapat menyehatkan organ jantung. 


Olahan Jagung Manis Bergizi Tinggi


Jagung manis memiliki nama latin Zea mays convar. saccharata var. rugosa. Kandungan gula jagung manis lebih tinggi dari jenis jagung biasa. Jenis jagung manis ini dikenal dengan nama sweet corn, sugar corn dan pole corn di dunia pertanian.   

Jagung biasa masuk kategori jenis tanaman palawija atau pangan. Sedangkan tanaman jagung manis masuk kategori jenis sayur-sayuran. Hal tersebut karena jagung manis memiliki daya simpan lebih pendek atau mudah rusak layaknya sifat sayuran. 

Manfaat jagung manis dapat dinikmati saat masih muda atau panen masak susu yaitu sekitar 18 - 22 hari setelah penyerbukan. Rasa manis dari jenis sweet corn ini karena terjadinya mutasi gen yang mengatur pembentukan tali polisakarida. Akibatnya bulir-bulir jagung gagal membentuk pati dengan jumlah banyak.  

Manfaat jagung manis dipanen saat muda karena bulir cepat keriput berbeda dengan jagung biasa. Daya simpan jagung manis tidak lama dan bertahan maksimal 4 hari saja. Jadi jagung manis harus cepat diolah menjadi masakan jagung manis. 

Olahan jagung manis mengandung manfaat jagung manis tinggi karena kandungan nutrisinya. Dalam secangkir olahan jagung manis ( 164 gram ) mengandung manfaat jagung manis 177 kalori. Selain itu juga mengandung 41 gram karbohidrat, 5,4 gram Protein, 2,1 gram lemak dan 4,6 gram serat. 

Manfaat jagung manis mampu memenuhi 17% kebutuhan vitamin C, 24% vitamin B1, 19% vitamin B9, 11% kebutuhan Magnesium dan 10% kebutuhan Kalium.

Manfaat jagung manis ini bebas gluten sehingga aman bagi mereka yang ingin menghindari gluten. Meski manis, manfaat jagung manis juga aman bagi penderita diabetes asalkan tidak dikonsumsi  berlebihan. Kandungan seratnya turut membantu menyeimbangkan kadar gula darah.   

Cara memilih jagung manis yang tepat yaitu sebaiknya cari yang masih berkulit dan pastikan kulitnya masih segar, tidak kering. Jika adanya hanya yang tidak berkulit maka coba tekan bulir jagungnya dengan jari. Bila bagian dalam keluar air berarti jagung masih segar. 


Baca Juga : Semangka F1 Putri Delima ( SF-3609 )


Makanan dari Jagung Ini Bergizi dan Enak


manfaat jagung manis, talenta, benih pertiwi, budidaya jagung manis, jual benih jagung, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Jagung 
Cap Kapal Terbang

Tanaman jagung manis adalah hasil pertanian khas Indonesia. Karenanya Pemerintah menggalakkan untuk membuat makanan dari jagung sebagai pengganti dari nasi. Makanan dari jagung diolah menjadi banyak sekali jenisnya dan beberapa sudah menjadi makanan pokok masyarakat. 

Nasi Jagung

Nasi jagung adalah masakan dari jagung yang cukup populer dan beberapa daerah menjadikan nasi jagung menjadi makanan pokok sehari-hari. Dan di masing-masing daerah ada nama untuk olahan jagung ini. Salah satunya seperti di Jawa Timur disebut nasi ampog. 

Perkedel Jagung

Olahan jagung ini juga sudah populaer dan nama lainnya adalah bakwan jagung. Banyak orang sudah mengenal membuat resep bakwan jagung. Perkedel jagung ini mudah ditemui di warteg-warteg. Perkedel atau bakwan jagung ini bisa menggunakan jagung biasa atau jagung manis. 

Jagung Susu Keju ( Jasuke )

Jasuke makanan camilan olahan jagung paling disukai. Karena rasanya manis, enak dan harga terjangkau. Mudah cara membuatnya dan bahan-bahannya juga mudah didapat. Makanan jasuke mudah ditemui juga sebagai street food atau makanan pinggir jalan di depan sekolah atau acara bazar.  

Tinutuan

Nama lain dari makanan dari jagung ini adalah Bubur Manado. Sesuai namanya, yaitu makanan bubur namun berwarna kuning karena dibuat dari manfaat jagung manis campur beras, labu kuning dan sayur-sayuran. Agar lebih enak dan gurih, Tinutuan ditambah lauk ikan goreng. 

Talam Jagung

Talam jagung tidak terbuat dari tepung beras tetapi dari jagung diberi santan, gula, garam dan tepung hun kwe. Rasanya manis dan gurih serta cara membuatnya mudah.

Blendung

Blendung atau bledus atau grontol dapat ditemui di pasar tradisional atau pasar desa di Jawa Timur. Cukup mudah membuatnya yautu butiran jagung dikukus dan taburi garam, parutan kelapa dan gula.

Jagung Bose

Jagung Bose merupakan makanan khas Nusa Tenggara Timur. Biasanya disajikan di acara-acara besar dan sudah menjadi makanan sehari-hari warga NTT. Terbuat dari jagung ditambah kacang merah, kacang tanah, santan dan ikan. 


Manfaat Jagung Manis Untuk Diet dan Wajah


Manfaat jagung manis dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Bagi penderita diabetes, dianjurkan untuk mengurangi asupan nasi karena nasi mengandung gula. Namun sebagai sumber karbohidrat, tubuh juga akan lemas jika tidak makan nasi.

Maka agar kebutuhan karbohidrat cukup dan tubuh tidak menjadi lemas, manfaat jagung manis dapat menjadi alternatif pengganti nasi. Manfaat jagung manis mengandung amilosa yang lebih lama dicerna tubuh. Proses pencernaan lama menyebabkan kadar gula darah tidak dapat naik. 

Bagi yang sedang diet, jagung cocok karena manfaat jagung manis memiliki kandungan serat tinggi dan membuat kenyang lebih lama. 

Manfaat jagung manis tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat namun juga ada vitaminnya yaitu vitamin B6, B12, C, zat besi dan anemia. Kandungan Besi manfaat jagung manis bermanfaat mencegah anemia. 

Manfaat jagung manis untuk wajah. Manfaat jagung manis dapat mengangkat sel-sel kulit mati secara alami. Manfaat jagung manis dapat mencegah garis halus pada wajah. Masker berbahan pati jagung terbukti efektif menyamarkan dan menghilangkan garis halus pada wajah. 

Manfaat jagung manis mengandung vitamin A dan bagi kesehatan kulit wajah dapat dijadikan untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan bintik hitam pada wajah. Manfaat jagung manis juga dapat menghilangkan bekas jerawat dan menguragi minyak berlebih di wajah. 

Manfaat jagung manis dijadikan masker dapat menyerap kelebihan minyak di wajah. Manjadikan kulit wajah lebih segar dan cerah. 


Baca Juga : Penyakit Gemini Virus pada Budidaya Semangka


Manfaat Jagung Manis Mudah Cara Tanamnya



manfaat jagung manis, talenta, benih pertiwi, budidaya jagung manis, jual benih jagung, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pupuk NPK Mutiara

Tanaman jagung manis mengalami mutasi gen resesif yang menghambat perubahan gula menjadi pati. Kadar gula jagung manis meningkat mulai hari ke-5 hingga hari ke-15. 

Adaptasi iklim tanaman jagung manis cukup tinggi. Di Indonesia, budidaya jagung manis dapat ditanam mulai dataran rendah hingga di pegunungan dengan ketinggian 1800 m dpl. Bahkan jagung manis dapat tumbuh di ketinggian 3000 m dpl. 

Suhu optimal menanam jagung manis yaitu 21 - 27 derajat Celcius dan suhu perkecambahan benih yaitu 23 - 27 derajat Celcius. Tanaman jagung manis tercatat dapat tumbuh pada pH tanah 5 - 8.

Kebutuhan hara jagung manis harus selalu terpenuhi dengan baik agar dapat berproduksi dengan maksimal. Tanaman jagung manis membutuhkan unsur N cukup banyak namun juga unsur P dan K harus seimbang.

Manfaat jagung manis dapat Anda tanam di lahan bekas sawah langsung atau dibuat bentuk bedengan di tegalan. Bila di lahan bekas sawah, pastikan bahwa air sudah surut, tidak menggenang. Pembuatan bedengan berfungsi untuk mengatur saluran drainase. 

Bedengan jagung manis berukuran lebar 1 meter dan tinggi 20 - 30 cm. Jarak antar bedeng 30 cm dan satu bedeng dibuat 2 baris atau larik tanaman. 

Pemupukan dasar juga diperlukan pada budidaya jagung manis. Yaitu menggunakan campuran pupuk kandang ayam dan sapi/kambing dengan perbandingan 1 : 1. Pupuk kandang ayam mengandung N tinggi dan cepat terurai. Sedangkan pupuk kandang sapi/kambing banyak mengandung unsur P dan K. Kebutuhan pupuk kandang sebanyak 5 ton/ha.


Baca Juga : Melon Tahan Virus Dhona Dibuahkan Lebih dari Satu


Pemeliharaan Budidaya Jagung Manis


Pemupukan kanjutan setelah tanam menggunakan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 300 kg/ha. Pupuk diletakkan sekitar 5 cm disamping tanam dalam lubang pupuk. Bersama pemupukan, dapat dilakukan penggemburan. penyiangan gulma dan penyiraman.  

Manfaat jagung manis Talenta berkualitas dianjurkan untuk melakukan isolasi jarak minimal 150 meter. Atau dengan melakukan penanaman interval waktunya minimal 15 HST bergantian dengan jagung biasa atau varietas jagung manis lainnya. 

Manfaat jagung manis bagi kesehatan asalkan Anda mengkomsumsinya secara wajar dan tidak berlebihan. Manfaat jagung manis mengandung nutrisi namun belum mencukupi semua kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita. 

Kandungan gula manfaat jagung manis cukup tinggi dan bila dimakan berlebihan dapat menimbulkan masalah. Tiap bulir jagung manis mengandung kadar gula dan pati tinggi. Beberapa nutrisi penting seperti protein tidak banyak pada jagung manis.  

Dampak jagung manis berlebihan yaitu penyakit autoimun yakni sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat dalam organ. Sehingga kekebalan tubuh menjadi lemah. Tubuh akan mengubah protein dalam jagung menjadi gluten dan ini dapat mengganggu kerja usus. 

Manfaat jagung manis dapat dinikmati bila dikonsumsi tidak berlebihan. Demikian artikel Kami judul: Manfaat Jagung Manis Untuk Kesehatan Tanam Benih Talenta Pertiwi. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). 

Toko pertanian LMGA Agro jual online benih Talenta jagung manis produk Pertiwi. Kami menerima layanan konsultasi pertanian gratis. Kami menyediakan kebutuhan budidaya tanaman lengkap. Kami siap kirim pesanan Anda ke seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang manfaat jagung manis. Jagung manis benih Talenta dari Pertiwi mudah ditanam dan memiliki adaptasi yang luas. Selamat mencoba dan salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.