TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

05/10/21

Kandungan Tomat Kaya Gizi Benih F1 Puspita Cap Kapal Terbang


kandungan tomat, tomat puspita, benih hibrida, cap kapal terbang, manfaat tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Tomat Hibrida
Puspita

Kandungan Tomat Kaya Gizi Benih F1 Puspita Cap Kapal Terbang. HP 082141747141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro jual benih hibrida Puspita cap Kapal Terbang. Benih Puspita F1 sayuran penuh gizi kandungan tomat yaitu vitamin dan mineral.   

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan lengkap kebutuham bercocok tanam. Mulai dari benih berkualitas tanaman sayur dan buah, pupuk, pestisida, ZPT dan alat pertanian. Kami menerima konsultasi pertanian gratis. 

Toko pertanian LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesa. Bersama jasa pengiriman barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak pula untuk menjadi dropship dan reseller pertanian. 

Kandungan tomat kaya manfaat dan gizi yang lengkap dengan budidaya benih Puspita tomat hibrida. Benih Puspita F1 produk cap Kapal Terbang PT Bisi International, Tbk. Tanaman tomat Puspita merupakan tanaman sayur kaya manfaat dan kandungan tomat yang nikmat. 

Kandungan tomat hibrida Puspita kaya serat dan antioksidan tinggi seperti vitamin C. Kandungan tomat Puspita F1 juga kaya akan Likopen, yaitu pembentuk warna merah pada buah tomat. 

Kandungan tomat terdiri dari kalori, protein, lemak dan karbohidrat dalam tomat Puspita hibrida. Cara menanam tomat Puspita direkomendasikan untuk dataran rendah hingga tinggi. 

Budidaya tomat Puspita F1 cap Kapal Terbang tipe pertumbuhan determinate yang tahan penyakit layu dan busuk daun. Buah tomat bertekstur bulat oval yang keras sehingga tahan distribusi jarak jauh. Potensi hasil panen tomat Puspita F1 kurang lebih 42 ton/ha. 


Tomat Hibrida Puspita Cap Kapal Terbang


Benih hibrida tomat Puspita tipe pertumbuhan determinate cocok ditanam di dataran rendah sampai tinggi. Tomat Puspita F1 memiliki keunggulan tahan penyakit layu dan busuk daun. 

Buah tomat Puspita F1 berukuran sedang dengan berat 60 - 80 g/buah. Bentuk buahnya bulat-oval. Tekstur buah keras dan tahan pengangkutan jarak jauh. 

Umur panen cara menanam tomat Puspita F1 adalah 60 - 65 hari setelah pindah tanam. Potensi hasil panen tinggi yaitu sekitar 42 ton/ha. Kebutuhan benih untuk budidaya tomat per hektar yaitu sebanyak 85 - 90 g/ha. 

Tanaman tomat pertama kali ditemukan di Amerika Selatan dan masih satu famili dengan kentang, terong dan paprika. Tomat termasuk kategori buah karena mempunyai daging dan biji yang aman bila tertelan. 

Peran tomat sebagai buah yaitu disukai sebagai jus buah tomat karena kandungan tomatnya. Sebagai jus, buah tomat menyegarkan dan cepat menghilangkan rasa haus terutama bila cuaca sedang panas.  

Namun ternyata, buah tomat juga cocok sebagai campuran sayuran. Sehingga banyak juga orang menganggap bahwa tomat adalah sayuran. Sebagai campuran masakan, tomat banyak dimasukkan sebagai penyedap masakan sup, tumis hingga sambal tomat. 

Kandungan tomat Puspita yaitu kaya vitamin C dan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker. Kandungan tomat lainnya yang tak kalah penting yaitu beta-karoten yang bermanfaat mencegah penyakit tumor.  

Kandungan tomat umumnya aman dikonsumsi dan jarang menimbulkan rasa alergi. Namun karena kandungan tomat bersifat asam maka sebaiknya tidak makan berlebihan makanan dari buah tomat. Terutama bagi orang yang punya riwayat asam lambung. 


Baca Juga : Tomat Servo Menghipnotis Petani Sayur


Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Kita


kandungan tomat, tomat puspita, benih hibrida, cap kapal terbang, manfaat tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Kandungan Buah Tomat
Bergizi Tinggi

Kandungan tomat per 100 gram terdapat 20 kalori, 1 gram protein, 0,3 gram lemak dan 4,3 gram karbohidrat. Kandungan tomat juga terdapat vitamin dan mineral antara lain : 5 mg kalsium, vitamin A ( karoten ) 1500 SI, vitamin B ( thiamin ) 60 mg dan vitamin C 40 mg. 

Buah tomat mengandung juga zat besi ( 5 mg ) dan potassium 360 mg per 100 gram tomat. Ciri khas penampilan buah tomat yaitu berwarna merah mengkilap dan kaya kandungan vitamin C. Ciri khas lainnya yaitu rasa buah tomat yang masam. Manfaat kandungan tomat didalamnya berguna untuk sistem imun tubuh. 

Harga  tomat sangat bersahabat dan cenderung stabil. Ada 2 jenis tomat di pasaran yaitu biasa disebut sebagai tomat buah dan tomat sayur. Tomat buah memiliki daging buah lebih besar dan tidak terlalu masam. Ukuran buahnya rata-rata besar. 

Kebalikan dari jenis tomat sayur dengan daging buah lebih tipis dan ukuran buah lebih kecil. Rasanya lebih masam dan menyegarkan bila dipakai untuk campuran bumbu masakan. Namun orang kadang memakai tomat buah untuk masakan begitu juga sebaliknya tomat sayur bisa juga dibuat jus. 

Berat 100 gram kandungan tomat mampu memenuhi 20% kebutuhan vitamin C per hari. Kandungan tomatnya Juga menyumbangkan 10 - 20% vitamin A per hari. Kombinasi vitamin A dan C kandungan tomat merupakan sumber antioksidan tinggi bagi tubuh. 

Kombinasi vitamin A dan C kandungan tomat bermanfaat menjaga kesehatan gigi dan gusi serta mempercepat sembuhnya luka. Selain itu menjaga kesehatan mata, alat reproduksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Kandungan tomat kaya akan antioksidan yaitu ada beta-karoten, likopen, enzim fitoena dan fitofluena. Enzim dalam manfaat buah tomat merupakan antioksidan tinggi dan mampu mengikat radikal bebas. Antioksidan merupakan tabir surya alami tubuh dan mampu mencegah penyakit degeneratif. 


Baca Juga : Daun Seledri Summer Hasil Super Membuat Kantong Tebal


Manfaat Tomat Untuk Wajah


Manfaat tomat untuk wajah berasal dari kandungan tomat antara lain : vitamin A, B dan C. Juga kandungan mineral tomat yaitu kalium dan magnesium. Manfaat tomat untuk wajah membuat kulit wajah lebih lembab. 

Manfaat masker tomat dari irisan buah tomat langsung diletakkan pada wajah mampu mengatasi kulit kering.  Manfaat masker tomat mengandung kalium. Kadar kalium rendah pada tubuh menyebabkan kulit kering. 

Kandungan tomat untuk wajah bersifat anti radang memiliki kandungan likopen, beta-karoten, lutein dan vitamin C dan E. Kandungan tomat bersifat anti radang tersebut berpotensi meredakan inflamasi dan iritasi kulit. 

Manfaat tomat untuk wajah yaitu sebagai toner alami dan mampu mengurangi produksi minyak berlebih serta menyegarkan wajah. Sebagai toner wajah, campur jus tomat dan timun segar. Lalu oleskan pada wajah menggunakan kuas wajah. Biarkan beberapa menit lalu bersihkan dengan air. 

Kandungan tomat bagi wajah mencegah penuaan dini atau anti penuaan. Mengkonsumsi tomat langsung berpotensi memperlambat penuaan kulit. Buah tomat mengandung vitamin B lengkap antara lain : vitamin B1, B3, B5, B6 dan B9.

Peran kandungan tomat untuk wajah yaitu merangsang produksi kolagen yaitu sejenis protein penyusun banyak bagian tubuh dan membuat kulit tampak segar dan kenyal. Kadar kolagen kulit tercukupi membuat elastsitas kulit terjaga. 

Antioksidan dalam kandungan tomat mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. Antioksidan ini dapat diperoleh dengan rutin mengkonsumsi makanan tinggi likopen seperti buah tomat. Kulit akan terhindar dari efek terbakar oleh sinar matahari ( sunburn ). 

Kandungan tomat manfaatnya untuk wajah yaitu mampu mengangkat sel kulit mati. Enzim pada tomat mampu mengeksfoliasi sel kulit mati sehingga wajah tampak selalu sehat dan segar. 

Vitamin C masker tomat mengandung antioksidan dan mampu menangkal radikal bebas. Vitamin C berkhasiat mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. 


Cara Menanam Tomat Hibrida Puspita 


kandungan tomat, tomat puspita, benih hibrida, cap kapal terbang, manfaat tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Tomat Menguntungkan

Langkah pertama cara menanam tomat yaitu menentukan lokasi lahan yang sesuai. Pilihlah lokasi lahan yang mendapat sinar matahari penuh dan tanah berdrainase baik. Sinar matahari harus menyinari lahan setidaknya 6 jam per hari. 

Selanjutnya adalah menentukan waktu terbaik cara menanam tomat. Tanam tomat dari benih Puspita sekitar umur 60 hari akan dilakukan panen. Waktu tanam tomat sebaiknya di lahan kering dan di akhir musim hujan. 

Bila ingin menanam tomat di akhir tahun atau memasuki musim hujan maka Anda harus mempersiapkan resiko akan gagal panen di musim hujan. Cara menanam tomat mempersiapkan lahan selama 2 - 4 minggu. 

Persiapan lahan dengan menggali tanah sedalam 30 cm dan dibolak-balik hingga gembur. Campur juga dengan pupuk kompos agar lebih cepat gembur dan lebih subur. Jarak tanam cara menanam tomat di tanah yaitu 60 x 60 cm. Kebutuhan benih yaitu 85 - 90 g/ha. 

Agar kelembaban terjaga maka pasang mulsa plastik hitam perak pada permukaan bedengan. Bersihkan juga tanah dari gulma, sisa tanaman, sampah dan batu-batu. Biasanya bersamaan dengan persiapan lahan, persiapkan juga bibit tomat yaitu menyemaikan benihnya. 

Benih disemaikan dulu dalam plastik kecil atau bisa menggunakan tray semai. Gunakan media semai dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Benih direndam air dulu 30 menit agar cepat berkecambah. Setelah itu masukkan satu per satu benih ke plastik persemaian. 

Lahan dapat dibiarkan selama 2 minggu setelah diberi pupuk kandang dan pupuk NPK secukupnya. Tanaman tomat menyukai tanah lembab dan drainase tanah baik. Lakukan rutin penyiraman. Bila cabang daun terlalu rimbun lakukan pemangkasan. 


Tanaman Tomat Subur Karena Pemeliharaan Tepat


Perawatan tanaman tomat meliputi penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit. Penyiraman dilakukan sejak benih ditaburkan sampai menjadi bibit dan ditanam di lahan tetap. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari pagi dan sore. Untuk tanaman muda, penyiraman dilakukan hati-hati. 

Penyiangan gulma dilakukan langsung dengan cara gulma rumput dicabut menggunakan tangan. Lakukan seperlunya dan jangan sampai gulma tumbuh besar karena akan lebih sulit dibersihkan. 

Pembumbunan tanaman tomat bertujuan melancarkan peredaran udara dalam tanah dan mengurangi gas atau zat beracun dalam tanah. Dengan pembumbunan, perakaran menjadi lebih sehat dan tanaman jadi cepat besar. Tanah padat harus segera digemburkan.Pembumbunan dilakuan dengan hati-hati.  

Perempelan atau pemangkasan pada tunas yang tumbuh di letiak daun agar tidak menjadi cabang. Pemangkasan dilakukan setidakya 1 minggu sekali. Tanaman tomat yang tingginya terbatas, pemangkasan dilakukan secara hati-hati. Jangan sampai ternyata Anda memangkas tuas terakhir sehingga tumbuhan menjadi pendek.

Pemupukan susulan diberikan sekitar 1 minggu setelah tanam. Pemupukan menggunakan pupuk Urea dan KCl atau pupuk majemuk NPK. Pemupukan diberikan secara tabur di sekeliling tanaman berjarak 5 cm dari pangkal batang. Setelah dipupuk, tanaman tomat disiram agar tetap lembab.

Pemupukan susulan kedua setelah 2 - 3 minggu setelah tanam dengan cara pupuk disebar di sekeliling tanaman. Bila memasuki umur 4 minggu setelah tanam tidak tampak subur, sebaiknya tanaman tomat diberi pupuk lagi.

Pemasangan ajir juga menjadi salah satu pemeliharaan tanaman tomat. Tujuan ajir atau pemasangan lanjaran ini adalah menhan tegaknya tanaman tomat. Pemasangan ajir dilakukan saat tanaman masih belum tinggi dan perakaran belum banyak. 


Baca Juga : Tomat Natama Super Unggul di Dataran Tinggi


Tomat, Sayur atau Buah


kandungan tomat, tomat puspita, benih hibrida, cap kapal terbang, manfaat tomat, jual benih tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Tomat Sayur atau Buah

Secara botani, tomat digolongkan sebagai buah karena mempunyai biji dan daging. Dikatakan sebagai sayur karena tomat sering digunakan sebagai campuran masakan sayur sup, tumis hingga sambal. Kandungan tomat dimasukkan dalam menu makan sehari-hari. 

Buah tomat berasal dari Amerika Selatan dan pertama kali dipakai oleh suku Aztek ( Meksiko ) untuk bahan memasak. Buah tomat meski disebut buah namun sering diolah berbagai masakan seperti salad, saus, sambal dan lain-lain. 

Nama latin tomat Solanum lycopersicum terdiri dari beragam jenis tomat namun dengan kandungan tomat sama. Sebagian besar kandungan tomat mengandung air ( 95% ) dengan banyak kandungan vitamin, mineral dan antioksidan. Daging buahnya mengandung serat tinggi, karbohidrat, protein dan vitamin.  

Buah tomat berukuran sedang memiliki kandungan tomat 20 kalori, 1,2 gram serat dan 5 gram karbohidrat. Serat kandungan tomat dari jenis serat larut dan baik untuk kesehatan pencernaan. 

Kandungan tomat buah kaya vitamin C. Fungsi vitamin C adalah sebagai antioksidan kuat untuk menghalau radikal bebas. Diketahui bersama bahwa radikal bebas merupakan perusak sel dan jaringan tubuh penyebab penyakit kronis. 

Fungsi vitamin C juga untuk pembentukan kolagen kulit pada tubuh guna menunjang kesehatan kulit, meningkatkan imunitas dan penyerapan zat besi. Antioksidan kuat lainnya dalam kandungan tomat yairu likopen. 

Likopen merupakan zat pemberi warna merah pada tomat matang. Semakin merah tomat maka kandungan likopennya semakin banyak. Likopen adalah bagian dari karoten dan biasanya terdapat dalam saus tomat, jus dan pasta tomat. 

Tubuh manusia cocok dengan likopen pada buah tomat yang sudah masak. Fungsi likopen dalam kandungan tomat yaitu membantu menurunkan resiko stroke dan serangan jantung. Khasiat likopen dalam kandungan tomat yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ). 


Pohon Tomat Hibrida Puspita 


Pohon tomat hibrida Puspita cap Kapal Terbang panen umur 65 haris setelah pindah tanam. Anda dapat mencoba menanam tomat di rumah karena pada dasarnya cara menanam tomat tidak sulit. Ciri tomat siap panen yaitu kulit buah berubah dari warna hijau menjadi kekuning-kuningan. 

Jenis tomat hibrida Puspita adalah tomat determinate, yaitu dimana pohon tomat nanti akan berhenti pertumbuhannya di akhir musim atau setelah bunga muncul. 

Pohon tomat determinate terpendek diantara jenis tomat yaitu berkisar 50 - 80 cm. Golongan tomat determinate tidak bisa tumbuh tinggi sehingga kadang tidak perlu dipasang lanjaran. 

Pertumbuhannya akan berhenti saat pohon tomat sudah muncul bunga-bunganya. Pohon tomat Puspita memiliki umur pendek dan cepat panen. Cara menanam tomat di rumah dapat menjadi peluang usaha sampingan. 

Kandungan tomat juga akan mudah Anda nikmati sewaktu-waktu baik sebagai bumbu masakan atau jus tomat. Kandungan tomat kaya antioksidan tinggi dengan banyak manfaatnya hingga mencegah penyakit kronis seperti jantung dan kanker. 

Kandungan tomat akan dapat Anda rasakan khasiatnya dengan mengkonsumsi rutin selama 8 minggu setiap hari. Mengatasi darah tinggi dan menambah imun tubuh sehingga tidak mudah sakit. 

Demikian artikel Kami judul : Kandungan Tomat Kaya Gizi Benih F1 Puspita Cap Kapal Terbang. Hubungi nomer kontak Kami di 0821417417141 ( telp ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian online LMGA Agro siap menerima konsultasi pertanian gratis. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan bercocok tanam lengkap mulai benih hibrida dan unggul, pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian. Kami jual benih tomat hibrida Puspita cap Kapal Terbang. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang kandungan tomat dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan tomat kaya serat, antioksidan, vitamin dan mineral guna mencegah serangan penyakit. Salam sukses...


RELATED POSTS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.