TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

18/11/21

Harga Bibit Semangka Inul Redin Benih F1 Terbaik Kapal Terbang

harga bibit semangka, redin f1, cap kapal terbang, semangka inul, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Semangka
Redin F1

Harga Bibit Semangka Inul Redin Benih F1 Terbaik Kapal Terbang. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih semangka inul redin hibrida. Harga bibit semangka inul Redin benih hibrida murah dan berkualitas dari Cap Kapal Terbang. 

Toko pertanian LMGA Agro jual berbagai kebutuhan bercocok tanam selain benih hibrida dan unggul semangka inul Redin F1. Juga tersedia benih hibrida dan unggulan tanaman buah dan sayur seperti cabai, tomat, timun, labu, semangka, melon dan lain-lain.

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan juga pupuk, pestisida, ZPT hingga alat pertanian lengkap. Kami menerima layanan konsultasi gratis pertanian. Kami siap kirim pesanan Anda dengan alamat tujuan ke seluruh wilayah Indonesia. Kami mengajak serta menjadi dropship dan reseller pertanian. 

Harga bibit semangka inul Redin benih hibrida cap Kapal Terbang terbaik dan harga murah. Harga bibit semangka inul Redin tersedia kemasan berat 10 gram. Keunggulan semangka inul Redin F1 yaitu pertumbuhan tanaman kuat dan kokoh. 

Harga bibit semangka inul Redin benih hibrida produk cap Kapal Terbang. Semangka Redin F1 berbentuk lonjong, daging buah warna merah dan rasa manis. Buah tahan disimpan lama. 

Semangka inul buah semangka berbentuk lonjong dan unik yang menjadikan buah ini disukai masyarakat. Sama dengan jenis semangka lainnya, juga mengandung air cukup tinggi dan kandungan nutrisi lengkap. 

Harga bibit semangka inul Redin ini tahan disimpan lama. Daging buah semangka Redin F1 berwarna merah, renyah dan manis. Harga bibit semangka inul Redin ini memiliki tingkat kemanisan 10 - 12% ( Brix ). 


Semangka Inul Redin F1 


Harga bibit semangka inul Redin benih F1 tersedia di Toko pertanian LMGA Agro memiliki pertumbuhan  yang kuat. Buah mudah jadi dan seragam. Pertumbuhan buah seragam sama besar. 

Semangka inul Redin F1 buahnya berbentuk lonjong yaitu memang ciri khas jenis semangka lonjong/inul. Kulit buah semangka Redin F1 kuat dan tidak mudah pecah. Warna hijau kehitaman dan daya simpannya lama. 

Harga bibit semangka Inul Redin daging buahnya merah. Rasanya renyah dan manis dengan tingkat kemanisannya 10 - 12% Brix. Berat buah semangka Redin F1 inul yaitu 2,5 - 3,5 kg per buah.   

Semangka Redin F1 dipanen umur 58 hari setelah pindah tanam. Kebutuhan benih menanam semangka Redin F1 adalah 230 - 260 gram luasan 1 hektar. Jarak tanam dianjurkan 60 x 300 cm. 

Pertumbuhan tanaman semangka inul hibrida kuat, buah pun mudah jadi dan tumbuh seragam. Harga bibit semangka inul Redin buah berbentuk lonjong. Kulit buah kuat dan tahan lama penyimpanan. Daging buah berwarna merah, manis dan renyah. 

Harga bibit semangka inul Redin dipanen umur 58  hari setelah pindah tanam. Benih Redin F1 daya kecambah 90% dan direkomendasikan ditanam di dataran rendah hingga tinggi. 

Harga bibit semangka inul Redin merupakan jenis semangka pepaya hibrida. Bentuknya mirip buah pepaya yang panjang. Semangka inul berbentuk lonjong dengan bobot rata-rata sekitar 2,5 - 3,5 kg per buah. 

Bentuk semangka inul yang lonjong menjadi lebih mudah untuk dibawa dibandingkan semangka bulat. Setelah dibelah, semangka inul memiliki warna menarik dan semakin berselera ingin menyantap buah semangka inul. 


Baca Juga : Budidaya Semangka Amara Cap Panah Merah 


Budidaya Semangka Inul Peluang Usaha Menjanjikan 


harga bibit semangka, redin f1, cap kapal terbang, semangka inul, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Peluang Usaha Semangka Inul

Budidaya semangka inul harga bibit semangka inul Redin menguntungkan dibandingkan semangka jenis lain. Budidaya semangka inul karena bentuk buahnya lonjong dapat menghemat lahan. Panjang tanaman juga lebih pendek dari semangka bulat. 

Usia panen semangka inul lebih cepat 1 minggu dibandingkan semangka bulat. Perawatan juga lebih mudah. Kemungkinan bakal buah berhasil menjadi buah cukup tinggi. Satu tanaman harga bibit semangka inul Redin dapat dibuahkan 2 - 3 buah tiap tanaman. 

Waktu panen cepat dan buah matang semangka inul Redin ditandai dengan tangkai buah yang mulai mengering. Tanaman semangka inul Redin F1 akan mati setelah buahnya habis dipetik.

Peluang usaha budidaya harga bibit semangka inul Redin menjanjikan dan menguntungkan. Produktivitas rata-rata 8,5 ton/ha dengan rata-rata bobot per buah 2,3 - 3,5 kg. Di pasaran, harga buah semangka inul ditentukan besar kecilnya berat buah. 

Untuk grade A, berat buah > 2 kg dan grade B berat buah antara 1,5 - 2 kg. Buah semangka inul yang bentuk tidak beraturan dan berat < 1 kg dimasukkan buah grade C. 

Cara menanam harga bibit semangka inul Redin mudah. Budidayanya dapat dilakukan di bedengan, pot atau polybag berukuran diameter 30 - 40 cm. Budidaya semangka inul juga bisa dilakukan menggunakan sistem hidroponik. Jarak tanam 30 - 40 cm.

Syarat tumbuh lahan cara menanam harga bibit semangka inul Redin adalah cocok ditanam di ketinggian tempat mulai dari 2 - 500 meter dari permukaan laut. Lahan harus terkena langsung sinar matahari minimal 8 jam sehari. 

Tanaman semangka menyukai tanah yang gembur dan kaya unsur hara. Tanah memiliki pH 5,5 - 7,5 dan dekat dengan sumber air. Lahan kebun menanam semangka sebaiknya jauh dari pantai. Pertumbuhan optimal bila ditanam di dataran rendah. 


Baca Juga : Jual Benih Semangka Amara Panah Merah


Persiapan Lahan Menanam Harga Bibit Semangka Inul Redin


Persiapan tanam harga bibit semangka inul redi yaitu tanah digemburkan dengan cara dicangkul atau dibajak. Tujuan pengolahan tanah ini adalah mendapatkan tanah yang lebih gembur dan untuk mencampur unsur hara dalam tanah. Jika tanah gembur, akar tanaman nanti akan mudah bergerak menyerap unsur hara. 

Tanah dicangkul sampai kedalaman 20 - 30 cm. Kemudian dibuat bedengan yang terdiri dari 2 baris atau alur tanam harga bibit semangka inul Redin nanti. Jarak baris adalah 2 meter dan jarak antar bedengan yaktu kurang kebih 30 cm. 

Lalu biarkan bedengan selama 3 hari agar terkena sinar matahari sehingga organisme merugikan dalam tanah dapat mati. Bersihkan alur baris tanaman dari gulma, sampah, batu dan sisa akar. 

Setelah 3 hari dibiarkan, kemudian bedengan diberi pupuk dasar. Peran pupuk dasar untuk menambah nutrisi bagi tanaman selama tumbuh hingga panen. Pupuk dasar menggunakan campuran pupuk organik dan pupuk an-organik. 

Cek juga nilai pH tanah, bila < 5,5 maka tanah bersifat asam dan berbahaya bagi tanaman. Jadi netralkan dulu dengan pemberian kapur Dolomit sampai pH berangsur netral. 

Pupuk organik menggunakan pupuk kandang sapi, ayam atau kambing. Beri juga larutan EM4 lalu tutup terpal dan biarkan selama 1 minggu. Pupuk kandang ditaburkan merata seluruh permukaan bedengan.  

Pemberian pupuk anorgaik yaitu NPK dapat Anda campur dengan insektisida. Berikan merata ke bedengan menggunakan cangkul. Tutup pupuk dengan tanah. Untuk menjaga kelembaban tanah dan menekan pertumbuhan gulma, pasanglah mulsa plastik hitam perak pada bedengan. 

Sebelum pemasangan mulsa, siram seluruh bedengan hingga basah. Pemasangan mulsa plastik dilakukan siang hari agar mulsa dapat melekat erat. 


Pembibitan Semangka Inul Redin dan Penanaman


harga bibit semangka, redin f1, cap kapal terbang, semangka inul, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Pelubang Mulsa

Pembibitan harga bibit semangka inul Redin dilakukan dalam polybag dengan media tanah humus. Sebelum disemai, benih direndam dalam air bersih semalaman. Esoknya, bungkus benih dalam kain basah sampai muncul kecambah sekitar 12 jam. 

Buat lubang tanam di tengah media tanam polybag sedalam 3 cm. Sebelum benih ditanam, siram dulu secukupnya agar lebih mudah ditanam. Benih yang sudah berkecambah dimasukkan lalu ditutup dengan tanah. Dalam 2 hari, bibit akan semakin tinggi. 

Selama bibit tumbuh, jauhkan dari sinar matahari dan hujan secara langsung. Memasuki hari ke 5 - 7, bibit akan mengeluarkan daun dan siap ditanam di lahan. 

Satu hari sebelum penanaman bibit, buat lubang tanam di permukaan mulsa plastik menggunakan alat pelubang mulsa. Alat ini tersedia di toko pertanian LMGA Agro dengan 2 jenis berdasarkan ukuran diameternya. 

Pada lubang tanam beri insektisida, fungisida, pupuk NPK dan air. Bibit sebaiknya ditanam saat cuaca tidak panas. Yaitu di pagi hari lalu dilanjutkan sore hari karena penanaman bibit harus diselesaikan dalam satu hari. 

Sobeklah plastik polybag dan keluarkan bibit dengan hati-hati. Agar mudah dikeluarkan, siram dahulu media tanamnya. Dan langsung ditanam di lubang tanam sekalian tanahnya juga. Tekan tanahnya dan tambahkan tanah agar dapat berdiri kokoh. 

Setelah penanaman. lakukan penyiraman seluruh bibit hingga tanah basah. Selanjutnya lakukan pengamatan dan kontrol pertumbuhan tanaman setiap hari sambil melakukan perawatan seperti penyiraman dan penyiangan. 

Pengamatan inetnsif sampai hari ke-7 setelah tanam karena masa-masa tersebut merupakan masa kritis bibit yang baru dipindah tanam. Bibit akan mengalami adaptasi dan bila gagal beradaptasi, tanaman akan layu atau mati. Bila tampak tanaman layu segera ganti dengan bibit baru yang sehat. 


Pemeliharaan Tanaman Semangka Inul Redin F1


Pemeliharaan harga bibit semangka inul Redin ini sangat penting dan harus tekun dalam melaksanakannya. Tahap pemeliharaan tanaman semangka termasuk ada tahap seleksi bakal buah semangka. 

Pemeliharaan harga bibit semangka inul Redin antara lain pemupukan susulan, penyiangan gulma dan penataan sulur. 

Pemupukan susulan dimulai umur 7 hari setelah tanam dan diulang setiap 7 hari sekali. Berikan pupuk NPK dengan sistem kocor karena cocok di musim kemarau. Dosis satu gelas pupuk NPK dilarutkan dalam 35 - 40 liter air. Pemupukan selanjutnya, dosis pupuk ditambah 2 - 3 gelas.

Penyiraman cara menanam semangka inul tidak perlu dilakukan setiap hari. Penyiraman dilakukan 7 hari sekali dan saat mulai muncul buah sebesar telur ayam, interval penyiraman menjadi pendek yaitu 5 hari sekali. 

Gulma biasanya tumbuh di sisi tepi bedengan karena tidak tertutup mulsa plastik hitam perak. Bila tampak ada rumput, segera dicabut bersamaan sambil melakukan kontrol tanaman. 

Penataan sulur pohon semangka bertujuan memudahkan proses seleksi bakal buah. Tanaman semangka memiliki banyak sulur. Sulur primer atau utama terdapat 3 buah dan membentuk huruf W. Sisanya sulur sekunder dan merupakan cabang dari sulur primer.

Luruskan sulur yang bergerak ke samping terutama tiga sulur utama. Penataan sulur ini dilakukan sebelum buah muncul. Usahakan agar antar tanaman tidak saling mengkait atau gandeng. 

Memasuki umur 1 bulan, pohon semangka harga bibit semangka inul Redin akan muncul bunga betina dan jantan. Bunga betina memiliki putik dan calon bakal buah. Sedangkan bunga jantan mengandung serbuk sari. 

Penyerbukan di musim kemarau bisa terjadi secara alami oleh serangga. Bila di musim hujan, harus dilakukan oleh manusia ( penyerbukan buatan ). 


Cara Seleksi Buah Harga Bibit Semangka Inul Redin


harga bibit semangka, redin f1, cap kapal terbang, semangka inul, jual benih semangka, toko pertanian, toko online, lmga agro
Seleksi Buah Semangka Inul

Seleksi buah semangka inul bertujuan mendapatkan buah berukuran seragam dan bobot buah besar. Seleksi buah semangka pertama yaitu pilihlah bakal buah yang berpotensi tumbuh besar. Bakal buah tersebut tumbuh jauh dari akar tumbuhan.

Pilih buah yang tumbuh pada daun ke-11 hingga ke-14 dan di tiga sulur primer. Tunggulah hingga menjadi buah sebesar telur ayam. Bila pertumbuhan buah di sulur utama jelek atau tidak tumbuh maka pilih di sulur sekundernya. 

Seleksi juga buah yang ada di sulur sekunder dan pilih buah yang berada dekat akar. Pilih buah di dekat akar bila buah di daun ke-11 hingga 14 tidak tumbuh. Pilihlah buah yang bentuknya proporsional dan sehat. Sisakan 2 - 3 bakal buah untuk dibesarkan. 

Bila buah sudah terbentuk dan sebesar telur ayam, saatnya melakukan pemangkasan sulur sekunder. Sebaiknya sulur dipangkas di pagi hari menggunakan alat potong yang tajam dan bersih. Sisakan satu daun setiap pangkal sulur yang dipotomg. 

Perempelan sulur sekunder dimaksudkan agar nutrisi yang diserap bisa fokus ke pembesaran buah. Sehingga bila fokus ke buah, ukuran bisa maksimal dan semakin manis rasanya.  

Persiapkan alas buah agar buah tidak dimakan uret. Letakkan alas di atas mulsa plastik hitam perak. Alas yang dipakai harus kedap air agar agar air mudah meresap dan tidak menggenang. 

Lakukan juga pembolak-balikkan buah secara teratur dan hati-hati saat buah mulai tumbuh besar. Tujuan membolak balik buah ini agar sinar matahari kena ke buah dengan merata dan tidak hanya kena pada satu sisi saja. Biasanya bagian yang tidak kena panas matahari akan berwarna kuning keputihan. 

Buah dibolak balik secara berkala setiap 4 - 7 hari sekali. Tujuannya agar warna hijau kulit semangka inul Redin merata. 


Baca Juga : Semangka Inul Kuning Sun Bao Idaman Baru Petani


Pupuk Membesarkan Buah Harga Bibit Semangka Inul Redin


Terdapat cara khusus agar buah semangka inul nanti bisa berukuran besar. Yaitu melakukan pemupukan khusus dan diberikan menjelang pemanenan tepatnya 7 - 10 hari sebelum panen. Atau saat tanaman berumur 40 hari setelah tanam. 

Pupuk untuk membesarkan buah harga bibit semangka inul Redin yaitu pupuk NPK. Taburkan pupuk di tengah bedengan lalu lakukan penyiraman. Pupuk akan larut dan terserap ke seluruh bedengan. 

Ciri-ciri buah semangka yang siap panen yaitu dilihat dari tangkai buah tampak mulai mengering. Pilih buah yang tampak sudah matang dan bsa diulang kembali 2 hari berikutnya. Tanaman akan mati sesudah selesai masa panenya. 

Untuk mengatasi serangan hama dan penyakit dilihat dulu gejala tanaman yang terinfeksi. Dan dilihat hama apa yang menyerangnya. Hama utama tanaman semngka adalah lalat buah, kutu, thrips juga ada penyakit akibat infeksi jamur atau bakteri. 

Silahkan berkonsultasi kepada Kami Toko pertanian LMGA Agro jika Anda melihat tanaman terinfeksi hama dan penyakit. Kami siap membantu dan menemukan solusi terbaik bagi permasalahan Anda. 

Harga bibit semangka inul Redin tahan penyakit dapat memudahkan Petani mengatasi permasalahan serangan penyakit. Selalu menjaga kebersihan, mencabut rumput-rumput, melakukan pemupukan berimbang dan memangkas daun-daun yang sakit. 

Semoga artikel Kami bermanfaat. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telpon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Kami siap kirim pesenan Anda ke seluruh wilayah Indonesia bersama JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Harga bibit semangka Inul Redin benih terbaik harga murah tersedia lengkap. Salam sukses....


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.