TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

20/11/21

Bibit Cabe Besar Cap Kapal Terbang Jual Benih F1 Elegance

bibit cabe besar, cap kapal terbang, elegance f1, jenis cabe, manfaat cabai, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Elegance F1

Bibit Cabe Besar Cap Kapal Terbang Jual Benih F1 Elegance. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro online jual benih bibit cabe besar cap Kapal Terbang Elegance F1. Harga murah benih terbaik berkualitas cabai besar. 

Toko pertanian LMGA Agro menyediakan kebutuhan budidaya pertanian menanam sayuran dan buah. Antara lain jual benih hibrida dan unggul, pupuk berkualitas, pestisida, ZPT hingga alat sarana prasarana pertanian. 

Toko pertanian online LMGA Agro melayani konsultasi pertanian gratis. Kami siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Bersama jasa pengiriman barang terpercaya JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak serta sebagai dropship dan reseller pertanian. 

Jual benih hibrida Elegance sebagai bibit cabe besar cap Kapal Terbang direkomendasikan untuk ditanam di dataran rendah hingga tinggi. Benih Elegance F1 bibit cabe besar cap Kapal Terbang mudah perawatannya. 

Bibit cabe besar cap Kapal terbang beli di Toko pertanian LMGA Agro harga murah. Benih Elegance F1 terbaik cabai besar tahan penyakit layu dan virus. Buah besar, merah mengkilat dan kuat. 

Benih Elegance F1 bibit cabe besar cap Kapal Terbang tahan penyakit layu bakteri, Gemini virus, hama Thrips, Aphid dan Mite. Buah cabe besar F1 Elegance mudah terbentuk meski cuaca sedang tidak baik. 

Bibit cabe besar Cap Kapal Terbang ukuran cabai panjang kurang lebih 16 cm dan diameter kurang lebih 1,4 cm. Kulit buah cabai Elegance F1 merah dan mengkilat saat matang. Tekstur cabai lentur sehingga tidak mudah patah saat pengepakan dan distribusi jarak jauh. 


Cabai Merah Besar Elegance F1 Cap Kapal Terbang


Cabai Elegance F1 benih terbaik bibit cabe besar cap Kapal Terbang cocok ditanam di dataran rendah hingga tinggi. Pohon cabe besar Elegance F1 mudah perawatannya. Vigor tanaman kokoh dan tegak. 

Bibit cabe besar cap Kapal terbang Elegance F1 jual benih di Toko pertanian LMGA Agro tahan penyakit. Benih Elegance F1 disukai petani karena tahan layu bakteri, Gemini virus dan hama utama seperti thrips, aphid dan mite.

Jual benih Elegance F1 bibit cabe besar cap Kapal Terbang buah mudah terbentuk walaupun cuaca tidak mendukung. Buah cabai Elegance F1 merah besar berukuran panjang sekitar 16 cm dan diameter sekitar 1,4 cm. 

Kulit buah merah mengkilat saat matang. Buah juga lentur sehingga tidak mudah patah atau rusak saat pengemasan dan pengangkutan jarak jauh. Bibit cabe besar cap Kapal Terbang Elegance F1 panen umur sekitar 73 hari setelah pindah tanam. 

Potensi hasil panen cabai besar Elegance F1 mencapai 28 ton/ha. Kebutuhan benih untuk luasan 1 hektar yaitu 140 - 150 gram. Jarak tanam dianjurkan yaitu 60 x 60 cm. 

Cabe merah besar termasuk jenis cabe yang populer di Indonesia dan setiap hari dimanfaatkan sebagai bumbu memasak masyarakat Indonesia. Cabe merah besar memiliki nama latin Capsicum annum dan banyak ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. 

Syarat tubuh tanaman cabai besar yaitu dapat tumbuh di ketinggian 100 m dpl hingga 500 m dpl. Tanaman cabai menyukai penyinaran penuh selama 8 - 10 jam dan tidak menyukai ada naungan selama perkembangan tanaman. 

Suhu ideal untuk pertumbuhannya yaitu 24 - 28 derajat Celcius. Kelembahan ideal yang disukai yaitu 80% dan pH tanah antara 6 - 7. Karena harga cabe di pasaran sangat fluktuatif sebaiknya saat menanam diperhatikan juga harga cabe di pasaran. Jangan sampai saat Anda panen justru harga cabe di pasaran sedang turun. 


Baca Juga : Benih Cabai Besar yang Cocol di Musim Hujan Reborn F1 Murah 


Jenis Cabe Di Indonesia 


bibit cabe besar, cap kapal terbang, elegance f1, jenis cabe, manfaat cabai, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Cabe Besar Peluang Usaha Menjanjikan

Jenis cabe merah besar di Indonesia ada 2 jenis yaitu besar dan keriting. Di pasaran, jenis cabe hijau juga banyak disukai karena rasa pedas dan warna hijaunya sukup unik. Cabe hijau banyak disukai untuk masakan tumis atau dibuat sambal. 

Jenis cabai besar dan keriting juga terbagi menjadi dua, merah dan hijau. Cabe merah besar memiliki ciri warna merah menyala dan bentuk buah besar, gemuk, berisi dan padat. Cabe besar panjang dengan ujung lancip. 

Biasanya cabe besar merah ini diolah dengan cara dihaluskan, diulek atau diblender. Lalu dijadikan campuran bumbu sambal goreng, balado, ayam rica dan masakan pedas lainnya. Kulit cabe besar merah tebal, kokoh dan beberapa varietas ada yang lentur. Cabe merah sering dibuat sebagai hiasan makanan ( garnis ). 

Cabai keriting juga kelompok cabe merah namun berbeda bentuknya. Cabai keriting berbentuk keriting dan saat tua kulitnya merah mengkilat. Juga berukuran panjang namun diameter lebih kecil dari bibit cabe besar cap Kapal Terbang. 

Rasa pedas cabe keriting lebih pedas dari cabe besar. Biasanya juga dipakai untuk bumbu tumisan, dipotong serong atau banyak dipakai untuk sambal. 

Cabai hijau juga banyak disukai masyarakat Indonesia. Sebenarnya cabe hijau merupakan cabe besar yang dipanen dalam kondisi masih muda. Jenis cabe besar dan cabe keriting saat muda, kulit berwarna hijau. 

Kandungan antioksidan cabe hijau atau saat muda ternyata lebih banyak dibandingkan cabe merah saat sudah matang. Cabe hijau juga terbagi menjadi cabe besar dan cabe keriting. Jenis cabe rawit muda juga banyak disukai masyarakat. 

Di pasaran jenis cabe yang masih muda juga cukup laris. Cabe hijau terutama jenis cabe rawit masih muda favorit penggemar jajanan gorengan. Cabe hijau juga dijadikan sambal hijau khas pendamping masakan padang. 


Baca Juga : Jual Cabe Elegance Murah Tetap Eksis dan Bertaham di Daerah Virus


Cabe Merah Peluang Usaha Menjanjikan


Budidaya cabe merah salah satu usaha pertanian berprospek cerah. Banyak petani tertantang ingin mencoba peruntungan di peluang usaha menanam cabai. Meski kendala banyak ditemui namun Petani tetap penasaran karena keuntungan besar bila tiba-tiba harga cabe naik tinggi. 

Pertama, pemilihan bibit cabe besar cap Kapal Terbang menjadi pilihan dalam peluang usaha menanam cabai. Varietas bibit cabe besar cap Kapal Terbang cukup banyak dan Anda tinggal memilih disesuaikan dengan lokasi tanamnya. 

Setiap varietas bibit cabe besar cap Kapal Terbang memiliki keunggulan masing-masing. Silahkan menghubungi Toko pertanian LMGA Agro jual bibit cabe besar cap Kapal Terbang. Panen bibit cabe besar cap Kapal Terbang dilakukan lebih dari 3 kali. 

Panen pertama hingga ketiga biasanya masih sedikit. Baru panen keempat dan seterusnya, panen cabai jumlah lebih banyak. Hingga kemudian akan menurun jumlah panennya setelah umur hampir 1 tahun.

Benih cabe harus disemaikan dulu agar mendapatkan tanaman sehat dan kokoh untuk nanti ditanam di lahan tetap. Biasanya kebutuhan bibit cabe besar cap Kapal Terbang untuk luasan 1 hektar yaitu sebanyak 1/2 kg. 

Tempat persemaian sebaiknya diberi naungan dari jaring. Jaring akan melindungi bibit cabe besar cap Kapal Terbang dari sinar matahari dan air hujan langsung. Naungan jaring juga menjaga kestabilan suhu, melindungi dari angin kencang dan menjaga kelembaban. 

Kelembaban dan suhu stabil sangat penting dalam proses persemaian bibit cabe besar cap Kapal Terbang. Posisi arah persemaian juga sebaiknya menghadap ke arah timur karena tanaman akan menerima sinar matahari pagi. 


Baca Juga : Pertanian Online 


Bibit Cabe Besar Cap Kapal Terbang : Cara Semai


bibit cabe besar, cap kapal terbang, elegance f1, jenis cabe, manfaat cabai, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Bedengan Cabe Besar
Cara semai bibit cabe besar cap Kapal Terbang dengan menggunakan polybag berukuran 5 x 10 cm. Media persemaian menggunakan tanah, sekam padi dan pupuk kompos. Perbandingan 1 : 1 : 1. Semua bahan media tanam diayak hingga halus lalu dicampur rata.

Masukkan kedalam wadah polybag setinggi 2/3 dari polybag. Lalu biarkan semalaman, diletakkan ditempat terlindungi. Media tanam gembur memudahkan akar bibit cabe besar cap Kapal Terbang tumbuh dan menyerap unsur hara. 

Benih Elegance F1 direndam dalam air 2 - 3 jam lalu ditiriskan dan diangin-anginkan. Tanam benih dalam polybag sedalam 1,5 cm lalu tutup dengan tanah tipis. Lalu siram semua benih yang sudah ditanam dan diletakkan di tempat pembibitan dan sudah dipasang naungan. 

Bibit akan tumbuh dalam 7 hari dan terus dipelihara dengan rutin menyiram air secara perlahan. Bibit siap dipindahkan ke lahan tetap bila umur 1 - 1,5 bulan dan muncul daun hingga 6 helai. 

Sementara menunggu bibit tumbuh, lakukan persipan lahan dengan menggemburkan tanah dengan cangkul atau dibajak. Tanah dicangkul atau dibajak sampai kedalaman 40 cm. Campurkan pupuk kandang agar tanah menjadi makin gembur, sebanyak 1 ton per 1000 m2. 

Biarkan selama 1 minggu pupuk kandang tercampur dalam tanah. Dan biarkan tersiram air hujan. Cek juga pH tanah, bila pH rendah berikan kapur Dolomit sebanyak 0,25 ton/ha. Bila pH tanah dibiarkan asam maka tanaman akan mudah layu dan hasil buah cabenya jelek. 

Setelah seminggu dibiarkan, selanjutnya membuat bedengan lebar 100 cm dan jarak antar bedengan ( parit ) lebarnya 80 cm. Tinggi bedengan 30 cm. Berikan pupuk NPK secukupnya pada bedengan dan biarkan bedengan selama 1 minggu. 

Setelah 1 minggu, tutup dengan mulsa plastik hitam perak. Lakukan pemasangan mulsa pada siang hari. Biasanya pemasangan dilakukan minimal 2 orang di ujung bedengan dan saling menarik mulsa. Pada masing-masing ujung mulsa ditancapkan penjepit dari bambu agar mulsa menutup rapat bedengan.

Sehari sebelum penanaman, permukaan mulsa dibuat lubang tanam dengan jarak tanam 60 x 60 cm. Buat alur tanam zig-zag dan siram dengan air. 


Penanaman Bibit Cabe Besar Cap Kapal Terbang


Bila bedengan telah siap dan bibit cabe besar cap Kapal Terbang juga telah cukup kuat untuk dipindahkan maka dapat dilakukan penanaman. Sebelum dipindah tanam, siram polybag persemaian dan lubang tanam di bedengan. 

Sobek plastik polybag dan keluarkan bibit dengan hati-hati. Masukkan langsung ke lubang tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu tutup dengan tanah dan tekan perlahan. 

Proses penanaman bibit ke lahan tetap sebaiknya dilakukan pagi hari dan dilanjutkan sore hari bila belum selesai. Perlu diingat bahwa penanaman ini harus selesai dalam satu hari. Penanaman di pagi hari dan sore untuk mencegah tanaman mengalami stres. 

Proses selanjutnya adalah penyiraman agar kelembaban tetap terjaga. Beri air secukupnya namun jangan terlalu becek karena tanaman cabe besar tidak menyukai air terlalu becek. 

Perawatan satu minggu pertama setelah penanaman adalah kontrol tanaman dan penyulaman. Penyulaman dilakukan dengan mencabut tanaman yang mati atau layu selama 7 hari setelah pindah tanam. 

Tanaman mati harus dibuang dan dibakar. Lakukan penanaman bibit yang masih sehat dengan cara yang sama. Sebelumnya, lubang tanam dibersihkan dari sisa akar tanaman sebekumnya dan diberi fungisida. 

Perawatan dan pemeliharaan bibit cabe besar cap Kapal Terbang berikunta adalah pemupukan, pengendalian hama penyakit, pemangkasan dan penyiangan tanaman. Pemupukan susulan cabe besar dimulai setelah tanaman berumur 1 bulan. 

Pemupukan susulan menggunakan gabungan pupuk organik dan an-organik. Agar pupuk cepat diserap tanaman, sebaiknya menggunakan pupuk cara kocor yaitu dilarutkan dalam air. 


Baca Juga : Jual Benih Cabai Keriting Jinawi F1 Hasil Tinggi


Hama dan Penyakit Tanaman Cabe


a. Hama

bibit cabe besar, cap kapal terbang, elegance f1, jenis cabe, manfaat cabai, jual benih cabe, toko pertanian, toko online, lmga agro
Perangkap Lalat Buah
Yellow Trap

Hama utama bibit cabe besar cap Kapal Terbang adalah jenis kutu daun persik. Kutu daun biasanya ada di bagian bawah permukaan daun dan bersembunyi sehingga agak sulit untuk dilakukan penyemprotan pestisida. Paling baik penyemprotan dilakukan dari permukaan bawah daun. 

Hama tungau  dapat dilihat dari daun berwarna kuning kecoklatan dan tulang daun menggulung ke bawah. Pucuk tanaman banyak berguguran dan menebak. Tanaman tinggal cabang dan batang saja.

Hama Thrips parvispinus membuat daun bibit cabe besar cap Kapal Terbang berkerut. Lapisan daun bagian bawah berwarna keperakan. Koloni hama tampak berkumpul di bawah daun dan dapat dilihat pada pagi dan sore hari. Saat tersebut adalah waktu tepat untuk membasmi hama. 

b. Penyakit

Penyakit embun bulu menimbulkan bercak klorosis. Permukaan daun berbulu karena ada cendawan perospora parastica. 

Rebah semai menyebabkan tanaman menjadi layu karena batang busuk. Penyebabnya adalah jamur Rhizoctonia sp. dan Phytium sp. Bibit terkena rebah semai harus dicabut lalu dibakar. Ganti dengan bibit baru yang sehat. 

Penyakit akibat serangan virus menyebabkan pertumbuhan tanaman terhambat dan biasanya akan muncul 2 minggu setelah pindah tanam. Tanaman terserang virus harus segera dicabut, dibakar lalu semprotkan pestisida. 

Hama dan penyakit lainnya tanaman cabe antara lain serangan ulat tanah, ulat grayak, kutu, penyakit layu, lalat buah dan lain-lain. Pemeliharaan bibit cabe besar cap Kapal Terbang harus rutin dan tekun melakukannya. 

Pengecekan juga harus dilakukan rutin setiap pagi dan sore hari. Jika ditemui ada hama maka harus segera dimatikan tanpa harus menunggu banyak dulu. Serangan hama dan penyakit menyebabkan terganggunya pertumbuhan dan panen tidak maksimal. 


Panen Cabe Besar Benih F1 Elegance

Bibit cabe besar cap Kapal Terbang akan panen mulai umur 60 - 75 hari setelah tanam. Panen dilakukan berulang-ulang dan intervalnya adalah 2 - 3 hari. Panen cabe besar diulang hingga 30 kali. Hasil produksi tergantung ketinggian penanaman dan perawatan tanaman. 

Panen bibit cabe besar cap Kapal Terbang dilakukan sampai 6 bulan efektif namun maksimalnya adalah 24 bulan. Setelah panen ketiga lakukan lakukan pemupukan dan penyemprotan pestisida agar hasil panen tetap optimal sampai akhir. 

Pemetikan buah cabe usahakan tidak terlalu matang, yaitu sekitar 80% agar tetap segar selama penyimpanan atau pengangkutan. Pemetikan buah cabe paling baik saat pagi hari setelah embun mengering. 

Petiklah pada tangkai cabe untuk menjaga kesegaran cabe lebih lama. Lalu dimasukkan pada wadah atau karung yang berlubang. Biasanya cabe besar nanti akan disortir dan dipisahkan dari cabe yang rusak. 

Demikian artikel Kami judul : Bibit Cabe Besar Cap Kapal Terbang Jual Benih F1 Elegance. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( WA/SMS ). Toko pertanian LMGA Agro jual benih terbaik hibrida Elegance. 

Bibit cabe besar cap Kapal Terbang Elegance F1 harga murah. Kami menerima layanan konsultasi gratis tentang cara menanam cabe besar dan tanaman lainnya. Kami siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh Indonesia. 

Semoga artikel Kami bermanfaat dan menambah wawasan tentang bibit cabe besar Cap Kapal Terbang. Jual benih cabe besar Elegance F1 dan kebutuhan bercocok tanam lainnya. Salam sukses....


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.