TOKO PERTANIAN LMGA AGRO, TEMPAT BELANJA ONLINE PETANI MURAH, AMAN DAN PROMO. SEGERA BELANJA! HUBUNGI KAMI DI : SMS / WA : 081 252 22 117, LAYANAN KONSULTASI PERTANIAN GRATIS HP. 082 141 747 141.

KETIK JUDUL/LABEL ARTIKEL YANG DICARI PADA KOLOM DI BAWAH INI

14/12/21

Jual Benih Bibit Tomat Terbaru Dari Panah Merah Sakura F1 Murah

jual benih, bibit tomat terbaik, sakura f1, benih cap panah merah, tanaman tomat, cara menanam tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Benih Tomat
Sakura F1

Jual Benih Bibit Tomat Terbaru Dari Panah Merah Sakura F1 Murah. HP 082141747141 ( telepon ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Toko pertanian LMGA Agro melayani online jual benih bibit tomat terbaru dari Panah Merah Sakura F1. Dapatkan harga promo bibit tomat terbaru dari Panah Merah. 

Toko pertanian Online LMGA Agro harga terbaik menyediakan kebutuhan bercocok tanam lengkap terdekat kepada Anda karena cukup lewat online. Kami menerima layanan konsultasi terdekat secara gratis seputar pertanian dan permasalahan budidaya bibit tomat terbaru dari Panah Merah. 

Toko pertanian online LMGA Agro siap kirim pesanan Anda ke alamat tujuan seluruh wilayah Indonesia. Pengiriman oleh jasa ekspedisi barang JNE, KI8 dan Pos Indonesia. Kami mengajak serta menjadi dropship dan reselller Pertanian.

Beli bibit tomat terbaru dari Panah Merah benih Sakura F1 di Toko Pertanian LMGA Agro. Tomat Sakura F1 bibit terbaru dari Panah Merah produk terbaik PT EWINDO, East West Seed Indonesia. 

Bibit tomat terbaru dari Panah Merah Sakura F1 memiliki vigor tanaman yang kokoh. Tomat Sakura F1 termasuk tipe tomat indeterminate. Direkomendasikan ditanam pada dataran menengah sampai dataran tinggi. 

Bibit tomat terbaru dari Panah Merah benih terbaik Sakura F1 buah bulat dengan bobot besar. Pohon tomat yang tahan penyakit layu dan virus, mulai panen umur 90 hari setelah tanam. 

Pohon tanaman tomat Sakura F1 Panah Merah tahan terhadap penyakit layu bakteri, Fusarium dan virus ToMv. Buah tomat bibit terbaru dari Panah Merah tahan cracking  dan toleran busuk pada ujung buahnya. 

Peluang usaha menanam tomat menjanjikan apalgi dengan bibit tomat terbaru dari Panah Merah. Hasil panen maksimal dan buah tahan penyimpanan dan pengangkutan. 


Tomat Sakura F1 Terbaik dari Panah Merah


jual benih, bibit tomat terbaik, sakura f1, benih cap panah merah, tanaman tomat, cara menanam tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Jual Benih Tomat Terbaik 
Sakura F1

Bibit tomat terbaru dari Panah Merah benih terbaik produk PT East West Seed Indonesia, Sakura F1. Tanaman memiliki vigor kuat dan kokoh. Jenis tanama tomat indeterminate. Benih Sakura F1 direkomendasikan untuk ditanam di lahan dataran menegah sampai dataran tinggi. 

Bibit tomat terbaru dari Panah Merah Sakura F1 memiliki keunggulan tahan penyakit layu dan Fusarium. Benih juga tahan dari virus tomat ToMv. Buah tomat Sakura F1 tahan dari cracking atau pecah buah. Selain itu buah toleran busuk ujung buah. 

Pembentukan buah bibit tomat terbaru dari Panah Merah, Sakura F1, mudah meski tumbuh di kondisi cuaca yang kurang baik. Keunggulan tersebut disukai Petani dan banyak memilih beli benih bibit tomat terbaru dari Panah Merah ini. 

Hasil panen budidaya tomat Sakura F1 sebanyak 5 kg tiap tanaman. Bentuk buah bulat dan warna hijau pada pundak buah. Buah juga kuat dan tidak mudah rusak sehingga jual buah tomat Sakura mudah. Isi buah padat dan keras. 

Bibit tomat terbaru dari Panah Merah Sakura F1 buahnya banyak disukai pedagang dan juragan tomat di pasar induk sayuran. Bibit tomat terbaru dari Panah Merah buah bulat dan besar. Umur panen sekitar 90 hari setelah tanam. Potensi hasil kurang lebih 80 ton/ha. 

Bibit tomat terbaru dari Panah Merah, Sakura F1 cocok ditanam di dataran tinggi dan dapat diusahakan menggunakan sistem hidroponik. Budidaya tanaman sistem hidroponik kini semakin mudah dilakukan hanya menggunakan botol bekas. 

Cara menanam tomat Sakura F1 kebutuhan benih sebanyak 80 gram/ha dengan jarak tanam 60 x 60 cm. Jenis tomat indeterminate biasanya dapat ditanam di dataran tinggi. Bobot buah tomat umumnya besar sampai 150 gram per buah. 

Kulit buahnya tebal dan keras sehingga cocok untuk pemasaran jarak jauh. Vigor tanaman yang kokoh sangat adaptif terhadap lingkungan tumbuh bibit tomat terbaru dari Panah Merah dan gangguan hama penyakit. 


Baca Juga : Reseller Usaha Online Toko Pertanian Modal Kecil


Tomat Sakura F1 Untuk Dataran Tinggi


Tomat Sakura F1 bibit tomat terbaru dari Panah Merah memiliki peluang usaha yang menjanjikan bagi petani yang tinggal di dataran tinggi. Tomat memiliki nama latin Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum dan merupakan jenis tanaman hortikultura dari keluarga Solanaceae.

Tanaman tomat merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan mulai Meksiko hingga Peru. Tanaman tomat memiliki siklus hidup pendek dan tingginya mulai 1 - 3 meter tergantung tipe pertumbuhannya. 

Tomat menjadi sayuran favorit dan peluang usaha menguntungkan selain dari cabai. Banyak petani memilih tomat sebagai peluang usaha menjanjikan. Hal tersebut karena produktivitas tinggi, harga relatif stabil dan mudah dalam pemasarannya. 

Tipe pertumbuhan tanaman tomat berdasarkan juga pada ketinggian pohon tomat. Terdapat 3 jenis antara lain : 

1. Tipe determinate yaitu dimana pertumbuhan tanaman tomat diakhiri dengan munculnya bunga dan buah. Batang pohon tomat tidak bisa tinggi lagi. Tinggi pohon hanya sampai 80 cm. Umur pohon tomat tipe ini relatif pendek dan pertumbuhan batang yang cepat. 

Untuk membuat tanaman tumbuh lebih tinggi lagi, disarankan untuk tidak memotong tunas yang tumbuh pada ketiak daun terlalu dini. 

2. Tipe semi indeterminate atau intermediate yaitu merupakan jenis persilangan dari tomat jenis indeterminate dan determinate. Tomat jenis semi determinate menghasilkan tomat hibrida dengan sifat gabungan tipe tomat. Pertumbuhan tanaman sedang dan tidak terlalu cepat.

3. Tipe indeterminate dimana pertumbuhan pohon tomat ini tidak diakhiri dengan munculnya bunga dan buah. Umur panennya relatif lama dan pertumbuhan batang relatif lambat. Ketinggian pohon tomat inidapat mencapai hingga 2 meter dan terpendek sekitar 160 cm. Namun meski bisa tumbuh tinggi, umurnya hanya sampai 4 bulan saja. 


Baca Juga : Toko Online Pertanian Cara Belanja Petani


Bibit Tomat Tumbuh Baik Pada Lingkungan yang Tepat


jual benih, bibit tomat terbaik, sakura f1, benih cap panah merah, tanaman tomat, cara menanam tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Alat pH-meter

Syarat tumbuh utuk bibit tomat terbaru dari Panah Merah yaitu wilah tumbuhnya memiliki curah hujan antra 750 - 1250 mm per tahun. Suhu ideal yang disukai yaitu berkisar 20 - 27 derajat Celcius. 

Bibit tomat terbaru dari Panah Merah dapat tumbuh mulai ketinggian tempat 0 - 1500 m dpl. Tanaman tomat menyukai tanah gembur dan tidak berbentuk liat. Keasaman tanah pH antara 5,5 - 7. 

Bibit tomat terbaru dari Panah Merah pada dasarnya cocok tumbuh dan fleksibel tumbuh di dataran rendah hingga tinggi. Untuk mengantisipasi pH rendah dan kekurangan Kalsium, berikan kapur Dolomit pada lahan bibit tomat terbaru dari Panah Merah. 

Bebit tomat terbaru dari Panah Merah diperoleh dari penyemaian benih dulu. Benih Sakura F1 berkualitas dan terjamin kualitasnya. Benih dapat diberi pelakukan perendaman dalam larutan fungisida untuk mencegah serangan penyakit selama penyemaian. 

Cara menyemai benih bibit tomat terbaru dari Panah Merah menggunakan bedeng persemaian yaitu benih ditanam dalam bedeng semai. Bedeng dibuat guritan 1 cm dan jarak antar guritan 5 cm. 

Tanam satu per satu benih dan jangan ditabur karena untuk mencegah benih saling berdempetan. Kalau berdempetan, benih tidak bisa tumbuh. Tutup benih dengan tanah sedikit saja. 

Cara menyemai lainnya yaitu menanam benih pada kantong plastik polybag. Polybag diisi media tanam yaitu tanah dicampur pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Setiap plastik polybag ditanam 1 benih sampai kedalaman 1 cm. Setelah benih ditanam, siram dengan air. 

Bibit tomat terbaru dari Panah Merah selanjutnya dirawat dengan penyiraman rutin setiap hari dan ditempatkan di tempat terlindungi. Bila memungkinkan buatlah naungan dari plastik atau jaring untuk melindungi dari hujan dan panas matahari.  


Tanam Tomat Setelah Pembibitan


Tanam tomat setelah pembibitan sampai umur 30 - 45 hari setelah semai. Pembibitan tanaman tomat bertujuan untuk memperoleh bibit tomat terbaru dari Panah Merah dengan daya produktivitas yang tinggi. Diharapkan juga bibit tomat terbaru dari Panah Merah cepat menghasilkan buah. 

Pilih bibit tomat terbaru dari Panah Merah dengan penampilan menarik segar, sehat dan daun sehat pula. Tidak ada daun yang rusak, layu atau mati. Juga bukan bibit yang kena infeksi hama dan penyakit.  

Tanam tomat di lahan tetap sebaiknya pada pagi hari dan bila belum selesai dapat dilanjutkan sore harinya. Usahakan selesai dalam satu hari dan tidak disiang hari yang terik. Cara tanam tomat yaitu bibit tomat terbaru dari Panah Merah diambil dari polybagnya. Lakukan dengan hati-hati. 

Siram dulu media agar lebih mudah, lalu sobek plastik dan pindahkan sekalian tanahnya. Bibit tomat terbaru dari Panah Merah lebih mudah dan praktis ditanam di tray semai. Dengan bentuk baki dan lubang-lubang, cara memindahkannya pun lebih mudah. Tray semai juga dapat dipakai lebih dari sekali.

Sebelumnya, lakukan pengolahan tanah untuk menanam bibit tomat terbaru dari Panah Merah di polybag. Pengolahan tanah membutuhkan waktu sekitar 21 hari dan biasanya dilakukan bersamaan pembibitan. Lamanya waktu pembibitan sekitar 30 - 40 hari. 

Pengolahan tanah dimulai setelah umur bibit tomat terbaru dari Panah Merah sekitar 7 hari. Tahap pertama pengolahan tanah dengan membalik agregat tanah sehingga lapisan bawah terangkat ke atas. Pengolahan tanah lebih cepat menggunakan bajak atau traktor. 

Setelah pembajakan, tanah dibiarkan selama 7 hari agar tanah yang sudah dibalik tanah kena panas matahari dan hujan. Selanjutnya tanah digemburkan menggunakan cangkul sampai didapatkan struktur tanah yang remah dan gembur.

Berikan pupuk dasar menggunakan pupuk kandang yang sudah matang sebanyak 15 - 20 ton/ha. Campurkan ke tanah dan tanah dicangkul lalu diratakan. Biarkan selam 1 minggu. 


Baca Juga : Melon Monalisa, Action 88 dan Action Orange Andalan Baru Cap Kapal Terbang


Budidaya Tomat Benih Terbaik 


jual benih, bibit tomat terbaik, sakura f1, benih cap panah merah, tanaman tomat, cara menanam tomat, toko pertanian, toko online, lmga agro
Budidaya Tanaman
Tomat 

Budidaya tomat ditanam dalam bedeng-bedeng dengan membujur ke arah timur barat. Tujuannya agar sinar matahari dapat merata ke seluruh tanaman. Budidaya tomat selain mempersiapkan bedengan juga dibuat parit sebagai saluran air. 

Bedengan bibit tomat terbaru dari Panah Merah lebar 1 - 1,2 m, tinggi 30 cm dan panjang disesuaikan keadaan lahan. Bila tanam tomat di musim hujan, tinggi bedengan bibit tomat terbaru dari Panah Merah dapat ditinggikan menjadi 40 - 45 cm. 

Ukuran parit bibit tomat terbaru dari Panah Merah juga dibuat selebar 30 cm dan kedalamannya 30 cm. Sekeliling petak-petak dibuat saluran air yang lebarnya 50 cm dan kedalam 50 cm. Jarak antar bedeng bibit tomat terbaru dari Panah Merah yaitu 30 cm.  

Penanaman bibit tomat terbaru dari Panah Merah lebih baik menggunakan mulsa plastik hitam perak. Meski cukup mahal harganya, namun keuntungan menggunakan mulsa sangat terasa pada pertumbuhan dan hasil panennya. 

Cara menanam tomat menggunakan 2 jenis jarak tanam yaitu sistem rempel dan sistem bebas. Jarak tanam bibit tomat terbaru dari Panah Merah 50 x 50 cm atau 60 x 60 cm berbentuk bujur sangkar atau segitiga sama sisi. Cara ini disebut sistem dirempel. 

Dalam sistem dirempel nanti, tunas-tunas yang tumbuh akan dipotong sedini mungkin. Dan tanaman tomat nanti hanya memiliki satu batang, tidak ada cabang. 

Jarak tanam kedua bibit tomat terbaru dari Panah Merah yaitu 80 x 100 cm; 80 x 80 cm atau 100 x 80 cm. Bentuk ini disebut sistem bebas dan berbentuk bujur sangkar, segi panang atau segitiga sama sisi. 

Jarak antar barisan juga bisa dibuat 100 cm dan dalam barisan 60 cm. Pemakaian jarak tanam ini dimaksudkan tanam mempunyai banyak cabang besar. 


Pemeliharaan Pohon Tomat 


Penyulaman setelah selesai menanam bibit tomat terbaru dari Panah Merah. Penyulaman sampai bibit tomat terbaru dari Panah Merah umur 7 hari setelah tanam yaitu bila bibit rusak, sait dan layu. 

Ganti dengan bibit baru dan diambil dari bibit cadangan dan sudah disiapkan sebelumnya. Karenanya dalam menyemai benih tomat Sakura F1 perlu dilebihkan sebanyak 10% dari kebutuhan tanamannya. 

Caranya, cabut langsung bibit tomat terbaru dari Panah Merah yang mati atau layu lalu musnahkan/dibakar. Buat lubang tanam baru ditempat semula dan beri Furadan 0,5 gram bila perlu. Lalu masukkan bibit baru penggantinya. 

Berikutnya penyiangan gulma dilakukan tergantung kondisi kebun. Pemasangan mulsa plastik hitam perak dapat mencegah tumbuhnya gulma. Gulma akan tumbuh dibagian yang tidak tertutup mulsa seperti sisi tepi bedengan. Cabutlah gulma menggunakan tangan. 

Pembumbunan pada tanaman tomat bertujuan memperbaiki peredaran udara dalam tanah dan mengurangi gas/zat beracun dalam tanah. Sehingga akar lebih sehat dan tanaman bisa cepat besar. Pembumbunan membuat tanah sekitar tanaman menjadi gembur. 

Lakukan pembumbunan dengan hati-hati dan tidak terlalu dalam karena dapat melukai akarnya. Luka pada akar dapat mendatangkan penyakit. 

Perempelan/pemangkasan tunas yang tumbuh di ketiak daun agar tunas tidak menjadi cabang. Pemangkasan tunas dibawah ketiak daun dilakukan 1 minggu sekali. Perempelan sebaiknya dilakukan pagi hari sebelum panas matahari dan menggunakan tangan. Bila terlanjur tunas sudah besar, potonglah menggunakan pisau atau gunting. 

Penyiraman dilakukan setiap hari. Saat tanaman masih kecil, lakukan penyiraman dengan hati-hati agar tanaman tidak roboh. Kekurangan air di awal pertumbuhan dapat menggangu tanaman dan buah nanti bisa pecah-pecah. 


Pemupukan Bibit Tomat Terbaru Dari Panah Merah


Pemupukan pertama dilakukan 1 minggu setelah penanaman. Menggunakan pupuk Urea dan KCl ( 1 : 1 ) sebanyak 2 gram/tanaman. Taburkan pupuk berjarak 3 cm dari batang tanaman lalu tutup dengan tanah dan lakukan penyiraman. 

Pemupukan kedua yaitu umur 2 - 3 minggu menggunakan Urea dan KCl ( 1 : 1 ) sebanyak 5 gram/tanaman. Berikan dari jarak 5 cm dan kedalaman 1 cm lalu tutup dengan tanah dan siram air. 

Bila di umur 4 minggu, tanaman tampak kurang subur berikan Urea dan KCl sebanyak 7 gram/tanaman. Dan berikan dari jarak 7 cm. 

Agar bibit tomat terbaru dari Panah Merah tumbuh tidak roboh maka perlu pemasangan ajir. Lanjaran/ajir dibuat dari bambu atau kayu panjangnya 100 - 175 cm. Tancapkan ajir saat tanaman masih kecil dan akar masih pendek. 

Jarak ajir dari batang tanaman tomat adalah kurang lebih 10 - 20 cm. Ajir bisa dipasang tegak lurus atau kedua ujungnya diikat sehingga membentuk segitiga. Bila tanaman sudah setinggi 10 - 15 cm, ikat batangnya ke ajir.  

Panen bibit tomat terbaru dari Panah merah varietas Sakura F1 ini mulai umur 90 hari setelah tanam. Selanjutnya panen dilakukan 3 - 5 hari sekali sampai buah tomat habis. 

Panen buah tomat untuk pemasaran jarak jauh sebaiknya saat kematangannya 75% yaitu buah masih berwarna hijau atau kira-kira 5 hari lagi akan merah. Sedangkan untuk pemasaran jarak dekat, buah dipanen masak 90% yaitu berwarna kuning kemerah-merahan.  

Demikian artikel Kami judul : Jual Benih Bibit Tomat Terbaru Dari Panah Merah Sakura F1 Murah. Hubungi nomer kontak Kami di 082141747141 ( telep ) dan 08125222117 ( SMS/WA ). Kami siap kirim pesanan Anda produk terbaik harga promo dari Toko Pertanian LMGA Agro. 

Dapatkan harga terbaik beli kebutuhan bercocok tanam. Jual benih Sakura F1 bibit tomat terbaru dari Panah Merah. Dapatkan harga diskon produk Kami. Salam sukses...


RELATED POSTS

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk berkomentar secara bijak dan sesuai bahasan.